Daftar Isi [Tampilkan]
Apa kesan pertama teman-teman setelah mencicipi Al Baik Fried Chicken di Arab Saudi? Ayam goreng yang kaya rempah khas Timur Tengah ini begitu terkenal. Al Baik menjadi makanan favorit warga Arab dan para jamaah dari seluruh penjuru dunia yang sedang melaksanakan ibadah haji maupun umroh di Tanah Suci. Porsi ayamnya besar, ada kentang goreng, roti burger dan saus bawang putihnya. Cita rasa dan aromanya begitu kuat hingga ke daging ayamnya, membuat orang tergila-gila menikmatinya 😃

al baik fried chicken kuliner arab saudi favorit jamaah haji dan umroh nurul sufitri mom travel blogger lifestyle review makanan


Masih melanjutkan kisah seru dan ga terlupakan, tulisan saya kali ini akan membahas soal kuliner yang sangat digemari di Arab Saudi yakni Al Baik Fried Chicken. Boleh Flash back sebentar deh buat teman-teman yang belum membaca cerita umroh saya dan suami di Bulan Mei 2019 lalu. Yuk, duduk yang manis! 😀

Tentang Al Baik Fried Chicken 

Al Baik adalah restoran cepat saji ayam goreng yang sangat hits di Arab Saudi. Penduduk Timur Tengah begitu menyukainya. Begitu pula para jamaah dari penjuru dunia yang sedang beribadah umroh maupun haji. Para TKI yang bekerja di Arab Saudi juga doyan makan ayam ini. 

Katanya sih belum afdol rasanya kalau belum nyobain Al Baik. Saya pun demikian, ga mau ketinggalan hhhmmm…”Kayak apa sih kenikmatan yang ditawarakan Al Baik Fried Chicken ini?”, tanya saya dalam hati 😊

Sejarah Restoran Al Baik Fried Chicken 


al baik fried chicken kuliner arab saudi favorit jamaah haji dan umroh nurul sufitri mom travel blogger lifestyle review makanan
Restoran Al Baik Fried Chicken (Foto: ayohaji.com)
 
Menurut Wikipedia, nama Al Baik mempunyai arti ‘ambil’ atau ‘pilih’. Restoran cepat saji Al Baik sudah ada sejak hampir 45 tahun yang lalu. Hingga kini sudah ada sekitar 50 outlet tersebar di beberapa tempat seperti Makkah, Madinah, Yanbu, Thaif, Hejaz dan sebagainya. 

Saya baca di website bombastis(dot)com bahwa sebelum berubah nama menjadi Al Baik, pada tahun 1986, restoran tersebut bernama Broast Restaurant. Bisnis pertamanya dimulai dari sebuah gedung tua yang berlokasi di Sharafiyah, Jeddah pada Bulan September 1974. Pada Bulan Maret 1976, Broast Restaurant cabang kedua dibuka di Al Dakheel Building.

Orang yang berjasa membuat perut kenyang, hati senang karena makan ayam goreng Al Baik adalah Shakkour Abu Ghazalah. Sayangnya,ia meninggal tepat setelah pembukaan restorannya. Lima bulan lamanya ia berjuang melawan kanker. Pada tanggal 14 Agustus tahun 1976, ia wafat pada usia 48 tahun. 

Setelah sang ayah wafat, usaha restoran ayam cepat saji ini dilanjutkan oleh Ihsan Abu Ghazalah yang baru lulus kuliah. Sempat hampir bangkrut, Al Baik ini kehilangan agen dan harus memulai dari awal. Rami, adik Ihsan membantu sang kakak, bahu-membahu membangun kembali bisnis ayahnya di tahun 1982. Meskipun latar belakang pendidikan mereka bukan pada bidang kuliner, pangan dan sejenisnya tapi semangat tetap membara.

al baik fried chicken kuliner arab saudi favorit jamaah haji dan umroh nurul sufitri mom travel blogger lifestyle review makanan
Resep Rahasia Bumbu Rempah Al Baik Fried Chicken (Foto: ayohaji.com)
 
Al Baik memiliki resep rahasia yang menajdi andalan mereka. Ihsan kala itu pergi ke Perancis untuk mempelajari teknologi pangan. Akhirnya, terciptalah 16 rahasia bumbu rempah dan bumbu rahasia Al Baik Fried Chicken setelah tiga tahun meraciknya diam-diam, dikerjakan siang dan malam. 

