Daftar Isi [Tampilkan]

Ibu-ibu zaman sekarang berbeda dengan ibu-ibu zaman dahulu yang rata-rata berkutat hanya untuk urusan sumur, dapur dan kasur. Kini, semakin banyak Ibu produktif yang kesehariannya diisi dengan berbagai kegiatan positif tanpa mengurangi kodratnya sebagai ibu rumah tangga. Inilah cerita seru aku dan para ibu belajar videografi bersama Moms Video Maker Community di Hanggar Kopi. 

Belajar Videografi Bersama Moms Video Maker Community di Hanggar Kopi


Sebagai seorang blogger yang masih aktif sejak tahun 2016 sampai sekarang, aku pun merasa tertantang untuk melebarkan sayap selain menulis artikel dan foto-foto yang berkualitas. Ya tentu saja masih berkaitan erat dengan dunia kepenulisan yang sudah aku geluti serjak 2011 silam. 

Kalau biasanya sering upload foto, video di Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya, kini aku juga harus bisa membuat video seutuhnya yang cantik, estetik dan menarik hati. Memang yakin bisa? Niat, semangat dan motivasi dari diri sendiri itulah yang utama. Selebihnya adalah dukungan keluarga dan circle yang tepat. 

Semua butuh waktu, biarkan kita nikmati prosesnya. Ga bisa seperti sulap abrakadabra langsung mahir, bukan? Sedikit demi sedikit ilmu bisa terserap saja sudah bagus buat aku. Maklumlah kebanyakan mikir urusan domestik dan anak-anak yang sudah beranjak remaja. Setidaknya kini sudah ga syut dengan durasi terlalu lama, cukup 5 detik saja hahaha. 

Dulu aku cuma bisa pakai aplikasi Inshot untuk editing video. Alhamdulillaah sekarang sudah coba Capcut, horeeeee! Begitulah senangnya aku. Moms lain pasti punya cerita masing-masing. Ga usah minder. Kata mom Ruffie, kita belajar bareng, tumbuh bersama. Karena belajar tak pandang usia 😁 Coba cek video aku di IG @nurul_sufitri deh.

Tentang Moms Video Maker Community

Semua Ibu Bisa Bikin Video Keren!

Tulisan ini aku persembahkan untuk Moms Video Maker Community (MVM). Sebuah komunitas pencinta mobile videography yang digagas oleh mom Ruffie Lucretia beserta moms yang sefrekuensi yakni mom Dita Indri Hapsari, mom Istiana Sutanti, mom Ayu D. N, mom Lulu dan mom Diah Rahayu. Di grup ini semua anggotanya bisa upgrade ilmu, berkolaborasi dan saling berbagi apa saja seputar videografi. 


Belajar Videografi Bersama Moms Video Maker Community di Hanggar Kopi
Moms Video Maker Community 

Eksistensi Moms Video Maker Community dimulai sejak Maret 2023 lalu. Meskipun terbilang masih baru, jangan salah lho, hasil karya video mom Ruffie CS ini super keren! Apalagi mereka pun sudah dibanjiri jobs dengan kompensasi yang tidak sedikit. Teman-teman bisa kepoin Instagram MVM di @momsvideomaker 😄

Pasti banyak yang bertanya, “Tahu MVM dari mana?”. Oh, kebetulan waktu itu mom Ruffie membagikan info di WAG Blogger Depok City soal belajar basic videography di sebuah café di bilangan Tebet. Aku daftar deh menjadi member MVM sekaligus ikutan acara workshop tersebut.

Baca dulu: Ngopi dan Belajar Videografi di Loffee Coffee & Eatery

Menurut mom Ruffie, menjadi ibu tidak membatasi ruang gerak untuk berkarya. Dengan rajin update ilmu kita bisa berdaya dan berkarya karena seorang ibu itu menjadi role model bagi anak-anaknya. Anak kita akan bangga memiliki ibu yang semangat, haus ilmu dan bertumbuh kembang dalam kegiatan positif.

Etika Bermedia Digital - Internet Sehat ICT Watch

Nah, di awal workshop, ada sesi Internet Sehat bersama mom Widuri dari ICT Watch tentang “Etis Bermedia Digital”. Tahu ga sih teman-teman, menurut laporan tahunan Microsoft, netizen Indonesia dinilai paling tidak sopan di ASEAN, lho? Ck..ck..ck…Kok bisa? Kami jadi lebih tahu soal etika dan etiket berinternet, beragam jenis konten negatif berdasarkan UU ITE, cyberbullying dan masih banyak lagi.

