Daftar Isi [Tampilkan]

Menurutku, Java Village Resort Yogyakarta merupakan penginapan yang istimewa. Gimana nggak? Bayangkan keseruannya, jika kita berenang di kolam cantik dan bersih, tepat di samping area sawah dan kebun yang hijau! Menepi sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan dengan udara yang sejuk dan segar, kami memang ga salah pilih 😊


Java Village Resort Yogyakarta
 
 
Aku, Aa Rahmad, Rafa dan Fakhri menginap selama 4 hari 3 malam mulai tanggal 5 sampai 8 Mei 2022 di Java Village Resort Yogyakarta. Sebenarnya sudah cukup lama aku upload beberapa foto dan video reel di Instagram. Ternyata malah kelupaan belum menuliskan ulasannya di blog hahaha. Yuk kita simak bersama! Siapa tahu bisa menjadi referensi penginapan buat teman-teman.
 
Baca juga:  

Java Village Resort

Java Village Resort mengusung konsep tradisional Jawa dengan alam indah yang asri. Suasananya tenang dan damai. Lingkungan hotel dikelilingi oleh persawahan, kebun-kebun sayur dan pepohonan yang rindang. Udaranya masih terasa sejuk dan segar. Ditambah pemandangan jarak jauh Gunung Merapi yang menakjubkan.

Memasuki area Java Village Resort, kita akan menyusuri jalan yang cukup lebar dan beraspal. Di kanan dan kiri terhampar sawah dan ladang dan kebun. Bagian dalam tempat ini didesain ala rumah-rumah bangsawan Jawa yang berbentuk Joglo. Di bagian drop in dekat lobby, terlihat beberapa unit sepeda yang dapat disewa secara gratis oleh tamu hotel yang menginap di sana.

 

Hotel Java Village Resort Yogyakarta
Bangunan Java Village Resort (Foto: www.javavillageresort.com)

Hotel Java Village Resort Yogyakarta
Area Java Village Resort Yogyakarta (Foto: www.javavillageresort.com)
 

Lokasi

Java Village Resort merupakan akomodasi berbintang tiga yang berlokasi di Jalan Griya Taman Asri, Kelurahan Pandowoharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hotel ini terletak agak jauh dari pusat keramaian kota, namun masih terjangkau dari berbagai destinasi wisata populer Yogyakarta. Email: rsv@javavillageresort.com dan telepon yang dapat dihubungi yaitu 0274-4360900.

Jarak dari hotel menuju Jalan Malioboro kurang lebih 9,93 km, Benteng Vredeburg 9,95 km dan Keraton Yogyakarta 10,75 km. Lumayan tak terlalu jauh juga menuju Gunung Merapi sekitar 15 km saja. Adapun dari Bandara Adisucipto ke hotel ini adalah 16,1 km atau 42 menit ditempuh melalui Jalan Ring Road Utara. 

Fasilitas

Java Village Resort Yogyakarta menawarkan fasilitas yang cukup lengkap, yakni: 

  • 88 kamar tidur Deluxe, Suite dan Villa 
  • Restoran 
  • Lift 
  • Kolam renang 
  • Rumah Joglo 
  • Area parkir yang luas 
  • Wifi stabil 
  • Peminjaman sepeda gratis 
  • Spot cantik untuk bersantai

Lobby

Unsur tradisional terpancar dari banyaknya ukiran kayu yang terdapat pada langit-langit area lobby. Java Village Resort Yogyakarta memiliki 88 kamar dengan tipe yang berbeda. Kamar minimalis dilengkapi dengan Wi-Fi gratis, TV layar datar, AC, lemari pakaian, cermin serta fasilitas pembuat teh/ kopi dan balkon dengan pemandangan taman. 

Fasilitas gratis termasuk sepeda pinjaman, tempat parkir, dan antar-jemput area sekitar. Terdapat restoran penuh gaya dan teras, serta kolam renang outdoor dan tempat berjemur. Resepsionis berhadapan langsung dengan lift menuju kamar-kamar. Beberapa patung Semar dan teman-temannya terpajang cukup artistik di lobby depan.

 

Hotel Java Village Resort Yogyakarta
Lobby Hotel, Musala dan Sepeda

Musala

Terdapat sebuah musala di dekat area parkir dan lobby. Terbilang cukup besar walaupun ga terlalu. Musala ini tentu sangat bermanfaat bagi para tamu hotel dan pengunjung yang ingin menunaikan ibadah, misalkan saat sedang berada di luar kamar hotel. Aku ga masuk ke dalamnya jadi belum bisa menilai bagaimana situasi dan kondisinya.

