Daftar Isi [Tampilkan]

Kali ini aku mau bercerita tentang acara tasyakuran kelulusan putri sulung tercinta, Rafa Shahira. Perhelatan istimewa ini diselenggarakan sebagai rasa syukur atas kelulusan siswa SMAN 49 tahun ajaran 2022-2023 (Angkatan 41). Tasyakuran yang mengusung tema “Achieve All Tracks of Time by Time Traveling” pada hari Sabtu, 17 Juni 2023 bertempat di Ballroom Puri Agung Grand Sahid Jaya Hotel Kav. 86, Jalan Jenderal Sudirman Jakarta.

Akhirnya ditulis juga nih cerita tasyakuran teteh Rafa. Ya, meskipun momennya sudah lama terlewat, ga apa-apa dong. Saking terlalu sibuk dengan urusan PPDB SMAN ayang Fakhri dan pendaftaran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lady Rafa yang prosesnya cukup panjang, kini aku sudah mulai bisa bernafas lega. 


Tasyakuran Kelulusan Siswa SMAN 49 di Grand Sahid Jaya Hotel


Alhamdulillaah, Rafa Lulus SMA!

Alhamdulillaah, Rafa akan memasuki dunia perkualiahan di Fakultas Industri Kreatif Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) di Telkom University Bandung. Anakku ini daftar Tel-U melalui jalur nilai UTBK (tanpa tes) namun tetap menyertakan gambar portofolio dan esai sebagai salah satu persyaratannya. Sudah ikhtiar untuk ISI Jogja dan UNS Solo namun ternyata tidak berjodoh kuliah di sana.

Cerita soal sekolah dan kampus anak-anakku nanti bakalan aku ulas di judul-judul selanjutnya ya, teman-teman. Sekarang mau fokus dulu di tasyakuran Rafa. Walaupun singkat saja, tetapi tetap harus ada di blog ini tentunya. Sebagai kenangan yang tak akan lekang oleh waktu. Teman-teman juga sudah merayakan tasyakuran si kecil kesayangan, bukan?

Sebenarnya saat itu tasyakuran sudah dijadwalkan akan diadakan pada pagi hari hingga siang di sebuah hotel di bilangan Jalan Antasari. Namun tiba-tiba ada pengumuman yang mengatakan bahwa acara akan dilangsungkan di Grand Puri Sahid Jaya Hotel di Sudirman mulai pukul 14.00 sampai 19.00 WIB. Para orangtua murid termasuk aku sempat terkejut juga sih, tetapi tetap bersyukur. Yang penting acara berjalan lancar dan sesuai rencana panitia.

Tasyakuran

Tasyakuran berasal dari bahasa Arab.  Secara istilah, tasyakur adalah kegiatan bersyukur dan berterima kasih kepada Allah SWT. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata tasyakuran adalah selamatan untuk bertasyakur. Contoh: Ia mengadakan tasyakuran karena anaknya telah lulus ujian. 

Tasyakuran pada umumnya dilaksanakan secara bersama-sama, diisi dengan pengajian, doa bersama serta kegiatan lain yang berkaitan dengan tema syukuran. Secara budaya turun-temurun, tasyakuran juga dilengkapi dengan acara makan bersama. Tak lupa juga dokumentasi yang ciamik dan luar biasa harus lengkap tentunya.

Susunan Acara

Susunan Acara Tasyakuran Kelulusan Siswa SMAN 49 Jakarta yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 17 Juni 2023 di Ballroom Puri Agung, Grand Sahid Jaya Hotel adalah sebagai berikut:

Registrasi & Open Photobooth: 14.00-14.30

Sound Opening oleh Panitia: 14.30-14.33

Pembukaan oleh MC: 14.33-14.36

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya: 14.36-14.39

Pembacaan Doa Pembuka: 14.39-14.42 (Muhammad Fahrezi Azzikra)

Sambutan Perwakilan Orang Tua Murid Kelas XII: 14.42-14.45 (Bapak Agustinus Gunawan Sriutomo)

Sambutan Ketua Komite: 14.45-14.48 (Bapak Dandy Capryanto Hermawan) 

Sambutan Kepala Sekolah: 14.48-14.51 (Bapak Siswanto, S.Pd)

Pengalungan Medali dan Foto: 14.51-15.11 (XII MIPA 1 oleh Bapak M. Andriyansyah, S.Pd), 15.11-15.31 (XII MIPA 2 oleh Bapak Drs. Misbachuddin).

