Daftar Isi [Tampilkan]

Berwisata ke Yogyakarta, tidak afdol rasanya jika belum mengunjungi Malioboro. Beragam kuliner lezat khas Kota Pelajar begitu memanjakan lidah para wisatawan. Begitu pula aneka cindera mata yang dapat diperoleh sebagai buah tangan keluarga tercinta. Namun, sudah pernahkah kalian mampir ke Hutan Mangrove Kulon Progo yang indah dipandang mata dan menyejukkan suasana hati kita?


Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo Yogyakarta

 

Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo Yogyakarta
Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo

 

Yogyakarta selalu bikin kangen. Selain wisata alamnya yang memesona, keramahan warga Jogja dan aneka kuliner khas yang beragam dengan harga murah menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Banyak wisatawan sudah pernah mengunjungi Bantul dan Gunung Kidul. Bagaimana dengan Kulon Progo yang memiliki sunset tercantik dan kawasan wisata hutan mangrove yang memesona? 

Baca: Ekowisata Sungai Mudal, Secuil Taman Surga di Kulon Progo

Mengenal Hutan Mangrove Kulon Progo

Tempat wisata ini awalnya didirikan untuk mencegah terjadinya abrasi. Kelompok masyarakat di Kulon Progo menjadikan hutan mangrove sebagai wilayah konservasi tanaman bakau pertama yang ada di Yogyakarta. Perencanaan menggunakan kawasan ini sudah ada sejak tahun 1989. 

Hutan Mangrove Kulon Progo seluas kurang lebih 5 hektar ini menyuguhkan wisata alternatif dan edukatif. Hamparan hutan bakau di pesisir pantai dan Sungai Bogowonto ini dibagi menjadi 3 kawasan wisata, yakni wisata Mangrove Pasir Mendhit di sisi paling barat, wisata Mangrove Jembatan Si Api-Api di bagian tengah, dan wisata Mangrove pantai Kadilangu di paling timur. 

 

Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo Yogyakarta Jembatan Hutan Mangrove
Menyusuri Jembatan Hutan Mangrove
 

Daya Tarik 

Di kawasan wisata Hutan Mangrove Kulon Progo terdapat berbagai macam spot foto yang cantik, dengan latar belakang hutan bakau dan pantai. Selain itu ada juga gazebo, ayunan, jalan bambu di antara pohon-pohon bakau dan lain-lain.  

Jembatan Mangrove Wana Tirta Kulon Progo. Di tempat ini wisatawan akan menikmati udara yang sejuk dan dingin karena dipenuhi dengan hutan mangrove. Cocok banget sebagai tempat relaksasi pikiran dan penatnya hiruk-pikuk perkotaaan.

Jembatan Si Api-Api. Jembatan ini dibangun di antara rimbunnya pohon bakau. Di sini kita bisa berselfie ria dan bermain ayunan. Dengan pemandangan yang begitu unik di objek wisata ini, menjadikan Hutan Mangrove Kulon Progo sebagai salah satu tempat favorit untuk selfie.  


Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo Yogyakarta
Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu

Titian Segitiga. Tempat ini memiliki gardu pandang di sampingnya. Kita bisa berfoto-foto cantik dengan panorama serba hijau. Ada juga bingkai asmara bagai tempat pengantin. Nah, di sini pas untuk berfoto bersama pasangan, lho. 

Gembok Cinta ala Korea. Hutan Mangrove Kulon Progo ini tidak kalah dengan wisata lainnya yang menyajikan konsep Korea Selatan. Ada spot gembok cinta yang isinya bermacam kata cinta untuk kenang-kenangan. 

Lokasi

Ternyata banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung dan menikmati alamnya yang masih asri. Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo berada di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon Kulon Progo, tak jauh dari Pantai Congot. Tempat wisata ini masih berada di satu kawasan dari Pantai Glagah Indah dan Pantai Trisik. 

Baca: Pesona Pantai Glagah Kulon Progo

Kita harus menmpuh perjalanan kurang lebih 2 jam lamanya untuk sampai di tempat wisata ini. Dari arah Yogyakarta, teman-teman bisa arahkan kendaraan menuju Wates, Kulon Progo. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju pantai Glagah.  

