Daftar Isi [Tampilkan]

Apa kabar, teman-teman? Semoga ibadah puasa Ramadan kita dilancarkan, aamiin. Apa menu berbuka puasa nanti dan sahur untuk besok? Wah, obrolan makanan saat Ramadan memang tiada habisnya ya. Paling seru ketika kita bisa membuat variasi masakan yang praktis, sehat serta hemat dan disantap lahap oleh seluruh anggota keluarga. 


Tips Makanan Gizi Seimbang yang Sehat Praktis dan Hemat di Bulan Ramadan Nurul Sufitri Travel Blog Bihun Kari Laksa A1
 

 

Memilih makanan sehat dengan gizi seimbang tentu sangat penting untuk tubuh kita. Penyesuaian tubuh dengan pola makan yang berbeda dengan bulan-bulan sebelum dan sesudahnya harus dilakukan supaya kesehatan tetap terjaga. Produktivitas dan kegiatan harian pun dapat berjalan lancar tanpa kendala. 

Ditambah lagi kelangkaan minyak goreng yang melanda saat masih pandemi begini, bikin masyarakat misuh-misuh. Otak diputar-putar deh untuk mencari solusi. Menu apa ya, yang dimasak dengan sedikit sekali minyak goreng atau bahkan tanpa menggunakannya sama sekali?  

Namun terkadang kita ingin menikmati kuliner yang unik, berbeda dari yang biasa disantap sehari-hari. Aku suka masak makanan yang bahan-bahannya mudah diperoleh, disukai anak-anak dan suami, gampang masaknya. Iya dong, apalagi waktu berbuka puasa dan sahur itu kan tidak lama. Jangan sampai makan asyik, eh kelupaan salat Maghrib, misalnya hihihi.

Kali ini aku mau berbagi cerita saat aku mengikuti event keren tentang kesehatan dan kuliner nih. Kalian penasaran kan? Yuk, duduk yang manis. Mari simak bersama! Jangan ngeces dulu ya, bedugnya masih lama hahaha. 

Alhamdulillah, aku berkesempatan menghadiri undangan yang diselenggarakan oleh Startconn Berjaya Komunikasi, mengikuti acara “The Worthy Talk” yang bertema “Memerhatikan Kombinasi Gizi di Bulan Ramadan: Mencari Solusi Makanan Praktis, Sehat dan Hemat” pada Rabu, 20 April 2022 lalu di Hotel 101 Jakarta Sedayu Dharmawangsa. 

 

Tips Makanan Gizi Seimbang yang Sehat Praktis dan Hemat di Bulan Ramadan Nurul Sufitri Travel Blog
Ibu Suci Maulana -Startconn
 

Pembahasan yang menarik sekali tentunya, tentang bagaimana caranya supaya kita tetap memerhatikan kombinasi gizi yang baik namun bisa mengolahnya dari bahan-bahan yang terjangkau harganya, serta praktis membuatnya. The Worthy Talk merupakan sebuah mini talk show yang mengangkat berbagai teman yang sedang hangat dan penting dalam masyarakat. 

Adapun narasumber pada The Worthy Talk kali ini adalah seorang alhi gizi, Bapak Wahyu Kurniawan SKM, MKM dari Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Bersama beliau, kita memperoleh insight mencari solusi dalam menghidangkan makanan di bulan Ramadan yang sehat, hemat dan praktis. 

 
Tips Makanan Gizi Seimbang yang Sehat Praktis dan Hemat di Bulan Ramadan Nurul Sufitri Travel Blog
Bapak Wahyu Kurniawan

Intermittent Fasting dan Manfaatnya 

Menurut Pak Wahyu, di dalam tubuh kita seolah-olah ada jendela makan dan tidak makan. Di Indonesia, kita berpuasa sekitar 12-13 jam (Tidak makan dan minum). Sebenarnya hal ini merupakan intermittent fasting yang efektif mengurangi berat badan dan status kesehatan dilakukan dengan cara yang benar.

“Sebenarnya kita termasuk melakukan intermittent fasting sehari-hari di luar bulan Ramadan, lho. Nah, puasa berselang kurun waktu beberapa jam ini alias intermittent fasting menggiurkan karena hanya mengubah waktu makan, bukan makan itu sendiri serta dapat memberikan manfaat baik,” ujar kata Pak Wahyu lagi. 

