Daftar Isi [Tampilkan]

Belakangan ini aku, suami dan anak-anak lebih sering berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan di Sabtu pagi. Begitu dibuka pukul 07.00 WIB kami sudah tiba dan membeli tiket masuk seharga Rp4.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak. Rajin amat sih, pagi-pagi sudah nengokin aneka satwa di sana?


Cara Ampuh Mengatasi Pegal Linu

Berolahraga di Kebun Binatang Ragunan

Kami senang jalan pagi dan jogging cukup 30 menit non stop ya. Udara masih bersih dan segar, suasana menyenangkan, tertata rapi dan tentunya pengunjung pun masih sepi. Area kebun binatang luas sekali. Aku selalu membawa botol air minum dan obat pegal pegal jika diperlukan. Sebelum pulang, biasanya kami sarapan pecel sayuran dulu. 

Saking semangatnya berolahraga di Ragunan, kadang aku kebanyakan gaya ini dan itu. Ya maklum lupa umur jadi pegal-pegal deh. Akibatnya, tangan dan kaki terasa tidak nyaman, punggung jadi agak sakit. Malah pernah juga sehabis menyetir mobil perjalanan jauh ke luar kota, aku merasakan hal yang sama.

Masalah Pegal Linu

Seseorang dapat dikatakan mengalami pegal linu saat merasa nyeri, kaku, tidak nyaman pada tangan, kaki, punggung bahkan di sekujur tubuh setelah berolahraga, perjalanan jauh, kelelahan setelah bekerja dan semacamnya. Akibatnya jadi ga bebas bergerak dan beraktivitas deh. 

Pegal linu terjadi karena berbagai faktor. Pada umumnya disebabkan cedera,otot yang tegang, posisi duduk yang salah, bahkan bisa dipicu karena begadang, terkena penyakit infeksi tertentu seperti flu, malaria dan lainnya. Jika terjadi terus-menerus, pegal linu bisa menyebabkan sindrom kelelahan kronis, gangguan tifoid, fibromyalgia, bahkan hipokalemia. 

Cara Mengatasi Pegal Linu

Banyak cara dapat dilakukan untuk mengatasi pegal linu, beberapanya yakni sebagai berikut:

1. Mandi air hangat

Panas dari handuk hangat maupun air dapat mengurangi pegal linu ketika flu dan mencegah pegal linu setelah berolahraga.

2. Pastikan cairan harian tercukupi

Minum banyak cairan bisa meredakan peradangan, selain itu membantu aliran nutrisi ke otot. Cukup minimal 8 gelas atau 2 liter per hari adalah upaya sederhana mengatasi pegal linu.

3. Kompres dingin

Ternyata kompres dingin juga dapat mengurangi pegal linu yang disebabkan oleh radang sendi atau keseleo. Harap diingat ya, jangan langsung menempelkan es batu pada permukaan kulit. Lapisi dengan kain atau handuk tipis terlebih dahulu.

4. Pijatan

Pegal linu juga dapat diatasi dengan pijatan. Aliran darah ke otot akan meningkat, jadi rasa nyeri dan kaku otot dapat berkurang. Jika tidak bisa memijat sendiri atau bantuan orang lain, lakukan dengan foam roller. 

5. Peregangan

Coba lakukan peregangan secara perlahan supaya peredaran darah lebih lancar. Olahraga bersepeda, jalan santai, yoga dan semacamnya dianjurkan untuk membantu mengurangi pegal linu.

6. Tidur yang cukup

Usahakan tidur yang cukup sekitar 7-8 jam setiap hari. Tidur dapat membantu meningkatkan pembentukan protein baru untuk memperbaiki kerusakan otot.

7. Konsumsi makanan tinggi protein

Konsumsi makanan kaya protein seperti telur, susu, ayam, ikan, daging serta whey protein untuk membantu pemulihan dan regenerasi otot yang rusak.

8. Konsumsi obat pereda nyeri

Sebaiknya konsumsi obat pegal-pegal yang ampuh untuk meredakan nyeri dan mengatasi pegal linu dari dalam tubuh dengan minum obat herbal. Bisa diimbangi dengan mengoleskan minyak urut jika perlu. 

