Daftar Isi [Tampilkan]

Pernah berwisata alam di Nanggulan, Kulon Progo? Sudah pernah mampir ke Kopi Ingkar Janji, belum? Kulon Progo tidak hanya dikenal dengan wisatanya yang beraneka ragam dan menawan, lho. Kita juga bisa menikmati wisata kuliner sekaligus pemandangan terbaik Bukit Manoreh yang memesona. 

Doyan ngopi? Senang memanjakan perut sambil memandang alam dari atas bukit? Eh, itu kayak lagu ya? Kedai Kopi Ingkar Janji menyajikan berbagai kuliner tradisional khas Jogja yang dipadukan dengan suasana alam pedesaaan. Katanya sih, santap sore saat sunset bakalan seru banget di tempat ini. 

 

Menikmati Kuliner Ndeso di Kopi Ingkar Janji Kulon Progo Nurul Sufitri Travel Blog
 

Menikmati Kuliner Ndeso di Kopi Ingkar Janji Kulon Progo

Sabtu, 18 Desember 2021 lalu aku, Aa Rahmad, teteh Rafa dan ayang Fakhri makan siang yang kesorean di Kopi Ingkar Janji. Sebenarnya kami ga spesifik kepengen mencoba di resto tertentu. Yang jelas sudah niat, terutama suamiku nih, ingin sekali wiskul di Kulon Progo.  

Sabtu itu wisata khusus di wilayah Kulon Progo. Belum jelas juga sih mau ke mana. Akhirnya suamiku memutuskan mampir ke Gua Kiskendo dan Sungai Mudal. Nah, di judul berikutnya aku akan berbagi keseruan selama berada di sana, tungguin ya 😁

 
Menikmati Kuliner Ndeso di Kopi Ingkar Janji Kulon Progo Nurul Sufitri Travel Blog

Balik lagi ke Kopi Ingkar Janji. Mobil sudah melewati tempat ini, sempat ragu mau berhenti di mana. Di sekitarnya cukup banyak beragam tempat makan yang kelihatan kece banget alias instagramable lah kalau kata netizen zaman now.  

Sebelum masuk pengunjung dicek suhu tubuh, wajib mencuci tangan, mengenakan masker, jaga jarak serta tidak berkerumun. Yuk, simak deh kunjungan kami di Kopi Ingkar Janji. Makan apa dan habis berapa duit itu ya?  

Lokasi

Kopi Ingkar Janji berada di Jalan Raya Kaligesing No.17, Tileng, Pendoworejo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674 atau sekitar 20 km dari barat Kota Yogyakarta. Tempat hangout asyik bertemakan 'Traveling, Eating & Healing' ini memiliki akun Instagram @ingkarjanjikopi.

Jam Buka

Kopi Ingkar Janji buka dari Senin hingga Jumat pukul 09.00-21.00 WIB, sedangkan Sabtu dan Minggu sudah mulai buka pukul 08.00-21.00 WIB. Kedai yang menyajikan kopi wedhang dan daharan khas ndeso Kulon Progo Yogyakarta ini menyuguhkan kopi terfavorit yakni kopi ingkar janji.  

Fasilitas

Kopi Ingkar Janji mulai beroperasi sejak Oktober 2020. Tempat nongkrong ini menyediakan ruang terbuka yang cukup luas. Uniknya lagi, di sini tersedia ruangan indoor yang dibangun seperti joglo. Setiap Minggu sore pengunjung dapat menikmati live music. Area parkir, musala dan toilet juga tersedia di kedai ini.

Menu Ndeso

Menu yang disuguhkan di Kopi Ingkar Janji merupakan menu masakan dan camilan tradisional khas Kulon Progo, Geblek. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati menu-menu "Ndeso" yang cukup lengkap. Ada aneka sayuran dan tumisan seperti sayur lodeh, tumis tahu dan kacang panjang, sayur sop, sayur daun singkong, tempe garit, tahu bacem, botok manding, mangut lele dan sebagainya.  

