Daftar Isi [Tampilkan]

Hai...hai teman-teman, apa kabar? Selamat tahun baru 2018 ya. Semoga kita makin bersyukur, rajin berolahraga supaya sehat jiwa dan raga, kalau bisa sih langsing juga hihihihi 😍 Rasanya sudah ga sabar deh, saya ingin berbagi cerita tentang berenang lagi 😊

Kolam Renang Tiga Dara Jagakarsa
 
Yang kangen sama postingan saya tentang berenang, sini..sini! By the way, kangen juga ga sama yang nulisnya? Hahaha 😘 Kali ini saya bersama ayang Fakhri, si bungsu gantengnya mamah seseruan di Kolam Renang Tiga Dara. Ada empat lho kolamnya dan ada wahana permainannya juga.  
 
Kolam Renang Tiga Dara ini telah direnovasi beberapa bulan yang lalu. Kini para pengunjung bisa berolahraga plus menikmati wahana air berupa beberapa perosotan anak dan dewasa. Sebelumnya kan hanya kolam renang biasa tanpa arena permainan. 

Memang sih bukan perosotan atau seluncuran yang wow banget, besar dan luas seperti di water park di tempat lain, namun menurut saya kolam ini sudah termasuk bagus lah untuk area Jagakarsa. Dekat rumah pula, jadi makin sering berenang. Dulu teteh Rafa dan Fakhri juga les renang di sini lho zaman HTM nya masih Rp 8.000,- 😙


Kolam Renang Tiga Dara
Alamat: Jalan M. Kahfi II No.14, RT 05 RW 04 Ciganjur, Jagakarsa Jakarta Selatan 12630
Jam Operasional: Pukul 07.00 - 17.30 WIB
Kontak: 081280845543
HTM: Senin - Jumat Rp 15.000,- 
Sabtu, Minggu dan hari libur nasional: Rp 20.000,- 
Fasilitas: Halaman parkir, mushola, kantin, lapangan futsal dll.  

Buat teman-teman yang belum pernah berkunjung ke Kolam Renang Tiga Dara, nih saya kasih tau ancer-ancernya ya. Kalau dari arah Lenteng Agung, misal Pasar Lenteng Agung, bisa naik angkot biru 83 melewati pertigaan ubin, belok kiri dan melewati RS. Aulia lalu turun di pertigaan Bolo-bolo Asem.  




Lanjutkan naik kopaja 616, melewati Setu Babakan kemudian ada SPBU Warung Silah di sisi kiri. Nah udah deket banget tuh, langsung bilang aja sama kondekturnya, "Turun di Tiga Dara Warung Silah, bang!" 😄 Lebih mudah sih naik motor atau mobil online bahkan bawa kendaraan sendiri yach. Tenang aja, lokasinya tepat di pinggir jalan, ada plang tertulis 'Kolam Renang Tiga Dara' kok. 

Jika dari Depok via Jalan Kukusan, dari perempatan Tugu Tanah Baru belok kanan, ikuti aja Jalan Tanah Baru menuju Jalan Cipedak, nanti bisa naik kopaja 616 yang ngetem di Cipedak itu. Melewati Kampus ISTN yang berada di sisi kanan jalan raya juga Jalan Timbul yang ada di sisi kiri kita kemudian pertigaan Jalan Warung Silah. Siap-siap aja dan bilang sama kondekturnya deh mau turun di Kolam Renang Tiga Dara ya. 

Oh ya, dekat perempatan Tugu Tanah Baru ada kolam renang yang di hari tertentu bisa khusus renang muslimah lho. 
Baca deh: Berenang Cantik di Kolam Renang Muslimah Apira Sport Center.


 
Nah kalau dari rumah saya hahahaha....siapa hayooo yang mau mampir ke rumah saya dulu sebelum berenang? 😃😛 Ngopi-ngopi cantik duyu, ngobrol seru dulu wkwkwkwkk. Duuuhhh...saya mah tinggal cuuuuz naik motor aja lah. Bawa mobil pun kalau pas turun hujan deras. Kira-kira 10 menit juga sampai, dekat banget kok jaraknya hanya sekitar 1,7 km. Makanya saya tuh mesti lebih rajin berenang, kan deket banget. Ga boleh lagi ada alasan deh hehehe kan biar sesuai dengan resolusi saya di tahun 2018 ini, makin sehat dan segalanya aamiin.


