Daftar Isi [Tampilkan]

Mortgage Calculator Money Games merupakan website kumpulan berbagai games tentang literasi keuangan yang cocok dimainkan oleh anak-anak, terutama saat santai maupun liburan sekolah. Situs ini menyediakan lusinan video games online yang menarik sekali. Tenang, gratis dan bebas iklan kok. Kategori games lainnya ada Money Games, Grocery Store Games, Farming Simulation Games, Business Simulation Games, dan masih banyak lagi.


Belajar Berhitung Lebih Menyenangkan dengan Mortgage Calculator Money Games


“Ma, aku kepengen mobil-mobilan itu!”, seru si kecil kepada ibunya sambil meraung-raung. Sang ibu pura-pura tak mendengarkan. Pasalnya, anak tersayangnya itu sudah terlalu banyak memiliki koleksi mainan di rumah. Jadi heboh deh orang-orang di sekitarnya melihat tingkah polah anak tersebut.

Idealnya, orang tua sudah memperkenalkan literasi keuangan kepada anak-anak sedini mungkin. Nah, dengan cara bermain games sambil belajar seperti inilah, mereka dapat lebih cepat tahu dan memahaminya. Konsep keuangan sederhana sudah bisa diperkenalkan oleh orangtua kepada anak sejak usia 3 tahun. 

Contoh sederhana adalah ketika berada di tempat perbelanjaan, bagaimana anak mampu menahan diri memiliki sesuatu dan mengelola keuangan. Kita juga bisa mencontohkan kebiasaan belanja yang sehat. Jadi tak serta-merta mengiyakan dan langsung membelikannya semudah itu. Ajari anak juga bahwa memperoleh uang itu harus bekerja keras dan harus pandai mengamankannya.

Manfaat Belajar Literasi Keuangan Sejak Dini

Anak-anak pada generasi Z masa kini di era digital tak jarang sudah banyak yang memiliki penghasilan sendiri. Sudah tentu bangga dan bahagia ya. Tapi, bagaimana dengan pengelolaan dana? Apakah sudah yang bijak dan sesuai kebutuhan? Manfaat belajar literasi keuangan sejak dini yakni sebagai berikut:

  • Membantu anak bijak dan cerdas mengetahui dan memahami pengelolaan uang.
  • Anak diharapkan paham soal kebutuhan dan keinginannya.
  • Membantu anak untuk memiliki kehidupan yang cerah.
  • Anak mampu mengontrol diri dan mencegah gangguan mental di masa depan.
  • Anak memahami konsep pendapatan, pengeluaran, investasi dan risiko.

Konsep keuangan sederhana yang dapat orang tua berikan contoh bisa dengan kegiatan sehari-hari. Anak tentu menyerap semua yang ia amati dan menirunya. Ajak anak belanja di supermarket atau minimarket sambil memerhatikan proses pemasukan dan pengeluaran uang di kasir.

Salah satu cara belajar keuangan yang menyenangkan bagi anak-anak tanpa rasa bosan adalah melalui permainan video games online di situs Mortage Calculator Money Games. Oh ya, tidak semua games di sini bertema keuangan semua lho. Ada pula games tema lain yang bagus-bagus dan menarik hati. Bahkan orang dewasa seperti aku dan ibu-ibu lainnya pun suka memainkan games online di situs Mortgage Calculator Money Games ini.


Belajar Berhitung Lebih Menyenangkan dengan Mortgage Calculator Money Games
Mortgage Calculator Money Games

Video games online gratis untuk anak-anak di situs Mortage Calculator Monye Games ini memiliki kategori Real Estate Games, Money Games, Crypto Currency Games, Farming Simulation Games, Grocery Store Games, Restaurant Simulation Games, Business Simulation Games, Software Development Games , Office Politics Games, Environmental Games dan berbagai permainan menarik lainnya.

