Sunday, July 05, 2020

# Jakarta # traveling & culinary

Asyiknya Bersepeda di Kebun Binatang Ragunan

Berwisata ke Kebun Binatang Ragunan merupakan hiburan rakyat yang murah meriah. Masyarakat dari pelbagai kalangan senang berkunjung ke kebun binatang untuk melihat beragam flora dan fauna yang memiliki koleksi 295 spesies dan 4040 spesimen. Kita juga bisa menikmati wahana permainan anak maupun dewasa, makan dengan menggelar tikar ala piknik keluarga, naik kereta mini dan bersepeda. Kali ini aku mau berbagi cerita tentang gowes santai di area Kebun Binatang Ragunan. Siapa hendak turut? 😍


bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianchi

Pada Hari Sabtu, 4 Juli 2020 si bungsu Fakhri dan papanya bersepeda di kebun binatang alias bonbin (Mestinya bunbin ya? Hehehe) 😂 Dadakan lho ini, soalnya Fakhri hanya memakai sandal jepit, bukan sepatu olahraga. Aku tahu karena dikabari via WhatsApp oleh suami. Ternyata mereka mereka sedang berada di depan pintu barat bonbin dekat Kavling Polri Kampung Kandang. 

Lagi pandemi virus corona yang entah kapan akan usai, mereka tetap menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker. Ketika sedang gowes, tentu pemakaian maskernya jangan terlalu kencang alias dilonggarkan. Pesepeda butuh oksigen kan, jadi jangan sampai pernapasan terganggu.

bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianch
Fakhri dan Papanya di Kebun Binatang Ragunan

Fakhri dan Aa Rahmad tiba di pintu Ragunan tersebut sekitar pukul 07.15 WIB. Di sana banyak orang yang bersiap masuk ke dalam bonbin. Pintunya sudah dibuka dan suamiku melihat beberapa orang berada di dalam area kebun binatang. Pukul 07.30 pengunjung diperbolehkan masuk. Anakku girang banget, pertama kalinya dia gowes di dalam Kebun Binatang Ragunan. 

Sekilas Tentang Kebun Binatang Ragunan 

Ragunan merupakan wisata kebun binatang yang dibuka pada tahun 1864 dan menjadi yang pertama di Indonesia. Selain melihat banyak satwa kita juga bisa relaksasi diri menikmati hutan tropis yang berisi kurang lebih 50.000 pepohonan. Kebun Binatang Ragunan (KBR) seluas 140 hektar ini menyediakan fasilitas publik seperti toilet, pedestrian untuk jalan kaki maupun jalan sepeda, mushola dan warung makanan

bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianchi
Taman Margasatwa Ragunan (Foto: Wikipedia)

bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianchi
Pintu Utama Kebun BInatang Ragunan (Foto: news.detik.com)
 
Beragam jenis hewan bisa dilihat di Kebun Binatang Ragunan seperti burung, mamalia, ular, unta, kuda, monyet, pokoknya banyak sekali deh. Teman-teman mesti berhati-hati ya, jangan berdiri terlalu dekat kandang. Terutama bagi kalian yang demen selfie, jangan sampai handphone kesayangan diambil siamang, hewan jenis kera yang cukup aktif bergerak 😄

Rasanya hampir semua orang pernah berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan. Eh, jangan-jangan ada yang belum pernah nih teman kita mampir ke tempat ini. Hayoooo….ngaku aja, ga apa-apa. Nanti kutemani ya! Oh ya, di Ragunan juga terdapat kompleks olahraga, sekolah atlet dan kolam renang ukuran olimpik. Pada jam-jam tertentu kolam renang tersebut digunakan oleh para atlet dan masyarakat umum. 

