Tuesday, October 27, 2020

# info & tips # Review

Keuntungan Lanjut Kuliah Selepas SMA

Banyak yang bilang, masa SMA merupakan masa remaja yang begitu indah untuk dikenang. Segala kegiatan dan pertemanan yang tulus biasanya dimulai ketika kita berada di usia remaja ini. Setelah lulus SMA, ada tanggung jawab yang harus dipikul demi masa depan gemilang. Pilih menjadi mahasiswa di bangku kuliah atau bekerja, itu sih dikembalikan pada pribadi masing-masing.

 
Cara daftar online kuliah di STIH IBLAM GoKampus Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog

 
 
Buat kalian yang kepengen kuliah, kini proses pendaftarannya semakin mudah lho. Penasaran kan? Teman-teman bisa melihatnya pada program daftar online STIH IBLAM 2020 yang memberikan kemudahan bagi anak-anak muda yang telah menyelesaikan jenjang SMA dan ingin melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi. 

 

Program pendaftaran yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan seperti STIH IBLAM tersebut diharapkan dapat menjadi jalan bagi para generasi muda untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Diharapkan akan lahir generasi-generasi unggul dan terdidik di kemudian hari. Dengan demikian semangat belajar akan semakin berkobar demi tercapaikan cita-cita sesuai minat, bakat dan kesempatan. 

 

Kalian tentu ingin tahu, apa aja sih keuntungan yang bisa diperoleh ketika melanjutkan jenjang kuliah selepas lulus SMA? Yuk, kita simak bersama informasi selengkapnya berikut ini! 

 

Keuntungan Lanjut Kuliah 

Menambah ilmu pengetahuan

Tak dipungkiri lagi bahwa bangku perkuliahan merupakan sebuah samudera khazanah keilmuan yang teramat luas. Dengan melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi, nantinya akan dijumpai berbagai pengetahuan baru yang bermanfaat bagi pribadi maupun masyarakat di masa mendatang. 

 

Sarana memperoleh pekerjaan

Dapat dipastikan bahwa perguruan tinggi merupakan salah satu gerbang menuju dunia kerja yang ada. Gelar sarjana serta keilmuan yang diperoleh semasa belajar di perguruan tinggi nantinya merupakan sebuah nilai produktif yang dibutuhkan untuk pengembangan karir seorang individu ke depannya. Dengan ilmu dan keterampilan yang dimiliki oleh seseorang, maka peluang di dunia kerja akan mudah didapatkan. 

 

Mewujudkan impian

Tak sedikit generasi muda yang bermimpi memiliki pendidikan yang tinggi atau menjadi orang yang berilmu dan bermanfaat bagi orang lain. Melalui bangku perkuliahan, hal ini tentu menjadi jalan terbaik dalam rangka mewujudkan impian tersebut. 

 

Membangun nalar berpikir yang kritis

Kampus merupakan sarana bertukar pendapat dan opini yang berwawasan keilmuan. Perkuliahan mampu merangsang nalar berpikir kritis tiap individu jadi terasah dengan lebih baik. Tentu hal ini sungguh bermanfaat dalam membaca permasalahan yang terjadi di masyarakat, baik itu secara sosial, ekonomi dan budaya. 

 

Kegiatan Bermanfaat Ketika Kuliah 

Selain keuntungan yang diperoleh ketika kuliah tadi, ada beberapa kegiatan positif yang bisa kalian lakukan semasa kuliah. Apa saja itu? Mari kita simak informasinya di bawah ini. 

 

Mendapatkan beasiswa

Kegiatan yang satu ini dapat bermanfaat bagi kehidupan kalian ketika kuliah dan ketika memasuki dunia kerja. Sekarang ini informasi terkait daftar beasiswa terbaru 2020 banyak dijumpai di berbagai media digital yang dengan mudah diakses oleh para pengguna internet. Bukan tidak mungkin teman-teman bisa beruntung mengikuti program beasiswa tersebut dan memperoleh bantuan untuk biaya kuliah.  

