Daftar Isi [Tampilkan]

Senin, 19 Desember 2022 lalu, aku bersama teman-teman blogger berburu kuliner di Kota Bogor. Kamij janjian bertemu pukul 09.00 WIB di Stasiun Bogor. Ada mbak Alida Bahaweres dan Ayyas, Mbak Ade Ufi, Dian Farida, Eni Martini. Kami mampir ke Kedai Es Teh Jaya Abadi, Laksa Gang Aut Mang Wahyu, jajan es pala, siomay batagor, bir kotjok, lumpia basah sekaligus perdana coba es krim Mixue. 


Berburu Kuliner Bogor Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
 

Aku dan Eni naik commuter line bareng dari Stasiun Lenteng Agung sekitar jam 8. Alhamdulillaah dapat tempat duduk, bisa santai deh.  Oh ya, sebenarnya banyak tempat makan enak legendaris yang hendak kami sambangi. Namun karena keterbatasan waktu dan tenaga eeeaaa.. 😂 Akhirnya kami putuskan mendatangi beberapa kedai saja. Paling semangat banget Mbak Alida Bahaweres berburu kuliner Bogor seharian nih.

Kedai Es Teh Jaya Abadi

Ini adalah perburuan kuliner pertama begitu kami tiba di Stasiun Bogor. Kedai Es Teh Jaya Badi berjarak kurang lebih 1 kilometer dari stasiun. Cukup berjalan kaki saja, dekat kok. Apalagi jika beramai-ramai, diselingi foto-foto dan obrolan seru, rasanya semakin dekat saja! 

Tinggal belok arah kiri dan melewati Jembatan Merah, sampai deh kami berlima di kedai teh yang kabarnya hits banget dikunjungi anak muda. Sekilas dari luar, penampakan kedai kok kecil, sederhana, biasa saja. Tapi begitu masuk ke dalam, ternyata cukup luas dilengkapi toilet dan musala juga.

 

Berburu Kuliner Bogor Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Tampilan Kedai Teh Tempo Dulu

 

Berburu Kuliner Bogor Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Kedai Es Teh Jaya Abadi Bogor

"Apaan tuh, kok Jaya Abadi kayak nama toko bahan bangunan?", tanyaku pada teman-teman. "Emang gitu namanya jadoel," sahut mereka. Interior jadul dengan televisi zaman baheula, hiasan dinding, rak pajangan aneka teh dan sebagainya.  

Piring penyajiannya juga lawas, seperti seng dengan motif kembang-kembang. Ada beberapa kursi dan meja di beranda. Aku pesan es teh kampul dan roti cokelat keju. Roti berukuran kecil ala kampung dibungkus plastik bening. Sedangkan teh kampul dengan gelas plastik kayak di mall gitu.

Es teh asli angkringan Indonesia. "Dengan meminum teh kami, Anda telah ikut serta dalam pemingkatan kesejahteraan petani teh lokal Indonesia". Begitu slogan Kedai Es Teh Jaya Abadi ini. Lokasi kedai berada di Jalan Merdeka No. 30 Ciwaringin, Bogor, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 hingga 20.00 WIB. 

Daftar Menu Es Teh

  • Es teh klasik: Es teh manis (5K), es teh tawar (4K), es teh kampul (7K), es teh susu (8K) dan es teh mondo (5K).
  • Wedhangan: Wedhang jahe teh (10K), wedhang teh tubruk (5K), wedhang teh susu (8K) dan wedhang teh tubruk manis (7).
  • Varian kebarat-baratan: Ice green tea latte (15K), ice/hot ocha (10K), ice/hot thai tea (12K/10K), ice/hot lime tea 10K dan ice/hot lychee tea (15K). 
 
Berburu Kuliner Bogor Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Daftar Menu Kedai Es Teh Jaya Abadi
 

Laksa Gang Aut Mang Wahyu

Ada yang belum pernah makan laksa? Atau ada yang penasaran sama laksa nu ngeunah pisan nyarinya di mana? Sok, kadieu atuh. Urang cobian laksa Mang Wahyu! Kedainya sih kecil dan sederhana sekali. Berburu kuliner di Kota Bogor, wajib banget datang ke sini. Mamah Bubi Eni Martini ketagihan laksa Mang Wahyu nih 😄

Laksa enak yang eksis sejak tahun 1960-an ini disajikan dengan ketupat yang kuah kuningnya begitu kental dan sedap sekali rasanya. Kuah kuning laksa ini dibuat dengan campuran bumbu kuning, santan dan juga kelapa yang diparut dan dihaluskan. Seporsi laksa Mang Wahyu terdiri dari isian ketupat, tauge, kemangi, telur rebus, tahu dan oncom. Oncom merah ini jadi ciri khas laksa Bogor. 

