Thursday, October 15, 2020

# traveling & culinary # Yogyakarta

Menikmati Sensasi Wisata Merapi Lava Tour di Yogyakarta

Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata petualangan yang tak ada habisnya dieksplorasi. Salah satu alasanku kangen kota gudeg ini adalah ingin lagi merasakan sensasi Merapi Lava Tour di Kaliurang, tepat di kaki Gunung Merapi. Waktu itu aku sekeluarga berkeliling menggunakan satu mobil Land Rover menuju Museum Omahku Memoriku, Batu Alien, Bunker Kaliadem dan Petilasan Mbah Maridjan, 

 

Tahun 2016 lalu, aku, Aa Rahmad, teteh Rafa, Fakhri plus mama papa menikmati wisata Gunung Merapi yang rupanya bikin katagihan. Kami menyusuri bekas aliran lahar pasca letusan Gunung Merapi, ajrut-ajrutan dengan jeep yang seru banget deh. Awalnya kedua adikku khawatir aku ajak mama dan papa tur di Merapi, namun setelah diyakinkan ga bakalan kenapa-kenapa akhirnya mereka setuju semua hahaha 😁 

 

Wisata Merapi Lava Tour Yogyakarta Land Rover Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blogger

  

Karena mengajak orang tua yang sudah lansia, suamiku sudah wanti-wanti dari Jakarta. Katanya, “Mas Basuki, nanti jangan ngebut kenceng loh ya. Pelan-pelan aja, soalnya bawa orang tua”. “Siap, Mas Rahmad, alon-alon nyupirnya, ga dibanting-banting hehehe”, ujarnya via telepon. Ini yach kontak Pak Basuki siap tahu teman-teman tertatik Merapi Lava Tour-nya yakni 082314347040.

 

Wisata Merapi Lava Tour Yogyakarta Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blogger
Land Rover - Wisata Merapi Lava Tour
 

Pak Basuki merupakan sopir sekaligus pemandu wisata dan tukang motret yang menurut kami menyenangkan. Ia berceloteh di sepanjang perjalanan tentang bencana Merapi, terutama sang legenda Mbah Maridjan. Ia juga bercerita bagaimana situasi dan kondisi desa sebelum dan sesudah kejadian semburan awan panas yang biasa disebut Wedhus Gembel itu. 

 

Wisata Merapi Lava Tour

Mungkin sudah banyak teman-teman yang pernah maupun sering mencoba wisata seperti ini. Tapi bisa jadi ada yang belum pernah sama sekali. Ngapain aja sih Merapi Lava Tour itu? Berapa biaya dan durasi perjalanannya? Yu, kita simak bersama ceritanya! 😄

 
Wisata Merapi Lava Tour Yogyakarta Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blogger
Siap-siap Naik Land Rover


Wisata Merapi Lava Tour Yogyakarta Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blogger Land Rover
Sewa Land Rover Rute Menengah Merapi Lava Tour
 

Pada dasarnya Merapi Lava Tour mengajak wisatawan naik mobil Jeep atau Land Rover menyusuri bekas aliran lahar pasca letusan Gunung Merapi. Sepanjang perjalanan, wisatawan bakal diajak mampir ke beberapa destinasi pasca letusan seperti Museum Sisa Hartaku, Omahku Momoriku, Bunker Kaliadem dan Petilasan Mbah Maridjan. 

 

Rute Merapi Lava Tour 

Ada 3 rute yang ditawarkan dalam wisata Merapi Lava Tour yaitu jarak pendek (1,5 jam), menengah (2,5 jam) dan panjang (4-5 jam). Waktu itu aku sekeluarga pilih kendaraannya Land Rover karena kepengen semobil rame-rame supaya nyaman bersama. Kan ga seru kalau dua orang terpisah, kasian dong hehehe. Soalnya mobil Jeep Willys cuma muat 4 orang termasuk sopirnya. 

 

Berdasarkan pengalamanku sih, waktu itu di tahun 2016 (Hehehe sudah lama banget ya) bayarnya 550 aja sudah all in. Ya bolehlah jika kita puas dengan pelayanannya, kasih tip sukarela atau ga pun ga apa-apa. Apalagi jika hasil jepretannya bagus, momen yang belum tentu bisa terulang kembali. 

