Daftar Isi [Tampilkan]

Sudah berapa kali berkunjung ke Museum Zoologi Bogor? Kita bisa mengenal berbagai jenis hewan langka maupun hewan umum yang diawetkan. Di sini ada pula kerangka ikan paus biru yang panjangnya sekitar 20 meter. Ada banyak koleksi ilmiah yang tersimpan di Museum Zoologi Bogor seperti mamalia, ikan, burung, reptil dan amphibi, moluska, serangga dan invertebrata lain yang bukan moluska dan serangga. 

Berkunjung ke museum ga melulu seram dan membosankan. Meskipun iya sih ga sedikit bangunan tua yang terasa ‘berbeda’ dan membuat bulu kuduk merinding hehehe 😁 Coba deh teman-teman sempatkan mampir dan mengelilingi Museum Zoologi ketika main-main di Kebun Raya Bogor. 
 
 
Museum Zoologi Bogor Wisata Edukasi Mengenal Hewan Langka Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog


Museum Zoologi Bogor Sebagai Wisata Edukasi 

Sebagai wisata edukasi, Museum Zoologi Bogor senantiasa memberikan informasi bermanfaat kepada wisatawan lokal maupun mancanegara terhadap perkembangan dunia flora dan fauna di Indonesia hingga kancah internasional. Cocok sekali museum ini dijadikan tempat belajar yang menyenangkan bagi anak-anak dan dewasa. Ga hanya kunjungan pribadi, biasanya rombongan study tour dari sekolah-sekolah sering datang ke museum ini.

Masuk ke Museum Zoologi Kebun Raya Bogor gratis lho. Cukup bayar tiket masuk Kebun Raya Bogor sebesar 15 ribu per orang untuk wisatawan domestik. Kita bisa berkeliling sepuasnya di area kebun raya, termasuk Museum Zoologi. Cara beli tiket Kebun Raya Bogor secara online sudah aku tulis di judul sebelumnya ya. 

Pada Sabtu, 31 Oktober 2020 lalu aku sekeluarga pertama kali keluar 'sarang' sejak pandemi corona Maret lalu. Wisata alam menjauhi keramaian yang ga hanya bersenang-senang namun juga edukatif karena di museum kita dapat mengenal aneka satwa sejak zaman prasejarah hingga kini melalui replika maupun fosilnya. Di KRB kita juga bisa bersepeda santai dengan menyewa sepeda selama 1 jam sebesar 20 ribu saja.

 

Museum Zoologi Bogor Wisata Edukasi Mengenal Hewan Langka Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Di Kebun Raya Bogor
 

Lokasi Museum Zoologi

Museum Zoologi terletak di salah satu sudut kebun raya dengan luas bangunan diperkirakan 1.000 meter persegi. Terdapat tujuh ruang pameran atau gakeri diorama yang memperlihatkan dan memperkenalkan flora-fauna. Kondisi bangunan tua tersebut masih cukup baik, ya namanya juga peninggalan bersejarah. Jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB Senin sampai Minggu.

Sebenarnya wisatawan dapat menangkap kesan berbeda, unik dan klasih terhadap Museum Zoologi Bogor ini. Meskipun memang interiornya biasa saja dan minim pencahayaan, banyak pengunjung senang berfoto di sekitar museum, termasuk aku sekeluarga 😃

 

Naik Mobil Wisata di Kebun Raya Bogor

By the way, kalau naik shuttle bus atau biasa disebut mobil wisata yang wara-wiri di area KRB, kita bisa turun di Museum Zoologi. Jadi ga capek jalan jauh kan. Tuh, ada tanda 'bus stop'-nya yang berwarna kuning bulat. Banyak orang yang berminat juga mampir di museum ini lho. 

Main-main di Kebun Raya Bogor (KRB) belum afdol rasanya jika belum berkeliling menggunakan mobil wisata atau disebut juga shuttle bus. Kurang lebih 30-40 menit saja sudah lumayan banget, mengurangi pegal kaki setelah berjalan ke sana kemari hihihi.

Cukup membayar tiket per orang 25 ribu, kita bisa menikmati pemandangan aneka tumbuhan koleksi KRB langka yang usianya sudah puluhan bahkan ratusan tahun. Ada beragam jenis kaktus, pohon salak, juga pakis dan sikas yang termasuk tanaman purba da lain-lain.

