Daftar Isi [Tampilkan]

Aku punya motor matic andalan yang setia dan siap sedia menemani ke manapun aku pergi. Mengantar dan jemput anak-anak ke sekolah, belanja sayuran di warung maupun pasar, bahkan sekadar jajan atau kulineran dekat rumah, mesti deh pakai motorku yang satu ini. Suamiku membelikanku si hitam motor matic dari baru lho, di tahun 2008 lalu. 


Cara Memilih Oli Motor Matic dan Bengkel Servis Terbaik


Tak terasa 15 tahun sudah usia motor matic kesayanganku menemaniku berbagai aktivitas. Tak sedikit orang tertarik membelinya, malah sudah menawar sekian rupiah. “Motornya dijual ga nih? Kok masih cakep sih. Saya bayarin deh”, ucap seseorang. Ada lagi, “Awet banget motornya, kelihatan masih baru nih. Apa sih rahasianya?”.

Tuh, betul kan, aku memang mengibaratkan benda itu bagaikan manusia. Diri kita saja harus diperhatikan dan dirawat sebaik-baiknya. Begitu juga dengan motor kesayangan yang sudah jadi anak ketiga hahaha. Jangan sampai kelupaan untuk servis motor secara berkala, karena kalau sudah ada yang rusak berat bakalan panjang urusannya.

Teman-teman, aku mau berbagi info dan tips soal perawatan motor secara berkala. Sebenarnya ini sih rahasia umum ya. Penting sekali kita perhatikan pemilihan oli motor matic yang bagus dan tepat. Berikut adalah 8 bagian yang wajib dicek saat kita melakukan servis motor. Yuk, simak bersama!

Baca: Pameran Pasar Jongkok Otomotif PARJO

8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Servis Motor

Perlu diketahui bahwa servis motor merupakan pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Apa saja yang diperiksa? Saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan lain-lain. 

1. Oli Mesin

Pada umumnya, ganti oli akan dianjurkan setiap 2.000 kilometer atau 1 bulan sekali, mana yang lebih dulu. Sebaiknya kita mengganti oli mesin sesuai jarak tempuh yang tercapai. Rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli di 2.500 km. 

Oli mesin memiliki fungsi sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin. Oleh karena itu, jangan sampai terlupa memerhatikan oli mesin motor kesayangan ya, teman-teman. Oh ya, saat mengganti oli mesin biasanya kita membayar biaya pembelian oli di mana harganya tergantung merk dan biaya jasa ganti olinya. 

Kabar baiknya, beberapa tahun terakhir ini sudah ada pabrikan atau retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5.000 km atau 2 kali lebih lama dari oli biasa. Wah, keren ya! Ternyata oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Makanya retailer mengklaim bisa 2 kali lebih lama dari oli biasa, karena memang ini merupakan base oil tertinggi di kelas oli. 

Cara Memilih Oli Motor Matic dan Bengkel Servis Terbaik
X-Ten Double Ester Matic (Foto: planetban.com)

2. Oli Gardan

Buat aku dan teman-teman pengguna motor matic wajib ganti oli garden. Fungsi oli garden adalah untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Ada baiknya kita gunakan rumus 2 kali ganti oli mesin untuk penggantiannya, setelah itu daru deh dibarengi dengan 1 kali ganti oli gardan. 


Tips Memilih Oli Motor Matic dan Bengkel Servis Terbaik
X-Ten Oli Gear Matic (Foto: planetban.com)

3. Busi

Bagian lain motor yang harus dicek adalah busi. Busi atau biasa disebut part berfungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tidak berfungsi dengan baik, maka motor tidak bisa dinyalakan. Inilah alasan diperlukan penggantian busi.

4. Kampas Rem

Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan adalah sistem pengereman. Tentu saja keamanan dan keselamatan berkendara wajib diperhatikan sebaik-baiknya. Jika kampas rem sudah tipis, rem menjadi kurang pakem. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu, jangan sampai kelupaan cek kondisi kampas rem saat servis motor ya.

5. Filter Udara 

Filter udara pada motor berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruangan pembakaran supaya jangan sampai ada kotoran masuk kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Ketika servis motor, biasanya mekanik akan melakukan pemeriksaan terlebh dahulu. Setelah itu baru memutuskan apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Aki atau Accu

Idealnya, tegangan pada aki motor berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sedangkan saat mesin menyala, tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Ternyata jika tegangan aki tidak sesuai dengan ketentuan tersebut, ditemukan kebocoran atau kondisi terminal berkarat, maka mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Tentu saja aki mesti diganti jika sudah tak layak, agar kita tetap menggunakan motor dengan nyaman.


