Saturday, May 16, 2020

# recipe # traveling & culinary

Menu Buka Puasa Ramadan Favorit Keluarga di Rumah

Hai, teman-teman! Ketemu lagi sama aku yang demen jalan-jalan dan makan enak. Di bulan ramadan kalian masak apa aja untuk berbuka puasa? Suka ayam goreng, sop, daging fillet krispi? Aku mau berbagi cerita tentang menu favorit anak-anak dan suami yang paling sering dibuat di rumah alias ga ada bosennya hehehe. 

menu buka puasa ramadan favorit keluarga di rumah nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan kuliner

Belakangan ini terutama sejak hadirnya virus corona di Indonesia, aku jadi makin rajin bebikinan apa aja di dapur. Dibilang hobi sih ga juga ya, kan masak itu bagian dari tugas seorang isteri dan ibu yang kudu diasah terus-menerus supaya hasil olahannya makin maknyus. 

Ada banyak menu masakan harian yang sering aku bikin, meskipun Aa Rahmad pernah bilang rasa masakanku kurang konsisten, kadang enak kadang kurang enak hahaha. Ah, yang penting aku sudah berusaha yang terbaik ya. Ga pakai ditakar segala atau ditimbang sekian gram atau apalah, kurasa feeling aja cukup hihihi 😂

Kata suamiku, kalau masakanku lagi enak beneran, dia pasti bilang,”Wah, ini enak banget. Aku suka..aku suka..mau tambah lagi. Besok bikin kayak gini lagi ya, jangan yang lain wkwkwkwkwk”. Jadi, teman-teman kepo nih masakan apa yang paling sering kubuat di rumah? Ini dia….taraaaaa! 

Menu Buka Puasa Ramadan Favorit Keluarga di Rumah 

Sayur Sop 

Sepertinya sayur sop ini menu kesukaan keluarga yang sering aku masak. Ada variasinya loh biar ga bosan. Kadang sop sayuran pakai bakso aja, kadang daging sapi asli (bukan tetelan ya karena aku ga doyan), pernah juga komplit semua. Mesti ada kentang, wortel, buncis, kol, daging sapi, bakso sapi, daun bawang, seledri dan terkadang pakai makaroni juga.

menu buka puasa ramadan favorit keluarga di rumah nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan kuliner
Sop Bakso

menu buka puasa ramadan favorit keluarga di rumah nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan kuliner
Sup Makaroni Tahu


menu buka puasa ramadan favorit keluarga di rumah nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan kuliner
Sop Bakso dan Menu Buka Puasa Lainnya
  
Bumbunya harus ada bawang putih terutama yang dominan, ditambah bawang merah, garam, irisan tomat, merica bubuk. Semua ini ditumis di wajan dengan minyak goreng secukupnya hingga tercampur rata dan wanginya ke mana-mana. Nanti bumbu ini dimasukkan ke dalam rebusan bahan-bahan sop lainnya di panci.

Oh ya, yang diceburin duluan ke dalam panci berisi air tuh daging sapinya. Jika sudah ¾ matang nyusul deh wortel, kentang dan lainnya. Jangan lupa taburi bawang goreng dan daun bawang saat siap disantap. Malah aku suka masukkan semuanya, jadi ketika mau makan isinya sudah lengkap semua. Mudah, bukan? 😍

Sayur Asam 

Gampang banget masak sayur asam, apalagi kalau lagi malas ngulek, pakai aja ‘Bumbu Racik Sayur Asam’ hihihihi. Pakai panci ukuran kecil atau sedang, cukup gunakan 1-2 sachet sesuai selera. Kalau aku sih selalu siapkan buah asam asli belinya di warung, karena kalau bumbu instan aja rasa masamnya agak kurang.

menu buka puasa ramadan favorit keluarga di rumah nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan kuliner
Sayur Asam
menu buka puasa ramadan favorit keluarga di rumah nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan kuliner
Sayur Asam dan Menu Buka Puasa Lainnya

Bahannya ada jagung manis, kacang panjang, nangka muda, buah dan daun melinjo, labu siam, kacang tanah. Untuk bumbu alami siapkan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, tomat, garam dan sedikit gula pasir. 