Jalur menuju Pantai Congot ini merupakan jalur utama menuju Purworejo. Sebelum masuk ke Pantai Glagah, kalian akan bertemu dengan jalan besar yang bernama Jalan Daendles. Lalu belok kanan, kemudian lurus terus ke arah barat.  

Sampailah di titik jembatan Sungai Bogowonto yang merupakan pembatas antara Kulon Progo dan Purworejo. Kalau mau gampangnya, tanya Mbah Google saja ya hehehe. 

 

Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo Yogyakarta
Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo
 

Harga Tiket Masuk

Buat kalian yang ingin berkunjung ke Hutan Mangrove Kulon Progo ini, HTM-nya sangat terjangkau, lho. Wisatawan hanya dikenakan biaya tiket sebesar Rp 3.000,- hingga Rp 5.000,- per orang. Sementara untuk parkir motor adalah Rp 2.000,-, mobil Rp 5.000,- dan minibus Rp 10.000,- Kalau ingin naik kapalnya, bayar Rp 5.000,- 

Meski dikelola oleh Pemerintah setempat, namun belum ada fasilitas yang komplit di kawasan wisata ini. Fasilitas umum yang tersedia adalah area parkir yang luas, toilet, musala dan beberapa warung jajanan sederhana. Untuk jam bukanya adalah pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. 

 

Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo Yogyakarta
Membeli Tiket Masuk
 

Jika kalian ingin berkunjung ke Hutan Mangrove Kulon Progo, sebaiknya harus tahu waktu-waktu yang tepat datang ke sini. Kabarnya sih lebih oke datang di pagi hari sekitar pukul 08.00 sampai 10.00 WIB dan sore hari mulai pukul 15.30 WIB.

Ketika itu kami tiba di lokasi ini lumayan terik sinar matahari yang muncul. Lupa jamnya deh. Kalau mau gaya-gayaan pakai topi juga bagus untuk foto-foto si sini. Rasakan semilir angin berhembus dan suasana hijau nan syahdu. Langkahkan kedua kaki di atas jembatan kayu yang cantik.  

Baca: Menikmati Kuliner Ndeso di Kopi Ingkar Janji Kulon Progo

 
Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo Yogyakarta
Berpose Cantik di Hutan Mangrove

 

Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo Yogyakarta
Spot Foto Cantik
 

Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo Yogyakarta
Berjalan-jalan di Jembatan
 

Gunakan gazebo bergantian, mengingat jumlahnya sangat terbatas. Berfoto di Jembatan Si Api-Api juga tak kalah menariknya, lho. Ternyata spot ini menjadi favorit para pelancong. Boleh juga pakai kacamata hitam dengan pose kece kalian. Oh ya, jaga lingkungan kawasan ini dengan membuang sampah pada tempatnya. 

Kenapa jembatan ini dinamakan Si Api-Api? Ada yang sudah tahu? Jawabannya, karena jenis hutan mangrove yang berada di kawasan ini adalah api-api. Lalu, apakah kita diperbolehkan memancing? Tentu tidak 😀 Meskipun di sini terdapat kepiting bakau yang katanya sih lucu. Urusan si nyamuk nakal tentu masih ada di tempat ini. Apalagi jika areanya lembab, akan menjadi sarang nyamuk. Hati-hati saja ya, gaes.




60 comments:

  1. Ini salah satu konsep yang berhasil mengelola mangrove, padahal di Jogja ada beberapa mangrove yang bisa dimanfaatkan, tapi belum juga berhasil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mesti datengin hutan mangrove lainnya di Jogja nih, biar tau :D

      Delete
  2. google akun, bisanya pakai pc, jika pakai hape tak muncul
    wah jadi kangen kampung nih
    lama tak mudik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, gituuu sip mas. Makasih udah mampir yach. Siap2 mudik donk hehehe :D

      Delete
  3. Ada ternyata wisata mangrove di kulon Progo ya, asli baru tahu mbak, next time bisa jadiin destinasi wisata yang Murmer

    ReplyDelete
  4. Waah Mbak Nurul mainnya jauh banget. Sampai ke Kulon Progo. Aku kayaknya malah belum pernah sengaja main ke Kulon Progo Mbak. Lihat hutan mangrove pun di Jakarta . Itupun baru sekali . Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulillaah hehehe :) Hayuk datengin dong :)

      Delete
  5. Aku malah baru tau di Yogya ada wisata mangrove. Boleh jg nih main2 ke sana. Tp kudu siap obat nyamuk oles ya 😁. Btw di sana pengunjungnya rame ya, mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya mbak :D Waktu itu sedang aja sih ga ramai2 amat.

