Saturday, August 10, 2019

# Arab Saudi # traveling & culinary

Al Baik Fried Chicken, Kuliner Arab Saudi Favorit Jamaah Haji dan Umroh

Apa kesan pertama teman-teman setelah mencicipi Al Baik Fried Chicken di Arab Saudi? Ayam goreng yang kaya rempah khas Timur Tengah ini begitu terkenal. Al Baik menjadi makanan favorit warga Arab dan para jamaah dari seluruh penjuru dunia yang sedang melaksanakan ibadah haji maupun umroh di Tanah Suci. Porsi ayamnya besar, ada kentang goreng, roti burger dan saus bawang putihnya. Cita rasa dan aromanya begitu kuat hingga ke daging ayamnya, membuat orang tergila-gila menikmatinya πŸ˜ƒ


al baik fried chicken kuliner arab saudi favorit jamaah haji dan umroh nurul sufitri mom travel blogger lifestyle review makanan


Masih melanjutkan kisah seru dan ga terlupakan, tulisan saya kali ini akan membahas soal kuliner yang sangat digemari di Arab Saudi yakni Al Baik Fried Chicken. Boleh Flash back sebentar deh buat teman-teman yang belum membaca cerita umroh saya dan suami di Bulan Mei 2019 lalu. Yuk, duduk yang manis! πŸ˜€



Tentang Al Baik Fried Chicken 

Al Baik adalah restoran cepat saji ayam goreng yang sangat hits di Arab Saudi. Penduduk Timur Tengah begitu menyukainya. Begitu pula para jamaah dari penjuru dunia yang sedang beribadah umroh maupun haji. Para TKI yang bekerja di Arab Saudi juga doyan makan ayam ini. 

Katanya sih belum afdol rasanya kalau belum nyobain Al Baik. Saya pun demikian, ga mau ketinggalan hhhmmm…”Kayak apa sih kenikmatan yang ditawarakan Al Baik Fried Chicken ini?”, tanya saya dalam hati 😊

Sejarah Restoran Al Baik Fried Chicken 


al baik fried chicken kuliner arab saudi favorit jamaah haji dan umroh nurul sufitri mom travel blogger lifestyle review makanan
Restoran Al Baik Fried Chicken (Foto: ayohaji.com)
 
Menurut Wikipedia, nama Al Baik mempunyai arti ‘ambil’ atau ‘pilih’. Restoran cepat saji Al Baik sudah ada sejak hampir 45 tahun yang lalu. Hingga kini sudah ada sekitar 50 outlet tersebar di beberapa tempat seperti Makkah, Madinah, Yanbu, Thaif, Hejaz dan sebagainya. 

Saya baca di website bombastis(dot)com bahwa sebelum berubah nama menjadi Al Baik, pada tahun 1986, restoran tersebut bernama Broast Restaurant. Bisnis pertamanya dimulai dari sebuah gedung tua yang berlokasi di Sharafiyah, Jeddah pada Bulan September 1974. Pada Bulan Maret 1976, Broast Restaurant cabang kedua dibuka di Al Dakheel Building.

Orang yang berjasa membuat perut kenyang, hati senang karena makan ayam goreng Al Baik adalah Shakkour Abu Ghazalah. Sayangnya,ia meninggal tepat setelah pembukaan restorannya. Lima bulan lamanya ia berjuang melawan kanker. Pada tanggal 14 Agustus tahun 1976, ia wafat pada usia 48 tahun. 

Setelah sang ayah wafat, usaha restoran ayam cepat saji ini dilanjutkan oleh Ihsan Abu Ghazalah yang baru lulus kuliah. Sempat hampir bangkrut, Al Baik ini kehilangan agen dan harus memulai dari awal. Rami, adik Ihsan membantu sang kakak, bahu-membahu membangun kembali bisnis ayahnya di tahun 1982. Meskipun latar belakang pendidikan mereka bukan pada bidang kuliner, pangan dan sejenisnya tapi semangat tetap membara.

al baik fried chicken kuliner arab saudi favorit jamaah haji dan umroh nurul sufitri mom travel blogger lifestyle review makanan
Resep Rahasia Bumbu Rempah Al Baik Fried Chicken (Foto: ayohaji.com)
 
Al Baik memiliki resep rahasia yang menajdi andalan mereka. Ihsan kala itu pergi ke Perancis untuk mempelajari teknologi pangan. Akhirnya, terciptalah 16 rahasia bumbu rempah dan bumbu rahasia Al Baik Fried Chicken setelah tiga tahun meraciknya diam-diam, dikerjakan siang dan malam. 