Intermittent fasting adalah jenis diet yang berorientasi pada waktu, di mana orang yang berpuasa memberi jarak panjang antara waktu makan terakhir hingga waktu makan pertama di hari berikutnya. Dengan begitu, mereka hanya boleh makan dalam kurun waktu yang lebih pendek.  

Meskipun menjanjikan dapat memulihkan tubuh kita dan membantu hidup lebih panjang, intermittent fasting untuk menurunkan berat badan ada baiknya di konsultasikan terlebih dahulu kepada ahli gizi. 

Manfaat intermittent fasting adalah sebagai berikut:

  • Intermittent fasting bermanfaat membentuk pola dan perilaku makan yang lebih sehat. 
  • Melatih ketahanan tubuh supaya tetap dapat menjalankan fungsinya meskipun kita tidak sedang mengonsumsi makan dalam periode tertentu.
  • Membantu tubuh mengendalikan tekanan darah dan kolesterol karena tubuh membakar lemak lebih efektif ketika kita berpuasa.
  • Membuat hormon insulin lebih sensitif terhadap makanan.
  • Meremajakan dan memperbaiki tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. 
  • Diet puasa membantu mencegah kerusakan organ tubuh.   

Manfaat Puasa Ramadan

Berpuasalah, maka kamu akan sehat (HR. Thabrani).

Puasa Ramadan: Mindfulness, sensitisasi lapar kenyang, planetary/ sustainable diet, perbaikan kesehatan. 

Apa sih keuntungan yang kita peroleh dari puasa Ramadan?

  1. Manajemen berat badan. Ini adalah bonus kita menjalankan ibadah puasa. Profil kesehatan menajdi lebih baik.
  2. Perbaikan dalam hal profil kesehatan gula darah dan lainnya. 
  3. Mengontrol kadar lemak secara keseluruhan, baik itu kolesterol maupun HDI.

Panduan Makan yang Baik selama Bulan Ramadan

Panduan makan yang baik di zaman sekarang sudah bukan ‘4 Sehat 5 Sempurna’ lagi tetapi menjadi ‘Isi Piringku’. Makan sehat gizi seimbang harus diterapkan sehari. Ada tiga waktu kita makan selama Ramadan yakni saat sahur, berbuka puasa dan makan besar di malam hari.

Saat sahur, konsumi karbohidrat kompleks. Pilih lauk-pauk yang berkualitas dengan kandungan protein tinggi dan karbohidrat rendah, dilengkapi dengan sayur, buah dan susu. Lauk ditambah dibanduingkan hari-hari biasa saat kita makan agar meningkatkan rasa kenyang. 

Saat buka puasa, boleh malah disarankan makan yang manis-manis tetapi jangan berlebihan. Minum cairan terlebih dahulu seperti air putih, jus, buah. Pelan-pelan makannya, kalau sebaiknya jangan langsung makan besar. Nanti bisa menjadi over eating alias kalap hehehe. 

Tetapi tergantung juga setiap orang. Kalau sudah terbiasa makan besar, tak bisa konsentrasi atau beraktivitas jika hanya makan ringan, ya boleh saja asal bisa mengontrolnya. Makan malam disesuaikan waktunya, misalkan jam 8 sampai 10 malam.

Kelihatan mudah sih, namun butuh niat dan konsistensi merealisasikannya. Mindfull eating pada puasa Ramadan penting untuk diaplikasikan. Cobalah minum air putih. Apalabila merasa eneg atau tidak suka, bisa minum infused water. Jangan luka konsumsi makanan bergizi kaya serat dan protein Whey

Kombinasi Makanan di Bulan Ramadan

  • Karbohidrat kompleks. Utamakan yang bisa menjaga rasa lara tahan lama. Contoh: Beras merah, pasta, umbi-umbian, oatmeal.
  • Lauk hewani dan nabati. Utamakan lauk hewani yang lemak rendah atau sedang. Contoh: Ikan, ayam tanpa kulit, telur, tahu, tempe, atau kacang-kacangan.
  • Sayur dan buah. Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang cairannya banyak. Contoh: Ketimun, tomat, jeruk, semangka.

Makanan Pembuka (Ifthor)

  1. Dahulukan konsumsi cairan.
  2. Lanjut dengan mengonsumsi sumber energi seperti kurma atau kolak.
  3. Bisa divariasikan dengan jus buah, sop buah atau es buah untuk memenuhi asupan vitamin, mineral dan cairan.
  4. Minum setidaknya 2 gelas air. 
  5. Konsumsi buah segar saat berbuka membantu memberikan efek menyegarkan pada tubuh.
  6. Beri jeda waktu sebelum mengonsumsi makanan utama utnuk mengurangi kemungkinan timbulnya rasa begah.

