Tuesday, February 12, 2019

# info & tips # Review

Cukup 10 Menit Perpanjang dan Bayar Pajak STNK di Samsat Kecamatan Pasar Minggu

cara cukup sepuluh menit perpanjang dan bayar pajak tahunan kendaraan stnk di kecamatan pasar minggu nurul sufitri mom lifestyle blogger review info tips

 
Apa kabar, teman-teman? Sudah cek kesehatan? Semoga sehat selalu ya. Kalau STNK, apakah sudah dicek juga masa berlakunya? Buruaaaan! Jangan lengah, bisa rempong ntar. Saya mau berbagi cerita saat membayar pajak kendaraan bermotor lho. Caranya praktis, cepat banget kayak masak mie instan hihihi 😄 Istilahnya nih, baru naruh bokong di kursi eh udah dipanggil, bravo deh! Kalian penasaran kan kayak apa pengalaman saya mengurus hal beginian pada Hari Sabtu, 26 Januari 2019 lalu?


Ada Gerai Samsat di Kantor Kecamatan Pasar Minggu

Bagi warga Jakarta Selatan yang hendak melakukan pembayaran pajak kendaraan, kini ga perlu jauh-jauh datang ke kantor Samsat Jaksel. Ternyata eh ternyata, sejak tahun 2015 sudah ada gerai Samsat di kantor Kecamatan Pasar Minggu yang merupakan pelayanan terpadu untuk melayani para wajib pajak. Horeeeee! 

Ga cuma buat warga Pasar Minggu aja, ternyata pelayanan tersebut berlaku juga bagi warga Jadetabek yang Samsatnya sudah online dengan Samsat DKI. Pembukaan gerai Samsat di kantor Kecamatan Pasar Minggu ini merupakan kerjasama dengan Pemprov DKI dalam rangka menjelang HUT Polantas yang jatuh pada Hari Sabtu, 22 September 2015 lalu. 

Duh, ternyata lagi, ternyata lagi! Kenapa saya baru ngeh ya? Selama ini ke mana aja, cuy? Keenakan diurus sama calo, ini akibatnya wkwkwkwk 😃 Biasanya semua urusan STNK, BPKB dan sebagainya, suami minta tolong temannya teman. Berhubung yang bersangkutan sedang sakit keras, maka otak ini seperti dipaksa berpikir mencari jalan keluarnya hahaha.


cukup sepuluh menit perpanjang dan bayar pajak tahunan kendaraan stnk di kecamatan pasar minggu nurul sufitri mom lifestyle blogger review info tips
Gera Samsat di Kantor Kecamatan Pasar Minggu (Foto: Nurul Sufitri)
Awalnya begini. Waktu itu papa saya minta carikan biro jasa perpanjangan STNK di Jagakarsa. Biasanya juga minta bantuan temannya teman suami hihihi. Namanya belum pernah kan khawatir ya, akhirnya saya browsing deh. Ketemulah kantor Kecamatan Pasar Minggu ini sebagai solusi cepat dan tepat. 

Papa saya lagi malas nyetir mobil, jadinya naik babang ojek online dari rumahnya di Jagakarsa ke sana hanya 8 ribu, pergi-pulang 16 ribu. Urusan perpanjangan STNK ga sampai 10 menit. Gimana wajah papa saya ga makin bersinar? Senyumnya mengembang lebar hahaha. 

Nah, sekarang giliran saya yang kepengen mukanya kinclong kayak piring yang dicuci dengan cairan lemon hihihi. Eh, suami juga ikutan lho. Dia sih motornya Kawasaki KLX sedangkan saya Yamaha Mio. 

Apabila teman-teman memiliki kendaraan bermotor baik itu mobil, motor, truk maupun lainnya, kita bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan mudah dan cepat. Untuk yang pertama kalinya saya bersama suami turun tangan mengurus hal ini dengan begitu cepat dan mudah tanpa perantara calo. 