 

By the way, aku mau mengulang lagi ah perjalanan di sini tapi yang jarak jauh. Soalnya di foto-foto yang sekarang lagi kuperhatikan banget, muka anak sulungku Rafa ketutupan terus. Mas nya ga keker yang bener, syedih deh masa cuma separuh wajah atau jilbabnya dong hhhmm 😓 Dulu belum ngeblog dan belum kenalan sama tongsis hihihi. 

 

Tips Merapi Lava Tour

Oh ya, aku mau berbagi tips buat teman-teman yang ingin ikutan Merapi Lava Tour. Semoga bisa bermanfaat ya, jalan-jalannya nyaman dan makin semangat. 

 

Wisata Merapi Lava Tour Yogyakarta Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blogger Land Rover
Ajrut-ajrutan Naik Land Rover
 

1. Sebisa mungkin berkonsultasi dulu dengan Geowisata yakni operator tur yang mengkhususkan diri pada tempat-tempat yang berkaitan dengan fenomena alam di DI Yogyakarta. 

2. Perhatikan cuaca. Ada baiknya berkunjung ke Kaliurang untuk mencoba Merapi Lava Tour pada musim kemarau. Kita bisa melihat panorama Gunung Merapi dengan jelas. Ga perlu basah-basahan juga sepanjang perjalanan. 

 

3. Perhatikan cuaca sejak malam sebelumnya. Misalkan malam mendung, jangan berwisata Merapi Lava Tour besok paginya karena biasanya akan hujan. Jika hujan deras pada malam hari, kemungkinan besar keesokan paginya akan bagus dan cerah.

4. Gunakan pakaian yang nyaman seperti yang berbahan katun yang bisa menyerap keringat. Kalau perlu bajunya berlengan panjang agar kulit kita ga terbakar sinar matahari, mengingat di sana penuh lahan gersang dan minim pohon. 

 

5. Oleskan sun block ke seluruh kulit wajah, tangan dan kaki ya. Boleh juga kalau kita pakai kaca mata hitam dan topi, biar tambah keren hahaha 😂 Untuk alas kaki, teman-teman bisa mengenakakn sepatu tertutup kayak keds gitu atau sandal gunung. 

6. Gunakan masker agar terhindar dari debu berterbangan. Padahal waktu itu sih kami ga pakai hahahaha sssttt…😄 Lain kali deh jika perlu. Apalagi sejak negara kita terjangkit virus corona, semua mesti terjaga dengan baik dengan menerapkan protokol kesehatan tentunya. 

7. Tanyakan jenis mobil yang akan digunakan sebelum kita booking Merapi Lava Tour. Mobil yang digunakan dalam tur di Merapi adalah jeep. Ada Land Cruiser, Land Rover dan Willys. 

 

Perjalanan Merapi Lava Tour

Perjalanan Merapi Lava Tour ga hanya tentang keseruan menikmati pengalaman naik mobil jeep yang menantang adrenalin. Kita juga dibawa mampir ke peninggalan pilu sisa erupsi Merapi. Mampir ke mana aja sih?  

 

Museum Omahku Memoriku 

Museum Omahku Memoriku berada di bekas Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Disebut bekas dusun, karena pasca erupsi, warga dilarang untuk kembali menempati dusun ini. Desa ini menjadi saksi bisu di kala Gunung Merapi sedang meluapkan amarahnya. 

 

Wisata Merapi Lava Tour Yogyakarta Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blogger
Bekas Rumah Mbah Lurah Petung
 

Di museum ini kita bisa melihat benda-benda maupun harta para penduduk yang tinggal di sekitar Gunung Merapi yang terkena awan panas. Berbagai benda hangus terbakar akibat suhu Merapi yang mencapai 600 derajat Celcius. Ada motor, mobil, perlengkapan dapur, perkakas rumah, tulang-belulang hewan, meja, kursi dan sebagainya. 