Sang sopir merangkap pemandu wisata berceloteh secara singkat sejarah KRB. Tumbuhan di sini merupakan konservasi dan penelitian. KRB terbagi 2 oleh Sungai Ciliwung yang airnya mengalir ke Jakarta. Ternyata dapat diskon 20% lho tiket shuttle bus-nya, masih momen hari Sumpah Pemuda. Sik asiiiik deh. Kapan-kapan mau lagi ah 😍

 

Museum Zoologi Bogor Wisata Edukasi Mengenal Hewan Langka Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Naik Shuttle Bus

 

 


 

 

Sejarah Singkat Museum Zoologi Bogor 

Museum Zoologi Bogor mempunyai koleksi yang berkaitan dengan dunia satwa seperti berbagai spesimen yang diawetkan maupun fosil hewan. Teman-teman sudah tahu belum, ternyata museum ini terbagi dua lho. Museum yang satu dibuka setiap hari untuk umum, isinya ruang pameran, terletak di Jalan H. Juanda No. 9 Bogor dan satunya lagi berfungsi sebagai tempat koleksi dan hanya dibuka setahun sekali pada bulan Oktober, berada di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong yakni di Jalan Raya Jakarta – Bogor Km. 46 Cibinong, Bogor. 

 

Museum Zoologi Bogor Wisata Edukasi Mengenal Hewan Langka Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Museum Zoologi Bogor
 

Awalnya, Museum Zoologi Bogor merupakan laboratorium zoologi, namanya Landbouw Zoologisch Laboratorium yang didirikan pada tanggal 23 Agustus 1894 oleh J.C. Koningsberger, ahli botani berkebangsaan Belanda. Fungsi laboratorium ini sebagai sarana penelitian yang berkaitan dengan pertanian dan zoologi, meliputi kegiatan inventarisasi fauna Indonesia. 

Museum ini sempat berganti nama beberapa kali. Dikenal dengan Zoologisch Museum and Wekplaats pada tahun 1906, kemudian menjadi Zoologisch Museum en Laboratorium di tahun 1910. Nah, antara tahun 1945 hingga 1947 namanya berubah menjadi Museum Zoologicum Bogoriense dan sampai saat ini dikenal dengan nama Museum Zoologi Bogor. 

 

Koleksi Fauna Di Museum Zoologi Bogor 

Ada badak yang beratnya fantastik lho, sekitar 2 ton dan berasal dari Priangan, Tasikmalaya. Konon, badak ini mati karena dibunuh oleh pemburu yang ga bertanggung jawab yang mengincar culanya. Sejak tahun 1934 hewan ini menjadi koleksi Museum Zoologi. Badak jantan berwarna hitam dan berukuran sangat besar itu adalah badak asli yang diawetkan.

 

Museum Zoologi Bogor Wisata Edukasi Mengenal Hewan Langka Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Melihat Koleksi di Museum Zoologi Bogor
 

Koleksi ikan-ikan yang dipamerkan di sini merupakan ikan-ikan asli yang diawetkan. Ada juga beberapa replika asli dengan skala sama dengan ikan aslinya. Kalian harus masuk ke dalam ruang koleksi binatang air lebih dalam ya. 

Museum Zoologi Bogor Wisata Edukasi Mengenal Hewan Langka Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Koleksi Satwa di Museum Zoologi Bogor
 

Ikan gergaji atau dalam bahasa latin Pristis Perotteti, memiliki panjang mencapai 5 meter, ditangkap pada tahun 1924. Masih dalam satu ordo ikan pari, rata-rata tinggal di laut bagian cukup dalam, sangat jarang ditemukan di permukaan laut. 

Ada ikan jangilus atau disebut Tetrapturus Brevirostris. Ikan tersebut adalah satu diantara ikan marlin yang memiliki moncong panjang mirip pedang. Dulu, jangilus yang biasa dikonsumsi oleh manusia ini ditemukan di pasar teluk Jakarta pada tahun 1933. Konon, rasa daging ikan ini seperti rasa daging ayam. Kalau masih ada, kita bisa menemukan ikan jangilus di pesisir selatan Pulau Jawa seperti di Pelabuhan Ratu. 