Enaknya ga pakai calo, tentu lebih hemat dong soalnya biaya yang dikeluarkan sesuai dengan nominal yang tertera pada surat STNK terbaru kita. Ga nyangka juga, cukup 5 hingga 10 menit aja sudah langsung jadi deh. Kok bisa? Bisa dong! Hemat artinya kita bisa ngopi syantik, makan nikmat dan kenyang di sebuah tempat yang oke banget buat nongkrong bareng teman maupun keluarga.

Mampir yuk! Ngopi dan Kuliner Lezat: OldTown White Coffee Arkadia Green Park


Mau tau kayak gimana sih dan caranya? Yuk, simak ulasan saya berikut ini! 

Warga Jakarta Selatan kini bisa mengunjungi Kecamatan Jagakarsa untuk mengurus Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) dan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Pelayanan Samsat STNK di kecamatan Pasar Minggu ini dibuka setelah ada kerjasama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Bank DKI dan Kepolisian Polda Metro Jaya.

Baca juga: Cara Cepat dan Mudah Memperpanjang SIM A dan SIM C di Satpas Polres Metro Jaya Jakarta Selatan

Samsat

Samsat itu singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. Nah, jadi tau kan? Hehehe. Ternyata banyak warga yang tinggal di wilayah kecamatan selain Pasar Minggu yang lebih memilih memperpanjang pajak STNK di sini, termasuk saya hihihi. Padahal rumah saya di Jagakarsa dan jarak ke kecamatannya hanya sekitar 500 m aja. Tapi kurang tau deh apa bisa urusan semacam ini di Kecamatan Jagakarsa. Jadi saya ikutin aja pengalaman papa saya. 

Untuk pembayaran pajak motor sendiri ada Pajak Tahunan dan Pembayaran Pajak Ganti STNK Lima Tahunan. Pembayaran pajak kendaraan tahunan bisa dilakukan di kantor bersama Samsat (KB Samsat) di tiap kota-kota di Indonesia. Zaman sekarang sistem komputerisasi makin canggih, aparatnya ramah dan tanggap dengan pelayanan yang prima. 

Bisa dilakukan di Samsat Corner, Samsat Keliling, dan e-Samsat. Oh ya, harap dicatat ya teman-teman di sini hanya bisa pembayaran pajak tahunan. Kalau pembayaran pajak lima tahunan tetap harus di Samsat setempat karena harus dilakukan cek fisik. 

Samsat di Kantor Kecamatan Pasar Minggu 

Alamat

Kecamatan Pasar Minggu beralamat di Jalan Ragunan RT 6 RW 1, Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12540. 

Jam Operasional

Jam operasional khusus pembayaran pajak kendaraan bermotor (saya bertanya langsung kepada bapak petugasnya kala itu) adalah: 
  • Senin – Jumat: Pukul 08.00 – 14.00 WIB 
  • Sabtu: Pukul 08.00 – 11.00 WIB 

Pemberitahuan

cukup sepuluh menit perpanjang dan bayar pajak tahunan kendaraan stnk di kecamatan pasar minggu nurul sufitri mom lifestyle blogger review info tips
Informasi di Samsat Kecamatan Pasar Minggu (Foto: Nurul Sufitri)
 
Mulai Bulan November tahun 2015 pajak kendaraan bermotor progresif didasarkan atas nama dan/ atau alamat/ Kartu Keluarga. Untuk kendaraan yang sudah dijual/ hilang agar diblokir di Samsat Induk untuk menghindari pajak progresif. 