Penampilan Ekstrakurikuler Band: 15.31-15.36 (Membawakan Lagu Kangen Dewa 19)

Pengalungan Medali dan Foto: 15.36-15.56 (XII MIPA 3 oleh Bapak Ajai Mulyawan, S.Pd, (XII MIPA 4 oleh Bapak Amron Khasani, M.S.I selaku Wali Kelas MIPA 4).

Penampilan Ekstrakurikuler Dixie: 16.16-16.25 (Ekstrakurikuler Dixie)

Pengalungan Medali dan Foto: 16.25-15.45 (XII IPS 1 oleh Bapak Suratman, M.Pd), 16.45-17-05 (XII IPA 2 oleh Bapak Adi Mulyadi, S.Pd).

Penampilan Spesial untuk Kelas XII & Panitia: 17.05-17-15 (Home Band Proffesional & Panitia)

Salat Ashar, Maghrib, Photobooth, Photo Strips: 17.15-18.00 (Break Time, penampilan home band, area photo booth, photo strips).

Makan Malam: 18.00-19.00 (Sie konsumsi dan banquet hotel).

Penampilan Bintang Tamu: 19.00-20.00 (Sie konsumsi dan banquet hotel).


Tasyakuran Kelulusan Siswa SMAN 49 di Grand Sahid Jaya Hotel
Foto Siswa MIPA 4 Bersama Wali Kelas 

Singkat cerita, kami sempat bingung mau salat zuhur di rumah atau di tempat acara. Setelah ditimbang-timbang, akhirnya diputuskan salat zuhur terlebih dahulu di rumah, dandan, berkebaya dan segera berangkat. Memang jatuhnya terlambat sih, para siswa dan orangtua sudah duduk manis di Ballroom Puri Agung Grand Sahid Jaya Hotel. 

Si papah menurunkan aku dan Rafa di depan pintu masuk lobby, setelah itu ia mencari area parkir mobil yang masih ada di seberang gedung. Setelah mengisi buku tamu maupun registrasi, kami pun menempati kursi yang tersedia, berdasarkan kelas asal masing-masing anak. Aku mencari kolom kelas 12 MIPA 4. Acara masih di seputar pidato sambutan ketika kami tiba. 

Betapa bangga dan bahagia kami mengikuti tasyakuran kelulusan murid SMAN 49 Jakarta. Terharu? Pasti. Yang seru lagi, ternyata Rafa pandai mendandani wajah, lho. Nih, make up aku dan Rafa by Rafa :D Keren lah buat pemula seperti anakku ini. Apa mungkin ada hubungannya dengan hobi menggambar, melukis anakku dengan make up wajah? Hahaha, mantap deh.

Oh ya, wali kelas Rafa di kelas 10 adalah Ibu Eny Sumarni, S.Pd. Beliau merupakan guru bahasa Inggris serta Pembina FLS2N. Ketika berada di bangku kelas 11, wali kelas Rafa adalah Ibu Ulul Widiawati, S.Pd yang merupakan guru geografi. Adapun wali kelas di kelas 12 yakni Bapak Amron Khasani, M.S.I sebagai guru Pendidikan Agama Islam dan Pembina Rohis.

Alhamdulillaah (lagi) saat acara tasyakuran Pak Amron selaku wali kelas dapat hadir serta turut dalam pengalungan medali kepada para siswa kelas 12 MIPA 4 dan berfoto bersama. Ada beberapa wali kelas lain yang rupanya berhalangan hadir. Pak Amron ini orangnya kocak. Anak-anak sangat menyukai beliau. Bisa dikatakan humoris.

Senangnya lagi, aku sudah punya ponsel baru yakni Samsung A54 5G 256 GB berkah ngeblog, yeay! Jadi ga worry soal dokumentasi Rafa di acara tersebut, baik dalam bentuk foto maupun video. Teman-teman bisa melihat foto-foto dan menonton video reels tasyakuran kelulusan Rafa dkk di Instagram aku ya. Ada juga sih videonya di Youtube. 

