Daftar Isi [Tampilkan]

Ini pertama kalinya aku mampir ke Loffee Coffee & Eatery. Kesan pertama begitu membuka pintu dan masuk ke dalamnya adalah rasa nyaman dan tercium aroma kelezatan yang membuat perut meronta-ronta minta diisi. Tempatnya estetik, cocok untuk hangout bersama keluarga, teman, sahabat, acara arisan dan ulang tahun, mengerjakan tugas sekolah, kuliah maupun kantor dan lain sebagainya.

Seru banget, pelayanannya ramah dan hangat. Apalagi ketika ada pengunjung baru masuk café disambut dengan kata “Always Loffee Youuuuu” hehehe 😂. Penting banget bahwa café ini sangat bersih sehingga membuat betah pelanggannya. Ada satpam di luar yang menjaga, ada lahan parkir mungkin yang hanya cukup untuk 2-3 mobil dan beberapa motor saja. Kendaraan lain bisa parkir di pinggir jalan raya sebrang café, insya allah aman. 


Ngopi dan Belajar Videografi di Loffee Coffee & Eatery Bersama Moms Video Maker Community


Belajar Videografi Bersama Moms Video Maker Community

Aku datang ke Loffee Coffee & Eatery ini sendirian pada Minggu, 24 September 2023 lalu. Lho, kok? Iya dong, sudah niat mau belajar videografi untuk pemula bareng teman-teman baru, namanya Moms Video Maker Community. Kebetulan aku pun baru bergabung dengan komunitas mereka, moms pencinta mobile videography

Walaupun awalnya agak gentar hahahah karena mereka kebanyakan mahmud alias mamah muda yang kece, ceria, ceriwis, aku ga boleh mundur. Usia bukan jadi penghalang untuk aku menimba ilmu dan wawasan, bukan? Apalagi aku niat banget ingin bisa lebih luwes syut dan edit video wisata keluarga. Makin semangat tentunya!

Di grup tersebut kita bisa upgrade ilmu, berkolaborasi dan berbagi ilmu tentang videografi. Moms admin MVM Community yaitu mami Ruffie, mom bubu Dita, mom Istiana dan mom Andinih. Rata-rata kami menggunakan handphone. Malah ada pula yang sudah siap dengan alat bantu seperti tripod, tongsis dan stabilizer.

Tips Mudah Film Making Basic Feetra Film School 

Pengambilan video biasa dilakukan dengan kamera mirrorless, DSLR, handycam juga. Suami mami Ruffie juga turut berbagi ilmunya. Kebetulan si papi memberikan contoh dengan DJI miliknya. Berikut adalah basic videography dari @gustifirly trainer Feetra Film School @feetrafilm, yakni:

1. Size Shoot

Tiap syut memiliki ukuran yang berbeda-beda. Extreme Long Shot disebut juga Establish Shot. Ukuran shot yang lebar fungsinya untuk menunjukkan suasana lokasi atau adegan secara luas. Misalnya pemandangan gedung, rumah dan lain-lain, bukan fokus pada objek maupun talent-nya.

Long Shot atau Master Shot menunjukkan informasi lokasi dan objek  Full Shot ukuran lebih pada lagi, batas bawah kaki objek dan batas atas kepala dengan sedikit head room. Knee Shot batas bawah adalah lutut, mulai fokus kepada objek. 

Medium Shot, paling sering digunakan banyak film, shot padat, ukurannya dari atas pusar sampai atas kepala. Close Up sangat penting untuk menentukan detail wajah atau ekspresi. Extreme Close Up di mana size shot sangat padat, detail untuk menunjukkan ekspresi misalnya mata, mulut dan sebagainya.  

2. Head & Looking Room

Head Room adalah ruang kosong antara ujung kepala sampai ke atas frame. Ketika kita membuat sebuah adegan, kita harus memperhatikan hal tersebut. Jangan sampai Head Room terlalu sempit, karena objek akan terlihat padat sekali dan sebaliknya. Jika Head Room terlalu lebar, maka objek/ talent terlihat tenggelam atau seperti cebol. 

