Daftar Isi [Tampilkan]

Melintasi jalan raya di kawasan Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta, kami dadakan mampir di Ekowisata Taman Sungai Mudal. Tak sangka, ada secuil taman surga menyeruak. Betapa indahnya pemandangan air terjun dan kolam pemandian alami cantik yang berasal dari mata air sebuah gua. Sayangnya, keterbatasan waktu dan rintik hujan memisahkan.

 
Ekowisata Sungai Mudal, Secuil Taman Surga di Kulon Progo Yogyakarta
 
 
Saat itu kami telah rileks sejanak di dalam mobil setelah ‘berolahraga’ di Gua Kiskendo. Tunggu ya, akan aku ulas cerita keseruan kami berempat berwisata ke Gua Kiskendo di judul berikutnya. Tampak tulisan arah destinasi menuju Taman Sungai Mudal.

Seingatku, nama Sungai Mudal sangat instagramable namun mungkin masih banyak orang belum familiar dengan lokasinya. Yang akan kubagikan ini letak kolam pemandian yang paling bawah. Mungkin suatu hari nanti kami akan kembali lagi ke sini, saking penasaran dengan pemandian paling cantik di atasnya lagi. 

Kami sekeluarga berkunjung ke Ekowisata Sungai Mudal pada hari Jumat, 16 Desember 2021 lalu. Melekat sekali dalam ingatan, mobil kami sudah berdiam di area parkir. Suami ragu apakah jadi turun atau ga karena waktu mencapai jam salat Jumat.

Akhirnya diputuskan mencari masjid terdekat. “Mas, nanti kami kembali lagi ke sini. Mau Jumata-an dulu, biar tenang wisatanya”, ucap Aa Rahmad kepada seorang petugas prakir. “Oh, baik, Pak. Silakan”, ujarnya sopan dan ramah.

Ekowisata Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Ekowisata Sungai Mudal merupakan binaan PT. PLN (Persero) yang memiliki visi untuk terwujudnya Ekowisata Sungai Mudal dengan lingkungan yang hijau, udara yang bersih, air yang sehat dan indah sebagai pendukung kehidupan di Kelurahan Jatimulyo melalui peran serta masyarakat, pemerhati lingkungan dan pemerintah.

Air Terjun Sungai Mudal terletak kurang lebih 75 meter dari mata air Mudal. Air terjun yang dimaksud ada 3 titik berada di bantaran Sungai Mudal. Air terjun pertama posisinya paling atas dengan ketinggian air terjun 17 meter. Apabila musim hujan air terjun kelihatan indah sekali, sehingga pengunjung bisa berlama-lama menikmati keindahannya.

Air terjun kedua terletak 15 meter dari air terjun di atasnya. Jika musim hujan, aliran airnya deras dan agak lebar sehingga tampak indah. Sedangkan posisi ketiga berada di atas kolam pemandian alami dekat parkir bawah. 


 
Ekowisata Sungai Mudal, Secuil Taman Surga di Kulon Progo
Ekowisata Taman Sungai Mudal Kulon Progo


Sejarah Taman Sungai Mudal dimulai sejak tahun 2021 melalui program bersih-bersih saluran air yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Awalnya berniat membersihkan saluran mata air yang bersumber dari sebuah gua, karena airnya yang jernih selalu digunakan untuk kebutuhan masyarakat.

Ternyata tempat ini berpotensi menjadi objek wisata. Pesona alam, kolam pemandian alami dan penataan fasilitas pendukung lainnya menjadikan Taman Sungai Mudal semakin dikenal khalayak dan wisatawan. Istilah Mudal ini merujuk pada kondisi air yang selalu melimpah, tak pernah surut, selalu jernih sehingga sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat terutama di Kulon Progo.

Baca: Curug Sikarim Dieng, Wisata Air Terjun di Desa Tertinggi Pulau Jawa

Lokasi dan Rute Perjalanan

Ekowisata Taman Sungai Mudal merupakan objek wisata bak surga tersembunyi yang tempatnya masuk di dalam hutan. Mudal merupakan sebuah ekowisata yang berlokasi di Dusun Banyunganti, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di Pedukuhan Banyunganti dan Pedukuhan Gunungkelir, Kelurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulo.

