Friday, July 10, 2020

# Family's health # info & tips

Ini Dia Tips dan Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh Kita!

Belakangan ini olahraga sepeda semakin ramai dan digandrungi masyarakat Indonesia. Mulai anak kecil hingga dewasa, baik itu laki-laki maupun perempuan, semakin gemar gowes di mana-mana dan kapan aja. Ga hanya saat Car Free Day, orang-orang memanfaatkan bersepeda dengan rute di lingkungan alami terutama di jalan-jalan dekat tempat tinggal. Belum banyak yang memahami apa aja manfaatnya, walaupun sudah lama menyukai bersepeda. Siapa sudah tahu manfaat bersepeda bagi kesehatan? πŸ˜ƒ

tips dan manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh kita nurul sufitri travel lifestyle blogger



Coba deh bersepeda sendiri! Lakukan paling ga 2,5 jam seminggu atau 30 menit setiap hari tapi rutin ya. Yakinlah hal ini berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Mau semakin asyik gowesnya? Yuk, main-main dong ke bonbin Ragunan! Bersepeda di Kebun Binatang Ragunan itu menyenangkan lho. Mari simak bersama ulasanku yang bersumber dari laman alodokter, edaweb.id, hellosehat.com berikut ini. 

tips dan manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh kita nurul sufitri travel lifestyle blogger
Fakhri Bersepeda di Area Kebun Binatang Ragunan

Apa Saja Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh? 

Berolahraga sepeda memang membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Gowes membuat tubuh bergerak aktif. Tubuh yang aktif adalah salah satu syarat penting untuk menjaga kualitas kesehatan. Bersepeda sering dianggap sebagai olahraga santai, tapi ga sesepele itu, teman-teman. Berikut adalah beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh kita. Cekidot! 

Membakar Kalori 

Bersepeda tuh cocok banget buat kita yang ingin mengurangi berat badan. Otot-otot bergerak sehingga kalori dalam tubuh terbakar. Lumayan lho, daripada diet yang bisa menyiksa tubuh sendiri, mendingan bersepeda selama 1 jam bisa membakar sekitar 400 – 1.000 kalori. 

Mengurangi Nyeri Saat Haid 

Ada kalanya, sebagian perempuan mengalami nyeri di perutnya ketika sedang menstruasi, bahkan sama sekali ga bisa melakukan aktivitas. Bersepeda bisa membuat otot perut menjadi kencang jika dilakukan secara teratur, minimal satu kali dalam seminggu. Kencangnya otot ini dapat mengurangi risiko nyeri saat haid. 

Menguatkan Persedian 

Berdasarkan laporan Everyday Health, perempuan memiliki risiko 3 kali lebih rentan terkena arthritis dibandingkan laki-laki. Hal ini dikarenakan oleh faktor genetik, hormon, obesitas dan faktor biologis. Arthritis adalah peradangan pada sendi yang mengakibatkan sendi menjadi kaku hingga sulit untuk digerakkan.

tips dan manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh kita nurul sufitri travel lifestyle blogger
Posisi yang Tepat Saat Bersepeda (Foto: Instagram Serial Orthopedi)

Orang yang memiliki berat badan berlebih biasanya rentan terkena penyakit ini. Nah, oleh karena itu mari semakin giat bersepeda! Semakin lama waktu bersepeda, kalori yang terbakar juga semakin banyak. Tapi kalian kayuhnya pelan aja ya, jangan langsung cepat-cepat dan berjarak jauh. 

Meningkatkan Mood

Ga lelaki ga perempuan, yang namanya mood itu terkadang terjadi secara spontan. Jadi malas nulis lah, tiba-tiba sedih dan ga bersemangat gegara mendengar berita yang kurang baik dan sebagaainya. Gangguan kondisi mood termasuk ke dalam salah satu gangguan mental, yang mana akan mempengaruhi kehidupan penderitanya. 