 

Wisata Merapi Lava Tour Yogyakarta Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blogger
Tulang-belulang Sapi


Wisata Merapi Lava Tour Yogyakarta Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blogger Land Rover
Terdapat Foto-foto Memori Warga Setempat


Wisata Merapi Lava Tour Yogyakarta Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blogger
Perkakas Dapur

Ga hanya barang-barang hangus yang bisa terlihat di museum ini, tetapi juga foto-foto suasana rumah warga yang diterjang si Wedhus Gembel. Memang sih Museum Omahku Memoriku ini tampak ga terawat dan cenderung kusam. Mungkin demikian adanya supaya pengunjung bisa merasakan kejadian waktu itu secara natural. 

 

Batu Alien 

Awalnya aku bingung, kok ada tempat yang bernama Batu Alien ini. Ternyata pas sampai, ada sebuah batu yang besar sekali di atas tanah. Katanya sih kalau diperhatikan seperti ada wajah manusia di permukaan batu ini, juga kepala singa. Ketika Gunung Merapi Meletus, batu besar ini terlempar begitu jaa, katanya. 

 

Wisata Merapi Lava Tour Yogyakarta Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blogger
Batu Alien

 

Wisata Merapi Lava Tour Yogyakarta Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blogger
Batu Alien Dapat Terlihat Seperti Wajah Manusia
 

Kami tilik dengan saksama, kok belum kelihatan wajah manusianya ya? Hehehehe. Katanya sih lebih baik lihat penampakannya melalui foto kamera maupun handphone aja supaya lebih jelas. Ah, entahlah. 

 

Di sini kami berdiri di hamparan tanah berpasir, sesekali menengok arah belakang. Kata Mas Basuki, dulu rumah-rumah warga terkubur di bawahnya. Ah, serem banget, mendengarkan ceritanya jadi merinding deh. Ga terbayang betapa sangat menderitanya warga di Merapi saat bencana itu datang tiba-tiba.  


Wisata Merapi Lava Tour Yogyakarta Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blogger
Istirahat Sejenak

Wisata Merapi Lava Tour Yogyakarta Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blogger
Menikmati Indahnya Pemandangan dan Cuaca yang Cerah
 

Ihwal nama ‘alien’ pun sebenarnya plesetan aja. Warga desa setempat awalnya menyebut itu adalah batu 'alihan' dalam bahasa Jawa. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, ‘alien’ berarti batu pindahan dari puncak Merapi yang telah terseret sejauh 7 kilometer hingga sampai kampung Jambu. 

 

Petilasan Rumah Mbah Maridjan 

Rumah Mbah Maridjan Masih ingat Mbah Maridjan? Beliau merupakan juru kunci Merapi yang memegang amanah dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX di tahun 1982. Nama aslinya adalah Raden Ngabehi Surakso Hargo. 

 

Belum lengkap pastinya kalau ikutan wisata Merapi Lava Tour tanpa singgah di kediaman Mbah Maridjan. Tokoh kunci yang setia menjaga Gunung Merapi ini termasuk salah satu korban bencana meletusnya Gunung Merapi. 

 

Wisata Merapi Lava Tour Yogyakarta Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blogger
Petilasan Rumah Mbah Maridjan

Wisata Merapi Lava Tour Yogyakarta Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blogger
Rumah Mbah Maridjan

 
Wisata Merapi Lava Tour Yogyakarta Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blogger
Rumah Mbah Maridjan

Mbah Maridjan meninggal pada 26 Oktober 2010 akibat semburan Wedhus Gembel dari Gunung Merapi yang meluncur hingga ke Dukuh Kinahrejo, di mana rumahnya berada. Kesetiaan beliau menjaga amanah dari sang sultan untuk menjaga Merapi patut kita ambil sisi positifnya. 

 

Oh ya teman-teman, kalau kepengen sampai di makam si mbah, kalian bisa mencoba rute jarak jauh. Kebetulan aku sih belum, mungkin di lain kesempatan bisa lebih lama menikmati Merapi Lava Tour bersama keluarga. Apalagi masih dalam pandemii corona, mau ke mana-mana masih khawatir deh. 


Bunker Kaliadem

Awalnya Kaliadem merupakan sebuah bumi perkemahan yang luas dan lengkap fasilitasnya. Ada basecamp pendakian, warung-warung makanan dan minuman, gardu pandang, mushola dan toilet. Di sinilah bunker berada yang fungsinya sebagai tempat berlindung saat Gunung Merapi meletus.
 
