Monday, January 28, 2019

# traveling & culinary # Yogyakarta

Wisata Yogyakarta: Cave Tubing Goa Pindul


wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle


Halooooo, teman-teman! Ketemu lagi dengan saya, pencinta air dan angin hhhmmm…. 😍 Kali ini saya mau cerita main air di daerah Gunung Kidul, geser sedikit beberapa kilo meter dari Kota Gudeg, yes! Bukan berenang di kolam renang seperti biasa saya share ya, melainkan di gua yang gelap, terkadang ada terangnya hihihi, penasaran khan? Betul tebakan kalian, yoi… Gua Pindul atau biasa dikenal orang dengan sebutan Goa Pindul.

Liburan lebaran 2018 lalu, saya, Teteh Rafa, Fakhri dan si papah seseruan ke Yogyakarta. Bawa mobil pribadi, nyetirnya bergantian saya dan Aa Rahmad dari Jakarta mampir dulu ke Ambarawa. Menginap semalam aja di sebuah hotel tanpa bintang hehehe lalu berkunjung ke Museum Kereta Api dan Benteng Fort Willem. Setelah itu baru deh melanjutkan perjalanan ke Jogja. 


Menyusuri sungai bawah tanah di dalam Goa Pindul menggunakan ban karet ditemani para pemandu profesional, menyenangkan banget deh. Kalau mau, wisatawan juga bisa melanjutkan perjalanan River Tubing di Sungai Oyo dan menikmati sensasi mandi air terjun pengantin yang melegenda, menyusuri sungai terbuka sepanjang 6 km.

wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Pengalaman Perdana Saya - Cave Tubing Goa Pindul (Foto: Nurul Sufitri)

Bagi saya, Teteh Rafa dan ayang Fakhri, melakukan aktivitas outdoor seperti ini adalah pengalaman perdana. Kalau si papah mah sudah beberapa kali dan sering outbond  bareng event kantor. Oh ya, kita cari tau dulu tentang gua ini ya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ‘gua’ berarti liang atau lubang besar yang biasanya terdapat pada kaki gunung dan sebagainya. Berarti benar ya saya biasa sebut ‘gua’ bukan ‘goa’. Tapi ga apa-apa deh ditulis ‘goa’ aja ya seperti biasa disebut masyarakat dan ‘gua’ campur aja hehehe. 

Tentang Goa Pindul 

Goa Pindul adalah objek wisata alam berupa gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Masyarakat mengenal Goa Pindul karena cara menyusuri gua dilakukan dengan cara naik ke ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua yang dinamakan ‘Cave Tubing’. 

Goa Pindul merupakan salah satu dari rangkaian tujuh gua yang dialiri sungai bawah tanah di daerah Bejiharjo. Aliran sungai bawah tanah yang berasal dari mata air Gedong Tujuh ini dimulai dari mulut gua hingga bagian akhir gua. Di dalam gua ada bagian sempit yang hanya bisa muat satu ban pelampung berwarna hitam, sehingga wisatawan bergantian satu per satu melewatinya. 

Gua Pindul memiliki panjang 350 meter dengan lebar 5 meter dan jarak permukaan air dengan atap gua sekitar 4 meter. Kita bisa menelusuri perjalanan di gua ini selama 1 jam yang berakhir di dam. Ga jauh dari Gua Pindul terdapat Goa Gelatik (Goa kering) monumen peninggalan Jenderal Sudirman serta situs purbakala Sokoliman. 

Cave Tubing, Rafting dan River Tubing

Cave Tubing hampir sama dengan rafting sih. Kalau rafting alias arung jeram itu merupakan kegiatan menyusuri aliran sungai dengan menggunakan perahu. Adapun Cave Tubing yaitu kita menyusuri gua dengan naik di atas ban dalam,.sedangkan river tubing sih menyusuri sungai (menggunakan ban juga).