Saat ini cabang Al Baik sudah tersebar di Amerika Serikat, India dan Mesir. Restoran ini juga peduli sosial, lingkungan dan sebagainya. Dengan Corporate Social Responsibility (CSR) Al Baik aktif dalam kegiatan di bidang pendidikan, pengentasan kemiskinan, hingga kesadaran lingkungan.

Di Mana Beli Ayam Goreng Al Baik? 


al baik fried chicken kuliner arab saudi favorit jamaah haji dan umroh nurul sufitri mom travel blogger lifestyle review makanan
Outlet Al Baik Fried Chicken (Foto: liputanbmi.com)

Banyak gerai kuliner di bawah Zam Zam Tower dan Makkah Hilton Tower dan biasanya para jamaah haji maupun umroh sudah diberikan informasinya. Namun spot kuliner yang berada di depan Masjidil Haram sepertinya kurang nyaman karena konsep makannya grab and go alias ga ada kursi dan mejanya. 

Dari sekitar kawasan Masjidil Haram menuju Al Baik di Aziziyah, bisa naik taksi. Kabarnya sih memang argometer, namun supir di sini umumnya menembak harga. Ya… bisa keluar kocek SR 20-30 atau sekitar Rp 74.000 – Rp 111.000 jika kurs Riyal Rp 7.400,- Meskipun pembeli Al Baik ini sangat luar biasa ramainya, namun ga mengurangi animo masyarakat untuk tetap membelinya. Antrean untuk kaum adam dan hawa dipisah. 

Lurus terus dari pintu 79 Masjidil Haram ke arah Jalan Ibrahim Al Khalil lalu belok kanan. Katanya, kalau bingung, tanya aja Hotel Hilton Suites Makkah, karena hotel ini ada di dalam mall-nya. 

Cerita Saya dan Al Baik Fried Chicken

Ketika itu saya dan jamaah umroh Alhijaz ga sempat dine in di restorannya karena jarak dari hotel kami menginap dengan resto cepat saji Al Baik ini ga dekat banget dengan hotel. Mungkin kendala jadwal yang padat dan hal lainnya, batal deh mencicipinya. Ada yang bilang, kalau mau ala fried chicken-nya ada di outlet anu, bukan di anu, begitu. Soalnya ada outlet tertentu yang jual nugget-nya aja. Seperti di Jabal Omar, misalnya, adanya paket nugget aja. 

Tapi sedihnya ga jadi tuh hehehe karena sang muthowwif bertanya barangkali ada teman-teman jamaah yang mau pesan paket ayam goreng yummy ini, yeaaah! 😍 Sepertinya dibelikan oleh seseorang yang saya pun ga tau siapa dia hihihi. Entahlah suara samar-samar terdengar karena saya sudah kelelahan. 

Malam harinya paket ayam mendarat di kamar hotel dengan selamat. Eh, dini hari kayaknya baru diambil oleh salah satu teman saya. Estafet gitu deh jadi dari tangan satu ke kamar hotel yang lain dan seterusnya hahaha. Mau tahu apa kata teman penulis, Mbak Ade Ufi tentang Al Baik?

Baca: Al Baik, Restoran Cepat Saji di Saudi 

Paket Al Baik Fried Chicken yang Saya Cicipi 

Ini dia isi Al Baik Fried Chicken yang saya icip bersama dengan teman sekamar. Oh ya, harganya 20 SR sekitar Rp 80.000,- Patungan sih jadi masing-masing bayar SR 5 gitu. Lupa deh rasa original atau spicy ya? Maklum, makannya pas keesokan harinya hahaha 😂 Nasib ya nasib, sudah hilang deh krispi si ayam dan kentangnya juga loyo wkwkwkwk. 


al baik fried chicken kuliner arab saudi favorit jamaah haji dan umroh nurul sufitri mom travel blogger lifestyle review makanan
Al Baik Fried Chicken yang Saya Cicipi di Kamar Hotel
 
Porsinya besar banget, ada empat potong ayam goreng dada dan paha, kentang goreng, saus tomat, saus bawang putih dapat 2 sachets dan satu roti burger. Oh ya, bukan burger isi beef ya, gaes tapi roti burger doang, masuk mulut hap, gitu hehehe. Ayam Al Baik ini memiliki cita rasa yang tinggi dengan dan aroma rempah pilihan, begitu terasa hingga ke daging ayam. 