Kamar Tidur

Terdapat beberapa pilihan kamar di Java Village Resort Yogyakarta, mulai dari Deluxe Room hingga Suite Room dan Deluxe Family Room. Setiap kamar dilengkapi dengan fasilitas AC, 2 botol air mineral, lemari pakaian, telepon, TV layar datar dengan berbagai channel lokal dan internasional, Wifi yang stabil, sandal dalam kamar, meja, 2 kursi, pembuat teh/ kopi, kamar mandi dengan shower, toilet duduk, handuk dan perlengkapan mandi secara gratis.

 

Hotel Java Village Resort Yogyakarta
Lift, Kamar Tidur dan Ruang Makan Restoran

 
Hotel Java Village Resort Yogyakarta
Deluxe Room
 
 
Hotel Java Village Resort Yogyakarta
Kamar Mandi
 
Kamar yang kami tempati adalah Deluxe King. Kamar untuk aku dan suami memiliki tempat tidur dengan ukuran king sedangkan untuk anak-anak adalah Deluxe Twin dengan dua tempat tidur terpisah. Asyiknya, kami diberi connecting room, jadi terasa family room dan tetap bisa terhubung walaupun kamar kami bersebelahan.

Ukuran kamar kira-kira 24 meter persegi, dilengkapi balkon yang menghadap ke persawahan yang luas. Stop contact di kamar pun cukup banyak, ada beberapa. Jadi ga worry mau charge handphone, power bank dan lain-lain. Nuansa kampung dengan alam yang asri, udara sejuk segar membuat kami betah menginap di Java Village Resort ini. Ada lagi nih yang membuat keseruan kami bertambah, yakni kolam renang!

Kolam Renang

Bentuk kolam renangnya sih mungkin biasa saja ya, persegi panjang dengan air yang jernih dan lantai dasar kolam biru tua. Yang membuat istimewa adalah kami bisa berenang di kolam renang persis di samping sawah-sawah. Wow banget! Benar-benar dapat suasana ndeso yang jarang dapat dinikmati selama ini.  

Kita bisa berenang mulai jam 6 pagi hingga jam 6 sore. Cukup luas nih, buat ramai-ramai juga muat. Bayi, anak-anaka hingga lansia Insya Allah aman main air di sini. Kedalamannya mulai selutut samia 1,5 - 2 meter kayaknya.

 

Hotel Java Village Resort Yogyakarta
Segarnya Berenang di Pagi Hari
 

Ada beberapa pendopo dan villa terletak di belakang Joglo dan tepat di sebelah kolam renang. Joglo bisa disewa untuk acara khusus misalnya gathering, pernikahan, ulang tahun, arisan, reuni dan sebagainya. Terdengar percikan air dan air yang mengalir di antara bebatuan. Seperti celah buatan sih kira-kira dengan bunga-bunga dan ranting yang terjatuhan.

Jadi, kalau kalian kepengen berenang, sebaiknya langsung bawa satu tas berisi handuk dan pakaian ganti. Dekat kolam renang ada ruang ganti pakaian berukuran kecil. Tapi sepertinya sudah lama ga ditempati atau gimana gitu, soalnya sepi. Aku ga berani dan bilang ke Fakhri untuk ga masuk ke dalamnya hahaha dasar penakut 😃

 

Hotel Java Village Resort Yogyakarta
Berenang Bersama Fakhri

 

Kebun Hidroponik

Hidroponik adalah sistem bertanam tanpa menggunakan tanah, disebut sebagai pertanian rekayasa atau pertanian modern. Green House Java Village Resort memiliki 3 macam desain utama untuk menunjang budidaya dan produksi sayuran. Kebun sayur hidroponik berada di samping hotel. Ada tanaman selada, pakcoy, bayam, kangkung dan sebagainya tumbuh subur di kebun ini. Sayuran segar yang dipetik langsung dimasak untuk tamu di Jaerung Restaurant.

Jaerung Restaurant

Restoran ini memiliki konsep terbuka yang letaknya berada di belakang bangunan hotel. Sarapan disajikan ala buffet mulai pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB. Menarik sekali kami menikmati makan pagi dengan menu gaya lokal, oriental dan barat, meskipun variasinya tidak banyak. 