Ngomongin tentang ikan, pas banget kami sangat gemar makan ikan, kecuali papanya anak-anak doyannya ikan teri doang 😂 Kelar seseruan dari museum ini kami memang sudah niat makan seafood dan ikan bakar yang nikmatnya bikin ketagihan, namanya Bandar Ikan Jakarta di Kota Bogor, ga jauh dari Onih Hotel tempat kami bermalam.

 

 

 

Ikan Paus Biru

Nah, koleksi diorama hewan terbesar yang ada di Museum Zoologi adalah ikan paus biru. Dulu, si paus biru atau disebut Balaenoptera Musculus terdampar di Pantai Papempeuk, Priangan Selatan pada bulan Desember 1916. Berat utuh paus biru 119.000 kg dan panjangnya 27 meter. Konon, untuk memindahkan paus ini dibutuhkan waktu sekitar dua bulan. Wuiiihhh....! 😁 


Museum Zoologi Bogor Wisata Edukasi Mengenal Hewan Langka Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog

 

Museum Zoologi Bogor Wisata Edukasi Mengenal Hewan Langka Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog

 

Kabarnya sih, di sekitar Museum Zoologi Bogor ini juga terdapat banyak kelelawar yang sering tidur dan bergelantungan di atas atap museum. Binatang yang bernama latin Pteropus Vampyrus ini hanya mengonsumsi buah-buahan saja. Bukan vampire seperti di film-film yang identik peminum darah lho hehehe. Jadi, kalian masih penasaran kepengen dengan hewan lainnya? Yuk, kunjungi Museum Zoologi Bogor sebagai sarana wisata edukasi yang seru untuk keluarga! 😃

 

 

88 comments:

  1. Ke tempat edukasi seperti ini menyenangkan, mbak. Dapat belajar banyak tentang hewan-hewan yang ada di dalamnya. Aku kalau ke tempat seperti ini fokus baca keterangan yang biasanya terpajang di depan haaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu dong :D Hihihi biasanya anak2 yang study tour suka dapat tugas ngisi LKS jadi catat dan baca2 keterangan pada dioramanya :D

      Delete
  2. Ada kerangka mantan ngga katanya di komentar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...coba tebak ada ga kira2? Wkwkwkwkwk :D

      Delete
  3. Keren uy museumnya.
    Di Medan juga ada sih museum satwa, tapi koleksinya hewan-hewan masa kini yang diawetkan.
    Udah gitu tiket masuknya tergolong mahal juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dunk, yuk ke sini mas :) Berarti murah banget ya tiket KRB dibandingkan di Medan. Beda cerita mungkin dan sejarahnya hehehe. Sama2 keren lah.

      Delete
  4. Ternyata museum zoologi ini di area kebun raya Bogor ya mbk. Kirain terpisah lho. Impianku dari dulu, pingin banget ke Kebun Raya Bogor, penasaran banget. Seru banget ya naik shuttle bis yang terbuka gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Iya seruuuuu :) Kapan2 kelar corona mbak ajak keluarga main2 di KRB ya.

      Delete
  5. Wow usia bangunannya sudah berumur sekalu, sejak 1894 ya. Menarik juga. Siapa tahu kelak berkesempatan ke KRB, harus ke museum zoologi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah lawas pisan hihihi. Iya dunk sekalian mampir ke Museum Zoologinya.

      Delete
  6. Aku udah lama banget ke sini mba. Dan senang waktu i tu bawa anak dan papa aku. Kayaknya tiga tahun yang lalu. Semoga masih terjaga baik deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bagus kok kondisi museumnya cukup terawat :) Iya mbak.

      Delete
  7. Aku udah sering banget ke t4 ini mbak, tiap kali ke KRB melipir kesini juga pasti, ntr kalau anakku udah agak gedean aku mau ajak kesini juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiiik :) Seru khan? Ntar anaknya gedean dikit bisa diajak yeyeye :D

      Delete
  8. Kalo ke Kebun Raya Bogor udah pernah 3x berkunjung tapi belum kalo ke ke Museum Zoologi. Semoga ada kesempatan berkunjung ke museum tersebut. Aku pribadi sebenarnya lebih senang wisata edukasi daripada wisata adventure, capek...takut badan yang gendut ini tiba-tiba kepleset jatuh pas mendaki bukit hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, boleh tuh dijadwalin kelar corona jangan lupa mampir ke Museum Zoologi.