Looking Room adalah ruang kosong untuk memberikan jarak antara mata ke ujung sisi frame. Idealnya. ruang kosong mata ke ujung frame. Frame yang tidak ideal ketika Looking Room sempit

3. Level Angle

Level Angle adalah tinggi atau posisi kamera kita terhadap objek apakah di atas, tengah atau bawah. Eye Level posisi lensa kamera adalah mewakili mata penonton Eye Level posisi lensa kamera sejajar dengan objek atau sesuai mata manusia pada umumnya. Fungsinya untuk menunjukkan suasana santai, informasi yang normal. 

High Angle posisi kamera di atas objek. Fungsinya menunjukkan si objek terlihat kecil atau tertekan. Low Angle posisi kamera di bawah objek. Fungsinya menunjukkan objek besar, berwibawa, hebat, jagoan, penindas dan lain-lain. 

4. Point of View & Over Shoulder

Point of View adalah shoot arah pandang si talent/ pemain. Contoh seseorang memandang ke suatu arah atau tempat tertentu, kita buat Point of View-nya seolah-olah itu adalah arah pandang atau mata yang memandang dari si talent supaya penonton tahu apa yang sedang dipandang talent. Over Shoulder adalah shoot yang dibuat dengan menggunakan bahu untuk fore ground lawan mainnya.  

5. Matching The Movement

Shoot yang match dari shoot 1 dengan shoot berikutnya karena ada yang namanya movement object. Misalnya objek naik sepeda dari kiri ke kanan. Maka di shoot selanjutnya kita harus membuat shoot yang sesuai in frame dari ke kanan, jangan sampai terbalik. 

6. Gimbal/ Camera Movement

Ada beberapa jenis shoot gimbal. Pergerakan kamera yang harus diperhatikan yaitu: 

  • Track In adalah kamera maju mendekati objek. 
  • Track Out yaitu kamera mundur membelakangi objek. 
  • Follow yaitu kamera bergerak mengikuti objek. 
  • Orbit yaitu kamera bergerka mengitari objek. 
  • Swing yaitu kamera bergerak seperti menyapu misalnya dari atas ke bawah atau sebaliknya. 
  • Slide yaitu kamera bergerak ke kiri atau kanan. Supaya lebih pergerakan lebih terasa dan dramatik kita bisa memberikan foreground (benda di depan objek).

Nah, teman-teman itulah sedikit pembahasan singkat mengenai tips mudah film making untuk pemula. Sebaiknya langsung dipraktikkan ya, jangan dibaca teorinya saja. Yuk, semangat latihan! Selanjutnya aku mau spill beberapa menu di Loffee Coffee & Eatery Tebet nih. Mari simak bersama!

Baca juga:

Coffee Toffee Margonda, Tempat Ngopi dan Nongkrong Asyik di Depok

Menikmati Sajian Nusantara di Rumah Sarwono Resto & Coffee Shop

Rummah Do'A Dik Doank, Cafe Hiddem Gem Nyentrik di Tangerang Selatan

Loffee Coffee & Eatery

Lokasi

Loffee Coffee & Eatery berada di Jalan Tebet Timur Dalam Raya No. 44B RT 4 RW 9, Tebet Timur, Jakarta Selatan 12820. 

Jika teman-teman naik moda transportasi commuter line, kalian bisa turun di Stasiun Cawang dan keluar melalui pintu B arah Tebet Timur. Setelah itu bisa berjalan kaki kurang lebih 9 menit sepanjang 650 meter saja. Dekat, bukan? Pilihan lain adalah naik ojek pangkalan atau ojek online dengan ongkos belasan ribu rupiah. Terlihat JakLingko saat aku berada di sana, namun aku tak sempat mencari tahu rute angkutan itu sampai atau tidak di café yang dituju.