Kesehatan mental kita akan tetap terjaga salah satunya dengan rajin bersepeda. Dengan gowes, darah dapat mengalir lebih lancar menuju otak. Pikiran jadi lebih rileks saat dan setelah bersepeda. Mood menjadi stabil dan meningkat sehingga kebahagiaan pun tercapai. 

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah 

Sebuah studi di Denmark menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara rutin akan terpelihara dari penyakit jantung di usia tua. Kita mungkin belum tua ya, muda belia atau menengah deh hehehe. Otot jantung akan semakin kuat begitu juga kadar lemak dalam darah akan berkurang dengan rajin bersepeda. Goweslah secara rutin supaya bisa merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

Mengurangi Risiko Kanker 

Mari kita pertahankan pola makan yang sehat dan bersepeda secara teratur! Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal. Manfaat bersepeda secara teratur juga dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara. 

Mengurangi Risiko Diabetes 

Buat kalian yang mager alias malas gerak, hati-hati lho. Kurangnya aktivitas fisik bisa menyebakan penyakit diabetes. Sebuah studi di Finlandia menunjukkan bahwa bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes. 

Mengurangi stres 

Berolahraga sepeda akan memproduksi hormone dopamine yang bisa meningkatkan rasa bahagia. Dengan demikian stress dapat berkurang, bahkan juga depresi yang dialami seseorang. Yuk, gowes bareng untuk menghalau tres! 😍

Tips Bersepeda dengan Aman 

Nah, teman-teman sudah tahu kan manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh? Sekarang kita harus paham juga hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai bersepeda, salah satunya adalah faktor keamanan. Yuk, simak bersama!

tips dan manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh kita nurul sufitri travel lifestyle blogger
Bersiap Gowes di Depan Rumah
tips dan manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh kita nurul sufitri travel lifestyle blogger
Koleksi Sepedaku

Periksa Sepeda yang Digunakan 

Ready gowes? Sebelum bersepedia ria, pastikan kita sudah cek ulang semua komponen dalam sepeda mulai rem, ban hingga kondisi ban. Jika ada salah satu bagian sepeda ga berfungsi, waaah bisa membuat risiko cedera tuh. 

Kenakan Pelindung Kepala, Siku dan Lutut 

Perhatikan kepala, sikut dan lutut kita. Ketiga bagian tubuh ini sangat rentan terluka jika jatuh. Ingat ya teman-teman, lindungi selalu tubuh kita agar efeknya ga terlalu fatal.

tips dan manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh kita nurul sufitri travel lifestyle blogger
Fakhri dan Papa Bersiap Gowes

Pastikan Terlihat 

Nah, terlihat di sini adalah tubuh kita bisa dilihat oleh pemakai kendaraan lain ketika sedang bersepaeda. Kadang-kadang kita sepedaan di jalanan umu atau dalam kondisi gelap. Hidupkan lampu sepeda dan kenakan baju yang berwarna terang atau yang berbahan glow in the dark. 

Jaga Sikap Berkendara 

Sebagai pesepeda yang baik, kita harus tetap memerhatikan pemakai jalan lain, baik pengguna kendaraan bermotor maupun pejalan kaki. Belakangan ini pemerintah sudah menyediakan fasilitas khusus pesepeda di sisi paling kiri jalan raya. Ga boleh tuh main serobot menggunakan lajur mobil atau motor sembarangan. 

Beri tanda kepada para penggunan jalan lain ketika kita akan berbelok kanan maupun kiri atau berhenti. Jangan sampai dadakan ya, bahaya sekali bagi semua pihak jika kita mengabaikannya. Patuhi peraturan rambu-rambu lalu lintas yang berlalu agar semua pengguna jalan aman, damai dan bahagia.

Naik Sepeda Onthel di Kawasan Kota Tua 

Kepengen lebih merasakan suasana Jakarta tempo doeloe? Teman-teman bisa sewa sepeda onthel mengelilingi bangunan bersejarah di kawasan Kota Tua. Kalau hanya muterin santai di dalam kompleks Kota Tua tepatnya di Museum Seni Rupa dan Keramik, harga sewa sepedanya kurang lebih 20 ribu per 30 menit.