Baca:

Asyiknya Me Time Bermain Game Online Gratis di Solitaire.org

Cara Menikmati Perjalanan dengan Bermain Game Online Gratis di Plays.org

Hot Wheels, Serunya Belanja dan Menang Lelang di Pasar Mainan Aeon Mall Tanjung Barat

Apa saja sih free online games favorit aku dan anak-anakku di situs Mortgage Calculator Money Games ini? Wuiiih, banyak sekali hehehe. Malah saking senang memainkan berbagai jenisnya, kadang suka gemas inginnya menang terus dengan skor tertinggi. Teman-teman sudah pernah mencobanya atau belum? 

Money Games – Counting Money & Make Change: Grocery Cashier

Grocery Cashier dapat dimainkan oleh anak-anak kecil untuk belajar penjumlahan dan pengurangan bersama dengan mengoperasikan mesin kasir virtual. Games ini memiliki berbagai level. Jika kita bermain lebih lama, maka jumlah item yang dipanggil akan meningkat, sedangkan batas waktu untuk setiap pelanggan berkurang.


Belajar Berhitung Lebih Menyenangkan dengan Mortgage Calculator Money Games
Grocery Cashier

Cara memainkannya terbilang mudah sekali. Masukkan angka dari harga produk kemudian ketuk tombol tambah. Klik tombol di kasir untuk memasukkan pembayaran. Jika membuat kesalahan, ada tombol hapus untuk menghapus input sebelumnya. Setelah itu klik tombol total. 

Nah, jika pelanggan membayar melalui sertifikat hadiah, masukkan jumlah sertifikat hadiah tersebut dan tanda minus. Input jumlahnya, tanda negatif kemudian klik tombol selesai di sebelah kanan. Jika pelanggan membayar dengan uang, masukkan angka jumlah yang mereka bayarkan lalu klik tombol bayar. Setelah itu klik tagihan dan koin yang terkait dengan jumlah utangnya kemudian klik tombol selesai saat permainan pun selesai.

Farming Simulation Games: Tractor Mania 

Tractor Mania adalah game mengemudikan traktor yang digunakan untuk mengambil produk pertanian seperti tomat, cabai dan lain-lain dan mengirimkannya ke tempat tujuan. Tunggu sampai bak atau kontainer dalam traktor terisi penuh sebelum memulai perjalanan. Sebagai sopir traktor, kita akan melintasi berbagai medan naik dan turun. 

Kontrol kecepatan dan sudut traktor supaya bisa meminimalisasi produk yang hilang atau berjatuhan sepanjang perjalanan. Perhatikan kecepatan laju traktor saat melintasi jembatan maupun jalan menurun serta tanjakan. Jalanan terjal dan berliku kerapkali membuat traktor oleng kanan atau kiri, sehingga produk pertanian jatuh satu per satu.


Belajar Berhitung Lebih Menyenangkan dengan Mortgage Calculator Money Games
Tractor Mania

Kita bisa menggunakan penghasilan yang didapat dari tiap tahap untuk meningkatkan performa traktor atau mem buka kunci traktor dan trailer. Bisa juga meng-update mesin, gearbox, ban, boost dan bahan bakar pada setiap traktor. Ada 3 trailer berbeda yang dapat dijual dan traktor pohon berkualitas tinggi untuk dibeli.

Restaurant Simulation Games: Cooking Street

Cooking Street adalah permainan simulasi restoran steak di mana kita dapat menyajikan steak dan minuman kepada pelanggan. Game dimulai dari level 1 dan seterusnya, tetapi kita masih bisa memutar ulang level mana pun yang telah diselesaikan. Tugas kita yaitu melayani pelanggan sesuai dengan pikiran mereka. Misalnya ada yang menginginkan steak saja, steak dengan selada, steak dengan selada tanpa minuman, dll.

Seru sekali games Cooking Street ini karena kita harus sigap, cepat dan tepat mengelola banyak pesanan dengan waktu terbatas. Jangan sampai steak yang dipanggang menjadi gosong saking kelamaan berpikir ya, teman-teman. Pesanan yang tidak sesuai dengan permintaan atau daging steak yang gosong akan dilempar dan tidak masuk hitungan.