Ngopi dan Belajar Videografi di Loffee Coffee & Eatery Bersama Moms Video Maker Community
Loffee Coffee & Eatery Tebet

Jam buka

Jam operasional café atau coffee shop ini tidak sama setiap harinya yakni sebagai berikut:

  • Senin, Selasa, Rabu Kamis: 10.00-22.00 WIB
  • Jumat dan Sabtu: 10.00-00.00 WIB
  • Minggu: 10.00-22.00 WIB
  • Happy hour: 10.00-12.00 

Fasilitas

Café ini terdiri dari 2 lantai. Di lantai 1 ruangannya non smoking dengan desain interiornya yang cantik dan bersih sekali. Warna dinding, meja, kursi dan perintilannya sangat lembut ada warna putih, krem, cokelat dan keemasan. Ada toilet, wastafel dan cermin yang tampak bersih terawat.

Di lantai 2 terdapat ruangan semi outdoor, musala dan tempat wudhunya, Selain itu ada sebuah toko batik dan ruangan VIP bisa digunakan untuk meeting dan sebagainya. Kita juga bisa menikmati makanan dan minuman di ruangan luar/ outdoor yang nyaman dengan angin sepoi-sepoi. 

Aku lihat tempat pesan makanan dan kasirnya juga kelihatan nyeni dan unik. Pencahayaannya juga cukup terang. Apalagi lemari pendingin gelatonya juga membuat siapapun yang melihat, ingin langsung menikmatinya. 


Ngopi dan Belajar Videografi di Loffee Coffee & Eatery Bersama Moms Video Maker Community
Fasilitas dan Interior


Ngopi dan Belajar Videografi di Loffee Coffee & Eatery Bersama Moms Video Maker Community
Semi Outdoor Room, Musala dan Toko Batik di Lantai 2

Menu

Loffee Coffee & Eatery menghadirkan sajian minuman aneka kopi, non kopi, gelato dan masih banyak lagi. Ada Croffle series, Sweet series, Savory series, Crogger (Croffle Burger), Appetizer dan Snack, Mini Drum Stick (South Korea), Dutch Cheesy Bitterballen, Pasta series, Dessert, Ruce Bowl series, Indonesia dan Asian Signature.

Croffle

Katanya sih kalau ke sini kalian wajib pesan Croffle-nya. Sebagai menu andalan yang highlight gitu. Aromanya menggugah selera, lho. Sayang banget waktu aku aku ga coba hehehe cukup menyesal juga deh. Semoga di lain kesempatan aku bia ajak anak-anakku santap siang di Loffee Coffe & Eatery sekalian mampir ke Eco Park Tebet. 

Pilihan Croffle di sini  ada Classic Croffle Sweet & Buttery, Sweet Croffle (Create Your Own), Savory Croffle (Salty or spicy not sweet). Untuk Savory Croffle ada beberapa pilihan seperti Carbonara Croffle, Creamy Mushroom Croffle, Bolognese Croffle, Croffle with Cheese Fondue dan Mushroom Soup with Croffle dengan harga mulai dari Rp 42.000,- Untuk Croffle Burger atau Crogger bisa pilih tanpa gula maupun sedikit gulanya.


Ngopi dan Belajar Videografi di Loffee Coffee & Eatery Bersama Moms Video Maker Community
Makanan


Rice Bowl, Pasta & Chicken Steak

Menu pilihan Rice Bowl yakni Chicken Crispy Original, Chicken Cabai Garam dan Chicken Black Pepper. Adapun menu Pasta beragam pilihan seperti Bolognese, Carbonara, Cheesy Pasta, Aglio E. Olio dan Pesto dengan kisaran harga Rp 48.000,- Untuk Chicken Steak ada pilihan Crispy dan Schnitzel seharga Rp 58.000,-

Korean Food

Cheese Corn Korean Style, Cheese Corn Indonesia Style, Cheese Buldak, Ramyeon, Kimchi Bokkeum Bap, Gyeran Jjim, Chibap, Kimchi Jjigae, Tteokbokki, Dak Galbi dengan harga mulai dari Rp 48.000,- dan ada pula yang disajikan khusus untuk 2-3 porsi.