Adapun persyaratan blokir adalah: 
  • Kartu Keluarga (Asli dan fotokopi) 
  • KTP (asli dan fotokopi) 
  • Materai Surat Kuasa (apabila mewakili) 

Persyaratan Memperpanjang STNK dan Membayar Pajak Tahunan di Pelayanan Samsat Kecamatan Pasar Minggu 

Berikut adalah dokumen yang harus disiapkan untuk memperpanjang STNK dan membayar pajak tahunan kendaraan bermotor:
  • Tidak boleh diwakili kecuali satu alamat (dibuktikan dengan menunjukkan KTP yang mewakili) 
  • Membawa BPKB asli dan fotokopi (1 lembar) 
  • Membawa STNK asli dan fotokopi (1 lembar) 
  • Membawa KTP asli dan fotokopi (1 lembar)
  • Mengisi formulir

 

Langkah Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kecamatan Pasar Minggu 

  1. Menuju loket minta 1 lembar formulir 
  2. Isi selembar formulir/ berkas tersebut 
  3. Sertakan KTP asli dan fotokopinya, fotokopi BKPB, STNK asli dan fotokopinya 
  4. Berkas tersebut diberi klip agar tak tercecer maupun tercampur dengan berkas wajib pajak lainnya. 
  5. Kumpulkan/ tumpuk di meja yang disediakan oleh petugas. 
  6. Petugas mengambil tumpukan berkas untuk diverifikasi kelayakannya. 
  7. Nama wajib pajak dipanggil
  8. Membayar pajak STNK di kasir Samsat

Saya tiba di Kantor Kecamatan Pasar Minggu sekitar pukul 08.00 WIB. Belum kelihatan tanda-tanda kehidupan, tampaknya Samsat tersebut belum buka. Terlihat sekitar 20 orang sedang sibuk mengeluarkan dokumen dari tasnya masing-masing. Ada yang duduk maupun berdiri. Saya dan suami juga ikutan sibuk deh hehehe menyiapkan berkas yang diperlukan untuk proses pembayaran pajak dan perpanjang STNK ini.

isi formulir cukup sepuluh menit perpanjang dan bayar pajak tahunan kendaraan stnk di kecamatan pasar minggu nurul sufitri mom lifestyle blogger review info tips
Formulir Perpanjang STNK dan Bayar Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor (Foto: Nurul Sufitri)

Kurang lebih pukul 08.15 WIB pintu kantor Samsat pun dibuka. Taraaaaa.....! Saya ikutan masuk deh ambil formulir yang mesti diisi dengan benar. Teman-teman jangan lupa membawa pulpen ya. Biar cepat ga pakai pinjam-pinjaman, gitu 😃
 
Duh, nulisnya aja terburu-buru gini. Soalnya banyak banget titik-titik yang kudu diisi. Setelah selesai urusan ini pun kami mau langsung berkunjung ke sekolah Fahkri di SD Pelita. Lagi ada acara pentas seni. Dekat kok, ga sampai 1 km jaraknya. Terbilang ga jauh juga dengan Kemenag ketika kami daftar haji di awal tahun.

Baca: Cara dan Syarat Daftar Haji di Kantor Kementerian Agama RI


cukup sepuluh menit perpanjang dan bayar pajak tahunan kendaraan stnk di kecamatan pasar minggu nurul sufitri mom lifestyle blogger review info tips
Semua Berkas Ditumpuk di Atas Meja (Foto: Nurul Sufitri)

Saya dan suami mengisi formulir, cek dan ricek, lalu mengumpulkan semua berkas jadi satu menggunakan klip. Semua berkas ditumpuk di atas meja yang disediakan di luar. Ada seorang bapak petugas yang mengambil tumpukan tersebut, kemudian masuk ke dalam.

Oh ya, beberapa berkas sempat dikembalikan karena plastik pembungkus STNK aslinya masih ada. Termasuk milik kami hihihi masih berplastik STNK aslinya. Mungkin maksud petugas biar lebih cepat gitu, STNK dilepas dari plastiknya.

cukup sepuluh menit perpanjang dan bayar pajak tahunan kendaraan stnk di kecamatan pasar minggu nurul sufitri mom lifestyle blogger review info tips
Warga Jakarta Sibuk Urusan Perpanjang dan Bayar Pajak STNK di Samsat Kecamatan Pasar Minggu (Foto: Nurul Sufitri)