Saat giliran siswa kelas 12 MIPA 4 akan naik ke atas panggung untuk dikalungi medali dan foto bersama, aku sudah siap maju ke depan. Ini namanya posisi menentukan jepretan, bukan hanya berlaku pada prestasi saja hehehe. Anakku orangnya memang ga demen amat difoto. 


Tasyakuran Kelulusan Siswa SMAN 49 di Grand Sahid Jaya Hotel
Rafa Bersama Pak Amron dan Puput

Tapi dari awal kubilang buat kenang-kenangan jadi harus mau aka maksa wkwkwkwkwk. Kataku, “Pokoknya kasih senyuman termanis ya, Nak. Kalau mamah kangen Rafa kuliah di luar kota, kan mamah bisa lihat kamu di album foto. “Iya mah,” ujarnya.

Sesi pengalungan medali diselingi dengan penampilan para siswa dari berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Ada grup band siswa yang menyanyikan lagu Dewa 19, ada modern dance, tarian lain, lantunan lagu dadakan dari siswa dan masih banyak lagi. Sesi salat maghrib disertai dengan santap malam. 

Photo booth yang sedianya dilakukan di awal acara, karena kami datang terlambat, jadilah mengambil waktu di momen ¾ akhir. Photo booth dengan fotografer yang oke dan alhamdulillaah ada seorang gadis yang merupakan kakak OSIS turut membantu mengabadikan kami bertiga menggunakan ponselku. Terima kasih ya. 

Baca:

Potret Wisuda Virtual dan Kelulusan Anak-anakku Saat Pandemi Corona

Me, Wearing A White Coat: Cita-Cita Anak Sulungku dalam Sebuah Karya Tulis Berbahasa Inggris

Alunan Lagu Novaja Kukla - Die Neue Puppe oleh Rafa Shahira dalam Indonesia National Piano Festival


Tasyakuran Kelulusan Siswa SMAN 49 di Grand Sahid Jaya Hotel
Aku, Aa Rahmad dan Rafa

Bahagia sekali aku, papa Rafa, Rafa dalam acara yang luar biasa ini. Si bungsu Fakhri ada di rumah. Gempalnya mamah ini juga punya acara tasyakuran sendiri minggu depan. Nanti ada ceritanya di judul berikutnya ya. 

Setelah santap malam bersama, photo booth maupun foto bebas, sesi terakhir adalah keseruan siswa menari, berjoget bersama mengikuti irama lagu. Mereka berbaur, bercanda tawa dan haru, tak terasa akan berpisah. Padahal belajar luring hanya 1 tahun selama mereka duduk di kelas 12. 


Tasyakuran Kelulusan Siswa SMAN 49 di Grand Sahid Jaya Hotel
Rafa Berama Bestie


Tasyakuran Kelulusan Siswa SMAN 49 di Grand Sahid Jaya Hotel
Bersama Orangtua Murid Kelas 12 MIPA 4

Terima kasih yang sebesar-besarnya kami haturkan kepada para guru SMAN 49 terutama para wali kelas Rafa, atas segala perhatian, bimbingan, kasih sayang yang telah diberikan. Terima kasih yang tak terhingga kami sampaikan juga kepada guru-guru yang telah menjadi suri tauladan dan akhlak yang mulia dan berbudi luhur, sehingga anak kami serta para murid menjadi anak shaleh dan shalehah. Alhamdulillaah.

Ada perjumpaan, tentu ada perpisahan. Tak bersua entah sampai kapan. Yang jelas, persahabatan di antara siswa akan ada selamanya. Meskipun jarak dan waktu yang ditempuh tak sebentar. Selamat atas kelulusan Rafa dan seluruh siswa SMAN 49. Semangat menuntut ilmu di bangku kuliah demi masa depan gemilang aamiin.