Teman-teman ga usah khawatir atau takut beraktivitas alam seperti ini. Aliran air di Goa Pindul ini tenang dan debit airnya relatif sama baik di musim penghujan maupun kemarau. Buat pemula juga bisa lho 😃

Legenda Goa Pindul 

Teman-teman sudah pernah dengar legenda Goa Pindul atau belum? Konon, asal mula nama Goa Pindul ini berasal dari kisah perjalanan Joko Singlulung. Ngapain ya Joko ini? Ooowwhh… dia berjalan di sebuah hutan lebat, sungai hingga gua untuk mencari ayahandanya. Ia menyusuri tujuh gua yang memiliki aliran sungai di bawahnya. Ga sengaja, kepalanya terbentur sebuah batu besar di dalam gua. Nah, sejak saat itulah gua tempat Joko terbentur diberi nama Goa Pindul. Dalam Bahasa Jawa, pipi gebendul berarti pipi yang terbentur.

wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Cave Tubing Goa Pindul (Foto: Nurul Sufitri)

Awal Mula Wisata Goa Pindul 

Kabarnya sih, awalnya gua ini ga terawat dan air sungai yang mengalir sering dipakai masyarakat sekitar untuk mandi dan sebagainya. Banyak banget kelelawar yang berkeliaran dan bersarang di dalam gua. Nah, waktu itu para mahasiswa pencinta alam sering menyusuri gua ini. Ada pula masyarakat kelompok sadar wisata biasa disebut POKDARWIS, dibantu oleh mahasiswa KKN mulai mengolah lokasi dan menjadikan gua ini untuk wisata susur sungai dan gua menggunakan ban pelampung. 

Gayung pun bersambut, Bapak Sumpeno Putro (alm) yang pada saat itu menjabat sebagai Bupati Gunung Kidul akhirnya meresmikan objek wisata Gua Pindul pada 10 Oktober 2010. Semakin ramai berdatangan wisatawan dari berbagai kota dan provinsi di Indonesia, terutama setelah wara-wiri di media sosial misalnya Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain.

Cave Tubing Goa Pindul

Tanggal 19 Juni 2018 saya keluarga berangkat dari Kota Yogyakarta menuju Goa Pindul menggunakan mobil pribadi. Sepeda motor, bus dan kendaraan beroda lebih banyak pun bisa digunakan berwisata ke wilayah Goa Pindul ini. Seru deh lihat pemandangan yang indah, melewati Jalan Wonosari, letaknya sekitar 7 km ke arah utara Kota Wonosari.

wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Cave Tubing Goa Pindul (Foto: Nurul Sufitri)


Panca Wisata Goa Pindul 

Ngebayangin di gua dan sungai bakalan rame terutama pada saat liburan lebaran, papanya anak-anak sudah antisipasi dong. Biar hati tenang, ga was-was ini-itu, kami pun langsung daftar. Suami saya menghubungi Pak Abdul Khafid dari Panca Wisata Goa Pindul dan transfer uang muka alias DP sebesar Rp 100.000,- dari biaya keseluruhan Rp 400.000,- Sampai di sana nanti kami akan bertemu dengan Pak Yanto, begitu.


wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Nota Pembayaran Panca Wisata (Foto: Nurul Sufitri)

wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Panca Wisata Goa Pindul Yogyakarta (Foto: Nurul Sufitri)

wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Panca Wisata Goa Pindul (Foto: Nurul Sufitri)

wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Panca Wisata Goa Pindul (Foto: Nurul Sufitri)
  
Kantor Panca Wisata Goa Pindul Baru beralamat di gelaran I RT 5 RW 15 Gunungkidul, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY 55891.

Tiket wisata edisi lebaran 2018:
  • Susur Goa Pindul (Cave Tubing Goa Pindul) durasi 45 menit per orang Rp 50.000,- 
  • Rafting / River Tubing di Sungai Oyo durasi 1,5 jam per orang Rp 60.000,- 
  • Jika ingin keduanya maka tiketnya menjadi Rp 100.000,- per orang. 
  • Adapun fasilitas yang disediakan yaitu ban pelampung, rompi pelampung, tim pemandu, sepatu karet dan asuransi keselamatan.