Kalau di Mc Donald dan KFC kita bisa beli paket dengan nasi, Al Baik ini ga. Selain kentang goreng, karbohidrat pendampingnya adalah roti burger. Namun roti burger ini ga dibelah, melainkan untuk dimakan dengan disobek-sobek seperti halnya orang Arab biasa makan roti shawarma atau roti pita. 

Kalau kita biasa makan ayam goreng dicocol dengan sambal atau saus pedas, Al Baik ini beda. Cocolan utamanya bukan sambal melainkan garlic sauce alias saus bawang putih dan saus tomat. Katanya sih, saus sambal hanya ada di meja resto, tapi botolnya ukuran kecil untuk mereka yang mau sambal. Nah, kalau kepengen ayam ala urang Sunda yang ada di negara kita, boleh dicoba deh di Resto Kluwih.

Al Baik Akan Buka Cabang di Indonesia? 

Teman-teman, ada kabar baik nih buat kalian yang belum pernah mencicipi ayam goreng Al Baik 😃 Saya baca di website liputanbmi(dot)com bahwa di awal tahun 2018 lalu ada pembahasan tentang akan dibukanya outlet Al Baik Fried Chicken di Indonesia. Woooooowwww! 


al baik fried chicken kuliner arab saudi favorit jamaah haji dan umroh nurul sufitri mom travel blogger lifestyle review makanan
Al Baik Fried Chicken and Nugget (Foto: Tripadvisor)

Menurut berita, pada Selasa 16 Januari 2018 Pelaksana Fungsi Ekonomi-2 KJRI Jeddah, Agus Muktamar bersama tim ekonomi dan perdagangan KJRI Jeddah melakukan kunjungan kerja ke perusahaan Al Baik Food System Co. Ltd, Jeddah dalam rangka perkenalan dan penjajakan kerja sama antar kedua belah pihak di bidang industri makanan. Pihak Al Baik menyambut baik hal tersebut. Berdoa aja yang kenceng, siapa tahu mimpi ini menjadi kenyataan.

By the way, ciyuzz nih saya ngetik tulisan ini pas lagi puasa Arafah hihihi…. 😊 Duh kok jadi ngeces beneran ya sampai nelan ludah hahaha ampyuuuun deh. Jadi pengen order online nih gara-gara lihat gambarnya. Ada sih sepaket itu dijual seharga Rp 126.000,- atau Rp 135.000 dan sebagainya. 

Tapi ya dipikir-pikir, rasanya ya sudah beda kayaknya sekian jam di udara, sekian jam pengantaran sampai ke rumah wkwkwkwk. Nantilah saya pikir ulang kira-kira jadi pesan online ga ya? Secara waktu itu ga puas cuma icip satu potong ayam aja hiks. Saya kan biasa porsi dua potong ayam, bahkan kalau anak ayam bisa saluruhnya hahaha 😂 😍



90 comments:

  1. Waaah mbaak aku liat gambarnya aja sambil bayangin nikmatnyaa ayam dan kentang goreng Al Baik, pengeen cobaaaiiin. Mau cari" outlet Al Baik di Indonesia hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya belum ada mbak, kan baru wacana 😁 Beli onlime aja coba deh. Aku juga mau coba sih hihihi 😘

      Delete
  2. pas umroh kemarin, aku cobain al baik yg di mekkah, dlm mall gitu.. tp ternyata cuma ada paket nugget ;p... Itu jg enaak sih... malah aku lbh suka itu tinggal makan ga ush susah2 ama tulangnya hahahaha..