Yuk, lah langsung aja kita nyebur..byuuuurrr! Ini dia penampakan awal Kolam Renang Tiga Dara Jagakarsa 😄 Ketemu halaman parkir kendaraan nih, lumayan cukup luas.


Halaman Parkir Mobil dan Motor di Kolam Reang Tiga Dara (Foto: dokpri)

Loket Karcis dan Pintu Masuk Kolam Renang Tiga Dara (Foto: dokpri)

Harga Tiket Masuk (HTM) berlaku bagi pengantar dan anak yang berusia 3 tahun ke atas. Nih ya, teman-teman....saya kasih tau rahasianya kalau mau benar-benar berenang, sekiranya ada waktu di pagi hari biasa alias weekdays, ambil aja Hari Senin hingga Jumat. Agak sepi, jadi berasa kolam milik sendiri deh 😍 Oh ya, biasanya pada pagi atau sore ada ibu-ibu atau anak-anak yang kursus berenang tuh. HTM-nya juga lebih murah yaitu Rp 15.000 aja. Kalau musim liburan...hhmmm kyak cendol tuh.

Ya kalau memang bisanya di weekend ga apa-apa juga sih, cuma ramai pengunjungnya, jadi ga bisa leluasa berenangnya. Di Jagakarsa sih apa-apa masih murce begini ya jadi menyedot pengunjung lebih banyak. Lain halnya di kolam renang di tempat lain. Memang sih ada harga ada kualitas. Tapi sekali lagi, menurut saya sih berenang di Tiga Dara sudah cukup oke 😀


Saya dan Fakhri Berada di Loket (Foto: dokpri)

Seperti biasanya, saya dan Fakhri sudah mengenakan pakaian renang dari rumah. Udah pakai sunblock juga biar ga rempong di kolam, tinggal nyebur deh. Sedikit pemanasan suka-suka aja hihihihi. Ga lupa saya olesi merata kulit wajah dan tubuh dengan sunblock SPF SPF 30 atau 50. 

Kulit saya memang termasuk sensitif buangeeedd, so ga banyak pengaruhnya pakai losion. Lumayan aja sih jadi ga terlalu gosong meskipun iya betuuuul... setelah selesai berenang pasti deh kulit wajah dan badan ini bakalan berubah jadi lebih gelap. Yang penting sehat aja deh, saya pikir itu lebih baik dari pada mikirin perubahan warna kulit 😎

Loket Karcis dan Pintu Masuk Kolam Renang Tiga Dara (Foto: dokpri)


Ada Mushola di Samping Loket Karcis Kolam Renang Tiga Dara (Foto: dokpri)


Toko dan Penyewaan Perlengkapan Berenang di Kolam Renang Tiga Dara (Foto: dokpri)

Begitu memasuki area basah...kan pas masuk kaki kita bakalan kena air yang berada dekat pintu masuk, kita akan menemui toko kecil dan penyewaan perlengkapan renang. Cukup lengkap juga sih, ada kacamata, pakaian renang, ban, bola dan masih banyak lagi. Harga sewa ban tergantung dari ukurannya, mulai Rp 5.000,- dan seterusnya.

Nah, ada juga kantin yang terbilang sederhana di depan penyewaan tersebut. Duluuuuu sih ya masih ada menu makanan berat seperti nasi goreng, mie goreng, mie rebus, bakso, soto ayam dll. Sayang banget makin ke sini menu tersebut sudah ga tersedia lagi. "Yang masaknya ga ada, bu", begitu alasan mbak kantin. Paling ada mie instan, teh manis, kopi, susu dan makanan ringan biasa.