Suasana sejuk nan asri terasa menyelimuti. Tak sedikit wisawatan datang jauh dari pusat kota. Jalan menuju Ekowisata Taman Mudal, atau disebut juga Taman Sungai Mudal dari Yogyakarta hanya berjarak 32 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan dalam kondisi lalu-lintas normal.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Berlibur ke Kulon Progo, katanya sih tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Ekowisata Sungai Mudal. Ekowisata Sungai Mudal merupakan salah satu objek wisata air yang berada di perbukitan Menoreh yang diresmikan sejak tahun 2015. Ekowisata Sungai Mudal buka setiap hari Senin hingga Minggu, pukul 08.00-16.00 WIB.

Adapun harga tiket masuk kunjungan wisawatan per orang adalah Rp 10.000,- saja. Biaya tersebut sudah dapat digunakan pengunjung untuk berenang sepuasnya. Alhamdulillaah ada petugas yang mengawasi area tertentu. Jadi pengunjung ga perlu khawatir mau bebas berenang di mana saja. Bagi yang ga bisa berenang akan diberikan ban dan di tiap titik ada pemandunya. 

 
Ekowisata Sungai Mudal, Secuil Taman Surga di Kulon Progo Yogyakarta
Beli Tiket Masuk Ekowisata Sungai Mudal

Fasilitas

Fasilitas di Ekowisata Sungai Mudal Kulon Progo terbilang cukup lengkap untuk kenyamanan berwisata, di antaranya tempat parkir, musala, toilet, wifi area, warung makan, area kemping, gazebo untuk pertemuan, Program Sekolah Sungai/ Perpustakaan ESM, outbound, wahana flying fox, rappelling (Menuruni tebing), zip bike dan tree top anak. 

 

Ekowisata Sungai Mudal, Secuil Taman Surga di Kulon Progo Yogyakarta
Ekowisata Sungai Mudal

Ekowisata Sungai Mudal, Secuil Taman Surga di Kulon Progo Yogyakarta
Tiba di Ekowisata Sungai Mudal

Daya Tarik

Secara umum ada empat daya tarik Ekowisata Taman Sungai Mudal yang disajikan untuk para pengunjung yaitu sebagai berikut:

Kolam Pemandian

Ini dia pesona kecantikan Taman Sungai Mudal! Kolam pemandiannya bersumber dari mata air alami yang berada di sebuah gua. Kolamnya sudah ditata baik dan cantik. Ada kolam untuk anak dan dewasa dengan fasilitas penunjang ban pelampung. Tak tahan ingin menceburkan diri ke dalam kolam, saking jernih warna airnya cenderung hijau tosca

 

Ekowisata Sungai Mudal, Secuil Taman Surga di Kulon Progo
Kolam Pemandian Sungai Mudal (Foto: IDN Times Jogja)


Si bungsu Fakhri ingin sekali main cebur-ceburan. Aku, Rafa dan papanya juga kepengen, sayang ga bawa baju ganti. Jadi pelajaran berharga nih lain kali kudu bawa pakaian ganti full ditaruh di mobil buat jaga-jaga. Soalnya kan niat awal hanya wisata ke Gua Kiskendo, weleh-weleh 😀 

 

Ekowisata Sungai Mudal, Secuil Taman Surga di Kulon Progo Yogyakarta
Pemandangan Kolam Pemandian dari Atas Jembatan
 

Baca: Wisata Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro Melawan Tentara Belanda

Air Terjun yang Berundak-undak

Tempat ini menawarkan pemandangan indah berupa air terjun yang berundak-undak. Saat itu kulihat ada seorang bapak yang berani berfoto di area air terjun. Walaupun aliran airnya cukup deras, tetapi sepertinya aman, karena pijakan kaki berada di bagian akhir kucuran airnya. 

 
Ekowisata Sungai Mudal, Secuil Taman Surga di Kulon Progo Kolam Pemandian Sungai Mudal
Pesona Air Terjun Sungai Mudal yang Berundak-undak

Taman yang Indah

Itulah sebabnya Ekowisata Sungai Mudal ini diibaratkan secuil taman surga yang diturunkan di Kulon Progo. Di sekitar area kolam terdapat taman yang mengelilinginya. Terlihat keindahan bunga-bunga berwarna-warni. Kelihatan gazebo dan jalur trekking yang tertata rapi dan bersih.