Tersedia juga ayam goreng, pepes tahu, pepes ayam, aneka opor, pokoknya bunyaaaak deh. Untuk camilan ada pisang goreng, tempe benguk, mendoan, singkong goreng dan masih banyak lagi. Harga menu di tempat ini termasuk murah di kisaran Rp 6.000,- dan untuk makanan berat seperti nasi dan sayuran bisa dimulai dari Rp 10.000,- dan lauk-pauk di kisaran Rp 5.000,- saja. 

Minuman yang disuguhkan bisa dipilih seperti es oyen, kunir asem, wedang jahe, teh poci, teh tarik atau kopi tubruk, Vietnam drip dan tentunya kopi ingkar janji. Minuman serba kopi yang bisa dinikmati para pencinta kopi adalah Kopi Manoreh, Kopi Suroloyo dan Kopi Sulingan. 

Sebagai salah satu Usaha Jasa Pariwisata (UJP) di Kulon Progo, Kopi Ingkar Janji telah mendapat sertifikasi Patuh Protokol Kesehatan dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulon Progo. Selama masa pandemi pengelola hanya memperbolehkan pengunjung sebanyak 50% dari kapasitas normal.  

Begitu turun dari mobil, kami langsung masuk ke kedai ini. Petugas cek suhu tubuh semua pengunjung dan tak lupa mencuci tangan terlebih dahulu. Awalnya bingung juga sih mau duduk di area outdoor atau indoor, mengingat cuaca mendung sekali.  

 
Menikmati Kuliner Ndeso di Kopi Ingkar Janji Kulon Progo Nurul Sufitri Travel Blog
Menu Prasmanan

Waktu itu di sore hari meja dan kuris ga terlalu penuh sehingga kami langsung saja menuju meja prasmanan dan memilih menu makanannya. Saking banyak menu yang kelihatan enak, aku pun bingung (lagi) hahaha kira-kira mau makan apa. Kalau ga salah aku ambil sayur daun singkong, perkedel, pepes ayam, itu saja.

Kami duduk di area outdoor. Es oyen pesanan kami pun datang, diantar oleh si mbak pramusaji. Oh ya, jadi kita selesai ambil makanan, langsung bayar di meja kasir yang berada tepat di sebelah meja prasmanan. Pilihan minumannya ada di sampingnya lagi. Es oyen ada di dekat penyajian nasi dan peralatan makan. 

 
Menikmati Kuliner Ndeso di Kopi Ingkar Janji Kulon Progo Nurul Sufitri Travel Blog
Wisata Kuliner Asyik di  Kopi Ingkar Janji

Di sana kita dapat menikmati pemandangan alam seperti hamparan persawahan dan perbukitan hijau yang indah. Kalau mau naik ayunan pun bisa, bergantian dengan pengunjung lain. Angin sepoi-sepoi menerpa wajah ketika kami menikmati hidangan. Tempat nongkrong hits ini cocok banget dijadikan sarana berkumpul bareng keluarga maupun pasangan.

 

Menikmati Kuliner Ndeso di Kopi Ingkar Janji Kulon Progo Nurul Sufitri Travel Blog
Bersama Rafa


Saat makanan di piring kami hampir habis disantap, turunlah hujan rintik-rintik, kemudian mulai deras. Akhirnya kami pindah tempat di rumah joglo. Nuansa etnik dan tradisional cukup terasa di sini. Jadi teringat hotel tempat kami menginap, di Joglo Mandapa Boutique Hotel & Resto πŸ˜€


 
Menikmati Kuliner Ndeso di Kopi Ingkar Janji Kulon Progo Nurul Sufitri Travel Blog
Rafa dan Fakhri Minum Es Oyen di Rumah Joglo
  
Oh ya, sajian menu ndeso yang kami nikmati ternyata terjangkau banget. Total keseluruhan hanya 118 ribu saja, masakan sederhana ala rumahan. Memang sih aku ga mencoba kopinya. Sudah terlalu lelah rasanya kepengen kembali ke hotel karena pegal-pegal dadakan masuk ke Gua Kiskendo dan menelursuri sebagian isinya πŸ˜€

Semoga di lain kesempatan kami bisa makan enak lagi di Kopi Ingkar Janji. Menyantap masakan rumahan yang ndeso dan suasana matahari terbenam di balik Perbukitan Manoreh yang cantik. Ingin juga memanjakan lidah sembari menikmati live music saat akhir pekan.