Setelah sarapan di hotel, kami bergegas menuju Bejiharjo. Kata Pak Abdul, jangan siang-siang, keburu ramai dan panas. Enak pagi sekitar pukul 09.00 atau 10.00 WIB mulainya. Sip, akhirnya tibalah kami berempat yang kayak takjub gitu wow..wow..wow..liat orang basah-basahan, foto-fotoan, menenteng ban besar hitam dan sebagainya 😄

wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Tanda Masuk Objek Wisata Kawasan Goa Pindul 4 Orang Rp 38.000,- dan Asuransi Jasaraharja Putera 4 Orang Rp 2.000,- (Foto: Nurul Sufitri)
  

Loker/ Penitipan Barang 

Pertama kali yang dilakukan adalah menuju loker. Banyak banget lemari penitipannya kok, in sya allah aman. Saya menitipkan dompet, kamera, tas berisikan pakaian ganti dan perlengkapan mandi komplit. Nah kalau HP gimana? Tenang, di sana dijual juga plastik pengaman HP anti air, harganya sekitar 25-30 ribu deh. Beli 2 yang 1 buat saya and 1 lagi buat Rafa.

wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Tempat Pendaftaran dan Penitipan Barang/ Loker (Foto: Nurul Sufitri)
 

Peralatan Keselamatan 

Peralatan keselamatan yang harus dipakai saat wisatawan hendak cave tubing yaitu jaket pelampung, sepatu atau sandal gunung, dan ban pelampung untuk menyusuri gua. “Nanti Rafa kuat ga ya bawa ban segede itu?’, tanya si cantik sulung penasaran. “Pasti kuat! Nanti papah bantuin deh kalau cape hehehe”. “Kalau Fakhri bisa deh, kan kuat’, sambung si bungsu yang ndut.

perlengkaoan keselamatan jaket pelampung sepatu wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Jaket Pelampung dan Sepatu Wisata Cave Tubing Goa Pindul (Foto: jalanjajanhemat.com)

memakai perlengkaoan keselamatan jaket pelampung wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Memakai Jaket Pelampung, Siap Cave Tubing di Goa Pindul (Foto: Nurul Sufitri)

Naik Mobil Bak Terbuka  

Ini dia yang menurut kami ga kalah serunya. Untuk menuju Goa Pindul maupun Sungai Oyo, ga serta-merta joss sampai di TKP wkwkwkwkwk 😂 Kudu ada effort dooong! Sanggup kaaan? Ngapain sih? Orang-orang dan sejumlah ban karet besar berwarna hitam diangkut ke mobil bak terbuka ini.

Kedinginan dan keanginan sebentar aja kok hihihi.. pas pulangnya aja yang beneran rasanya bbbbbrrrr... dingiiiiin deh apalagi kalau saat mendung. Rupanya, kegiatan outdoor model gini menyenangkan banget. Mau lagi deh kapan-kapan diulang in sya allah.

wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Wisatawan Naik Mobil Bak Terbuka Cave Tubing Goa Pindul (Foto: roydirgantara.wordpress.com)

Baca: Museum Angkut Malang, Wisata Edukasi Seru di Kota Batu
 

Kamar Mandi/ Toilet

Teman-teman ga usah khawatir kalau selesai cave tubing di Goa Pindul ini kita bisa mandi bersih lho. Banyak kamar mandi berpintu-pintu disediakan di setiap travel/cave tubing tour. Ada pula tempat berwudhu dan mushola cukup bersih. 

Jangan lupa kelar mandi, bayar ya hihihi kurang lebih Rp 4000,- aja 😄 Airnya kelihatan bersih dan terasa dingin banget pas kena badan kita. Ada ember atau bak besar juga gayungnya. Lumayan lah.


Ada 3 Zona Goa Pindul     


wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Sempat Selfie di Dalam Goa Pindul (Foto: Nurul Sufitri)

Asal tau aja hihihihi butuh kekuatan besar untuk foto-foto begini. Kan mesti pegangan tangan kanan dan kiri. Goyang-goyang juga, apalagi kalau ban-ban kami bertabrakan dengan ban pengunjung lain plus keisengan mereka ciprat-cipratan.

