Sunday, October 07, 2018

# event & hang out # Family's health

Atasi Gangguan Mata, Kemenkes Luncurkan SIGALIH pada Hari Penglihatan Sedunia


atasi gangguan mata kemenkes luncurkan sigalih pada hari penglihatan sedunia nurul sufitri blogger

"Look into my eyes, you will see what you mean to me. Search your heart, search your soul. And when you find me there you'll search no more" 😊 Dari matamu..matamu..kumulai jatuh cinta.. 💘 Kata orang, cinta itu dari mata turun ke hati. Benar ga sih? Ah, teman-teman yang sudah pernah jatuh cinta pasti tau lah yawww 😚 Alhamdulillaah Allah memberikan kita nikmat penglihatan yang luar biasa indahnya.

Mata adalah jendela hati. Dari mata seseorang bisa terpancar berbagai rasa yang sedang dialami seperti kesedihan, kebahagiaan, keragu-raguan, ketidaknyamanan, ketakutan, kebencian dan lain sebagainya. Dengan mata kita bisa melihat pemandangan alam yang memesona hati sanubari. Kita harus mensyukuri karunia penglihatan ini karena dengan mata kita dapat melakukan kebutuhan dan keinginan. Indera penglihatan ini mesti dijaga sebaik-baiknya.
 
Pada Hari Selasa, 2 Oktober 2018 lalu saya menghadiri Media Briefing dalam rangka memperingati Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day) yang digelar oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Ruang Kaca, Gedung Adyatma Kemenkes RI dengan narasumber sebagai berikut:
  • Dr. Anung Sugihantono, M. Kes selaku Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes 
  • Dr. Aldiana Halim, Sp. M (K) selaku Wakil Ketua Komite Mata Nasional (KOMATNAS) 
  • Dr. M. Sidik, Sp. M selaku Ketua Persatuan Dokter Spesialis Mata (PERDAM) 

dokter anung sugihantono atasi gangguan mata kemenkes luncurkan sigalih pada hari penglihatan sedunia nurul sufitri blogger
dr. Anung Sugihantono, M. Kes

dokter aldiana halim atasi gangguan mata kemenkes luncurkan sigalih pada hari penglihatan sedunia nurul sufitri blogger
dr. Aldiana Halim

dokter m sidik atasi gangguan mata kemenkes luncurkan sigalih pada hari penglihatan sedunia nurul sufitri blogger
dr. M. Sidik


Hari Penglihatan Sedunia 

Hari Penglihatan Sedunia dicanangkan oleh WHO pada tahun 1999 dan diperingati setiap tahun pada Hari Kamis minggu kedua Bulan Oktober. Rangkaian acara ini akan berlangsung di lima provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Maluku dan Sumatera Selatan. 

Tujuan peringatan Hari Penglihatan Sedunia adalah untuk mengkampanyekan agar seluruh warga dunia memusatkan perhatian pada isu global tentang gangguan penglihatan dan kebutaan. Upaya ini sejalan dengan komitmen global terkait Vision 2020: The Right to Sight. Di Indonesia, Vision 2020 telah dicanangkan pada 15 Februari 2000 oleh wakil presiden pada saat itu. 

Di tahun 2018 ini tema intenasional World Sight Day yang diangkat yaitu “Eye Care Everywhere” yang menekankan pada aksesabilitas pelayanan kesehatan mata bagi semua orang, sedangkan tema nasionalnya adalah “Mata Sehat untuk Semua”. Deteksi dini gangguan penglihatan untuk usia 15 tahun ke atas dilakukan oleh kader di Posbindu melalui pemeriksaan gangguan penglihatan dengan metode Hitung Jari yang mudah dan aplikatif. Adapun skrining gangguan penglihatan pada anak usia sekolah dilakukan melalui kegiatan Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah dalam Program UKS. 