Lokasi dan Jam Operasional 

Taman Margasatwa Ragunan atau lebih dikenal dengan sebutan Kebun Binatang Ragunan (KBR) berada di Jalan Harsono R.M. No. 1 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12550 Indonesia. Jam operasional KBR adalah setiap Hari Selasa hingga Minggu pukul 07.30 sampai 16.00 WIB, sedangkan Senin kebun binatang ini tutup. Nomor telepon yang bisa dihubungi yaitu (021)78847114, Fax (021)7805280 dan email: ragunanzoo@jakarta.go.id 

Harga Tiket Masuk (HTM) Taman Margasatwa Ragunan

Tiket masuk Kebun Binatang Ragunan untuk dewasa yaitu Rp 4.000,- dan anak-anak seharga Rp3.000,-. Teman-teman mesti tahu nih, belakangan ini pihak Ragunan sudah menerapkan cara pembayaran baru yaitu menggunakan JakCard keluaran Bank DKI. Jadi bukan kertas karcis lagi yang diterima pengunjung sebagai tanda masuk Kebun Binatang Ragunan. Cateeeettt ya gaes! 😀

bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianchi
Loket Pembelian Tiket dan Pintu Masuk Kebun Binatang Ragunan (Foto: wego.co.id)

bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianch
Tarif Masuk Pengunjung, Parkir Kendaraan dan Fasilitas Wahana/ Fauna (Foto: Website ragunanzoo)

bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianch
Tarif Masuk Pusat Primata Schmutzer (Foto: Website ragunanzoo)

bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianch
Pembayaran Tiket Masuk Menggunakan Kartu JakCard Bank DKI (Foto: Website ragunanzoo)
 
Belum punya kartunya? Kalian bisa membelinya di loket masuk Ragunan dengan membayar Rp 30.000,-. Harga ini termasuk saldo kartu Rp 20.000,- dan biaya kartu Rp10.000,-. Satu kartu bisa digunakan beberapa orang sekaligus selama saldo masih cukup. Jangan takut rugi jika saldo kartu masih sisa banyak. JakCard ini bisa dipakai untuk naik Trans Jakarta atau naik ke atas Monas. 

bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianch
Di Pusat Primata Schmutzer

bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianchi
Kereta Mini Harimau (Foto: Website ragunanzoo)

Harga tiket masuk Ragunan Primata (Usia 3 tahun ke atas) untuk Hari Selasa hingga Jumat adalah Rp 6.000,- sedangkan Sabtu, Minggu dan libur nasional adalah Rp 7.500,- Jika ingin menikmati wahana permainan per satu kali putaran harganya bervariasi mulai Rp 2.500,- hingga Rp 18.000,- Ada Onta tunggang, kuda tunggang, taman satwa anak, kereta keliling, perahu angsa, kuda bendi, sepeda tunggal dan sepeda ganda. 

Asyiknya Bersepeda di Kebun Binatang Ragunan 

Berjalan-jalan di antara pepohonan rindang sambil bercengkrama dengan berbagai hewan sih biasa. Yang seru dan istimewa itu kita bisa gowes juga lho di dalam kebun binatangnya. Teman-teman bisa bersepeda di kebun binatang dengan membawa sepeda sendiri atau menyewanya. 

Waktu itu para kesayanganku ini mengayuh sepeda masing-masing. Fakhri pilih mengendarai sepeda Panasonic sedangkan papanya yang merk Bianchi. Yang Panasonic itu dibeli suamiku di tahun 1994, sudah lama banget ya. Untung ga dijual, ga sedikit teman-temannya berminat membeli sepeda ini. Kalau Bianchi dibeli dari orang yang katanya sih sudah bosan dengan sepedanya hihihihi.

bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianch
Di Depan Kolam Burung Pelikan

bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianch
Di Depan Kolam Burung Pelikan

Berkeliling berdua mulai dari pintu barat Ragunan, kolam burung pelikan hingga kandang burung, katanya sih seru banget. Apalagi waktu itu masih sepi pengunjungnya sehingga bisa lebih leluasa mengayuh sepedanya. Buat orangtua yang ingin mengajari anak bersepeda ya di sini bisa juga deh hehehe. Ditambah dengan berfoto-foto hahaha....itu aku yang suruh via WA supaya ada kenang-kenangan 😂😂
bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianch
Di Depan Kandang Burung
 
