Thursday, February 22, 2018

# #14FoodTalk # Family's health

Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh



Ketika dahaga mendera, kepengen minuman segar yang membasahi tenggorokan dan berkhasiat, es jeruk adalah pilihan saya. Es jeruk maupun jeruk hangat paling enak dinikmati buat menemani menu jajanan favorit saya seperti bakso dan mie ayam 😄 Jeruk terdiri atas banyak jenis, meskipun kebanyakan orang mengenalnya dengan warna orens dengan rasa masam dan manis. Warna dan ukurannya pun berbeda-beda lho. 

Salah satu jenis buah yang paling sering kita temui di toko maupun kios buah-buahan adalah jeruk. Buah yang eksis di mana-mana ini disukai hampir semua orang dari berbagai usia. Jeruk yang merupakan buah sitrus ini memiliki banyak kandungan vitamin C dan anti oksidan. Salah satu khasiatnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan flu. 




Seperti biasa di tiap bulan, saya, Nita Lana Faera, Mbak Ade UFI dan Febriyanti Rachma membahas makanan atau minuman favorit kami. Pada Bulan Februari ini tema #14FoodTalk yang seru adalah.... taraaa..... buah-buahan! 😍 Ya, sesuai salah satu resolusi saya di tahun 2018 ini kan ingin lebih sehat, badan lebih ramping ish..hihii... Buah sebagai salah satu pelengkap empat sehat lima sempurna terkadang kurang diperhatikan. Padahal banyak banget manfaatnya lho, sebagian besar harganya pun terjangkau, termasuk jeruk ini. 

Jeruk adalah tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae. Anggota marga ini berbentuk pohon dengan buah yang dagingnya mempunyai rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggota marga ini yang memiliki rasa manis (Sumber: Wikipedia). 

Saya hanya menyebutkan sebagian kecil jenis jeruk lokal yang merupakan jeruk asli Indonesia, yakni jeruk nipis, jeruk Pontianak, jeruk Bali dan jeruk Medan.  Yuk, simak bersama beberapa jenis jeruk yang sering kita jumpai di Indonesia beserta manfaatnya! 😙


Jeruk Nipis

Jeruk Nipis (Foto: daherba.com)

Teman-teman mungkin sudah ga asing lagi dengan penampakannya. Permukaan jeruk nipis berwarna hijau dengan ukuran lebih kecil dari pada jeruk-jeruk pada umumnya. Jeruk nipis biasa digunakan dalam aktivitas dapur. Bisa menambah cita rasa masakan dan menghilangkan bau amis bahan masakan. 

Buat yang ingin badannya langsing, boleh coba nih resep jus jeruk nipis. Gampang bikinnya, oke khasiatnya. Lebih bagus sih ga usah ditambahkan gula apapun hehehe.



Jus Jeruk Nipis 


Bahan:

  • 2 buah jeruk nipis
  • 100 gram gula pasir rendah kalori
  • 400 cc air
  • Es batu


Cara membuatnya: 
  • Potong jeruk nipis kemudian peras sari buahnya. 
  • Masukkan 100 gram gula pasir rendah kalori, air dan perasan jeruk nipis lalu aduk hingga rata. 
  • Sajikan minuman ini dengan tambahan es batu di gelas agar terasa lebih segar



Jeruk Pontianak

Jeruk Pontianak (Foto: pontianakpost.co.id)

Ini lho jeruk kesukaan saya yang merupakan salah satu jeruk khas daerah tropis, tentunya banyak dibudidayakan di Pontianak. Warna kulitnya hijau mengkilat kekuningan dan memiliki permukaan kulit yang tipis, sehingga mudah dikupas. Rasa jeruk Pontianak ini manis dan memiliki kandungan air yang banyak.


Jeruk Bali

Jeruk Bali (Foto: tamanbawangmerah.blogspot.com)

Jeruk yang satu ini bentuknya sangat berbeda dengan jeruk lainnya. Memang sih sama-sama bulat, hanya saja lebih besar dan berat. Jeruk yang satu ini gampang dikenali karena ukurannya yang jauh lebih besar dari jeruk pada umumnya. Karena permukaan kulitnya yang tebal, kita harus menggunakan  pisau saat mengupasnya. 