Ciri-Ciri Mata Sehat 

  • Kelopak mata dapat membuka dan menutup dengan baik 
  • Bulu mata teratur dan mengarah keluar 
  • Kornea (selaput bening) benar-benar jernih 
  • Pupil (orang-orangan mata) benar-benar hitam 
  • Pupil bergerak sesuai intensitas cahaya (mengecil saat terang dan melebar saat cahaya redup) Penglihatan setiap mata jelas dan fokus 

atasi gangguan mata kemenkes luncurkan sigalih pada hari penglihatan sedunia nurul sufitri blogger
Narasumber Menjelaskan SIGALIH

Tentang SIGALIH 

Acara puncak Hari Penglihatan Sedunia tahun ini akan diselenggarakan di Surabaya pada tanggal 11 Oktober 2018, dimana SIGALIH akan dicanangkan oleh menteri kesehatan dan dihadiri oleh unsur pemerintah, organisasi profesi (PERDAMI, IKPAMI, IROPIN), KOMATNAS, GAPOPIN, NGO, unsur masyarakat, institusi, anak sekolah maupun organisasi sosial. 

Apa itu SIGALIH? 

SIGALIH atau Sistem Informasi Penanggulangan Gangguan Penglihatan Nasional merupakan suatu sistem informasi yang berbasis web/ android untuk melaporkan pencatatan dan pelaporan skrining gangguan penglihatan warga negara Indonesia yang melakukan deteksi dini di Posbindu. Sistem ini juga diharapkan akan terhubung dengan rumah sakit sehingga akan dapat diketahui tindak lanjut terhadap pasien yang telah dirujuk. 

Manfaat SIGALIH 

  1. Bagi Posbindu: Meningkatkan upaya pencegahan gangguan penglihatan dengan deteksi dini gangguan penglihatan di masyarakat, bagi masyarakat dan untuk masyarakat 
  2. Bagi Puskesmas dan rumah sakit: Sebagai peningkatan layanan kesehatan mata dengan informasi dan koordinasi untuk pelayanan lanjutan pasien 
  3. Bagi Kementerian Kesehatan/ Dinas Kesehatan: Sistem ini dapat memberikan data gangguan penglihatan sebagai masukan pengambilan/ penerapan kebijakan 

Seseorang dikatakan terkena gangguan penglihatan jika terjadi gangguan ketajaman penglihatan dan luasnya lapang pandangan. Contohnya adalah infeksi mata, rabun jauh, rabun dekat, silinder, buta warna, mata kering, bintitan hingga katarak. Ternyata katarak merupakan salah satu penyakit penyebab kebutaan tertinggi yang dialami penduduk di Indonesia. 

Hasil Survey Kebutaan Rapid Asessment of Avoidable Blindness atau RAAB tahun 2014-1016 di 15 provinsi dengan sasaran populasi usia 50 tahun ke atas diketahui bahwa angka kebutaan mencapai 3%. Penyebab kebutaan terbanyak adalah katarak 81%, diikuti oleh kelainan segmen posterior non RD 5,8%, kekeruhan kornea non trachoma 2,8%, kelainan bola mata/ SSP abnormal 2,7%, glaukoma 2,5%, dan kelainan refraksi 1,7%. 

Sedangkan prevalensi gangguan penglihatan menurut Riskesdas tahun 2013 diperkirakan 0,4% penduduk Indonesia mengalami kebutaan/ gangguan penglihatan. Sebanyak 80% dari para penyandang gangguan penglihatan dan kebutaan ini dapat dicegah bahkan diobati. Data ini mendasari fokus program penanggulangan gangguan penglihatan dan kebutaan di Indonesia, pada penanggulanagan katarak dan gangguan penglihatan dengan penyebab lainnya. 

Apakah Gangguan Penglihatan Itu? 

Gangguan penglihatan adalah gangguan yang terjadi pada penglihatan seseorang yang ditandai dengan kondisi mata atau penglihatan seperti mata merah, nyeri dan bengkak pada mata, terjadi penurunan tajam penglihatan, sering sakit kepala, gangguan penglihatan pada senja hari, terlihat bagian berwarna putih di daerah orang-orangan mata. 