Obat Pegal Linu di Pasaran

Berikut adalah beberapa pilihan obat pegal linu yang dapat kita temui di toko obat, apotik, supermarket dan sebagainya, yaitu:

1. Neo Rheumacyl Neuro

Obat ini dapat membantu meringankan pegal linu dengan mengonsumsinya tiga kali sehari. Kandungan yang terdapat di dalamnya ada ibuprofen, vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12.

2. Panadol 500 mg

Obat dengan kandungan paracetamol ini bisa meringankan pegal linu, sakit kepala, sakit gigi, sakit pada otot dan menurunkan demam. Konsumsi 1-2 kaplet sebanyak 3-4 kali sehari hingga membaik. Baca petunjuk pemakaian, jangan melebihi dosis yang disarankan, jarak konsumsi obat minimal 4 jam. 

3. Counterpain Cream

Obat krim oles ini mengandung senyawa Methyl salicylate 102 mg, Menthol 54.4 mg, dan Eugenol 13.6 mg. Gunakan 1-3 kali sehari, oleskan ke bagian tubuh yang sakit. 

4. Salonpas Koyo

Gunakan koyo selama 8 jam saja untuk meredakan pegal linu. Produk ini berupa plester pereda rasa nyeri yang mengandung metil salisilat, mentol, dan camphor. Bersihkan dan keringkan dulu bagian yang sakit sebelum ditempelkan koyo. 

5. Cap Lang Minyak Urut GPU 60

Produk minyak urut yang satu ini dapat membantu meredakan pegal linu, keseleo, memar, sakit punggung sederhana, nyeri sendi serta melancarkan peredaran darah. Obat ini mengandung methyl salicylate, camphor, citronella oil, menthol, dan eucalyptus oil. 

Teman-teman, itulah cara mengatasi pegal linu dan beberapa obat yang banyak dijual di pasaran. Untung ada obat pegal-pegal yang ampuh tanpa perlu resep dokter. Jangan sembarangan minum obat ya. Sekali lagi, baca petunjuk pemakaiannya terlebih dahulu.

Tolak Linu Mint Herbal Sido Muncul

Oh ya, meskipun obat pegal-pegal banyak beredar di mana-mana, ternyata menemukan obat yang pas dan cocok untuk mengatasi pegal linu tak segampang itu. Biasanya aku memilih obat yang praktis dan dipastikan memiliki halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). 

Cara Ampuh Mengatasi Pegal Linu
Tolak Linu Mint Herbal (Foto: sidomunculstore.com)

Nah, untuk mengatasi pegal linu dan nyeri sendi, aku merekomendasikan  jamu pegal linu Sido Muncul yakni Tolak Linu Mint Herbal. Sido Muncul yang sudah eksis sejak tahun 1951 ini tak perlu diragukan lagi kualitas produk herbalnya sangat membantu meningkatkan kesehatan tubuh kita terutama mengatasi pegal linu yang sedang dirasakan.

Apalagi Tolak Linu terbuat dari aneka bahan herbal yang dibuat di pabrik berstandar GMP (Good Manufacturing Practice) dengan BPOM POM TR 162 692 281. Manfaat Tolak Linu dapat membantu mengatasi keletihan, pegal linu dan nyeri sendi. Obat herbal ini praktis sekali, mudah dibawa ke mana-mana, terutama saat berolahraga dan traveling. Tinggal sobek sachet-nya, lalu diminum deh. 

Melihat kemasannya saja sudah menarik dan rasanya ingin lekas mengonsumsinya. Teman-teman bisa membeli produk Tolak Linu Mint 1 boks isi 5 pcs di website Sido Muncul Store yakni sidomunculstore.com berbagai supermarket dan minimarket dekat rumah, apotek dan toko obat. 

Kapan minumnya? Bisa 1-2 sachet sebelum tidur atau 1-2 sachet setelah beraktivitas atau olahraga ya, teman-teman. Bisa diminum langsung dari sachet-nya atau dicampur dengan 50 ml air. Ingat, kocok dahulu sebelum diminum. 

Ubah pola makan dan gaya hidup agar kita terhindar dari pegal linu. Istirahat yang cukup, rutin berolahraga lakukan dengan teknik yang tepat, jaga asupan makanan bergizi dan bernutrisi. Jangan memaksakan diri selama kegiatan maupun latihan berlangsung. Salam sehat dan bahagia!