Ditumis dulu bumbunya hingga harum setelah itu tuangkan ke dalam panci berisi bahan sayurannya. Oh iya, masukkan juga terasi yang sudah disangrai, ya teman-teman. Bahaya kalau sampai kelupaan hihihi rasanya bakalan kuran enak deh.

Capcay Goreng

Masakan yang satu ini adalah menu makan siang dan malam kesukaan mamahku juga lho. Mau makan di rumah, warung makan atau restoran, beliau hampir selalu pesan capcay goreng atau kuah. Sepiring capcay dimakan sendirian cukup bikin perut kenyang, bahkan jika tanpa nasi sekalipun.

menu buka puasa ramadan favorit keluarga di rumah nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan kuliner
Capcay Goreng Pedas

menu buka puasa ramadan favorit keluarga di rumah nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan kuliner
Capcay Kembang Kol

menu buka puasa ramadan favorit keluarga di rumah nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan kuliner
Capcay Baby Corn
 
Bahan utama capcay goreng hampir sama dengan bahan sayur sop. Kalau untuk capcay biasanya aku tambahkan udang misalnya 1/4 kg, baby corn dan jamur tiram putih atau jenis jamur lainnya. Wangi udang yang ditumis bersama irisan bawang bombay dan bawang putih juga merica bubuk akan menambah selera makan kita, gaes. 

Dada Ayam Fillet Asam Manis 

Aku suka beli dada ayam fillet di Prima Fresh Mart yang letaknya ga gauh dari rumah. Harga per bungkus yang berat bersihnya 1 kg sekitar Rp 55.000,- dan segini bisa 2-3 kali masak loh. Jangan lupa siapkan tepung bumbu ayam krispi instan rasa pedas, keju atau lada hitam.

menu buka puasa ramadan favorit keluarga di rumah nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan kuliner
Dada Ayam Fillet Asam Manis

menu buka puasa ramadan favorit keluarga di rumah nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan kuliner
Dada Ayam Fillet Asam Manis dan Menu Buka Puasa Lainnya
 
Kayaknya cara membuatnya hampir semua orang bisa dan biasa bikin deh. Daging ayamnya dicelup ke tepung basah terlebih dahulu kemudian ke tepung kering, jadi ada 2 wadah/ mangkok. Apinya sedang aja cenderung kecil, supaya matangnya merata. 

Cara membuat saus asam manisnya mudah sekali kok. Kuncinya adalah bawang bombay! Cukup 1 siung aja diiris tipis kemudian bawang putih secukupnya. Siapkan saus tomat, saus pedas, buah tomat asli, irisan daun bawang dan jika suka boleh tambahkan potongan cabai rawit dan cabai merah jumbo. 

Ikan Dori dan Tilapia Krispi 

Cara menggoreng kedua jenis ikan fillet ini sama dengan ayam fillet di atas ya. Sebagai ilustrasi, perbandingan harga ikan dori fillet dengan tilapia itu 2:1 ya. Jika di Prima Fresh Mart aku beli ½ kg tilapia yang harganya misal 60 ribuan, maka dengan harga segitu kita bisa mendapatkan 1 kg dori fillet. Lumayan banget perbedaannya kan? 😀

menu buka puasa ramadan favorit keluarga di rumah nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan kuliner
Tilapia Krispi

menu buka puasa ramadan favorit keluarga di rumah nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan kuliner
Dori Krispi Cabai

menu buka puasa ramadan favorit keluarga di rumah nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan kuliner
Tilapia Pedas Krispi

Tilapia adalah ikan nila merah tanpa tulang, lembut, ga amis, ada izin BPOM dan label halal MUI-nya. Sebagai variasi kita bisa taburi irisan cabai rawit orens jika suka atau dicocol saus pedas biasa.. Ditumis dengan irisan buah nanan juga enak lho dan memjadi request teteh Rafa dan ayang Fakhri hehehe. Sajikan selagi hangat dan enaknya sih langsung disantap ya. 