Gangguan Penglihatan dan Kebutaan yang Dapat Dicegah 

 

Gangguan Refraksi 

Gangguan Refraksi terjadi akibat cahaya difokuskan tidak tepat pada macula, sehingga terjadi keluhan penglihatan buram seperti Miopi (Rabun Jauh), Hipermetropi (Rabun Dekat), Astigmatisma (Mata Silindirs) dan Presbiopia (Mata Tua). 

 

Glaukoma 

Gangguan penglihatan yang disebabkan meningkatnya tekanan pada bola mata yang merusak serabut saraf retina. Kerusakan yang dapat disebabkan oleh Hipertensi dan Diabetes Melitus ini bersifat permanen dan dapat berakhir pada kebutaan. 

Retinopati Diabetik 

Merupakan penyakit mata yang diakibatkan oleh diabetes.
 

Katarak 

Katarak adalah kekeruhan lensa yang disebabkan proses penuaan atau sebab lain, sehingga menyebabkan penurunan tajam penglihatan sampai terjadi kebutaan. 

Katarak

Katarak biasanya terjadi mulai pada usia 40 tahun atau setelah benturan pada bola mata. Pada kasus tertentu, katarak dapat terjadi pada bayi dan anak, biasanya merupakan kelainan sejak lahir.

Faktor Risiko Katarak

  • Usia lanjut di atas 40 tahun 
  • Paparan Sinar Ultra Violet 
  • Riwayat keluarga 
  • Dapat disebabkan oleh penyakit mata lain seperti Glaukoma, Uveitis, Trauma.
  • Kelainan Sistemik misalnya penyakit kencing manis dan kelainan metabolik lainnya 
  • Pemakaian tetes mata steroid secara rutin 
  • Kebiasaan merokok 

 

Tanda dan Gelaja Karatak 

  • Penglihatan/ pandangan mata kabur, suram, atau seperti ada bayangan awan atau asap 
  • Sulit untuk melihat pada malam hari 
  • Mata menjadi sangat sensitif terhadap cahaya 
  • Ada lingkaran putih saat memandang sinar 
  • Lensa kacamata sering tidak menjadi jelas atau harus lebih sering berganti 
  • Penglihatan mata menjadi ganda 
  • Membutuhkan cahaya terang untuk membaca atau ketika beraktifitas 
  • Sering mengganti kacamata atau lensa kontak karena ketidaknyamanan 
  • Warna memudar atau cenderung menguning saat melihat pandangan ganda jika melihat dengan satu mata 

Deteksi Tajam Penglihatan oleh Kader/ Babinsa 

Gangguan penglihatan dan kebutaan disebabkan oleh faktor degeneratif atau penuaan. Kelompok usia di atas 50 tahun merupakan kelompok usia yang paling berisiko terhadap terjadinya katarak. Untuk itulah Kader di Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) atau oleh masyarakat awam terlatih (Babinsa). Tindak lanjut dari hasil deteksi dini adalah dirujuk ke pelayanan kesehatan tingkat pertama/ Puskesmas. 

Deteksi katarak dilakukan dengan metode LIHAT yaitu:

  • L : Lakukan pemeriksaan mata di Posbindu 
  • I :  Identifikasi gangguan tajam penglihatan oleh kader 
  • H : Hitung jari jarak 6 meter 
  • A : Antarkan ke fasilitas kesehatan (rujuk) bila tidak bisa hitung jari jarak 6 meter 
  • T : Terapi (operasi) bila didiagnosa katarak 

Teknik Pemeriksaan Tajam Penglihatan Sederhana (Metode Hitung Jari) 


pemeriksaan gangguan penglihatan dengan cara lihat dan metode hitung jari nurul sufitri blogger sigalih kemenkes republik indonesia
Pemeriksaan Gangguan Penglihatan dengan Cara LIHAT dan Metode Hitung Jari
  