Saya sih sebenarnya ga takut, cuma kok terbayang-bayang kalau tiba-tiba muncul buaya (bukan darat yach hihihi 😂 ). Lalu disusul binatang melata lainnya yang goyang-goyang di permukaan air, iih kan jijik jadinya. Jadi mendingan teman-teman berdoa aja yang kenceng deh supaya aman sentosa.

Kata bapak tour guide-nya sih di gua tuh aman, ga ada yang aneh-aneh in sya allah 😄 Seruuuuuu itu adalah ketika mulai pinggang maupun pinggul kita pasti basah..sah..sah sampai ke ujung jempol kaki.
Ya kalau kena kucuran air entah dari mana atau cipratan wisatawan lain, ga boleh ngambek lah yaw hahahaha.

wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Teteh Rafa in Action _ Cave Tubing Goa Pindul (Foto: Nurul Sufitri)

Gemezz juga sih beberapa foto selfie mapun rame-rame pas kami berada di dalam Goa Pindul tuh hasilnya ga bagus, jadi blur banget. Ada sih yang difotoin sama tour guide-nya, eh terguncang juga dan kabur ga jelas gitu hasilnya. Mau diulang malah susah sikonnya, tapi alhamdulillaah sebagian kecil lumayan lah buat kenang-kenangan. Kayaknya kapan-kapan kalau ada kesempatan ke sini lagi, mau sewa fotografer ah 😃 😍

wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Sinar Matahari Masuk ke Dalam Goa Pindul (Foto: Nurul Sufitri)

wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Bisa Melihat Langit dari Dalam Goa Pindul (Foto: Nurul Sufitri)

Gua Pindul terbagi menjadi tiga zona yakni zona terang, remang dan gelap. Kita akan melihat formasi bebatuan stalaktit yang menggantung di langit-langit gua. Ada yang tumbuh ke bawah hingga menjadi pilar.

Masih banyak juga karst yang hidup dan menesteskan air. Ada salah satu bagian gua yang cukup lebar seperti kolam di mana kita bisa melihat sinar matahari masuk. Orang pun bisa masuk secara vertikal melalui celah yang cukup besar ini lho.


wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Fakhri Nyebur di Air Sungai Goa Pindul (Foto: Nurul Sufitri)

wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Teteh Rafa dan Papahnya Berada di Zona Terang Goa Pindul (Foto: Nurul Sufitri)

Tour Guide

Selama perjalanan menyusuri gua, bapak tour guide-nya bercerita terus tentang Goa Pindul ini. Duuh, seperti dininabobokan aja hihihi. Asyik banget cara dia bertutur kata, ih lupa nih nama orangnya. Di dalam gua kita akan menjumpai sebuah stalaktit yang meneteskan air. Katanya sih, jika perempuan terkena tetesan airnya maka wajahnya akan bersinar dan awet muda.
 
Nah, bapak tour guide nya ini sengaja bikin saya dan rombongan untuk mendekatinya dan horeeee…kena tetesan airnya. Makanya kan, saya kelihatan awet muda, bersih dan bersinar sepanjang hari hehehe 😃

Ada lagi nih, mitos yang bakalan bikin wisatawan laki-laki senang melewatinya. Ada stalakmit yang menjulang dari dasar gua. Katanya kalau laki-laki pegang stalakmit tersebut, maka akan menjadi lebih perkasa. Hhhmm….. teman-teman percaya ga tuh? 

Buat tips aja nih, sebaiknya bayi atau batita alias bawah tiga tahun ga usah diajak. Kalaupun anak berusia 3 tahun mau ikutan, bisa dipangku oleh orang dewasa/ orangtuanya. Usahakan jangan ke Goa Pindul ketika hujan deras ya, soalnya bakalan ditutup karena banjir. Setelah hujan, airnya akan keruh.

wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Wisata Cave Tubing Goa Pindul (Foto: travel.detik.com)

wisata yogyakarta cave tubing goa pindul nurul sufitri blogger social media mom traveling lifestyle
Selesai Cave Tubing Goa Pindul (Foto: Nurul Sufitri)

Nah, kelar deh cave tubing saya sekeluarga di Goa Pindul. Eeeiits, jangan beranjak dulu 😀 Lanjutin baca keseruan kami di Sungai Oyo yach. Teman-teman pasti penasaran khaaan? Di Goa Pindul sih yang basah cuma pinggul ke bawah. Coba ceki-ceki pas di Sungai Oya kira-kira gimana basahnya hihihi kuyuuuuup atau masih kering manis? Terima kasih dan sampai jumpa!


