Saturday, March 31, 2018

# #14FoodTalk # culinary

Manfaat Makan Cokelat Bagi Kesehatan dan Festival Cokelat Sweet Sensation di Margo City Mall



Siapa suka makan cokelat? Sayaaaa….! Teman-teman juga doyan, kan? Toss yuk! Rasa cokelat yang manis, lembut di mulut, bikin kita ingin lagi, tambah lagi 😍 Takut jerawatan dan jadi gemuk gara-gara makan cokelat? Hhmm… Ga perlu khawatir dong. Mesti tahu nih kalau cokelat yang kita konsumsi itu ternyata banyak banget manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Oh ya, cokelat dikenal juga sebagai simbol kasih sayang 💗 lho. 


 
Nah, ketemu lagi dengan #14FoodTalk di Bulan Maret bersama saya, mbak Ade UFI, Nita Lana Faera dan Febrianty Rachma. Yach begitulah, teman-teman pasti sudah paham kan kalau kami tuh demen makan, apalagi cokelat yang diangkat sebagai tema kali ini. Sukaaaaaaa buangeeeed! Favorit saya sih cokelat yang lumer di mulut dan bisa digigit krek..krek..krek hihihi... Gemes tiap makan cokelat. Ada yang menempel di langit-langit mulut, ada pula yang ga. Yuk, ikuti terus ceritanya!

Saya Bersama Teteh Rafa dan Fakhri di Acara Sweet Sensation Margo City Mall (Foto: Dokpri)

Pada Hari Jumat, 30 Maret 2018 lalu, saya beserta Teteh Rafa dan Fakhri seseruan menikmati aneka cokelat di Festival Cokelat Sweet Sensation dalam rangka menyambut ulang tahun ke-12 Margo City Mall Depok. Acara ini berlangsung mulai tanggal 10 Maret hingga 1 April 2018. Sebenarnya sih kepengen berkunjung ke sini sejak beberapa hari yang lalu, namun apa daya mama rempong buangeeets hihihi dan anak-anak pun sibuk dengan urusan sekolahnya. Iya deh, begitulah alasan klisenya 😄

Ga menyangka deh, baru mulai memasuki area mall aja udah ruameeee. Alhamdulillaah dapat parkiran di basement jadi lega deh. Pukul 17.00 WIB kami tiba di mall dan jreng.. jreng... bingung mau pilih yang mana dulu, saking buanyaaak bener varian cokelat yang dijual. Pembelian cokelatnya ga bisa dibayar dengan uang tunai, melainkan harus membeli kartu ibarat dompet bersaldo, namanya Tap Card.

Tap Card (Foto: Dokpri)

Isi Saldo Tap Card (Foto: Dokpri)

Saya menuju kasir dan membayar sebesar Rp 100.000,- lalu sempat tambah lagi Rp 50.000,- karena anak-anak masih kepengen cokelat lainnya. Saat pengembalian kartu, masih ada sisa Rp 17.000,- deh 😙 Kalau diturutin terus, ga bakal kelar nih mengelilingi booth cokelatnya hahahaha.. Dompet mama ntar nangis hihiihi... 😓 😎 Abis itu kami makan berat deh.
 
Saya dan Ayang Fakhri Pose dari Lantai 2 (Foto: Dokpri)

Suasana Festival Cokelat Sweet Sensation di Margo City Mall (Foto: Dokpri)


Sekilas Tentang Cokelat

Cokelat berasal dari biji kakao dari pohon kakao. Kita mengenal cokelat dalam sajian padat maupun cair seperti cokelat batangan, butiran maupun berbagai bentuk lainnya. Cokelat memiliki berbagai macam nutrisi, bisa diolah sebagai campuran masakan maupun makanan ringan. Nutrisi-nutrisi inilah yang membuat cokelat banyak digemari dan dimanfaatkan untuk kesehatan. 

Asal Usul Coklat

Pada peradaban Aztec di tahun 1900 SM, cokelat merupakan salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi oleh Suku Olmec, Maya. Lalu, cokelat digemari suku maupun penduduk lainnya dengan penyebaran melalui rute perdagangan ke bagian-bagian Amerika yang lain termasuk Meksiko.

Suku Olmec menyukai cokelat sebagai minuman. Adapun Suku Maya mengonsumsi minuman cokelat menggunakan gelas silinder. Nah, Suku Aztec lebih unik karena secara khusus menghiasi cangkirnya untuk minuman cokelat.
 
