Daftar Isi [Tampilkan]

Minum kopi di coffee shop itu biasa. Kalau sekalian belajar videografi, itu baru istimewa. Belajar ramai-ramai pun sudah biasa, apalagi bareng emak-emak. Kali ini aku mau cerita keseruan aku ngopi dan ngemil sekaligus private video session di Koffie Bloem. Sudah pernah belum? 

Awalnya, aku niat sekali mengajak Aa Rahmad dan Fakhri untuk belajar basic videography. Untuk apa? Ya buat traveling dong. Semua personil mesti bisa take foto dan video yang bagus. Setidaknya hasil dokumentasi wisata enak dipandang sebagai kenang-kenangan. Masa aku terus yang syut-syut? Giliranku disyut, kapan? Hahaha.

Ngopi di Koffie Bloem Paledang Bogor


Rafa nih andalan banget kalau foto dan video. Si sulung ka ada di Bandung, sudah mulai kuliah semester 1 program studi S1 Desain Komunikasi Visual di Telkom University. “Ya udah, kamu duluan aja belajarnya. Aku nanti aja pas waktunya bisa santai”, ucap suamiku. “Fakhri juga sibuk, Mah. Ga suka videoan. Kapan-kapan aja”, kata si gempal. Lha?

Baca: Peluang Karir Desain Komunikasi Visual di Industri Digital

Kenapa Mesti Belajar Video?

Jadwal kerja papanya anak-anak memang sangat padat. Bahkan masih Work From Home (WFH) dan Work From Office (WFO) 2:3 masih sama ketika zaman pandemi saat itu. Segala bujuk rayu sudah aku tancapkan padanya agar dia mau belajar video. Alhamdulillaah ia menganggukkan kepalanya, tapiiiiii…. Entah kapan mulainya wakakakaka katanya sih tahun ini. 

Sebenarnya aku cukup bisa videoan dan sering mengedit video. Namun aku merasa hasilnya kurang bagus, belum estetik dan ala kadarnya. Tapi aku pun mengapresiasi diri sendiri sejauh ini sudah berkembang keterampilan foto dan video. Biasanya aku pakai Inshot, namun aku ingin coba Capcut yang kata orang-orang lebih seru karena banyaknya menu.

Kegiatan dan kesukaanku yang utama tetap dalam bidang tulis-menulis seperti di blog ataupun dulu zaman buku-buku antologi. Singkat cerita, ternyata jodoh guruku eeeaaaa adalah Rudi Capriadi. Teman-teman mungkin sudah familiar dengan namanya ya. Kenapa pilih dia? Entahlah, bisa jadi rahasia Ilahi. Vlogger yang luar biasa hebatnya story telling dalam bentuk video. Feeling saja sepertinya dia cocok one on one denganku.

Ngopi di Koffie Bloem

Selasa, 3 Oktober 2023 aku berangkat dari rumah ke Stasiun Lenteng Agung naik Jaklingko lalu Commuter Line sampai Stasiun Bogor. Sudah janjian eh doi telat, wew! Jangan-jangan masih mencuci baju atau belum mandi. Maklum, namanya juga anak kost eh hahaha. Akhirnya Rudi datang juga! Kami langsung naik angkot lupa nomor berapa menuju sebuah coffee shop sederhana namun unik, namanya Koffie Bloem. 

Baca: Cara Beli Tiket Online Kereta Bandara Soekarno Hatta Via Website Raiink

Lokasi 

Koffie Bloem berada di Jalan Paledang No.38, RT.06 RW.07, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Kedai kopi dengan tagline Specialty Coffee Shop & Single Origin's And Eatery ini bersebelahan dengan JNE Paledang/ Favela Sunset.

Persis di sebrang Koffie Bloem terdapat sekolah TK dan SD. Pantas agak ramai ibu-ibu di sekitar kedua sekolah tersebut. Untungnya, saat kami datang sekitar pukul 10.30 an masih sepi di Koffie Bloem. Ada plang tulisan Koffie Bloem terlihat dengan papan JNE. Parkir mobil kayaknya cukup 2 saja dan sisanya motor deh.


