Daftar Isi [Tampilkan]

Pernah makan Subway? Ini pengalaman perdana aku, Rafa dan Fakhri berkunjung ke restoran sandwich asal Amerika pada Sabtu, 31 Desember 2022 lalu. Bukan malam tahun baruan namanya, tetapi siang tahun baruan. Penasaran kan, menu yang kami nikmati dan seperti apa rasanya? 

 

Pengalaman Pertama Makan Subway Indonesia
 

Saat aku dan beberapa teman blogger main ke Singapura di tahun 2019 lalu, aku memang belum tergiur membeli Subway. Entah kenapa hehehe. Begitu tahu berita bahwa Subway perdana dibuka di Citos, aku malah penasaran sekali ingin mencicipinya. Namun ternyata baru belakangan ini aku kesampaian menikmati Subway saat hangout ke Sarinah bersama kedua anakku. 

Sebenarnya Subway sudah eksis di Indonesia sejak tahun 90-an, namun lambat laun tak beroperasi lagi. Sempat tutup di awal tahun 2000-an, akhirnya pada Agustus 2021 Subway kembali hadir di negara kita. Sebelumnya, Subway pernah membuka restoran mereka di Pondok Indah Mall, Mall Taman Anggrek, Plaza Senayan, Mall Ciputra Jakarta, dan Wisma 46 di Jakarta. Selain itu, sempat juga membuka satu restoran di Kuta, Bali. Namun pada Oktober 2000, cabang-cabang tersebut tutup permanen.  

Baca: Sarinah, Wisata Belanja, Kuliner, Seni yang Melegenda dan Memikat Hati

Sejarah Singkat Restoran Subway

Masyarakat yang tinggal di kota-kota besar di Amerika biasanya menikmati sandwich dan burger sebagai snack dan treat meal. Adakalanya mereka merasa bosan dengan makanan sehari-hari. Subway menjadi resto andalan dan favorit mereka untuk dine in maupun take away. 

Restoran Subway didirikan pada tahun 1965 oleh Fred DeLuca, seorang lulusan SMA berusia 17 tahun. Bersama teman keluarga Dr. Peter Buck, ia membuka Subway di Brideport, Connecticut, Amerika Serikat dan disebut Pete’s Super Submarines. Waralaba Subway pertama dibuka di Wallingford, Connecticut.  

Kantor pusat perusahaan Subway berada di Milford, Connecticut. Terdapat sekitar lebih dari 1.000 orang karyawan di kantor regional dan negara tambahan. Adapun pemegang waralaba Subway di seluruh dunia telah menyediakan lebih dari 300.000 pekerjaan di komunitas mereka yang berbeda-beda.

Outlet Subway Indonesia

Sudah cukup banyak outlet Subway Indonesia tersebar di beberapa tempat. Subway membuka cabang pertama di Indonesia pada Oktober tahun lalu mengambil lokasi di Cilandak Town Square (Citos). Belum genap satu tahun, restoran cepat saji ini sudah membuka belasan cabang baru. Laris, sudah tentu. Lokasinya strategis, dekat dengan pusat perbelanjaan, sekolah, kantor, lingkungan rumah dan sebagainya. 

Gerai lainnya ada di Setiabudi One, The Breeze BSD City, Pantai Indah Kapuk, Citiwalk Elvee Karawaci, Ciffest Citra 6, BEZ Walk, Kemang, Mall Kelapa Gading, Pondok Indah Mall 3, Lippo Mall Puri. Kemudian ada pula di Mall Kota Kasablanka, Oakwood, Menara Bidakara, Tebet, Wolter Monginsidi, Mampang Business Park, FX. Sudirman, Plaza Senayan, Blok M, Menara Cakrawala Thamrin,, Stasiun Gambir, Rawamangun Paus, Ruko Central Park Mall, Kalimalang, Wang Plaza, Sunter Greenlake, Jatiwaringin, Sunter Mall, Mall Kelapa Gading 2. 

Subway Indonesia juga dapat kita temui di wilayah Margonda Depok, Bintaro Emerald, Grand Galaxy Park Bekasi, Summarecon Bekasi, Kota Wisata, D’Prima Tangerang, T3 Ultimate Domestic Departure, Tangerang City Mall, Kisamaun Daan Mogot, Grand Wisata, Cibinong, Teras Yasmin, AEON Mall Sentul City, Lippo Plaza Kebun Raya Bogor, Drive Thru KM. 57, 23 Paskal Bandung, Dipatiukur, Buah Batu, Gubeng Surabaya, MERR Surabaya, Pakuwon Mall Surabaya dan Juanda International Airport Terminal 1.