Indonesian & Asian Signature Food

Pilihan menu Indonesia dan Asia di café ini ada nasi ayam goreng sambal balado, sambal kemangi dan sambal terasi. Ada juga Nasi Garang Asam, Nasi Soto Lamongan. Selain itu untuk mie, kwetiaw, bihun dan nasi kita bisa pilih Goreng Kampung atau Goreng Spesial maupun Goreng Hongkong. Semua menu ini kisaran harga mulai dari Rp 45.000,-


Ngopi dan Belajar Videografi di Loffee Coffee & Eatery Bersama Moms Video Maker Community
Minuman

Loffee Special Blend

Untuk minuman ada Loffee Special Blend seperti Coffee Pinky Blossom, Salted Caramel Machiato, Virgin Mary, Kiwi Spritzer, Blue Lagoon, Korean Milky Starwberry, Apple Virgin Mojito, Beauty Lady, Orange Pearl Tea, Rainbow Unicorn, Banana Sour Twist, Butterbeer, Milky Taro, Coffee Taro dengan kisaran harga mulai dari Rp 30.000,-

Classic Coffee

Special Blended Coffee dari Loffee Coffee & Eatery ini dapat dipilih yakni Americano, Macchiato, Long Black, Affogato, Coffee Latte, Cappucchino dan Piccolo dengan harga mulai dari Rp 24.000,

Coffee Series

Pilihan kopi di Loffe Coffee & Eatery ada Loffee Coffee Signature, Brown Sugar Coffee, Caramel Latte, Vanilla Latte, Hazelnut Latte, Rhum Latte (Non Alcohol), Butterscotch Latte, Pandan Latte, Roasted Barley Coffee, Popcorn Coffee Latte, Coconut Latte, Soya Latte dan Coffee Latte Float. Untuk harga minuman kopi ini mulai dari Rp 26.000,-

Non Coffee

Untuk minuman selain kopi, kita bisa pilih Lotus Biscoff Milk, Honey Yuzu, Yuzu Mlik Float, Milo Dinosaur, Classic Chocolate, Chocolate Rhum Biscuit, Regal Rhum Milk, Popcorn Milk Float, Matcha Milk, Soya Matcha, Soya Pandan, Cendol Fresh Milk, Lychee Tea dan Lemon Tea dengan harga mulai dari Rp 24.000,-


Ngopi dan Belajar Videografi di Loffee Coffee & Eatery Bersama Moms Video Maker Community
Suasana di Cafe


Ngopi dan Belajar Videografi di Loffee Coffee & Eatery Bersama Moms Video Maker Community
Foto Bersama Moms Video Maker Community (Foto atas: Istiana, bawah: Ruffie, kanan: Nurul. S)

Overall, aku suka dan puas dengan pelayanan dan menu dari Loffee Coffee & Eatery ini. Buat kumpul bareng orang-orang tersayang, memanjakan perut, WFC dan sebagainya pasti pas. Stop kontaknya banyak, jangan khawatir kalau mau laptopan lama sekalipun. Tonton video reels-nya di Instagram aku @nurul_sufitri "Kopi dan Videografi' ya. 

Terima kasih buat moms admin dan Moms Video Maker Community. Tambah ilmu dan wawasan baru, teman-teman yang seru dan menyenangkan. Semoga di lain kesempatan kita bisa bersua kembali ya. Sampai jumpa lagi 😂


56 comments:

  1. Wah ini sih menarik, kumpul² yang berfaedah, ada ilmu yang bisa diambil dan dinagikan.
    Video itu ternyata gak asal, kadang lihat Youtuber² punya video hasilnya enak dinikmati, kalau buat sendiri koq susah, maunya gitu tapi wujudin bingung karena gak paham tekniknya dan ini dishare dan bisa dicoba, oto dadak hehehe 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kumpul2 tambah semuaaaaa hahaha :D Alhamdulillaah sedikit2 belajar pelan2 dan harus latihan supaya hasil videnya lebih cakep :D

      Delete
  2. Bisa nih dijadikan pilihan buat cafe hopping kalau pas ke Jakarta. Btw, thank you Mak tips film making-nya, sungguh bermanfaat buat aku yang juga lagi belajar videografi ~

    ReplyDelete
  3. Seru semangat belajarnya 😍dan tempatnya enak ya mba. Aku penasaran crogger deh huaaa. Lafar jadinya. Minumannya segar2 banget,lengkap ada kopi juga. Masya Allah..