Kepadatan Energi Jajanan Buka Puasa

  • Utamakan kepadatan energi rendah dengan sedikit kalori sudah mengenyangkan.
  • Batasi kepadatan energi tinggi. Kalori banyak tetapi lama untuk merasa kenyang. 
  • Be mindful
  • Contohnya: Bolu gulung, donat gula, kue lapis legit, kurma, kolak, es buah.

Memenuhi Kebutuhan Cairan Saat Puasa

  1. Sahur. Minum air 1 gelas saat bangun tidur, 1 gelas sebelum makan sahur dan 1 gelas setelah makan sahur.
  2. Tarawih. Minum 1 gelas sebelum atau setelah salat tarawih.
  3. Buka puasa. Minum 1 gelas saat buka puasa awal, 1 gelas sebelum makan berat, 1 gelas setelah makan berat dan 1 gelas sebelum tidur.

Makanan Bergizi Tidak Harus Mahal

“Makanan bergizi dan sehat tidak harus mahal. Yang membuat mahal adalah gaya”, ujar Pak Wahyu sambil berseloroh. Apalagi orang-orang zaman now alias generasi Z yang gemar memotret makanan dan minuman terlebih dahulu sebelum disantap, supaya instagramable

Tak perlu mencari buah kiwi yang agak sulit misalnya. Cukup makan buah jeruk saja atau papaya yang baik sekali untuk saluran pencernaan. Salmon bisa diganti dengan ikan tilapia, ikan kembung, lele dan lainnya.

Sebagai contoh, kita bisa melihat kandungan protein per 100 gram BDD untuk wild salmon (25,4), ikan kembung (21,3), ikan lele (16,2), daging sapi (18,8), ayam (18,2), hati ayam (27,4), telur ayam ras (12,4) dan telur ayam kampung (10,8). Ikan kembung bisa menjadi pilihan utama dibandingkan ikan salmon misalnya. 

Dari segi harga saja sudah jauh di mana salmon kira-kira Rp 225.000,- sedangkan ikan kembung bisa dibeli seharga Rp 40.000,- Sama-sama ikan juga dengan kandungan Omega 3. Daging sapi yang harganya beranjak naik terutama menjelang Idulfitri yang awalnya Rp 120.000,- bisa disiasati dengan konsumsi ikan lele, daging ayam dan lain sebagainya.

Demo Masak Bumbu A1 Kari Ayam

Mie instan baik dikonsumsi sebagai menu sahur maupun berbuka puasa. Apalagi jika ditambahkan sawi, bakso, telur, tomat misalnya. Selain melengkapi, bahan-bahan tersebut meningkatkan selera makan menjadi lebih baik. Di dalam mie instan terdapat Natrium, bumbu yang enak dan gurih.  

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab dan diskusi kemudian demo masak ayam kari oleh Mbak Mullie @myfunfoodiary yang menggunakan bumbu A1 produksi A.K.Koh Enterprise dengan cookware dari Ace Hardware. 

 
Tips Makanan Gizi Seimbang yang Sehat Praktis dan Hemat di Bulan Ramadan Mie A1 Nurul Sufitri Travel Blog
Demo Masak Menggunakan Bumbu Kari Ayam


Tips Makanan Gizi Seimbang yang Sehat Praktis dan Hemat di Bulan Ramadan Nurul Sufitri Travel Blog
Ayam Kari A1

Mie A1 - Premium dari Malaysia

Mie A1 merupakan produk premium dari Malaysia yang dibuat pertama kali oleh Tuan Koh Ah Kuan. Dengan cita rasa unik, berbeda dengan mie premium lainnya, A1 begitu disukai banyak orang, termasuk di Indonesia. Apalagi ada varian Mie A1 Curry Laksa dengan bahan dasar kelapa dan pedasnya dengan santan yang kuat dengan kaldu seafood dan kaldu pasta kari.

Dari segi kemasan dan tekstur mie saja, A1 jauh lebih unggul dan menarik hati. Santap sebungkus sudah kenyang bahagia. Malah kalau sekadar icip saja bisa berdua hahaha. Cocok banget di lidah orang Indonesia yang demen kuliner pedas, bolehlah manjakan perut dengan mie A1 ini.