Saat ini cabang Al Baik sudah tersebar di Amerika Serikat, India dan Mesir. Restoran ini juga peduli sosial, lingkungan dan sebagainya. Dengan Corporate Social Responsibility (CSR) Al Baik aktif dalam kegiatan di bidang pendidikan, pengentasan kemiskinan, hingga kesadaran lingkungan.

Di Mana Beli Ayam Goreng Al Baik? 


al baik fried chicken kuliner arab saudi favorit jamaah haji dan umroh nurul sufitri mom travel blogger lifestyle review makanan
Outlet Al Baik Fried Chicken (Foto: liputanbmi.com)

Banyak gerai kuliner di bawah Zam Zam Tower dan Makkah Hilton Tower dan biasanya para jamaah haji maupun umroh sudah diberikan informasinya. Namun spot kuliner yang berada di depan Masjidil Haram sepertinya kurang nyaman karena konsep makannya grab and go alias ga ada kursi dan mejanya. 

Dari sekitar kawasan Masjidil Haram menuju Al Baik di Aziziyah, bisa naik taksi. Kabarnya sih memang argometer, namun supir di sini umumnya menembak harga. Ya… bisa keluar kocek SR 20-30 atau sekitar Rp 74.000 – Rp 111.000 jika kurs Riyal Rp 7.400,- Meskipun pembeli Al Baik ini sangat luar biasa ramainya, namun ga mengurangi animo masyarakat untuk tetap membelinya. Antrean untuk kaum adam dan hawa dipisah. 

Lurus terus dari pintu 79 Masjidil Haram ke arah Jalan Ibrahim Al Khalil lalu belok kanan. Katanya, kalau bingung, tanya aja Hotel Hilton Suites Makkah, karena hotel ini ada di dalam mall-nya. 

 

Cerita Saya dan Al Baik Fried Chicken

Ketika itu saya dan jamaah umroh Alhijaz ga sempat dine in di restorannya karena jarak dari hotel kami menginap dengan resto cepat saji Al Baik ini ga dekat banget dengan hotel. Mungkin kendala jadwal yang padat dan hal lainnya, batal deh mencicipinya. Ada yang bilang, kalau mau ala fried chicken-nya ada di outlet anu, bukan di anu, begitu. Soalnya ada outlet tertentu yang jual nugget-nya aja. Seperti di Jabal Omar, misalnya, adanya paket nugget aja. 

Tapi sedihnya ga jadi tuh hehehe karena sang muthowwif bertanya barangkali ada teman-teman jamaah yang mau pesan paket ayam goreng yummy ini, yeaaah! 😍 Sepertinya dibelikan oleh seseorang yang saya pun ga tau siapa dia hihihi. Entahlah suara samar-samar terdengar karena saya sudah kelelahan. 

Malam harinya paket ayam mendarat di kamar hotel dengan selamat. Eh, dini hari kayaknya baru diambil oleh salah satu teman saya. Estafet gitu deh jadi dari tangan satu ke kamar hotel yang lain dan seterusnya hahaha. Mau tahu apa kata teman penulis, Mbak Ade Ufi tentang Al Baik?

Baca: Al Baik, Restoran Cepat Saji di Saudi 

Paket Al Baik Fried Chicken yang Saya Cicipi 

Ini dia isi Al Baik Fried Chicken yang saya icip bersama dengan teman sekamar. Oh ya, harganya 20 SR sekitar Rp 80.000,- Patungan sih jadi masing-masing bayar SR 5 gitu. Lupa deh rasa original atau spicy ya? Maklum, makannya pas keesokan harinya hahaha πŸ˜‚ Nasib ya nasib, sudah hilang deh krispi si ayam dan kentangnya juga loyo wkwkwkwk. 


al baik fried chicken kuliner arab saudi favorit jamaah haji dan umroh nurul sufitri mom travel blogger lifestyle review makanan
Al Baik Fried Chicken yang Saya Cicipi di Kamar Hotel
 
Porsinya besar banget, ada empat potong ayam goreng dada dan paha, kentang goreng, saus tomat, saus bawang putih dapat 2 sachets dan satu roti burger. Oh ya, bukan burger isi beef ya, gaes tapi roti burger doang, masuk mulut hap, gitu hehehe. Ayam Al Baik ini memiliki cita rasa yang tinggi dengan dan aroma rempah pilihan, begitu terasa hingga ke daging ayam. 