 
Sayangnya, waktu itu bunker ga berfingsi sebagaimana mestinya, malah menewaskan dua orang relawan. Saking besarnya amukan Wedhus Gembel, Bunker Kaliadem sampai terkubur di bawah material vulkanis sedalam 4 meter lho. Butuh sekitar 54 jam proses evakuasi, pengerukan dengan alat berat sebelum bunker ini ditemukan akibat terjangan srupsi Merapi 2010 lalu. 
 
 
Teman-teman mungkin ada yang sudah tahu ya kalau di sini ada kisah mistisnya? Ga sedikit paranormal berujar bahwa tempat ini dijaga oleh makhluk halus menyerupai orang tua berjubah putih. Katanya sih dia sering duduk di atas gundukan lahar beku sekitar bunker.
 
 
Kita ga usah takut. Kabarnya, penjaga ini ga mengganggu pengunjung kok. Tapi ada baiknya kita menjaga perilaku saat berkunjung ke sana ya, apalagi kalau datangnya sendirian. Kalian berani? Hiiiiiii.... 😎
 

Wisata Merapi Lava Tour Yogyakarta Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blogger
Bunker Kaliadem


Wisata Merapi Lava Tour Yogyakarta Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blogger
Bunker Kaliadem

Itulah cerita singkat keseuan aku dan keluarga menikmati wisata Merapi Lava Tour di Yogyakarta. Ingin deh di lain waktu kami mencona rute jauh. Kata Pak Basuki, bakalan ada rute baru nih yang lebih memacu adrenalin dan menyenangkan tentunya. 

 
Waaah, penasaran deh kepengen seseruan dengan rute terbaru Merapi Lava Tour 😍 Semoga pandemi corona lekas berlalu aamiin. Kita kan kangen jalan-jalan ke Jogja dan destinasi wisata lainnya. Teman-teman, sampai jumpa lagi di judul lainnya ya. 
 

 

90 comments:

  1. Sbnrnya 29 OCT besok aku mau ke Jogja dan solo mba, naik mobil. Tp wisata Merapi ini buka ga yaaaa.. masih ragu juga sih, paling penasaran nyobain naik jeepnya sambil ajrut2an :D. Dulu aku ke Merapi ini pas 2011. Merapi baru setahun meletus. Belum dijadiin tempat wisata kayak di atas. Msh kacau keadaannya wlao udh hampir setahun. Trus blm prnh kesitu lagi.

    Makanya aku mau ajak anak2 liat gimana Merapi dulu bisa menghancurkan semuanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga berencana ke Jogja lagi akhir tahun jika sikon membaik :) Sudah aku WA ya nomor HP si jeep hehehe :) Land Rrver enak muat mlebih banyak dan bantingannya ga sekeras Willys. Oooh gitu...anak2 bakalan suka deh...

      Delete
  2. Dulu tempat ini pernah kulewati sepedaan, kalau sekarang sudah jarang ke sekitaran sini. Mentok sampai Bunker buat sekadar foto. Tempat ini mempunyai banyak cerita panjang yang tak lekang oleh waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, keren amat Mas Sitam hehehe :D Iya bener ada kisah mistisnya :)

      Delete
  3. Seru juga traveling nya apalagi sekeluarga ya mbak Nurul. Salut papa dan mama mbak ikut juga padahal sudah berumur, berarti kondisinya fit ya.

    Yang serem sepertinya bunker Kaliadem yang fungsinya buat berlindung kalo Merapi meletus, tapi kalo erupsinya parah justru mati dalam bunker karena pintu keluarnya tertimbun material letusan gunung Merapi.

    Jadi ingat dengan Mbah Maridjan habis baca petilasan rumah Mbah Maridjan, dulu jadi bintang iklan minuman energi dengan slogan roso.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, iya Mas Agus hehehe :) Iya mama papaku tadinya agak khawatir alias ngeri diajak lava tour. Eeeehh..malah demen banget pas di jalan ternyata ajrut2an tapi ga kenceng2 amat kok hahaha :) Iya tuh Mbah Maridjan setia bener ya sama Merapi :)

      Delete
    2. Iya mbak, kalo papa mama ku kadang kalo kuajak piknik sukanya ke laut yang katanya aman. Kalo ke gunung, aku juga agak ngeri, takut ada apa-apa, katanya di gunung ngga boleh sembarangan termasuk omongan harus dijaga ya.