Adalah Paguyuban Onthel Wisata Kota Tua yang memprakarsai usaha penyewaan sepeda onthel ini sejak tahun 2008, setelah mendapat restu dari Unit Pengelola (UP) Kota Tua yang berada di bawah Dinas Pariwisata Pemprov DKI Jakarta.

tips dan manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh kita nurul sufitri travel lifestyle blogger
Sewa Sepeda Onthel di Kota Tua Jakarta

Paket Rute Keliling Kota Tua dengan Sepeda Onthel

Paket ke1: Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bahari, Menara Syahbandar, Jembatan Kota Intan dan Toko Merah.
Paket ke-2: Gedung Chandra Naya, Vihara Dharma Bakti, Gereja The Fatimah, Vihara Tio Sio Gio, dan Pasar Tradisional Pecinan.
Paket ke-3: Kampung Arab Pekojan, Masjid Langgar Tinggi, Masjid An Nawier, Pasar Pagi dan Lama, serta Museum Bank Mandiri.

Biaya untuk paket-paket tersebut lebih kurang 75K-100K. Ada pemandu yang bakal mendampingi maksimal enam sepeda yang disewa. Lebih dari itu, pemandunya harus ditambah. 


Duuuh, semoga pandemi corona lekas berakhir. Kita ga tahan kepengen jalan-jalan lagi khaaaaan 😊Yuk, nikmati beragam manfaat bersepeda dimulai sejak kayuhan pertama! Jangan lupa bawa minum dan camilan yang lezat yach 😊 😍 😍




84 comments:

  1. Nih jujur aja aku trakhir naik sepeda itu pas SMP mba hahahahahaha... Dulu kalo ke sekolah juga sesekali naik sepeda. Naaah Krn udh lama ga nyentuh, aku ga tau sih apa msh bisa ato udh lupa caranya :D. Malah jd takut mau naik lagi hihihihi..

    Udh nikah gini ,sepeda ga adalagi. Suami jg ga terlalu suka sepedaan. Olahraga nya tenis meja . Makanya aku ga bisa juga mau belajar LG sepedaan :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuiiiiih limi bingiiits mbak Fanny hahaha :D Bisa lah yaw, pelan2 dicoba gowes. Yang penting bisa menjaga keseimbangan aja :D Ajak suami berolahraga sepeda pasti mau deh :D

      Delete
  2. makasih sharingnya. di rumah ada sepeda tapi tinggi jadi gak berani pakai, jd naik sepeda statis dulu di rumah nunggu dibeliin sepeda lipat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, bunda Tira. Kalau naik sepeda stastis di rumah pemandangannya kurang banyak bun hihihihihi :) Sip.

      Delete
  3. Kalau saya dari dulu mikirnya sepedahan bisa bikin tinggi. Soalnya pengen banget punya badan tinggiπŸ˜‚. Tapi sepedahan di tempat saya susah mbk, nggak bisa jauh-jauh, soalnya kalau makin jauh jalannya makin tinggi dan berkelok.

    Suka sebel juga kalau sore-sore udah gelap gitu ada yang sepedahan tapi nggak kelihatan. Kan bahaya ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya mbak? Hihihihihi :D Oh gitu, kayak di puncak ya jalanannya berkelok2? Iya bener tuh, kalau pas naik sepeda sebaiknya pakai baju yang berwarna terang dan menyala jadi diperhatikan pengendara lain di jalan :D

      Delete
  4. Bersepeda memang menyenangkan, apalagi kalau tidak diburu waktu. Bersepeda selain menyehatkan,juga bikin kita lebih bisa menikmati suasana yang kita lewati, bisa berhenti sejenak kapanpun dan dimanapun walaupun biaya membeli sepeda dan perlengkapannya juga tidak murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya :D Selain menyehatkan jiwa dan raga, kita jadi ga bosen. Enaknya bersepeda di tempat2 yang indah pemandangannya trus bisa jajan di jalan kan seru hehehe :D

      Delete
  5. Sekarang pada suka gowes tapi aku santuy aja ga ikutan. Paling sepedaan di rumah aja sih, muter-muter halaman. Kalaulau gak, biasa ambil pagi hari pas sepi buat turun ke jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Muterin rumah juga udah seru hihihih :D Abis subuh enak tuh masih sepi jadi lebih leluasa gowesnya.