Uniknya, dekorasi Jaerung Restaurant ini memiliki lukisan Presiden Soekarno dan Soeharto, terpampang di dinding dekat menu yang tersaji. Ada juga sebuah lukisan gadis berpayung. Meja dan kursi makannya berbahan kayu. Pramusajinya cukup ramah dan sopan melayani tamu hotel.


Java Village Resort Yogyakarta
Sarapan di Jaerung Restaurant Java Village Resort

Aku sarapan dengan Rafa, sedangkan Fakhri dengan papanya. Menu yang disiapkan antara lain nasi goreng, mie goreng, pakcoy, capcay, soun, ayam opor, sambal dan kerupuk. Untuk minuman dan makanan penutupnya tersedia  air mineral, jus jambu, jus jeruk, puding cokelat, mutiara dengan santan. Ada juga roti tawar dengan oven toast, disertai mentega dan berbagai isian seperti meses dan selai.


Java Village Resort Yogyakarta
Sarapan di Java Village Resort Yogyakarta

Mau Lagi Menginap di Hotel Ini?

Kalau ditanya, mau lagi kah menginap di hotel ini? Tentu mau dong! Ga salah pilih deh, Java Village Resort Yogyakarta memang cocok banget untuk momen istimewa bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Pengalamanku waktu itu sih booking kamar hotel melalui telepon. Rate per malam adalah Rp 550.000,- sudah termasuk sarapan.

Soal kebersihan secara keseluruhan menurutku bersih sekali. Kamar bersih tak berdebu, kamar mandi dan kamar tidur dibersihkan setiap pagi. Semua kelihatan terawat, tanpa bau dan perlengkapan di kamar baik sekali. Pokoknya direkomendasikan deh buat kalian.

Java Village Resort Yogyakarta merupakan pilihan tepat bagi teman-teman yang butuh ketenangan menginap di resort ala pedesaan. Kenyamanan semakin terasa, dikelilingi persawahan yang luas dengan pepohonan dan aneka tanaman hijau serta kicauan burung bernyanyi. Yuk, liburan ke Jogja lagi! 😃


 

60 comments:

  1. Catet dulu ah, Java Village Resort. Khas jawa banget ya, furniture berbahan kayu yang cuma dipelitur, tapi dikemas dengan fasilitas modern. Ruang ganti dekat kolam renang nampak jarang di pakai, mungkin karena para tamu memilih untuk ganti di kamar saja ya, lebih leluasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Keren nih hotelnya, mbak. Semoga kapan2 bisa nginep di sini. Seru lho!

      Delete
  2. Aku selalu suka penginapan bertema kayu mba. Beberapa orang aku tahu ga terlalu suka, Krn dianggab kuno dan tua 😄. Tapi mungkin Krn keluargaku banyak yg pengusaha perabotan kayu jati, dan rumahku sendiri di Medan juga temanya kayu, jadi hotel begini selalu favoritku 👍❤️

    Berasa kayak pulang ke rumah aja. Nyaman, hangat 😄. Kapan2 kalo ke Jogja lagi, aku mau cari tahu juga rate-nya. Ada kolam renang, jadi anak2 pasti ok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hotel bertemakan kayu memang klasik dan menawan. AKu juga suka. Apalagi mamah papahku di rumahnya banyak perabotan kayu jati hehehehe. Iya, kolam renangnya bagus nih.

      Delete
  3. wah kupikir hotelnya ratenya 1 jutaan, mbak ternyata malah 550 ribu aja dengan fasilitas yang cukup lengkap

    ReplyDelete
  4. Dari foto yang pertama itu, tampak fasad depan bangunan Java Village Resrot ini unik dan cantik sekali. Kayak mengadopsi desain suatu masjid, tapi bukan. Trus, sekelilingnya asri, panoramanya bahkan ada gunung di kejauhan. Kental pula dengan unsur alami kayu dan ukiran khas Jawa. Suasananya pun feel like home. Betah banget ini mah kalau buat nginep santai bersama keluarga. Bisa dimasukin list kalau sedang liburan ke Jogjakarta.

    Thanks sharingnya, Mbak Nurul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemandangan di sekitar hotel memang pedesaannya dapet banget. Apalagi kolam renangnya bersebelahan dengan persawahan. Sama2, mbak Rien.