      Delete
  9. Seru piknik ke Kebun Raya Bogor, aku sedang merayu suamiku nih, sepertinya belum mau. Tapi Alhamdulillah aku dan anakku pernah ke sana, seru banget, anakku betah melihat-lihat ikan, kerangka hewan apalagi ada kerangka ikan yang besar. Aku masih inget, padahal ke sana tahun 2014, setelah ke museum aku ajak anakku duudk duduk di rumput hijau, ya ALlah kangen banget ke KRB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar aja kalau sikon sudah aman dan kondusif :) KRB memang tempat rekreasi yang edukatif buat keluarga :) Kita bisa bersantai sejenak dari kepenatan dan hiruk-pikuk ibukota ya mbak.

      Delete
  10. Wah seru sekali yah. Sayang sekali saya belum pernah menyambangi Kebun Raya Bogor.

    ReplyDelete
  11. Waah, 15rb cukup muraah yaa mbak. Ditambah lagi, koleksi nya cukup lengkap. Sangat menarik, dan harga segitu sangat "wortid" 😀

    ReplyDelete
  12. jalan jalan ke kebun raya bogor ini emang paket komplit buat wisata edukatif ya mbak
    nggak hanya brlajar tumbuhan tapi bisa ke museum zoologi juga
    uda gitu murah meriah ya mbak

    ReplyDelete
  13. beberapa kali ke Kebun Raya belum ke Museum Zoologi...muter aja kerjanya haahah. Ternyata seru isi museumnya, edukatif dan banyak manfaatnya. Pas ini buat tempat liburan keluarga.
    Dan selalu suka kalau Mbak Nurul cerita..lengkap! Thanks yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, ga sempet masuk ke dalam museumnya? Hihihihi...ajak anak2, pasti mau. Iyaaa, sama2, semoga bermanfaat, Mb Dian :D

      Delete
  14. sering ke kebon raya bogor tapi blom pernah mampir ke museum zoologinya mba.
    waah jadi pingin ke sana ngajak dek paksi. pasti excited banget dia. ada kerangka paus biru dan binatang2 langka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajak seluruh anggota keluarga, bakalan suka hahaha :D Jangan lupa naik mobil wisatanya juga :)

      Delete
  15. Lengkap benar memang ke sini ya mba apalagi kalau bawa anak. Jadi semangat dan belajar bersama anak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, mbak. Nambah wawasan sekaligus refreshing.

      Delete
  16. awal 2018 aku ke sini mba, sama anakku, orangtua dan suamik, wah anakku happy berat masuk ke dalam museum zoologi Bogor. Banyak hal keren katanya yang bisa dia liat di sana, apalagi ada tulang belulang binatang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, seru yach. Ga serem kan? Hihihihihi :)

      Delete
  17. Ini selain buat liburan bisa banget buat edukasi nih. Jadi kita bisa mengenal hewan-hewan jaman dulu yang super-super wow. Bahkan ada badak yang beratnya sampai 2 ton. Amazing.

    Tiket masuknyanjuga murah banget, hanya Rp 15rb masuk ke KRB. Terus bisa keliling sepuasnya. Cakeeep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong. Banyak diorama hewan2 langka di museum ini. Siiiip, kapan2 diulang lagi ke Museum Zoologi deh.

      Delete
  18. Mba, penasaran dengan koleksi badaknya itu, asli atau replika mba? Mantap banget ya misal itu badak asli yang diawetkan.

    Takjub dengan paus biru euy, itu beratnya bisa sampai 119 ton. Wuidiih udah ngalah-ngalahin berat 1 container export penuh muatan yang ditarik tronton itu deh. Seru juga jalan-jalan ke sini sekaligus edukasi kepada anak yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Badak jantan berwarna hitam dan berukuran sangat besar itu adalah badak asli yang diawetkan.