Ayam Goreng Bumbu Kuning 

Ini dia masakan yang sesungguhnya menjadi menu andalan yang hampir setiap hari ready di rumah, terutama ungkebannya. Sekali masak ungkeb ayam bisa 1-3 ekor hihihi. Ga percaya? Kami berempat sangat suka makan daging ayam. Apalagi sejak aku dan suami mengurangi asupan karbohidrat, makan ayamnya makin lahap wkwkwkwk 😍

menu buka puasa ramadan favorit keluarga di rumah nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan kuliner
Ayam Ungkeb Bumbu Kuning

menu buka puasa ramadan favorit keluarga di rumah nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan kuliner
Ayam Goreng Sambal Merah dan Menu Buka Puasa Lainnya

Nah, menikmati ayam goreng bumbu kuning dan diberi variasi bumbu lain itu adalah solusi paling cepat dan tepat. Biasanya aku lebih cocok menggunakan bumbu alami yang diblender atau beli di warung sayuran. Daun jeruk, sereh, daun salam jangan sampai kelupaan dimasukkan ketika proses ungkeb ayam berlangsung, supaya daging ayamnya harum dan enak rasanya.

Ah, jadi ingat saat menikmati Al Baik Fried Chicken ketika beribadah umroh di Tanah Suci tahun lalu. Aroma ayam khas Arab yang tiada duanya ini begitu membekas di hati. Pokoknya ayam dimasak apa aja aku pasti suka deh 😂

Teman-teman ada yang mau toss sama aku? Menu buka puasa mana yang paling sering kalian buat di rumah? Hebat banget kalau dalam sehari bisa masak semuanya hehehe. Yuk, balik lagi ke dapur! Kira-kira hari ini mau masak apa? Wassalam. 




64 comments:

  1. Ya ampun, semua menunya bikin ngiler. Luar biasa emang yaaaa ibu rumah tangga. Penasaran sama rasa asam Manisnya 😍👏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah mas 😘😘 Pas kalau lagi enak, masakanku.langsung ludes. Kalau lagi kurang garam misalnya, ya tinggal tambahin aja garamnya wkwkwkwkwk. Sini, mampir aja 😊

      Delete
  2. Melihat dada ayam fillet asam manis itu bikin perut saya lapar. Pasti enak banget tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak, kan tanpa tulang jadi utuh daging ayam dada semua 😍 Beneran enak, anak2ku doyan banget.

      Delete
  3. Halus banget bahasanya "masakannya kurang konsisten" tapi kayanya kok enak2 aja ya kalo diliat dari foto 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha yoi mbak. Suamiku kan suka jadi jurinya. Kalau pas masakanku enak banget, dia minta dibikin itu lagi besoknya. Kalau lagi kurang enak, ganti tema aja 🤣🤣

      Delete
  4. Wihhh jago banget masaknya, ada masakan kesukaan aku pula disaanaaa aaa bikin ngiler abis deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi makasiiih mas 😊😁 Ah, ga jago kok, cuma bisa aja karena terbiasa.

      Delete
    2. Maaf 🤭, kayaknya ada huruf yang kurang di komentar diatas tuh 🙈

      Delete
    3. Yang manakah itu, Mas Hino? Wkwkwkwkwkwk :D Mau nimbrung makan di rumahku? Yuk!

      Delete
    4. Penasaran juga, huruf apa yang kurang ya? 😅

      Delete
    5. Perasaan ga ada yang kurang wkwkwkwk :D

      Delete
  5. Jadi ibu rumah tangga harus pintar bikin masakan. Menunya di sini cukup sederhana dan mudah dibuat ya. Takaran bumbu biasanya pakai filling aja ya he, he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Meskipun mungkin awalnya kurang oke, lama2 terasah ya hehehe.

      Delete
  6. Dari semua menu itu, sepertinya ikan dori dan tilapia itu yang belum aku cicipi, tapi sebenarnya kurang suka ikan laut sih, suka gatal gatal kalo habis makan. Apa ini alergi mbak?

    Btw, itu ikan dori yang ada di anime finding dori apa bukan?

    Minal aidzin wal Faidzin mbak, mohon maaf lahir dan batin, maaf banyak salah selama ini dalam komentar.🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk cobain dong, Mas Agus. Beli di supermarket aja atau toko khusus gituuuh :D Iya bener, dori di film hehehe :D Iya bisa jadi alergi ikan laut wkwkwkwkwk. Mohon maaf lahir batin juga ya.