Jembatan di Atas Air Terjun dan Kolam Pemandian

Membayangkan foto-foto cantik (Karena pemandangan kolam dan air terjun yang sudah cantik) saat berada di kolam dan sebagainya duh..hingga saat ini selalu bercita-cita mau mendatangi Sungai Mudal lagi kapan-kapan. Ada jembatan di tengah-tengah sungai dengan pemandangan aliran sungai dan air terjun yang memesona. Kolam pemandiannya kelihatan menyegarkan, berwarna hijau tosca, jernih. 

 
Ekowisata Sungai Mudal, Secuil Taman Surga di Kulon Progo Yogyakarta
Berada di Jembatan Cinta Dekat Air Terjun Sungai Mudal

Ekowisata Sungai Mudal, Secuil Taman Surga di Kulon Progo Yogyakarta
OOTD di Jembatan Cinta Sungai Mudal 😃
 

Oh ya, jam makan siang kami rupanya bergeser ke sore hari. Kami iseng jajan cilok, kebetulan si mas jualannya dekat area parkir mobil. Jadi makan siangnya di mana? Sudah lama niat mencicipi kuliner ndeso di restoran Kopi Ingkar Janji, alhamdulillaah kesampaian.

Yuk, baca! Menikmati Kuliner Ndeso di Kopi Ingkar Janji Kulon Progo

 
Ekowisata Sungai Mudal, Secuil Taman Surga di Kulon Progo Yogyakarta
Foto Keluarga di Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Tips Berwisata

Teman-teman, mari simak tips berkunjung ke Taman Sungai Mudal Kulon Progo supaya aman dan nyaman berwisata, yakni:

  • Perhatikan cuaca sekitar sebelum berangkat. Untuk berjaga-jaga, siapkan payung maupun jas hujan.
  • Pastikan arus air terjun aman untuk bermain air. Khawatir cuaca buruk, arus sungai tiba-tiba deras aliran airnya. 
  • Bawa pakaian ganti dan perlengkapan mandi sesuai kebutuhan. 
  • Jaga kebersihan dan kelestarian alam Ekowisata Taman Sungai Mudal. 
  • Jangan lupa abadikan momen keseruan saat berada di lokasi.

Nah, itulah cerita singkat aku sekeluarga mampir di Ekowisata Taman Sungai Mudal Kulon Progo. Rasanya nanggung benar deh hehehe. Semoga suatu hari nanti kami bisa kembali lagi berkunjung ke sana. Aamiin. Terima kasih sudah membaca blogku. Sampai jumpa!

56 comments:

  1. Senang banget lihat Mudal seperti ini. Dulu waktu awal-awal tidak ada biaya masuk dan hanya 1 warung yang jualan. Sekarang jadi ramai begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh begituuuu mas. Sudah mulai banyak orang tau ya :D

      Delete
  2. Waaah airnya beneran menggoda amaaaat mbaaa. Di sekitar itu ga ada yg jual kaos juga ya? Dulu pernah suami niat hati mau liat air terjun Sedudo, ternyata tempatnya enak direnangin, untungnya ada kios yg jual kaos. Jadinya dia beli kaos demi bisa berenang di kolam air terjunnya 😄. Apalagi kalo ngeliat kolam pemandian yg ini 😍😁.

    Aku masukin dulu tempatnya, buat ntr ke Jogja lagiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau deh ada kios kaos atau ga hihihi :D Sip mbak Fan, kapan2 datengin Ekowisata Sungai Mudal ya. Ga tahan lihat air dan kolam pemandiannya.

      Delete
  3. wow seru banget, suasananya seperti di desa saya duluuu. Duh ini membangkitan kenangan masa kecil saya. Nice posting mba

    ReplyDelete
  4. Seru banget nih mba nurul...aku jadi pengen ke sana soalnya insyaAlloh Januari mudik lagi...kali aja aku liwat jogja en kulon progo hihi..aku suka pemandangan yang di bawah jembatan...air grojokannnya seger banget...ijo...refresh pikiran kalau bareng keluarga ke situ abis itu seduh makanan anget deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, Mbul mampirin deh Sungai Mudal :D Segar badan dan pikiran kalau udah ada di sini.