Ngopi di Koffie Bloem Coffee Shop Bogor
Koffie Bloem Bogor

Jam Buka

Coffee shop ini buka setiap hari dengan jam operasional yang berbeda-beda. Misalnya Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat buka mulai 08.00 sampai 22.00 WIB. Adapun Sabtu dan Minggu jam buka sejak pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Asyik kan, pagi-pagi sudah bisa ngopi cantik di sini!

Suasana 

Sekilas seperti berada di rumah nenek ahahahah ngikutin orang-orang begitu kan? Apa benar siga di imah nini atawa aki urang? (Seperti di rumah nenek atau kakek kita). Coba lihat interiornya, yuk! Serba hijau menenangkan cat dindingnya dan perabotannya tempo doeloe.

Begitu tiba, tampak beranda Koffie Bloem yang terlihat teduh dan homey. Menapaki tiga anak tangga yang di samping kanan dan kirinya banyak pot tanaman mungil, benar seperti bertamu ke rumah zaman kolonial Belanda dahulu. Kusen pintu dan jendela pun serba hijau tosca. Temaram lampu hias sinar kuning menghiasi ruangan. 

Meja-meja, kursi-kursi, lemari dan ornamen di coffee shop juga cukup menawan. Memang tidak seberapa luas. Namun tempat ini bisa dibilang coccoklah untuk kita sekadar meet up, mengerjakan tugas kuliah maupun pekerjaan kantoran, selain ngopi tentunya. Ada sebuah televisi layar datar di sudut kiri ruangan bagian dalam.

Ngopi di Koffie Bloem Coffee Shop Bogor
Interior Koffie Bloem

Meskipun tanpa AC, saat itu di siang hari ternyata kami ga kegerahan. Sirkulasi udara cukup baik dengan atap yang tinggi dengan lampu gantung cantik serta jendela yang terbuka lebar. Lagi-lagi pot-pot tanaman hias berjejer rapi di sini. Aku dan Rudi pilih duduk di beranda saja.

Mungkin kalau boleh memberikan saran, ditambah toilet kecil di dalam. Supaya pelanggan ga perlu berjalan ke samping luar kiri mencarinya. Oh ya, kalau kalian ingin salat, cukup berjalan kaki beberapa meter saja sangat dekat ada sebuah masjid yang cukup besar, namanya Masjid At Taufiq.

Menu

Milks Base, Manual Brew, Signature Variant Coffee

Cukup beragam juga pilihan milk base, ada Bloem choco, taro, matcha, green tea, rocho dan matchagatto. Untuk manual brew tersedia V60, Japanese, Vietnam Drip dan Tubruk. Pilihan signature variant coffee ada bloemen koffie, vanilla latte, caramel latte, Spanish latte, biscoff koffie, ropresso latte dan baileys latte. Kalau ingin ditambah es, es krim maupun shot espresso juga bisa. Masih banyak minuman kopi lainnya di Koffie Bloem Bogor ini. Yakin ga bingung saking banyaknya? 😃

Tea Base & Premium, Milkshake, Fruity Frappe, Bloemitto Freshy

Di Koffie Bloem tersedia milkshake chocolate, cookies & cream, vanilla. Selain itu ada fruity frappe mango, mixberry, strawberry, avocado, sirsak, jambu merah. Untuk teh kita bisa pilih lychee tea, bloem tea dan lemon tea, cascara tea, silver white tea, green tea dan black tea.


Ngopi di Koffie Bloem Coffee Shop Bogor
V60, Bloemen Koffie dan Singkong Goreng

Ngopi di Koffie Bloem Coffee Shop Bogor
Daftar Menu Koffie Bloem Bogor


Makanan dan Camilan

Di sini tersedia rice bowl, beef rice, chicken bites & rice. katsu bowl & rice, grilled chicken, grilled beef saussage, beef spaghetti, mie goreng, bihun goreng, kwetiau goreng, nasi goreng, nasi ayam penyet, nasi ayam kremes, nasi ayam bakar.

Pilihan camilan banyak banget, ada risoles, kentang goreng, pisang cokelat, cireng, brownies, donat, pizza, chicken wings, sweet choco, choco cheece, beef & egg, French toast. Ada pula menu paket seru berdua seperti kentang goreng dan sosis, donat dan cireng, kentang goreng dan chicken wings dan sebagainya.


