Daftar Isi [Tampilkan]

Tulisanku kali ini masih bercerita tentang keseruan liburan sejenak di Kebun Raya Bogor, Sabtu, 31 Oktober 2020. Aku sekeluarga bersama kedua orangtua niat banget melepas kepenatan setelah sejak Maret lalu terpenjara #DiRumahAja gara-gara virus corona. Meskipun hanya sebentar, kami bahagia sekali lho, akhirnya bisa piknik di alam segar Kebun Raya Bogor (KRB) yang memesona dan bersejarah itu.

Aku beli tiket untuk 6 orang pada H minus 1 tepatnya pada malam harinya melalui website Kebun Raya Bogor. Oh ya, cara beli tiket masuk Kebun Raya Bogor secara online sudah aku tulis di judul sebelumnya ya, teman-teman. Waktu itu kami berangkat dari Jagakarsa sekitar pukul 06.00 WIB supaya ga terlambat, karena pilih waktu masuk Kebun Raya Bogor pukul 08.00 WIB.

Wisata Kebun Raya Bogor Istana Presiden, Naik Shuttle Bus, Olive Store dan Jajan Waffle Ice Cream Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog

Oh ya, berhubung saat itu di Kebun Raya Bogor ga bisa parkir kendaraan pribadi, maka kami taruh dulu mobilnya di depan Onih Hotel tempat kami menginap. Dari depan McDonalds yang pas berada di sisi jalan raya, lewatlah angkot. Ga rencana sih tapi tiba-tiba kayaknya kudu sewa deh.

Kasihan kakeknya anak-anak kalau mesti jalan lumayan 750 meter ke pintu masuk Kebun Raya Bogor. Sopir yang sudah lansia hanya meminta 20 ribu aja sih, murah kan? Tapi akhirnya kami beri 25 ribu deh, lumayan muterin jalan searah, enak tau-tau sampai deh.

Wisata Kebun Raya Bogor

Dua belas tahun lamanya aku belum sempat lagi main-main di area Kebun Raya Bogor. Rasanya gimanaaa gitu, pangling hehehe atau norak ya, kok seperti ada perubahan. Sebelum pukul 08.00 WIB kami sampai di pintu gerbang Kebun Raya Bogor. By the way, kami tetap mematuhi protokol kesehatan 3M lho yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak selama berada di luar rumah.

Masuk Ke Kebun Raya Bogor: Tap Barcode Tiket Online

Pintu Masuk Tap Barcode Kebun Raya Bogor

Gedung pintu masuknya aja cakep begini hihihi. Siapkan handphone, cek email konfirmasi tiketnya, lalu tunjukkan deh ke petugasnya. Pertama-tama, aku siapkan 6 tiket yang ada barcode-nya di email, plus 1 tiket sumbangan dana PMI. Kemudian mbak petugas tiket scan satu per satu, kami pun masuk. Ternyata praktis banget cara seperti ini ya, meminimalisasi sentuhan juga saat pandemi corona ini.

“Mau tap barcode tiketnya sendiri atau saya bantu?’, tanya mbak petugas. “Dibantu saja deh, mbak. Ini ada 6 orang’, jawabku kemudian. “Silakan baris di sini supaya kelihatan bersama”, katanya lagi. Asyik banget, ternyata super praktis deh masuk ke Kebun Raya Bogor seperti ini. Tentu sambil meminimalisasi sentuhan karena situasi dan kondisi Covid-19.

Di pintu masuk tersebut, kami diberi 6 lembar kertas kupon diskon berbagai aktivitas di Kebun Raya Bogor. Wah, senang sekali dong, hemat nih dompet emak aman! Hahaha… Ceritanya masih dalam rangka Hari Sumpah Pemuda, jadi pengunjung mendapatkannya. Kayaknya sih gitu hihihi 😁

Sebelum menjelajah Kebun Raya Bogor, kami pergi ke toilet dulu, ga jauh dari gedung loket tadi. Biasa, satu orang ingin mampir ke toilet akhirnya semua pada buang air kecil juga hahaha latah. Mumpung masih pagi kan toilet masih sepi dan bersih.