Dapur Cokelat (Foto: Dokpri)

Sate Cokelat Taburan Meses dan Almond Ala Dapur Cokelat (Foto: Dokpri)

Kembali ke cerita festival cokelat di Margo City Mall ya. Booth cokelat pertama yang dikunjungi adalah Dapur Cokelat. Mungkin teman-teman sudah ga asing mendengar namanya ya. Harga satu tusuk cokelatnya yaitu Rp 10.000,- Jadi dua piring seperti foto di atas seharga Rp 40.000,-.

"Mau dikasih topping apa nih, dek?", tanya si mas karyawan cokelatnya. "Mau meses aja sama almond dan cokelat butiran kecil warna-warni", jawab teteh Rafa. Satu piring buat Rafa dan satunya lagi tentu buat ayang Fakhri. Mamanya? Hehehe..ntar, mau lihat-lihat dulu dong! 😍

Es Goreng Isi dan Taburan Cokelat (Foto: Dokpri)

Es Goreng Ketika Dibelah Dua (Foto: Dokpri)

Pilihan saya jatuh pada es goreng isi cokelat dan taburannya cokelat juga tentu hehehe 😄 Ketika dibelah dua, wow... es krimnya keluar dan saat masuk ke mulut rasanya... enak, lezat, manis, dingin, lembut. Ada rotinya yang cukup lembut juga. Untuk menikmati seporsi es goreng cokelat ini, saldo tap card saya berkurag Rp 20.000,- saja.

Baca juga: Menikmati Kuliner Tempo Doeloe di Sagoo Kitchen Margo City Mall 


Tak Sengaja Bertemu Mama Alicia, Cia dan Viena di Festival Cokelat Sweet Sensation (Foto: Dokpri)

Suasana Ceria Menikmati Aneka Cokelat di Sweet Sensation Margo City Mall (foto: Dokpri)

Bertemu Teman Lama di Festival Cokelat (Foto: Dokpri)

Ternyata bener deh, cokelat selain dikenal sebagai simbol cinta, juga bisa mempererat tali silaturahmi antar teman hahahaha 😍 Terbukti deh, di festival cokelat ini saya ga sengaja, ga pake janjian eeehh bisa ketemu sama mom Alicia, Cia dan Viena. Alicia itu teman sekelas Teteh Rafa d kelas bilingual MTs 4. Satu lagi saya dicolek sama teh Tuti Farhati alias mom Najwa, teman lama di tempat bimbel anak-anak duluuuuu kan sempat tuh belajar sekian periode.

Oh ya, sekarang kita bahas manfaat cokelat yuk, teman-teman! Banyak sekali khasiat cokelat bagi kesehatan tubuh kita. Ada yang spesialis kecantikan, diet, perawatan ini-itu dan lain-lain. Kali ini sih manfaat cokelat secara umum ya. Mudah-mudahan setelah kita mengetahui manfaatnya, makin sering deh mengonsumsi cokelat hehehe 😚 😄