Cara pemeriksaan mata menggunakan Metode Hitung Jari yaitu:
  1. Pemeriksa berdiri enam meter di depan klien/ pasien di ruang terbuka dengan pencahayaan terang 
  2. Pemeriksaan dimulai dengan mata kanan, mata kiri ditutup dengan penutup mata atau dengan telapak tangan kiri tanpa penekanan 
  3. Pemeriksa mengacungkan jati setinggi posisi mata pasien atau di depan dada, untuk menghitung/ menunjukkan arah jari pemeriksa 
  4. Jika pasien salah menghitung arah jari pemeriksa minimal 2 kali atau lebih dari 5 kali pemeriksaan, berarti ia mengalami gangguan penglihatan. Segeralah dibawa ke layanan kesehatan terdekat 
  5. Lakukan langkah-langkah nomor 1 sampai 4 untuk mata sebelah kirinya. 

pemeriksaan gangguan penglihatan dengan cara lihat dan metode hitung jari nurul sufitri blogger sigalih kemenkes republik indonesia
Pemeriksaan Gangguan Penglihatan oleh Kader/ Babinsa

     

Tips Mencegah Terjadinya Gangguan Penglihatan dan Kebutaan 

Teman-teman, berikut adalah tips/ cara kita mencegah terjadinya gangguan penglihatan dan kebutaan, yakni:
  1. Menghindari membaca dengan jarak yang terlalu dekat 
  2. Membaca di tempat yang terang atau tempat dengan tingkat pencahayaan yang cukup 
  3. Tidak membaca sambil tiduran 
  4. Tidak menonton televisi pada jarak yang terlalu dekat 
  5. Menghindari penggunaan komputer/ laptop/ gadget lainnya dengan jarak monitor ke mata terlalu dekat 
  6. Melakukan gerakan atau olah raga mata agar menjadi lebih kuat dan elastis 
  7. Konsumsi makanan yang mengandung Vitamin A dan diet gizi seimbang 
  8. Istirahat yang cukup 
  9. Hindari asap rokok 

atasi gangguan mata kemenkes luncurkan sigalih pada hari penglihatan sedunia nurul sufitri blogger
Nurul Sufitri

Jadi sudah tau kan, ternyata kedua mata cantik kita ini harus selalu diperhatikan dan dijaga supaya tetap berfungsi dengan baik. Yuk teman-teman, kita berpartisipasi dan turut mendukung peringatan Hari Penglihatan Sedunia! 😃 Kita kampanyekan agar seluruh masyarakat peduli terhadap kedua mata kita dari gangguan penglihatan dan kebutaan sejak dini agar dapat diobati lebih awal. Meskipun ga mengancam jiwa, tapi gangguan pada mata akan menurunkan kualitas dan produktifitas yang terdampak pada kerugian ekonomi dan kesejahteraan kita. Semoga bermanfaat. Wassalam.

44 comments:

  1. Awal Oktober Bapak mertua didiagnosa katarak. Gejalanya udah dirasain berbulan2 sebelumnya tapi gak mau cek karena nanti jadi kepikiran, takut nanti kenapa2 dll hehehe setelah di cek ke RS Prikasih ternyata pengobatannya gak serem kayak dulu.

    Beneran penting menjaga kesehatan mata ya Mak, investasi buat masa tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh ya mbak Maria.. alhamdulillaah ya skrg lbh oke penanganannya. Bapak udh enakan kan matanya? Lebih ceoat diobati kan lebih baik dan ga seseram pikiran zaman dulu hehehe slm buat bapak smg sehat2 selalu 😉🤗

      Delete
  2. Woa resume nya sangat bermanfaat, kebetulan mobile blogging dan kerjaan pake hape jadi kesehatan mata harus dijaga nih huhu tfs mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mata harus kita rawat dan jaga baik2, mb Sandra. Istirahatkan beberapa menit lihat pemandangan misalnya..nanti baru laptopan/ HP an lagi 😊

      Delete
  3. Sebagai blogger dan traveler, kesehatan mata harus dijaga baik-baik agar bisa terus berkarya.
    Belakangan ini kelopak mataku sering berkedut karena kurang istirahat dan intensitas tinggi dengan layar komputer/handphone, syukurlah 2 hari terakhir udah berangsur normal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, mas Matius, bener banget. Apapun profesi kita, kita wajib menjaga, merawat mata dan indera lainnya supaya kita bisa bekarya lebih keren lagi, siiiip :)Wah, syukurlah mata mas udah kembali normal alhamdulillaah.