Ketika dikupas, akan terlihat bulir-bulir jeruk ewarna merah muda. Nah, jeruk Bali ini cocok banget buat teman-teman yang doyan makanan masam. Jeruk Bali sering dijadikan campuran pada rujak, asinan maupun salad. 


Jeruk Medan

Jeruk Medan (Foto: hargasembako.web.id)


Jeruk Medan rasanya manis, sama seperti jeruk Pontianak. Jeruk Medan banyak tumbuh di daerah dingin seperti di Berastagi, Sumatera Utara. Permukaan kulitnya bewarna orens, ada yang hijau kekuningan ataupun kuning.


Teman-teman, sebenarnya buanyaaaak banget khasiat buah jeruk, tapi di sini saya hanya menyebutkan sebagiannya aja ya. Ini dia manfaat buah jeruk bagi kesehatan tubuh kita 😍

Buah Jeruk (Foto: dokpri)

1. Melancarkan Pencernaan

Pernah sembelit? Nah, sering-sering lah mengonsumsi buah jeruk yuk! Bisa merangsang produksi cairan pencernaan dan memperbaikinya loh, sehingga perut menjadi sehat. Jeruk merupakan sumber serat yang sangat baik, larut dan tidak larut. Serat di dalamnya akan mengeluarkan kotoran sehingga mencegah sindrom iritasi usus besar.

2. Mengatur Tekanan Darah Tinggi


Jeruk adalah sumber magnesium yang kaya dan akan membantu mengatur tekanan darah. Flavonoid yang disebut hesperidin secara alami hadir dalam jeruk juga membuat tekanan darah terkendali.

3.
Mencegah Penyakit Jantung

Di dalam jeruk terdapat antioksidan yang dapat  melawan kerusakan radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi kolesterol. Kolesterol oksidisasi cenderung menempel di bagian dalam arteri dan membatasi suplai darah ke jantung, yang dapat memicu serangan jantung.
 
4.
Mencegah Kanker

Nah, jeruk memiliki sifat penghambat kanker juga loh, senyawa limonene, di dalamnya ada kandungan vitamin C. Senyawa ini bekerja dalam mendeteksi sel kanker dan menghancurkannya, tanpa memberi kesempatan untuk menyebar. 
 
5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tubuh kita mampu melawan infeksi lebih baik dan mencegah penyakit jika kekebalan tubuh kita kuat. Jeruk mengandung vitamin C, yang dikenal sebagai kekebalan dengan meningkatkan vitamin. Ada juga  polifenol yang merupakan antivirus untuk membunuh virus yang masuk ke dalam tubuh sebelum dapat menyebabkan infeksi.
 
6. Memurnikan Darah

Sudah tau belum kalau jeruk adalah pembersih alami? Ada flavonoid yang bisa meningkatkan aktivitas enzim dalam tubuh dan membantu hati mengeluarkan racun. Vitamin C di dalamnya juga mampu meningkatkan produksi kolagen. Cocok nih buat kita yang kepengen kulit lebih elastis dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Sedangkan serat makanan di dalamnya membuat perut tetap bergerak, sehingga limbah dan zat yang tidak diinginkan keluar dari tubuh.

7. Membantu Mencegah Asma 

Jeruk memiliki sifat anti-inflamasi yang ternyata bisa membantu mengurangi radang saluran napas. Selain itu mampu menetralkan kerusakan oksidasi oleh radikal bebas karena diketahui meningkatkan peradangan dan menyebabkan asma. Flavonoid yang ada dalam jeruk mengurangi sensitivitas bronkial.

8. Memperkuat Tulang
 

Makanan yang mengandung kalsium harus dipasangkan dengan makanan yang kaya akan vitamin D supaya tubuh kita benar-benar menyerap kalsium dari makanan. Nah, jeruk memiliki cukup vitamin D, yang menjamin penyerapan kalsium secara tepat dan membantu mencapai tulang. Selain itu, jeruk pun mengandung asam askorbat, yang membantu penyerapan kalsium dengan lebih baik.