    tp kemudian di mekkah jg aku coba ayam goreng merk lain mba... dan sejujurnya, malah lebih enak trutama saus dan jus jeruk yg dijual... pas di madinah sayangnya aku ga nyobain al baik krn tertarik ama kuliner lain..pdhl yg di madinah jual yg fried chicken bener bukan nugget..

    tp ya itu tadi, pas udh nyoba merk arab lain, yg rasanya lbh enak, dan hrg lbh murah, kok ya ga tertarik lg ama si albaik nyaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa.... halo mbak Fanny 😍 Apa kabar? Oooh iya ya aku tahu ayam goreng yang KW nya Al Baik kan? Aku juga beli 1 paket tuh makan berdua sama suami. Ah...lupa namanya wkwkwkw lebih murah juga ya. Jadi makin penasaran sama Al Baik ayam goreng dan nuggetnya 😀😀

      Delete
  3. Boleh juga ini, apalagi dengar rempah khas Timur Tengah menjadi pembeda. Seperti halnya ayam KFC original itu rempahnya juga khas. Kalau lihat responsnya yang positif dari jemaah haji/umrah Indonesia, sepertinya bakal bagus prospeknya, kayaknya ada franchise juga ya... Nice info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi H2C alias Harap2 Cemas ya mas, kepengen ada outlet Al Baik di Indonesia 😘 Kira2 1 paket ayam itu mas bisa habisin ga wkwkwkwkwk 😂 Sama2.

      Delete
  4. Wah, cocolannya saus bawang putih? Pasti enak banget! Menurut saya, bumbu gorengan Timur Tengah tidak ada duanya. Wah, kapan buka di Indonesia ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya nih aku juga kepengen Al Baik buru2 ada cabangnya di Indonesia...ah jadi ngeces hahaha 😍

      Delete
  5. Waaah ciyus mau buka di Indonesia. Asyiiik. Btw ade juga oas makan ini pas udah ga krispi, taoi masih enak kok. Berasa banget bumbunya sampai ke dalam dagingnya.

    Potongannya besar kaaaan.. xixixi. Jadi makan 1 tanpa nasi juga udah kenyang banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya soh secara bumbu rempah2 khas Arab masih terasa tapi kan maunya makan pas panas atau hangat gitu hahaha 😅😘

      Delete
    2. Iya mgkn enaknya pas panas yaa.. tapi kalau jadwal umrohnya padat susah juga ya. Kemarin ade juga beli paket yg harganya kalau di rupiahin cuma 50rb. Palet ayam 4, roti bun 1 dan kentang gorwng

      Delete
    3. Iya jadwal padat merayap. Aku ga sempat ke Al Baik langsung. Jadi jamaah lain juga belinya nitip sama yg bisa ke outletnya 😁

      Delete
  6. Mba Nurul biki aku kangen sama Al Baik ini deh. Waktu perjalanan dari Madinah ke Mekkah aku dikasih 2 porsi Al Baik, eh 1 porsi aja ngga habis dimakan berdua sama suami. Trus 1 porsinya kita makan habis umroh pertama. Saus bawang putihnya itu loh yang bikin ketagihan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mb Memez hahaha ah seandainya Al Baik sekarang ada di depan mata, aku mau menghabiskan sepaket semua ga mau bagi2 🤣🤣🤣

      Delete
  7. Membacanya jadi ngeces nih, menelan ludah
    Penasaran banger seperti apa rasanya.
    wah kalau dekat sudah beli nih.
    Kira-kira bisa delevery kagak nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ah Mas Djangkaru ikut2an aku aja pake ngeces 🤣🤣🤣 Delivery dari Arab bisa tuh di online shop ada 😅 Coba aja...