Kalau di Mc Donald dan KFC kita bisa beli paket dengan nasi, Al Baik ini ga. Selain kentang goreng, karbohidrat pendampingnya adalah roti burger. Namun roti burger ini ga dibelah, melainkan untuk dimakan dengan disobek-sobek seperti halnya orang Arab biasa makan roti shawarma atau roti pita. 

Kalau kita biasa makan ayam goreng dicocol dengan sambal atau saus pedas, Al Baik ini beda. Cocolan utamanya bukan sambal melainkan garlic sauce alias saus bawang putih dan saus tomat. Katanya sih, saus sambal hanya ada di meja resto, tapi botolnya ukuran kecil untuk mereka yang mau sambal. Nah, kalau kepengen ayam ala urang Sunda yang ada di negara kita, boleh dicoba deh di Resto Kluwih.


Al Baik Akan Buka Cabang di Indonesia? 

Teman-teman, ada kabar baik nih buat kalian yang belum pernah mencicipi ayam goreng Al Baik πŸ˜ƒ Saya baca di website liputanbmi(dot)com bahwa di awal tahun 2018 lalu ada pembahasan tentang akan dibukanya outlet Al Baik Fried Chicken di Indonesia. Woooooowwww! 


al baik fried chicken kuliner arab saudi favorit jamaah haji dan umroh nurul sufitri mom travel blogger lifestyle review makanan
Al Baik Fried Chicken and Nugget (Foto: Tripadvisor)

Menurut berita, pada Selasa 16 Januari 2018 Pelaksana Fungsi Ekonomi-2 KJRI Jeddah, Agus Muktamar bersama tim ekonomi dan perdagangan KJRI Jeddah melakukan kunjungan kerja ke perusahaan Al Baik Food System Co. Ltd, Jeddah dalam rangka perkenalan dan penjajakan kerja sama antar kedua belah pihak di bidang industri makanan. Pihak Al Baik menyambut baik hal tersebut. Berdoa aja yang kenceng, siapa tahu mimpi ini menjadi kenyataan.

By the way, ciyuzz nih saya ngetik tulisan ini pas lagi puasa Arafah hihihi…. 😊 Duh kok jadi ngeces beneran ya sampai nelan ludah hahaha ampyuuuun deh. Jadi pengen order online nih gara-gara lihat gambarnya. Ada sih sepaket itu dijual seharga Rp 126.000,- atau Rp 135.000 dan sebagainya. 

Tapi ya dipikir-pikir, rasanya ya sudah beda kayaknya sekian jam di udara, sekian jam pengantaran sampai ke rumah wkwkwkwk. Nantilah saya pikir ulang kira-kira jadi pesan online ga ya? Secara waktu itu ga puas cuma icip satu potong ayam aja hiks. Saya kan biasa porsi dua potong ayam, bahkan kalau anak ayam bisa saluruhnya hahaha πŸ˜‚ 😍



19 comments:

  1. Waaah mbaak aku liat gambarnya aja sambil bayangin nikmatnyaa ayam dan kentang goreng Al Baik, pengeen cobaaaiiin. Mau cari" outlet Al Baik di Indonesia hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya belum ada mbak, kan baru wacana 😁 Beli onlime aja coba deh. Aku juga mau coba sih hihihi 😘

      Delete
  2. pas umroh kemarin, aku cobain al baik yg di mekkah, dlm mall gitu.. tp ternyata cuma ada paket nugget ;p... Itu jg enaak sih... malah aku lbh suka itu tinggal makan ga ush susah2 ama tulangnya hahahaha..

    tp kemudian di mekkah jg aku coba ayam goreng merk lain mba... dan sejujurnya, malah lebih enak trutama saus dan jus jeruk yg dijual... pas di madinah sayangnya aku ga nyobain al baik krn tertarik ama kuliner lain..pdhl yg di madinah jual yg fried chicken bener bukan nugget..