Saking luasnya area kebun raya dengan pemandangan yang indah, cerita tentang Kebun Raya Bogor seakan tiada habisnya. Koleksi aneka tumbuhan umum maupun langka ada di sini. Kita juga bisa berkunjung ke Museum Zoologi, memandang Istana Presiden dari kejauhan, menikmati sajian restoran, berolahraga sepeda, foto-foto, berkeliling menggunakan shuttle bus dan sebagainya.

Seru banget kalau tiap weekend kita bisa menikmati family time. Apalagi jika berjalan-jalan di seputaran Istana Bogor sambil memberi makan rusa-rusa cantik yang didatangkan langsung dari Nepal dengan wortel. Kelar pandemi aku mau menjadi member premium Kebun Raya Bogor deh supaya bisa masuk ke dalam area KRB mulai jam 6 pagi

Istana Bogor

Istana Kepresidenan Bogor merupakan salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri dari aspek historis, kebudayaan, flora dan faunanya. Istana bergaya arsitektur kolonial Belanda ini mulai dibangun pada tahun 1745 dengan arsitek Baron Van Imhoff.

Pada awalnya istana ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan Gubernur Jenderal di Jakarta. Sejak tahun 1870 Istana Bogor menjadi kediaman resmi para Gubernur Jenderal Belanda dan diberi nama “Buitenzorg” yang berarti ‘di luar kekhawatiran’. Saat ini istana berfungsi untuk menyambut tamu-tamu negara serta menyelenggarakan acara kenegaraan.

Istana Kepresidenan RI

FYI, Istana Kepresidenan Bogor pernah mengalami kerusakan berat pada masa pemberontakan perang Banten di bawah pimpinan Kiai Tapa dan Ratu Bagus Buang yang terjadi pada 1750-1754. Oleh karena itu, istana dibangun lagi pada tahun 1850.

Pasukan-pasukan Banten dengan gagah berani menyerang Kampong Baroe dan membakarnya. Namun, pemberontakan itu berakhir dan mereka terpaksa harus tersingkir. Bahkan perang tersebut mengakibatkan Kesultanan Banten menjadi rampasan Kompeni.

Beli Tiket dan Naik Shuttle Bus

Naik shuttle bus atau mobil wisata, pengunjung dapat menikmati keindahan alam Kebun Raya Bogor dengan mengelilingi area KRB kurang lebih 30 menit. Sang sopir merangkap pemandu wisata menceritakan sejarah singkat dan berbagai koleksi tanaman yang ada di sana. Jadi di setiap pohon ada papan kecil berisi nama pohon, asalnya dari mana, tahun berapa dan lain-lain.

Untuk bisa menaiki shuttle bus ini kami berenam mesti menunggu dulu beberapa menit karena ternyata banyak juga peminatnya. Oh ya, harga tiketnya Rp 25.000,- per orang sehingga jika ditotal adalah Rp 150.000,-. Namun kami untung dong, kan pakai voucher discount sebesar 20% jadi bayarnya Rp 120.000,- saja horeeeee! Dasar emak-emak, beginian aja bahagia hahaha 😀

Kami melewati tanaman kaktus, pakis, sikas dan beberapa pohon lain yang termasuk tanaman purba. Kami juga melewati taman akuatik dengan koleksi tanaman air seperti eceng gondok, talas air, teratai, papirus juga ada ikan terapi di kolam tersebut. Kolam akuatik merupakan shelter pertama di mana yang dilalui mobil wisata tersebut. Kita bisa turun, tetapi jika ingin ikut kembali bisa tunggu busnya dan berbayar lagi.

Koleksi Tanaman di Kebun Raya Bogor

Di area loleksi palem-paleman ada tanaman sawi, sagu, salak dan kurma. Kebun Raya Bogor merupakan hutan konservasi dan hutan penelitian sejak zaman Belanda hingga saat ini. Kebun raya terbagi menjadi 2 bagian yang terbelah Sungai Ciliwung yang airnya mengalir ke Jakarta.

Olive Store

Olive Store menawarkan berbagai merchandise Kebun Raya Bogor yang menarik dan unik. Letaknya bersebelahan dengan loket tiket shuttle bus dan tempat makan kecil semacam food court. Di tempat inilah pengunjung bisa mendapatkan berbagai tanaman hias cantik seperti bunga anggrek hingga pot tanah liat yang lucu hingga cocor bebek. Di bawah ini foto aneka merchandise yang kuambil dari Instagram Olive Store ya, kecuali 1 foto toko depan itu dari aku.