84 comments:

  1. Yess akhirnya kak Nurul kesampaian liburan ke susur gua Pindul ..., kulihatin fotonya lokasinya lagi penuh wisatawan disana ya, kak ?.

    Dulu aku cuma berdua didampingi 1 tour guide menyusuri gua.
    Berbeda dengan kak Nurul yang antusias dapetin tetesan air dari stalaktit biar awet muda, waktu itu aku antusias nyentuh stalaktit yang menurut penjelasan kata mitosnya bagus buat lelaki ... , aaakh ngga usah kulanjutin ceritanya hahahaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...iiyyyaks, Mas Hino. Ini pas liburan lebaran tahun lalu. Baru sempet dibikin ceritanya sekarang wkwkwkkwk. Maklum mamah sibuk bingits :D Ih, kok dirimu berani sih iseng bener sendirian ke Goa Pindul? Bilang aja mau cari jodoh hahahaha. Aku tau... aku tau.. itu kan mitosnya bla3x 😂😂

      Delete
    2. Justru saya belum pernah kedana, ke gua pindul. Awal menjadi tempat wisata sempat heboh juga.

      Delete
    3. Mas Djangkaru, ntar liburan lebaran deh cobain basah2an di Goa Pindul lanjutin ke Sungai Oyo yg rute panjang hhmm mantul 👌😍

      Delete
    4. Hahahaaha 😂
      Jadi ... ?
      Kak Nurul tau mitos apa yang ngga kusebutin itu ? , hahhaa ...
      Pasti deeh waktu itu diceritaain sama tour guidenya 😅

      Aku masih kebayang saat pelampung mendekati menuju ke zona terang setelah dari zona gelap itu .. , viewnya apik ya .. dramatis kesannya.

      Delete
    5. Tauuu dunk 🤣😘 Kan bapak pemandunya cerita hahaha... Iya dramatis bengat deh pemandangannya dari gelap ke terang. Asik yach, jadi mau balik lagi hihihi.

      Delete
  2. Wah hrs tag dinas pariwisata Yogya nih Mama Rafa. Mantap seseruannya

    ReplyDelete
  3. Indahnya, suami juga pernah kesini jadi pengen kesini juga deh, tfs mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indah bangeeeeds deh 👍🤩 Ayuklah mb Sandra ikutan cave tubing juga kapan2 👌

      Delete
  4. wah seru dan memecah adrenalin kita ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake bingiiits, bun 👍😘😘 Ketagihan deh kepengen lagi.

      Delete
  5. Legenda guanya itu lo, lucu banget. Pipi kejodot bisa menjadi nama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa iya ya 🤣🤣🤣 singkirin deh tuh 'Apalah arti sebuah nama' wkwkwkwk... orang2 Indonesia lebih kreatif khaan 👌😄

      Delete
  6. Cukup terjangkau harganya dan dapet fasilitas lengkap ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, asyik kalau ambil Goa Pindul dan Sungai Oyo lbh hemat juga 👌🤩

      Delete
  7. wah seruu, cocok nih buat next trip..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cucok bingiiits lah 😀👍 refreshing basah2an seruuu 😍

      Delete
  8. Mba Nurul selalu bikin mupeng deh...aku berkali-kali ke Yogya ngga sempat ke Gua Pindul melulu, soalnya momennya pas Lebaran dan libur sekolah, yang mana jadi penuh banget....