Kami juga jadi mendapat pencerahan cara mengecek apakah akun media sosial kami sudah aman atau belum. Teman-teman silakan coba kunjungi laman s.id/jagadatapribadi. Ikuti saja langkah-langkahnya, mudah kok. Alhamdulillaah, tidak ada kebocoran data akun socmed aku.


Belajar Videografi Bersama Moms Video Maker Community di Hanggar Kopi
Etis Bermedia Digital - Internet Sehat ICT Watch

Offline Class Upgrade Your Videography Skill with Putra Ausa

 “Aih, ga semua melulu karena cuan. Syut-syut dan edit video traveling kenangan keluarga juga mesti bagus dong!”, ini kataku. Gimana sih caranya supaya saat kita berwisata bisa tetap bahagia terlalu lelah videoan? Ternyata ga semua sceen kudu disyut. Kata siapa? Penasaran kan? 

Hari Minggu, 19 November 2023 aku mengikuti offline class bertema “Upgrade Your Videography Skill” di Hanggar Kopi, Depok. Kegiatan ini merupakan pelatihan ketiga selama MVM berdiri. Sayangnya, dulu aku belum tahu komunitas ini, jadi ga ikutan workshop perdananya deh. 


Belajar Videografi Bersama Moms Video Maker Community di Hanggar Kopi
Putra Ausa, Mom Ayu, Mom Widuri (ICT Watch), Mom Dita

Moms Video Maker Community mengundang Putra Ausa sebagai narasumber. Ia adalah seorang content creator dan professional videographer yang sering mengulas berbagai tempat wisata.

 Katanya,"Ibu-ibu bisa memanfaatkan setiap momen-momen terbaik dalam hidup, rekam serta jadikan konten yang bisa menjadi personal branding”.

Mas Putra Ausa mengungkapkan, "Di era digital dan social media seperti saat ini, kita mesti cerdas memanfaatkan momen untuk membangun personal branding kita. Kini bukan lagi berbentuk foto, tapi lebih kepada gambar bergerak atau video. Dengan kemampuan smartphone yang didukung kualitas kamera yang baik dan juga aplikasi editing yang canggih dan mudah diaplikasikan, tidak ada alasan lagi untuk kita tidak memulai belajar membuat video,". (Sumber: Liputan 6).


Belajar Videografi Bersama Moms Video Maker Community di Hanggar Kopi
Mom Ruffie & Putra Ausa

Ia membagikan ilmu dan tips mengenai basic videography dan editing pakai smartphone serta personal branding di media sosial. Ia juga mengajarkan cara asyik berwisata menikmati suasanya dan tidak terlalu capai shooting di setiap momen. Lagipula memori smartphone bisa lekas penuh dong, kalau setiap agle disyut hihihi.

Mas Putra Ausa juga membagikan informasi tentang jenis angle shot seperti extreme long shot, long shot, medium shot, medium close up, close up. Sebenarnya banyak sekali yang mesti dipelajari. “Supaya ga pusing, mungkin kita utamakan dahulu komposisi rule of third, center, nose room, head room dan leading lines,” kata Putra. Teman-teman bisa cek Instagram @putraausa ya 

Saat coffee break, moms admin MVM membagikan makanan dan minuman pada seluruh peserta untuk disantap sambil menyimak penuturan mom Widuri dan mas Putra. Pastinya ada Kopi Setia persembahan dari Hanggar Kopi dong. Ada donat keju, pisang dan singkong goreng dan salad buah. Menu santap siangnya juga bikin kami lahap makannya. Alhamdulillaah makan bersama nikmatnya tiada tara. Eh, sambil memikirkan tugas 3 IG Story yang harus di-upoload hahaha 😂 


Belajar Videografi Bersama Moms Video Maker Community di Hanggar Kopi
Moms Videi Maker Community


Belajar Videografi Bersama Moms Video Maker Community di Hanggar Kopi
Kopi Setia, Camilan dan Makan Siang

Sebanyak 30 peserta mengikuti acara ini dan berkesempatan praktik langsung membuat video dan mengunggahnya ke Instagram. Oh ya, offline class “Upgrade Uour Videography Skill’ ini juga bertabur hadiah, lho. Moms kan paling senang belajar plus-plus hahaha 😁 Saking semangatnya dan belum kelar edit video, akhirnya acara berakhir sekitar pukul 16.00 yang dimulai 09.00 sampai 15.00 WIB. 