 

Berburu Kuliner Bogor Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Kuliner Laksa Gang Aut Mang Wahyu Bogor


Berburu Kuliner Bogor Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Laksa Gang Aut Mang Wahyu

Untung aku menikmati semangkok laksa berdua dengan bu dosen Dian Farida. Isinya buanyaaak amat, bisa begah nih perut. Alhamdulillaah aku sukaaaa dan ketagihan. Kapan-kapan mau ke sini lagi ah, ajak suami dan anak-anakku. 

Laksa Gang Aut Mang Wahyu terletak di Jalan Suryakencana Gang Aut, Gudang, Bogor Tengah  Jawa Barat. Telepon yang dapat dihubungi adalah 0878-7025-1399. Adapun jam bukanya mulai pukul 07.00 sampai 14.15 WIB. Dari Stasiun Bogor bisa naik angkot 02 (Sukasari-Terminal Bubulak, turun di Jalan Suryakencana).

Daftar Menu Kedai Laksa

  • Laksa 20K
  • Toge goreng 20K
  • Peyek 5K
  • Kerupuk besar 2K
  • Kerupuk kecil 1K
  • Kerupuk mie 4K
  • Aqua botol 5K
  • Teh Pucuk 5K
  • Kopi 3K
  • Teh manis panas 5K
  • Es teh manis 5K

MIXUE Ice Cream

Nah, kalau ini bukan kuliner tradisional Indonesia ya, gaes. Aku tulis di sini sebagai tambahan saja. Kami butuh istirahat sejenak setelah berjalan ke sana-sini, lelah sehingga ingin ngadem dulu hehehe. Tempatnya nyaman. Ada toilet bersih dan bisa juga salat zuhur di sini, naik ke lantai 2.  

 
Berburu Kuliner Bogor Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Menikmati MIXUE Ice Cream Bersama Teman-Teman Blogger

Akhirnya aku nyobain Mixue Ice Cream. Tapi bukan di Jakarta, ini malah di Jalan Suryakencana Bogor. Padahal dekat rumahku di Jagakarsa juga ada outlet-nya. Rafa & Fakhri demen banget nikmatin Mixue. Aku pilih Boba Sundae 16K. Cup-nya gede, terasa bangeeeeed susunya, beneran enak, kekenyangan. 

 
Berburu Kuliner Bogor Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
MIXUE Ice Cream Bogor

Di Mixue, kita bisa menikmati Fresh Ice Cream, Real Fruit Tea, Milk Tea dan Original Tea.  
Ice and sugar level bisa pilih less atau normal. Begitu juga cup type dengan pilihan U, M atau L. Kalau dilihat dari daftar menu dan harganya, yang paling murah adalah Mixue Ice Cream biasa, hanya 8K, ditaruh di gelas biar gampang makannya.

Keesokan harinya aku dan teman-teman baru ngeh kalau ternyata Mixue ramai dipertanyakan soal kehalalannya karena kami posting status di Facebook. Pihak Mixue Indonesia melalui Instagram resminya, @mixueindonesia, membenarkan produk es krim dan teh yang mereka jual belum memiliki sertifikasi halal.

MUI juga sudah mengatakan produk Mixue kini dalam proses sertifikasi halal. Ya sudah, kalau gitu kita tunggu saja sertifikat halalnya ya gaes, baru deh nyobain varian lainnya. Namanya juga ga tahu, kan ga disengaja. Sip ya, teman-teman 😊   

Baca:

Tre Monti Sky Lounge, Tempat Kuliner Romantis yang Hits di Kota Bogor

Bandar Ikan Jakarta, Restoran Seafood Lezat dan Murah di Bogor, Bikin Ketagihan!

Pengalaman Menginap di Onih Hotel Bogor yang Klasik dan Strategis

Kedai Manisan Pala

Seporsi manisan pala dihargai Rp 10.000,-. Potongan palanya tipis-tipis. Aku sih ga beli minuman ini karena sedang ga kepengen. Kalau dibawa pulang, kupikir kesegarannya sudah berbeda hahaha. Maunya makan batagor siomay saja ah. 

HOME Siomay Batagor Bandung

Eh, pas sekali momennya siang-siang menikmati batagor siomay enak di Bogor. Masih di Jalan Suryakencana juga, belok ke jalanan agak lebar, kita dapat menemukan banyak penjual makanan dan minuman dengan gerobak, lho. Orang-orang lahap benar makannya.