 

Cara daftar online kuliah di STIH IBLAM GoKampus Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Dapatkan Beasiswa Hingga 100%
 

Cara daftar online kuliah di STIH IBLAM GoKampus Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Daftar Beasiswa
  

Mengikuti kursus

Untuk mengisi waktu luang ketika kuliah, kalian bisa mengikuti kursus yang diselenggarakan lembaga-lembaga pendidikan non formal sesuai dengan minat yang dimiliki. Kursus bermanfaat untuk mengembangan potensi diri baik itu keterampilan komunikasi dan sebagainya. Selain bahasa Inggris, kalian juga bisa mempelajari bahasa asing lainnya, misalnya dengan mengikuti kursus bahasa Korea, Cina, Arab, Jepang, Perancis dan lain-lain 😃

 

Mengikuti seminar/ workshop

Pada umumnya kampus-kampus sering mengadakan berbagai seminar. Hal tersebut merupakan kegiatan positif yang bisa kalian ikuti dalam rangka pengembangan nalar dan ilmu pengetahuan yang kamu miliki. Selain itu, sertifikat yang diperoleh setelah seminar nantinya dapat bermanfaat untuk dilampirkan saat melamar sebuah pekerjaan di sebuah perusahaan atau instansi tertentu. 

 

Cara daftar online kuliah di STIH IBLAM GoKampus Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Aplikasi GoKampus
 

Teman-teman, kini sudah tahu kan, informasi seputar keuntungan berkuliah? Bagi kalian yang ingin mengetahui informasi tentang kampus, langsung saja cek di aplikasi goKampus yuk! Di sana tersedia berita seputar kampus di Tanah Air yang dapat bermanfaat buat kalian semua. 

 

 

 

92 comments:

  1. yang jelas setelah SMA mumpung belum karatan otaknya jadi mending kalau ada dana langsung lanjut kuliah. begitu kata orang tua hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul3x, Mbak Untari :) Langsung cuuuuz kuliah aja dengan bidang yang diminati. Daftarnya gampang online aja kayak STIH Iblam ini :)

      Delete
  2. Setuju Mbak, lanjut kuliah punya banyak manfaat.
    Kalo misalnya terkendala dana, saat ini banyak program beasiswa kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi :) Betul, bisa cari beasiswa kan hemat. Makanya kudu pinter ya hehehe :D

      Delete
  3. Kalo memang ada dana dari orang tua untuk lanjut kuliah ya sebaiknya kuliah sih, karena menambah wawasan ilmu pengetahuan dan biasanya kalo lulusan kuliah agak mudah cari kerja dibandingkan lulusan SD.😂

    Kalo tidak ada dana, bisa juga cari beasiswa, terus biaya lainnya bisa sambil kerja sampingan misalnya jadi dropshiper.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuul, Mas Agus :) Jangan sampai sia-sia selama masih ada kesempatan dan rezeki yach, langsung lanjut kuliah aja. Syukur2 pintar, nilai2 memuaskan dan bisa dapat beasiswa :)

      Delete
    2. Iya mbak Nurul, siapa tahu nanti bisa dapat beasiswa dan lanjut S2 di luar negeri.😃

      Delete
    3. Iyaaa, Mas Agus. Aamiin :) :D

      Delete
  4. Wiih, asik dah jadi mahasiswa jaman now.
    Tersedia banyak banget beasiswa ya.
    Asalkan rajin, cermat dan ngga perlu males atau gengsi, insyaALLAH bisa kuliah dgn beasiswa juga ye kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi :D Makin banyak pilihan jurusan bidang studi yang sesuai minat dan bakat :) Bener bangets deh.

      Delete
  5. Aku dulu lulus SMA pengennya kerja mbak, tapi nggak diijinin sama ortu. Di suruh kuliah aja, katanya kalau sudah ngerasain dapat duit dari kerja, aku bakal malas belajar. Akhirnya langsung kuliah deh setelah lulus SMA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gituuuu :) Iya sih, lebih baik kuliah aja baru kerja hihihihi :D

      Delete
  6. Setuju banget sama artikelnya mba.. aku selalu ingat pesan orangtua aku, bahwa kejar cita-cita dengan belajar salah satunya lulus sma lanjut kuliah, agar nanti bisa jadi orang sukses.. begitu minta orangtuanya dan memang lulus sma lanjut kulit itu lebih menyenangkan belum ada beban dan enaknya cari duit hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, mbak Elly. Dikejar terus pendidikan meskipun jauh yaaa demi mencapai cita2 :)

      Delete
  7. Sepertinya anak saya yang pertama harus mulai lihat aplikasi ini. Insya Allah sebentar lagi kan dia kuliah. Siapa tau semakin membuka wawasannya

    ReplyDelete
  8. Bang Dio tahun depan nih jeng Nurul, udah mau masuk kuliah aja dan udah mulai pusing mau masuk jurusan apa dan di mana.