Bersepeda keliling Taman Margasatwa Ragunan akan lebih menyenangkan dibandingkan hanya berjalan kaki saja. Selain menikmati wahana permainan di kebun binatang, kita juga bisa menikmati alamnya yang begitu asri dengan bermacam-macam pepohonan. Ada sungai dan jalan-jalan yang jika dilalui cukup menguras tenaga karena banyak tanjakan dan turunannya. 

bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianch
Aa Rahmad di Depan Kandang Gajah

bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianch
Di Depan Kandang Jerapah

Sampailah mereka di depan kandang gajah, jerapah dan rusa  lalu berhenti sejenak menarik napas panjang. Ternyata capek juga bersepeda namun begitu menyenangkan. Melihat pemandangan hijau yang cukup menarik, tapi sayang sekali sepertinya jumlah satwa yang ada di tempat ini rupanya ga sebanyak dulu hhmm... 😔

bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianch
Di Depan Kandang Rusa
 
Ketika berkeliling menggunakan sepeda, perhatikan tiang penunjuk arah serta papan peta di dalam Kebun Binatang Ragunan. Mau lihat satwa apa dulu, mulai dari mamalia seperti beruang, harimau, gorila, orang utan; reptil seperti buaya, komodo, kura-kura; dan unggas seperti elang, merak, pelikan serta masih banyak berbagai jenis hewan lainnya. 

Penyewaan Sepeda di Kebun Binatang Ragunan 

Di Kebun Binatang Ragunan tersedia penyewaan sepeda dengan dua model sepeda yaitu sepeda tunggal (satu kayuh) dan sepeda ganda (dua kayuh). Untuk menyewa sepeda Rp. 10.000 (sepeda tunggal) per jam dan Rp. 15.000 (sepeda ganda). 

bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianchi
Penyewaan Sepeda di Kebun Binatang Ragunan (Foto: news.detik.com)

bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianchi
Tempat Sewa Sepeda (Foto: wego.co.id)
 
Keterlambatan pengembalian sepeda dihitung perlima belas menit, yaitu Rp 2.500,00. Selain membayar uang sewa di muka, petugas juga akan meminta kartu tanda pengenal sebagai jaminan peminjaman. Setelah transaksi selesai, sepeda sudah sah dipinjamkan. Ayo, gowes!

Jajan Pecel Sayuran 

Teman-teman ga perlu khawatir kalau kehausan dan kelaparan. Ketika lelah berkeliling lalu kepengen jajan camilan maupun makanan berat, ada solusinya! Di kebun binatang banyak orang berjualan di tempat tempat khusus seperti kios-kios yang sudah disediakan. 

bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianchi
Pecel Sayuran (Foto: travel.tribunnews.com)
 
Fakhri dan papanya paling demen beli pecel yang penyajiannya menggunakan piring rotan dilapisi kertas makanan berwarna cokelat dan daun pisang. Sebungkus pecel sayuran harganya Rp 15.000,- isinya gorengan, tauge, kacang panjang, kemangi, rempeyek, kacang dan mentimun.

bersepeda gowes di kebun binatang ragunan nurul sufitri travel lifestyle blogger panasonic bianchi
Siap Gowes di Depan Rumah 😃😃
Buat teman-teman yang hendak gowes di kebun binatang sebaiknya datang lebih pagi untuk menghindari kemacetan. Kita juga bakal bisa menghirup udara segar dan lebih leluasa bersepeda di Ragunan. 

Yuk, ajak keluarga, kerabat dan teman-teman kalian untuk mengunjungi Kebun Binatang Ragunan! Selain murah meriah, berwisata ke tempat ini juga akan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan tak akan pernah terlupakan 😃




80 comments:

  1. Wah, baca ini jadi kangen main ke Ragunan, mbak. Terakhir berkunjung kesana sekitar tahun 2009, udah lama banget hehe. Dulu setahu saya belum ada tempat penyewaan sepedanya, ternyata sekarang bisa liat2 satwa sambil sekalian gowes ya.. Enak banget. Kapan-kapan kalau ke Jakarta main kesana lagi, ah 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa hihihihi :D Udah lama juga tuh 2009 mah wkwkwkwk :) Makin ok sekarang fasilitas bonbin Ragunan. Lihat oemandangan flora dan fauna sambil bersepeda itu nyenengin bangeed.