      Delete
  4. terakhir mbak, menghindari asap rokok juga menjaga kesehatan mata ya... saya kira asap rokok cuma berpengaruh paru2 saja, ternyataaa ke mataaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku aja baru ngeh kalau ternyata asap rokok ga baik buat kesehatan mata kita. Hush..hush sanna deh orang2 perokok ggggrrrrr... :(

      Delete
  5. walaupun ngga mengancam jiwa, tapi gangguan pada mata itu akan menurunkan kualitas dan lumayan berpengaruh juga ya mba.. kaya paragraf awal tulisan ini.. baru tersadar pentingnya mata sebagai nikmat yg indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pandangan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda, ya kan? Hahaha iya mbak Nike, mata kita adalah aset kesehatan jiwa dan raga yang harus dijaga sebaik-baiknya. Coba SIGALIH ya :)

      Delete
  6. Semoga Sigalih ini disosialisasikan secara sungguh-sungguh oleh para petugas yang turun langsung ke masyarakat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Sugi. Jadi masyarakat tau tentang Sigalih ini dan mencoba untuk mengaplikasikannya demi menjaga kesehatan mata masing2 sip.

      Delete
  7. Baru tau bisa tes mata sendiri dengan metode hitung jari, besok mau coba ke anak2 ah. Thx infonya ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes adaaa tuh caranya kayak gitu. Oke sama2 mbak met coba ya 😚

      Delete
  8. Wah ternyata ada ya hari penglihatan sedunia. Iya ini dirayakan sbg rasa syukur karena Allah udah ngasih kita penglihatan yang sehat. Iya diriku juga baru tau Mba Nurul kalau kebiasaan merokok itu juga ada pengaruhnya dengan kesehatan mata ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Miss Nita. Aku pun baru ngeh ternyata ada hari penglihatan sedunia 😘 Hindari asap rokok dll ngeri banget ya ga nyangka bisa berbahaya buat kesehatan mata kita.

      Delete
  9. Baru ngeh juga katarak berkaitan dengan riwayat keluarga dan paparan sinar ultra violet sangat rentan ya memang buat mata. Semoga makin banyak yang terbantu melalui hari penglihatan sedunia ini ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mb Git. Kalau perlu kita pakai kacamata hitam biar mata kita cukup terlindungi dr sinar UV 😘

      Delete
  10. Kalau saya rabun jauh nih, hehe. Lumayan minus 4 :) Mata itu panca indera yang kita syukuri banget ya Mbak.. Alhamdulillaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita harus mensyukuri ciptaan Allah SWT kedua mata kita berfungsi dg baik sekali. Kalau ada gangguan penglihatan silakan lekas diperiksa ke dokter. Coba Sigalih deh mbak. Semoga lekas terobati ya 🤗

      Delete
  11. Mata adalah organ terpenting pada manusia ya. Jangan sampai mata kita teriritasi dan menimbulkan penyakit² mata yg berbahaya. Terimakasih tips nya ya mba...jd lebih waspada pada mata nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Tinah. Kadang kita menyepelekan gatal atau perih pada mata. Padahal secepat mungkin harus diperiksakan. Kalau ada apa2 kan lbh cepat ditangani dokter 😊

      Delete
  12. Halo mba Nurul. Nulis ini jadi ingat ibu mertuaku yang katarak. Hanya saja ibu mertua nggak berani tindakan lanjut untuk pemeriksaan mata karena takut. Wah teryata usia di atas 40 tahun ini sangat beresiko ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh mamahnya katarak ya mnak Al? Apa ga coba periksakan aja? Hehe ikhtiar siapa tau bs enakan nanti matanya. Iya usia 40 th ke atas ada risiko gangguan penglihatan.