    Mudah-mudahan, next time bisa ke sini yaaa.... Thanks for sharing mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Memez 😀 Ga apa2 padahal coba ke Goa Pindul pas liburan lebaran... memang rame tapi lancar kok hihihi. Siip sama2 👌

      Delete
  9. Seru sekali wisatanya mbak! Aku paling seneng deh kalau jalan-jalan wisata alam kaya gini. Cuma kayanya sekarang masih belum bisa karena si adik masih terlalu kecil untuk diajak rafting dan cave tubing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa dunk asyiiiik, mb Tya! 👍😍😍 Nanti kalo si kecil udah gedean dikit bisa kok diajak cave tubing. Bisa dipangku. Ada anak 3 tahunan waktu itu aku lihat dipangku sm mamahnya dan si anak seneng menikmatiiiii 😘😘

      Delete
  10. Beberapa kali ke Yogja belum pernah ke gunung kidul duh jadi pengen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mas, besok sempetin waktu seharian deh ke Goa Pindul 👍🤩

      Delete
  11. Memang mantap sih lokasi wisata di daerah gunung kidul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus banget pemandangan alamnya. Cuci mata dan airnya juga segarrrr 👌😍

      Delete
  12. Keren ya gunung kidul, dahulu dikenal kawasan tandus yang identik dengan kekurangan.
    Sekarang wisatanya keren keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeets 👍😃 Buat relaksasi wisatawan, cucok noh kelayapan di Goa Pindul sampai bosan juga bisa hihihi.

      Delete
  13. Selain lava tour Merapi, aku pingiiiin banget nyobain cave tubing, river tubing juga mba di Yogyakarta.. Tapi kayaknya nunggu anak2 udah gedean yaa.. Mika masih terlalu kecil kalo diajak aktivitas kayak gini.. hehe.. Mamaku malah yang udah nyoba.. Seru banget liatnya naik ban nyusurin gua sama sungai.. Ternyata asal nama Gua Pindul lucu juga ya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kalo anak2 bubu Dota udah gedean, bisa tuh ajak memyusuri sungai bawah tanah di Goa Pindul, nyambung deh ke Sungai Oyo hehehe 🙂🙂😍 Aku juga pernah lava tour Merapi. Seruuuu!

      Delete
  14. Alhamdulillah saya pernah ke Goa Pindul Mbak. Saya kan ndak bisa renang jadi sempat gemeteran pas mau turun ke air, tapi saya berusaha memberanikan diri. Walhasil sampailah saya ke dalam gua...pengalaman pertama masuk gua dengan air dan ban. Happy lagi yang naik mobil pick up...haduh...mana ruameee banget. Alhamdulillah happy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi trnang, ga usah takut. Yang ga bisa berenang aja banyak yg ikutan cave tubing kok 👍😀😀 Ajrut2an ya naik mobil bak terbuka angin2an.

      Delete
  15. seru banget mba, melihat pemandangan alam sambil bermain air.btw air sungainya dalam apa ga mba? karena selama keliling sungai ada di ban. ga takut jatuh mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga dalam kok, bapak pemandunya aja kan berdiri jagain kita hehehe paling tinggi permukaan airnya kalo tenang 120 m sih. Anak2 nyebur2 juga asyiiik 👍😘

      Delete
  16. Bayar 100rb tapi safety dan dapet pengalamannya banyak juga yah, awalnya aku mikir kalau mau kesana tapi liat amannkayaknya tergoda juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...itu ktn musin liburan lebaran. Kalo hari biasa kayaknya ga segitu sih. Yuk, mamih ajak Babam donk. Bisa kok 👍😃

      Delete
  17. Saya dulu pernah kesini dan rasanya pengen kesana lagi. Menurut saya kurang sih perjalanan di guanya, kurang lama hehehe. Tapi dulu saya nggak naik mobil bak terbuka itu ya.. melainkan jalan kaki sambil bawa bannya itu. Tapi pgn kesana lagi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa haha kurang lama perjalanan susur sungai bawah tanahnnya ya...kan cuma +- 350m aja. Oooh ga naik mobil bak terbuka? Ga apa2 kan sekalian olahraga ya 👍👍😂😂