Saya menunggu di dalam Samsat sementara suami sedang asyik bercengkerama via ponsel di halaman parkir.. Biasa lah, isteri kan bagian sibuk, suami terima beres wkwkwkwk. Ga lama kemudian, nama kami dipanggil satu per satu. Menuju kasir dan membayar sejumlah uang. Pajak STNK motor Mio saya Rp 120.000,- dan Kawasaki KLX suami adalah Rp 520.000,-

cukup sepuluh menit perpanjang dan bayar pajak tahunan kendaraan stnk di kecamatan pasar minggu nurul sufitri mom lifestyle blogger review info tips
Selesai Memperpanjang STNK dan Bayar Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor di Samsat Kecamatan Pasar Minggu (Foto: Nurul Sufitri)

Wuuuiiiih, ga sampai 10 menit mulai pengumpulan berkas di luar, kelar deh urusan bayar pajak dan perpanjangan STNK tahunan motor kami berdua 😍 Lengkap dengan plastik baru tentunya hehehe. Alhamdulillaah banget deh pelayanan pemerintah terhadap publik kini semakin terpadu, cepat tepat, ga kalah dengan lomba cerdas cermat hehehe. Yuk, kalian mau coba?




72 comments:

  1. Paling suka deh saya kalau mengurus sesuatu gak pakai lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini zaman canggih 😘 orang2 milenial ga demen yang lemot2 hahaha. Alhamdulillaah ya sistem komputerisasi urusan STNK udah praktis begini. Salut sama pemerintah Indonesia 😘😘

      Delete
  2. pernah punya pengalaman ini yang tidak mengenakkan. waktu itu saya lupa perpanjang dan lewat satu hari. akhirnya bikini baru lagi. heheheeee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai reminder aja, mas biar ga kelupaan lagi hehe. Kezel ya kelewatan sehari doang 🤣

      Delete
  3. DI jogja juga ada samsat keliling tapinya, dan ada juga opsi lain ke bank BPD DIY karena sudah online terintergasi sama bank..
    jaman sekarang segalanya serba digital jadi lebih mudah deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul3x, mas Aldhi 😘😘 Udah canggih... kali kalo sepi ga sampai 5.menit kelar urusan di Samsat. Di kota2 besar di Indonesia sudah terintegrasi online..asik kan? 🤩

      Delete
    2. iya soalnya udah online, memudahkan klo online, databse terpusat dan ga perlu antri2 bika database manual hehe

      Delete
    3. Siiiiip, mas Aldhi 😀 Pelayanan masyarakat kauak begini bikin kita tersenyum lebar dan hemat biaya ya.

      Delete
  4. Sekarang jamannya digital, ngurus apapun nggak boleh diwakilkan yaa. Asik kalo bisa cepet, jadi menutup kesempatan pungli juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btul3x. Senang kaan masyarakat dengan kemajuan teknologi dan pengurangan birokrasi zaman now? Hahaha alhamdulillaah negara kita makin maju 😉😘

      Delete
  5. Berarti yang bukan dipasar minggu saja bisa...Berarti saya juga bisa dong!..Kan saya tinggal didepok nggak jauh2 amat jaraknya..

    Heemm!! Mungkin tahun depan ...Kalau untuk sekarang sudah dibayar semua 5 bulan yang lalu...😄😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iyaaks mas. Tahun depan bolehlaaah mampir ke Samsat Pasar Minggu. Sekalian belanja buah2an. Pepaya, mangga, pisang,jambu 😂😂😍

      Delete
    2. Dibawa dari pasar minggu..😂😂 Haaadeechhh!! 😂😂😂

      Delete
    3. Hahahaha... ayuk kita nyanyi bareng, mas 😂😂😂

      Delete
  6. Halo mba. Pas aku lagi butuh untuk perpanjang STNK motor. Ntar aku cob ah mba. Lokasinya ya nggak jauh dari rumahku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hqi, mbak Al 🙂 Wiiih..hayuklah Sabtu lebih enak kayak aku aja.... jam 8 udh di TKP 😄 Iya ga jauh dari Pasar Rebo siiiip.