Tips Memilih Oli Motor Matic dan Bengkel Servis Terbaik
Accu (Foto: planetban.com)

7. Ban

Pemeriksaan bagian pada motor yang harus dilakukan secara berkala adalah ban. Penting sekali kita cek kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Biasanya mekanik akan fokus pada pemeriksaan tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan apakah bannya gundul atau tidak dan sebagainya.


Tips Memilih Oli Motor Matic dan Bengkel Servis Terbaik
Ban Motor (Foto: tribunnews.com)

8. Tune up Motor Rutin

Servis motor selanjutnya adalah tune up secara rutin yang meliputi pemeriksaan seluruh komponen terutama komponen-komponen yang berkaitan dengan performa motor. Pemeriksaan ini biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator dalam hal ini saringan udara, lalu memeriksa tegangan rantai, rem dan klakson.

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian spare part. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepada customer. Kalau customer setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Baca: Review dan Daftar Kisaran Harga Motor Suzuki 2022

Bengkel Servis Motor Terbaik

Tempat servis motor banyak ditemukan di mana-mana. Tapi jangan sampai salah pilih ya. Untuk mendapatkan servis yang bagus sesuai keinginan kita, carilah bengkel servis motor yang bagus kualitasnya. Aku merekomendasikan salah satu bengkel servis andalan, namanya Planet Ban. Di bengkel ini kita bisa mendapatkan servis motor rasa mesin baru. Wah, seperti apakah itu servis mesin rasa baru?

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Adapun tujuan melakukan jenis servis motor ini adalah untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biayanya juga lebih hemat. Apalagi ibu-ibu, duh paling mesti deh yang namanya penghematan itu tapi dengan hasil optimal, iya kan?

Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru yakni bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin. Makanya, senang sekali saat servis di Planet Ban karena mekaniknya teliti cek dan ricek supaya tak ada yang terlewatkan.

Baca: Museum Angkut Malang, Wisata Edukasi Seru di Kota Batu

Manfaat Melakukan Servis Motor di Planet Ban

Teman-teman, berikut adalah beberapa keunggulan maupun manfaat kita servis motor di Planet Ban, diantaranya adalah:

  • Menggunakan oli dan cairan khusus yang menggunakan teknologi tinggi. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan performa motor dan melindungi mesin menjadi lebih awet dan jarang rusak.
  • Jika dipadukan dengan penggunaan spare part asli, maka pemakaian motor menjadi lebih nyaman, tahan lama. Selain itu mesin motor terasa dingin dan tarikannya juga enteng. 
  • Ganti oli dilakukan setiap mencapai jarak tempuh 5.000 km saja, kisaran 4 sampai 6 bulan sekali. Dipastikan biaya jadi lebih hemat karena tidak perlu sering ke bengkel.
  • Turut serta memelihara dan menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup, karena emisi dan polusi dari motor berkurang. 

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat Lain

Jika teman-teman melakukan servis motor di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika melakukan servis motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Ya, servis motor di Planet Ban bikin motor seperti punya mesin baru, lho. Hasilnya tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM dan mesin jadi bersih total. 

Harga servis motor di Planet Ban yang selengkap ini terjangkau banget pula. Untuk servis motor injeksi cuma Rp 20.000,- servis CVT sekaligus rantainya Rp 19.500,- bahkan servis throttle body juga cuma Rp 20.000,-

Nah, teman-teman sekarang sudah tahu kan manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian mana saja yang perlu diservis? Coba ingat-ingat kembali, kapan terakhir kali melakukan servis motor kesayanganmu? Yuk, servis motor di Planet Ban saja dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.



64 comments:

  1. Waaa.. jarang-jarang ada cewek yang sadar pentingnya ganti oli. Bahkan Mbaknya lebih ekspert kayaknya dari saya masalah per-olian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga minder nih, ga paham per-olia-an duniawi. musti lebih care ke motor nih, pasalnya alat transportasi ngantor....

      Delete
    2. Mas Rahmat, hahahaha iya donk kan diajarin suami. AKu pakai motor matic sejak 2008 :D

      Delete
    3. Mas Adi, Iya donk kudu lebih care ganti oli dll apalagi motornya dipakai ke kantor tiap hari. Siiip.

      Delete
    4. Hahaha semoga bawa motornya bukan golongan yang emak-emak ya mbak 🤣

      Delete
    5. Ooooowww, tentu bukaaan donk. Justru aku suka sebal sama emak2 model gituh hahaha. Pernah aku teriakin pas di pertigaan.

      Delete
    6. Wkwkwk memang emak-emak golongan sen kiri belok kanan bener-bener tak terkalahkan.

      Delete
  2. Wah, makasih infonya ya, Rul.Kebetulan aku kurang paham dunia oli nih, suami yang biasa urusin. Ternyata memang oli itu harus pilih-pilih juga ya, termasuk tempat servis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, Eni. Betul, pilih oli motor yang tepat dan tempat servisnya juga terbaik supaya motor kita awet.

