Thursday, May 21, 2020

# Family's health # info & tips

Cara Memakai dan Mencuci Masker Kain dengan Benar

Masih setia menggunakan masker kain? Aku sih iya dan semoga teman-teman juga. Untuk melindungi diri dari virus corona, semakin banyak orang memakai masker kain yang dibuat sendiri maupun membelinya. Virus corona dapat menular melalui percikan dahak atau air liur saat penderita Covid-19 batuk atau bersin. Sudah tahu cara pemakaian masker kain yang benar untuk mencegah infeksi virus corona? 😃


cara memakai dan mencuci masker kain dengan benar nurul sufitri travel lifestyle blogger review kesehatan

Masker Kain Virus Corona 

Awalnya, hampir semua orang berlomba-lomba dan memborong masker bedah dan respirator N95 untuk pemakaian sehari-hari sejak berkembangnya Covid-19 di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, jenis masker tersebut menjadi langka dan harganya pun mahal sekali. Bukan itu aja sih, sebenarnya masker medis memang sangat dibutuhkan bagi para dokter dan petugas kesehatan yang bekerja di rumah sakit.

Karena alasan itulah kita mencari alternatif masker lain yakni dengan masker kain. Apakah masker kain efektif mencegah penyebaran virus corona? Kadang aku bingung juga dengan menjamurnya produk masker kain ini di pasaran seperti online shop. Mungkinkah sudah benar pembuatannya dengan sekian lapis dan tali pengikatnya?

Fungsi Masker Kain Kurang Efektif? 

Aku baca di situs covid19.go.id sampai saat ini memang belum ada penelitian yang membuktikan bahwa masker kain efektif melindungi seseotang dari virus corona. Masker kain dianggap kurang efektif dalam melindungi kita dari Covid-19 karena hal-hal berikut: 
  • Masker kain bukan peralatan medis dan belum diuji dengan standar medis yang diakui. 
  • Perbedaan kain yang digunakan tak sama dengan bahan masker bedah atau masker N95.
  • Masker kain belum dapat menutupi area di sekitar hidung atau mulut dengan sempurna karena ujung masker kain cenderung longgar. 
  • Masker kain tidak dapat mencegah masuknya virus ke dalam hidung atau mulut melalui udara. 
  • Ternyata masker kain justru dapat menigkatkan risiko virus masuk ke dalam tubuh karena masker ini mudah bergerak dan longgar, sehingga pemakainya perlu berulang kali menyentuh wajah untuk menyesuaikan posisi masker. 

Meskipun demikian, the Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menganjurkan kita supaya tetap menggunakan masker kain terutama untuk orang yang sudah terinfeksi virus corona namun ga mengalami gejala apa pun dan tampak sehat-sehat aja.

cara memakai dan mencuci masker kain dengan benar nurul sufitri travel lifestyle blogger review kesehatan
Siap Berbelanja Kebutuhan Sehari-hari Menggunakan Masker Kain

Aku dan suami keluar rumah hanya untuk membeli makanan dan kebutuhan dapur. Biasanya berbelanja di warung sayuran dan minimarket terdekat, tarik uang tunai di ATM, isi bensin mobil dan motor. Menyimpan stok bakso, telur, daging ayam, buah-buahan, sayur-sayuran, camilan enak dan masih banyak lagi untuk sekitar 1-2 minggu.

Anak-anak hampir selalu berada di rumah kecuali memang butuh pertolongan dokter seperti waktu itu si bungsu Fakhri terkena penyakit chikungunya. Apalagi aku pun harus menjalani fisioterapi selama 12 kali hampir 1 bulan lamanya mesti bolak-balik ke RS. Siaga Raya. 

Hal yang sangat sering dilakukan adalah mandi. Sepulang dari luar rumah, ke manapun pergi, kami pasti mesti mandi bersih dan segar dari ujung rambut hingga kaki. Bisa jadi dalam sehari mandi sampai 3 kali hihihi lama-lama berasa kayak kucing kecebur 😂 Tapi ini dilakukan demi menjaga kesehatan dan keamanan buat keluarga juga jadi kudu ikhlas deh hehehe.
 

Cara Memakai Masker Kain yang Benar

Tenaga kesehatan, orang sakit dan orang yang merawat orang sakit menggunakan masker medis sedangkan orang sehat cukup menggunakan masker kain. Berikut panduan cara menggunaan masker yang tepat agar lebih aman dan efektif mencegah virus corona yang kubaca di alodokter. 
  • Pilih masker yang sesuai dengan ukuran wajah dan dapat menutup mulut, hidung, dan dagu.
  • Sebelum memasang masker, cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir minimal 20 detik. Bila ga ada air kia bisa gunakan cairan pembersih tangan minimal alkohol 60% atau hand sanitizer. 
  • Hindari menyentuh masker saat masker kain digunakan. Jika ingin memperbaiki posisi masker yang berubah atau longgar, cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh masker kain yang sedang digunakan. 
  • Ganti masker yang basah atau lembab dengan masker baru. Penggunaan masker medis hanya boleh sekali aja dan langsung dibuang. 
  • Masker kain bisa digunakan berkali-kali dengan mencucinya dengan air panas dan deterjen hingga bersih dan disetrika, durasi pemakaiannya maksimal 4 jam. 
  • Segera ganti masker kain apabila sudah robek atau rusak. 