      Delete
    2. Iya, biasanya dompet saya gatal gatal kalo habis beli ikan laut karena cepat tipis isinya.😂

      Kalo saya palingan nyoba nya ikan kembung atau ikan lele, tapi seringnya istri masak sayur asem plus sambel terasi.😋

      Delete
    3. Hahaha bisa aja Mas AGus ini :D Ikan kembung enak banget itu :) Paka sambal terasi dan tahu Bandung makin nikmat hihihihi.

      Delete
  7. Eunak-uenak semuaaah ..
    Yang bikin salfok, itu kok porsi masaknya banyak banget yaaa ...
    Hehehe 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa hihihihi siniiii mampir! Emang kita doyan makan jadi kudu bikin buanyak hahaha :D

      Delete
  8. Mbak, ini seperti masakan di restauran wkwkw. Tampilannya bikin ngiler. Sayur asam aja tu tapi lengkap banget isiannya, dan menggoda dilihat hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuuh, aku jadi tersanjung hahaha 😂 Makasih mbak Anik 😍😍 Iya..emang kudu lengkap kalo masak 😘

      Delete
  9. yang udah lebaran sekarang mba, masih kepengen ahaha. enakk banget liatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwwkwkkw.... masakan sehari2 ini mah gampang bikinnya kok 😍

      Delete
  10. Menu yang paling sering aku buat itu sayur sop bun hahaha. Gampang, praktis, dan cepet. Soalnya aku ga suka masak yang ribet-ribet. Cuma sejak WFH, suami aku yang masak. Klo dia yang masak, masakannya suka macem-macem. Dari cumi saos padang sampai rendang. Aku bagian yang cuci piringnya ama makannya hahaha 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sop gampang bikinnya tinggal cemplung2in. Yang penting bahan2nya udah dicuci dan dipotong2 ya bun :D Hahaha suami siaga rajin masak namanya.

      Delete
  11. Jadi ngidam capcay, Mbak...apalagi yang sayurnya masih seger dan nggak terlalu mateng gitu. Masih berasa tekstur kres-kresnya...hihi. BTW, semua menunya kelihatan enak banget! Di rumah nggak seberagam itu menunya pas ramadhan bahkan sampai sekarang... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, enaknya 3/4 matang ya capcay tuh. Khusus di bulan ramadan aja aku masak banyak gini wkwkwkwk :D

      Delete
  12. Samaaaa...aku juga suka beli daging ayam di Prima Fresh Mart depan kompleks. Aku kalo keluar rumah kan biasanya udah siang. Lapak tukang ayam potong (langsung motong di situ) udah tutup. Jadilah ke Prima yang ayamnya beku segar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, toss mbak Tri :D Emang sih berat ayamnya 1 kg doang tapi lumayan ya sekali beli bisa 2-3 ekor lah hihihihi :D

      Delete
  13. Wah, makannya lengkap banget, Mbak. Saya tipe yang kalau masak cuman sediain satu atau dua masakan saja. Sesimpel itu karena bisanya masak maskaan sederhana aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, biar semangat buka puasanya hihihihi :D

      Delete
  14. Duh, foto menu-menunya langsung bikin perut saya bunyi mba, hehehe. Jadi inget udah lama enggak makan ikan dori 😄

    ReplyDelete
  15. Masakannya tampak sedap, ya. Sayur sop emang andalan deh, kalau bingung mau masak apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget :) Sop andalan kita paling mudah :D

      Delete
  16. Wah jadi inget waktu anak anakku masih kecil, menunya persis sama dengan di atas
    Kecuali tilafia
    Karena anak anakku suka fried chicken, daripada beli, bikin sendiri dari fillet ayam 😀😀😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yaaa? Tilapia enak mbak hihihi coba deh kapan2.

      Delete
  17. Tilapia aku belum pernah nyoba, etapi tempat belanjanya sama loh. Aku juga suka beli di Prima Freshmart, karena bersih dan bisa minta ayam nya dipotong-potong. Fotonya sukses bikin ngiler semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak deh, cobain mbak. Toss yuk samaan belanja di Prima :D Sip, thanks mbak Wati.