      Delete
    2. Yaa yang penting sisi olahraganya sih ya.. mau. sepeda. mahal tapi gak enjoy pakenya ya. percuma donk

      Delete
  6. Iya, sekarang makin banyak orang-orang yang gowes ya, tetanggaku juga kalau pagi sekarang suka gowes tapi gak jauh2. Ternyata banyak manfaatnya ya bersepeda itu bagi kesehatan. Duh aku gak bisa, terakhir sepedaan mungkin waktu masih SD hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Anak bungsuku yang dari dulu demen gowes sama papanya. Sebelum ramai bersepeda ini, kami udah demen mengayuh cukup di sekitar Jagakarsa aja sih. Mayan ngurangin kalori hehehe :D

      Delete
  7. Aku juga suka banget itu naik sepeda onthel di kota tua, happy banget bawaannya, walopun lokasinya ga luas & kadang rame banget sama anak2 yg lari2an tp seneng aja, enjoy gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooooh...emang nyenengin kan ya..sepedanya tinggi gitu hihihihi.

      Delete
  8. Sepeda kembali digandrungi, harganya sepeda pun naik haha. Dalam hatiku berkata "untung sudah punya sepede" haha. Oh ya Mbak, kalau bersepeda sambil membonceng anak kira-kira aman nggak, ya? Haruskah anaknya dipakaikan pelindung kepala, siku dan lutut juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul wkwkwkwk :D Alhamdulillaah ya kita yang udah punya sepeda. Untung ga dijual hahaha. Jadi mehong sekarang, mbak :D Dikoleksi aja sampai punya banyak. Sebaiknya anak yang dibonceng pakai perlengkapan bersepeda juga mbak, biar aman.

      Delete
  9. Sekarang lagi ngetren ya bersepeda ini. Kalau main sepeda statis di dalam rumah apa manfaatnya sama dengan yang gowes di luar rumah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau manfaat ya sama namun pasti ada perbedaan kadarnya. Kalau sambil melihat pemandangan dan benar2 gowes kan ga cuma raga yang sehat tapi juga jiwa :)

      Delete
  10. Ngetrend bgt dah orang2 pd gowes.
    Semoga makin sehat dan bebas stres!
    Huehehehehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaks hihihihi : Aamiin. Yuk, mbak kita gowes bareng! Jajannya jangan kebanyakan ya wkwkwkw.

      Delete
  11. Kalo ke kota tua emang gak afdol ya kalo belum sewa sepeda onthel, sama topinya sekalian.wkwkwkwk.. jadi kangen kota tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di kota tua saya pernah sewa, lumayan ngos-ngosan juga

      Delete
  12. Replies
    1. Ga apa2 bagus juga itu kan bermanfaat ya :D Pokoknya hati bahagia hahaha :D Menyehatkan juga tentunya.

      Delete
  13. Kalo saya lebih suka naik sepeda kegunung cari susana seger. Bermanfaat untuk mengilangkan suntuj

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, keren amat bersepeda di gunung :D Iya dong pasti makin segar jiwa dan raga.

      Delete
  14. Aku tuh suka aja liat orang yang tetep rutin bersepeda di tengah banyak org lebih memilih kendaraan bermesin. Dan ga disangka pasca Pandemi dan masa PSBB malah kian banyak bersepeda bahkan kini bisa dibilang salah satu gaya hidup yg lagi di gandrungi. Manfaat dalam menjaga kesehatan pun sangat banyak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul :) Olahraga sepeda makin digandrungi (Penulisan 'di' dan 'gandrungi' disambung, mbak hehe) saat ini. Yuk, kita gowes rame2!