Cara Membersihkan Masker Kain

Bagaimana teman-teman mencuci masker kain yang telah setia menemani hari-hari, apakah sudah tepat caranya? 😀 Masker kain lebih ramah lingkungan dan bisa digunakan berkali-kali. Tapi jangan lupa ya, menjaga kebersihannya dengan rajin mencucinya secara benar supaya kita terbebas dari kuman, bakteri, hingga virus yang berbahaya bagi kesehatan.

cara memakai dan mencuci masker kain dengan benar nurul sufitri travel lifestyle blogger review kesehatan
Koleksi Masker Kain Motif Bunga
 
Dilansir dari WHO dan The Wall Street Journal, ada 5 langkah membersihkan masker kain yang dianjurkan. Yuk, kita simak bersama! 
  1. Gunakan air panas dengan suhu 140 - 150 derajat Fahrenheit, sehingga efektif membunuh kuman dan virus corona. 
  2. Jangan lupa bubuhkan deterjen dan rendam beberapa saat. Jika sudah, kucek masker hingga kotoran luruh. 
  3. Bilas masker kain di bawah air mengalir hingga busa hilang sempurna. 
  4. Keringkan di bawah sinar matahari atau bisa juga menggunakan pengering panas/ hair dryer.
  5. Setrika dengan suhu panas untuk memastikan bakteri dan virus mati sempurna. 

Jika semua langkah sudah dilakukan, maka masker kain siap digunakan kembali. Ingin masker kain yang kita pakai lebih nyaman? Boleh aja teteskan minyak aroma terapi favorit untuk membantu mengatasi rasa pengap saat memakai masker. Mudah dan praktis, bukan? Keep healthy 😄



 

67 comments:

  1. Biasanya sih aku cucinya selain pk.air hangat pake sabun cair mba Nurul, pake rinso baunya gak enak biar udah dibilas masih kecium😀
    Tapi pas kering pasti di setrika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya? Bisa juga pakai sabun cair :D Hihihihi iya mbak, kudu disetrika masker kainnya.

      Delete
  2. Wah salfok sama motornya, antik banget... pengen punya tp takut gak bisa ngerawat

    ReplyDelete
  3. Koleksi masker mbak cantik-cantik...

    Masker saya juga saya setrika, biar mati kepanasan tuh virusnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih :) Betul2, biar langsung off tuh virus dan bakterinya :D

      Delete
  4. belum aku cuci masker kainku hehehe, belum dipakai soalnya. soalnya masih pake masker hijab motif lucu lucu. ntar ah aku cuci. jarang jarang nyuci pakai air panas, khusus masker kayaknya perlu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha pakai dong mbak, masker kainnya :D Iya perlu, biar kuman2, virus dan bakteri pada mati semua.

      Delete
  5. Waaahh, ternyata gini tho caranya.
    Aku kalo cuci pakai air biasa.
    Baiklah, sekarang mau ganti pakai air panas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa :) AKu juga awalya begitu sih, tapi sebaiknya pakai air panas aja :D

      Delete
  6. Alhamdulillah di rumah ada masker medis dan kain juga mbak. Kalau buat keluar deket2 sini kami pakai yang kain aja, toh gak perlu waktu lama2 paling sejam paling lama. Yg penting kalau pakainya lama emang kudu dicuci ya mbak. Trus jangan juga kebanyakan dipegang2. BTW baru tahu kalau WHO juga keluarin tips nyuci masker kain. TFS infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, sebaiknya kita menggunakan masker kain aja. Masker medis dipakai para nakes :) Kadang lupa juga jadi dipegang2 hihihihihi :D Iya sama2.

      Delete
  7. Aku jg uda beralih pakai masker kaiin ini mbaak. Tp punya yg polos ajaa, belum punya yg motif" gtuu. Cantiikk banget mbaak masker motif bunganyaa 😁 jd pengen beli jugaa yg masker motif gtu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap! Yang kembang2 aku beli dari temen blogger hehehe :) Makasih.