80 comments:

  1. Waktu dolan dulu kopi ingkar janji ini baru dalam tahap pembangunan, sekarang lumayan ramai untuk daerah sana. Banyak kedai kopi berdekatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas Sitam. Di depan, kanan dan kirinya banyak cafe n resto juga rumah makan 😊

      Delete
  2. Kangen banget sama menu-menu hommie gini.
    Pasti rasanya enak yaa..kak Nurul, makan sambil ditemani matahari dan semilir angin.
    Dengan harga terjangkau, bisa banget menikmati sajian di Kopi Ingkar Janji Kulon Progo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stress releaae makan di sini 😁😁

      Delete
  3. Wah senangnya mbak Nurul, bisa jalan jalan dan menikmati kelezatan kuliner ndeso seperti ini
    Suasana segar ya mbak, hijau hijau
    Berasa makan di rumah ya, karena menunya hoomey gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masakan rumahan di tempat yang nyaman banget 😊

      Delete
  4. Aku jadi ingin ke kulon progo deh selain ke jogja mbak nurul. Kalau yang menunya ala ndeso gini memang wuinuk (enak). Mirip konsepnya kopi klotok ya kalau di jogja yang terkenal pisang goreng kepoknya. Di sini ada pula yang uniknya tempe benguk dan tempe garit. Kalau tempe benguk mbul tau mbak nurul, tapi tempe garit belom engeh bentuknya kayak apa. Trus ada es oyen juga. kukira adanya es oyen di bandung doang. Penasaran ama wisata nextnya yaitu di gua dan sungainya mba nurul. Seneng ngliatin postingan luburan aku...terutama pas bagian ngulas kuliner heheh...kemarin baru baca yang mie ongklok tapi belom ninggalin jejak. Cuz ah 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang deh Jogja tuh ngangenin 😊 Wisata dan kulinerannya ga habis2 hahaH. Kudu dicoba satu per satu seperti Kopi Ingkar Janji ini, Mbul πŸ˜‹

      Delete
  5. Sukak banget sama tempatnya Kopi Ingkar Janji kak.. Jawaaa banget..Menunya juga .. Kayaknya kalo ke Jogja pengen deh mampir ke sini..Penasaran sama kopinya malah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan2 aku juga mau ke sini lagi, belum mimi kopinya πŸ˜…

      Delete
  6. Sukaak ya mb nurul menu rumahan seperti itu mana muraah, pemandangan alamnyaa yahudd, kulon progo next mau jelajah kesana πŸ‘Œ

    ReplyDelete
  7. hadu tempatnya bikin mupeng
    meski namanya unik ingkar janji
    kulon progo emang keren bentang alamnya
    dingin2 smabil ngopi emang asyik mbak
    apalagi di outdoor gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makan di area outdoor terasa banget angin sepoi2nya πŸ˜€

      Delete
  8. Nama kedainya unik banget ya mbak Nurul, Kopi Ingkar Janji. Padahal disana tidak ada kopi itu ya, adanya kopi Suroloyo, kopi manoreh, kopi dan kopi sulingan.