    tp ya itu tadi, pas udh nyoba merk arab lain, yg rasanya lbh enak, dan hrg lbh murah, kok ya ga tertarik lg ama si albaik nyaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa.... halo mbak Fanny 😍 Apa kabar? Oooh iya ya aku tahu ayam goreng yang KW nya Al Baik kan? Aku juga beli 1 paket tuh makan berdua sama suami. Ah...lupa namanya wkwkwkw lebih murah juga ya. Jadi makin penasaran sama Al Baik ayam goreng dan nuggetnya πŸ˜€πŸ˜€

      Delete
  3. Boleh juga ini, apalagi dengar rempah khas Timur Tengah menjadi pembeda. Seperti halnya ayam KFC original itu rempahnya juga khas. Kalau lihat responsnya yang positif dari jemaah haji/umrah Indonesia, sepertinya bakal bagus prospeknya, kayaknya ada franchise juga ya... Nice info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi H2C alias Harap2 Cemas ya mas, kepengen ada outlet Al Baik di Indonesia 😘 Kira2 1 paket ayam itu mas bisa habisin ga wkwkwkwkwk πŸ˜‚ Sama2.

      Delete
  4. Wah, cocolannya saus bawang putih? Pasti enak banget! Menurut saya, bumbu gorengan Timur Tengah tidak ada duanya. Wah, kapan buka di Indonesia ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya nih aku juga kepengen Al Baik buru2 ada cabangnya di Indonesia...ah jadi ngeces hahaha 😍

      Delete
  5. Waaah ciyus mau buka di Indonesia. Asyiiik. Btw ade juga oas makan ini pas udah ga krispi, taoi masih enak kok. Berasa banget bumbunya sampai ke dalam dagingnya.

    Potongannya besar kaaaan.. xixixi. Jadi makan 1 tanpa nasi juga udah kenyang banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya soh secara bumbu rempah2 khas Arab masih terasa tapi kan maunya makan pas panas atau hangat gitu hahaha πŸ˜…πŸ˜˜

      Delete
  6. Mba Nurul biki aku kangen sama Al Baik ini deh. Waktu perjalanan dari Madinah ke Mekkah aku dikasih 2 porsi Al Baik, eh 1 porsi aja ngga habis dimakan berdua sama suami. Trus 1 porsinya kita makan habis umroh pertama. Saus bawang putihnya itu loh yang bikin ketagihan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mb Memez hahaha ah seandainya Al Baik sekarang ada di depan mata, aku mau menghabiskan sepaket semua ga mau bagi2 🀣🀣🀣

      Delete
  7. Membacanya jadi ngeces nih, menelan ludah
    Penasaran banger seperti apa rasanya.
    wah kalau dekat sudah beli nih.
    Kira-kira bisa delevery kagak nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ah Mas Djangkaru ikut2an aku aja pake ngeces 🀣🀣🀣 Delivery dari Arab bisa tuh di online shop ada πŸ˜… Coba aja...

      Delete
  8. Replies
    1. Kurang muter2 kali buuuun... hihihihi 😁😁

      Delete
  9. Wah kalo gitu ntar pas ke Mekah kudu bawa saus sambal sachet ya, buat makan roti burger Al Baik. Ke Mekah yang dipikirin malah saus sambal, hahahah... Kalo mau ada di Indonesia asyik dong, karena ayam goreng ala Arab gini bumbunya pun beda, pedasnya juga pake tandorii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bisa juga gitu. Soalnya di Arab makanan2nya pake saus tomat, bawang putih. Lidah kita kan demennya cabe πŸ˜‚ Iya nih kapan ya Al.Baik beneran ada di Indonesia? Jadi H2C hahaha 😘

      Delete
  10. Dulu kami dijamu sama pihak travel menjelang pulang dengan ayam Al Baik ini. MasyaAllah enak sekaliiii... Hihihi... Kapan hari ada kakak saya beli Al Baik ini jastipan gitu. Tapi rasanya beda karena udah beberapa hari dan disimpan di frozen. Walau dihangatkan sebelum makan. Semoga bisa merasakan kuliner ini lagi suatu saat nanti. Aamiin...

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.