20 comments:

  1. Soal tidur, mungkin saya kurang banget
    kurang teratur pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang mesti dikerjakan ya, mungkin idenya muncul malam2 hihihi :)

      Delete
  2. Aku jarang sih oles2 minyak pegel linu gini mba 😄. Soalnya aku rutin olahraga. Apalagi workoutku kebanyakan beban, yg mana biasanya pasti nyeri otot keesokan hari. Tapi jujur aku menikmati semua sakitnya. Seperti puas aja malah.

    Cumaaa kalo nyeri ototnya bener2 sakit banget, sementara mau cepet hilang biar besok kerjaan ga terganggu baru deh aku minum tolak linu sidomuncul itu atau voltaren. Itu juga ampuh.

    Cuma ini kalo benar2 terpaksa. Biasanya jarang juga sih, lebih milih untuk menikmati sakitnya, krn toh cepet ilang juga sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih, keren mbak Fanny! Iya, pelan2 aja ntar hilang sakitnya. Tapi kalau mau lebih cepat mengatasi pegal linu boleh minum produk Tolak Linu Sido Muncul ini mbak. SIp, TFS.

      Delete
  3. Masalah pegal linu memang ndak enak banget. Lagi enak-enak beraktivitas mau tidak mau harus terganggu karena pegal linu mulai terasa. Ternyata, ada banyak hal yang harus diperhatikan, bukan semata minum obat, tapi juga mempertimbangkan pola hidup, istirahat, dan makanan yang dikonsumsi.

    Tolak Linu Mint Herbal dari Sidomuncul ini juga adalah salah satu must have item P3K untuk urusan kesehatan sehari-hari di rumah. Apalagi kalau sudah bahas pegal linu, jawabannya pasti adalah sidomuncul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Rahman. Gaya hidup dan pola makan yang baik dan benar itu harus tentunyaaa. DItambah Sidomuncul buat mengatasinya kan makin mantap!

      Delete
  4. Mengonsumsi Tolak Linu rasanya lebih aman dan nayaman ya Mbak Nurul karena bahan-bahannya herbai, jadinya lebih sehat , masalah pehal linu pun teratasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lebih tenang mengonsumsi herbal ya, manfaatnya bagus buat kesehatan tubuh kita.

      Delete
  5. Ragunan itu masya Allah luaaas! Dulu pernah keliling sambil gendong anak, alamak... Gemeteran. Capek!

    Trus pernah keliling naik sepeda tetap aja capek, hahahah.

    Tolak Linu jadi bekal setelah jalan-jalan minum Tolak Linu biar badan terasa enakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, luasnya minta ampuuun hihihi :D Bawa Tolak LInu buat jaga2 yach.

      Delete
  6. Usia kita yg mendekati uzur penting banget nih. Herbal yang kita komsumsi juga sudah dikenal banyak orang. Jadi ga ragu untuk mengkonsumsinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih, belum uzur donk :D Iya aman kita konsumsi Tolak Linu berbahan herbal.

      Delete
  7. Duh..duh berasa ke notice dah, aku yg gampang banget gampang lelah dan nyeri otot dah pasti selalu sedia pereda nyeri. Kalau sidomuncul juga jd andalan banget, produk herbal ini begitu bermanfaaaf utk mengatasi keluhan2 yg sering terjadi speerti masuk angin atau pegel linu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Tolak Linu Sido Muncul andalan kita untuk mengatasi pegal linu.

      Delete
  8. Ternyata ada Tolak Linu, selain ada yg buat masuk angin. Minyak urut GPU atau Panadol itu andalanku kalau badan mulai linu atau greges. Bisa tiap pagi kah ke Ragunan?

    ReplyDelete
  9. pegal linu ini memang paling rawan menghinggapi keseharian kita ya, makanya harus selalu sedia pereda nyeri linu ya di rumah, paling praktis sih ini emang siapin Tolak Linu dari Sidomuncul, kemasannya praktis dan juga bahannya alami dong.

    ReplyDelete
  10. kalau linu linu kayaknya ga pernah ngalami mbak, kalau pegel karena capek jalan kaki, sering juga .
    Biasanya cuman pegel badan aja, karena terlalu sering duduk di depan komputer, biasanya bagian leher gitu.
    Sidomuncul terus berinovasi dengan mengeluarkan produk pegel linu, baru tau juga aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bisa dibawa di tas nih Tolak Linu Sidomuncul buat jaga2 kalau lagi pegal linu saat traveling :)

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.