Daftar Isi [Tampilkan]

Sudah tahu belum, Toko Merah di Kota Tua Jakarta kini disulap menjadi cafe yang estetik? Sempat beralih fungsi dan berpindah tangan beberapa kali, Toko Merah kemudian mengalami transformasi menakjubkan menjadi coffee shop yang dinamai Rode Winkel. Yuk, simak ceritaku ngopi cantik di Rode Winkel bersama MVM Community!


Rode Winkel Coffee Toko Merah Tempat Ngopi Estetik di Kota Tua Jakarta


Yuhuuuu.... ! Senang sekali, akhirnya kesampaian juga aku masuk ke dalam Toko Merah, Bangunan Cagar Budaya (BCB) yang menyimpan banyak sejarah bangsa Indonesia pada zaman kolonial Belanda di kawasan Kota Tua Jakarta. Ternyata di dalamnya terdapat coffee shop cantik bernama Rode Winkel Coffee.

Alhamdulillaah, aku bersama Moms Video Maker Community berkesempatan berkunjung ke Rode Winkel Coffee Toko Merah pada Kamis, 25 Januari 2024.  Waktu itu kami sudah selesai museum tour di Museum Sejarah Jakarta. Oh ya, di Rode Winkel kami ga pesan makanan berat karena sudah makan siang di kantin Museum Sejarah. 

Sejarah Singkat Toko Merah

Sebelumnya, Toko Merah  yang dibangun pada tahun 1730 ini dimiliki pemerintah Belanda dan sempat digunakan sebagai ruko, kediaman Gubernur-Jenderal Hindia Belanda Gustaaf Willem Baron van Imhoff, bahkan akademi maritim. Nama Toko Merah pertama kali muncul ketika bangunan tersebut digunakan warga Tionghoa pada 1851.

Gedung bersejarah berusia 300 tahun dengan arsitektur campuran Belanda dan Cina menciptakan atmosfer yang begitu unik. Pintu dan jendelanya besar, lampu gantung yang anggun. Nuansa warna merah dari Toko Merah memberikan pengalaman visual yang mengesankan.

Aku baca di laman Detik Travel bahwa Gustaaf menjadi Gubernur VOC pada tahun 1743 hingga 1750. Kemudian fungsi dan kepemilikan Toko Merah berganti menjadi hotel di tahun 1768 sampai 1808 di mana hanya pejabat VOC dan Belanja yang berkunjung ke Batavia yang dapat menginap di sini.

Selanjutnya di tahun 1809 hingga 1813 bangunan Toko Merah dijadikan tempat tinggal oleh Anthony Nacare. Pada 1851, seorang kebangsaan Cina, Oey Liauw Kong menjadi pemilik bangunan tersebut. Sejak saat itulah pengaruh arsitektur Cina melekat pada Toko Merah. 

Yang paling khas adalah tembok depan bangunan terbuat dari susunan batu bata yang tidak diplester, melainkan dicat dengan warna merah hati. Toko Merah menjadi Bangunan Cagar Budaya pada tahun 1993 dan dimiliki oleh PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) pada 19 Juni 2003. 

Baca:

Ternyata Seseru Itu Berkunjung ke Museum Sejarah Jakarta Bersama Moms Video Maker Community!

Belajar Videografi Bersama Moms Video Maker Community di Hanggar Kopi

Ngopi di Koffie Bloem Bogor

Rode Winkel Coffee 

Rode Winkel Coffee dibuka mulai 1 November 2023 dengan konsep coffee house yang mengedepankan kopi dan makanan Nusantara. Rode Winkel memiliki dua ruangan berbeda yakni ruangan ber-AC dan ruangan non AC. Karena café ini berada di bagian depan Toko Merah, kita bisa melihat coffee shop ini dari luar bangunan.

Aku bersama Moms Video Maker Community menyempatkan foto-foto dahulu sebelum masuk ke dalam Rode Winkel. Jangan sampai terlewatkan sesi yang satu ini, nanti bisa menyesal! Hahaha. Wajib juga rasanya berfoto persis di depan bangunan Toko Merah, sebagai kenang-kenangan sudah pernah berada di tempat bersejarah ini.


Rode Winkel Coffee Toko Merah Tempat Ngopi Estetik di Kota Tua Jakarta
Foto Bersama Moms Video Maker Community


Rode Winkel Coffee Toko Merah Tempat Ngopi Estetik di Kota Tua Jakarta
Di Depan Rode Winkel Toko Merah

Lokasi dan Jam Buka

Rode Winkel Coffee & Savoury - Toko Merah berlokasi di Jalan Kali Besar Barat No.11, RT 7/RW 3, Roa Malaka, Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11230, tepatnya di seberang Halte Transjakarta Kali Besar.