      Delete
  15. Sejak covid merebak dan kita harus tinggal di rumah, toko-toko sepeda diserbu pembeli. Sepeda bagus tapi harga terjangkau laris bak kacang goreng. Alhamdulillah rakyat Indonesia mulai sepedaan minded. Semoga saja seterusnya hingga berangkat kerja pun naik sepeda. Selain sehat, kalau di Jakarta kan juga bisa mengurangi kemacetan kendaraan bermotor :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah dalam musibah masih ada harapan menuju kehidupan yang lebih baik. Bersepeda kini makin marak ya dan menjadi gaya hidup yang keren :) Aamiin. Adikku malah BFW dari Jagakarsa ke dekat Pasaraya Blok M hebat kan gowesnya jauh hehehe.

      Delete
  16. Bersepeda sekarang menjadi gaya hidup sehat banget ya.. sampai sampai stock sepeda yang aku incer habis lho.. dan harus nunggu alias inden hehe.. manfaat bersepeda memang banyak banget, makanya aku juga suka bersepeda mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Wah, kudu lebih awal datang ke toko sepedanya hihihihi. Bisa juga beli sepeda secara online sih. Iya, manfaat bersepeda buanyaak sekali :D

      Delete
  17. Sejak pandemi ini, makin sering saya lihat orang bersepeda di pagi hari, makin banyak pula jumlahnya. Nggak ke sekolah/ke kantor membuat mereka jadi punya banyak waktu buat bersepeda. Biasanya sabtu minggu aja jalan depan rumah rame dengan pesepeda, sekarang tiap hari rame

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pesepeda makin bejibun. Mulai dekat rumah sampai jalan raya dan wilayah pegunungan dan pedesaan :) Seru banget kan yaaa. Senang deh :D

      Delete
  18. Awal-awal rajin sepedaan tuh tahun 2015 dan berasa banget perbedaannya. Kalau hari minggunya sepedaan pas hari Senin masuk kerja nggak ada ngantuknya. Badan berasa segar aja. Padahal sebelum itu jam 9 pagi aja udah menguap ngantuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, soalnya tubuh kita gerak terus dan tatapan mata ke depan melaju kencang hahaha :) Jadi makin semnagat beraktivitas deh.

      Delete
  19. Aku masih bisa enggak ya, sepedahan. Secara emang rada bermasalah ama keseimbangan. Terakhir nyoba beberapa tahun lalu. Dan gak sukses. Wkwkwk

    ReplyDelete
  20. i am ever cycling with my family at Kota Tua, and then is one of best moment we have in Jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sight seeing near Fatahillah Museum is the best moment also :)

      Delete
  21. Rame juga nih di Malang sepedaan. Tapi ku belom nyoba. Anakku yang udah sepedaan. Seru sih yaaa. Bikin sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mamahnya ikutan juga dong gowes bareng anak hehehe :)

      Delete
  22. Aku sudah lama pengen beli sepeda tapi takutnya hanya angin-anginan haha padahal asyik ya tempatku masih sejuk udaranya jadi nyaman untuk bersepeda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat koleksi aja mbak, kalau ga dipakai sepedanya kwkwkwkwkkwkwk :)

      Delete
  23. Harus terlihat kendaraan lain dan jaga sikap saat berkendara itu penting banget. Jujur aja suka sebel sama mereka-mereka yang bersepeda tapi menuhin jalan raya. Kan bahaya.

    Dan ya bener banget, bersepeda itu mengurangi stres. Karena kita bisa melihat dan merasakan hal-hal yang berbeda di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, betttuuull sekali :) Kudu kelihatan badan dan sepeda kita ketika gowes di jalan manapun. Bener, ngurangin stres ketika bersepeda karena melihat pemandangan yang menarik hati.