Manfaat makan cokelat bagi kesehatan di antaranya yaitu: 
  1. Menambah energi. Asam lemak seperti asam stearat dan asam palmitat (baik jenuh) serta asam oleat (tak jenuh) dapat membantu menambah berat badan dan memberikan energi. Kita bisa beraktivitas lebih baik lagi dan tentunya menambah semangat ya. 
  2. Membantu kesehatan otak. Cokelat dapat meningkatkan kadar serotonin di otak yang fungsinya meningkatkan efisiensi otak serta daya ingat. Mengandung Vitamin C, antioksidan dan flavonoid yang mampu membantu kesehatan otak, sistem syaraf dan mencegah kerusaan yang disebabkan oleh radikal bebas.
  3. Mencegah kanker. Cokelat mengandung senyawa procyanidin pentameric atau pentamer yang memiliki fungsi sebagai penghambat sel-sel kanker.
  4. Melindungi kulit. Kulit kita bisa terlindung dari sinar UV matahari karena flavonoid yang ada dalam cokelat. 
  5. Menjaga kesehatan jantung. Cokelat mengandung antioksidan flavonoid yang efektif melindungi jantung dari kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas, namanya epicatechin dan asam gallic.
  6. Mengatur tekanan darah. Polifenol seperti katekin, epicatechins dan procyandins dalam flavonoid yang ada pada cokelat ternyata dapat befungsi meningkatkan kadar nitrat oksida dalam darah, sehingga membantu menjaga tekanan darah kita.
  7. Mengatur suasana hati. Nah, yang satu ini paling dicari kita ya. Kalau sedang ga mood rasanya malas melakukan aktivitas dan agak sulit berkonsentrasi. Menghalau stres dalam keadaan tegang yang membuat emosi tak terkontrol, seringlah mengonsumsi cokelat. Cokelat mengandung kafein meskipun tak sebanyak kopi, merupakan alkaloid theobromine dan phenylethylamine yang sangat efektif dalam mengatur suasana hati. Untuk menenangkan hati, ada tryptophan. khususnya pada kasus stress atau dalam keadaan tegang yang menjadikan emosi tidak terkontrol.
  8. Menyembuhkan sakit batuk dan pilek.
    Teman-teman mungkin ga menyangka ya kalau cokelat ternyata bisa membantu menyembuhkan sakit batuk dan pilek. Ada kandungan Vitamin C, alkaloid dan flavonoid serta asam lemak stearat, asam palmitat, asam oleat untuk mengurangi sakit tenggorokan karena batuk yang berulang kali dan terus-menerus.
  9. Mencegah diabetes.
    Alkaloid seperti kafein yang terasa pahit berfungsi untuk menetralkan gula dalam darah. Berperan juga untuk merangsang sekresi empedu dan insulin yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah. 


    Teman-teman, itulah cerita saya berkunjung ke festival cokelat Sweet Sensation dan beberapa manfaat cokelat yang bisa disampaikan kali ini. 

    Baca juga ya kisah cokelat versi para sahabat saya dengan mengklik link di bawah ini:
    Mbak Ade UFI di www.adeufi.com
    Nita Lana Faera di www.nitalanaf.com
    Febrianty Rachma di www.tulisanfebri.com

    Sampai jumpa lagi di #14FoodTalk di bulan berikutnya. Wassalam.
















  

 
 
 
 
 
 
 


 



 

37 comments:

  1. Wah aku kalau sama coklat langsung lemah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... lemah ga tahan pengen nambah makan cokelatnya ya mbak? 😀😀😀

      Delete
  2. Minggu lalu aku ke Margocoty liat cokelat ini juga. Tapi lebih tertarik yang kuliner khas itu mba. Mmh tapi kalau liat postingan ini, ngiler coklaaaattt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mb Alida..ternyata buanyak banyk tumpah ruah gitu aneka cokelat dan jajanan nusantara. Penggendutan badan nih hahahaha 😊

      Delete
  3. duh enaknya itu coklat, anak saya juga suka banget coklat. tiap main ke indomrt pasti beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cokelat digemari berbagai usia ☺ anak2 pasti doyan bgt hihihi. Aku juga sukaaaa 😍

      Delete
  4. Duhhh gagal fokus sama coklat yang disusun mbak. Hihihi, apalah daya selama ini Aku belum pernah makan es goreng. Pasti yummy....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayolah kpn2 coba. Pasti ketagihan hehehe 😍

      Delete
  5. Hhmmmm coklaaaatttt saya suka saya suka... sayang tempatnya jauh hehehe... saya juha suka buah coklat, kebetulan di kota saya banyak perkebunan yang menanam buah coklat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah demen cokelat juga hehehe iya ga bosen2 ya 😊😚

      Delete
  6. Saya suka banget mbak Nurul makan coklat. Tapi gak bisa banyak sih, soalnya gigi sensitif sama yg manis2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting setelah makan cokelat kudu minum dan sikat gigi 😚

      Delete
  7. Aku suka banget makan coklat smapai menderita diabetes kudu nahan makan coklat. kalau musim ujan enaknya makan coklat . biarin aja, naikdikit gak apa apa khan. aih ngeles

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kalau takaran cokelatnya disesuaikan.. mpo masih bisa icip2 manis dan nikmatnya cokelat ini hihihi 😘😆

      Delete
  8. Saya juga paling suka dengan coklat, aduh itu coklat tidak ada yang gratisan gitu? Semua harus bayar? dompet saya bisa menjerit-jerit nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi emang dompet kita kudu mekar kalo dateng ke acara ginian 😀😇 apalagi pas bawa anak2 hhmmm....