Harga 1 potong siomay adalah 5K, 1 tahu juga 5K sedangkan 1 batagor 6K. Aku coba 2 siomay, 1 tahu dan 1 batagornya. Wah, ternyata harga ga bohong. Ukurannya juga mulayan besar. Sumpah lezat amat nih camilan tingkat tinggi hihihi… Tanpa pikir panjang, aku minta si mamang untuk bungkus 3 porsi siomay batagornya untuk Aa Rahmad, Rafa dan Fakhri.  

 

Berburu Kuliner Bogor Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
HOME Siomay Bandung dan Bir Kotjok Bogor
 

Sayang sekali kami gagal mencicipi sate sumsum Pak Oo karena persediaannya habis. Begitu juga martabah legendaris yang ternyata ditunggu-tunggu kok ga buka terus. Ternyata kalau hari Senin kedai martabak tutup oalaaaa. Mungkin di lain kesempatan kita datangi lagi deh. 

Kelar manjain lidah dan perut, terbitlah kekhawatiran berat badan bertambah hahahaha. Ya sudahlah nikmati sejenak kuliner Bogor. Besok diet lagi wkwkwkwk. Kami naik angkot 02 menuju Stasiun Bogor untuk kembali pulang ke rumah masing-masing. Urusan oleh-oleh pun di sekitar stasiun pun melimpah. Tinggal pilih dan bayar deh.   

 
Kelar manjain lidah dan perut, terbitlah kekhawatiran berat badan bertambah hahahaha. Ya sudahlah nikmati sejenak kuliner Bogor. Besok diet lagi wkwkwkwk. Kami naik angkot 02 menuju Stasiun Bogor untuk kembali pulang ke rumah masing-masing. Urusan oleh-oleh pun di sekitar stasiun pun melimpah. Tinggal pilih dan bayar deh.
Di Alun-Alun dan Stasiun Bogor

 
Berburu Kuliner Bogor Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Oleh-Oleh Bogor

Semoga di lain waktu kita bisa berburu kuliner bareng lagi ya, teman-teman baikku. Senangnya berburu kuliner bersama kalian. Terharu banget deh, mereka menemaniku mencari asinan buah dan sayur untuk suamiku. Sehat selalu ya gaes. Sampai jumpa di keseruan jalan dan jajan berikutnya 😀  


70 comments:

  1. Dimana-mana ada mixue ya. Kirain di Bandung aja yang bertebaran hehe. Aku penasaran sama es teh jaya abadi sih karna aku cek sempet viral juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, menjamur ya MIXUE ini di mana2 hehehe :D Iya, viral tuh Teh Jaya Abadi :D

      Delete
  2. Aku tuh langsung pengen yg laksa dan nyobain teh nya mbaa 😄. Kayaknya menariiik. Aku sering ke surken kok malah ga tau laksanya yaaa. Tapi Bogor memang surga makanan bangetttt sih 😄. Aku pernah coba seharian kuliner di Bogor dari pagi2 Ampe malam, dan ttp aja bingung mau makan apa saking banyaknya Yaa 🤣🤣. Tiap balik kok kayaknya ada aja yg patut dicoba 😄

    Kangen sih Ama Bogor. PGN banget ntr kulineran lagi di sana. Tapi nyobain yg aku blm pernah coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kapan2 naik angkot aja dari Stasiun Bogor mbak. Makan laksa dan nyobain tehnya :)

      Delete
  3. Jadi mau deh ikutan ke bogor, perlu ngerayu paksu buat ke bogor. Biar sambil mengenang masa2 kuliah, praktikum bareng2 . Tapi sungguh butuh usaha keras buat bujuknya

    ReplyDelete
  4. Di sana, harganya juga sangat terjangkau, mbak. teh-tehnya juga kayak teh di angkringan heeee

    ReplyDelete
  5. Udah menjamur banget mixue dimana - mana, sampai sempet trending juga di twitter, tapi sepertinya kedai Es Teh Jaya Abadi lebih menarik, seger banget liatnya, penasaran juga sama manisan pala gimana ya rasanya, perut jadi keroncongan setelah membaca ini semua huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 menarik sih sih dilihat dari berbagai sisi hehehe :D

      Delete
  6. Seru banget mbaa jalan bareng kulineran sama para Blogger hits ituh hahaha. Bogor mah emang paling pas buat wisata kuliner deh selalu ada varian kuliner baru di bogor sekaligus kuliner2 jadoel dan legend nya gak akan bisa diskip gitu ajaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segala ada ya di Bogor mah. Kosongin perut dulu hahaha.