Ada 2 varian Mie A1 yaitu Mi Kari Laksa dan Bihun Kari Laksa. Berat bersih mi 135 gram dan bihun 110 gram. 

Tips Makanan Gizi Seimbang yang Sehat Praktis dan Hemat di Bulan Ramadan Nurul Sufitri Travel Blog
Mi Kari Laksa dan Bihun Kari Laksa
 
 
Tips Makanan Gizi Seimbang yang Sehat Praktis dan Hemat di Bulan Ramadan Nurul Sufitri Travel Blog
Mie A1 Mi Kari Laksa dan Bihun Kari Laksa serta Cara Memasaknya

Beli di Mana?

Mie A1 sudah melanglang buana ke 20 negara. Tentu saja halal dan terdapat nomor BPOM RI. Produk mie A1 dari A.K Koh Enterprise ini bisa diperoleh di berbagai e-commerce kesayangan seperti Tokopedia (A lak koh Official) dan Shopee (Mie A1).

Selain itu A1 juga tersedia di beberapa supermarket di kota-kota besar di Indonesia seperti Grand Lucky SCBD, All Fresh Pluit, Jakarta Fruit Market dan Aeon Mall BSD

Yuk, teman-teman, mari mencoba mie A1 dan kepoin Instagram-nya @miea1superenak @bumbu.a1 yach. 

Pengalaman Menikmati Mie A1 Bihun Kari Laksa

 
Tips Makanan Gizi Seimbang yang Sehat Praktis dan Hemat di Bulan Ramadan Nurul Sufitri Travel Blog
Isi Kemasan A1 Bihun Kari Laksa

 
Tips Makanan Gizi Seimbang yang Sehat Praktis dan Hemat di Bulan Ramadan Nurul Sufitri Travel Blog
Bumbu A1 Bihun Kari Laksa

 
Aku membuat A1 Bihun Kari Laksa untuk santap sahur. Praktis banget memasaknya, hanya 3 menit sudah siap dihidangkan dan dinikmati. Porsinya banyak, anak-anakku juga mencicipinya. Kuahnya terasa sekali, kekentalannya wow deh. Terasa pedasnya juga, namun tidak terlalu pedas.
 
Aku tambahkan potongan daun bawang karena memang suka sekali, supaya lebih harum dan aromanya semakin menggugah selera. Padahal ga ditambahakan apapun sudah lezat. Bakso 2 butir ditambahkan juga. Biasanya ditemani telur rebus atau langsung dicemplungkan ke dalam mie. Recommended! 😋😋 

Cara Membuatnya

  1. Masak 400 ml air hingga mendidih dan masukkan bihun selama 3 menit.
  2. Tambahkan  bumbu-bumbu yang tersedia di dalam kemasan, aduk perlahan merata.
  3. Bihun Kari Laksa siap dihidangkan. 

Doorprize

Oh ya, sebelum acara berakhir, ada pemberian voucher kepada 10 undangan online dan 3 doorprize bagi yang hadir on the spot. Alhamdulillaah aku mendapatkan rezeki yang tak disangka-sangka, memperoleh doorprize utama berupa 1 gram Logam Mulia dan 1 Ceramic Square Cookware Set persembahan Startconn, A1 dan Ace Hardware. Terima kasih 😊  

 
Tips Makanan Gizi Seimbang yang Sehat Praktis dan Hemat di Bulan Ramadan Nurul Sufitri Travel Blog
Dapat Doorprize Utama


Tips Makanan Gizi Seimbang yang Sehat Praktis dan Hemat di Bulan Ramadan Nurul Sufitri Travel Blog
Bersama Ibu Suci Maulana - Startconn

Startconn

Startconn Berjaya Komunikasi, Public Relations Agency bertempat di Jakarta dengan spesialisasi di bidang Fast Moving Consumer Goods (FMCG). The Worthty Talk merupakan pilot dari acara yang nantinya akan menjadi agenda tahunan Startconn. 

Tujuannya adalah menyebarkan pengetahuan dan perspektif dari ahli di bidangnya melaui diskusi hangat dan mencari solusi sederhan yang bisa diterapkan oleh kita semua. Adapun founder and director Startconn adalah Ibu Suci Maulana, Entrepreneur PR & B2B Marketing Consulting.