9. Mencegah Penyakit Ginjal
 

Jeruk dapat mengusir kelebihan sitrat dalam urin dan mengurangi keasamannya. Selain itu, jeruk juga membantu fungsi ginjal dengan baik dengan mencegah tekanan darah tinggi dan mengendalikan kadar gula, mengurangi stres pada mereka.

10.
Memperkuat Gigi
 

Nah ini penting sekali, ya...gigi! Yang satu ini sering terabaikan, padahal kalau sudah sakit gigi, ga enak makan kan? Jeruk sangat baik dalam kesehatan gusi, mampu memperkuat pembuluh darah dan jaringan pada gusi. Ada lagi nih, bisa mencegah perkembangan plak serta melapisi gigi di lapisan pelindung dan mencegah korosi. Vitamin C yang ada pada buah jeruk pun membuat napas tetap segar lebih lama dengan membunuh bakteri yang berada di mulut kita.

Penasaran kan buah apa sih yang menjadi favorit teman-teman saya lainnya? Pasti berbeda dong ya? Yuuuuks, klik link di bawah in! 😄
Mbak Ade UFI di www.adeufi.com
Nita Lana Faera di www.nitalanaf.com
Febrianty Rachma di www.tulisanfebri.com

Sampai ketemu lagi di #14FoodTalk berikutnya. Salam sehat selalu, biar kita bisa makan-makan seru dan berbahagia selalu yach, see you..! Wassalam. 


 
 

52 comments:

  1. aku suka jeruk mbak, apalagi di buat jus,, sueger rek :D

    ReplyDelete
  2. Buah favorit saya juga nih
    .saya suka jeruk jenis apa saja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segerrrrr yach makan jeruk... minum jusnya juga 😊😚

      Delete
  3. seger bgt buah jeruk, apalagi kalau dibuat minuman ditmbah es batu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas minumnya siang bolong pula... wiiih.. super segerrr 😀

      Delete
  4. manfaatnya banyak ya mbak, makanya saya tanam jeruk dalam pot di halaman belakang rumah, jetuk nipis, jeruk peres dan jeruk manis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.....mbak Tira 😊 Waaah enak ya bisa metik jeruk dari pohon sendiri... keren!

      Delete
  5. akuuu suka semua buah, salah satunya adalah jeruk. Ternyata manfaatnya banyak yaaa.

    ReplyDelete
  6. Mba, kalau jeruk nipis yang katanya bisa bantu bikin kurus tapi aku belum mempan :p. Aku sukaa es jeruk dan jeruk panas. Nikmati sekali asam2 manis :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus rutin mbak Al..minumnya plus olahraga juga dan porsi mknnya dikurangi hihihi..coba deh 😊

      Delete
  7. Jeruk medan peras, duh sueger banget. Biasanya kalau lagi iseng saya campur sama kelapa muda, kasih madu sedikit saja. Slurrp, wenak tenan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... aku kadang gitu mb Damar...suka campurin dg air kelapa muda dan daging kelapanya yg lembuuuttt..hhhmmm enak ya segerrr 😍

      Delete
  8. Aku nelen ludah mulu lihat gambarnya wkwkw abis seger sihh

    Jeruk keprok itu bahasa Indonesianya jeruk apa ya heehe yg sering bikin es

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ngiler ya kebayang segernya si es jeruknya. Apa ya? Hehehe enak aja lah pokoknya 😀

      Delete
  9. Saya suka bgt es jeruk nipis... Seger...

    ReplyDelete
  10. Jeruk favorit pendar ini, setiap hari pasti beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wowww..setiap hari? 😘 mantap bingits.