      Delete
  13. sistem SIGALIH sistem kekinian sekali, salut kepada Kemenkes karena memanfaatkan teknologi digital untuk mempermudah pendataan orang-orang yang bermasalah jadi sedini mungkin bisa diobati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, semakin high tech Indonesia dalam bidang kesehatan. Salut buat kemenkes yang makin memerhatikan kesehatan mata masyarakatnya. Semoga lebih direalisasikan lagi ke depannya.

      Delete
  14. Gegara ikutan acara ini, aku jadi tambah aware sama kesehatan mata. Maklum ya, sejak diabetes dua tahun lalu, mataku kan suka kurang awas. Mudah-mudahan pengawasan penderita gangguan pengelihatan makin terarah dengan adanya SIGALIH ini ya mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh begitu ya mbak Memez :) Wah kudu lebih berhati2 ya khawatir ada efek dari diabetes ke gangguan penglihatan. Aamiin, semoga SIGALIH ini mampu menjadi slaah satu solusinya.

      Delete
  15. semiga sigalih dapat bantu masyarakat untuk aware dan aku jadi sayang juga gak mau bandel lagi kalau main gawai. ampun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya allah Sigalih bisa membantu masyarakat agar levih peduli terhadap kesehatan mata. Ya benerrrr.. hati2 main gawai jgn terlalu intim hihihi😆😆

      Delete
  16. Aku suka baca dan nonton yutub sambil tiduran huuhu...
    Aku pernah sakit mata parah banget krn virus, ya ampun rasanya gak enak ngapa2in mbak, bahkan gerak aja susah, kepala sakit :(
    Moga2 dijauhkan dr segala penyakit mata itu yaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuuuuuhhhh.... gawat bangeeeed mb Aprilll 😊 ga boleh lagi sambil boboan main hp dsb ya kasian matanya. Aamiin moga2 sehat selalu.

      Delete
  17. Mata itu penting bgt. Tak terbayang hidup tanpa penglihatan. Hrs dijaga nih kesehatan mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti super pentiiiiing deh makanya jaga kesehatan mata kita dg sebaik2nya 😊

      Delete
  18. Katarak ini memang banyak diderita orang indonesia termasuk alm kakekku dulu. Beliau sempat dioperasi karena memang lingkaran putih sudah hampir menutup bagian hitam mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya biasanya katarak diderita oleh orang lanjut usia. Almh nenekku juga katarak tapi sudah tiada. Gaya gaya hifup dan pola makan spy mata kita sehat2 selalu.

      Delete
  19. SIGALIH keren nih mbak, dan astinya sangat membantu. BTW, ngomong2 soal sigalih jadi ingat filmnya galih dan ratna 😬.

    Oiya mbak, kl katarak itu deteksinya spt apa ya? Dan ada uwak ku yang menyarankan kl katarak coba tetes dengan air bunga katarak yg putih itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga aplikasi Sigalih benar2 direalisasikan dg serius dan masyarakat memperoleh manfaatnya. Iya itu film bioskop zaman doeloe ya Galih dan Ratna? Hahaha "D wah kurang tau deh kalau air bunga yang dimaksud. Btw, ada tuh di tulisanku, deteksi katarak dengan cara "LIHAT", Hayooo.... dibaca ga? hihii...

      Delete
  20. Wah infonya lengkap dan bermanfaat . Terima kasih mbak.. Mata saya emang udah gak sehat, tapi paling gak bisa mencegah biar gak lebih parah lagi. Hehehe.. makasih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tq mb Ewa. Semoga mata mbak lekas sehat kembali ya. Coba aja nih Sigalih 😊

      Delete
  21. Sebelum terlambat harus merawat mata dengan baik, makasih sharingnya, mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banar sekali, mb Eni :) Perhatikan gaya hidup juga supaya mata kita sehat dan terawat :)

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.