      Delete
  2. Lama sekali saya tidak wisata ke ragunan
    Wah itu sewanya perjam ya. terlalu singat pastinya
    Sebab kalau saya kesana bisa berjam-jam untuk keliling ragunan
    Harga tiket masuknya masih murah juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 jam kurang banget ya hehehe, enaknya 3 jam sewa sepedanya sampai capek banget. Abis itu jajan deh. Iya masih murce HTM nya.

      Delete
  3. kalau bersepeda di tempat ini aku berani, akalu di jalan raya aku takut banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya. Tapi kudu pagiiiiii bun jangan kesiangan ya.

      Delete
  4. senangnya gowes ke kebun binatang, kalau aku sudah hampir 4 bulan tidak kemana mana, dan mendem aja dirumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiiiii :) Sesekali keluar rumah asalkan pagiiiii bisa sih heheh bismillaah.

      Delete
  5. Hohohooo, seru banget ya Maaakk
    Kece nih, kok bisa dapat ide buat sepedaan di BonBin
    Ntar aku ceki2 di BonBin Surabaya, kira2 bisa sepedaan juga atau kagak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuuuu :) Kapan2 aku juga mau ikutan gowes jadi berempat deh. Sip2 ceki2 dulu di bonbin Surabaya siapa tau bisa juga sepedaan di dalamnya.

      Delete
  6. wah ternyata usia kebun binatang ragunan udah ratusan tahun ya, dan harga tiket masuknya masih tetap murah. Memang cocok buat sarana berlibur masyarakat ya, apalagi kalau bisa bersepeda di dalamnya, nggak capek jalan kaki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa hihihihi udah luamaaa pisan ya usia bonbin Ragunan :) Selalu dan akan terus murah banget HTM nya, namanya juga rekreasi rakyat. Betul, yuk cobain gowes di bunbun!

      Delete
  7. Seru juga ya naik sepeda di Taman Margasatwa Ragunan. Dan nggak harus bawa sepeda sendiri karena ada yang menyewakan sepeda. Kalau ke sana nyoba ah, biar nggak pegel jalan muterin Ragunan yang besar itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Jadi pengunjung bunbin bisa sewa sepeda bisa yang single atau tandem. Met gowes ya mbak.

      Delete
  8. Katanya selama pandemi kalau mau ke sana harus daftar online. Ternyata boleh masuk tanpa daftar ya, Mbak? Asik juga nih sepedaan di sana karena suasananya masih rimbun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya begitu. Mungkin lihat sikon hehehe...kurang ngerti juga sih. Iya, suasana bersepda di bonbin tuh adem dan nyaman kalau pagi2 tapi ya :D Masih belum banyak orang.

      Delete
  9. Sudah rame ya bonbin Ragunan, Mbak. Rupanya harga tiket masuknya murah ya. Menyenankan kalau bisa ke bonbin, di kota saya gak ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan sih beum rame banget. Beberapa orang mulai bersepeda pagi2 di area bonbinnya hehehe :D

      Delete
  10. Mau ke Ragunan lagi tapi enggak gowes...dari rumahku di Joglo-Jakarta Barat jauh euyyy
    Mungkin di sana aja nyewa sepedanya ya. Pasti gowesnya bakalan terasa lebih segar,karena masih banyak pepohonan di sekitar. Aku suka beli pecel juga saat di Ragunan, mayan buat ganjel perut dan memang enak sih...Btw, merk sepedanya Bianchi , kayak sepeda anakku yang gede. Awet merk ini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya yak jauuuh pisan, mbak Dian :D Kapan2 ajah pas lagi mampir ke Jakarta Selatan deh. Wah, toss sama2 punya Bianchi. Iya, mayan buat ganjel perut mamam pecel sayuran aja. Minumnya bawa sendiri.