Ngopi di Koffie Bloem Coffee Shop Bogor
Menu Pilihan

V60, Bloemen Koffie dan Singkong Goreng adalah pilihan kami. Rudi maunya V60 dan aku Bloemen Koffie. Singkong goreng 1 porsi isi 4 potong lumayan gede-gede. Rasanya enak, gurih dan bumbunya pas. Pengen pesan grilled chicken dan grilled beef sausage eh ternyata bahan-bahannya belum ready hehehe.

Sebagai penyuka kopi yang ga sering nongkrong di coffee shop, aku sempat bingung juga saking banyak pilihan kopinya. Ternyata Rudi cukup tahu soal kopi. Mantap! Biasanya sih aku pilih kopi gula aren. Yang ini pun semacam itu, daripada mikir kelamaan wkwkwkwkw.

Jadi gimana tuh belajar video secara privat? Sulit diungkapkan ahahaha. Ya pokoknya coba Capcut, cara syut maju mundur, slide kiri ke kanan atau sebaliknya, tanya-tanya angle foto, seperti itu. Paling susah kalau ga pakai alat bantu. Asa kagok deregdeg alias gemetaran karena mesti syut sekian detik secara smooth

Baca: Ngopi dan Belajar Videografi di Loffee Coffee & Eatery 

Ini dia tantangannya bagaimana mengambil gambar tanpa gimbal. Posisi tangan, telapak tangan dan jari mesti diperhatikan baik-baik. Idealnya kita mesti praktik, ga cukup hanya teori. Lama-lama pasti bisa dan akan semakin estetik hasil videonya aamiin.

Rudi mengantar aku hingga memasuki Stasiun Bogor. Sebelumnya kami makan siang nasi goreng Aceh dulu dekat Koffie Bloem. Rudi menemani aku beli asinan buah dan sayur juga soto mie sebagai oleh-oleh buat Aa Rahmad dan ayang Fakhri. Aku juga beli roti Maryam Salman di sana. Aih, jajan terus nih. Hatur nuhun Rudi. Sesama urang sunda ya begini nih hihihihi.


Ngopi di Koffie Bloem Coffee Shop Bogor
Bersama Rudi di Koffie Bloem Bogor


Baca: Berburu Kuliner Bogor

Teman-teman, itulah cerita keseruan kami di Koffie Bloem Bogor. Semoga di lain waktu aku bisa main lagi ke Kota Hujan ini. Berharap di Jakarta turun hujan, soalnya sudah gerah sekali sih. Nantikan video reels aku di Instagram @nurul_sufitri ya. Terima kasih dan sampai jumpa!


64 comments:

  1. Kedai kopi emang cocok banget buat belajar bikin foto dan video. Mana mentornya sekece rudi capriadi, lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tempatnya nyaman, pas lagi sepi masih pagian. Apalagi plusnya gurunya kece ahahahahaha :D

      Delete
  2. Wah keren bisa kursus privat. Ditunggu ceritanya tentang kursus privatnya ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu udah ada cerita belajar videonya. Baca lagi deh :D

      Delete
  3. Semoga sedikit ilmunya bisa bermanfaat ya mba, jangan sungkan untuk tanya-tanya lewat Japri klo ada yg baru atau yg ingin ditahu atau ada yg kebingungan menyoal pervideo-an lewat CapCut. Gasskeun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siyap, Rud. Sedikit demi sedikit itu lebih baik dibandingkan ga mencobanya sama sekali :D Thanks :)

      Delete
  4. Tempat ngopinya bagus ini mbak, aku suka banget sama bangunannya sih. Tidak besar namun cukup sih ini untuk menikmati segelas kopi dan beberapa cemilan sambil duduk dan mengobrol ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak rumah mungil serba hijau adem jadinya :)

      Delete
  5. suasananya homey banget, interiornya juga dream aku banget ini mba Nurul banyak sentuhan tanaman hijau dan ornamen hijau..mau ah ke sana mampir kalau pas ke Bogor.