Menikmati Subway di Seberang Sarinah Thamrin

Outlet Subway yang aku, Rafa dan Fakhri datangi berada persis di samping Djakarta Theater XXI, seberang Sarinah, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. Kelihatan dari luar, pengunjungnya ramai, apalagi saat itu hujan deras. Kami sengaja naik eskalator menuju Djakarta Theater XXI, ingin melihat seperti apa sih bioskopnya yang klasik itu. Jadwal tayang film Avatar ternyata ga singkron dengan kami yang masih ingin jalan-jalan.

 
Restoran Subway Indonesia Seberang Sarinah Thamrin
Subway Indonesis Seberang Sarinah Thamrin, Sebelah Djakarta Theater XXI

Di dalam ruangan Subway terdapat 5 atau 6 meja saja, sedangkan di luar ada 2 hingga 3 meja (1 meja dengan 2 kursi). Aku dan anak-anakku sempat menunggu di luar sebentar. Harap-harap cemas apakah orang-orang yang sandwich-nya hampir habis akan segera beranjak keluar atau tidak ya hehehe. 

Memang ga luas tempatnya, tapi okelah kalau buat dine in sebentar maupun take away. Kalau kuperhatikan sih, cukup banyak pembeli yang take away. Saking penasaran, akhirnya kami jadi dine in deh, alhamdulillaah ga lama kemudian langsung dapat tempat duduk. 

Berkali-kali ditawari, Rafa ogah makan Subway. Katanya sih, sudah kekenyangan makan siang nasi pedas Ubud di Sarinah tadi. Jadi dia yang duduk manis menjada meja dan kursi, sementara aku dan Fakhri pilih menu di etalasenya.

Menu Sandwich dan Minumannya

Menu Subway yang mejadi favorit di antaranya ada Italian B.M.T, Roast Beef, Steak & Cheesr, Meatball Marinara, Tuna Mayo, BBQ Chicken disajikan ala carte dan combo. Aku tanya pada mas pramusaji soal perbedaan ala carte dan combo. Ternyata untuk ala carte tidak termasuk minuman, sedangkan paket combo sudah ada minumannya. 

Aku pesan BBQ Chicken paket combo dengan minuman Iced Green Tea, sedangkan Fakhri maunya Tuna Mayo. Isi rotinya tentu saja daging ayam maupun tuna, kemudian ada selada, mentimun, tomat, bawang bombay, mayonaise, saus pedas dan sebagainya. Teman-teman bisa menonton video reel di Instagram aku ya. 

 
Pengalaman Pertama Makan Subway Indonesia
Roti Baquette dan Cookies di Subway Indonesia

Oh ya, pilihan roti di Subway ini cukup bervariasi, teman-teman. Kita bisa pilih footlong atau separuhnya saja. Saat itu aku dan Fakhri sama-sama pilih roti yang separuh. Yang membedakan adalah, jenis rotiku  honey oat sedangkan roti punya Fakhri garlic bread.
 Jenis roti yang digunakan Subway adalah baquette. Varian rotinya adalah:
- Italian White
- Garlic Bread
- Wheat Bread
- Honey Oat
- Parmesan Oregano

Tambah keju mozzarella juga bisa. Harga add on keju mozarella yaitu Rp 5.000,- per sandwhich. Make it wrap tambah Rp 3.000,-, make it salad tambah Rp 17.000,- dan make it big tambah Rp 36.000,- 

Baca:  

Roti Gambang Tan Ek Tjoan, Kelezatannya Tak Lekang Dimakan Zaman

Resep Sandwich Biskuit Selai Kacang Skippy

Cara Order Sari Roti Via Whatsapp Dapat Diskon dan Gratis Ongkir

 
Subway Indonesis Seberang Sarinah Thamrin, Sebelah Djakarta Theater XXI
Menu Subway Indonesia
 

Menu Subway lainnya ada Spicy Italian, Chicken Slice, Egg Mayo, Chicken Teriyaki, Roast Chicken, Veggie Delite. Selain itu  juga ada kue-kue keringnya, biasa disebut cookies, dengan varian Oatmeal Raisin, Chocolate Chip, Double Chocolate Chip, dan White Chip Macademia Nut.

Makan sandwich Subway, jangan lupa pesan minumannya juga dong. Tersedia air mineral Aqua, Carbonated Drinks, Coffee Latte, Minute Mais Pulpy Orange, Milo, soft drink, ice lemon tea, kopi dan lain-lain. Masih ada lagi pilihan camilan lain seperti Chicken Slice & Cheese, Egg Mayo Toasty, Pringles Original, Pringles Sour Cream & Onion, Mushroom Soup.