      Delete
  8. Replies
    1. Kurang muter2 kali buuuun... hihihihi 😁😁

      Delete
  9. Wah kalo gitu ntar pas ke Mekah kudu bawa saus sambal sachet ya, buat makan roti burger Al Baik. Ke Mekah yang dipikirin malah saus sambal, hahahah... Kalo mau ada di Indonesia asyik dong, karena ayam goreng ala Arab gini bumbunya pun beda, pedasnya juga pake tandorii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bisa juga gitu. Soalnya di Arab makanan2nya pake saus tomat, bawang putih. Lidah kita kan demennya cabe 😂 Iya nih kapan ya Al.Baik beneran ada di Indonesia? Jadi H2C hahaha 😘

      Delete
  10. Dulu kami dijamu sama pihak travel menjelang pulang dengan ayam Al Baik ini. MasyaAllah enak sekaliiii... Hihihi... Kapan hari ada kakak saya beli Al Baik ini jastipan gitu. Tapi rasanya beda karena udah beberapa hari dan disimpan di frozen. Walau dihangatkan sebelum makan. Semoga bisa merasakan kuliner ini lagi suatu saat nanti. Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, enak banget dari travelnya dikasih Al Baik :D Berapaan tuh beli di jastip? Iya sih pasti udah beda rasanya kan sekian hari si paket ayam ada di udara dan dalam masa pengiriman hehehehe. Aamiin.

      Delete
  11. mbak serius deh, ini porsinya banyak lho, 80k, dapat 4 potong ayam, kentang, n roti burger,

    saya jadi pengen nyicip juga kesohoran al baik. apakah orang disana ga suka sambel ya mbak? kalo di indonesia kan pasti saos tomat n cabe, kalau ini tomat n bawang putih, kayak apa ya slrasanya saos bawang putih, hmmm jadi penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, aku seriuuuuusss 😘 Itungannya sih terjangkau yaaaaa murahlah isi sepaket buanyaaak gitu hehehe. Ya rasa bawang putih aja plus tomat...enak2 aja sih. Coba bawa soas favorit dari Indonesia ya hhmmm 🙄😘😘

      Delete
  12. Halo mbak Nurul udah dapet aja nih placement, wah keren nih tapi, saya jadi pengen nyobain karena secara nama dan tampilan unik juga nih. Makasih udah share ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooooo Mas Zaki 😘 Placement yg mana? Hihihi... Al Baik ini favorit para jamaah haji maupun umroh... semua orang kayaknyaaaa suka ya. Kecuali mungkin kudu beradaptasi dg saus bawang putihnya hehehe... ah jadi mau 😍

      Delete
  13. Kayanya lezat bgt dah tp ko mahal bgy y..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lezat dong :) Mahal murah itu relatif ya. Sepaket gini bisa makan berdua atau bertiga loh hehehe :D

      Delete
  14. Seru kali ceritanya tp sy pikit harganya kemahalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan bisa patungan bareng temen hihihi... ga lah lumayan terjangkau kan ayamnya gede2 dan kenyaaang :D

      Delete
  15. Eh serius nih Al Baik mau buka cabanh di Indonesia? Asiiik, ga perlu jastip lagi, bisa dapet yg fresh.
    Joget-joget girang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kata google sih gitu, ga tau deh belum ada berita terkini. udah H2C aja yak kita nungguin AL Baik hadir di Indonesia hihi :D

      Delete
  16. Wah, seru nih. Bakal ada waralaba ayam goreng made in Timur Tengah di Indonesia. BTW, penampilannya emang bikin ngiler siy. Nampak crunchy gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu dong, tapi belum tau nih beneran bakal terealisasi ga ya Al Baik ada di Indonesia wkwkwkwkw..Iya kelihatan yummy :D

      Delete
  17. Kok jadi kepengen nyicipin juga jadinya. Terutama nyoba sausnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saus unik si bawang putih hihihi. Ternyata banyak jamaah umroh yang bawa bekal saus sambal loh dari Indonesia wkwkwkw :) AKu ga ngeh eh ternyata di Arab rata2 makanannya pake saus bawang putih :D

      Delete
  18. Waah postingan ayamnya gede ya. Mungkin disesuaikan dengan makanan orang arab yang besar dan banyak ya. Untuk ukuran orang Indonesia sepertinya gak habis ya dimakan sendirian. Eh bisa abis sih kalau gak pakai nasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, sepotong aam aja gede gitu ya hihi entah ayam apa deh :) Biasanya sepaket gitu bisa disantap berdua sih, kenyang deh bahagia hehehe :)

      Delete
  19. Nah, seru nih ceritanya. Aku suka banget sama sejarahnya. Untung aja anak-anaknya nggak nyerah ya, dan daei atas sana si Bapak bisa tersenyum lebar melihat hasil usaha yang dirintisnya.