A. K. Koh Enterprise SDN. BHD

A. K. Koh Enterprise merupakan perusahaan yang berdiri sejak tahun 1986, bergerak di bidang makanan dengan bahan dan proses produksi yang berkualitas. Saat ini proses produksi A1 berlokasi di Johor, Malaysia. Nama A1 memiliki makna high grade dengan standar dan kualitas makanan yang tinggi.

Ada misi yang sejalan antara The Worthy Talk dan A. K. Koh Enterprise yakni membantu masyarakat menyiapkan hidangan sehat di rumah dengan praktis dan terjangkau. Pada tahun 1980 pendiri A1 membentuk perusahaan yang memproduksi bumbu rempah siap pakai, saus bumbu dan pasta masak.

Ace Hardware

Ace Hardware merupakan perusahaan yang menyediakan produk berkualiatas yang sangat lengkap dengan harga kompetitif. Customer senang berbelanja di Ace Hardware karena pelayanan terpadu yang maksimal dan profesional. Tiga pilar mendasar dalam bisnisnya yakni lengkap, dekat dan mudah. 

 

Tips Makanan Gizi Seimbang yang Sehat Praktis Hemat di Bulan Ramadan Mie A1 Nurul Sufitri Travel Blog
Foto Bersama
 

Teman-teman, itulah tips “Kombinasi Gizi di Bulan Ramadan: Mencari Solusi Makanan Praktis, Sehat dan Hemat” dan keseruan acaranya. Yuk, dimulai dari sekarang, bagi yang belum mengonsumsi makanan bergizi sesuai ‘Isi Piringku’! Nikmati pula mie A1 Mi Kari Laksa dan Bihun Kari Laksa-nya. Selamat mencoba dan salam sehat selalu.


76 comments:

  1. Saya baru tau produk Mie A1 ini, Mbak.
    Produk dari Malaysia, biasanya sudah terjamin halal! Saya kok jadi pengen nyicipin Bihun Kari Laksa-nya, bumbunya banyak :)
    Produknya belum banyak tersedia di pasaran dan mesti beli di e-commerce ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak, halal, bisa dibeli di e-commerce dan supermarket2 tertentu seperti diuraikan di atas :)

      Delete
  2. Ya ampuuuuun mbaaaa, sukses ngiler ini siiih 🤣🤣. Aku tuh suka banget Ama laksa. Apalagi yg jenis kuah creamy gitu. Duuuh gurih pedes.

    Hrgnya agak lumayan, tapi wajar sih produk impor yaaa. Tetep pengen beli, supaya ngerasain 😄😍..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gurih, enak kuahnya berbumbu banget. Pedasnya juga dapet :) Must try A1 pokoknya :D

      Delete
  3. Congratulation mbak... Mantaaaapp,,bisa langsung lihat demo masak, doorprize utama, dapat ilmu tentang puasa lagi... salut.
    Saya suka banget lakse. ga peduli, vermicelli atau sagu... yang penting kuahnya itu... uenaakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiiih mbak :) All in 1 deh alhamdulillaah.

      Delete
  4. Mbak Nuruuul, keren hadiahnyaa ^^
    Btw, puasa itu ibadah namun memang baik untuk kesehatan yaa ... mau makan tetap harus diperhatikan kandungan gizinya.

    ReplyDelete
  5. ni bacanya gimana mba, Mie awan/ewan/asatu ?
    Saya tu suka mie-mie an, masih tertantang tuk cobain. Terus diantara jenis mie-mie, emang yang favorit bihun sih. Jadi pas banget ya mampir kesini, cuma udah ada di mana-mana gak ya produknya? Beneran jadi mau beli loh nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dibaca A Satu, E Wan hehehe. Samaan kita penggemar serba mie hahaha :D Bihun tuh lembut teksturnya. Kuy cobain, buruan beliiii :)

      Delete
  6. Aku tetap tertuju sama mie Laksanya itu loh mbak, sluuurrrpppp pasti enak banget deh. Bisa ngobatin rasa kangen pengen makan mie laksa Singapore. Asik banget itu dapat pan juga ya, jadi tambah rajin masaknya nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lezaaaatttt :D Alhamdulillaah semangat terus masaknya hehe :)

      Delete
  7. ya ampun mabk, aku galfok sama doorprize-nya. selamat ya mbak!! btw, aku juga semenjak naiknya harga minyak selalu putar otak buat bikin menu makanan, lihat artikel ini jadi kepengin makan laksa juga mbak :( wajib beli produknya sih ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksih mbak alhamdulillaah. Iya, otaknya untung ga lelah diputar2 wkwkwkwkwk :D Ah, pokoknya wajib nyobain A1 mbak :D

      Delete
  8. Mpo suka kalau makan aroma kuat. Enaknya aja dan bikin napsu makan. Mie kari laksa.