    ReplyDelete
  6. wah keren mbak kursusnya privat jadi bisa langsung dicek ya hasil videonya. tempat ngopinya juga asik nih kesannya homey gitu

    ReplyDelete
  7. Kereeeen banget ulasannya...WFC (Work from Cafe) memang selalu menarik apalagi dengan kopi sebagai teman setia...wah mantap... Tempat atau cafe yang nyaman membuat jadi betah menulis dan berlama-lama di koffie bloem ya mbak.... Sukses terus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas :) SIp, di coffee shop nyaman begini ngapain aja oke dan betah. Sama2.

      Delete
  8. Mba, dari stasiun Bogor ke tempat ngopi ini seberapa jauh ya mba? Nyaman nih tempatnya dan terasa homy adem walau nggak berpendingin udara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu kali naik angkot ga nyampe 2 km kayaknya.

      Delete
  9. Siang-siang, nongki di Koffie Bloem Bogor sambil belajar sama sahabat-sahabat tuh nyenengin banget sii..
    Ya, belajarnya, ya menikmati menu minuman dan makanan yang segarnya.
    Beneran vibesnya jadul dan terkesan sederhana. Membuat nyaman pengunjung.

    ReplyDelete
  10. Ihh gemes deh kalo liat kafe2 aestetik gini. Bawaannya pingin mampir terus foto2 kece buat sosmed. Kpn ke bogor wajib mampir nih

    ReplyDelete
  11. Semangat belajar ya. Akupun sebenarnya pengen punya pasangan yang bisa foto atau ambil video juga. Kalau nanti ketemu yang gak bisa, ya wis mari belajar bersama. Biar saat traveling punya kenangan gitu, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya donk demi dokmentasi keluarga yang lebih ciamik hahahaha :D

      Delete
  12. Wah enak kayanya kalo ada kafe yg buka pagi yak. Aku kadang nyari kafe buat tempat nyari inspirasi kalo ada deadline

    ReplyDelete
  13. Wah, aku senang ngopi mbak
    Bakal hepi klo bisa ngopi di cafe yang unik dan estetik seperti ini
    Ala vintage ya ini mbak

    ReplyDelete
  14. Tempatnya klasik ya mba, ini bangunan lawas kan ya gak perlu renov udah cakep banget
    jadi pengen mampir ke sini

    ReplyDelete
  15. Waaaah sama mas Rudi toh 😄😄😄. Memang bagus sih video2 bikinan dia, cocoklaah kalo privat ama mas Rudi mba.

    Aku tuh juga bukan tipe yg suka video tiap traveling. Krn bikin aku ga fokus Ama travelingnya hahahahaha. Memang dr dulu LBH suka foto aja, trus aku ceritain dlm bentuk tulisan.

    Untungnya kalo jalan Ama temen yg biasa jalan ma aku, salah satunya suka ambil video. Jadi aku mah tinggal pinjem punya dia wkwkwkwkkw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya mbak Fan. Rencananya suamiku bulan depan mau belajar syut2an sama Rudi. Enakan privat lebih ngerti dan bisa tanya2 leluasa one on one 😁👍

      Delete
  16. Secara harga termasuk terjangkau juga ya Mak. Kalau lagi di Bogor, bisa jadi opsi nongkrong bareng temen atau keluarga

    ReplyDelete
  17. Mbak tempat ngopinya cakep bangettt...mupeng unik.jadi pengen kongkow disana...next kalau ie Bogor mampir aahh..

    ReplyDelete
  18. Untungnya walau kedai kopi ada juga minuman yang bukan kopi ya. Keren euy bisa belajar privat. Selalu semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya donk jadi ada pilihan lain bun. Semangat terus 😘

      Delete
  19. seneng nih kalau coffeeshop menyediakan menu selain kopi juga. bisa ajak rombongan dan bisa memilih banyak varian minuman dan hidangan. mana tempatnya cakep dan homy banget ini

    ReplyDelete
  20. Jadi... motivasi utamanya adalah keinginan kuat untuk disyut ya mb? Haha

    Keren mb, saya jadi pengen ikutan, tp Bogor jauh ya dari Jogja 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha... makanya ntar suamiku mesti belajar privat sama Rudi supaya doi bisa videoin aku 🤣🤣

      Delete
  21. Artikelnya baru kuforward ke grup keluarga nih Mbak biar nanti mudik bisa hangout di sana kayaknya nyaman banget suasananya

    ReplyDelete
  22. tempatnya cakeeep ya m,ba. Duh suka lihat settingan yang jadoel tapi nyamaaan dan juga intim seperti ini. Dan selamat belajar fotografi in a fun way!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jadul nyeni ya. Belajar videografi, mbak :D

      Delete
  23. Coffee Shop emang tempat yang cocok banget untuk jadi lokasi belajar foto dan video making. Estetikanya dapet, suasananya juga dapat. Belum bonus ngopi cantik dan ganteng di Coffee shop, duh nikmat banget.