Rode Winkel buka setiap hari, yakni:

  • Senin-Jumat: 10.00-22.00 WIB
  • Sabtu-Minggu: 07.00-22.00 WIB

Ternyata lantai 2 sedang direnovasi, rampung sekitar bulan Maret-April 2024 menurut staf di sana. Non-smoking area pun ga bisa dimasuki karena sudah ada yang reservasi event khusus. Jadi, semua pengunjung hanya bisa duduk dan menikmati menu di smoking area dekat tangga atau bisa juga di ruang ber-AC coffee shop nya. Untung ada kipas angin besar yang anginnya bikin adem.


Rode Winkel Coffee Toko Merah Tempat Ngopi Estetik di Kota Tua Jakarta
Rode Winkel Toko Merah


Rode Winkel Coffee Toko Merah Tempat Ngopi Estetik di Kota Tua Jakarta
Rode Winkel Coffee Toko Merah

Ngopi Apa di Rode Winkel?

Sini, aku bisikin harganya. Kopi susu Rode 27K, kopi susu Winkel 32K, ice greentea latte 39K, ice havana latte 48K, french fries 33K, ice mango peach tea 34K, ice hazelnut latte 49K, spaghetti aglio olio 43K. Aku pilih kopi susu Rode saja.


Rode Winkel Coffee Toko Merah Tempat Ngopi Estetik di Kota Tua Jakarta
Ngopi dan Ngemil di Rode Winkel Coffee


Rode Winkel Coffee Toko Merah Tempat Ngopi Estetik di Kota Tua Jakarta
Daftar Menu

Menurutku rasa kopinya tentu saja enak, sesuai ekspektasi. Cocok banget dinikmati siang hari, apalagi saat itu matahari cukup terik dan ruangan yang kami tempati adalah ruangan non AC namun cukup terasa hawa angin berkat kipas angin besar di sana.

Mbak Inna Riana sempat berbagi ilmu foto makanan dan minuman sebelum kopi dan camilan kami santap. Ya, walaupun sudah tak sabar ingin meminumnya. Demi foto cantik, ya bolehlah hehehe. Senangnya, salah seorang staf di sana semoga benar namanya Pak Budi, mengabadikan aku di spot cantik Rode Winkel. Wah, keren banget hasilnya, terima kasih ya, Pak.


Rode Winkel Coffee Toko Merah Tempat Ngopi Estetik di Kota Tua Jakarta
Rode Winkel Coffee Toko Merah


Rode Winkel Coffee Toko Merah Tempat Ngopi Estetik di Kota Tua Jakarta


Lelah berkeliling Kota Tua? Mampir di Rode Winkel deh. Teman-teman yang sudah pernah mampir ke Rode Winkel, pesan menu apa aja nih? Nanti aku mau ajak keluarga ah, kalau renovasinya sudah selesai. Terima kasih dan sampai jumpa! 😃


56 comments:

  1. Aku udah masukin toko ini kalo nanti temen2 bloggers ku dari Malaysia datang akhir Mei ini, mau aku ajakin ke sini mba. Kebetulan mereka udah bilang pengen ke kota tua. Sekalian aja jadinya. Aku sendiri belum pernah ke rode winner, atau kota tua juga belum 🤣

    Padahal ga jauh2 amat dari rumah. Tapi memang biasanya malah yg dekat yg belum pernah didatangin 😁

    Kemarin mba lala, blogger juga datang ke sini dan coba makanan berat. Dia bilang oke sih, walopun ga banyak pilihan kan. Jadi penasaran makanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau ntar aja pas udah kelar renovasinya mbak, supaya bisa ngerasain santai-santai di lantai 2 hehehe :D

      Delete
  2. aku belum pernah ke sini, dan emang khas banget nih tembok batu batanya, tersusun rapi dan warnanya juga gonjreng, kalau bagian atas udah di renovasi, bakalan ke sana lagi nggak mbak? penasaran sama perubahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabannya ada di paragraf terakhir tulisanku :)

      Delete
  3. Kalau ke Jakarta, bakalan datang ke cafe ini. Belajar sejarah dan menikmati kopinya. Kece !