      Delete
    3. Mama papaku sih diajak ke mana aja demen hahahah :) Darat, laut dan udara oke in sya allah :D IYa sih di mana aja kudu bismillaah dulu pastinya :)

      Delete
  4. Ah seru bacanya ngobatin kangen ke jogja. Jadi ingat lagi ada teman liputan yang meninggal karena dia (mas Iwan namanya) balik lagi ke rumah mbah Maridjan katanya bilang dengan teman yang sudah di evakuasi, mau bujuk mbah lagi buat meninggalkan lokasi, sayang mereka berdua akhirnya pergi bareng hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Hanny :) Ooooh ya Allah Al Fatihah buat Mas Iwan :( Tragis banget bencana Gunung Merapi waktu itu ya mbak. Setia sekali Mbah Maridjan ini.

      Delete
  5. Waah, rumah mbah Maridjan jadi museum yaa sekarang. MEnarik juga yaa mbak.
    Mbah Maridjan emng sosok yg fenomenal sebagai juru kunci merapi. Terlebih lagi, belio saat itu jadi bintang iklan kuku bima, jadi tambah terkenal deh haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas :) Menarik banget. Kalau ke sini ajak anak2 in sya allah suka deh. Jadi tau ceritanya dari guide, jalan2 plus nambah wawasan pariwisata Jogja.

      Delete
    2. nanti deh saya ajak anak-anak dan istri... kalo udah punya hehehe

      Delete
    3. Aamiin yra hehehe :) Semoga disegerakan ya mas.

      Delete
  6. Rumah mbah marijan pastinya yang lebih menarik ya
    Saya kok jadi kangen sama mbah marijan
    Itu bankernya didalamnya kayak apa ya, sampai tidak ada fungsinya karena saking amarahnya gunung merapai
    Membaca artikel ini ,saya jadi ingin kesana. Rumah dekat jogja tapi belum pernah wisata marapi lava tour

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau kangen doakan aja mas buat si mbah :) Kapan2 Mas Bumi harus main ke desa sini sekalian lava tour Merapi. Seruuuu loh.

      Delete
  7. Ada banyak tempat menarik di sekitar Merapi ini ya Mbak.
    Sayang banget dulu itu waktuku di Yogya cukup terbatas, jadi nggak sempat ikut merapi lava tour ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang mesti direncanakan sih ikutan tur begini. Sekaligus dicek malam H-1 cuacanya seperti apa.ika memungkinkan besoknya cerah ga hujan lebat, kita jadi jalan turnya deh.

      Delete
  8. Dari semua tempat yang dikunjungi di Merapi Lava Tour ini jadi membayangkan betapa dahsyatnya letusan ya Mbak Nurul. Akibatnya saja seperti ini.
    Senangnya dibuat paket tour sehingga wisatawan bisa tahu ceritanya, apalagi kalau seramah Pak Basuki sopir dan pemandunya.
    Saya belum pernah coba Merapi Lava Tour ini, semoga nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ga kebayang seremnya kayak apa waktu itu. Kayak mimpi gitu ih kasihan ya prang2 di sekitar Gunung Merapi :( Semoga kapan2 Mbak Dian kesampaian ya ikutan lava tour nya :)

      Delete
  9. pas awal nikah sempet merencanakan honeymoon sama suami ke daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur, kayaknya seru aja deh naik kereta hahahah. Kebetulan domisiliku di Jawa Barat. Tapi, sampe skr udh punya anak blm terealisasi malah kefikiran ribet aja bawa anak 0hahahah. Btw, semoga nanti aku dan suami punya kesempatan dan rezeki utk pergi ksana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gituuuuu hehehe :) Berarti nanti bisa ajak anak2 ikutan Mera[i Lava Tour. Naik Land Rover aja mbak, bantingannya ga sekeras Willys kok. Kelar corona deh jadiin yak hehehe :D

      Delete
  10. Perjalanan menyenangkan, ketika covid-19 belum menyerang ya .. Tampak sumringah sekali wajah2 gembira berwisata bersama keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Alhamdulillaah ada wajah2 sumringah berwisata Merapi Lava Tour ini.