Aneka Merchandise Kebun Raya Bogor di Olive Store (Foto: IG @olivestore_id)

Ada juga macam-macam mug, tumbler, kaos, aneka tas kain perca jeans, printed scarf, maupun bahan lainnya. Tak ketinggalan aksesoris bermotif batik seperti Bucket batik hasil kerjasama Olive Store Kebun Raya dengan Ikaten Studio. Sebagai kado atau hadiah kita bisa membeli hampers dengan keranjang Rawttan yang berisi alat makan berbahan kayu jati dengan finishing natural serta food grade.

Buat teman-teman yang lagi senang menanam, bisa beli mini gravel seperti terlihat pada foto. Mini gravel merupakan salah satu komponen yang digunakan sebagai elemen dasar yang menjaga drainase air dalam wadah terrarium. Mini gravel memiliki banyak warna sehingga berfungsi sebagai elemen dekoratif yang cantik.

Jajan Waffle Ice Cream

Nah, ini salah satu keseruan kami setelah berkunjung ke Museum Zoologi. Ada semacam ice cream stall di sudut jalan dan taman Kebun Raya Bogor. Bukan berbentuk gerobak atau kedai khusus sih, tapi bertempat di sebuat mirip gazebo atau apalah bangunan kecil bundar. Jadi ada mesin pembuat es krim rasa vanilla, cokelat, strawberry dan waffle lengkap dengan gelas dan mangkok dari bahan Styrofoam.

Ah, langsung teringat saat aku menikmati es krim Alasema di Mekkah ketika umrah beberapa waktu lalu. Memang deh paling asyik makan es krim lezat setelah kita kelelahan beraktivitas. Dinginnya terasa sekali di tenggorokan. Biasanya aku sekeluarga paling sering beli es krim Wall's sih 😋

Jajan Waffle Ice Cream

Petugas es krim dan wafelnya ada 2 orang. Ga nyangka ternyata banyak juga pembelinya. Kayaknya tertarik jajan beginian gara-gara kupon diskon tadi hahaha, kan lumayan kita bisa membelinya dengan harga per paket. Beli 2 wafel Rp 20.000,- gratis es krim”, begitu tulisannya. Rasanya gimana? Tentu enak dong, dingin, segar dan tekstur es krimnya juga lembut. Wafelnya hangat, pokoknya pas di lidah deh kelezatannya.

Sebenarnya masih banyak lagi yang ingin aku eksplor, hanya saja belum terkejar semuanya hehehe. Suatu hari nanti aku dan keluarga berniat menjadi member premium ah, yang bisa masuk Kebun Raya Bogor mulai pukul 06.00 WIB. Siapa tahu niat olahraga sambil wisata edukasi mengulik sejarah tempo dulu. Penasaran juga dengan Grand Garden Café & Resto yang hits itu.

74 comments:

1. BAru aja kemarin aku ke sini.
    Tapi ga semua spot Kebun Raya bisa aku kunjungi soalnya bawa bocil.
    Kayak zoology itu ga bisa dimasukin anak dibawah 5 tahun huhu.

eh bentar, ini pas aku tonton vlognya kayak kenal ternyata aku sudah pernah komen di youtubenya teh Nur haha.

Replies
    1. Hai :) Oh yaaa? Waktu aku masuk ke Museum Zoologi ga merhatiin usia anak yang diperbolehkan masuk sih, soalnya sibuk syut dan pepotoan sama keluarga hahaha :D Betuuuul, Leon.