      Delete
  11. Jadi kangen main ke Kebun Binatang, aku dulu juga bawa anakku sambil olah raga dan pengenalan satwa ke dia. Sekarang jadi pengen sekalian sepedahan disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Asyik pokoknya ke bonbin bawa anak2. Naik sepeda muterin area flora dan fauna :)

      Delete
  12. Seru juga sepedaan dalam bonbin Ragunan. Gak sekadar wisata lihat hewan, bersepeda mengelilingi kawasan, sambil menghirup udara segar itu sangat menyehatkan jiwa raga. Kalau sudah ramai lagi nanti apa masih boleh bersepeda di dalam, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seruuu pokoknya gowes di Ragunan. Nah, ini kan PSBB dimulai lagi. Entah gimana kelanjutannya, boleh sepedaan atau ga di dalam area bonbin. Kita tunggu aja info terbarunya :D

      Delete
  13. enak banget mbak Nurul deken ya ke kebun binatang Ragunan. Di dalamnya bisa sih sewa ya sepeda kalau pas gak bawa. Aku terakhir ke sana berdua Alvin nih karena undangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya deket banget sih ga. Mayan lah hihihi, yang penting semangat :D Kapan2 mampir lagi mbak ke bonbin Ragunan hehehe.

      Delete
  14. baru tau kalo ke ragunan bisa naik sepeda... lumayan deket dari rumah pakmer hehehe... (dari rumahku juauh buangetss) jadi selama ini naik mobil aja terus jalan-jalan didalem hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe....Udah cukup lama juga kok, kita bisa bersepeda di kebun binatang :)

      Delete
  15. Aku udah lama banget ga ke ragunan. Kayaknya 4 atau lima tahun ya pas keluarga besar suami. Seru juga kalau bisa sepedaan nyantai tapi pas sepi gitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan udah lama juga ya :D Iya enak pagi2 gowes baareng keluarga di sini.

      Delete
  16. Dulu saya tinggal di Jagakarsa dan kalau lari pagi ya ke sekitaran Kebun Binatang Ragunan ini. Masuknya dari pintu dekat lapangan atletik dan SMA Ragunan. Duuh jadi kangen ke sini lagi apalagi ada persewaan sepeda jadi keliling-keliling nggak lekas capek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, iya ya...sekarang udah ga di Jagakarsa lagi hehehe :) Dekat tuh masuk dari pintu kolam renangnya. Kapan2 keliling2 lagi deh mbak ajak keluarga pasti suka.

      Delete
  17. Sepedaan di Ragunan emang cucok banget deh... saking luasnya ya.. haha kalo jalan kaki waahh gempor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiiiii.....gempor kalau jalan kai ngiterin area bonbin hahaha, mendingan sepedaan.

      Delete
  18. Tiket masuk ke Ragunan masih murah meriah pakai banget. Terakhir main ke Ragunan tahun 2019, naik Trans Jakarta. Jadi rindu, apalagi dulu juga sempat gelar tikar di sana dan makan pecel bareng keluarga.

    Dan kayaknya makin seru lagi kalau sepedaan begitu. Bisa uwuu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah selamanya kayaknya hahaha :D Zaman aku kecil doeloe pernah piknik gelar tiker hahaha seru bingis khaan?

      Delete
  19. Jalur ke ragunan itu memang macet parah. Sudah dua kali ke sana sama si kecil namun belum pernah sewa sepeda. Kalau ke sana lagi wajib keliling dengan sepeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu pagiiii sekalian kalau mau berkunjung ke Ragunan, mbak :D

      Delete
  20. Mbak Nurul...saya mengaku dengan sangat kalau belum pernah ke Ragunan (bilangnya dengan wajah melaz hahahaha).
    Hayo...kapan2 temeni ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...akhirnya ada yang ngaku hihihi :) Ga apa2 mbak. Tenang, nanti kutemani kapan2 ya kita piknik di bonbin sambil gowes :D

      Delete
  21. Mau deh ajak anak2 nih mesti pagi2 bnget ya Asyiknya gowess di Kebun Binatang Ragunan di antara pepohonan rindang sambil bercanda dengan terus ngliat berbagai hewan ngebayanginny udah happy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi hihihihihi..anak2 ga bosan deh ke bonbin. Padahal lihat hewan2 aja dan pohon2 ya, tapi mereka suka :D Apalagi bisa naik wahananya.