      Delete
  6. Wisata Mangrove harus pakai dan sedia lotion ya mba hihi, aku mau wisata mangrove ke yg dekat sini ada daerah Banten belum jadi2. Kulon Progo seperti Korsel ya hihii, ada wisata gembok cintah

    ReplyDelete
  7. Jembatan Bambu di Hutan Mangrove ini cantik banget buat area berfoto. Tapi beneran kak Nurul datengnya pas lagi terik-teriknya yaa..?

    Jogja dengan wisatanya yang kini semakin beragam, jadi makin kangen Jogjaaa...

    ReplyDelete
  8. Wah iya
    Yogyakarta itu luas ya mbak
    Kalau ke Yogyakarta jangan lupa juga jalan jalan ke Kulonprogo
    Klo aku pribadi belum pernah Kulonprogo mbak
    Next time mau coba juga ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Kuy agendain kapan2 main ke Kulon Progo!

      Delete
  9. Tiket masuknya murah banget ya. Ntar kalau ke sini mau ngajak suami berfoto di bingkai asmara ah.

    Sebaiknya pakai lotion anti nyamuk dulu ya kalau kesana, terutama kalau bawa anak kecil, mengantisipasi gigitan nyamuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, muraaaah banget HTM nya. Sip bawa lotion anti nyamuk hihi...

      Delete
  10. Mbaa lanutn infonya, jenis Hutan Mangrovenya kenapa disebut api-api? ada jenis lainnya kah? apa saja...? hehehe ini pembaca apa bu guru yg mau ngasih ujian Tematik yaaks... Harus bawa topi atau kacamata kayaknya ya mba, meski hijau tp pasti tetep panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, berdasarkan jenisnya, sudah disebut di atas :D Bawa topi dan kacamata hitam :)

      Delete
  11. Tempatnya nyaman ya mba. Aku belum pernah ke hutan Manggrove. Harga tiket masuk terjangkau. Puas banget menempuh perjalanan untuk menikmati wisata hutan Manggrove ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan2 mampir deh, asyik nikmatin alamnya yang masih natural :)

      Delete
  12. sepertinya cocok datang sore, bawa topi lebar seperti mbak Nurul supaya lebih terasa adem yah jalan-jalan di hutan Mangrove.
    eh banyak nyamuk ga mbak? trus toiletnya gimana? bersih? senang lho mengajak anak-anak traveling ke alam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hahaha :) Toiletnya dekat musala, mayan lah so-so :D

      Delete
  13. Murah sekali tiket masuknya hutan mangrove Kulonporgo, ini bisa jadi salah satu destinasi wisata wajib kalau main ke Yogyakarta. Harus nyoba ke tempat-tempat anti mainstream karena bosen sih berulang kali ke Yogya datang ke situ-situ aja hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, hayuk deh pas liburan main ke hutan mangrove Kulon Progo bareng keluarga!

      Delete
  14. Aku lupaaaa udah pernah ke kulonprogo atau beluuumm.
    Tapi menarik juga nih ke mangrove
    Kapan2 mupeengg lah cuss ama kluarga k sanaa

    ReplyDelete
  15. Ternyata yang baru tahu kalau di Yogya itu ada hutan Mangrove bukan hanya saya yang jauh dari pulau Jawa. Jadi tertarik ini nanti kalau ke Yogya mau deh merasakan indahnya pemandangan hutan Mangrove. Btw, saya komennya Anonim yah, soalnya pakai laptop lain. Tertanda Dawiah hihihi

    ReplyDelete
  16. Wah tiket masuknya murah ya hutan mangrovenya, aku paling suka berkunjung ke hutan mangrove karena rasanya tenang dan damai suasananya, manfaat hutan mangrove juga banyak sekali untuk kita jadi happy hutan ini ada

    ReplyDelete
  17. Kalo wisata ke hutan Mangrove itu hal yang nggak boleh diabaikan adalah pakai lotion anti nyamuk. Nyamuknya satu tapi temennya tuh yang banyak, hahahaha.