Kantin Sederhana dalam Area Kolam (Foto: dokpri)


Tempat Bilas dekat Kolam (Foto; dokpri)


Area Serbaguna untuk Istirahat, Makan dan Menunggu (Foto: dokpri)

Sebagian teman mungkin merasa ga bisa berenang atau lagi ogah kena air.... hihihi kayak kucing aja ga mau kena air 😄 Eh tapi zaman saya masih remaja dulu cieee abg lah, kucing-kucing saya demen main air kok dan suka juga dimandiin hahahaha.  Ya ga masalah kalau hanya nonton aja, di sini ada spot menarik bisa duduk-duduk manis sambil ngobrol di tepi kolam. 

Asyik juga lah bisa bawa majalah atau buku dari rumah. Bisa juga bawa bekal lalu makan di sini deh. Tapi ga boleh marah kalau kebasahan ya. Namanya juga di pinggir kolam, pasti bakalan kecipratan air deh 😜 Saya bilang mah rugi cuma jadi penonton aja. Yuk, semangat buat yang belum pede berenang! Bisa pake pelampung, ban atau stick panjang dan lain-lain. Don't hesitate... Go..go..go!


Jenis kolam renang yang ada di Tiga Dara Swimming Pool:

1. Kolam Renang Anak (Mini Water Park)

Fakhri Asyik Main Perosotan Anak (Foto: dokpri)

Fakhri dan Saya di Kolam Renang Tiga Dara (Foto: dokpri)

Kedalaman air di mini water park ini kira-kira selutut orang dewasa. Di perosotan warna-warni yang lebar ini airnya mengalir cukup baik jadi pas kita meluncur bakalan lancar alias ga seret hehehe. Tadinya Fakhri aja yang bolak-balik naikin ini, tapi akhirnya saya coba juga tuh. 

Yaaa begitulah, mama juga kan masih berjiwa aanak-anak 😄 Saya mah perosotan buat anak aja suka dijajal wkwkwkwk ya lihat sikon juga sih. Kalau agak sepi baru mau hihihi. "Ayo, mah kita naik perosotan lagi," ajak Fakhri. Ini situasi udah sore gitu sekitar pukul 17.00 WIB. Mantap deh sepi, demen banget deh.


Fakhri Senang Banget Main di Arena KolamAnak (Foto: dokpri)


Aksi Lucu Fakhri (Foto: dokpri)







2. Kolam Renang Dewasa

Kolam Renang Dewasa di Tiga Dara Swimming Pool (Foto: dokpri)


Kolam Renang Dewasa di Tiga Dara Swimming Pool (Foto: dokpri)

Nah, ini kolam dewasa yang sering digunakan untuk les berenang teteh Rafa dan Fakhri beberapa tahun lalu. Memang kalau udah pewe alias posisi uwenaaak di sini aja mangkalnya wkwkwkwk... 😀 Kedalaman air di kolam ini berbeda dari sisi kanan, tengah kemudian ke sisi kiri. Mulai seleher orang dewasa hingga air berada di atas kepala saya ketika saya menapakkan kaki di dasar kolam. 

Teteh Rafa dan Fakhri Les Berenang Beberapa Tahun Lalu di Tiga Dara Bersama Pak Juned (Foto: dokpri)

Tinggi saya sekitar 160 cm. Ya mungkin sekitar 180 cm lah kedalaman air di kolam dewasa ini. Namun ga perlu khawatir, ada pembatasnya berupa tali tambang kok, jadi buat anak-anak yang berenang di sini bisa tau batas kedalaman airnya. 


3. Kolam Renang Dewasa/ Remaja

Kolam Renang Dewasa/ Remaja Ukuran Sedang di Tiga Dara Swimming Pool (Foto: dokpri)

Buat anak-anak maupun remaja atau siapa aja, enak juga berenang di kolam yang satu ini. Memang ga seluas kolam dewasa yang satunya lagi. Di sini tempat orang-orang nyebur setelah main perosotan yang tinggi itu loh. Kelihatan kan? Ada perosotan dinosaurus juga, lucu tuh. Baru naik langsung nyemplung 😄

Tapi aliran air di perosotannya ga terlalu kencang dan sepertinya disengaja oleh pengelola. Agak seret dikit sih, mungkin supaya ga meluncur terlalu cepat, kan ngeri tabrakan sesama pengunjung. Wah, boleh juga tuh teman-teman cobain sini yaks! 😍