    ReplyDelete
  4. Arsitekturnya khas banget. Pintu-pintu besar ala eropa dan juga kesan elegan dan fancy yang pasti bikin nongkrong makin seru. Jadi pengen sekali-kali kongkow di Rode Winkel Coffee ini, deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, ajak keluarga ngopi dan makan di Rode Winkel.

      Delete
  5. Wow, usia bangunannya udah 300 tahun ya... Seru juga liat menunya... Semoga kapan-kapan saya bisa mampir dan ngopi di sana...

    ReplyDelete
  6. Ohh pantesan masih baru akhir tahun kemarin ya. Makanya pas terakhir ke Jakarta belum ada. Dan woww bangunannya megah banget, Belanda banget, yah secara 3 abad yaa. Sekarang disulap jadi lebih cantik.
    Acaranya seru banget sii mba, belajar bareng temen2 MVM Community.

    Ehh, penasaran deh sama susu kopi Rode, harganya juga masih ramah di kantong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Seru banget hangout banreng MVM :D Enak kopinya :)

      Delete
  7. Beneran estetik ya Winkel Coffe ini. Main di sana bisa puas ngonten karena memang cakep. Bisalah buat ngongkrong cantik sama teman atau keluarga

    ReplyDelete
  8. Kalau lihat fotonya kaya bukan di Jakarta ya Nurul, cakep. TErnyata ini di Toko MErah toh, seru juga mau ah kapan-kapan mampir ke sana. Gak cuma bisa makan & ngopi tapi bisa belajar sejarah di dalamnya ya yang menjadi saksi saat itu. Spotnya cantik2 buat foto estetik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa betah ga pulang nih ngopi terus dan pesan makan berat hihihi plus foto2 cantik.

      Delete
  9. Kota tua memang khas nya bagian besar begini ya mba. 2x kesana cuma jalan-jalan aja diluarnya. Pengen deh coba masuk Cafe terus ngopi2 yaa.. next kalau ada kesempatan lagiii

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah nih kesampaian ke Toko Merah Kota tua Jakarta, padahal mudah transportasinya dari Depok tinggal naik kereta. Asik banget nih menikmati makanan dan minuman di Roda Winkel Coffee tempatnya mewah dan kaya nilai sejarah. Pintu-pintu besar, tangga kayu. Keren abis, semoga aku berkesempatan kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang naik kereta sampai Stasiun Jakarta Kota aja sampai deh tinggal jalan kaki sebentar.

      Delete
  11. Sebelah mana sih halte kalibaru? Kalau dr stasiun kota kemana ya? Jadi penasaran mau cobain kopinya. Tapi kalau kata nurul sesuai ekspektasi berarti kopinya ga kuat.. Hahaha.. Ntar kita kita main kesini lagi yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanya petugas aja deh :D Ya tergantung pilihan kopinya tuh ada daftar menunya :)

      Delete
  12. Aku pernah kesini mbak
    Emang cakep banget interior cafe ini
    Kopinya juga enak
    Emang paling enak dijadikan tempat nongkrong bareng teman

    ReplyDelete
  13. Wah saya pernah ke Kota Tua
    Belum ada ini
    Jadi penasaran karena konsepnya juga mirip mirip di Surabaya
    Lupa nama cafe-nya tapi
    Soalnya banyak yang mengusung tema ini

    ReplyDelete
  14. Toko Merah Kota Tua Jakarta ini memang fenomenal ya. Terkenal karena bangunannya yang khas. Seperti bangunan zaman Belanda pada umumnya yaitu ada jendela dan pintu berukuran besar.
    Udah lama ingin main ke Kota Tua Jakarta dan mudah-mudahan bisa mampir ke Rode Winkel Coffe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga lekas kesampaian ngopi di sini ya.

      Delete
  15. Aku tau Rode Winkel Coffee dari kontennya Jerome sama BUbu.
    Rasanya kalok ngliat bangunan dulu tuh vibesnya dapeett banget ya.. BUkti sejarah bahwa Indonesia pernah diwarnai oleh bangsa lain. Sailingnya tinggi, jendelanya besar dan bangunannya khas berwarna merah.

    gak nyobain main course-nya, ka Nurul?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga, kan udah makan di kantin Museum Sejarah. Udah ditulis di atas kok.