      Delete
  7. Seru banget nih, seharian menjelajah kuliner di Bogor, dan masih kurang ya sehari, ada yang belum bisa didatangi. kapan-kapan agendakan ke Bogor lagi mbak.

    Beneran teh-teh jadul tuh ya yang ada di kedai teh jaya abadi, nggak cuma tehnya bahkan juga interior kedainya, dan gelas yang digunakan untuk menyajikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti berulang2 main ke Bogor, ga ada matinya wkwkwkwkwkwk :D Iya.

      Delete
  8. Wah, jadi kangen Bogor deh! Lama banget nggak jalan-jalan ke sana. Next, kalau ke Bogor udah tahu harus berburu kuliner ke mana aja, thanks ya mbak rekomendasinya ~

    ReplyDelete
  9. Beberapa tahun lalu, saya selalu menganggap Bandung adalah surga kuliner. Gak nyadar kalau di Bogor pun banyak kuliner enak. Malah mudah ditempuh, Naik KRL murah meriah juga udah sampai Bogor :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya, Bandung dan Bogor tuh surganya makanan enak dan legendaris.

      Delete
  10. Happy banget, wiskul legendaris khas Bogor bareng bestie blogger.
    Rasanya ada banyak hal yang bisa dilakukan dan dicoba bersama. Paling ngiler liat Laksa..
    Tapi batagornya juga enak, eh.. hahhaa...sebagai orang Bandung, aneh juga aku komentar begini. Tapi batagor itu camilan never failed. Selalu enak dan lumayan mengenyangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah. Laksanya enaak banget. Semua lezat asal muat aja perutnya wkwkwkwk :D

      Delete
  11. Kedai teh tersebut lagi viral di tiktok banyak yang kunjungi .sederhana tempatnya . Ok buat kongkow kongkow

    ReplyDelete
  12. Aku usul dooong adain jalan jalan jajan kuliner seperti iniiiii!

    Aku daftar duluaaan!

    ReplyDelete
  13. Aiih perkumpulan emak-emak ngehits. Kini emang pada janjian apa Teh?

    Eh itu Ayyas udah tinggi aja..

    Next giliran kota mana nih Teh yg buat dijelajahi kulinernya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiiih hehe thanks mbak. Mau ke Cirebon dll kayaknya :D

      Delete
  14. Buibuuu seru banget kulineran dalam sehari ke banyak tempat. Healing yaah.

    Btw yang es teh itu banyaaak macamnya. Dari yg tradisional sampai kekinian. Harganya pun mulai 4000 aja udah bisa nongki gaul

    ReplyDelete
  15. Berburu kuliner selalu seru ya mbak. Apalagi di Bogor, kulinernya macem-macem. Sehari aja kayaknya juga ga cukup ya, mesti berkali-kali mungkin baru bisa disambangi semua 😍

    Harga menu di kedai teh dan kedai laksa murah-murah bener. Ibaratnya kalau traktir rombongan sampe banyak pun ga abis sampai banyak ini mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar. Hihihi cocok buat traktir orang banyak soalnya murce dan enak2 hehehe.

      Delete
  16. Kompak banget nih blogger Bogor berburu kuliner, pastinya seru yaaah! Penasaran sama laksanya nih, kelihatan menggiurkan bangeeet! Sama batagor Bandungnya juga kelihatan endeus banget deh! Semuanya murah meriah yah mbaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kuy ke Bogor cobain semua hihihi :D

      Delete
  17. Dari sekian banyak kuliner yang disebutkan, tentu saja saya penasaran dengan Laksa. Saya pernah makan laksa bikin sendiri. Karena di sini enggak ada yang jual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laksa itu udah jarang ada ya, tapi alhamdulillaah masih eksis laksa yang satu ini.

      Delete
  18. Aku senang kuliner kayak gini mba. Apalagi bisa bawa pulang oleh oleh yang banyak untuk keluarga. Bahagianya sampe ke rumah. Kapan kapan jalan jalan lagiii 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mantap kan...Alhamdulillaah ya. Sip kapan2 kita jalan2 lagi insya allah.

      Delete
  19. Bogor bisa disebut juga surga kuliner paling dekat dari Jakarta ya mba.. alhamdulillah udah semuanya ...dan selalu kangen untuk datang lagi ..

    ReplyDelete
  20. Wah enak banget mbak Nurul kulineran ke Bogor. Aku seringnya di sepanjang jalan Surya Kencana. Sepanjang jalan banyak makanan walaupun agak sedikit mehong ya. Itu Es Bir Kotjok rasanya aku pernah beli deh, yang samping Indomaret ya. Penasaran nih dengan Laksa Gang Aut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bir kotjoknya seger banget, rempah2nya terasa deh. Iya, depan Indomaret.