Tangga Seluncuran di Kolam Renang Tiga Dara (Foto: dokpri)

SeluncuranTampak Bawah (Foto: dokpri)


Kolam Renang Dewasa/ Remaja Ukuran Sedang di Tiga Dara Swimming Pool (Foto: dokpri)

Nah, hilirnya di sini, teman-teman... Iya, kan hulunya tadi seluncuran di ujung sana dekat mini water park. Nyeburnya di kolam berukuran sedang ini deh. Cihuy yach... lumayan dah seru. Berani ga? Hayuuuks lah! Kasih jarak yang cukup dengan orang lain yang hendak main wahana ini kalau mau meluncur 😄 Fakhri bolak-balik naikin perosotan ini lho. 

Mungkin ada yang bertanya, "Kok mbak Nurul berenangnya berdua aja sama Fakhri? Teteh Rafa ke mana, ga diajak?". Oooohh ya, begini loh, si sulung saya, My Little 'Rafa' Lady tuh lagi berada di kampung Inggris Pare, Kediri. Ikutan program kelas bilingual MTs 4 selama sebulan di sana bersama seluruh teman sekelasnya. Nanti deh kapan-kapan teteh Rafa ikutan berenang lagi, di kolam lainnya aja ya 😊


4. Kolam Renang Anak (Mini Water Park)

Nah, ini dia kolam anak yang cetek alias cuma selutut kira-kira ketinggian permukaan airnya dengan dua macam perosotan. Ada yang melingkar-lingkar dan ada yang miring. Tinggal pilih mau yang mana deh 😄 Si sisi kolam ada patung aneka satwa, kura-kura, kanguru, kodok dan lainnya. Biasanya anak-anak betah main air di kolam ini.

Kolam Renang Anak di Tiga Dara Swimming Pool (Foto: dokpri)

Kolam Renang Anak di Tiga Dara Swimming Pool (Foto; dokpri)

Fakhri main Perosotan kecil di Kolam Anak Tiga Dara (Foto: dokpri)

Orangtua ga perlu terlalu khawatir, seluncurannya ga tinggi banget kok, in say Allah aman 😀 Perosotan yang miring lurus berwarna hijau juga sering dinaiki anak-anak. Pokoknya seru deh, namanya berenang ya sekalian main air. Nyenengin anak-anak murah meriah di sini tempatnya hehehe.


Kamar Mandi di Kolam Renang Tiga Dara (Foto: dokpri)

Udah puas berenang dan main-main airnya? Lapar dan haus melanda? Wah...yuk..yuk kita makan! Ish..ish..ish mandi dulu dong... 😄 Di mana? Ya di kamar mandi lah. Nah ini yang uniknya alias hhmmm... apa yach hehehe. Bilas instan sih ada di luar, yang ada shower nya itu.

Kamar mandinya banyak, ada di samping kantin, ada pula di atas. Ga perlu khawatir ga kebagian kamar mandi. Kenapa saya ga bilang kamar bilas? Ini mandinya dengan gayung ya 😎😄 Dulu sih ada shower-nya di tiap kamar mandi, tapi entah kenapa setelah direnovasi dengan penambahan mini water park, kini malah ada dibikin baknya hihihi...and no shower at all. So, pasrah aja ya, teman-teman hihihi. 

Saya sih cukup bisa menyesuaikan diri dalam kondisi apa pun. Jadi tau deh kayak apa kenyamanan, kebersihan serta fasilitas yang tersedia di tiap kolam renang. Saya sih mandi aja lah. In sya allah bersih ya kan ada kran juga. Bismillah dulu jangan lupa berdoa ya. 

Sampai ketemu di kolam renang berikutnya. Kalau teman-teman mau berbagi cerita atau kasih saran, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih sudah mampir ke blog saya dan baca-baca 👍Wassalam.




































52 comments:

  1. Murah tiket masuk ke kolam renangnya, tapi hati2 mba kalau di kolam renang banyak yang pipis sembarangan -_-;

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.... iya..tapi kolam renang mahal pun ga menjamin kebersihan pasti bersih dari air pipis mbak 😊 Sip tks yaaaa..main2 sini yuk sama aku hehe.