      Delete
  5. Airnya cantik banget, seger dan bikin pengen nyebur. Pengelolaannya juga bagus banget. Mantap deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepengen lagi kapan2 ke sini, mas. Soalnya aku belum kesampaian main air di pemandiannya hahaha :D Kemon!

      Delete
  6. Keren banget tempatnya. Banyak spot cantik. Bisa jadi alternatif destinasi kalo lagi ke jogja

    ReplyDelete
  7. Bagus banget mbak tempatnya. Taman sungai mudl ini areanya bener-bener asri banget ya mbak, kanan kiri banyak banget tanaman dan pepohonan. Air terjunnya cantik banget..lihat area pemandiannya, auto pingin nyemplung heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asri banget! Segar, dingin, ditambah hujan rintik-rintik hehe. Hayuk, kapan2 main ke Taman Sungai Mudal!

      Delete
  8. Spot di danau yang warnanya hijau tosca itu cantik banget ya mba........kelihatannya gak dalam dan aman buat anak2 juga....

    ReplyDelete
  9. Masya Allah indahnya air terjun taman sungai mudal. Kebayang sejuknya taman ini dan hijaunya dedaunan yang bikin adem ayem.

    ReplyDelete
  10. Bikinn pengen nyemplungg mbaa....beningg kesukaanku yg dicari wisata alam seger bening dan Indonesia banyak skrg wisata air terjun yg dibuka yaaa...

    ReplyDelete
  11. Aku baru kali ini baca nama Sungai Mudal. Ternyata punya daya tarik wisata yang memikat. Unik bentuk air terjunnya yang berundak-undak itu, terlihat mudah dinaiki, cuma memang harus hati-hati kalau sedang musim hujan, atau sedang turun hujan ya, soalnya sering kejadian debit air tiba-tiba kenceng dan besar, bisa ketimpa dan keseret. Tapi begitulah, di balik keindahan memang senantiasa ada bahaya mengancam. Itu kenapa mesti ada tips yang berlaku.

    Fotonya cakep-cakep, secakep pemandangan asri di sekitar Sungai Mudal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Mesti waspada juga jangan sampai terjadi hal2 yang tidak diinginkan :) Kepengen balik lagi ke sana kapan2 :D

      Delete
  12. Baru tahu ada ekowisata Sungai Mudal - duuuh Nurul kalau jalan jalan suka bikin surprise deh, tempatnya aneh aneh hihiihi.. tapi jadi tahu banyaaaak tentang ekowisata yang tersembunyo seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kuy lah mbak agendain main ke Sungai Mudal.

      Delete
  13. Aku dulu galau pilih sungai Mudal atau Air Terjun Kedung Pedut, tapi akhirnya pilih yang terakhir. Dan karena lupa diri main airnya kelamaan malah gagal ke Sungai Mudal. Di Kulon Progo memang sungainya cakep-cakep semua, airnya bersih banget kalo nggak turun ke air sayang sekali. Yuk diulang lagi kapan-kapan kabari, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, nyesel yach hahaha... Masih banyak waktu mbak pas liburan sekolah bisa main ke Sungai Mudal.

      Delete
  14. MasyaAllah cantik banget sih, aku liat foto kolam warna hijau tosca koq jadi ingin nyebur juga. Airnya hangat atau dingin ini mba? Beneran kudu balik lagi ke sana mba Nurul, kan belum nyebur hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum nyobain hangat atau dingin. Kayaknya sih dingin ya :D

      Delete
  15. Menyenangkan sekali mba. Aku belum pernah sampai ke Kulon Progo. Senangnya lihat air terjun berundak undak ini. Ya mba bener kayaknya kalo ke tempat wisata ada air wajib bawa baju ganti lengkap deh. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Kulon Progo banyak destinasi wisata cantiiiik2 loh.

      Delete
  16. wah mba, aku udah pernah ke kulon progo tapi gak mampir ke tempat wisata ini, ya ampun happy banget sih bisa melihat taman surga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti didatengin mbak kalau kapan2 ke Kulon Progo lagi.