      Delete
  11. Aku lho.. gagal Mulu mau ke kali urang Merapi. Pingin nikmati sensasi off road nya.
    Ada aja halangannya salah satunya erupsi.
    Dduuh jadi tambah kepingin menjelajahi ke sana. Apalagi setelah baca2 postingan mba Nurul ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti dibikin perencanaannya mbak ikuta Merapi Lava Tour kelar corona in sya allah jadi :)

      Delete
  12. Bundaku nih yang pernah ikut lava tour sama ibu2 di kampung. Seru juga, ya.

    ReplyDelete
  13. Jogja itu punya banyak tempat yang bisa dikunjungi ya...Aku penasaran sama lava tour ini...Sempat lihat juga di video teman kayaknya seru banget keliling-keliling gitu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, saking banyaknya destinasi wisata di Jogja kita jadi keblinger plus ketagihan hahahah :D

      Delete
  14. Kangen juga Lava Tour tapi dulu aku sama teman-teman karena belum berani bawa anakku untuk ikutan Lava Tour. Seru banget sih dan kita tuh juga diajak main air gitu dan basah-basahanlah itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kalau anaknya udah gedean bisa diajak lava tour deh :)

      Delete
  15. Aku juga kangen nih bisa wisata merapi lagi, udahlama banget terkahir ke sana anak-anak masih kecil. Sru ya naik Jeep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss mbak. Kita kepengen naik jeep lagi nih in sya allah jarak jauh.

      Delete
  16. Dari dulu pgn banget ngrasain tour ke merapi gini, tp tiap kali ke jogja, ujung2nya ke pantai, taman bunga & tempat wisata "aman" (yg ga melelahkan) lainnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheheh suatu hari nanti semoga kesampaian Merapi lava tour yaaa mbak aamiin :)

      Delete
  17. Sampai sekarang agak nyesel ya kenapa nggak sempat kesini. Padahal deket banget ama rumah keluarga istrinya keponakanku mba. Anakku yang nomor dua udah kesana dan dia bilang kalo Ummi pasti suka ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar mbak Al bisa mampir ke Merapi pas jalan2 mengunjungi sodaranya ya.

      Delete
  18. tahun 2015 aku ke sini mba sama temen kantor, seru banget merapi lava tour, apalagi di momen naik mobil jeep

    ReplyDelete
  19. Wah ini tahun 2016 udah menghijau lagi ya, saya waktu terakhir ke sana lupa tahun berapa belum terlalu hijau kaya gini...

    ReplyDelete
  20. Ah aku jadi pengen kesini..
    Bolak balik ke jogya blm pernah main kesini...
    Hmm harus diagendakan nanti kalo pandemi da go away

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mbak, kudu dijadiin main2 di Merapi Lava Tour :)

      Delete
  21. Baru tahu ada Merapi Lava Tour ini. Seru juga ya berwisata menyusuri bekas aliran lahar pasca letusan Gunung Merapi gini. Semoga kapan-kapan bisa ikutan tour ini kalau pas main ke Jogja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti aku mau ke sini lagi mbak, ikutan rute jarak jauh in sya allah :)

      Delete
  22. Wah, aku juga ke sini tahun 2016 nih.
    Kalau aku fan berat Willys dari dulu.
    Berarti mbak nggak mainan lumpur sambil naik mobil ya? Itu lho yang dibawa berkeliling semacam sirkuit buatan dan mobil akan menerjang kubangan sehingga penumpang kebasahan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss :D Aku pilih Land Rover karena berenam sih biar muat semua hehehe :) Bawa orang tua jadi alon2 ajah hahaha...next time mau main air dan kubangan deh :D

      Delete
  23. kalo wisata yg memicu adrenalin gini suamiku dan anak-anak pasti suka nih, cuma aku yang penakut di rumah, hahaha. tapi penting banget memang pake sunblock nih ya soalnya wisatanya outdoor semua rata-rata

    ReplyDelete
  24. Ikutan Merapi Tour ini emang seru banget ya..selain dapet pengalaman menyenangkan, dapet edukasinya juga yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya.... Sambil dengerin cerita si supir kita lihat pemandangan Merapi.