Delete
  2. Yuhuuu, asik banget nih perjalanan ke Kebun Raya Bogor.
    Mupeng k Olive STore jugaaa
    pengin belanja ssepuasnyaaa, sembari menikmati kebun Raya

1. Yoiiiii mbak hiihihihi :D Kepengen main dan belanja2 hahaha :D

Delete
  3. awal tahun 2018 wisata ke kebun raya bogor pas lagi musim hujan, naik kereta dari stasiun manggarai, rame-rame sekeluarga, bokap nyokap juga ikutan, wah seru pisan deh

1. Asyiknyaaaa :D Semoga bisa diulang lagi kelar pandemi ya mbak :D

Delete
  4. Menyenangkan sekali nih eksplor kebun raya Bogor, apalagi barengan keluarga ya, seruuu... Aku dulu pas ke Bogor cuma lewat aja mba di depannya huhuhuu... buru-buru ga bisa maen kemana-mana. Nanti suatu saat Insya Allah akan ke sana barengan keluarga.

1. Iya donk, alhamdulillaah. Iya, jadwalkan aja buat nanti jika sikon aman :D

Delete
  5. Ahh, lengkap banget main di KRB ini, aku tertarik sama Olive Storenya, hahahhaha wakkaka
    pen nyari yang uni2k menggemaskan.
    Trus aku ngakak donk, ketika ke toilet yang pengennya seorang ko jadi latah semua yaa, begitulah kadang kalo pergi barengan ma keluargaku jugaa.
    Next, aku pengenke KBR istana Bogor, trus pake shuttle, jangan bilang ada waffle es krim, itu kesukaan kk Olip, nanti bawel pengen berburu wafel.

Replies
    1. Alhamdulillaah :) Tauuuu deh, namanya ibuk2 pasti mau mborooong khaan? Hahahah :D Hahaha iyap gitu deh pada pipis sekeluarga akhirnya wkwkwkwkw :D Kk Olip, nih mamahnya mau beliin ice cream waffle hahaha.

Delete
  6. Salah satu wisata yang ingin aku lakukan nih, main ke Kebun Raya Bogor dan mampir ke istana kepresidenan tapi sampai sekarang belum kesampaian dong. Semoga sehabis pandemi nanti bisa main kesana deh.

Replies
    1. Aamiin. AKu di istana juga cuma pose tampak jauh hahaha. Belum pernah punya kesempatan masuk ke dalamnya hehehe.

Delete
  7. Bisa jelajah tempat seperti ini bersama keluarga itu memang menyenangkan, mbak. Menarik memang. seru hahahha

1. Pastinyaaa dong, keliling2 trus jajan hahaha :D

Delete
  8. Wah one stop entertainment bgt ini main ke kebun raya, bisa liat2 hutan dan koleksi tanamannya terus klo lapar ada tempat makan yg asik, plus juga bisa ke olive market ya buat beli tanaman hias atau sovenir

Replies
    1. Iya, lengkap lah melihat aneka flora di KRB dan koleksi fauna langka di Museum Zoologinya : Seneng deh pokoknya.

Delete
  9. Hebat KRB! Mekanisme HTMnya udah seperti tempat wisata di LN. Jadi makin mudah main-main ke KRB deh.

ReplyDelete
  10. Wah kalau ke kebun raya mau coba wafel es krim dan belanja di Olive Store nya nih aku belum pernah masuk ke tokonya..

11. Aku belum sampai 12 tahun sih main ke kebun raya bogor, Mbak. Tapi sungguh sudah lupa semua ngapain aja di dalam hahaha..Jadi post ini menyegarkan kembali ingatan saya pada kebun raya kebanggan ini. Berfoto di depan istana bogor itu, ketika bunga teratai sedang cantik, keren banget Mbak

Replies
    1. Hihihihih :D Iya thanks. Kpaan2 kudu main2 ke Kebun Raya Bogor deh, Uni Eviiii :D Biar ga penasaran lagi kan udah lama.

12. kapan hari pengen ke KRb diriku mba nurul...ternyata tetap buka ya...hihi

foto fotonya bagus mba...hijau banget...teratainya kelihatan apik sangat...apalagi ditutul dengan kudapan ice cream waffle so yummy ☺😊

Replies
    1. Makasih, Iyaaaa tuh..ini kan tahun lalu sebelum ada perpanjangan PSBB. Datang pagi2, pulangnya kudu cepet2 biar ga rame banget hihihi.

Delete
  13. dah lamaa aku ga masuk ke krb. ternyata skr udah aa yg jualan es krim wafel... hmmm yami!

ReplyDelete
  14. Gaya ya, masuk kebon raya Bogor aja ada tiket premiumnya segala. Itu bayar tiket premiumnya berapa, Teteh?