      Delete
  24. Karena kelamaan di rumah, begitu new normal gini orang jadi banyak yang mulai sepedaan. Semarang rame banget orang sepedaan, aku masih tetap seperti biasa memilih sepedaan di kompleks aja udah dapat 6 km. Dulu sebelum pandemi terbiasa sepedaan di kompleks, kalo hari minggu baru deh ke tempat yang lebih jauh. Sekarang ditahan dulu deh sepedaan jauh dari rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai dari yang dekat rumah aja dulu gowesnya, jangan jauh2. Sekuatnya aja dan cari tempat sepi supaya ga usah bermasker ketat. Bahaya kalau menghirup CO2 kan kita butuhnya O2 :)

      Delete
  25. Aku terakhir kyknya sepedaan ya di Kota Tua hehe, soalnya gak punya sepeda di rumah, yg ada sepeda anak2. Yg penting emang kenakan pelindung diri, trus jg makin berhati2 di masa kyk gini sepedaannya, pilih waktu jg kali ya mbak, yg sekiranya msh sepi serta di lokasi sepi. Enak tu di Ragunan kyknya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sekarang bisa ekanja sepeda hehehe :D Iya mesti pakai pelindung diri minimal helm wajib pakai, mbak. Iya kapan2 ke Ragunan aja.

      Delete
  26. Iya, kak..
    Manfaat bersepeda memang luar biasa selain bikin happy. Uda dibuktikan sendiri sama Ibukku yang kemarin sempat mengalami sakit sendi lutut. Pas ke dokter tulang, ternyata resepnya ada 2.
    Kalau gak disuntik rutin (sebulan sekali dengan biaya per-suntik Rp 1.5 jt) atau rutin bersepeda selama minimal 20 menit sehari.

    Alhamdulillah,
    Ibu menaglokasikan dananya untuk beli sepeda.
    Dan ketika periksa lagi, kata dokternya..."MashaAllah, hebat, Bu...ini sudah bagus lagi sendi di lututnya."
    Dan ini harus selalu rutin dilakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah ibunda tercinta sudah baikan ya kesehatan tulangnya. Memang mesti ikhtiar agar lekas sembuh ya. Sambil gowes jangan lupa kalau ada obat maupun vitamin harus diminum juga. Salam buat mamanya ya mbak Lendy.

      Delete
  27. manfaatnya memang banyak ya mba. Makanya suamiku seneng banget berdownhill ria dan menyukai MTB plus extreme tracks. Aku yang suka ngeri liat videonya. Plus sekarang lagi ngajarin anakku yang cowok hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Wah, keren amat suaminya nih hehehe. Butuh kekuatan tinggi nih kalau treknya ekstrim hehehe.

      Delete
  28. Bulan ini beli dua sepeda utk dua bocil. Memang sih ukuran sepeda si sulung bisa saya pakai. Tapi tetep aja jd mupeng beli dua lagi buat saya dan suami. Tapi kok ya masih sayang bujetnya hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, mantap :D Senang kan ya bergowes ria? Biasanya ada promo tuh, cieee makin sering beli sepeda nih :D

      Delete
  29. Bersepeda banyak banget ya manfaatnya...Bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja..Sebenarnya olahraga murah meriah ya...tapi dibikin mahal jadi kesannya olahraga yang wah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hehehe 😊😊 Yuk kita gowes bareng mbak.

      Delete
  30. lagi trend nih bersepeda. Sering juga bersepeda, tapi belum rutin. Gk ada temennya sih disini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti juga bisa punya teman dadakan yang sama2 hobi bersepeda hehehe :D

      Delete
  31. Sayangnya sepedaku dulu kutinggal di perumahan dosen waktu masih jadi dosen di Kalimantan
    Belum sempat dijual dan sekarang masih dijaga sama mantan mahasiswi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu. Beli lagi aja mbak hihihihi.... Biar makin bugar gowes2 deket rumah aja :)

      Delete
  32. Suami saya bilang bersepeda bisa bikin dia lebih semangat, senang ga gampang loyo mba. Rasanya tuh fresh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, jadi menambah semangat...bahagia pokoknya deh..ga suntuk lagi. Memang lelah...yg penting minum dan makan dipeehatikan juga 😊😊