    Doain yaaa dan aku pastikan dia donlot aplikasi ini deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gituuu....semoga sukses ya mbak Tanti... Mantap Bang Dion nih :D

      Delete
  9. alhamdulillah aku termasuk yang melewati beberapa tantangan sampai akhirnya bisa kuliah mulus, sempat dapat beasiswa eh diputus tengah jalan padahal baru sampai 2 atau 3 semester tuh, trus terpaksa harus kerja dan nabung dulu supaya bisa kuliah lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah ya mbak. Berjuang banget demi pendidikan itu keren :)

      Delete
  10. Sekarang semua serba online ya. Daftar kuliah pun dipermudah dengan daftar online seperti ini.

    Ada Aplikasi Go Kampus juga ya . Ntar ah intip-intip aplikasinya meski anak kuliah masih lama..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul ") Met ceki2 deh. Sukses selalu :) Anakku kelas 10 sekarang hehehe...Ga terasa waktu berjalan.

      Delete
  11. huwaaa anaknya mbak Nurul udah gede-gede ya. Aku mikirnya masih ke masuk SD, heheh. Eh tapi bener sih memang bagus buat lanjut kuliah. Kalau ada rezeki langsung aja mumpung semangat belajar masih tinggi. Sekarang daftar kuliah bisa via online pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah remaja hehehe kelas 7 dan 10 :D Persiapan mesti dari sekarang cek2 aplikasi online buat daftar kuliah :D

      Delete
  12. Masa-masa yang paling membahagiakan itu pas kuliah menurutku karena disitu kita mulai membentuk akan menjadi apa kita nanti. Ah keren banget sih sekarang ini sudah ada GoKampus jadi memudahkan sekali ya untuk adik-adik mencari informasi seputar perkampusan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak :) Aplikasi GoKampus membantu banget buat calon mahasiswa yach :)

      Delete
  13. wah goKampus ini memudahkan untuk mendaftar kuliah ya mbak ...
    aplikasi yang pas banget untuk situasi sekarang ini

    ReplyDelete
  14. Bener... Kalo tamat SMA sih tujuannya emang kudu kuliah. Kalo SMK, mungkin boleh tidak kuliah, sebab smk emang dipersiapkan langsung jadi tenaga kerja.

    Tapi balik lagi ke masalah biaya, sih. Klo kita ga punya biaya, usahakan sekuat tenaga untuk kuliah di kampus negeri. Sebab di sana bisa gratis, ada yg namanya bidikmisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya sih langsung kuliah ya kelar SMA :) Bener banget, usaha semaksimal mungkin dapat kuliah di universitas negeri. Kalau ga bisa ya swasta juga ga apa2 sih semoga dimudahkan biayanya :)

      Delete
  15. Iya, bagusnya sih langsung lanjut ya, kalau memang mau langsung kerja bisa ikut kelas malam kuliahnya..jadi dapat ilmu, kerjaan juga jalan terus...

    ReplyDelete
  16. Manfaatnya bisa menambah pergaulan juga ya, karena teman-temannya biasanya dari berbagai daerah...

    ReplyDelete
  17. Penasaran kepanjangan IBLAM ini apa?
    Iya mbak alhamdulillah ya ada rezeki bisa kuliah. Sungguh bener2 kalau ada kesempatan kudu kita manfaatkan baik2 krn peluang utk dapat beasiswa, pekerjaan, networking dll sangat besar di kampus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM yang IBLAM nya ini memang namanya demikian, mbak. Bukan kepanjangan sepertinya, sudah searching2 hehehe :D

      Delete
  18. Saya dulu sempat ditawari berhenti dulu sama Ibuk, karena nggak ketrima di fakultas yang menjadi pilihan pertama. Tapi saya nekat aja ambil yang kedua, daripada keburu malas karena berhenti dulu. Ditambah kalau sudah kerja, wah saya takut makin malas karena udah keenakan megang duit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh gitu :) Alhamdulillaah terealisasi ya kuliahnya hingga kelar :)

      Delete
  19. Banyak juga ya beasiswanya, memang pandemi telah mengubah tatacara konvensional menjadi baru. Gak masalah yang penting dapat kampus keren dan ada tawaran beasiswa juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Serba online memudahkan kita sebenarnya sih :)

      Delete
  20. Selepas SMA baru berasa indahnya masa-masa itu. Dan awal kuliah merupakan hal yang cukup berat bagi saya karena meninggalkan kenangan masa SMA yang begitu berwarna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah, akan banyak kenangan masa remaja ya :)

      Delete
  21. Penting banget buat melanjutkan pendidikan..bisa dijalani sambil berbisnis juga...Apalagi kalo bisa dapet beasiswa..waw banget deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambil belajar disambi bekerja juga oke sih :)

      Delete
  22. selama masih ada kesempatan dan mampu belajar, pastinya memang sangat dianjurkan untuk kuliah ya, suatu saat akan berguna juga semua pengalaman

    ReplyDelete
  23. Kerangka berpikir ini memang mesti dilatih, gak bisa instan.
    Dan dengan kuliah di jurusan yang tepat, maka akan terlihat dan terbuka pemikiran seseorang terhadap sesuatu.
    Go Kampus keren abnget apps nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, mbak :) Kuliah sesuai minat dan bakat akan jauh lebih baik ke depannya :)

      Delete
  24. Kalau ada rezeki memang sebaiknya kuliah setelah lulus SMA di jurusan yang sesuai minat dan bakat. Atau sesuai dengan tujuan profesi. Karena emang banyak manfaat yang didapat di bangku kuliah.