      Delete
  18. Saya pernah main tubing begini. Tapo rutenya gak masuk goa. Menyuauri kali yg bersih aja di jogja. Dan ini kayaknya seru banget ya. Bisa menyusuri goa2 gtu.jadi pengen cobain yg ini dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin river tubing Sungai Oyo qtau sejenisnya? Yang ga masuk gua bisa lihat pemandangan alam nan indah dan foto2nya keren 👍😍

      Delete
  19. wah banyak objek wisata jg ya di jogja

    ReplyDelete
  20. Ah seru-seru, rada ngeri, segar, pasti perasaan campur aduk disana .Yg penting perasaan senang dan selamat yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, mas. Seneng dong sekeluarga main air basah2an menyusuri sungai bawah tanah begini. Pengalaman mengasyikkan!

      Delete
  21. Asik banget mainan air di gua pindul....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuuu dan bekin ketagihan lho :) Kapan2 mau lagi ah hehehe.

      Delete
  22. penasaran deh dengan goa ini, lihat banyak foto2 yang bias2 sinar matahari masuk lewat lubang guanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Monda belum pernah? Yuk, cobain deh..ga serem kok, kan rame2 😘😘😘

      Delete
  23. Serunyaaaa susur sungai di gua bareng anak2.. mudah2n bisa ngajak anak2 kesini juga 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip semoga kapan2 mb Diane bisa ajak anak2nya juga ya ke Goa Pindul. Enakan pagiii mbak masih segar 😍

      Delete
  24. Wah kyknya mengasyikan banvet tpt wisatanya..klo ke jogja destinasinya kota melulu deh ..padahal ada tptvasyik kyk gini ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh, mbak Ida :) Kalo bukan musim liburan kayaknya bisa benar2 menikmati suasana alamnya yg natural banget.

      Delete
  25. Wah jd ingat pengalaman di sini bbrp th lalu...dan membaca keseruan ini pengen lagii..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketagihan ya mbak menyusuri air di dalam guanya hehehe. Kurang panjang ya 350 m ga berasa tau2 udah kelar 😂

      Delete
  26. Seru ya mba bisa susur sungai bareng keluarga. Kalau aku sudah nyerah dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu donk mb Nur 😍 Yoooook, jangan nyerah duluuuu... ga apa2 kalau ga bisa berenang hihihi.

      Delete
  27. Padahal sering ke Yogya tapi kenapa gak kepikiran untuk main ke Goa Pindul ya? Seru juga ini ngajak sekeluarga di Yogya untuk main kesini. Aku kalau pas ke Yogya paling seneng tuh jajan dan kulineran, karena enak-enak dan murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Suci coba sesekali wisata air basah2an hahaha asyiiik loh petualangan yg berbeda 😍

      Delete
  28. Kalau gak pake pelampung dibolehin gak ya? Soalnya risih gtu klo main air pke plampung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus mau pakai hihihi.. Kan buat keamanan kita juga mbak. Yuk!

      Delete
  29. Sudah sering banget baca tentang wisata Gua Pindul ini. Sudah lama juga pengen ikutan tubing. Tapi belum juga sih sampai..
    Kalau pas liburan lebaran pasti ramai banget ya Mbak. Tapi menyusuri masuk gua ramai-ramai jadi gak seram :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih rame pas liburan liburan lalu. Tapi tetap enjoy ko asik ga serame buangeeet yg dikira hehehe. Ayuk, Uni Evi merapaaat ke Goa Pindul! :D

      Delete
  30. Wahh seneng banget bisa trip bareng keluarga ke goa. Aku nunggu anak udh besar neh biar bisa diajak traveling outdoor kyk gini. Aku save ah tulisannya hehheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip2, mb Mutia :) Btw ada loh ibu yang mangku anaknya usia 3 tahunan bisa kok hehehe :) Ok deh.

      Delete
  31. Dulu pernah coba caving daerah Bayah, Banten tapi jalurnya sempit jadi gak bisa tubing seperti di Goa Pindul ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ada ya di Banten? Sip2 ntar cari tau deh. Enakan di Goa Pindul berarti ya?