Replies
    1. Nah ini baru rencana. AKu belum sempat telepon atau DM. Ntar deh kalau udah tau.

Delete
  15. Wuah aku pengin juga pergi ke Kebun Raya Bogor, Istana Presiden dan jajan waffle ice cream. Semoga bisa ke sini bersama anak-anak, nunggu pandemi covid ini bubar dulu :)

ReplyDelete
  16. Senengnya yang masih bisa jelong-jelong. Pasti mayan seger pasca jalan ya. haha. Aku sama sekali belum jalan2 nih sejak pandemi.Pengin tapi belum yakin.

Replies
    1. Itu pertama kali keluar sarang mbak. Abis itu belum ke Bogor lagi, di rumah aja hahaha :D

Delete
  17. Maak, saya pengen ke Kebun Raya Bogor juga, belum kesampaian euy .. sudah banyak hal menarik yaa di sana. Semoga nanti kesampaian deh. Pakai tulisan ini biar jadi referensi.

Replies
    1. Iyooooo sop nanti aja. Sekarang diniatin dulu hehehe.

Delete
  18. Kayanya aku inget banget, dulu ke Kebun Raya Bogor sama Bapak waktu masih SMP.
    Aku bawa buku dan niat banget nyetetin satu per-satu nama tanaman dan morfologinya.
    Hihii..kayanya aku dulu kepengen banget masuk IPB deeh..

Kenangan ke Kebun Raya Bogor yang tak terlupakan.

Replies
    1. Udah lama amat ya mbak :) Banyak memori di Kebun Raya Bogor ya mbak Lendy, mantap.

Delete
  19. Itu waffelnya enak ga ya, rul. Menggoda banget. Dulu main ke kebun raya ga mampir2 ke kafenya. Mau coba ah kalau dah kelar covid.

Replies
    1. Enak :D Tapi kurang banyak hahahaha :D Sip, mbak.

Delete
  20. Saya belum kesampaian aja ingin lihat ke dalam Kebun Raya Bogor, padahal beberapa kali lewat sana. Kebayang segarnya bisa jalan-jalan di antara pepohonan yang rindang ya.

Replies
    1. Bikin jadwalnya mbak, dicatetttt hihihi kelar corona jalan2 ke KRB ya.

Delete
  21. wah dah lama banget ga main ke Kebun Raya Bogor, sampe gatau aku kalo sekarang ada shuttle busnyaaa.. hihi. Pengen banget nih ajak anak-anak.. makin cakep kayanya sekarang Kebun Raya Bogor yaaa

Replies
    1. Hehehehe...Makin praktis cara beli tiketnya online dan semuanya menyenangkan lah :D

Delete
  22. Loh aku juga beli es krimnya waktu ke Kebun Raya Bogor akhir 2019. Lokasinya depan danau yang ada tulisan KRB. Apa beda ya kok ada wafelnya juga, waktu itu gak ngeh deh. Kudu diulang nih kayaknya

Replies
    1. Wkwkwkwkwk hayoooo diulang aja mbak Wati hahaha :) Mungkin sama es krimnya cuma beda tempat jualnya aja :D

Delete
  23. Hiks aku blom pernah kesana sama sekali nih. Tapi lumayan deh baca artikel ini jadi bisa ngebayangin suasana disana seperti apa.

ReplyDelete
  24. Ternyata Kebun Raya Bogor tuh luas banget ya, banyak spot yang bisa dieksplor, bukan cuma hutan aja, hehehe...

Replies
    1. Saking luasnya, belum terjelajah semuanya hahaha :) Seruuuu loh!

Delete
  25. seru banget kak nurul, aku dari sulu pingin banget ke kebun raya bogor. tapi belum kesampaian juga ditambah lagi sekarang sudah pandemi.

Replies
    1. Pastinya, Mbak Liza hehehe :) Iya, nanti aja kalau sikon aman :)

Delete
  26. KRB tuh udah kayak mengembalikan memory masa kecil saya. Dulu sering banget piknik ma keluarga ke sini. Dan sampai sekarang selalu aja betah setiap kali di sana.