Belajar Videografi Bersama Moms Video Maker Community di Hanggar Kopi
Para Pemenang Video Reels

Dari total keseluruhan peserta, dipilih 5 peserta dengan konten terbaik. Setelah itu diundi untuk 1 peserta saja yang mendapatkan hadiah utama yakni speaker Seremonic Blink 500 Pro XQ20 senilai 2 jutaan rupiah. Luar biasa banget kan, ternyata mom Tami lah pemenangnya. Keprok3x yang kenceng!  

Baca juga:

Ngopi di Koffie Bloem Bogor

Menikmati Sajian Nusantara di Rumah Sarwono Resto & Coffee Shop

Hanggar Kopi

Hanggar Kopi berada di Ruko Pesona Khayangan, Jalan. K.H.M. Yusuf Raya No.10, Mekar Jaya, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat 16411. Area parkir terbatas, untuk kendaraan roda 4 bisa 2 sampai 3 mobil, sedangkan roda 4 cukup sampai 10 motor. Jam operasional coffee shop ini mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WIB, kecuali hari Minggu buka pukul 11.00 WIB. 


Belajar Videografi Bersama Moms Video Maker Community di Hanggar Kopi
Hanggar Kopi Depok

Hanggar Kopi berlantai 2 dan ber-AC. Tempat ini cocok buat hangout bersama keluarga dan handai taulan, juga untuk bekerja online atau WFC alias work from cafe. Menunya bervariasi ga hanya kopi. Camilan dan makanan berat pun tersedia di sini dengan harga cukup terjangkau. Malah sering ada harga promo yeay!


Belajar Videografi Bersama Moms Video Maker Community di Hanggar Kopi
Hanggar Kopi

Musala tersedia di lantai 2 dan toilet bersih ada di setiap lantai. Oh ya, Hanggar Kopi ini milik mom Ayu, salah satu admin MVM. Wah, mantap pisan! Semoga semakin sukses usaha coffee shop-nya ya.


Belajar Videografi Bersama Moms Video Maker Community di Hanggar Kopi
Moms Video Maker Community & Putra Ausa


Belajar Videografi Bersama Moms Video Maker Community di Hanggar Kopi
Produk Sponsor MVM

Terima kasih kepada para sponsor yang telah mendukung acara ini, yaitu Hanggar Kopi, Denka Pratama Indonesia, ICT Watch, Alamii, Biodef, Maiimi, Ini Salad, Hijab Matur Nuwun dan SweetEat. Teruntuk Moms Video Maker Community (MVM), terima kasih banyak. Semoga sukses kini dan seterusnya dalam berbagai kegiatan pelatihan videografi juga piknik para ibu, aamiin. Semoga di lain acara aku bisa ikutan lagi. Semua Ibu Bisa Bikin Video Keren! 😁😁



58 comments:

  1. Bagi dong materinya soal etika berinternet biar enggak malu2in lagi ya di dunia maya

    ReplyDelete
  2. Horee ada akuh :D ...seru yaa acaranya.
    Sayang aku tipe yg ga bisa disuru gedebukan bikin video dalam waktu singkat. Mpe tangan kaku deh n deg2an takut ga kelar hahaha.
    Moga kita bisa barengan lagi di acara MVM selanjutnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kitaaa yeay! Sama, aku juga bisanya alon2 asal kelakon wakakakaka. Aamiin.

      Delete
  3. Keren nih Bisa belajar langsung ke Putra
    Saya selama ini hanya belajar dari video videonya yg dishare di YouTube nya aja. Segitu aja udah senang banget, apalagi bisa ketemu langsung ya. Doi ilmu videonya emang yahut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru banget kalau belajar langsung bertatap wajah :D

      Delete
  4. Buibu produktif begini nih belajar bareng membuat video, pakai smartphone aja yah? Keren ... apalagi sekarang eranya short video yaa jadi perlu belajar, ga bisa asal shoot. Trus ada materi aman berinternet, nambah literasi digital deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Perlu banget blogger juga belajar videoan hihihih.

      Delete
    2. iya mbak, tuntutan profesi. *eeaaa
      sekalian aja sih buat 1 video trus upload di berbagai platform seperti IG, tiktok, shorts, dll jadi bisa dapat banyak wadah karena jujur yah buatku mending nulis dibanding buat video.