52 comments:

  1. alhamdulillahh ikut bahagiaaaa, selamat yaaaa, semoga berkaahhh ilmunyaaa

    abis gini kuliah di BDG yaaa
    seruuuu, senang ya klo anak bs menempuh pendidikan sesuai passion

    ReplyDelete
  2. Ini kalau dijamanku disebut acara perpisahan, sekarang lebih ke acara syukuran yah. Namanya juga tasyakuran. Selamat yah, terutama ibunya sudah melewati.lagi satu tahap dalam perjalanan pendidikannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dulu kan begitu ya hihihi :D Terima kasih :)

      Delete
  3. Akhirnya udh kuliah ya Mbaaa 1 anaknya 👍🤗. Waah Rafa pintar menggambar ya, makanya masuk dkv.. mungkin bener juga mba, kalo biasanya menggambar di atas layar gadgt atau kertas sebagai canvas, kali ini melukisnya di wajah sendiri dan wajah maminya alias make up 😄

    Masih lama sih aku ngalamin ini, itu juga kalo tetep ada kegiatan begini pas anakku gede ntr. Ada atau ga ada, aku mah ngikut aja peraturan sekolahnya 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah makasih mbak Fanny :D Hihihi iya pintar make up juga Rafa ternyataaaa.... Sip mbak, yang penting intisari acaranya bersyukur ya.

      Delete
  4. Selamat barakallah lady Rafa maam Nurul. Hua udah kuliah ya nak gadis. Semoga lancar ya maa kuliahnya Rafa. Bagus hasil makeupnya . Btw mama pasti sepi iniih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak alhamdulillaah :) Iya, sebentar lagi udah masuk asrama Tel-U tuh.

      Delete
  5. Mbaak, aku salfok sama kebayanya yang biru semua gini. Seru ya punya dresscode sekelas dan dipakai di acara resmi kayak gini. Jadi kelihatan cakep banget semuanya pas difoto. Elegannya nempel.

    Btw, barakallah yaa Rafa, semoga makin lancar dan berkah terus kehidupannya setelah lulus SMA. Perjalanan masih panjang yaa, ihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cewek2 di kelas Rafa kebaya biru dongker semua udah janjian hihihihi :D Makasih doanya aamiin.

      Delete
  6. Bahagia banget ya Mbak Nurul, anak pertama akhirnya lulus SMA dan sudah mendaftar pula keperguruan tinggi. Waktu-waktu seperti ini rasanya cepat banget berlalu. Teh Rafa pastinya senang banget ya, tasyakuran bersama dengan sekolah di tempat secantik Sahid Jaya Hotel. Foto-fotonya itu lho, penting banget. Nanti kelak setelah Teh Rafa dewasa dan mungkin sudah tua dan pensiun, foto-foto itu tetap di sana, merekam kenangan manis bersama guru, teman-teman dan ortu terkasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah makasih uni Evi :) Iya dong penting banget foto2 seperti ini akan selalu dikenang sepanjang masa.

      Delete
  7. Masya Allah... Selamat ya untuk Rafa mbak Nurul, semoga apa yang dicita-citakan Rafa dapat tercapai dan dilancarkan kuliahnya. Bagus sekali ini mengemas acara graduationnya, kakak Rafa juga terlihat cantik bersama teman-temannya.

    ReplyDelete
  8. Hebat nih sudah lulus dan masuk di Telkom tanpa tes. Semangat terus belajar. Tasyakuran ini pasti akan terus dikenang setelah selesai sekolah nanti

    ReplyDelete
  9. congratulations untuk kelulusannya yaaa mba. Sekarang anak - anak memang banyak acara untuk merayakan keberhasilan mereka yaa

    ReplyDelete
  10. Masya Allah selamat ya mba nurul, putrinya sudah lulus sma.. semoga ilmunya berkah selalu. Aku jadi membayangkan anakku nanti lulus sma, momen seperti ini memang sayang ya kalau dilewatkan. Semoga bisa mendampingi anak2 sampai besar nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak :) Aamiin yra. Bikin terharu pokoknya.

      Delete
  11. Selamat mbak nurul buat putrinya, plong ya sudah mendapatkan kampus dan jurusan yang diinginkan.
    Ditunggu kisahnya dalam memilih kampus dan jurusan ya mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah iya mbak Gusti. Nanti bakalan aku tulis ceritanya insya allah.

      Delete
  12. selamat Rafa, btw jadi inget masa2 kelulusan SMA dan ada prom night, waktu itu di hotel indonesia sekarang udah jadi kempisnki ya. aku salfok sama kebayanya bagus banget

    ReplyDelete
  13. Masya Allah udah tamat aja ya dab udah mau kuliah aja. Moga rejeki anak soleh ya Nak sukses di kampus dan di masa depan. Btw sudah ada kah review Hp Samsungnya lum nih Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Insya Allah akhir Agustus ini sudah mau check in asrama Telkom Bandung.