    Salut juga Al Baik bisa sampai buka di US sana, tempat berawalnya ayam siap saji yang populer di dunia. Kalau benar Al Baik sampai buka cabang di Indonesia, bisa makin rame nih dunia perayamgorengan di Indonesia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas. Ternyata ada kisah pilu dan bahagia di balik kesuksesan Al Baik ini :) Jadi bisa menyaingi ayam cepat saji lain yang sudah mendunia terlebih dahulu ya. AKu pun H2C nih kapan ya bakalan ada outlet di Indonesia? Hehehe.

      Delete
  20. Setiap ada yg umroh pasti cerita tentang ayam ini deh. Kyknya di lulu hypermart juga udh ada, tapi rasanya lain katanya heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Karena spesial banget buat aku yang baru pertama kali umroh trus ketemu si AL Baik ini. Apalagi ga puas makannya cuma satu potong ayam hahaha :D

      Delete
  21. Siang-siang gini baca postingan tentang Al-Baik Fried Chicken, laparlah saya. Hehe ... Kebayang bumbu rempahnya enak banget kayaknya. Buka cabang Di mana nanti di Indo? Btw seriusan itu satu porsi nyampai ratusan harganya? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeces2 deh hahaha :) AKu aja yang ngetik samoe kebayang2 duuuuh ga kuku nahan kepengen makan lagi AL Baik ini. Ga tau deh kok beritanya ga ada lagi hihihi...

      Delete
  22. Semoga pas ke sana nanti ada rezeki buat nyicipin ayam goreng ini. Jadi penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Ada umur, ada kesempatan, aku pun mau lagi ke Tanah Suci. Mau beli yang banyak ah Al Baik :)

      Delete
  23. Iya..potongan ayamnya gedeeee..haha.. Saya mencicip Al Baik ini saat umroh akhir th lalu, dibelikan oleh putra salah seorang rekan jamaah yg bekerja di sana. Sungguh berkesan. Alhamdulillah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkesan pake buangeeed ya mbak hihihi. Potongan ayam yang gede2 mungkin sesuai dengan postur tubuh orang Arab hihihi....

      Delete
  24. Klo temen aku yg jadi TKI disana bilang paket ayam Al Baik ini "porsi kuli" hehehe orang sunda bilang Jibeuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuuull. porsi orang laffeeerrr wkwkwkwk... Jibeuh tah kitu disebatnya hahaha :D

      Delete
  25. Lihat gambarnya porsinya banyak banget ya mbak..

    Al Baik punya 16 bumbu rahasia. Kalah dong KFC yang cuma 11 bumbu rahasia. hehe,
    Tapi saya salut membaca jatuh bangunnya Al Baik ini dalam membangun bisnis setelah ayahnya wafat. Sempat bangkrut, tapi kini menjadi besar karena dua kakak beradik berjibaku kembali melambungkan Al Baik... Duuh kapan buka cabang di Indonesia yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang sepaket ya segitu isinya mbak hahaha begah2 deh. Yoi, kalah KFC dengan bumbu rahasia yang banyak. Aku pun baru tahu ternyata sejarah Al Baik Fried Chicken ini begitu bikin haru ya. Alhamdulillaah kedua anaknya mampu meneruskan usaha sang ayah.

      Delete
  26. wah udah bisa beli online ya...,
    pinter aja yg menyasar orang2 yang kangan ayam goreng Al BAik
    kisah suksesnya Al Baik juga inspiratif banget, anak2 yg nggak punya interes di kuliner akhirnya bisa membuatnya jadi usaha yg sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku lihat di OLS ternyata ada hehehe. Cuma belum jadi2 pesan karena mikir kayaknya bakalan beda kurang enak rasanya saking lama di perjalanan dan menuju rumah kita. Betul, inspiratif banget ya kisah Al Baik ini :)