Belajar Berhitung Lebih Menyenangkan dengan Mortgage Calculator Money Games
Cooking Street

Penghasilan yang diperoleh dapat kita gunakan untuk membuka ketersediaan lebih banyak piring, gelas, cangkir dan bahan steak yang lebih baik. Proses pesanan dapat lebih cepat dan tentunya akan menghasilkan lebih banyak untuk setiap pelanggan. Pemasukan yang diperoleh pun semakin meningkat. 

Tips agar skor tinggi dalam permainan ini, cobalah menyiapkan setidaknya 1 steak matang dan 1 gelas jus setiap saat. Kalau sudah mahir, coba saja siapkan 2 steak dipanggang dan 1 gelas jus. Namun ingat, jangan sampai gosong dagingnya ya. Nanti pelanggan bisa kecewa lalu meninggalkan kedai. Wah, seru sekali, bukan games Cooking Street ini? 

Teman-teman, itulah keseruan bermain sambil belajar melalui video games di https://www.mortgagecalculator.org/money-games/ 😂 Anak-anak pasti menyukainya dan manfaatnya akan terasa. Belajar literasi keuangan sedini mungkin dan melakukan kegiatan sederhana membuat anak bisa memahami konsep keuangan dengan baik. 

67 comments:

  1. Menarik sungguh permainan begini.
    Sudah semestinya digemari kanak-kanak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, games favorit anak2 yang mengedukasi soal keuangan :)

      Delete
  2. Wah, banyak ya pilihan gamesnya, menarik untuk dicoba.. belajar dengan metode begini bakal bikin gak cepat bosan, ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk lekas dicoba games2 kecenya :D Ketagihan deh.

      Delete
  3. bagus juga konsepnya, memadukan games dan keuangan. bisa untuk mengedukasi anak2 tentang ilmu keuangan ya

    ReplyDelete
  4. Waah baru tau ada mortgage calculator money games. Lumayan buat ngisi waktu luang kalau lagi suntuk WFH. Bisa nih buat mengasah konsentrasi dan literasi keuangan. Soalnya kalau urusan ngitung uang tuh auto semangat gitu hahaha!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang dewasa bakalan senang juga memainkannya lho :D Iya hehehe anak2ku juga suka.

      Delete
  5. Saya kagum dengan manfaatnya
    keren banget

    ReplyDelete
  6. Agak bingung kadang gimana cara mengedukasi anak2 terkait literasi keuangan nah pakai calcutator money games kayaknya bakalah efektif ya. Main games tp anak2 jg melek kuangan secara gak langsung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Efektif :) Belajar sambil bermain jadi melek keuangan secara menyenangkan deh.

      Delete
  7. Game zaman sekarang kok pada edukatif semua yaah, memicu kita buat jadi mikir dan ujung-ujungnya malah jadi memudahkan kita sih. Literasi keuangan memang harus ditanamkan pada anak-anak sejak dini yaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangyaaaa. Anak makin happy belajar sambil bermain,

      Delete
  8. Wah ada gamenya juga ternyata ya ntar ikutan coba main deh

    Penting banget si memang mengajarkan literasi keuangan pada anak sejak dini

    ReplyDelete
  9. Literasi keuangan adalah salah satu literasi penting yang wajib dikuasai oleh anak ya mbak
    Akan sangat menyenangkan jika anak belajar liteasi keuangan dengan game seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Banyak kategori gamesnya dan seru2 semua :D

      Delete
  10. Wah harus coba nih soalnya aku juga suka model permainan atau games seperti ini , bahkan aku donwload beberapa game permainan simulasi restoran wkwkw, tapi memang permainan simulasi seperti ini cocok untuk meningkatkan literasi serta edukasi financial untuk anak-anak, jadi bisa belajar keuangan dengan cara yang menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mortgage Calculator Money Games ini sih ga perlu diunduh mbak. TInggal masuk aja langsung ke websitenya. Bisa pakai hp maupun laptop :D

      Delete
  11. Ini jadi solusi banget sih untuk anak-anak yang pengin belajar secara menyenangkan ya mak. Apalagi kalau soal menghitung jadi biar mereka tau juga bagaimana mereka menyimpan dan mengeluarkan uang mereka. Kemarin tuh pas meeting orang tua murid dari sekolah, literasi keuangan anak-anak akan lebih sering lagi diadakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mak. Anak2 jadi tau dan belajar sedikit demi sedikit pengelolaan keuangan dari games ini.