      Delete
    3. Helena, iya aku juga lebih ke menulis suka buanget. Video sebagai tambahan :)

      Delete
  5. Waaahhh... Seru banget ini mak Nurul acara, bisa belajar bikin video bareng-bareng seperti ini. Selain meet up bisa ketemu dengan teman-teman sambil ngobrol terus juga langsung belajar dengan pakarnya ya mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, belajar pelan2 yang penting ada kemajuan :)

      Delete
  6. Senangnya bisa ikut kelas bikin video bersama teman-teman Blogger. Zaman sekarang, kudu ikut perkembangan dengan bikin video. Editingnya kudu bagus juga biar pesan yang ingin disampaikan bisa sampai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horeee :D Betul, belajar editing juga susah2 gampang hihihi.

      Delete
  7. Hasilnya cakep mak. Aku juga pengen ikutan kelas bikin video gini. Hayuklah diadakan di Jogja juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara baru di Jakarta, Depok dan Bogor aja katanya mbak.

      Delete
  8. Kadang yang bikin lelah tuh bikin video pendek yang hanya 5 menit, misalnya.. tapi bikinnya 5-6 jam sendiri.
    Keren banget yang bisa memikirkan konsep dan langsung jadi video yang cancii.. Tapi memang semuanya butuh yang namanya 'alah bisa karena biasa' yaa.. Belajar bareng begini, pastinya jadi semakin semangat bertukar cerita dan pengalaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya kita belajar caranya supaya bikin video lebih efektif dan efisien biar ga lelah hahah...

      Delete
    2. Iyaya..
      Gak ada alasan lagi bikin video lama ya..
      Ada banyak kemudahan apps dan fitur canggih dari gadget masa kini. Penting banget ikut workshop videografi seperti ini.

      Delete
    3. benar banget ini, dan aku lagi bikin juga ini video dengan durasi 5 menitan tapi kayaknya ngeditnya bisa lebih lama. Apalagi ini video bocah main yang mana harus keliatan semua kelas dan permainannya.

      Delete
  9. Ibu jaman sekarang tuh makin produktif dan bisa melakukan banyak hal. Sebagai blogger aku juga jadi belajar banyak hal tentang ngonten dan videografi. Pengen lebih banyak belajar tapi belum nemu yang kaya Mom Video Maker ginii. Apalagi enak banget kalau ketemuannya offline kann. Emang paling bener deh kata mom Ruffie, ibu jangan membatasi ruang gerak untuk berkarya!

    ReplyDelete
  10. Seru bangettt ini belajar videografi bareng-bareng sesama mom content creator. Tempatnya asyik dan belajar langsung dari pakarnya. Bertabur sponsor dan hadiah pula. Bikin iriii... Hihihi.

    ReplyDelete
  11. Masyaallah seru sekali acaranya. Saya sangat tertarik ikut kegiatan seperti ini. Kapan lagi diadakan yah, alhamdulillah kalau bisa offline di Makassar . Tolong saya dicolekin yah Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah hehe, tapi sementara ini baru di Jakarta, Bogor dan Depok.

      Delete
  12. Waah ada Mba Widurii ICT Watch, seruu pisan sih acaranya. Begini definisi buibu berkumpul untuk tumbuh berkembang bersama terutama dalam pembuatan video yang bisa diabadikan momen tak terlupakan, ataupun sebagai personal branding di era digital sekarang.
    Mupeng, moga ada acara di Bandung
    yang serupa nih😍

    ReplyDelete
  13. Belajar bikin video biar ciamik hasilnya perlu emang walau udah emak-emak karena sekarang job tuh serba ada sow bikin videonya gak cuma tulisan blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena belajar tak pandang usia hehehe :D

      Delete
  14. Wah, senangnya bisa belajar videografi bareng bareng seperti ini
    Emang kemampuan videografi ini jadi skill wajib emak blogger saat ini ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zaman sekarang, bisa bikin video kayanya emang semi wajib sih kalau bekerja di dunia digital. Emang kudu ikut perkembangan biar bisa gaul, gak kalah sama anak zaman sekarang

      Delete
    2. Iya mbak Dian, insya allah makin bisa videoan ya dikit2 okelah hihihi.