      Delete
  25. Mbak Nurul, itu di museum yang pertama ada barang-barang dapur apa benar itu yang depan magicom? Rumah ini kena wedhus gembel aja ya tapi efeknya masya Allah dahsyat. Lha gimana yang kena lava beneran. Udah rata dengan tanah kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa itu ada magic com dan perkakas dapur lainnya :) Betul, banyak rumah warga yang terkubur juga di sana :)

      Delete
  26. Lava tour ini benaran sensasinya luar biasa. Tak hanya dibawa melihat sisa-sisa letusan tapi juga kerusakan yang terjadi. Aku waktu dimuseum lava itu sampai merinding, mebayangkan ketika wedus gembel merangsak tempat itu tanpa ampun. Betapa panasnya, karena gelas kaca saja sampai meleleh gitu..Untung ya gak ada korban jiwa saat terjadi letusan di rumah itu karena penghuninya sudah mengungsi. Al fatihah untuk Mbak Maridjan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Uni Evi. Merinding banget pas kita berada di Omahku Memoriku :) Jadi terbayang2 kejadian saat si wedhus gembel dahsyat menerjang desa2 di Merapi. Al Fatihah buat Mbah Maridjan.

      Delete
  27. Wah, seru banget wisata Merapi Lava Tour. Bener bener menyaksikan langsung ya mbk, termasuk cerita saat kejadian. Pingin banget kalo ke Jogja lagi main kesini, taunya di tv aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti dicoba mbak Hana biar ga penasaran hehehe :D

      Delete
  28. Seru banget wisata Merapi, jadi kebayang pas erupsi Merapi itu ntah kayak apa tingkah-polahnya 2 orang dalam bungker nyari perlindungan. Aku terakhir ke sini 2018 dan pas merapi tour ujan dueres. Gak bisa foto-foto, yang di bungker aja aku pakek jas hujan tapi nekat dapat 1 jepretan. Kapan2 pengin balik lagi dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya serem banget ya. Tragis gitu yang dua orang malah tewas di bunker :( Oh iyaaa katanya kalau hujan tuh agak rempong ya lava tour di sana.

      Delete
  29. Belum pernah kesini mba. Duh, jd pengen ke yogya. Aku tuh kalo jalan banyak banget yg pengen dimampirin. Realitanya sehari paling satu tempat. Wkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk dong jadiin ikutan Merapi Lava Tour kapan2 :)

      Delete
  30. Seru mbak, terakhir kami ke Yogya sempat papasan sama mobil2 jeep utk tour Lava itu tapi kami gak ikutan krn tujuannya lain hehe :D
    Hahaha ternyata nama "allen" bukan bahasa asing tapi krn plesetan doank ya, kreatif2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gituuuu ya? Heheheheh.... Ajak anak2 donk lava tour pasti sukaaa deh.

      Delete
  31. Wah seruu ya Mba nurul.. Orangtua mba juga kuat ya ikut naik land rovernya juga.

    Paling penasaran sama bungkernya, kok rasanya mistis aja gt aura nya 🙈 Klo yg batu alien aku kira pas liat judulnya itu batu meteor.hehehe. ketauan kebanyakan liat sci fi 😅 ternyata krna bentuknya menyerupai orang ya Mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Thessa :) Alhamdulillaah seneng ikutan lava tour kayak gini. Iya tuh batu alien gede bener ya, katanya sih kayak wajah orang, coba liatin deh hehehe :D

      Delete
  32. Duh, mupeng banget bisa berwisata merapi lava tour begitu. Apalagi ini di rumah terus udah boseeeen. Hehehe, nanti deh kalo keadaan udah aman ya main ke sananya. Bawa keluarga pasti seru. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar sikon kondusif coba deh ikutan ajrut2an lava tour. Seruuunya bukan main.