      Delete
  8. Aku jadi pengen ngoleksi masker kain banyakan. Lucu-lucu dan buat jaga-jaga gitu hihihi. Apalagi masa pakainya kan ga boleh lebih dari 4 jam ya. Mamang-mamang cuanki dsb yang suka lewat depan rumahku pada rajin pake masker nih cuma beberapa aku perhatiin maskernya itu-itu aja. Jadi penge kasih deh biar mereka punya cadangan dan menjaga diri sama pembeli makanannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, variasi motif dan warna masker kain bisa bikin modd kita bertambah dan seru aja deh pakainya :) Sekalian difoto2 hahahaha enak ga perlu lipstikan kan... :D

      Delete
  9. Aku pakai metode cuci layaknya yg lain mba
    Masukin mesin cuci aja gt... Kan klo dah kena sabun insyaAllah deh mati virusnya. Gt aku mikirnya
    Tapi emang selalu disetrika juga.
    Aku ga tahu klo harus ada perlakuan khusus utk masker kain ini... TfS infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga gitu sih tadinya. Yang penting mesti disetrika ya supaya virusnya mati. Sama2. Semoga bermanfaat.

      Delete
  10. Wah aku langsung masukkan mesin cuci setelah dipakai dan disetrika bareng baju..memang pengap pakai masker tapi kudu beradaptasi kita ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang aku juga begitu sebelum tahu tentang anjuran dari WHO ini :) Iya, adaptasi bernapasnya.

      Delete
  11. Proses pencucian masker kain juga harus diperhatikan ya mbak, jangan asal cuci masker kainnya.. khawatir jika proses pencuciannya kurang tepat justru kuman, virus dan lain lainnya masih menempel di masker kain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget :) Ternyata ada cara membersihkan yang lebih baik :D

      Delete
  12. jadi mesti direndam di air panas ya mbak? Noted. Selama ini cuma cuci2 aja pake sabun, jemur, sudah.

    ReplyDelete
  13. Aku pke masker kain juga mba...soalnya lebih mudah juga nyarinya. Untuk pencucian, masih pake air biasa+sabun...cuma nanti pas kering tak setrika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! Yang penting jangan lupa menyetrika masker kainnya ya.

      Delete
  14. Motif masker kainnya lucu-lucu ya?
    Sejak wajib pakai masker, instink perempuan pun on fire kalau ada masker kain dengan motif yang lucu-lucu, cuss deh di beli. Sehingga keharusan pakai masker terasa lebih more fun, Alhamdulillah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, thanks :D Jadi seru aja seneng pakai masker jadi semangat. Tadinya aku ga pernah maskeran gini loh.

      Delete
  15. Cara memastikan suhu sudah 150° F itu bagaimana ya, kebanyakan termometer yang dijual disini kan pakai Celcius. Ah yang penting air sudah mendidih ya mbak.

    Kalo yang lain seperti pakai deterjen, bilas dengan air mengalir, dan dijemur mah udah pasti. Yang tidak pasti itu disetrika, kadang disetrika kadang ngga.😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih biasanya kita pakai celcius. Betul, setuju deh air kudu mendidih ya. Ih, kudu atuh, mas...masker kainnya disetrikaaaa hahaha :D

      Delete
    2. Malas ah mbak nyetrika nya, mendingan dikeringkan saja dibawah sinar matahari.😂

      Delete
    3. Ah, males gitu hahahahaha :D

      Delete
  16. Wah, bener juga ya ditetesein aroma terapi biar lebih nyaman menggunakan masker kainnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi harum tapi ga banget, aroma terapi enaak deh.

      Delete
  17. wah aku belum menerapkan yang ini mbak, aku cuci aja pakai mesin cuci barengan sama baju yang dipakai keluar, karena katanya, virus akan luruh dengan pemakaian sabun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih kadang aku juga gituh hahaha..Yang wajib tuh disetrika masker kainnya.

      Delete
  18. Wajib banget punya masker kain yang rada banyak. Buat gonta-ganti, meski kami banyakan dirumahaja. Lumayan mencuci masker yaa...kayanya bajunya yang abis dipakai keluar juga perlu di cuci begini yaa...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus ituuuu, biar keren lah. Apalagi yg bermotif kembang2 kayaknya keren aja hahaha :D Baju sih pakai deterjen biasa aku tuh.

      Delete
  19. Hooo ternyata harus pake air panas ya? Baiklah, abis ini kalo nyuci masker pake air panas, biar lebih bersih.

    ReplyDelete
  20. Eh iya ya setrika, aku ga pernah disetrika ini malah langsung dipake huhuhu
    Nanti kedepannya tak setrika wes
    Emang enak masker kain ya ngirit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku mah semua masker kain yg udah kering dicuci pasti kudu disetrika, biar kuman dan virusnya mati.

      Delete
  21. masker kainnya lucu - lucu mba..aku juga punya beberapa supaya gampang ganti - gantinya. Apalagi sekarang udah mau mulai masuk kantor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks hehehe :) Biar ga bosen dan menambah good mood :)

      Delete
  22. Aku kalau nyuci masker ya pake air biasa aja tuh mba. Apakah belum cukup mematikan virus ntar deterjennya itu plus dijemur di bawah sinar matahari juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya sih nyucinya pakai air panas. POkoknya sebelum dipakai jangan lupa disetrika dulu.