Belum sempat sarapan di rumah? Tenang, di Subway tersedia paket Chicken Slice & Egg, Tuna & Egg, Cheese & Egg, Breakfast Strips & Egg. Biar tambah sehat, kita juga bisa pesan salad dengan varian BBQ Chicken, Chicken Slice, Chicken Teriyaki, Italian B.M.T, Roasted Chicken, Spicy Italian Steak & Cheece Tuna Mayo. 

Bagaimana Rasanya?

Jadi, gimana rasa Subway? Menurut aku dan Fakhri sih, memang lezat rasanya. Membayangkan kalau kami pilih 1 roti full begitu ya, pasti super kenyang. Secara sebelumnya kami sudah makan siang di Sarinah :D Kapan-kapan kami ingin mencoba roti footlong ah.  

 
Subway Indonesis Seberang Sarinah Thamrin, Sebelah Djakarta Theater XXI
Akhirnya Makan Subway Indonesia 😍

Tekstur rotinya lembut dan harum. Paling suka ada bawang bombaynya. Kami memang minta isian komplit tanpa ada yang dikurangi. Malah tambah keju mozzarella dan saus ekstra pedas. Menurutku, bagus dong kalau kita senang makan selada, bawang bombay, tomat dan lainnya yang serba sayur-sayuran, manfaatnya baik sekali untuk kesehatan. 

Yang membuatku agak kesulitan melahapnya sih karena ukuran sandwich-nya yang besar. Mau menggigit bagian mana dulu hahaha, pastinya belepotan di mulut. Tenang, kan sudah disiapkan tissue-nya. Kalau susah, ya tinggal dicomot pakai tangan saja toh. Seru banget menyantap Subway seperti ini. Oh ya, menikmati 2 sandwich dan 1 minumannya cukup merogoh kocek Rp 98.000,-

Yang perlu menjadi masukan adalah jumlah meja dan kursinya. Mudah-mudahan tempat makan di dalam maupun luar ruangan restoran Subway bisa diperluas. Pengunjung bisa lebih nyaman menikmati berbagai menu dengan lebih santai. Teman-teman sudah mencoba menu Subway apa saja nih?


42 comments:

  1. Kok aku jadi kepikiran sesekali nyobain makan di tempat, karena selama ini selalu take away. Padahal kalau pun makan di tempat sekarang ini sudah gak seramai dulu waktu awal-awal buka ya mak. Apalagi sudah banyak juga sekarang gerai Subway di Jakarta dan sekitarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, harus dine in kapan2 mak Chie :D Betul. Makin banyak gerai Subway di mana-mana kok.

      Delete
  2. Aku baru tahu Subway ini dan juga menu-menunya mbak, maklumlah tinggal jauh dari jakarta, nggak ada kayak ginian di kotaku.

    Berarti lain kali kalau mau ke sana sehabis jalan-jalan aja ya mbak, biar bisa habis seporsi 1 roti full. Semoga juga pas ke sana lagi tempat duduknya bisa lebih banyak yang tersedia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya mbak, kalau habis muter-muter kan lelah tuh. Bakalan habis 1 footlong sendiri sampai perut begah :D

      Delete
  3. Aku sukaaaaa subway 😍😍😄. Tapi dulu pertamakali Icipin di Berlin mba, pas lagi liburan kesana. Enaak dan jadi ketagihan. Terus cobain lagi di KLIA Malaysia . Jadi tiap transit di KLIa aku pasti makannya di subway. Eh skr udh ada di Jakarta 😄. Jadi ga terlalu kangen lagi sih hahahahha.

    Enaak memang. Kalo yang di Eropa kan bisa customize sendiri mau pake apa aja. Tapi kalo yg di Jakarta ini aku belum pernah minta customize. Selalunya Pesen sesuai menu aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap banget mbak Fanny :D Iyaaaa ya karena udah sering makan Subway di luar negeri hihihi.... Sip mbak.

      Delete
  4. Wah, terlambat baru tahu. Coba tahu dari lama saat ke sarinah bisa mampir . Ih, kapan ke sana lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...kapan2 lagi buuuun jangan lupa mampir dan nyobain Subway yaaa.

      Delete
  5. Aku malah blom pernah nyobain subway di info mba...
    Eits pepotoan do Sarinah dan sekitarnya yg lg happening juga blom pernah niih...
    Kapan yaa ke sanaa

    ReplyDelete
  6. Menunggu subway yang akan segera hadir di kotaku #halah.