      Delete
  15. Ih keren banget, saya juga mau dong belajar videografi supaya hasilnya estetis... Semoga MVM mau bikin acara kaya gini juga di bandung ya...

    ReplyDelete
  16. Kapan yah Moms video maker community ini buka cabang dan ngadain acara bermanfaat kayak gini di daerah, kan kami juga pengen lebih pintar urusan editing video

    ReplyDelete
  17. Keren mbaa, MVM pengin deh ikutaaaan. Jadi belajar sesuatu yg positif itu nggak kenal usia. Mba Nurul semangatnya sampai sini nih 😍 cetarrr
    Makasih infonya mba, aku suka jg bikin video tapi video masak 😄 klo review tempat gitu jarang.. pengin bisa estetik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mak Chie :) Iya, biar kalau bikin video jalan2 jadi lebih menarik :)

      Delete
  18. Makasiiihh mbaak, seneng banget deh kalau bisa bermanfaat gini komunitasnya. Semoga kita bisa maju dan berkembang bersama yaa mbak. Biar bisa tetap produktif dan tetap aktif sebagai ibu-ibu masa kini *haiyah xp

    ReplyDelete
  19. Salut banget dengan semangat belajar mba Nurul. Keren sekali. Videonya juga makin bagus bagus. Nontonnya juga betah. Dan video mba Nurul selalu inovatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, dikit2 aja mbak latihan hihihi :D

      Delete
  20. Pantesan makin ketje IG-nya Mba Nurul...Keren banget ini belajar videografi bareng Moms Maker Community. Inspiratif nih kegiatan komunitasnya bisa nambah ilmu, wawasan dan teman juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah mumpung ada semangat hahaha :D

      Delete
  21. Pengen gabung nih ama komunitas MVM, kalau deket saya udah cuss buat gabung. Buat blogger seperti kita, emang harus upgrade juga ya, jangan sampai gak kreatif dan berinovasi.

    ReplyDelete
  22. Kok seru ya Mbak belajar videography
    Saya jadi pengen lihat IG Reels pemenangnya
    Siapa tahu terinspirasi buat juga hehe
    Lumayan kan ya buat pengisi feed konten

    ReplyDelete
  23. Nurul ikutan acaranya bubu dita dan mama rufee ya, jadi pengen deh aku ikutan kapan-kapan. Insightnya gimana, udah bisa bikin video kece dong ya? Aku tuh lemah dalam pembuatan video huhuhuhu. Kalau ada kelas lagi kabarin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya namanya juga belajar, butuh proses. Pelan2 aja aku mah yang penting ada kemajuan ahahaha :D

      Delete
  24. Semoga aku ada semangat juga buat belajar bikin video 😅. Selama ini skip video memang kalo traveling, lebih karena males editingnya 🤭😁. Blm lagi voice over nya dll. Tapi mungkin kalo ada waktu, aku coba belajar pelan2, lewat anakku. Si kakak yg selama ini lebih jago edit video di capcut . Pas tanya belajar di mana, belajar di YouTube 😅. Memang emaknya aja yg blm mau usaha nih.

    Kopinya kliatan enak, sayang jauh mba. Kalo Deket pengen deh cobain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ayo mbak Fanny, sedikit2 aja yang penting ada sebagai dokumentasi keluarga. Ga perlu yang canggih2 amat editingnya :D

      Delete
  25. Ya ampun senangnya. Ngadain di cafe tebet ya. Kalau di jakarta, pasti diriku mau ikutan juga. Jaman sekarang jadi ibu di rumah itu emang udah banyak kok wadahnya. Baik yg ingin menyurkan hobi maupun jadi cuan pula. Moga makin semangat belajar videonya ya, Mba Nurul :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng donk :D Nambah ilmu nambah teman baru dll paket komplit deh hehehe :D Aamiin.

      Delete
  26. Skill video making ini sepertinya menjadi salah satu skill wajib yang paling (minimal) perlu dikuasai social media enthusiast saat ini. DInamika perkembangan audience, social media dan juga teknologi. Peralihan konsumsi konten dari visual dan text ke Audio Visual (+ Text) mau gak mau harus diikuti oleh kita (content creator) agar bisa terus relevan.

    Seru yah, belajar bareng coach yang asik dan juga bersama-sama di tempat yang enjoy banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua harus dikuasai, minimal basic-nya sudah bisa :D Supaya paket lengkap ya menjadi content creator.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.