      Delete
  12. Gamenya bervariasi dan bisa mengasah kemampuan untuk berhitung. Cocok untuk anak-anak yang doyan ngegame dan bisa buat belajar keuangan.

    ReplyDelete
  13. Saya paling malas mencatat pengeluaran dan pemasukan. Pokoknya dikira-kira saja. Jadi sebetulnya kemalasan saya itu bisa dimanfaatkan untuk main game ya Mbak, seperti memainkan mortgage calculator money ini. Kan bisa tuh saya dapat gamparan angka-angka dan rencana keuangannya kalau saya sudah tahu penghasilan berapa dan pengen apa. jadinya bisa disisihkan anggaran sekian persen dari penghasilan bulanan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe...Seru kalau main money games ini....Ga terasa bermain keuangan eh jadi pintar berhitung deh anak2.

      Delete
  14. Mortgage Calculator Money Games? Iiich kdten ya nama gamesnya. Tp ini utk kanak2 ato utk dewasa ya. Apapun itu bunda boleh ya share ke cucu bunda. Tq beforehands, mbak Nurul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren hihihi. Bisa dimainkan anak2 maupun dewasa kok. Sama2.

      Delete
  15. Iyaaa..aku juga se-happy itu kenal sama https://www.mortgagecalculator.org/
    Karena bebas iklan sehingga kalau buka via HP, bener-bener user friendly banget. Gak kagok sama menu dan fitur yang ditawarkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mbak. Asiknya ya main games ga ada iklan2nya.

      Delete
  16. Baru tahu nih mbak Nurul ada Mortgage Calculator Money Games. Wajib download nih aplikasinya. Mengingat anak-anakku sudah remaja mereka perlu pengetahuan literasi keuangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga usah didownload. Langsung masuk ke website aja bisa pakai hp maupun laptop.

      Delete
  17. Betul sekali mengajarkan anak tentang mengatur uang, membeli barang diajak berfikir butuh banget atau pengen aja atau krn tmn punya?
    Meski beli sesuatu kadang pakai uangnyabsendiri tapi saya 0ribadi tetep saya jempit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, supaya anak2 belajar bagaimana mengelola keuangan secara efisien :)

      Delete
  18. Setuju...mengenalkan literasi keungan sejak dini melalui permainan seperti aneka games di mortgage calculator games ini baik sekali. Karena dengan cara yang seru dan menyenangkan anak-anak bisa belajar berhitung dan paham akan konsep tentang uang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju dong :) Betul, anak2 senang bermain games di Mortgage Calculator Money Games karena seruuuuu semua.

      Delete
  19. AKu suka main game cooking street ini. Kalau lagi level tinggi, suka kurang cepat dan gak bisa nyajiin kaya maunya Pelanggan. Marah terus pergi deh, hehehe. Aku kalau jualan kadang diomelin Pelanggan juga soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, toss yuk mbak hehehe :D Gemes jadinya kan wkwkwkwkwk.

      Delete
  20. Boleh juga nih idenya mba bermain sambil belajar apalagi bermain yang juga mengasah otak dan ketajaman berpikir. Bisa membuat anak kita juga smart ya kan. Terima kasih atas ide nya mba

    ReplyDelete
  21. menarik nih bisa dicobain ajak Aisyah bermain berhitung seperti ini, walau liburan sudah usai, seru deh

    ReplyDelete
  22. menarik, nggak cuman anak-anak yang bakalan seneng main game tentang literasi keuangan ini, aku aja ngeliat gambar gamesnya kok jadi pengen juga ya.
    dengan bermain games keuangan gini, anak anak jadi terlatih juga pemikirannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku aja suka main games-nya menarik semua sij :D

      Delete
  23. Kalau gini belajarnya jadi gak berasa ya. Kayanya aku juga bakal seneng mainnya :D

    ReplyDelete
  24. Eh ternyata ada ya calculator money games buat anak-anak. Aku belum coba nih yang money games buat anakku. Ntar bisa dicoba sekalian buat mengenalkan literasi keuangan buat anak-anak. Thanks mbak infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada donk. Kuy buruan dicoba, main sama anaknya mbak, seruuu!