    ReplyDelete
  25. Bener tuh mba, membangun nalar berpikir yang kritis ini penting. Kelebihan anak yang kuliah memang ini, diharapkan dengan begitu maka nantinya akan sanggup menerima tanggung jawab pekerjaan yang lebih berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's right :D Masih banyak tantangan hidup di luar sana :)

      Delete
  26. Benar jika sembari kuliah bisa ambil kursus bermanfaat untuk pengembangan potensi diri. Sehingga makin terlatih deh keterampilan komunikasi dan lainnya. Misalnya kursus bahasa yang kini wajib dimiliki karena dibutuhkan di dunia kerja. Seperti selain bahasa Inggris, juga bisa mempelajari bahasa asing lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, betul ituuuu :) Sembari kuliah bisa isi waktu dengan kursus pilihan yang dibutuhkan/disukai.

      Delete
  27. Kok seneng banget ya kalau bisa dpt beasiswa 100% gitu mbak. Jadi inget jaman2 perjuangan pas kuliah, tiap tahun ngajuin beasiswa, IPK harus stabil, harus katif kegiatan kampus, ribet pokoknya, tp seneng sih akhirnya bisa dpt beasiswa sampe lulus. Kalau ada beasiswa S2, boleh nih, biar udah emak2 tp semangat belajarku masih tinggi kok wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, keren banget mbak Ursula :D Iya ya prestasi kuliah harus dipertahankan kalo gitu. Mantap2, masih punya semangat tinggi, saluuuuttt!

      Delete
  28. Dulu abis sekolah SMP, aku menghilang setahun. Entah dulu mikir buat apa lanjut. Abis itu, lanjut SMA, terus berhenti lagi setahun hahahahah. Alhamdulillah akhirnya kuliah dan lulus. Kalau dipikir-pikir, daftar kuliah dulu emang lebih ribet. Kalau sekarang mah mudah banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooooh gitu, mas hihihihi. Ga apa2 yang penting happy ending ya lulus kuliah. Orangtua dan kita pun bahagia dan bangga :D

      Delete
  29. Aku sih dulu, mumpung otak masih terbiasa mikir, jd lgs kuliah aja mba :p. Kalo kelamaan nganggurnya, yg ada berasa sih jd LBH males. Itu kalo aku sih. Makanya sampe skr tamat S1, keterima kerja lgs, aku jd ga semangat S2. Udah keenakan cari duit. Dan kayaknya udh ga terlalu pengin belajar akademis gitu. Mnding pilih yg singkat kayak kursus :D. Padahal suami masih aja nyuruh aku utk lanjutin master, mumpung udh resign. Tapi ntr deh, emang udh ga tertarik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yach hehehe.... Kadang orang udah tau enaknya dapat duit hasil kerja sendiri tuh lama2 malas kuliah :) Apalagi udah capek. Meskipun mungkin bisa disambi kerja, butuh effort tinggi. Buat yang mau ambil S2 juga mesti pandai2 atur waktu. Yang penting semangat besar mbak hehehe :D

      Delete
  30. Wah, mencari apapun sekarang dipermudah dengan hadirnya berbagai aplikasi, ya. Termasuk goKampus ini. Lewat aplikasi ini bisa mencari informasi kampus seluruh Indonesia. Alhamdulillah, masih diberi kesempatan kuliah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali :) Silakan ceki2 aplikasi GoKampus :)

      Delete
  31. Selepas SMA dulu ya bercita-cita bisa kuliah, tapi apa daya biayanya gak ada jadinya memilih kerja ke luar negeri. dulu belum tahu gimana caranya cari info beasiswa seperti sekarang ini. sekarang banyak aplikasi yang menyajikan beragam info ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh gitu :) Iyas ih, sekarang makin banyak kesempatan dan tawaran beasiswa :)