      Delete
  7. Kalau di Garut mah saya tak tahu apa ada atau tidak, Teh. Juga pelayanannya gimana, apakah cepat atau lambat. Biasanya layanan publik di Garut dikeluhkan lamban banget karena SDM tak profesional. Syukurnya Teh Nurul dilayani petugas yang terlatih dan profesional sebagai pelayan masyarakat.
    Yah, saya tak punya motor jadi tak tahu juga kayak apa urusan di Samsat Garut. Semoga saja layanannya terpadu dan menyebar sampai ke setiap kecamatan agar memudahkan masyarakat serta tak menuai keluhan.
    Maaf, saya baru bisa main sekarang, Teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah sesuatu bingits 😘 Aku dan suami aja sampe ga percaya gini. Temen suami juga ikutan perpanjang dan bayar pajak STNK di Samsat Pasar Minggu loh. Benerrr cepet banget. Love2 deh 😍 Aamiin. Semoga pelayanan publik seperti ini tersebar di seluruh kota di Indonesia ya aamiin.

      Delete
  8. Baruu taauu aku mbak singkatan Samsat wkwkw enaak yaa kalau gapake lamaa gtu, 10 menit langsung jadi alhamdulillah. . makasihh banyak sharingnyaa mbak, jd tau nih prosedur perpanjang dan bayar pajak stnk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, sama aku juga 🤣🤣🤣 Solusi banget buat masyarakat Indonesia ya, mb Lucky 😘 Looooovvvveeee deh 🤩 Sami2.

      Delete
  9. saya juga lebih suka urus sendiri tanpa calo. insyaAllah mudah dan nggak pake ribet kan. dan lebih irit buat jajan tiket jalan-jalan. hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuuuu, mbak Dita 😘😘😘 Cepat kalau sekarang mah sistemnya ga pake calo2an ya. Jadi mamah kudu pintar dan hemat 🤩

      Delete
  10. Kerjaan aku Mba.. perpanjang STNK di kantor tapi pake Vendor hehe.
    Luama banged.. ini jadi info berharga neh. Thanks tulisannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Mbak Ratna 😘 Waaahhh... kerjaannya ya urusan ginian? Hihi..boleh nih dicoba sendiri perpanjang dan bayar pajak tahunan STNK di Kecamatan Pasar Minggu. Sama2. Makasih udah mampir di blogku 🤩🤗

      Delete
  11. baru tau saya kalo singkatan samsat itu Sistem administrasi manunggal satu atap hehe..enak lah kalo disitu prosedurnya cepet, kalo di tempat saya ngurus pembayaran pajak paling lama dan bikin jengkel, (jengkel nunggu antrian ) hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin lain waktu mas bisa coba proses di Samsat Kecamatan Pasar Minggu ini. Biar lancar jaya antrian cepeet meskipun rame wajib pajaknya 😃

      Delete
  12. Terbantukan banget kalo gini, GPL langsung cepat kelar, ngga perlu kelamaan duduk sampai berasap 😁
    Semoga ya pelayanan kantor samsat dikota lain terinspirasi, ikut-ikutan gesit melayani publik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahahaha iya yak, mas. Dulu2 nunggu urusan gini duduknya sampai bikin tepos pantat wkwkwkw. Alhamdulillaah sekarang sistemnya udah terintegrasi dan online. Bravo! Aamiin 😘

      Delete
    2. Wwuakakakaa ...
      Ngga nyangka akuuu ..., kak Nurul nimpali komentarku duduk berasap, malah dibalas bikin tepos pantat 😂 ..

      Nulis gini sambil langsung ambil gerakan bangun dari kursi, takut betulan tepos kkwwwkk ..

      Delete
    3. Wakakakakak 🤣🤣🤣🤣 Iyalaaahh ati2 pantat gepeng kelamaan laptopan mas 😅

      Delete
  13. di sby jg ada samsat korner gitu malah di dalam mall, enak bisa sbil halan2, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaaaap 😍 All in 1 ya bisa ngemall sekalian hihiji.