    Jadi pengen belajar video editing juga jadinya,

    Saran mulai darimana nih Mbak Nurul, buat yang mau baru belajar video making ala-ala untuk sosmed.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Rahman. Mulai dari sekarang coba syut2 beberapa detik aja dulu pelan2 jangan goyang 👍😄

      Delete
  24. Koffie Bloem tampak nyaman gitu ya meski tempatnya terlihat sederhana. Kopi dan camilannya juga tampak enak. Lumayan banyak menunya pula, ya. Jadi makin asyik belajar videografi di sana :)

    ReplyDelete
  25. Suasana kafenya nyaman banget, Mbak. Pas juga kalau buat take video di sana.
    Dan saya juga pingin belajar tentang videografi ini, tapi kok niatnya belum kuat. Setelah baca ini rasanya kayak tersemangati, hehe

    ReplyDelete
  26. Asyik, sekarang banyak mengulas kedai kopi. hehhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya donk, ga mau kalah sama mas Sitam :D Ngopi dan makan gorengan hihihi.

      Delete
  27. Waaah...baru aja pulang dari Bogor ..bisa jadi referensi nih..cakep banget kafe nya..saya selalu suka bangunan bercat putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Putih hijau, perpaduan warna interior yang cantik untuk coffee shop :D

      Delete
  28. kafenya nyaman sekali dan bikin betah ya mbak
    Btw, kalau privat gitu biasanya saya malah kagok karena saya orangnya sangat introvert mbak. Sukanya nyimak daripada bertanya :D
    Tapi seru sekali sepertinya belajar videografi, upgrade ilmu buat bikin konten

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaka privat aku mah, bebas tanya2 dan ada praktik juga syut2 ala2 ahahaha seru pokoknya lah :D

      Delete
  29. Ini cafenya nuansa betawi banget yaaa. Paling suka mampir ke tempat begini kalo lagi dikejar deadline atau lagi pengen menyendiri. Kopinya segelas, nongkrongnya lima jam, hahaha

    Oya. Kalo mau nge-shootnya enak, coba pake gimbal aja. Aku skrg udah mulai belajar nge-yutub juga mba, semenjak pake gimbal asyik aja hasilnya jadi selalu stabil untuk tanganku yang tremor. Pengoperasiannya bisa pake satu tangan, jadi bisa shoot sambil gendong anak juga. Trus harganya juga murah.

    Ah, jadi inget.. celah konten nih hahaha. Kapan2 aku bikin reviewnya ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru aku lagi belajar syut tanpa gimbal mas. Gimana cara pegang hp dll. Iya, coffee shop nya menarik banget dan bikin betah 👍😘

      Delete
  30. Wah kafenya enak banget sepertinya.

    Kelihatan sejuk dan adem banget.
    Cocok untuk tempat nongki cari inspirasi untuk bikin konten.

    Terima kasih sudah berbagi mba.

    ReplyDelete
  31. Nyaman banget nih tempatnya, Mba. Belum pernah sih belajar dengan metode seperti ini. Kelihatannya bisa jadi alternatif cara belajar lebih intensif, nih, Mba :)

    ReplyDelete
  32. nama cafenya unik mbak, koffie bloem, tadi aku sekilas baca bloem dengan belom hahaha
    wahh seneng banget nongkrong sama Rudi
    aku aja yang sering nongkrong, ga hapal jenis jenis kopi mbak, taunya pokok pesen dan menikmati aja
    meskipun dites sama temenku yang assesor kopi, tetep ga hapal hapal hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa, seru banget pokoknya ngopi, ngemil dan belajar video sama Rudi di Koffie Bloem :D Kemon kapan2 cobain, mbak Ainun :)

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.