      Delete
    2. Kalau saya mah masih bujang ,sehingga tidak begitu peninglah :D

      Delete
    3. Hahahaha.. bener mas. Ntar kalo udah berbuntut baru deh :D

      Delete
  9. Ya ampun, Ngiler banget aku bacanya Mba Nurul... Surgawi banget ini 😍
    Aku biasanya kalau lagi bad mood juga tiba-tiba pengen makan cokelat yg batangan itu. Ternyata emang ngefek ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surga dunia kita dan anak2..eh berbagai usia juga nih 😆😘 efek bahagia kalo makan cokelat nih mbak.

      Delete
  10. Aku bisa kalap kalau datang ke acara kayak gini, secara doyan banget sama coklat. Akk, jadi mupeng aku, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu siapin duit yg banyak nih mb Damar..apalagi kalo ngangon bocah ahahahaha... blm lagi kalo nambah. Rasanya ga kenyang2 😆😆😆

      Delete
  11. Coklat never fail me. Aku juga suka banget coklat, khususnya dalam bentuk minuman, terutama es. Satu lagi,, sukanya coklat tanpa susu,, lebih coklat rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooww..mb Dini demen cokelat tanpa susu ya? Hehe padahal yummy bingits tuh 😘😆

      Delete
  12. Saya juga sangat suka coklat, Teh. Tapi kalau kebanyakan suka sakit gigi eung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sikat gigi atuh abis nyokelat. Terutama sebelum bobo.

      Delete
  13. saya suka makanan yang terasa manis, namun tidak manis2 amat, cokelat salah satu pavorite saya, selain enak dilidah khasiatnya bisa membuat perasaan hati menjadi tenang. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap, Kang Nata :) Setuju lho. Rasa cokelat zaman sekarang makin banyak variasinya.

      Delete
  14. Ah cokelat itu gak ada matinya deh mba.
    Saya kalo ditawarin cokelat gak pernah nolak selama cokelatnya itu bukan cokelat pekat yang pahit itu ya, hahaha.
    Cokelat itu bikin mood kita jadi bagus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oohh dark chocolate ya maksud mas Hans? Hihihi... ita sih enakan cokelat biasa yg manis2 di mulut dan lucu2 bentuknya hehehe 😍 Cokelat bisa menambah bahagia juga.

      Delete
  15. saya suka ngiri dengan orang2 yang makan cokelat mbak, mereka tampak menikmatinya, dimanapun tentang cokelat pasti dibilang enak.

    nggaa kayak saya yang ga bisa makan cokelat, sensitif ke rasa manis cokelat, jadi kalau makan cokelat itu gigi saya ngilu luar biasaaaa,,,

    kalau makan donat masih bisa lah, atau ceres yang ga full cokelat gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Sabda... 😊 Weleh2.. pelan2 atuh gigit dan ngunyah cokelatnya hehehe. Jangan lupa minum air outih dan gosok gigi. Aku juga kalo makan cokelat suka nyelip2 kacangnya ke gigi 😆

      Delete
  16. Aku tuh suka coklat, tp ada bbrp jenisnya yg ga doyan. Kayak kalo dibikin isian roti, aku ga suka mba. Rasanya aneh. Kalo dibikin fountain coklat gt jg ga doyan. Tp coklat batangan, butiran, aku suka bangetttt. Minuman coklat jg tergantung jenisnya. Dan tetep, dark coklat sampe skr ga bisa ketelan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Fanny 😘 Wah..ternyata menikmati cokelat itu beda2 tiap orang ya hihihi... manggut2 deh hehe. Aku mah doyan semua, apapun bentuknya mamam aja langsung wkwkwkwkw... minuman cokelat hangat dan dingin enak tuh.

      Delete
  17. Waaa pokoknya kalau ada pameran cokelat itu menyenangkan banget ya, Mba Nurul. Walau duit jadi abis karena borong cokelat, hahah... Cokelat bikin gemuk? Hemm mungkin itu yang dimakan gula dalam adukan sedikit cokelat ya, haha... Padahal dark choco pun juga menyehatkan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang anak... sayang anak.. duit habis beli cokelat buat anak2ku hahaha 😘😘😊 Yang oenting udah dibeliin ya dihabiskan deh. Kan menyehatkan tuh cokelat banyak khasiatnya buat kesehatan tubuh kita ya Miss Nita 😊😊😊

      Delete
  18. Aduh itu coklatnya menggoda banget

    ReplyDelete