      Delete
  3. minimal banget memang harus rutin servis, terutama ganti oli mesin dan gardan. sisanya sesuai dengan pemakaian. kadang ada yang harus diganti, kadang masih bisa digunakan sampai waktu servis berikutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, bener banget. Kalau benar2 kudu diganti ya diganti. Kalau masih bisa dipakai ya mungkin bulan berikutnya aja diganti hihihi.

      Delete
  4. Lupa service motor bisa bikin tekor, kek aku sendiri yang ngalamin, Mbak. Ban luar gundul ga ketahuan, akhirnya ngaruh ke ban dalam--bocor terus. Untung pas main ke rumah ibu habis lebaran, ada Planet Ban yang buka dan langsung ganti ban baru. Gercep, bisa bayar pakai debit card. Gesek, langsung beres!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia aku juga pernah ngalamin. Karena pengalaman itulah, jika ada bagian motor yang memang harus diganti, sebaiknya lekas diganti yang baru dan dicek secara detail ya. Hehehe mantap deh!

      Delete
  5. aku termasuk lambat kalau urusan motor, padahal tinggal berangkat ke bengkel sebenernya.
    Dulu bahkan pernah air aki sampe kering, untung sepeda masih bisa jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... :D Di tempatku ada Planet Ban, ga terlalu jauh dari rumah.

      Delete
  6. Kalo ban sudah tipis cepat-cepat ganti karena bisa membahayakan keselamatan penggunanya

    ReplyDelete
  7. Selama ini memang saya selalu mengganti ban di Planet Ban karena katalognya komplit, dekat dengan kediaman, serta pembayaran yang fleksibel. Untuk servisnya, juga bikin kantong nggak bolong karena bisa tiap 5000km.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah ya. Puas servis motor di Planet Ban.

      Delete
  8. harganya yang super terjangkau itulo yang bikin nggak males service motor. mana cabangnya juga banyak pula

    ReplyDelete
  9. Minimal kalo motor mah ganti oli sebulan sekali. Apalagi kalo dipakenya rutin sampe puluhan kilometer tiap hari.
    Sisanya ya bisa didiskusikan ke abang bengkelnya dalam setiap kunjungan ganti oli.

    Setuju banget sih, motor tuh harus dirawat sepenuh hati. Karena kalo ngga, ketika dia mendadak mogok ya kita juga yang bakal kebingungan sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, aku juga begitu. Jadi memanusiakan motor ya hahaha setia menemani kita :)

      Delete
  10. Terima kasih tipsnya kak, sangat membantu dalam menjaga mesin motor agar terlindungi dan aman untuk dikendarai ya

    ReplyDelete
  11. Sudah lupa rasanya memilih oli motor dan servis motor karena sekarang diambil alih Zauji...Dan setelah baca postingan ini..saya manggut2..oh iyaa..yaa...hahaha...dulu kemana aja yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zauji keren! Hahaha samaan nih sekarang anak bungsuku yang cowok udah mulai suka servis motor matic.

      Delete
  12. motor emang kalo mau awet musti rajin service utamanya ut ganti oli. Nice post mb

    ReplyDelete
  13. pokok servis rutin motor ok, udah aman dah dipakainya, jarang rewel. soalnya biasanya kalau ada part yang mau rewel udah ketemu waktu di servis

    ReplyDelete
  14. aku masih belum paham sih tentang sevice motor tapi berusaha untuk pelajari berapa kilometer harus ganti oli atau jika ada kerusakan harusnya gimana dan cari tau harga service biar bisa nyiapin dana juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar sedikit demi sedikit supaya kita kaum perempuan juga tahu, ga hanya pakai motornya aja hehehe :D

      Delete
  15. Ke-4 cucu mading2 punya tp sepertny hrs diingatkan kl soal perawatan motot. Gak main2 kl punya motor ya punya bnyk hal2 yg hrs diperhatikan demi .merawat dan terpeliharanya apa yg dimiliki. Keren ya kl service di bengkel yg direkomendasikan setelah di service serasa naik motor baru.

    ReplyDelete
  16. Toss, aku juga pakai motor matic...Iya tuh kadang servis motor di bengkel sebelah bukannya setelah servis enak dipakai motornya, malah lambat tariakannya. Mesti pindah ke Planet Ban nih biar servisnya total. Dengan sistem servis terpadu bikin performa dan ketahanan motor makin prima, yang tentunya bikin hemat waktu dan biaya!