      Delete
  18. Kalau makan pake sayur asem, aku pasti lahaaaaap banget deh. Seger! Apalagi pake sambel + tempe goreng. Mantaap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayur asem juga gampang tinggal cebur2in bahannya hahaha :) Pake bumbu racik aja udah enak.

      Delete
  19. Maa syaa Allaah menu-menu sayurannya juga favorit saya banget nih apalagi capcay. Jadi ngiler liat masakan mbak Nurul ini untung sudah nggak bulan puasa saya liat post ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak alhamdulillaah pas mau masak aja hahaha :)

      Delete
  20. Menu buka puasa nya enak2 semua njh mba, bikin pengen cepet2 buka deh UPS hehehhe.. kalau aku belum pernah nih tilapia dan ikan dori. Susah ditempat ku. Eh kalau di super market ada yah mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada biasanya dori dan tilapia di supermarket. Yuk coba bikin, enak deh :)

      Delete
  21. Wah senangnya jadi makin semangat masak. Mba, aku udah nyoba kan pakai bumbu sayyur asem tapi entah kenapa belum berhasil. Padahal udah pakai bumbu racik plus masih nambah gula, garam, asem juga. Emag aku tuh ga pede masak sayur asem :(

    Semangat ya kalau kita masak trus kluarga makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :D Ah, masa sih? Enak loh bumbu racik sayur asemnya. Memang sih aku juga nambahin bumbu alami :) Semangaaaatt bangets.

      Delete
  22. Mba hebat banget itu masak semua sendiri? Aku sih paling 1 protein 1 sayur udah itu aja udah capek :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe alhamdulillah belajar dikit2 aja mbak. Yang penting hasil masakanku dimakan sama anak2 dan suami :D

      Delete
  23. Mantap banget menu-menunya, enak-enak, hampir sama dengan menu masakan aku, tapi ini lebih banyak. Sayur sop dan ayam goreng jadi favorit anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss kalo gitu hehehe :) IStimewa kan buat buka puasa :D

      Delete
  24. Ya ampun mbak, menunya enak2 semua. Jadi ngiler nih. Saya jg doyan banget sayur sop, apalagi ada sambel pedasnya. Yummy

    ReplyDelete
  25. Sama mbak, sedikit banyak sama menu ramadannya dengan di rumah saya. Anak anak soalnya suka banget makan wortel, jadi kalau ga dibuat sup atau capcay. Juga sayur asem dan ayam goreng. Wah sedap banget liatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah jd kesukaan keluarga ya masakan2 kayak gini. Bikinnya juga mudah tinggal cemplung2in aja hehehe 😁

      Delete
  26. Mantab tuh ayam fillet bumbu asam manis, sayur asam..nyummi. Jadi lapar malam malam baca, klo di rumahku yang favorit untuk buka puasa nasi liwet ayam geprek, lele geprek, sayur tempe cabe hijau,sayur asam lauk lengkap ala Betawi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serba geprek emang enak. Apalagi kalau sambalnya super hot hot hot hahaha toss deh, mamah Eni 😍😍

      Delete
  27. Huaaah, aku aku pecinta capcay lho mba Nurul. Mau goreng atau rebus suka semuanya.. Nah, kalo sop aku malah suka ada tetelannya mba hihi.. Pake makaroni juga suka bangeeet... Bener mba, kalo lagi gak mau ribet aku juga suka pake bumbu racik 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya bubu Dita...capcay tuh menu yg enak kapan aja di mana aja 😂 Aku ga demen tetelan wkwkwkwkwkw.

      Delete
  28. Saya tergiur sama ayam filletnya nih mbak. Pengen nyoba di rumah. Kayaknya enak banget tuh. Tapi capcay juga enak sih. Cuma di sini sayuran buat capcay lengkap agak terbatas. Jadi rasanya kurang lengkap. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayam fillet krispi cocok disantap bareng nasi putih dan capcay panas baru diangkat dari wajan hehehe :D Yuk dibikin langsung!

      Delete
  29. Ini mah semua menu berbuka puasa favorit banget mba. Asli bikin ngiler dan kangen makan ini semua. Dirumah mama gak ada yang tahu masak sayur asem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa hihihihi :) Padahal bikin sayur asem mudah, cemplung2in doang :D

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.