      Delete
  19. Museum Zoologi ini apik banget buat hiburan dan edukasi anak ya tiketnya pun Murmer hehe jadi nggak mumet biarpun bawa rombongan bocah

    ReplyDelete
  20. Aku juga tertarik nih buat ngunjungin museum Zoologi ini. Kalau ke Bogor aku akan coba kesini deh, penasaran sama spesies dan ragam fauna jenis Piscesa ini hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiik, yuk, dijadwalkan kalau sikon sudah membaik :)

      Delete
  21. Aku belum pernah kesini mbaak, puas banget ya jadi banyak tau jenis fauna. Jadi pengen ke Bogor hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kesampaian kapan2 main ke Museum Zoologi.

      Delete
  22. keren banget ini museum zoologi. kalau bawa anak-anak pasti bermanfaat banget. aku baru ke museum rahmat galery di medan, punya ayahnya raline syah, sejenis museum zoologi juga

    ReplyDelete
  23. Anakku kalau diajak kesini pasti suka
    Apalagi memang senang baca baca buku ensiklopedi
    Bakalan dicocokan dengan apa yang dibacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi hiburan, liburan dan nambah ilmu pengetahuan tentang flora dan fauna.

      Delete
  24. murah banget, 15 ribu aja tiket masuk kebun raya termasuk juga museum zoologi. Banyak pengetahuan tentang satwa yang diperoleh di dalam museum. Tambah 25 ribu aja kalau pengen naik suttle bus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, serba terjangkau kan wisata natural di KRB :)

      Delete
  25. Ya ampun sekece ini cm 15rb aja masuknyaa. Kalo deket udah aku samperin nih. Sayangnya jauh pake banget. Udah lama gak jalan2. Heu

    ReplyDelete
  26. Kak Nuruul...barusan hari ini aku dapet link virtual jalan-jalan ke museum zoologi ITB.
    Dan anak-anakku seneng banget.
    Semoga kapan-kapan bisa ke Bogor dan menikmati koleksi Ikan di Museum Zoologi Bogor.

    Penasaran sama Ikan Jangilus, paus biru dan Ikan gergaji.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap, Mbak Lendy yeyeye :D Sip2 semoga bisa kesampaian mampir ke Museum Zoologi ya.

      Delete
  27. wah terakhir kesini pas SMP nih, kayanya makin cakep deh sekarang tempatnyaaaa.. mesti ngajak anak anak nih sekarang kalo kesiniiii.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lama bangeeed hihiihihi :) Iya, anak2 suka tuh.

      Delete
  28. Wah seru nih museumnya. Anak-anakku kalo ke Sana kayaknya exciting banget. Semoga kesampaian deh nanti abis pandemi main ke Sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. In sya allah bisa kapan2 main ke Museum Zoologi.

      Delete
  29. Seru banget rame-rame bareng keluarga berkunjung ke Museum gini ya.. Pengen banget mampir kesini juga kalo pas main ke Bogor..

    ReplyDelete
  30. Huwaaa, anakku bakal girang banget nih kalau diajak ke sini, Mba. Lihat aneka macam fosil yang ada, apalagi yang guede-guede, hihi. Kapaan pandemi ini kelar yaa, masukkin wishlist dulu deh, semoga ada kesempatan berkunjung.
    Oiya, Bandar Ikannya sama kaya yang di Ancol bukan ya Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya ya catet dulu, jadwalin buat kapan2 ajak anaknya ke sini. Rumah makannya beda 😁

      Delete
  31. Kerangka Ikan Paus Biru itu iconic sekali bagi musium ini.
    Semoga bisa dirawat selalu oleh pengelola sehingga tak putus jadi salah satu tujuan wisata edukasi Kota Hujan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, menjadi daya tarik tersendiri 😀😀 Semoga ya aamiin.

      Delete
  32. Baru tau doong ada fosil paus segede gaban gitu.
    Aku udah beberapa kali ke kebun raya, tapi belom pernah ke museum zoology. Nyesel :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha makanya take your time kalo kapan2 ke KRB jangan buru2 😂😂

      Delete
  33. Pernah kesini pas anak-anak kecil. Mereka antusias banget. Nah Juli 2020 kemarin juga pas ke Kebun Raya ajak anak-anak kesini. Tapi karena udah ABG kali ya. Jadi nggak mau masuk , males katanya. Hehehehe...Tapi seru loh jalan-jalan ke museum. Si ayah alias pak suami suka banget ke museum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya ya anak2 udah abg agak malas masuk ke museum. Mungkin sikonnya kurang gimanaaa gitu. Anak2ku sih mau aja malah antusias, apalagi udah lama banget 12 tahun lalu ke KRB hihihi :D

      Delete
  34. anak-anakku seneng banget mbak diajak ke sini. Seru gitu mereka liat tulang hewan-hewan dan lihat ternyata 1 hewan aja banyak jenisnya. Begitu liat tulang Paus biru apalagi, takjub banget karena ternyata gede banget yaa buat mereka.