    ReplyDelete
  17. AKu dulu gak ngerti kalau oli gardan kudu ganti. Sekarang belajar lebih rajin buat cek motor, demi keselamatan berkendara. Nyaman juga kan kalau motornya bener

    ReplyDelete
  18. Tampaknya bagi pengendara bermotor memang harus aware dgn kondisi kendaraannya. Dan setiap kendaraan bermotor wajib melakukan ganti oli agar tetap menjaga performa mesin tetap optimal.
    Nah, servis motornya mending di tempat yg kredibel kaya planet ban

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, seperti itu mbak. Servis motor secara berkala harus donk :)

      Delete
  19. Untuk pemakaian normal, mobilitas sehari-hari di dalam kota, 5.000 km memang bisa jadi 4-5 bulan ya..
    Dan yang terpenting perawatan rutin ini adalah menggunakan oli yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kendaraan agar tetap merawat mesin dan tarikannya mantap.

    ReplyDelete
  20. Beneran awet, udah belasan tahun. Review Planet Ban bagus². Semoga segera ada cabang di kotaku, deh. Pingin juga merasakan layanannya.

    ReplyDelete
  21. Penting tau ilmu ini, aku sejak sering bolak balik bengkel paham apa itu Oli gardan tadinya taunya OLI aja apalagi motor metic emang harus extra dirawat yaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa, jangan sampai ada yang terlewatkan biar awet motor kita.

      Delete
  22. Suami saya agak cuek dengan motor tapi kalau rajin ganti oli itu pasti. Satu lagi, kalau servis juga pilih-pilih dia, mahal dikit gapapa yang penting bagus. Mungkin karena itu makanya motornya juga masih bagus mesinnya padahal sudah lebih dari 15 tahun dipakai kerja. Kalau bicara ini jadi ingat motor beberapa saudara yang baru 3 tahun sudah ga enak dipakai karena abai dengan kebutuhan motor.
    Btw saya sebut suami karena saya tak paham per motoran. Bisanya cuma nunut bonceng saja karena tak pernah pegang stang sepeda ataupun sepeda motor. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang sekali mbak, motornya awet ya. Memang harus berkala servis motor tuh hehehe.

      Delete
  23. Alhamdulillah aku baru aja ganti oli mobilku, memang benar perawatan mobil atau motor itu harus rutin yaa sebab itu akan menyenangkan.

    ReplyDelete
  24. Motor matic ya harus pakai oli matic ya mbak
    Servisnya ya tentu pilih planet ban tentunya

    ReplyDelete
  25. Wow 15 tahun yaa kalau rajin perawatan dan pakainya standar (bukan kebut-kebutan) motor matic juga bisa awet. Untuk servis bulanan biasanya budget berapa, Mbak Nurul?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga pakai budget2 kok. Seperlunya aja yang dibutuhkan berapa. Yang penting motor terawat dan kita sebagai pengguna merasa aman dan nyaman :)

      Delete
  26. Baru banget aku sm adikku ngomongin ganti oli. Aku di protes adikku yg cowok krn motornya kerasa berat 😆😆

    ReplyDelete
  27. keren mbak, motornya terawat yaa padahal sudah 15 tahun masih enak digunakan karena perawatannya bagus. Planet Ban ini bagus ya pelayanannya dan biayanya terjangkau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah. Iya soalnya rajin diservis :D

      Delete
  28. Salut buat Mbak Nurul, ternyata pintar masalah motor, aku saja kurang begitu paham masalah motor, tahunya kalo sudah 2 bulan ya ganti oli.

    Wah, beneran tuh X-Ten ganti oli nya kalo sudah 5.000 km? Irit banget ya, biasanya aku sebulan paling 1000 km, kalo 5ribu km berarti ganti oli nya 5 bulan sekali.😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haahaha...bisa aja mas. Thanks :D Memang kudu memerhatikan motor matic kita jangan sampai telat servis berkala.

      Delete
  29. Ini sama kayak motor dan mobil2 punya suamiku mba 😄. Sering ditawar padahal ga niat jual. Krn temrn2 suami udah tahu dia telateeen bgt Ama semua kendaraannya, jadi semuanya itu msh bagus dan terawat. Makanya tiap kami jual mobil atau motor, pasti cepet laku.

    Naah service rutin ini yg selalu dilakuin suamiku juga. Pokoknya kalo udah jadwalnya service, pasti deh dibawa ke bengkel resmi. Dulu kami pernah ada bengkel langganan. Tapi sejak staffnya yg pegang kendaraan suami resign, gantinya itu JD ga jujur orangnya. Suami males, dan akhirnya beralih ke bengkel resmi. Jadi semua mobil di auto2000, kalo motor ke bengkel resmi Yamaha 😁. Planet ban blm ada liat Deket rumahku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya mbak Fanny, karena perawatan kendaraan rutin ya, berasa anak kesekian :D Bengkel resmi memang bagus dan terjamin spareparts maupun kualitas montirnya.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.