      Delete
  27. Terkenal banget yaa Al Baik ini. Baru tahu sejarahnya, bahwa sekarang generasi kedua ya yg mengelola. Pernah ngerasain sih waktu Umroh beberapa tahun yl. Bener, saus cocolnya yang beda. Ayamnya kayak apa rasanya? Agak lupa uy...udah lama sih. Hehe...ketutup deh ama rasa ayam Recheez belakang rumah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, terkenal banget :) Saus cocolnya si bawang putih itu :) AYamnya enak lah pokoknya hahaha ga terkatakan wkwkwkwk :D

      Delete
  28. Dari warna dan fotonya sih kelihatan enak, mbak. Lucu ya, di beberapa negara, makanan fried chicken seperti ini akan dianggap sebagai junk food. Sementara di Arab Saudi malah jadi makanan khas yang diburu :D

    Kalau sudah berdiri 45 tahun lalu, kenapa baru ngehits belakangan ini ya. Salut sama perjuangan kakak beradik itu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihih iya, Mas Matius :) Mungkin karena 16 bumbu rahasia inilah yang menjadika Al Baik makanan khas Arab yang ga ada duanya :) Yoi, mereka berjuang bangkit dari bawah mencapai kesuksesan Al Baik :)

      Delete
  29. Aaaak! Ini nih, ayam yang kayanya dibicarain sama seluruh orang yang udah pernah umroh atau haji wkwkw. Saya penasaran banget sama rasanya, karena rempah-rempahnya udah beda banget sama Indonesia.

    Saya mendukung penuh dibukanya cabang Albaik di Indonesia. Semoga secepatnya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaaks hahaha... aku aja doyan, demen dan maooooo lagi. Ah jd nangis guling2 gara2 cuma nyobain sepotong ayam Al Baik ini 🤣🤣🤣 Iya, entah kapan ya belom ada beritanya lagi wkwkwk jgn PHP yak.

      Delete
  30. Waaah dari fotonya aku jadi penasaran sama rasanya, apalagi dari 16 bumbu rahasia. pasti khas banget rasanya ya. Semoga nanti bisa ibadah ke tanah suci dan mencicip Al Baik ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin moga2 terlaksana ya ke Baitullaah dan makan Al Baik Fried Chicken nyaaaaaaa 😍

      Delete
  31. Lihat foto ayamnya bikin kabita pisan, soalnya belum pernah coba ayam goreng krispi dengan rasa rempah meresap ke dalam serat dagingnya.
    Semoga saja di Indonesia Al Baik bisa buka cabang, ya. Kalau bisa di Bandung juga ada, he he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabita pisan nya? 🤣🤣 Iya nih belum ada berita terbaru lagi tentang Al Baik di Indonesia. Apa batal bikin cabang di sini ya? Hiks 🙄😭

      Delete
  32. Wew,, porsinya gedhe banget ya mbak. Itu emang porsi rame2 atau emang porsi makan di sana sebanyak itu?
    & sepertinya rasanya enak, sampe jadi idola banyak orang gitu. Kok jadi penasaran ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya pokoknya sepaket dapat sebanyak itu wkwkwkwkw... tergantung kapasitas perut aja 🤣

      Delete
  33. Wah, aku pernah denger dari keluarga yang pulang haji, iya katanya, belum afdhol ya kalau belum makan ayam Al Baik, jadi ngeces liat penampakannya, cukup murah juga ya dengan porsi segitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi 😘 Emang enaaaak, n8kmat sampe ke hati dan mau lagiiii 😍

      Delete
  34. Ini kayaknya semacam makanan yang wajib dicobain kalau ke tanah suci, ya. Banyak yang cerita tentang kenikmatan ayam ini hehehe. Di Indonesia jadi jualan ayam ini gak, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya....katanya sih kurang afdol kalo ga nyobain Al Baik wkwkwkwkw.... enaak loh 😍 Ga tau nih kok sepi berita Al Baik mau buka cabang di negeri kita 🤣

      Delete
  35. Satu porsi bisa buat sekeluargaku itu mba banyakk banget. Rasanya juga khas enak ya. Kangen makan albaik jadinya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kangeeennya pake ngeces sambil nulis 😂😂😂 Kudu bawa sambal saus kalau ke Tanah Suci kalo gitu hehehe.