    Aku tuh kalau inget subway selalu inget drakor yang hampir semuanya selalu mempromosikan subway lewat kencan mereka. Aku pikir subway malah asli Korea, oh ternyata malah asli Amerika ya :D

    ReplyDelete
  7. Kenal subway ketika di singapore mey 2022 enaaak dan halal begitu di Indonesia cobain apalagi di deket rumah baru dibuka subway. OMG rasanya jauhh maak gatau apa ya yg beda enaak di singapore kliatan fresh enakk. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mbak :) Iya enak ya bikin ketagihan :D

      Delete
  8. Nah iya rasanya Subway dulu sempet rame di sini, trus kok sekarang banyak yg bahas Subway lagi. Ternyata memang sempat ditutup dan ada lagi ya. Wow di Kokas ada ya. Jadi bertambah deh tempat kulineran kalau ke Kokas nih :D

    ReplyDelete
  9. Oalah, jadi udah pernah ada di Indonesia dulu tah Mba. Hmmm,terus masuk lagi 2021 tadi ya. Aku rasa karena mereka banyak invest di drakor, jadi muncul terus, paling inget ya ada di drakor CLOY. Kelihatannya enak banget sandwich nya. Aku juga suka bau bawang bombay dicampur selada, tomat dan mayo plus daging. Uhmmmm.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mbak. Hahaha aku malah ga drakoran jadi ga tau wkwkwkwkwk :D

      Delete
  10. Saya kira udah gak ada lagi ini subway Mak, cuma viral bebeapa tahun kemarin itu, Eh ternyata malah udah ada sejak tahun 90an ya, Huhu... saya yang kudet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain Subway deh, ajak anak2 pasti sukaaaa :)

      Delete
  11. paling favorit roti yang cheese parmesan, menurutku nge-blend dengan isian yang ada. btw subway ini favorit anakku juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss :D Kapan2 aku kepengen coba varian roti lain ah.

      Delete
  12. Anakku paling suka ke Subway, pertama dulu makan di KL dan pas ada di Indonesia dia bahagia banget

    ReplyDelete
  13. Karena di Bandung belum ada, otomatis kita pas ke Jekarda nyobain Subway juga..
    Karena engga tau, jadi pesen full roti, huhu...enaaak banget karena bisa dibagi-bagi makannya sama orang sekompi. Seneng banget bisa makan Subway ala ala drakor.
    Hehhee~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih, tingkat tinggi makan roti yang puanjaaang hahaha kenyang bener ituuu mbak.

      Delete
  14. Ini makanan kesukaan molly pas di bandara terminal 3. Wajib banget pokoknya beli ini. Enak kita bisa milih mau roti dan isian apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Molly. Kepengen isian semua dicoba kayaknya kalau lihat etalasenya menarik ya haha :D

      Delete
  15. Kita sebagai orang Indonesia memang agak sulit kalau menyantap sandwich/burger yang isinya banyak gitu. Mangapnya kita kurang lebar. 🤣🤣

    Semoga Resto SubWay Indonesia bis menyebar ke mana-mana. Saya belum pernah nyobain, kali aja di kota saya ada kan saya biaa nyicipin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia persoalannya hahahah kudu pakai lipstik lagi abis mamam Subway wkwkwkwkw :D

      Delete
  16. Udah makan juga dong mba paling disuka klo aku isian beef slicenya dan rotinya yg garlic yg lbih oke lagi isian sayurannya berlimpah walaupun makannya jadi rada susah

    ReplyDelete
  17. Aku inget pertama kali makan Subway pas kecil di US. Enaaak banget! Terus pas pulang lagi ke Indo masih ada, klo ga salah di Plasa Senayan apa ya waktu itu. Eh terus ngilang. Sekarang balik lagi pas aku udah jadi ibu anak 2 hahaha. Nostalgic banget klo makan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren amat dari kecil udah nyobain Subway heheheh :D Iya mbak, met bernostalgia di Indonesia menikmati Subway lagi :)

      Delete
  18. waktu awal-awal kemunculannya di Jakarta viral banget nih Subway. Sayangnya masih terbatas di kota besar aja, jadi aku kudu ke Surabaya nih minimal hehehe

    ReplyDelete
  19. Sampai saat ini belum ada kesempatan untuk mencoba menu yang satu ini, walau deket dengan tempat tinggal karena masih rame banget setiap harinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti cari celah kalau gitu ya agar bisa mencoba Subway :)

      Delete
  20. yuhuuuu aku udah lama ga makan Subway ini.
    inget kan ya dulu subway pernah ada gerainya di PIM dan Gandaria City, tapi terus menghilang

    nah sekarang sepertinya akan jadi hits lagi setelah "milenial menguasai dunia "

    ReplyDelete
  21. Semoga banyak pengusaha melirik bisnis kebab frozen bisa segede subway yang premium

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.