      Delete
  2. Ngomongin olahraga sih memang saya nggak pernah berenang, tapi bukan berarti nggak suka olahraga, bisa sepedahan, lari atau futsal..he
    Soalnya renang itu kan jarang dan tempatnya nggak deket, kalau lari bisa aja keliling rumah, atau tinggal pergi ke jalan..he

    Di kolam renang tiga dara ini kalau weekend lebih mahal ya, Teh. Manfaatin waktu dihari biasa aja lebih murah..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari biasa selain lebih murah juga lebih nyaman berenangnya. Ga banyak orang jadi kayak kolam sendiri hahaha... ayuklah jaga kesehatan berenang cantik..Ndi 😆😘 Abis lari..futsal..disambung berenang.. kade pingsan.. wkwkwkwk

      Delete
    2. Lari, futsal disambung berenang trus sepedaan, lanjut nge-gym. hehehehe....

      Delete
    3. Wah tingkat tinggi ini mah olahraganya 😍 Bakalan butuh mie ayam bakso 2 porsi hahhaah 🤣

      Delete
  3. Abis berenang, geser dikit udah perkampungan budaya betawi Setu Babakan. Aseek lo main di sini.

    Btw, kayaknya aku kenal deh sma yang punya tuh kolam renang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Setu Babakan mah aku tinggal kedip hehehe.. iya enak jajan2 dan santai2 di Setu. Wah..kalau kenal sama pemilik Kolam Renang Tiga Dara, titip salam dong minta diperbaharui kamar bilas dan toiletnya. Gelap banget dan ga ada showernya hihi makasih Aris 😆😘🤗

      Delete
  4. Murce bingit ya tiketnya, aku mau ajak anak berenang belum terlaksana aja. Hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Icha.. murce coba berenang di sini deh 😍

      Delete
  5. Mba, murce banget biaya masuknya. Aih, ini mah bisa mampir ke rumah mba Nurul pulang renang... Hehehe. Mupeng bs seluncuran di perosotannya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampir ke rumahku sini, bu guru Amel kalau abis berenang di Tiga Dara hehehe... :) Murceee bingits emang nih :D

      Delete
  6. Kemarin coba ajak mas Daff & sepupunya yg SD k sini bis baca blognya mm Nurul. Klo dr LA agak ribet alhsl pake Ojol. Sampe sana tmpatnya bersih&area tuk anak2nya bnyk plus murah meriah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahhh...jadi juga akhirnya ya berenang di Tiga Dara 😊 Makasiiih udah mampir dan baca2 tulisanku ya mbak... Maaf ini siapa ya? Hihihi Murce lumayan lah ya. Sip2 met renang2 lg deh 😀😀😘🤗

      Delete
  7. Aku bayangin ajak anak2 ke sini pasti pada seneng ya ketemu prosotan. Wewhhh udh dari jaman dulu sejak HTM nya 8000 sekarang udh 15.000 ya. Btw bener juga yang namanya berenang jangan dihari libur biar g berasa kayak cendol karena banyak yg renang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betttuuul 😀 Biasalaaah kalau kolam HTM nya murce kan penuuuuh anak2 di hari libur. Jadinya kurang nyaman. Mendingan hari Senin-Jumat misalnya di sore hari kan enak tuh 😘

      Delete
  8. Aku nggak pandai berenang tapi suka aja liat air atau main air hahaha. Ayuk akh ajarin hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisaaa kalau mo main air aja trus meluncur di perosotannya hehehe 😁😂

      Delete
  9. HTM-nya cukup terjangkau ya teh, anak-anak pasti senang nih di ajak kesini, bisa main perosotan, lagi 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah bangeeed inj htm nya dan lumayan kan ada permainannya buat anak2 😍

      Delete
  10. Murah banget tiket masuknya. Waaaahhh dekat Setu Babakan pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, abis nyebur bisa mampir ke Setu Babakan trus makan sotomie dan bir pletok deh hehehe.

      Delete
  11. Replies
    1. Belom ke sana lagi. Lagi sering ke Bumi Wiyata 😘

      Delete
  12. Seru sekali. Jagakarsa mah tempat main saya waktu SMU dulu, sekitar taun 2000an, wkwkwkwk tua banget ya.