      Delete
  23. sama saya juga suka dicuci air hangat, nahh tapi ya walau udah tiap keluar rumah pake masker, kadang suka lupa benerin masker tanpa cuci tangan, txs diingetin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss :D Nah itu dia tangan kita refleks aja tau2 pegang benerin masker kain hehehe :)

      Delete
  24. Daku tuh sampai punya 10 masker kain (untuk sendiri), biar bisa gonta ganti kalau saat keluar rumah dan khawatir terpapar virus :)
    Menarik nih tipnya, karena biasanya kami cuci masker pakai air biasa saja, bukan air hangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, banyak yaaa :D Toss sama akyu :) Seru ya jadi ga bosen. Coba deh cuci maskernya dengan air panas.

      Delete
  25. Makasih tipsnya mbak, aku punya dua masker di rumah untuk gantian. Tapi caraku mencuci biasa aja sih, hehehe. Mungkin cara mbak nurul bisa kucoba ya untuk lebih membentengi diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 :) 2 mah kurang, mbak hihihihi :D Silakan coba cuci masker kain dengan air panas.

      Delete
  26. makasih sharingnya mbk, aku nyuci masker dengan air biasa ternyata pakai air panas ya, siap dicoba deh

    ReplyDelete
  27. Aku juga pakai masker kain biasa nyucinya dengan sabun antiseptik aja kayak lifrbouy atau sunlight. Terus dijemur deh, pakainnya ke warung pulang ganti dan langsung cuci. Balik ke warung lagi pakai yang baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, rata2 orang begitu juga cara mencucinya. Jangan lupa setrika masker kainnya ya mamah Eni :D

      Delete
  28. Wah ternyata cara mencuci masker kain yang bener pakai air panas dan disetrika ya. Aku main cuci aja pakai air biasa dan nggak kusetrika juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa :) Hihihi ah masa sih mbak masker kainnya sejak awal ga disetrika? Mulai sekarang harus yaaa hehe sip :D

      Delete
  29. Iya mba.. waktu awal2 pandemi saya dan keluarga ga yakin soal masker kain. Apalagi beberapa info soal tidak efektifnya masker kain. Jadinya ngeyel ya tetap pake masker medis aja.. kebetulan di rumah ada. E makin lama kalau dipikir2 sayang juga pake masker medis cuma u urusan dikit2 aja sperti ke warung atau minimarket. Akhirnya mempertimbangkan masker kain.. yang penting pintar2 milih bahan masker kain ya biar minimal tetap bisa menangkal..
    Cuma memang untuk membersihkan kudu telaten ya mba, apalagi harus pake air panas.. sip sip.. well noted mba makasih udah diingatkan agar ikuti step2 pencucian dgn baik. Kudu disetrika juga ya,. siap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa ya :) Awal2 terjadinya pandemi corona aku juga sempat pakai masker medis yang sekali pakai. Karena sayang aja cuma sebentar keluar urmah kok sayang banget. Akhirnya beli beberapa masker kain dan ada juga yang dikasih gratis sama temen blogger, dia bikin sendiri pula. Sesuatu banget deh :D Iya, wajib tuh disetrika yg hot..hot si maskernya hehe :D

      Delete
  30. wah makasih banget nih informasinya mbak. Soalnya ak ndatau cara cuci masker yang baik, asal rendem kayak cucian biasa aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 :) Sip, semoga makin bersih ya mencuci dan menyetrika masker kainnya.

      Delete
  31. Malah ada yg bilang masker kain hanya bisa maksimal 10 kali cuci mba. setelah itu sebaiknya diganti. Bingung aku... Kalo EMG ada masa pemakaian, berarti setiap bulan mah hrs nyetok masker kain baru -_-. Tp aku slama ini selama masker kainnya msh tebel kainnya, aku ttp pake sih. Walo udh LBH dari 10x cuci.

    ReplyDelete
    Replies
    1. AKu masih pakai masker kain yang lama kok, dicuci berkali2 malah hihihi : Mungkin nanti kudu beli lagi yang baru sekalian buat stok :D AKu juga pilih kainnya yang berlapis, jangan cuma sehelai doang :D

      Delete
  32. Maskernya cantik-cantik mba. Oya, kalau aku masih pakai tradisi mencuci masker pakai air dingin mba. Soalnya kalau pakai air hangat kepikiran talinya yang bakal melar mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih :) Iya sih kadang aku juga masih pakai air biasa mencucinya. Tapi lebih baik sih menggunakan air panas :)

      Delete
  33. Jazakillah khair mba....komplit plit infonya.....

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.