      Delete
  22. when i and my family visit Ragunan. My kidz very happy and comport at there for a long time. Every place and fauna we are see. Anda we are stay cation at Wisma Ragunan too. Its one of best moment in my family

    ReplyDelete
    Replies
    1. Really? I visited Ragunan Zoo many years ago with my kids and my maid also her family. What an awesome day :D

      Delete
  23. Lagi musimmmmm sepedaan.
    Aku gara2 ke ragunan jadi punya jakcad mak. Ya lumayan soalnya beberapa kali ke sana xixixi

    Rame juga ya lumayan . Tapi biasanya raguna lebih dan saaaangat rame

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hihihihih. AKu juga punya JakCard tapi sudah habis saldonya. Kapan2 mau ngisi lagi ah sekalian gowes di bonbin :)

      Delete
  24. Waah jadi kangen ke Ragunan. Bocilku balita udah kangen mau lihat hewan. Pandemi gini katanya anak anak belum boleh masuk. Sekarang udah boleh ya? Atau ada batasan usia anak - anak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang di berita tv udah ada info terbaru PSBB dilanjutkan kembali di Jakarta. Jadi kita tunggu aja kelanjutan infonya ya. Semoga anak2 dan keluarga bisa main lagi di bonbin jika suasana sudah kondusif.

      Delete
  25. Dulu rumah eyangku daerah deket situ mba, aku lupa-lupa ingat dulu pernah ke kebun binatang ragunan kayaknya. Tiap liburan sekolah plesiran ke rumah eyang di Jakarta dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, gitu. Enak ya rumah eyangnye deket bener smaa bonbin Ragunan hehehe.

      Delete
  26. Biking is indeed fun.. my hubby and Bo like to do it as well. As for me and Obi, we just walk around and watch..

    ReplyDelete
    Replies
    1. I like biking but I love swimming very much :D Next time I will bike also with my son and hubby :D

      Delete
  27. Aku blm pernah ke ragunan mba :D.ntah kenapa kalo Bonbin dari dulu ga begitu sreg. Mungkin Krn kebayang Ama bau2 nya yg aku ga begitu suka :D.

    Eh tapiiii itu aku kaget baca tiketnya.semurah ituu??? Itu apa cukup untuk biaya operasional Bonbin dan makan hewan2nya yaa :(? Apalagi sejak pandemi aku dgr jd sepi kan yaaa. Kasian sih kalo bayangin hewan2nya laper...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya ya baunya khas 😂 Emang dari doeloe tiketnya super murah, mbak. Aku juga ga habis pikir itu satwa2nya apa pernah kekenyangan? Cukup kenyang aja mungkin udah alhamdulillaah ya hehehe 😀😀

      Delete
  28. Seru ya gowes dengan anak gini. Apalagi lokasinya menarik banget nih kayak Ragunan. Bersepeda untuk menyehatkan badan bisa dilakukan sekaligus berwisata keluarga gitu kan yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuuuuu.... aku juga mau kapan2 gowes bareng 😊 Kemaren Fakhri cuma sama papanya aja hehehe.

      Delete
  29. Aku baru tahu di tempat ini ada penyewaan sepeda. Sepertinya bagi orang yang suka sepedaan pasti bakal tertarik untuk mencobanya. Rutenya juga tampak teduh dan menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocooook doong buat orang2 yg demen sepedaan. Di bonbin Ragunan kita bisa relaksasi..asal pagiiii ya pas masih sepi 😁

      Delete
  30. Duluu banget Ada 5 tahun yg lalu suka rajin ke Ragunan buat jogging , memang asik kalau pagi. Skrg udah jarang kesana Jadi kepikiran pengen kartunya deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lama juga yaaa 5 tahun lalau hihihi 😂 Iya mas, buat jogging juga enak di sini.