    ReplyDelete
  4. tempatnya nyaman nih mak. apalagi kalau kopinya sedap dan cemilannya enak2 kayak gini. belajar sambil nugas oke2 aja nih. bisa dapat banyak inspirasi untuk kerjaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. All in 1 lengkap semua dan fasilitas oke juga.

      Delete
  5. Wah seru banget ini belajar fotografi di tempat yang asyik. Dapet ilmu banyak dan makan minum enak. Hihi.
    Teknik-teknik fotografi/videografinya memang kudu dipraktekin ya, Mbak. Kalau dibaca aja ya mana bisa bikin foto/video bagus :D
    Btw Loffee Coffee cukup luas dan tampak sangat nyaman untuk pengunjung, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kudu dipraktikkan jangan teorinya aja hihihii.

      Delete
  6. Tempatnya cakep ya, menunya juga lengkap bukan cuma kopi dan camilan doang...
    Makasis sharing ilmunya ya mak, saya jadi ikut belajar juga...

    ReplyDelete
  7. Sebenarnya tempat-tempat seperti ini bisa sebagai ajang promosi kafenya hhahahaha.

    ReplyDelete
  8. Duh aku malah salfok sama menu makanannya di Loffee Coffee, menarik sekali dan pasti enak-enak ya mak. Btw untuk aku yang memang jarang bikin video karena mager anaknya, jadi dapat ilmu banyak nih tentang videography. Seru sekali ini belajar sama-sama di komunitas videography.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak dan bikin kenyang hihihi :D AKu lagi demen videoan wkwkwkwkw jangan sampai momen berharga tidak ada videonya sama sekali :)

      Delete
  9. whaaa aku ketinggalan ... mau belajar secara onsite gini supaya mudah praktik langsung. Kalau bingung, bisa nanya-nanya deh. Semoga ada lagi yah. Btw, kafenya cantik yaa estetik juga, cakep buat latihan buat konten.

    ReplyDelete
  10. Asyik banget ini cafenya mbak, menu-menunya juga menggoda.
    Seneng ya bisa kumpul di tempat seasyik ini, bisa nambah teman, nambah ilmu pula.
    Eh mbak Nurul juga kan masih tergolong mamah muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik dong. Aiiiihhh alhamdulillaah ada yang bilang aku mamah muda ahahaha thanks :)

      Delete
  11. Wah, asyik banget nih bisa belajar bikin video bareng Moms video maker community. Tempatnya juga cakep. Designya keren. Bakalan betah nongkrong ama ngopi di sini.

    ReplyDelete
  12. Duh..menu-menu cafenya bikin laper nih... Enak ya cafenya buat nongki sambil belajar bikin video.. Ilmu bikin videonya mantep banget nih kak..

    ReplyDelete
  13. Always love youuuu mbaaaa nurul hehehe. Cafe-nya tampak nyaman sekali yaaah, hidangannya jg cem-macem. Plus dapat asupan ilmu yg juga bergiziii. Kalau lihat video2 para mastah, aku suka mikir, tau aja ini ambil angle yg keren. Giliran ditiru, hasilnya beda jauh hahahaha. Emang practice makes perfect sih yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Love youuu toooo hahahah :D Nyaman. Kudu banyak order biar banyak yang disyut hahahaha :D

      Delete
  14. Memang ya yang utama itu teorinya dipraktikkan. Jadi bisa sekaligus mengenal dan memahami, malah bisa tahu dimana kekurangan dan bagaimana cara memperbaikinya. Meski gak punya kamera pro, modal kamera ponsel, tapi kalau sabar dan teliti belajar serta praktiknya insyaallah hasilnya semakin hari semakin baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Ada teori kudu langsung dipraktikkan. Pakai HP aja udah cukup. Kalau ada modal tambah gimbal oke tuh.