    Murah juga ya, semua menu itu habis 118 ribu, memang katanya kuliner di jogjakarta dan sekitarnya tidak bikin kantong jebol.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawaannya makan terus saking harganya murce πŸ˜‹

      Delete
  9. Makanan ndeso kaya gini tuh sebenarnya ngangeni. Terus dipadu sama tempat yang terasa rumah. Pas banget deh buat istirahat ngisi perut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndesonya makin terasa dengan keberadaan Joglo-nya πŸ˜€

      Delete
  10. Aku belum pernah jalan jalan ke tempat yang Bunda sebutin di atas hihihi πŸ˜‚*keliatan ya main aku kurang jauh. Aku sangka itu ya kopi ingkar janji itu lokasinya masih di jabodetabek tapi ternyata di Yogyakarta ya. Nanti kalau aku jalan jalan atau wisata kulinee tanya bunda aja ya. Soalnya branding blognya di pikiranku blogger khusus cerita tentang jalan jalan dan wisata kuliner. Soalnya tiap aku baca blog atau share di FBnya postingannya tentang itu 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe kapan2 mbak Yeni mesti sering hangout sama keluarga juga ke tempat2 seru kayak gini 😍

      Delete
  11. Baguuusss bangeett tempatnyaaa,
    Kirain dgn spot sekece ini, harga makanan minumannya bakal mihiill
    ternyataa, kok murah amaatt yak.
    buat ber-4 cuma habis segitu
    sungguh layak didatengi rame2 ni!

    ReplyDelete
  12. Kopi Ingkar Janji-nya enak tapi ingkar janji jangan dong...hahaha BTW tempatnya enak banget suasana sekitar cafe asri dan khas jogja banget, aku tuh baru tiga kali ke jogja tapi belum sempat jalan-jalan ke banyak tempat wisata dan baru tahu kalau di daerah Kulon Progo banyak tempat wisatanya, jadi ngak melulu harus ke Borobudur atau Prambanan. Makasih mbak infonya, jadi tahu ada lokasi wisata kece di Kulon Progo plus tempat makan dan nongkrong yang murah meriah...aku suka nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak surga dunia di kulon Progo hahahaha yuk mbak 😍😍 Jalan rayanya bagus.

      Delete
  13. Wah aku belum pernah ke Kopi Ingkar Janji mbak. Menunya jogja bangets ya, njawani. Pemandangan nya jelas ciamik. Bookmark ah kalau mudik ke Jogja kudu mampir Kulon Progo

    ReplyDelete
  14. namanya aja udah unik, Ingkar Janji, semoga rasanya enggak
    trus harganya murah ya untuk ukuran tempat instagrammable gini. Berempat 118ribu aja lho udah makan. Trus penasaran warung makan biasa di Kulon Progo berapaan ya.

    ReplyDelete
  15. Nama kedainya unik banget sih ingkar janji hihi mana tempatnya juga ndeso ya ayem lihatnya bisa jadi rujukan nih kalau main ke Kulonprogo, menunya juga ndeso pisan banyak yang ngga kutahu saking khas sana ya

    ReplyDelete
  16. Nama kedai kopinya ada ada aja, Ingkar Janji.
    Pemandangannya sangat indah dan mempesona, dan warungnya kelihatan bersih dengan disain interior yang manis.
    Es Oyen sepertinya enak, jadi pengen nyobain..... πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    ReplyDelete
  17. Namanya ingkar janji, unik ya. Tapi malah bikin penasaran, kenapa namanya "negatif gitu"
    Wah ada tempe benguk di sini, saya udah lamaaaa banget nggak makan tempe benguk. Kalau tempe garit masih sering makan.

    Dulu waktu kecil hampir tiap hari makan tempe benguk bacem/goreng. Sekarang tiap mudik ke Klaten, cari tempe benguk udah jarang ada yang jual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga nyobain tempenya wkwkwkwk πŸ˜… Iya ya kenapa dikasih nama seperti itu? Kepo ah 🀣

      Delete
  18. kebayang sih gimana nikmat dan syahdunya menikmati secangkir kopi dan makanan pelengkaplainnya di sini dengan udara Kulon Progo yang adem

    ReplyDelete
  19. mba nurul ini selalu so sweet deh sama suaminyaa πŸ€—
    semoga nanti kalau udah nikah aku juga bisa jalan jalan terus sama suami 😜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha bisa aja, Farah πŸ˜πŸ˜„ Sweet biar gemesin wkwkwkwkw.