      Delete
  25. Belajar sambil bermain dan dengan media yang lucu seperti ini pasti akan stimulating buat anak - anak yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, mereka happy main games sekaligus belajar berhitung dengan cara menarik.

      Delete
  26. Sekarang buat ngajarin literasi keuangan ke anak2 udah banyak metodenya ya, beda sama zaman aku kecil dulu. Taunya ya cuma nabung2 aja. Seru nih kayaknya pilihan game di mortgage calculator ini. Kayaknya mau juga deh nyobain bareng anak aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Hayuk buruan dicoba main gamesnya bareng anak.

      Delete
  27. Waaah, kalau begini belajar menghitung jadi menyenangkan yaa... :)

    ReplyDelete
  28. Setuju mba pengenalan tentang keuangan juga penting sedari dini yaa.. mengenalkan konsep uang dan sesimple mengenalkan kebutuhan dan keinginan pd anak menjadi penting.

    ReplyDelete
  29. Seru banget ya Mbak belajar keuangan melalui games yang menyenangkan. Aku sama anak-anakku juga udah nyoba main di Mortgage Calculator Money Games. Suka yang tema pertanian itu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik! Toss yuk! Main traktor ya ketagihan.

      Delete
  30. Tadinya aku bingung mba yang permainan kasir itu, akhirnya anakku milih yang bangun2 kota gitu peternakan. ternyata banyak yang bisa dipilih agar anak mengerti uang kayak gimana ya. jadi tahu ooo ini seperti ini paling tidak kenal literasi keuangan. akau dah nyoba-nyoab juga money games nih seru!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main traktor juga asyik. Semua menarik sih gamesnya.

      Delete
  31. Anak2 belajar sekaligus bermain dan jadi hiburan ya. Keren2 gamenya

    ReplyDelete
  32. Dulu aku diajarin atur keuangan Ama papa juga sejak SD. Dengan cara dikasih uang bulanan, dan hrs catet komplit kemana aja uangnya.

    Skr pun aku ngajarin anak2 keuangan dr mereka TK. Biar terbiasa dengan nilai uang. BehitubSD, aku sengaja bukain rekening 1-1 buat mereka simpan uang mereka di situ. Kemudian akh ajarin apa itu inflasi, supaya mereka tertantang utk mulai nyimpen duitnya dlm bentuk investasi. Tapi saat ini hanya ke LM dulu.

    Lebih enak kalo anak skr, Krn banyak bgt games yg ngajarin itu. Supaya mereka makin paham. Kalo kita dulu kan ga ada ya mba 🤣. Palingan belajar uang, disuruh mama belanja ke supermarket 😄

    Ntr weekend aku mau ajakin anak2 main games ini, biar mereka sekalian latihan otak juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mbak Fan ajaran dari orantuanya :D Betul sekali, anak mesti sudah dibiasakan mengelola keuangan dengan baik. Bermain sambil belajar di web ini seru banget pastinya. SIp selamat mencoba :)

      Delete
  33. Ya ampun lihat post ini, jadi pingin main game lagi deh, hahahah... Diriku senang yg resto management deh, jadi merasakan suka dukanya mengelola restoran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main free online games memang seru dan bikin ketagihan hahahaha :D Iya, permainan resto tuh asyik ya.

      Delete
  34. Aku baru tau nih, kalo literasi keuangan sudah bisa diajarkan ke anak2 mulai usia 3 tahun. Memang penting banget sih. Aku rasakan sekarang, andai sejak kecil dulu sudah belajar literasi keuangan, karna terlambat banget belajarnya :(
    btw, ini gamesnya menarik yah yang restoran, dapat hiburan, dapat edukasinya juga

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.