      Delete
  14. MashaAllaa~
    Barakallahu fiikum atas kelulusan ananda dari SMA.
    Semoga pendidikannya lancar, ilmunya bermanfaat dan menjadi jariyyah bagi kedua orangtua.
    Aamiin~

    Kak Nurul bakalan sering bolak-balik Jakarta-Bandung yaa..
    Selamat atas diterimanya ananda di Telkom University. Ikut bahagiaaa~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih doanya tanteeee :D Iyaaaaaa....

      Delete
  15. Waah, selamat ya, Kak Rafa udah lulus dan melanjutkan ke kampus sesuai dengan pasionnya kakak. Semoga sukses selalu dan bisa berprestasi di lingkungan kampus,yaa..

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah..selamat ya Mbak Nurul untuk kelulusan SMA putri tercinta dan juga diterima di Tel-U. Semoga makin sukses ke depannya, ya Rafa, tercapai apa yang dicita-citakan. Aamiin.
    Fokus sama make up by Rafa...wah cantik banget ini berdua, keren ah make upnya!

    ReplyDelete
  17. Masya Allah bahagianya.. Alhamdulillah ya Mbak acaranya berjalan lancar, foto2nya bagus jadi bisa menyimpan kenangan indah itu dengan baik. Selamat yaa kakak Rafa.. semoga di Tel-U juga lancar belajarnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah. Terima kasih doa dan ucapannya.

      Delete
  18. Alhamdulillah, si adik udah lulus ya. Aduh pastinya gak kerasa udah lulus lagi. Kayak anak keduaku nih, baru lulus SMA juga kemaren. Angkatan pandemi mah gak kenyang ya sekolah offlinenya. Anakku begitu tuh. Semoga kuliahnya nanti lancaaaar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rafa ini cewek, teh. Si sulung yang imut2 hehehe :D Makasih yaaaa doa dan ucapannya. Aamiin.

      Delete
  19. Aku yang pernah menghadiri undangan tasyakuran wisuda kelas 6 SD saja terharu mbak, apalagi ini anak sendiri, perasaan bangga dan haru pasti membuncah di hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa :) Pasti itu mbak, perasaan campur aduk terharuuuuu dan bahagia.

      Delete
  20. masya Allah terharu aja ya kalau anak udah lulusan dan pastinya suka banget aku dengan baju seragamnya kayak orang nikahan heheh tapi cantik deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rasanya waktu lekas berlalu :) Terima kasih mbak.

      Delete
  21. MasyaAllah selamat ya dek. Semangat belajarnya juga sukses ya. Semoga aku bisa jadi ibu yang baik untuk ana-anaku bisa mendampingi dalam belajar. Aaamiin

    ReplyDelete
  22. Membaca ini rasanya ikut seneng dan bersyukur. Selamat ya. Semoga ilmunya manfaat dan barokah. Menempuh pendidikan yang lebuh tinggi. Berhasil meraih cita-cita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, terima kasih atas doa dan ucapannya 🥰🙏 Iya aamiin yra.

      Delete
  23. Alhamdulillah. Barakallah untuk adik-adik yang sudah lulus SMA. Selamat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

    ReplyDelete
  24. MasyaAllah barakallah Teteh Rafa. Semoga dimudahkan dan dilancarkan studi kuliahnya, dapat ilmu yang manfaat dan berkah untuk sesama. Barakallah juga untuk perjuangan papa dan mamanya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih tante, alhamdulillaah :) Aamiin.

      Delete
  25. Alhamdulillah! Ikut seneng baca cerita nya
    Semoga ilmunya berkah terus dan selalu bermanfaat. Btw, kompak banget semua seragamnya pake biru. Cantik 💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tante Orin :) Aamiin. Iya memang sudah janjian hihihi :D

      Delete
  26. Aamiin. Ikut mendoakan yang terbaik buat Kak Rafa. Semoga lancar terus study-nya, ya. Lihat foto-foto ini jadi kangen bangku sekolah, deh, Mba. Pastinya setiap jepretan di momen ini membawa cerita masing-masing, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin terima kasih banyak doanya 🙏💕 Insya Allah. Tentu donk.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.