      Delete
  20. Konsep yang bagus untuk mengenalkan makanan 'jadul', terutama wedang jahenya nih. Suasana yang asri dan sejuk gitu sambil nikmati menu enak bareng orang terkasih, rasanya... komplit bahagianya.

    ReplyDelete
  21. Aku yang deket malah belum pernah ke situ, Mak.. Hihi.. Sekarang kalau pulang dari Solo menuju Purworejo, kami lebih sering lewat Salatiga, Magelang, lalu turun ke Purworejo. Kenapa? Karena kalau lewat Jogja - Kulon Progo, bakalan macet di Jogjanya. Hiks.. Jadi udah lama banget ngga lewat Kulon Progo malah.

    Tapi menarik ya Kopi Ingkar Janji ini. Menu ndesonya itu lho, ngangeni. Biasanya kedai kopi gitu nyediainnya cake, waffle, donat, gitu-gitu lah, yaa... Ini enak nih, ada botok mlanding, mangut, waaaa... bikin kangen sama masakan almarhumah ibu. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menu ndeso banyak diminati seperti kembali ke kisah klasik tempo doeloe πŸ˜€

      Delete
  22. Mbaa, ini mah paket lengkap mba. Aku juga suka ama pilihan kuliner prasmanan dengan suasana alami yang terbuka. Apalagi sambil ngopi nih mba. Wah pilihan sekali :)
    Makasih mba informasi :)

    ReplyDelete
  23. Nama restonya unik ya mba, ingkar janji. Biasanya orang lain teguh menepati janji, ini malah ingkar hahaha... apasih ini.

    Kalau ngeliat vibesnya, persis banget ini mba dengan kopi klothok di Magelang. Bedanya hanya di view outdoornya. Yang kopi ingkar janji pemandangannya asyik banget, segar gitu sembari makan bisa melihat hijau-hijau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unik ya namanya πŸ˜€ Sebenernya kami udah mau masuk ke ruangan Kopi Klotok, eh penuuuuh, nunggu lama kan males.

      Delete
  24. enak bnaget nih menikmati kopi di pemandangan kayak gitu, kapan waktu main ke Bengkulu ya mak, nikmatin kopi janji nikah, hahaha eh janji kawin. happy family mak

    ReplyDelete
  25. Terbilang murah ya, mbak, untuk ukuran menu makanan di lokasi wisata yang udah terkenal gitu.
    Mana disuguhi pemandangan yang bagus pula.

    ReplyDelete
  26. Harganya terjangkau ya mbak Nurul
    Menu menunya juga enak, khas makanan rumahan
    Kapan kapan harus mampir ke Kopi Ingkar Janji Kulon Progo kayknya

    ReplyDelete
  27. Nama kafenya unik ya Mbak, Kopi Ingkar Janji. Kayanya Kulon Progo banyak tempat kulineran asik. Saya malah pengen nyobain es Oyennya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak kulineran Kulon Progo yang keren2.

      Delete
  28. total semuanya 100ribuan, wahhh ini terjangkau banget mbak
    dan Jogya emang nggak pernah gagal kalau soal wisata, ada aja yang baru, belum kesini ehh muncul yang disono, belum kesono ehhh muncul lagi ditempat lain
    perlu cuti berapa lama kalau pengen semua dikunjungi, aku yang bingung, semua list wisata Jogya punyaku banyak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya, kalau mesti diturutin semua, cutinya lama nih πŸ˜‚

      Delete
  29. Nama tempatnya lucu banget, kopi ingkar janji, semoga gak membuat pengunjungnya ingkar janji eeeh. Tempatnya cozy banget. Jadi pengen makan bacem.