    Cakep ya pilihan spot foto di jembatan dan spot Selfi hutan bakau. Galfok dengan info harga tiket yang masih murah banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyamuknya ada yang nakal wkwkwkwk :D Cakep donk.

      Delete
  18. Murah banget tiketnya, tempatnya juga menarik. Semoga bisa terus terawat jadi bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan lingkungannya.

    ReplyDelete
  19. wah.. mantep jalan2 ke hutan mangrove. cakep2 spotnya. blm pernah jalan ke hutan mangrove gini. cm padang pohon yang luas waktu di desa dulu. Dan pas pulang ke rumah. Badan digigit nyamuk. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah sesekali mainnya ke hutan mangrove, beda dengan hutan2 biasa :)

      Delete
  20. Cakep juga ya Hutan Mangrove Kulon Progo. Aku udah lama gak jalan ke hutan bakau. Rata-rata memang pada dibuat tempat wisata alam yang menarik. Murah meriah, bagus pula

    ReplyDelete
  21. Belum pernah liburan ke Kulon Progro nih. Rupanya ada Hutan Mangrove yang cantik gini. Semoga tahun ini jadi ke Jogja dan bisa menyempatkan ke Kulon Progo.

    ReplyDelete
  22. Sekarang bnyk hutan mangrove dijadikan lokasi wisata. Ini bagus banget supaya masyarakat sekitar aware mengenai pentingnya keberadaan hutan mangrove ini ya mbak.
    Eh kenapa jenisnya api2. apa karena itu nama tanamannya atau apa?
    Oh aku pikir selama ini ya tanaman mangrove gtu semua sama.
    Noted nih di Kulon Progo, di sana wisatanya juga menarik ya mbak, semoga bisa mampir salah satunya ke htan mangrove ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Itu karena jenisnya, April. Beda...yuk main ke sini kapan2 pas liburan anak :)

      Delete
  23. Wisata alam itu seruuu selain udara seger yg kita dapat trs dapat ilmu juga meski resiko wisata alam ada contohnya digigit nyamuk dkk.

    Kulon progo yogya emang kereen keren wisatanya ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wisata alam itu seru, anak2 jadi tahu tentang hutan mangrove ini dll :D

      Delete
  24. Wah, bagus ya tempatnya. Asri. Cocok buat penyegaran mata. Butuh yang hijau dan seger. Bisa nih masuk daftar kunjungan wisata tahun ini.

    ReplyDelete
  25. aku malah belum main ke sini mbak, kemarin adekku ngajak ke sini kebetulan thesis adekku ttg hutan Mangrove. liat artikel ini jadi pengen mampir

    ReplyDelete
  26. Cakeup nih pengelolaan hutan mangrovenya. Terlihat tertata apik sehingga menarik minat pengunjung untuk explore di dalamnya. Duluuuu banget pernah ke Congot, mbak, tapi belum ada wisata hutan mangrove-nya ini. Pengin juga aahh ke sana bareng dengan keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gitu kapan2 aku mesti datengin Congot ah :D

      Delete
  27. Ini rasanya lebih banyak spot fotonya drpd mangrove yg di PIK ya mba. Aku baru ke PIK doang sih melihat hutan mangrove. Lumayan seneng, Krn ternyata menarik drpd yg aku pikir semula.

    Mungkin kalo ke Jogja lagi, aku bakal datangin tempat ini, sekalian bisa ngajarin anak2 ttg pentingnya mangrove bagi lingkungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah belum sempat main ke mangrove di PIK. Sama2 bagus pastinya :D Adikku udah pernah ke mangrove PIK. SIp mbak, agendain kapan2 ajak keluarga ke Kulon Progo ya.

      Delete
  28. Tiketnya murah pwool ya mbak bisa dapet pemandangan ijo2 seger dan banyak spot foto kece pasti seneng dan puas bgt ya mbak

    ReplyDelete
  29. Makin banyak ya mba hutan mangrove yang menjadi daerah tujuan wisata. Menarik untuk dikunjungi dan kita bisa belajar banyak juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :) Yuk, kapan2 kunjungi hutan mangrove Kulon Progo :D

      Delete
  30. Waktu ke jogja kemarin belum sempat ke hutan mangrove kulonprogo ini. Semoga ada kesempatan kesana apalagi harga tiket masuknya juga muraah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp mbak semoga kesampaian kapan2 pas main ke Jogja :)

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.