      Delete
  5. Settingnya benar-benar jawa banget ya. Serasa tinggal di rumah bangsawan jawa ini mah. Aku tertarik pada bangunan ukiran kayunya, serasa berada dimana gitu. Biasanya di hotel kan mewah dengan gaya modern, ini malah tradisional banget. Healing banget ini ya, dapat breakfast pula harga segitu, lumayan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cantik ya bangunan dan dekorasinya :D Tradisional tapi ada modernnya juga.

      Delete
  6. Vibesnya Jogja banget sih ya. Emang kalau ke Jogja lebih asyik nginep di tempat kek gini. Tapi kalau high season gini kayanya bakal rame dan harganya jadi naih ya ngga sih mba?
    Letaknya mayan strategis dari Malioboro. Cocok buat quick escape dari penatnya perkotaan, pingin healing di pedesaan yang ngga bising ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya memang saat high season di mana2 hotel kan lebih tinggi harganya. Mendingan jauh2 hari aja biar dapat rate normal.

      Delete
  7. Kalau dilihat dari fotonya, kerasa banget "Jogja" nya yaa mbak. Termasuk cukup murah ya harga segitu sudah free breakfast. Dengan kamar yang nyaman dan asik begini sih worth it lah yaa 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Senang pokoknya nginap di sini.

      Delete
  8. Waah dapat connecting room. Jadi beneran makin berasa di rumah ya... ratenya sepadan (atau mungkin malah melebihi) fasilitas yg ditawarkan. Cuma aku salfok sama nama jaerung. Aku ga paham bahasa korea, tapi mama jaerung kok berasa kekoreaan ya..hehehe..apakah demikian? Atau jangan2 jaerung adl istilah jawa yg jarang dipakai atau akronim dr sesuatu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang paham juga hahaha :D Seru dapat connecting room jadi berasa barengan sama anak2 hehehe.

      Delete
  9. Java Village Resort ini nuansa jawanya kental banget yaa walau ku penasaran kenapa dipajang lukisan gadis berpayung di resto. Aku tuh kalau lukisan orang gini agak parno, hehehe, kayak dilihatin terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha cuma buat hiasan dinding aja kok, bagus kan :D

      Delete
  10. Aku suka banget kalau ada resort yang desain Jawa kayak gini. Suamiku apalagi. Jawa banget soalnya. Kolam renangnya luas ya jadi puas banget berenangnya, Semoga bisa ikutan nikmati nginap bersama keluarga disini

    ReplyDelete
  11. Nah iya nih aku ingatnya pernah lihat ternyata posting foto-foto dan cerita baru di Instagram aja ya.
    Harganya standar ya dan tergolong murah karena dapat menu sarapan yang beragam, plus nuansa resto yang njawani gitu. Apalagi kalo memilih makan di luar area resto, semilir udara bikin ngantuk kalo abis makan, hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sarapannya prasmanan sambil menikmati pemandangan sawah.

      Delete
  12. Noted cakep nih aku juga sukaa model java gini penginapannya....500rb termasuk standart murah suasananya seperti di rumah ...

    ReplyDelete
  13. Sekarang banyak penginapan modern. Kalau mau nuansa desa, cocok banget ya ini. Udah lama juga gak lihat rumah joglo. Btw, pengen lihat kebun hidroponik-nya deh

    ReplyDelete
  14. "Nikmati bersamaa...suasanaa Jogjaaa.." mas Katon Bagaskara nyanyi hahaha. Di daerah taman sari sleman ya? Wah kudu dan wajib catet and pesen visit ini kalau ke jogja,bagus bangett,dan pastinya kalau mencari suasana tenang dapet bangett. Krn ga terlalu deket ma pusat kota jogjanya ya,yg uda ramai bgt,jadi pas kalau buat staycation yg tenang dan damai :) bagus bangettt iniii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak menepi sedikit lah dari pusat kota Jogja tapi ga terlalu jauh. Puas nginep di sini dengan suasana pedesaan dan Jawa yang cukup kental.

      Delete
  15. Rate per malam 550ribu dengan fasilitas yang mewah juga lengkap seperti ini mah, bisa betah deh aku

    ReplyDelete
  16. Puas banget ya mbak Nurul liburan bersama keluarga di java Village Resort Yogyakarta. Fasilitasnya lengkap ya. Btw harga Rp550.000 /malam , kamarnya tipe apa ya mbak?