      Delete
  36. Aku belum bisa bayangin nih rasa ayam al baik dikasih saos bawang putih. Enak banget tambah saos cabe ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...karena kita punya lidah pedas. Rasanya ga nancep kalo ga ada saos pedasnya 😂

      Delete
  37. Dari depan resto ini udah keliatan hangat deh mba nurul, apalagi masuk kedalam dan menikmati menu menu yang tersedia didalam.. makan disini bisa terobati rasa rindu makanan tanah air ya mba.. ayam goreng di indonesia khas banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada ayam goreng ala Indonesia di resto ini. Khusus ayam goreng Al Baik dengan 16 bumbu rahasia, mb Elly 😊😊

      Delete
  38. Bikin ngiler aja nih mbak Al Baik Fried Chicken nya. Saya suka banget makan aym, tapi kl yg menu ini blm pernah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa asli bikin ngiler. Tiap aku balan komen kayak gini aja berasa mau nelen2 si ayam Al Baik aja hahahaha :) Bisa pesan online mbak tapi ga tau deh rasanya kayak gimana soalnya kan sekian hari di udara, lamaa hahaha :D

      Delete
  39. Mbak Nurul, aku tahu restoran ini awalnya dari salah satu online shop lho hehehehe. Ternyata dia jualan Ayam Al Baik juga, tapi gak tau tuh asli apa gak ya dan gimana sistem jualannya. Tapi seneng banget kalau ada di Indonesia secara resmi, jadi bisa nyicipin duluan sebelum nantinya (Insya Allah) bisa umroh juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya mbak. Kadang hati bertanya2 apalah asli Al Baik nih yang dijual? Bisa aja sih impor atau barengan dg jamaah umroh dipesankan. Iya nih kok malah ga ada kabar selanjutnya ya. Ga jadi jangan2 Al Baik ada di Indonesia hahaha PHP :D

      Delete
  40. Wah menggoda sekali, porsinya besar dengan bumbu Timur Tengah, asli ngences..kebayang yang jualan online ayam ini kumahaa ngimpornya hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mb Dedew. Segini bisa dilahap berdua atau bertiga deh. Rasa bawang putihnya wow...beda deh pokoknya aku mauuuuuu lagi nyam!

      Delete
  41. Wah, keliatanya aja sudah anak banget, semoga suatu saat bisa haji dan umroh, dan mencicipi menu ini karena beda suasananya kalo di Arab sana Indonesia, walaupun begitu, seneng banget ternyata buka cabang di Indonesia juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum buka beneran, mas. Itu kan di berita baru wacana hehehe :) Ga jadi girangnya ah...belum ada info terkini sih. AH aku jadi kepengen makan Al Baik sekarang :D

      Delete
  42. Ya Allah , semoga lekas dibuka di Indonesia... Enak banget Al Baik ini. Apalagi pas panas2. Dibuka tutupnya uapnya langsung kena hidung. Sedapnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuu kenapa pula ya wacana ini ga terealisasi? Padahal sudah lama dinanti2 cabang Al Baik di Indonesia..Nangis di pojokan bareng2 dah ah hahaha :)

      Delete
  43. Masih belum buka di Indonesia nih ya, Teh.. Padahal saya mau ngincipin Al Baik ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ada tanda2 lagi, mungkin waktu itu baru wacana hihihihi :) Padahal kita udah banyak berharap wkwkwk.

      Delete
  44. kalau cocolannya saus bawang putih, mmm ya pasti enak lahh. Secara aku suka banget sama bawang putih :D Ngences langsung deh. Tapi dari ceritanya, meski dimakan besokan paginya tetap enak meski udh lemes krispinya, berarti ya beneran enak ya bumbunya. Duh, namanya fried chicken dimana-mana sama aja ya, selalu menggoda bahkan dari fotonya aja :P Terus sekarang updatenya gimana ya, apakah benar sudah ada di Jakarta?

    ReplyDelete
  45. Ini menu yg gua favoritkan...mmm nikmat mantap

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.