      Delete
    2. Wah sama, suamiku pun bilang gitu..
      Makanya pas wiken dia selalu gowes..
      Refteshing katanya

      Delete
    3. Iya mbak, kudu rajin gowes hihiihi biar makin sehat :)

      Delete
  33. Aku pun senang banget bersepeda tapi sekarang justru uda jarang banget melakukan olahraga satu ini padahal sedang hits yah. Btw, aku nih juga sebagai perempuan yang sering merasakan nyeri saat haid ternyata salah satu manfaatnya mengencangkan otot perut yah mbak. Kayaknya aku akan mulai beli sepeda nih biar bisa rutin lagi melakukannya setiap weekend.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, dimulai aja dari sekarang bersepedanya. Lumayan kan siapa tau nyeri haidnya berkurang setelah gowes.

      Delete
  34. Saya lagi seneng bersepeda juga tapi masih belum berani ke jalan raya hehe masih takut, ternyata banyak sekali yah manfaat dari bersepeda ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi2 aja mbak biar udaranya masih segar dan ga begitu ramai :D Betul :D

      Delete
  35. Seger memang habis sepeda-an. Banyak manfaat pula ya...
    Anak-anakku dari dulu rutin di sekitar rumah aja, keliling komplek, biasa mereka sepeda-an sore. Kalau aku pagi gantian sama jalan pagi. Kalau sekarang ya pagi atau sore karena semua di rumah
    Belum sampai jauh-jauh sih, paling kalau jauh sewa di sana karena mobil belum dilengkapi pembawa sepeda bagian belakangnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, keliling sekitar rumah udah seru banget apalagi kalau jauh. Udah gitu jajannya pasti segambreng ya kan udah capek ngayuh wkwkwkw :D

      Delete
  36. Bersepeda pun bisa mengurangi ngeri haid ya.. Wah ini mah harus rutin daku lakukan. Kudu pompa lagi nih ban sepedanya biar SemangatCiee berolahraga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pompa ban sepedanya sekarang biar weekend nanti jadi bersepeda :D

      Delete
  37. Wah aku baru tahu kalo bisa mengatasi nyeri haid. Jadi makin semangat!kmrn stop sepedaan karena mikir berat badan udah aman. Tapi kalo haid aku sering meringkuk di kamar di hari 1-2 haha.. dicoba ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Met gowes mbak, semoga nyeri haidnya berkurang setelah berolahraga sepeda.

      Delete
  38. Aku udah lamaaaa banget gak bersepeda. Terakhir waktu SMP. Sekarang seringnya jalan kaki aja, soalnya gak punya sepeda :D Asik kayaknya kalo bisa nyewa sepeda kayak di Kota Tua gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, lama amat hihihihihi :D Iya enak banget gowes mengelilingi Kota Tua.

      Delete
  39. Bersepeda menjadi trend banget di masa pandemi ini ya. Termasuk yang paling banyak dibeli. Bahkan spare part juga. Kapan hari beli spare part dengan selisih 4 hari, naiknya lumayan.

    Btw, bersepeda memang banyak banget manfaat positifnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe yoi mbak, ga mo kalah sama harga emas πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  40. Lagi ngetren ini sepeda. Senang jika bersepeda dijadikan bagian gaya hidup sehat karena memang manfaatnya banyak banget ya.

    Kota Tua saya belum pernah ke sana. Kalau ke sana pengin coba tour dan bersepeda ah.

    OH ya, Pemalang sendiri kalau ngga salah adalah kota dengan penjualan sepeda tertinggi di Jawa Tengah. Tiap pagi, jalanan dipenuhi sepeda anak2 sekolah ataupun yang hendak pergi bekerja. Mall dan supermarket di Pemalang selalu menyediakan parkir khusus untuk sepeda. Semangat bersepeda!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh, begitu ya di Pemalang? Keren dong masyarakat di sana gemar bersepeda 😘😘

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.