    ReplyDelete
  9. Ikut senang, kak Nurul.
    Barakallahu fiik atas hadiahnya.
    Bermanfaat sekali untuk di dapur dan dapat pengalaman memasak menu sahur dan berbuka menggunakan Mie Curry Laksa yang sehat dan lezaatt~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Lendy.... Iya bisa buat buka atau sahur, mana2 aja cocok mamam A1 mie kari laksa ini :)

      Delete
    2. Melihat teksturnya mie A1 Curry Laksa, aku jadi pengen banget cobain.
      Campuran bahan yang sehat, bisa menambah gizi dari hidangan mie A1 Curry Laksa. Anak-anak pun merasakan segar berbuka dengan menu yang mereka suka.

      Delete
    3. Kuy, beli online aja mbak, praktis :D Enak, porsi besar nih mie A1 Curry Laksa :D

      Delete
  10. Menu makanan yang sehat, praktis dan hemat tentu keinginan kita semua ya khususnya di bulan Ramadan ini. Aku pun enggak suka masak yang ribet-ribet pas puasa gini, hihi. Bihun Kari Laksa dari A1 menggoda selera sekali. Memasaknya cepet pula. Pengen cobaaa... ditambah telur plus bakso, duh.. lezatnyaaa.. (masih bentar lagi nih buka puasanya :D ).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Praktis banget tingga rebus aja mie atau bihunnya :) Bakso, telur, sawi cocok banget nemenin A1 ini :D

      Delete
  11. Saya fokus pada merk laksa. Ditempat saya semua namanya laksa. Pas merantau teman2 gk ngerti laksa. Taunya bihun hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Laksa emang enak dinikmati ya bang terutama saat hujan.

      Delete
  12. sebelum Ramadan, saya lagi mraktekin intermitten fasting supaya langsing:D
    Tapi gagal dong
    Apalagi lihat A1 Bihun Kari laksa
    Baru baca reviewnya Mbak Nurul, saya udah batal intemitten fasting :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk ga pa2 nanti dicoba lagi mbak Maria :D Hahaha...

      Delete
  13. Keutamaan puasa salah satunya memang buat kesehatan ya mbak. Makanya bisa dikatakan jadi lebih banyak manfaat yang didapatkan, apalagi buat yang ingin diet sehat.
    Daku pun kemarin nimbang turun 2kg hehe.
    Semangat puasanya dengan makanan gizi seimbang.

    ReplyDelete
  14. Ini mienya enak banget, aku udah cobain. Cuma harganya rasa pricey ya. Harga gak boong sih. Porsi juga banyak.

    ReplyDelete
  15. Sejak kecil sampai sekarang, berbuka puasa ala saya dan keluarga ternyata beda kalau berdasarkan ahli gizi.
    Setelah membatalkan dengan yang manis-manis, lalu makan nasi deh. Ya mungkin karena kondisi kami yang adanya menu itu saja setiap harinya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe :) Ga apa2 menunya sama setiap hari, teh :)

      Delete
  16. Selamat ya mak hadiah doorpricenya bikin mupeng. Eh betewe aku pengen nyoba kari laksanya. Jarang2 ada varian laksa nih di Di Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih :) Iya kuy cobain A1 varian laksanya.

      Delete
  17. Aku tipe yang buka puasa dengan makan besar, tapi porsi sedikit. Nanti baru makanan kecil, kadang malah nunggu habis tarawih kalau mau. Sahur, sebisa mungkin lebih banyakin lauk. Sekarang kubisa makan ikan saat sahur. Dulu entah mengapa suka malas

    Btw, acaranya menarik juga yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu hehehe. Lauk yang banyak dengan karbo yang agak sedikit :D

      Delete
  18. Saya salah satu contoh yang berhasil diet dengan intermitten fasting. Dengan "jendela puasa" yang bervariatif. Dari yang awalnya 8 jam hingga akhirnya bisa menembus 10 jam per hari. Dan jadi lebih efektif saat mode ini saya kombinasikan dengan food combining. Alhamdulillah setelah 10 tahun menjalaninya, BB turun pelan-pelan dan tidak yoyo hingga saat ini.