      Delete
  21. asiknyaaa.. paling ngiler sama laksa dan asinannya niiih, ahaha. kapan lagi donk adain acara gini lagii? aku pengen ikutaan :D

    ReplyDelete
  22. Mbak penasaran sama kedai es tehnya deh. Pilihan menunya teh klasik gtu ya. Kayanya comforting banget. Catet ah harus nyobain kko ke bkgor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seruuuu...milih teh aja bingung karena kepengen semua wkwkwkwk :D

      Delete
  23. Wah seru banget ini mbak
    Jalan jalan ke Bogor sambil mencicipi kuliner khas di sana yang enak enak
    Duh jadi lapar baca ini

    ReplyDelete
  24. Aku 5 tahun lbh tinggal di area sana baru ngeh ada Es Teh itu hahaha. Soalnya selama ini kalau keluar stasiun Bogor aku selalu ke arah kiri blm pernah otw ke kanan :D
    Semoga nanti kapan2 bisa mampir. Lama juga gak ke area Surken, di gang Aut emang banyak makanan khas Bogor yang otentik yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya, April? hhihihihihihi :D Kapan2 jalan ke arah kanan biar bisa nyobain tehnya ya. Siiip.

      Delete
  25. Wah seru bgt ini pasti ya mba Nurul, berburu kuliner ama bestie.

    Aku lgsg tertarik ama tehnya, suamiku pasti suka banget, suka tehnya, suka juga ama tempatnya yg super jadul hihihi, kpn2 deh pasti aku coba. Laksanya juga aku pengen coba.

    ReplyDelete
  26. Bakalan tidak bingung lagi kalau berada di Bogor karena sudah lengkap rekomendasi di atas
    Tinggal menunggu waktu yang tepat untuk mengikuti jadwal "yes" dari suami

    ReplyDelete
  27. Daku juga waktu liburan di Bogor kerjanya kulineran haha soalnya mau jalan-jalan hujan melulu dan agak khawatir berita longsor dan banjir, jadi pengen ke Gang Aut lagi deh..yummi pisan laksanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manjain perut aja kalau jalan2 di Bogor mah hahaha :D Dapat banyak.

      Delete
  28. ternyata kuliner Bogor ada banyak ya, aku ngertinya cuma asinan Bogor hahaha, makasih ya mak udah ngasih rekomendasi ini

    ReplyDelete
  29. Mixueeeee aku kmrn cobain gegara adek beli pas pulang sekolah. Eh, ternyata enak dong besoknya aku jadi beli haha. Pantesan banyak yg suka ya ternyata emg enak dan harganya murah 😆

    ReplyDelete
  30. Sering ke Bogor tapi belum pernah jajal kuliner nya..kapan2 mau nyoba ah, tertarik sama kedai teh nya...kedai nya apik banget model jadul ya

    ReplyDelete
  31. Kulineran di bogor,keinget jaman dulu,berasa lapar tengah malam gada motor,naik angkot umum tengah malam menuju ke arah jembatan merah,buanyakk sekali pilihan kulineran merajalela hahaha. Iya mba bener,kulineran bogor beneran enak dan sukaa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkw emang bererot ya kuliner Bogor apa aja ada dan enak2 semua :D

      Delete
  32. Mbaaa kok seru banget si acara kuliner banget bloggernya. Ini acara rutin meet up apa emang ada event khusus ngumpul gitu hehehe. Kemarin pas ke Bogor belum sempet kulineran huhu, sayang banget. Penasaran ke kedai es teh Jaya Abadi, vibesnya yang jadul bikin nostalgia banget kan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeheheheh ini acaranya bukan rutin sih, agak dadakan aja iseng2 wkwkwkwk. Yuk mbak cobain teh2 di Jaya Abadi :D

      Delete
  33. Asyik juga ya jadi food blogger, cicipin makanan sana sini, enak bisa jadi konten yang bermanfaat. Ini Mixue kan buka di Kudus juga .Mbak.

    ReplyDelete
  34. Wah serunya bareng blogger hihihi. Ada mba Eni juga ya, kapan lalu pernah kerja dengan beliau untuk event di Surabaya

    ReplyDelete
  35. seru banget explore Bogor kayak gini mbak
    Dari dulu aku berharap bisa main main ke Bogor dan kulineran. Dan kawasan Surya Kencana ini banyak banget makanan yang bisa dicoba ya

    ReplyDelete
  36. penasaran sama kedai es tehnya sih, kalau ke bogor pengen nyobain kedai es teh itu

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.