      Delete
  33. Heuheuu...kak Nurul menuliskan kisah mistis, aku jadi ingat pesan Ibuku.
    Ibuku selalu berpesan untuk perbanyak berdoa saat berkunjung ke tempat-tempat wisata seperti gunung, hutan, dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Kita mesti bismillah dulu di mana pun berada apalagi pas wisata lava tour gini :D

      Delete
  34. Tuhkan aku jadi kangen Jogja abis baca artikel teteh huh~
    Alhamdulillah aku udah dua kali ikutan Lava Tour hehe. Emang seru banget sih ini, wajib banget cobain ini haha. Btw, teteh nyobain Sate Kelincinya nggak di bawah? Enak loh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap Ipul udah 2x Lava Tour 😍😍 Beneran enak ga tuh rasa sate kelinci? Mau sih nyobain tapi ingett si putih hahaha..

      Delete
  35. Berkali-kali ke Jogja dan Kaliurang, tapi aku belum pernah nyobain lava tour merapi pake jeep ini. Seru ih baca cerita tentang lava tour merapi. Aku pengen nyobain yang rute panjang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serunya pake bangeeed donk. Sempetin kapan2 kalo mbak ke JOgja lagi deh :D

      Delete
  36. Yay.
    Aku juga pernah ikut wisata merapi lave tour saat reuni keluarga Smansa 1 Balikpapan, SMA suami.

    Seru banget anjrit-anjritan di jeep, hihihi.
    Kami mulau tour sudah sore, jadi kabut sudah sangat tebal saat di puncak.
    Kayak scene film horor-horor itu lho.

    Pengalaman yang tak terlupakan!



    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss :D Iyaaa teriak2 ajrut2an hahaha Wah kudu dicoba sorean jalannya kali ya...biar bisa lihat kabut tebal. Tapi ngeri hujan :D

      Delete
  37. Seru ya, jalan-jalannya. Berapa hari di Jogja? Sepertinya ada cerita ke Goa Pindul juga. Dalam satu waktu kah itu?Jogja memang seru, macam-macam wisata yang bisa didatangi. Kalau ke Jogja kabar-kabar mb, siapa tahu bisa ketemuan..he3..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa :) Sekitar 5 hari kalo ga salah. Iya ada mampir ke Goa PIndul dan SUngai Oyo juga. Sip mbak Sapti siapa tau bisa ketemuan kita :)

      Delete
  38. happy to see your vacation trip if we haven't dared to travel to a place like this. there is still a small child. patiently waiting for them rather big deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks :) I have a plan to join this Merapi lava tour again soon :)

      Delete
  39. Mba Nurul aku belum pernah ke sini, suamiku pernah bareng komunitasnya
    duh jadi pengne juga menjelajah ke sini. 550 all in one ya terhitung murah ya Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah mbak, 550K itu berenam pakai Land Rover. Enak, bantingannya ga sekeras Willys hihihihih :D Ikutlah kapan2 mbak, dijamin ketagihan hahaha :D

      Delete
  40. Seru banget ajrut2an di atas jip selama 2,5 jam bareng keluarga ya mbak. Itu kira-kira kalau di 2020, masih Rp 550 ribu ga ya? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya masih 550-600K deh kemaren2 suamiku tanya 😄😄

      Delete
  41. Outdoor penting banget ya make sunblock. Alhamdulillah ya mba pengalaman berharha banget udah mampir ke Laba tour. Aku masih penasaran main ke sininsemoga ada rejeki aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya donk sebaiknya pakai sunblock biar kulit kota ga gosong hahahah 🤣 Sip2 kapan2 coba ikutan lava tour ya mbak Nyi 😘

      Delete
  42. Wah wahhh. aku belum kesampean loh ikutan Lava Tour ini. Padahal sempet juga tinggal di Jogja selama stengah tahun. Pengennnn. 🤩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yaaa? Pokoknya asik deh, cobain kapan2 mas.

      Delete
  43. Wah jadi pengen maen ke sana kak, ada yang tahu jasa travel yang recommended buat liburan ke Jogja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja 😍 Browsing banyak di IG dll kok.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.