    Walaupun tetep sih ada takutnya juga mereka, terutama kalau lagi asik lalu ternyata itnggal sendirian, langsung deh buru2 lari ngejar yang lain, ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa....kalau tau2 sendirian lagi nyimak.keterangan pada diorama trus ga ada orang lain, langsung ngibrit 🤣🤣

      Delete
  35. Ternyata di dalamnya bagus ya.. beberapa kali cuma lewat saja, lain kali pengen mampir ah..

    ReplyDelete
  36. Koleksi Museum Zoologi Bogor ini unik & menarik. Banyak hewan2 langka yg bisa ditonton di sana. Apalagi satu area dengan Kebun Raya Bogor. One day mau coba sendiri ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru deh masuk ke Museum Zoologi, mbak 😘😘

      Delete
  37. Anak-anakku tuh nggak bosan-bosan ke sini, selalu excited apalagi ada fosil ikan paus itu ya bikin mereka takjub kok bisa ada makhluk Segede itu...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa yach kayak amaziiiing lihatnya hehehe...😁😁

      Delete
  38. Anak-anakku tuh nggak bosan-bosan ke sini, selalu excited apalagi ada fosil ikan paus itu ya bikin mereka takjub kok bisa ada makhluk Segede itu...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mbak, nyenengin deh lihat koleksi fosil di Museum Zoologi Bogor.

      Delete
  39. Seruuu ya kalo ke Kebun Raya Bogor. Kangen banget jadinya sama Bogor :D Pernah ngajak anak-anak ke Museum Zoologi dan mereka paling suka sama yang kerangka paus besar itu mba. :D Yang cerita badak sedih banget ya... Zoologi bagus buat wisata edukasi cuma memang perlu lebih terdigitalisasi kali ya museumnya jadi bisa lebih interaktif sama pengunjungnya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biasanya kalau duluuuu, suka ada study tour dari sekolah2. Jadi makin seru beramai2 sama teman2 dan guru main ke museumnya.

      Delete
  40. Tahun gitu pas ke Bogor dua tahun lalu mpir ke sini ya. Seru banget bisa mengenal banyak hal ya di museum ini. Semoga setelah pandemi bisa mampir ke meseum zoologi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga 😊😊 Iya kan sekalian pas berada di KRB, gratis ini masuk museumnya hehehe.

      Delete
  41. Wah, seru sekali. Selain replika atau hewan yang diawetkan, di Museum Zoologi Bogir ini ada menampilan informasi secara digital (mungkin dengan animasi) yang bisa bikin pengunjung makin tertarik, nggak? Bangunan sih boleh tua, tapi klo ada yang modern di dalamnya kan jadi lebih keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuuu donk 😍 Iya ya bisa lebih kekinian kalau pakai animasi hehehe 😘

      Delete
  42. Beberapa kali ke KBR tapi gak sempet ke Museum Zoologinya karena udah kesorean plus kecapean keliling KBR. Next ke Bogor mending ke meseum zoologi dulu deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe maybe next time bisa jalan2 ke KRB lebih lama :D

      Delete
  43. Aku belum pernah, tapi kayaknya koleksinya mirip-mirip dengan Museum Geologi Bandung. Lho, shuttle bus-nya masih bayar toh, kirain gratis hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gituuuu hihihih...Kapan2 coba mampir Museum Zoologi Bogor, mas :D

      Delete
  44. Aku beneran baru tau ada museum ini di Bogor. Ke mana aja ya, padahal deket ke Bogor. Hiks. Abis pandemi deh rencanain ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiapppp hahaha :) IYa mbak, kelar pandemi dijadwalin ya mampir ke Museum Zoologi Bogor :D

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.