      Delete
  16. Aku kalau ke Kota Tua suka lihat, kyknya pernah foto depan bangunannya juga tetapi waktu itu belum dibuka lagi buat dijadikan resto. Jadi kepengen deh nanti ajak keluarga makan di sana sembari menikmati piknik di Kota Tua. Bangunannya bagus ya mbak, aku suka bangunan2 tua gitu. Makanan yang disajikan juga cukup beragam dan harganya masih masuk kantong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, enaknya pas buka kita udah ada di sana hehehe. Aku juga pengen ajak keluarga makan di Rode Winkel.

      Delete
  17. Keren ya interiornya mbaa... Suasananya adem dan homey gitu. Pasti karna arsitekturnya yg serba banyak bukaan dan langit2 yang tinggi ya.. khas bangunan jadul.
    Aku tu kalo ke kota tua paling suka suasananya sih. Syahdu dan terasa betul nostalgianya. Tapi enak juga sih klo abis keliling capek trus ngadem di sini yaaa

    Btw cakep2 betup foto2 nya.. 🤩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, thanks. Memang istimewa sekali arsitektur bangunan ini.

      Delete
  18. Walaupun sudah dialihfungsikan menjadi tempat lain, tapi identitas dari bangunan serta namanya tidak dilepas yaa.. Bahkan warna asli dari bangunannya juga masih dipertahankan, jadi serasa berada di zaman masa pemerintahan hindia-belanda nih kalau berkunjung kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul :) Masih sangat terasa keasliannya dipertahankan dengan baik sekali.

      Delete
  19. Waaaawww.. gilaakk gilaaakk, ini siihh bukan sekadar tempat ngopi, bukan pula sekadar estetik.. tapi amazing!!! Tempatnya baguus bangeett cocok buat foto-foto bareng bestie, ngopi dan makan-makan syantik yaaa. Bangunan kolonial emang awet kokoh dan bagus sih arsitekturnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat luar biasa banget kan Rode Winkel? Yuk, lekas mampirin!

      Delete
  20. Dulu pernah diajakin jalan ke Kota Tua rugii rasanya ngga ikutan teman-teman
    Seru banget acara hunting konten sama MVM
    Dari tempatnya Rode Winkel Toko Merah ini nampak seperti museum, klasik, elegan, gak kebayang dulu yang bisa masuk sini pasti cuma pejabat doang
    Harganya juga masih masuk akal untuk ukuran cafe keren seperti ini
    Gelas kopinya juga estetik buat difoto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, serba estetik semua deh di Rode Winkel :) Iya, seru banget ngonteng bareng MVM!

      Delete
  21. Suka banget deh kalau gedung tua direstorasi terus dimanfaatkan jadi rumah makan atau kafe, pasti jadi estetik banget dan bikin betah nongkrong di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi makin terawat ya dan orang-orang bisa merasakan vibes-nya.

      Delete
  22. tampak dari depan bangunannya sudah megah begini, kalau aku ke jakarta pasti bakalan penasaran sama dalemnya, seandainya belum ada yang mengulas
    penasaran sama minuman kopinya, ahh kapan yak ke jakarta lagi ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk! Makin kepo ya mbak buru2 nih mampirin Rode Winkel!

      Delete
  23. Mantap. Dulu saat masih kuat, sering sepedahan ke kawasan Kota Tua dan mampir ke sini. Memang indah dan keren, apalagi kalau yang mnegulas Bu Nurul, top banget pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampirin masuk ke dalam dong, pak hehehe. Sip2 thanks 🙏

      Delete
  24. dilihat dari luar saja bangunanya kece mbak, meskipun peninggalan Belanda yang udah puluhan mungkin ratusan tahun ya. menu dan harganya masih standart dan terjangkau ya

    ReplyDelete
  25. salfok sama photographynya... keren mbak

    ReplyDelete
  26. Waaaaaa tempatnya cakepp bener mbaaa...khas bangunan kolonial yaa guedeeee 😍
    Pasti nanti klo sudah selesai semua renov nya jadi makin cantik yaaa....
    Pengen lahhh ke kota klo nanti ke jkt suatu saat nanti 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, ga sabar nunggu kelar renovasi lantai 2 nya deh hehehe.

      Delete
  27. Toko merah ini salah satu bagunan iconic di kota tua ya mbak. Tapi aku blm pernah masuk, ternyata dalamnya cukup estetik ya, rugi bgt kayaknya kalau ga foto2 hihi, kapan2 kalau ke kota tua mampir deh

    ReplyDelete
  28. Mantap mbak, sepertinya akan jadi wishlist saya bulan depan. Btw, salam kenal. Mari mampir jika lenggang. Terimakasih.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.