      Delete
  32. dulu waktu aku kuliah ikutan daftar beasiswa dan alhamdulilah lolos juga, nggak nyangka
    sekarang ada aplikasi seputar dunia kampus ya, baru tau nih.
    jadi anak SMA bisa akses informasi dunia kampus melalui aplikasi ini, keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, keren mbak Ainun 😍😍 Bener banget, zaman now segalanya dimudahkan dengan adanya aplikasi semacam ini 😊

      Delete
  33. Alhamdulillah nih dengan adanya kemudahan untuk daftar online jadinya ini ngebantu banget ya mba. Mnurutku kuliah setelah lulus sekolah itu emang oke buat masa depan jadi banyak ilmu yang dipetik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting banget lulus SMA langsung terusin kuliah aja :D

      Delete
  34. Beruntung banget sekarang sudah dimudahkan dalam urusan perkuliahan, karena sudah ada pendaftaran jalur online ya kak.
    Jadi para calon mahasiswa gak dipusingkan dengan keribetan dalam mendaftar secara manual lagi.
    Beda banget dengan aku dulu beberapa tahun silam, mesti bolak balik kekampus dengan jarak tempuh yang cukup jauh dan untungnya lagi gak hujan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul :) Tinggal pilih jurusan kuliah yang diminati dan sesuai bakat, kira2 gitu yach :D Cukup daftar online melalui GoKampus aja :)

      Delete
  35. Dulu sempet kepikiran kuliah hukum, tapi ga sanggup membaca semua ayat dan Pasal perundang-undangan 😂😂

    ReplyDelete
  36. Kalau sekarang apapun serba online ya. Tapi enak sih, lebih praktis. Apalagi buat Generasi Z yang nggak mau ribet dan sangat lekat dengan dunia digital. Jadi cocok buat yang tertarik pengen ngambil hukum nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Yang penting ada niat kuat buat kuliah udah keren.

      Delete
  37. abis SMA trus kuliah itu memang bagus banget menurutku, mbaak.. asal berada di jurusan yang tepat dan punya rencana untuk masa depan :D

    ReplyDelete
  38. wah sekarang klo mau informasi seputar duniah kuliah gampang ya mbak
    tinggal buka goKampus saja

    ReplyDelete
  39. Keuntungan kuliah selesai sekolah jadi tambah belajar berorganisasi, public speaking di depan umum dan rata rata lowongan menerima lulusan S1 dan D3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mpo 😊 Mesti pandai bersosialisasi ya ga sekadar pintar...

      Delete
    2. Selepas SMA memang tak ada ruginya jika ingin melanjutkan kuliah bagi mereka yang mampu secara ekonomi. Karena pastinya banyak sekali manfaat yang bisa diambil salah satunya bertambahnya ilmu dan lebih mantap lagi jika ilmunya barokah

      Delete
    3. Bener banget, Mbak Dwi 😊😊 Selagi ada rezeki dan kesempatan, sebaiknya langsung kuliah aja ya.

      Delete
  40. Kuliah itu emang penting banget mba, dl awal masuk kuliah saya suka males2an hahaha. Krn di kampus ga cuma dpt pelajaran akademis aja tapi banyak pelajaran lain yang bisa didapat selama duduk di bangku kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. KUliah selain dapat ilmu pengetahuan dan wawasan, kita juga belajar bersosialisasi ya :D

      Delete
  41. Waaa, beasiswa sejumlah 20 juta per semester itu besar mbak. Bisa buat bayar biaya kuliah plus biaya hidup ya. Info ini sangat menarik, mudah-mudahan banyak anak-anak yang bisa mengakses beasiswa ini yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, mbak Ajeng 😊😊 Selagi ada kesempatan yach cuuuuzzz dicoba daftar kuliah dan beasiswanya.

      Delete
  42. Hallo mbak Nurul, terima kasih banyak. Tulisan ini sangat bermanfaat untuk murid saya. Sebagai wali kelas tamatan (SMA kelas XII) salah satu tugas saya adalah merekomendasikan kampus terbaik untuk murid - murid saya.

    Izin shere ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mas Martin 😊 Alhamdulillaah bisa bermanfaat yaaa 😍

      Delete
  43. Makanya demo banyak terjadi dikalangan mahasiswa karena mereka pikiran kritis terhadap pemerintah sebagai alat mengontrol jalannya pemerintahan.

    Kalau emak-emak baru kritis ketika harga sembako tidak turun turun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha mpo bisa aja nih, tapi bener kok wkwkw emak2 alam demo klu harga sembako turun, btw keren yah kampus nya, bisa jadi referensi nih buat adik

      Delete
    2. Kampusnya keren, Mbak Aihny :) Sip2 silakan ceki2 ya.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.