      Delete
  11. Kesukaanku..kesukaan afifah juga nih jus jeruk. Kalo pagi jeniper kadang2..enak di perut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak di segala suasana ya jeruk iniiiii apaoun jenisnya 😀

      Delete
  12. Ini alhamdulilah setiap pagi dah rutin minum perasan lemon dng air hangat, bner mba jarang flue sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah. Makin sehat dan segar badan juga pikiran kita ya mb Uti 😊

      Delete
  13. Kalau aku Mbak, makan jeruk harus yang maniiis banget *hehe.. Gak kuat lambungnya kalau makan jeruk asam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... yang paling enak ya yang maniiiis banget hehe bisa nambah lagi dan lagi deh 😀

      Delete
  14. buah favorit banyak manfaatnya ya..segerr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrrr...seherrr bingits nih jeruk2nya 😊

      Delete
  15. aku jadi kangen jeruk pontianak dari kampung halaman ku :(

    ReplyDelete
  16. Whahaha ngomongin jeruk, Mika lagi suka banget ngupas jeruk nih Mba Nurul.. Lumayan bisa melatih motoriknya.. :D Aku pun suka banget sama jeruk, apalagi minuman jeruk nipis pake es.. Haaaa seger banget.. Manfaatnya pun banyak ya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti Mika lebih seneng kalo dikasih jeruk Bali...hehe kulitnya bisa dijadiin mainan kaan 😊 Iya banyak banget manfaatnya ...

      Delete
  17. Aku jg maem buah jeruk ini buat ngobatin flu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.... bagus dong yab Leyla..semoga lekas sembuh.

      Delete
  18. Jeruk emang buah yang bagus, selain buat kesehatan juga buat kantung hehe krn ada yg harganya cukup terjangkau (khususnya jeruk lokal). Btw aku jd nyadar selama di Jkt blm pernah makan lagi jeruk bali, nyari dmn ya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kok kalau lagi musim si jeruk Bali ada di kios2 buah. Langsung aja ke supermarket mbak 😊

      Delete
  19. Aku suka banget jeruk peras gini mbak. Apalagi jadi minuman klo Pas lagi cuaca panas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss mbak Amallia 😘😘🤗 seger banget yah..nambah makin enak dan kenyang hahah.

      Delete
  20. Aku suka semua jeruk, apalagi jeruk bali. Seger asem enak dirujak

    ReplyDelete
  21. Mbaaa, klo aku jeruk buat nurunin berat badan hihihi...
    minum itu tiap pagi sama teh hijau, tapi sayang ga konsisten nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mb Amanda... lanjutin aja minum perasan jeruk nipis 😀😀 semoga berhasil jd langsing ya.

      Delete
  22. Udah bermanfaat, enak lagi!

    ReplyDelete
  23. Wah jeruk pun ternyata baik untuk ginjal ya, Mba Nurul. Kalau jeruk saya sukanya diperas aja, tanpa tambahan air dan gula. Kalau jeruk nipis kadang buat campuran masker putih telur juga, haha... Kalau pas muka jerawatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Nit... jeruk banyak banget khasiatnya untuk kesehatan kota dari ujung rambut sampai ujung kaki 😊 Buat jerawat juga bisaaaaa.... sip.

      Delete
  24. Pada dasarnya aku sukaa semua jenis jeruk. Tapiiii paling sebel kalo dapat jeruk yg rasanya sepa.. Agak hambar, ato manisnya ga seger gitu mba. Airnya kyk dikit.. Mungkin jeruk begini terlalu cepet dimatengin :p

    Makanya pilihanku jeruk yg rasanya asem manis banyak airnya, favorit bgt deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling enak emang jeruk Pontianak sih menurutku. Manis dan segar, apalagi minumnya siang2 pas kegerahan hehehe... Yang sepet mah buat diet aja :D

      Delete
  25. Aku juga suka jeruk.
    Nyegerin rasanya ...
    Baik diminum atau juga dimakan langsung ... segeer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo mas Himawan 😘 Toss yuks! Paling segerrrr makan jeruk di siang hari hhmm...

      Delete
    2. Ayook kita toss, kak 😁 ...
      Hehehe ...

      Aku jadi ingat waktu kecil dulu, kalo ortu beli buah jeruk Bali ... yang pertama bukan buahnya yang aku penginin, malah kadang ngga mau makan buahnya, tapi ... aku pesan dulu kulitnya 😁
      Buat bikin mobil2an ... hahaha

      Delete
    3. Hahahahaha... iya ya mas Hino 😆😆😀😘 Memamg makan buah jeruk tuh ada seninya juga ya...jeruk Bali wkwkwkk sip.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.