    Paling enak emang berenang saat sepi pengunjung, biar bisa bebas berenang. Mba disana ubin kolamnya gak ada yang ngelupas kan? Soalnya ketika saya antar anak berenang di Bojongsari, depok, ada temannya yang kakinya terluka dan berdarah karena terkena ubin yang tajam keluar gak terpasang dengan baik.

    Itu aja sih. Harap diperhatikan ubin bagian bawahnya, takutnya ngalamin hal yang sama...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau soal lantai kolam renang saya ga tau detilnya hihihi tapi selama saya berenang dulu2 sih ya baik2 aja ga ada yg rusak. Jarang napak juga sih 😊😁 Semoga masukan dari Mas Hendra dibaca dan diperhatikan oleh pengelola maupun pemilik kolam renang Tiga Dara ya. Makasih, mas.

      Delete
  13. Lengkap nih fasilitasnya, ada kolam untuk dewasa, remaja dan anak2. Untuk harga yang 15ribuan dengan fasilitas yang disedian kayaknya worth it banget ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Lumayan lah ya berenang ala irit2 hahaha :)

      Delete
  14. waaah asik banget ini liat perosotanya besar gini ya, jadi pengen cobain ke sana deh <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perosotan sederhana lumayan juga cukup menghibur :) Yuk!

      Delete
  15. Fasilitasnya cukup oke tapi harganya murah, cocok banget buat anak anak.

    Renang paling enak emang pas lagi hari kerja, soalnya pas sepi' jadi bisa lebih bebas renang kesana kemari dan ngak antri kamar mandi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap sih kalau hari biasa emang sepi dan berasa berenang di kolam sendiri hehehe.

      Delete
  16. Teh, air kolamnya gimana? Ada yang isi air hangat nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air kolamnya dingin semua, mbak :) Hihihi yuk dicoba berenang di Tiga Dara :)

      Delete
  17. Seger tenang iki.. pengen nyebur juga ke kolam renangnya, Cocok banget kolam renangnya untuk keluarga ya, khsusunya anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok dong buat semua :) Hayuk lah nyebur di sini :D

      Delete
  18. Mau tanya dong kalo naik grab atau gojek lokasinya apa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bilang aja ke Warung Silah :) Lokasinya pas di pinggir jalan kok kelihatan ada plang Tiga Dara nya.

      Delete
  19. Anaknya perosotan, mak nya pun ga mau kalah ya mbak haha. Tiketnya terjangkau, biasanya free di bawah 2 tahun yg ini 3 tahun ya..mandi pakai gayung masih sederhana banget ya mbak. Asri dan teduh gitu tempatnya bikin nyaman ya berenang. Akupun g lupa pakai sunblock sebelum nyemplung renang, tapi kapan huhuhu jadi kangen berenang nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa hahahah...mama n anak smaa2 demen main perosotan 🤣 Iya super sederhana... betul, kudu pakai sun block biar kulit terlindung sinar UV.

      Delete
  20. Halo mbak Nurul, wah keren nih. Hahahhaha, ini mah deket Pamulang ya tempatnya. Oh iya, konten untuk pemula sudah selesai saya buat. boleh di cek di blog saya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini di Jagakarsa, mas...bukan Pamulang hehehe 😅 Iya aku sudah mampir ke blognya. Makasih yaaaaa.

      Delete
  21. wah kalau aku mah sama suami krn gak bisa renang , makanya anakku juga malas renang, padahal katanya enak kalau bisa renang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak dong .... kudu bisa berenang hayuuuk bun les deh 😊😁

      Delete
  22. Asik banget ya. Kalo deket saja dari rumah bisa cuss jebur

    ReplyDelete
  23. Seger bu bermain bersama keluarga besar di kolam renang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, alhamdulillaah. Berenang itu menyehatkan banget :)

      Delete
  24. Halo mba.. kursus renang disana ada kontaknya ga mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tertulis di artikel. Silakan dihubungi aja no hpnya. Makasih ya udah mampir 😊

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.