Kayak saya sama ma Mbak Nurul, andai tinggal di Bogor, bakalan sering banget deh ke KRB. Beberapa hari lalu, saya lihat liputannya di tv. Tentang taman-taman baru di sana. Memang gak pernah bosenin ya kalau ke KRB

Replies
    1. Wah, bener itu...seandainya tinggal di Bogor, bakalan enak ya bisa sering2 berkunjung ke KRB hehehe :) Ga bosan kok, malah seruuuuu! :D

Delete
  27. rame juga ya ternyata. Akuu ini juga udah gak sabar pengen "piknik" lagi di Kebun Raya Bogor, tapi belum berani blas, huhu

Karena ngeliat ramenya gini plus kami bawa anak kecil. Semoga nanti suami bisa cuti ah, jadi hari biasa aja ke sana, semoga bisa lebih sepi, hihi

Replies
    1. Sip mbak. Semoga nanti situasi dan kondisi lebih aman dan nyaman, silakan berkunjung ke Kebun Raya Bogor bersama keluarga yach.

Delete
  28. Dulu pernah ke Bogor tapi gak sempat mampir ke Kebun Raya Bogor, duh skrg nyesel bgt. Next kalo ke Bogor pengen mampir ke istana Bogor dan Kebun Raya Bogor deh.

Replies
    1. Wah, kapan2 kudu direalisasikan kalo gitu, mas 😀😀 Kelar corona main2 ke Kebun Raya Bogor 😄

Delete
  29. Aku beberapa kali sih ke Kebun Raya. Soalnya itu tujuan kalau ke Bogor. Liat ijo-ijo. Tapi aku nggak pernah nulis. Salut banget sama Mbak Nurul sekali jalan bisa jadi 4 tulisan dengan sudut pandang dan topik beda-beda. Keren euy.

Replies
    1. Hehehe..Makasih mbak Nunung :) Sayang banget soalnya kalau aku ga tulis di blog. Sekalian buat kenang-kenangan aku sekeluarga plus nambah wawasan sejarah tentang KRB :D

Delete
  30. Asli kangen Bogor banget semoga situasi segera membaik,pengen makan somay, soto mie, asinan..semuanya..huhu..pengen main ke KRB..

ReplyDelete
  31. Waaaa seru bangett jalan-jalannya di kota Bogor. Jadi pengen ikut teh.. Bogor emang kota hujan yg ngangenin.

Replies
    1. Iyaaa seruuuu 😂😁 Kapan2 yaaa tunggu sikon aman.

Delete
  32. aku dah lama banget ke kebun raya ini . emang enak seh jajan es krim setelah capek muter2 kebun raya bogor yang gedeeeee banget astagaaa pegell

1. Iya, nyegerin tenggorokan dan mood kita ya muter2in KRB 😁😂

Delete
  33. Baru tahu kalau KRB ada member premiumnya juga.
    Aku seneng banget baca cerita sejarah Istana Presidennya. Kayaknya seru nih klo mampir ke sana dan bikin tulisan khusus tentang Istananya :)

Replies
    1. Sammaa, aku juga baru ngeh hahaha :) Rencananya sih ntar kelar corona deh kepengen jadi member premiumnya biar sering main2 di Kebun Raya Bogor. Iyaa, tungguin juga ceritaku nanti yach entah kapan hihihi :D

34. Cerita KRB yang jelas dan informatif

35. Cerita kebun raya yang sangat lengkap. Bagus banget

1. Makasiiiih 😊😊 Ga sabar kepengen eksplor KRB kelar corona in sya allah 😀

Delete
  36. Cerita tentang kebun raya yang informatif dan lengkap. Jadi pengin ke Kebun Raua

1. Kepengen jadi member premium KRB kapan2 ah 😀 Thanks, Pak Eko 🤩

37. belum pernah ke kebun raya Bogor dan pengennnnnnn
    selama ini cuman denger cerita, atau baca baca dari review temen temen aja.
    makin canggih sekarang ya disana, beli tiket udah bisa online, nggak pakai ribet ribet pokoknya ya

Replies
    1. Oh yaaaa? Kalau ke Bogor kapan2 kudu mampir masuk dan menikmati suasana KRB mbak hehehe 😊😁 Iya canggih beli tiketnya online jadi praktis banget.

Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.