      Delete
  17. Keren banget di lokasi wisata alam seperti ini sudah ada fasilitas zona WiFi juga. Makin asyik dong itu foto langsung upload.
    Melihat suasananya juga sangat bersih dan nyaman ya. Beda dengan lengelola sendiri ya, kalau dibawah naungan Persero itu pasti terawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Nikmatin suasana dulu aja, upload ntar2 hahaha :D

      Delete
  18. Oke, mari catat dulu Ekowisata Taman Sungai Mudal ini. Gak nyangka, sungai bisa disulap jadi tempat secakep ini. Well mungkin kalau ke sana nunggu musim gak terlalu hujan kaya sekarang ya. Biar bisa benar-benar nikmati keindahannya

    ReplyDelete
  19. Masya Allah asyik banget ya nyemplung di sungai Mudal. Anak-anakku pasti gak mau pulang tuh kalo udah nyebur. Makasih infonya Mak. Semoga kapan-kapan bisa ke sana.

    ReplyDelete
  20. ih cakep banget ya mbak tempatnya. bersih dan sudah ditata memang jadi tempat wisata. murah pula, terus bisa berenang sepuasnya. aktivitasnya juga banyak yaa. jadi pengen ngerasain ke sana juga kapan2 deehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, seruuu khan? Ayo kapan2 main ke Sungai Mudal menikmati kolam pemandiannya.

      Delete
  21. Cantiik~
    MashaAllah..

    Kalau sama anak-anak ke tempat wisata Kulon Progo, fixed sih...betah banget karena dimana-mana air apalagi bisa berenang sepuasnya. Itu cantik banget air sungai Mudal, jernih dan biru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa benerrr..... Memesona banget Ekowisata Taman Sungai Mudal ini.

      Delete
  22. Memang paling enak jalan jalan sama keluarga ya mbak
    Apalagi ke ekowisata seperti ini
    Pemandangannya indah banget
    Beneran secuil surga

    ReplyDelete
  23. Masya Allah, cantik banget. Seger lihat kolam pemandiannya. Tampilan wisata alamnya masih tetap terlihat alami, tapi juga memudahkan akses pengunjung karena sudah tertata rapi. Gak berlebihan sih penataannya menurut saya. Tjakep!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang banget pokoknya kapan2 mesti disambangi lagi yang lamaaaa :D

      Delete
  24. Masya Allah, cantik banget. Seger lihat kolam pemandiannya. Tampilan wisata alamnya masih tetap terlihat alami, tapi juga memudahkan akses pengunjung karena sudah tertata rapi. Gak berlebihan sih penataannya menurut saya. Tjakep!

    ReplyDelete
  25. anak-anakku udah pada pernah main ke sini eh emaknya malahan yang belum pernah. ini sering dikunjungi anak-anak remaja masjid kalau habis lebaran juga mak Nurul. tempatnya memang cakep dan asri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Ayuk, mamahnya nyusul kapan2 wkwkwkwk :D

      Delete
  26. Sayang ya mbak ga bisa mainan air karena ga bawa baju ganti. Airnya terasa mengundang banget tuh untuk diceburin. Kapan-kapan mau ajak keluarga ke sini aaahh... seru nih menikmati keindahan air terjunnya.

    ReplyDelete
  27. Waahh seru banget ada kolam pemandian di sana mbak. Catet nih kalau ke sana emang wajib bawa baju ganti ya, soalnya eman2 kalau sampai sana gak nyemplung :D
    Tem;patnya juga masih terjaga kealamiannya, pasti yang seneng pepotoan happy banget bisa rekreasi di sana :D'TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benarrr! Hahahaha auto nyemplung ga kuta melihat kecantikan kolam pemandian dan keasriannya :)

      Delete
  28. hihi aku jadi teringat dulu pernah trip bareng mamah papah di daerah kulonprogo ini tapi ngga begitu nikmatin, soalnya kayak ditipu gitu kita harus naik jeep padahal sebenarnya bisa naik mobil sewaan yg udah kita rent. Memang wisaya di Kulonprogo tuh luar biasa sih, bagusss banget apalagi sungai mudal ini cantik bgtttt, aku baru tau ada pemandiannya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya>?Wah, turut prihatin, Grandys :) IYa, bisa kok naik mobil pribadi normal2 aja jalanannya juga bagus. SIp, semoga kapan2 bisa main ke sini ya.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.