      Delete
  14. Mudah-mudahan di kalsel pelayanan samsatnya bisa seperti di jaksel. Jadi bisa cepet dan nggak harus ke kantor samsat atau nunggu mobil samsat keliling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga aja aamiin. Semua butuh proses dan waktu untuk menuju yang lebih baik. Siiip mbak 😊😊

      Delete
  15. Hai, Mbak. STNKku akan berakhir di awal Maret mendatang. Mau proses aku maju mundur, nih. Betul nggak sih wajib melampirkan kartu BPJS Kesehatan. Aku nggak punya, nih. Deg-degaaan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berdasarkan pengalamanku, suami dan papahku sih, ga butuh kartu BPJS segala kok untuk perpanjang dan bayar pajak STNK ini. Ga usah deg2an hehehe 😁😁

      Delete
  16. Salam kenal Mb Nurul.
    Saya Nanik dari Sidoarjo, KTP masih Surabaya sih, hehe.
    Di Surabaya cepet juga koq mbak.
    Pakai papan elektronik gitu.
    Tiba gilirannya selain dipanggil, juga terpampang di papan.
    Jadi kita tahu prosesnya sampai mana.
    Maximal 15 menit dah kelar koq.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...Mbak Nanik salam kenal juga 🤗🤩 Wah keren yq ada papan infonya. Jadi cepat, aman, nyaman. Cool 😘

      Delete
  17. Semua memang dimudahkan deh kalau urusan stnk dan sim. Aku kebetulan rumah daerah tangsel juga mudah mbak. Thanks for sharing kebetulan ada saudara rumah di pasar minggu, nanti aku sharing sama dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Mutia :) Sama2. Sip2 siapa tau nanti saudaranya butuh info bisa baca tulisanku hehehe thanks.

      Delete
  18. Wahhh saya belum perpanjang nih, STNKnya masih dibawa jalan jalan sama yang punyaaa, apakah harus pemilik aslinya ya yang perpanjangan, tapi kan saya yang make kendaraannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa STNK asli dan fotokopi, bawa KTP asli n kopian sesuai nama yg tertera di STNK, bawa KTP asli dan kopian mas Andrie, bawa aja Kartu Keluarga asli dan kopian buat jaga2 kalau ditanya. Kayaknya mesti satu alamat deh jd ada di KK gitchuuuu. Bikin surat kuasa. Good luck 😀😘

      Delete
    2. Klo Masih 1 kk ga perlu Surat kuasa kn ya mba Nurul?

      Delete
    3. Siapin aja surat kuasa, buat jaga2, mas. Soalnya kan nama yg tertera pada STNK nya bukan nama diri kita. Jangan lupa KK dibawa n fotokopiannya :)

      Delete
  19. klo perpanjangan STNK cepet mbak
    yang lama itu ngurus perpanjangan SIM, ampun deh
    heheh
    tapi ini manfaat banget, kebetulan ayah juga ada motor yang masih plat B

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba klik link perpanjangan SIM di atas deh. Aku punya pengalaman perpanjang SIM A dan SIM C tahun lalu dan itu cepet banget juga. So, no worries yach 🤩 Yeah, sami2 semoga bermanfaat.

      Delete
  20. Apa nantinya akan ada di setiap kecamatan di Jakarta mba ?

    ReplyDelete
  21. Mbaa, kalau telat pembayaran apakah prosesnya cepat seperti bayar tanpa denda? Makasih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu ada dendanya mbak. Perhitungannya tergantung berapa bulan, ada pengalinya misal 25% dan lain2. Dendanya didapat dari denda PKB dan denda SWDKLLJ. Yelat 1 bulan lebih dianggap 2 bulan dendanya dst. Ini bisa jadi 1 judul...mungkin di lain kesempatan kalau sempat diulas hehehe ga janji dulu ya mbak soalnya banyak tulisan terpending nih. Makasih 😊