      Delete
  15. belajar di tempat ngopi secantik itu makin semangat nih belajarnya. seru banget mba, pingin juga deh ikutan gabung sama kegiatannya mama2 video maker yang keren2 iniih

    ReplyDelete
  16. Wah ini enggak enak kalau cuma baca teorinya, kudu ikutan praktik biar bisa juga ngambil gambar video yang bener hehe.
    Owalah ternyata kafenya di Tebet ya, kirain area Depok atau Jaksel yang mendekati gitu. Asyik banget ya vibesnya buat kumpul2 sambil belajar gtu :D

    ReplyDelete
  17. Minimnya pengetahuan membuat foto dan video yang estetik, pastinya menarik kalau ada yang sharing mengenai belajar videografi. Mengingat kini banyak sosial media yang berkaitan dengan konten video yang disukai banyak pengunjung. BUkan hanya keidean sebuah konten yang positif, tetapi juga melatih kemampuan diri untuk terus membuat sajian konten kekinian.

    ReplyDelete
  18. Tempatnya asyik dan nyaman ya..... sebagaimana penggemar nasgor, kayaknya saya pengin mencoba deh :)

    ReplyDelete
  19. Aiiih senang sekali bisa mendapat tambahan ilmu seputar teknik pengambilan video ya mbak. Mamak2 kece nih yang sudah pernah kulihat videonya bagus2. Mana tempat ketemuannya kece juga. Penggemar kopi pasti suka banget ke Loffee.

    ReplyDelete
  20. Buatku sendiri, bikin video itu butuh effort yang besar. tapi memang menyenangkan, karena eksplorasinya lebih luas. Ada momen belajar begini, menyenangkan juga ya. Karena bisa langsung praktek juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kudu punya tingkat kesabaran level tinggi videoan dan editnya.

      Delete
  21. Seneng bnget dapat ilmu mbaa..aku udah belajar ini juga tinggal prakteknya aja ini..

    Kepingin sekali2 mampir tempatnya baguss yakk makanannya juga enak2 kelihatanny

    ReplyDelete
  22. kesan pertama lihat foto kafenya
    mewah dan instagramable
    ini bisa lama2 foto2 doang ini
    di segala sisi

    ReplyDelete
  23. Tempat kopinya sih yg aku tertarik 😍😍. Kliatan nyaman, tapi menu juga banyak. Kalo croffle aku kurang doyan, Krn manis, tapi syukur deh kalo ada menu berat yg gurih2 😄😄. LBH milih itu aku mba.

    Untung tempatnya ga jauh2 amat nih. Tapi akh pikir bakalan Jaksel di daerah pondok indah kesono hahahahahah. Kalo itu suami males datangin. Tapi Tebet dia msh mau 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, berarti suaminya mauuuu diajak ngopi dan ngemil di sini, mbak Fan hehehe....

      Delete
  24. Seru banget ya kalo bisa ngumpul sesama ibu2 sambil berkarya. Pengen ih ikutan, berhubung lagi suka banget bikin video. Lofee ternyata semacam always lofee yu gitu lucu juga hehehe. Interior nya manis dan elegan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuuuu pokoknya love2an mulu ahahahaha ❤️👍😂

      Delete
  25. Cozy banget tempatnya mba.. enak dipake ngumpul keluarga juga yaa.. cukup luas juga pilihan bangkunya. Menunda menarik sekaliii..

    ReplyDelete
  26. Loffee coffee and eaterynya nyaman ya mba untuk meeting. Suasananya itu lho sahdu dan ga terlalu ramai sepertinya. Jadi meeting ga terganggu. Apalagi ada toko batik bisa sekalian cuci mata. Dan ruang vip yang pastinya enak untuk rapat

    ReplyDelete
  27. gini nih kumpul bermanfaat, silahturahminya dapat, ilmunya pun dapat. makasih mbak udah sharing karena jadi tahu jenis-jenis shoot kalau mau bikin film dan itu pun bisa diterapin kalau kita bikin video buat sosmed ya

    ReplyDelete
  28. Wah wah, dobel-dobel nih asyiknya. Ya dapat ilmu berharga tentang videografi, ya bisa refreshing juga di tempat homy dan cozy kayak begitu. Mauuu aku juga bisa begitu. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuu iya seruuuu :) Alhamdulillaah, yuk ikutan!

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.