      Delete
  32. Seru memang tubing gua pindul plus rafting sungai oya... Pemandangannya indah bgt ya di sungai oya... Tp aku dulu yang bikin males antrinya... 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiiih ... toss mbak. Kita sama2 pernah susur sungai bawah tanah dan Oyo juga hahha 🤣😃 Masa malas antri? Pasti antri mandinya ya? Kudu sabar emang pas musim liburan wkwkwkwk sip.

      Delete
  33. Sudah jauh berkembang ya wisata goa pindul ini. Aku terakhir kesini tahun 2014 dan sukses memegang stalakmit yang mbak ceritakan. Ahahaha. Berasa paling gagah habis pegang stalakmit itu 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahh, mas Darius udah berapa kali nih ke Goa Pindul? 😘😘😘 Horeee dong ya berhasil pegang stalakmitnya 😂😂

      Delete
  34. Ga nyobain cliff jumping nya mba? Mayan ser-seran nya heheh

    ReplyDelete
  35. Aduh... dari dulu pengin ke sana tapi kok nggak sempet-sempet. Jadi penasaran ,nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sempetin yuk nanti pas liburan kejepit hehee atau lebaran atau terserah kapan. Asyik loh apalagi kalau rame2 😘

      Delete
  36. Baca ini jadi inget masa2 seru main ke Goa Pindul. Seneng banget lihat masyarakat bisa memberdayakan alamnya untuk wisata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah berapa kali, mbak Dini ke Gpa Pindul? Pasti asik yach :D Iya, warga Gunung Kidul jadi makin meningkatkan taraf perekonomiannya.

      Delete
  37. Aaaaaa mauuuuu...seru banget itu telusur Gua Pindulnya mbak.. Tapi itu rame banget yak.. apa setiap hari gua pindul itu selalu ramai? Saya nggak terlalu suka ramai soalnya. Kapan Gua Pindul yang pengunjungnya nggak membludak mbak?

    Punya cita-cita, entar sudah berkeluarga, jalan-jalan bareng suami dan anak-anak lewat jalur darat seperti yang mbak lakukan. pasti bonding abis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mbak Cya 😘😘 Itu aku dan keluarga pas liburan lebaran tahun lalu. Kurasa segitu pas deh ramainya hehehe namanya jg saat liburan. Kalau mau agak sepi, datang ke Goa Pindul pas hari kerja mungkin Senin-Jumat bisa hehehe dan jangan musim liburan 😊 Sip2 semoga nanti kesampaian ya citanya mbak aamiin. Thanks udah mampir ke blog aku.

      Delete
  38. Wisata ke dalam goa itu menegangkan tapi penasaran, kalau menurut saya sih gitu, gigi apalagi sekaligus ikutan arung jeram wihh dahsyatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaraknya hanya kurang lebih 350 m aja eeeh udah kelar 😁😁 ga syerem kok hihihi malah ketagihan.

      Delete
  39. awalnya pas tau mau nyobain tubing gini, aku ga tertarik mba, krn aliran airnya ga deres. jd mnurutku kurang menantang. beda ama rafting. tp suami maksa ikutan, eh, ternyata menarik juga :D. walopun aliran airnya pelan, tp stalaktit dan pemandangan dlm goa menarik. ttg batu yg berbentuk penis pria juga bikin penasaran hahahaha..

    untung pas ksana, fotographer dr guide nya ga ada kesulitan ambil foto. jd foto2 kami berdua bagus2.aku ga berani bawa hp dan kamera soalnya. tkut kecebur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, menarik dan bikin penasaran kayak apa isi di dalam Goa Pindul hehehe.. kalau sendirian serem juga ya. Apalagi kalau hujan deras kayaknya sih ditutup. Betul3x sewa fotografer aja lbh aman dan nyaman.

      Delete
  40. Wah seru nih mba, aku belum pernah nih kesana soalnya kalo pulkam pasti saat libur panjang dan tentunya disana ramai banget, jadi suami gak mau kalo diajak kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, ga apa2 mbak Sefti :) Liburan emang ruamee banyak pengunjungnya...tapi teratur sih di dalam Goa Pindul asik aja hehe yuk!

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.