      Delete
  22. Proses perpanjangannya cepet banget ya mbak Nurul, hanya 10 menit aja udah selesai. Jadinya gak perlu lama mengantri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak deh ga pake calo, ga antri kelamaan....enjoy your day namanya hahaha 😁😍

      Delete
  23. Jujur aku urusan begini sering minta tolong orang hihihi abis riweh mba. tapi kemarin pas bikin sim udah lancar jd kayaknya buat stnk bulan mei nanti aku mau urus sendiri juga dan udah dapet info banyak di mari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kemaren2 masih melalui calo untuk bayar pajak perpanjangan STNK. Tapi mulai sekarang di tahun 2019 semua harus berubah menuju hal lebih baik, cepat, tepat adn akurat kayak berita hehehe. Ayuk mamih! :D

      Delete
  24. Kalau urusan bayar pajak, urusan suamiku semuanya wkwk.. Aku sih berharap pajak motor dihilangkan, soalnya lumayan juga. Sedangkan harga motor terus turun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba urus sendiri deh hihihi bareng suami bisa nih Hari Sabtu buka setengah hari loh 😎

      Delete
  25. aku jadi keingetan belum bayar pajak wkwkwk dan tahun ini juga mesti perpanjang duh deg2an biayanya berapa yah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk, mbak jangan sampai habis masa berlakunya ntar jadi rempong hihihi. Terjangkau lah kalau ga telah mah 😊

      Delete
  26. Mestinya dg semua kemudahan itu tak Ada alasan telat mengurus surat2 kendaraan bermotor, ya. Aku sih gak pernah mengurus begituan. Sepeda onthelku gak butuh SIM STNK hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe betul3x, mbak 😊 Jangan sampai terlewat tanggal habis masa berlaku dokumen2 penting deh.

      Delete
  27. Sebelum ada samsat ini Saya selalu ke depan TMP kalibata yg bis keliling itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa ya, dari dulu paling sering eksis tuh di Kalibata 😄

      Delete
  28. memang hrs begitu ya pelayanan yang memudahkan masarakat akan banayk dicari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuuu... semoga konsisten dan semakkn bagus pelayanan masyarakat seperti ini 😊

      Delete
  29. Iya bun cuma sebentar dan nggak mahal juga daripada ke calo. Menurut aku nggak ribet juga. Cuma dulu aku pernah bingung tempat bayarnya kemana. Tapi trnyata perwilayah ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mb Yeni..sekarang udah pasti dan yakin pembayaran pajak STNK gini... jadi ga perlu calo2an kan sudah online juga. Mamah puntar dan hemat emang kudu tauuuu ya hahaha 😊

      Delete
  30. Aku paling males kl urusan memperpanjang STNK atau SIM. Duh capek lamaaa.. Eh ternyata sekarang sudah gak ya mba. Cepet bgt. Baru tahu nih :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, mbak Enny :) Udah bisa tersenyum lebar kita nih bayar pajak dan perpanjang STNK kendaraan bermotor. Yuks, coba deh!

      Delete
  31. berguna banget mba step by step nya, terimakasih ya. Semoga kedepanya birokrasi begini sudah banyak diterapkan ke berbagai bidang sistem pemerintahan yaaah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih, mbak 😘 Alhamdulillaah ya berbagi kebaikan. Info2 begini kan penting bkngits hehehe. Aamiin.

      Delete
  32. Halo mba Nurul, salam kenal. Saya mau tanya kebetulan alamat KTP di Kecamatan Kebayoran lama (tapi domisili di TangSel), apakat ada Gerai Samsat serupa di setiap kecamatan di Jakarta? Makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak/mas Sas 😊 Sepertinya belum semua kecamatan memiliki layanan Samsat begini...Contohnya di Jagakarsa tempat tinggalku, belum bisa. Jadi aku cuuuzzz ke Kec. Pasar Minggu. Mungkin harus berselancar kapan2 siapa tau nanti bakalan diusahakan di semua kecamatan di Indonesia. Thanks ya.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.