    ReplyDelete
  17. Berasa sultan Yogya ya nginep di Java Village Resort!
    Kebayang kemewahan - adem - ayem ... bahkan aku sampe seolah mencium bau batik nya yang khas Yogya ya Nurul!

    Makanannya udah pasti enak, lawong di Yogya hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya mbak Tanti alhamdulillaah senang menginap di hotel ini.

      Delete
  18. terjangkau lah itu kalo bisa dapat ambieyen yang istimewa gitu aku juga nih sayang masih recovery jadi liburan di rumah aja

    ReplyDelete
  19. Kangen banget sama Yogyakarta, sudah lama nggak ke sini. Aku langsung jatuh cinta deh sama suasana di kolam renangnya Java Village Resort. Tampak tenang dan adeeem. Restorannya juga ada area terasnya gitu, ya. Pasti menyenangkan sarapan sambil mendengar suara burung pedesaan. Kalau ke Yogya nanti aku akan menginap di sini juga, ah.

    ReplyDelete
  20. Membaca review ini aku jadi tertarik dan penasaran ingin mencoba menginap di Java Village Resort ini
    Fasilitasnya lengkap, suasananya Jogya banget
    Fix bikin makin kangen Jogja

    ReplyDelete
  21. Kangen ke Jogya lagi. Apalagi banyak pilihan untuk tempat wisata. Semoga tahun depan bisa balik ke Jogja dan mampir ke sini bersama keluarga

    ReplyDelete
  22. Sesuai namanya ya mbak, nuansa Jawa-nya kentaalll. Seneng banget pool-nya resik dan kalau berenang bonus pemandangan alam yang indah ya. Kirain rate permalam bisa nyampek sejutaan lebih ternyata dengan kamar yg ok dan fasilitas penunjang lainnya cuma separuhnya ya mbak. Catet dulu nama penginapannya kali kapan2 kalau ke sana jodoh nginep di sini TFS :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, April. Anak2 bakalan happy deh menginap di hotel ini, betah ogah pulang hahaha.

      Delete
  23. Jarang-jarang ya Nurul ada kolam renang di sampeingnya ada saah gitu, unik banget konsepnya di Java Village Resort. Desain resortnya juga menarik cocok dengan lokasinya banyak ukir2an juga. Ratenya permalam standar udah termasuk makan pula asyik banget

    ReplyDelete
  24. Bener-bener hotelnya kearifan lokal banget jadi terasa deh vibes pedesaan di Jogja nya ya, Mbak. Fasilitasnya lengkap, ditambah review-nya Mbak Nurul kamarnya juga bersih, ini sih yang paling penting. Healing banget yaa kayaknya ke sini ada persawahan juga. Buat yang mau cuti nggak mau diganggu bosnya cocok kayaknya ke sini haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha cocok bersantai sejenak dan menjauh dari urusan pekerjaan dan si boss wkwkwkwkw :D

      Delete
  25. Suasananya Jawa banget yaaa 😍 dan kamarnya juga nyaman. Sepertinya harus dicoba nih kalau di Jogja juga

    ReplyDelete
  26. Ini yang di Pandowoharjo itu ya... sungguh MANTAP dan OKE.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kelurahan Pandowohardjo Sleman. Thanks, Mas Akhmad :D

      Delete
  27. Suasananya nyaman banget ya bikin betah, fasilitasnya juga lengkap aku suka kolam renangnya yang tidak terlalu dalam jadi aman melepas anak-anak, kebun hidroponik juga menarik banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeeed :D Kayak ada di desa, ya emang desa hihihihi :D Betah pokoknya nginep di sini, mbak.

      Delete
  28. aku pikir di jogja hotelnya udh yang modern semua
    ternyata amsih ada ya hotel yang asri gini
    enak sih adem
    nuansanya juga nuansa tempoe doeloe hihi

    ReplyDelete
  29. Tempatnya etnik bangeet pas buat healing sejenank ya mbak. Kudu dicatat nih pankapan ke jogja bisa lab nyobain staycation di sini

    ReplyDelete
  30. Ini di Jogja ya mbak, wah keren keren.. bisa jadi tempat referensiku kalau lagi ke jogja. Konsepnya aku suka deh, banyak taman terbuka dan joglonya itu semakin menambah suasana hidup di Jogja... seperti pulang ke rumah nenek. Makanannya pun juga ada seperti bubur mutiara, suasana desa banget!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :) Masih natural dengan suasana pedesaan :D

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.