    ReplyDelete
  30. di Jogja makin banyak warung dengan konsep begini ya mbak, menu makanannya itu lho yang bikin kangen selain tempat dan suasananya. Kalau di kopi ingkar janji belum nyobain, boleh nih jadi wishlist kalau kulineran ke Jogja

    ReplyDelete
  31. Namanya unik juga ya. Kopi yang ingkar janji. 🀭
    Tapi kulinernya keliatan enak. 🀀

    ReplyDelete
  32. Padahal aku penasaran banget kopinya mbaaaa 🀣🀣. Namanya unik, berhasil banget narik perhatian. Tiap kali ke Jogja, sbnrnya banyak sih kedai2 kopi yang cendrung tradisional gini, yg pengen aku coba. Tapi rata2 justru yg kedai begini ruameee bgt, dibanding yg kafe modern nya 🀣. Akhirnya aku batal Mulu nyobain. Krn sedang pandemi juga, takut kalo desak2an.

    Tapi kalo ke Jogja lagi, harus bisa sih nyobain kopi2 nya, termasuk yg ingkar janji ini πŸ˜„πŸ€­. Semoga aja rasanya ga ingkar enaknya yaaa 😜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia mbak. Kedai menu ndeso kayak gini biasanya rame, untung juga aku datang sore. Hujan deras pula haha jadi ga bisa eksplorasi wkwkwkwkw...Kapan2 mau nyobain kopinya ah.

      Delete
  33. Menu ndeso begini sungguh ngangeni. Apalagi jika di sekeliling kita bisa sekalian menikmati perbukitan yang hijau, damai banget. Terlebih harganya sangat aman di kantong, beneran bisa jadi tujuan kulineran kalau ke Jogja nih Kopi Ingkar Janji Kulon Progo .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga murah, tempatnya indah. Pengunjung suka 😍

      Delete
  34. Selalu suka mengikuti cerita piknik Mbak barengan keluarga. BTW apa gak ada geblek kulonprogo menunya? Makanan yg dari tepung gaplek, alot2 gurihvenak gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe thanks mbak 🀩 Wah aku ga ngeh deh..Maybe next time.

      Delete
  35. Daerah Kulon Progo memang sekarang lagi banyak tempat-tempat & wisata alam yang menarik yaa. Boleh nih jadi wishlist tempat jalan-jalan kalau main ke jogja lagiπŸ€—

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus2 deh pemandangan wisata alamnya dan HTM2nya terjangkau 😊

      Delete
  36. duhhh sedep banget menikmati menu makanan rumahan sembari menikmati keindahan alam yang masih alami. Seru banget dinikmati dengan keluarga. Pasti aku makannya bakalan lahap kalau disini nih. sedepppppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bang πŸ˜€ Bisa nambah terus ambil makanannya hahaha.

      Delete
  37. huaa kok nama kopinya lucu yaa mba.. di saat yang lain berlomba2 bikin frasa manis, eeh ini pakai kata ingkar janji hehehe. btw pemandangannya menyegarkan bangeet.. saya dulu tinggal di jogja 2 tahunan tapi belum sempat ke kulonprogo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih malah jadi penasaran kan orang2 kepengen kulineran di sini.

      Delete
  38. Pemandangannya bagus banget ya, kayak adem banget gitu. Aku juga jadi ngiler liat makanannya.

    ReplyDelete
  39. seru ya mba ngumpul cangkruk di sini sambil jernihkan mata ya
    ini kalau kulihat anak-anakmu miriippp dirimu semuaaa yaaa. salah fokus
    kalau ada tempat gini biasanya rameee kalau di sini apalagi terjangkau harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya namanya juga emaknya 🀣🀣 Betah di sini makan berat atau ngemil πŸ˜‹

      Delete
  40. Wah aku pernah banget kesini pas ada kegiatan kampus Kuliah Kerja Nyata atau KKN di kulonprogo, tempatnya enak banget dan banyakjuga spot yang bagus kalau mau foto atau sekedar duduk menikmati minuman dan bercanda tawa bersama dengan teman atau pasangan hihiw..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sama pasangan bisa lebih lama lagi mampir di sini, mas πŸ˜€

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.