      Delete
  31. Baru sekali ke Ragunan bareng teman-teman pas tugas di Jakarta. Gempor juga kalo keliling jalan kaki. Untungnya ada kereta. Tapi lebih asyik sih sepedaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Mas Ahmadi mah maennya ke luar negeri terus hihihihi :) Jadi gimnana kesan berkunjung ke bonbin Ragunan? Enakan sepedaan kan ya heheh :D

      Delete
  32. Seru banget bersepeda sampai Bonbin. Kalau kami sekeluarga seringnya jalan santai. Jadi dari rumah jalan dulu sampai stasiun krl terdekat. BIsa sampai Pondok Kopi atau Buaran. Kemudian naik KRL smapai Bonbin. Naik jalan lagi sedikit kemudian sambung angkot. Nah di dalam bonbin itu kami jogging. Btw selama new normal ini banyak aturan baru yang akhirnya membuat kami belum bisa ke bonbin. Salah satunya karena masih punya balita. JAdi sabar dulu deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seruuuuu :) Berolahgara sambil cuci mata hahaha :D Sama jajan sekalian wkwkwkwkw. Oh, mbak Damar sukanya jalan santai ya hihih mantap juga loh. Nah ini dia aku juga lagi cari info ke depannya gimana pengunjung yang boleh masuk biasanya ada perubahan ketentuan ya sama seperti destinasi wisata lainnya di Jakarta :D

      Delete
  33. Ketika berada di Jakarta, saya malah belum pernah ke Ragunan. Selama ini ajak keluarga ke TMII. Setelah baca review ini, ternyata seru juga ya maen ke Ragunan. Biaya sewa sepedanya juga terjangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe ga apa2 Mas Taumy. Kapan2 pas mampir ke wilayah Ragunan bisa main ke bonbinnya :D Betul, harga sewa sepedanya terjangkau.

      Delete
  34. Serunya gowes di Ragunan. Aku semenjak pandemi ini benar-benar nggak pernah kemana-mana. Semoga bisa jalan-jalan lagi secepatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Biar relaksasi sepedaan di tempat yang rindang hehehe.

      Delete
  35. seru banget ya sepedaan ke ragunan, lupa terakhir ke ragunan kapan ya, udah lama banget. btw wah jadi makin kangen sepedaan niy, udha lama selama pandemi ini ga sepedaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ypi :D Hayuklah sepedaan rame2 pagi2 enaknya, mbak.

      Delete
  36. jadi pengen sepedaan juga, kemana gituuu. oia udah e ticket skrg mah ya, ga kayak dulu yang msih manual. Anak2ku belum pernah da yg kuajak ke kebun binatang ragunan, pernahnya ke kebun binatang bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk2 mb Tetty 😍 Kudu diajak kalo gitu anak2 kpn2 kalau suasana udh lbh aman.

      Delete
  37. Udah lama banget mba aku ga ke Kebun Binatang. Kayaknya udah 5 tahun lalu hehe. Smoga ntar agak aman dikit kondisinya aku ke sana ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, lama bener ya hihi... Betul2x tunggu aman dulu nanti bisa berkeliling di bonbin.

      Delete
  38. Manfaat sepeda banyak juga ya mba Aku masih sekitaran sini belum jauh2 mau Juga sesekali ajak keluarga gowes kekebun binatang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu 😊 Enaknya Sabtu atau Minggu pagi gowes di Ragunan nih.

      Delete
  39. kalo aku bersepeda mengelilingi perumahan-perumahan elite di kawasan Alam Sutra dan premier park nih mbaa, ke ragunan ini kayaknya patut dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, asik juga ya sepedaan muterin perumahan di sana :D

      Delete
  40. Menyenangkan ya Mbak main sepedaan di ragunan jadi nggak capek jalan kaki karena luas banget bonbinnya hehe..pengen ke sana lagi deh ajak bocah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu :) Iya, gowes sambil cuci mata lihatin binatang hehehe :D

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.