    Ngomongin produk A1 dan lihat foto-foto di atas, jadi penasaran pengen ikut nyobain yang Laksa. Tastenya mungkin mirip dengan Laksa ala Palembang kali ya. Bakal tambah nikmati jika tambahai telur rebus 1/2 matang atau potongan daging/ayam/produk seafood. Aaahhh wajib coba ini sih. Cus ah lihat di e-commerce. Bisa jadi opsi sahur dan berbuka yang pas buat keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren, mbak Annie :D 10 tahun? Aku salut mbaak. Iya yuk cpba deh A1 laksanya. Enak ditambah bakso, telur, sawi dll makin sedap rasanya, maknyuz!

      Delete
  19. Aku selalu membayangkan mie goreng/ rebus di siang hari. Pengen banget bikin nanti buat buka puasa. Tapi selalu berakhir udah kenyang duluan, dan sampai sekarang belum makan mie juga
    Lihat tulisan ini jadi pengen mie lagi. Walaupun sejujurnya merk-nya belum pernah denger. Mie merk apapun selalu menggoda menurutku :')
    Oh yaa terimakasih sharingnya juga mbaa. Masih mikir2 buat ngatur pola makan nihhh ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ayuk lah bikin mie nya buat buka puasa. Sip mbak selamat mencoba A1 ini dari Malaysia, enak banget loh.

      Delete
  20. Mie nya belum pernah coba, membaca reviewnya pas untuk ifthor Ramadhan

    ReplyDelete
  21. Wah, pas banget ini, saya dan keluarga semua penggemar produk mie dan bihun. Baca artikel ini dan liat fotonya, sukses bikin penasaran pengen nyicipin. Saya baru tahu kalau ada merk mie A1 ini. Makasih infonya, Mbak. Cuss langsung cari di marketplace, deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss kita samaan! Sama2. Kuy bisa beli online juga, mantap.

      Delete
  22. Ketika kita berpuasa rasanya emang lebih enteng aja badan ini. Tapi saat puasa emang kudu memperhatikan makanan sih. Kelihatannya mie A1 nya enak ih. Aku pingin nyobain, Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mbak, Kadang suka kalap pas buka puasa makan semua ahahahah :D Kuy cobain A1 nya.

      Delete
  23. Auto cek tokopedia, saking ngilernya. Karena impor ya, jadi gak masuk di supermarket biasa kayak superindo gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibeli di e-commerce dan toko2 seperti disebutkan di atas :)

      Delete
  24. Saya pernah mencoba diet dengan "jendela puasa" alhamdulillah berhasil turun 6 kg per satu tahun, tapi itu sebelum pandemi. Setelah masuk pandemi, semua program diet saya gagal total.
    Ngomong2 soal mie, saya tuh pencinta mie banget mbak. Kalau disuruh milih antara nasi dengan mie saya pastinya pilih mie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Keren! Nanti dilanjutkan lagi aja siapa tau berhasil hehehe :D Sip toss sesama penggemar mie :D

      Delete
  25. Aku suka banget sama laksa mba. Bumbunya yang kuat tuh bikin kangen. Untung ada produk praktis mi instan laksa AI ya mba

    ReplyDelete
  26. MasyaAllah keren sekali, selamat buat doorprize nyaaa... Lihat gambarnya aja dah pengen nyobain, kalo bisa dibeli online mah gampang ya mbak.. simple.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih. Alhamdulillaah 😀😀 Yuk, cobain A1.

      Delete
  27. Emang praktis sih, A1 Mie Kari Laksa ini. Kalau masak laksa sendiri rempong. Cocok untuk menu sahur, tinggal masak bentar dah jadi. Makan sahur pun jadi semangat karena berkuah dan hangat. Besok kalau belanja mau beli ah.. Selama ini belum tahu kalau Ada produk mie Dan bihun dari A1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak. Masaknya sebentar 3 menitan kelar deh :D

      Delete
  28. Khusus untuk makanan yang namanya mie, aku gak akan pernah nolak. Soalnya enak sih. Rasanya bikin nagih. Apalagi kalau pas hujan-hujan, bikin mie rebus dikasih telor, sayuran plus irisan cabe rawit, makannya sampai keluar keringat gitu. Wuih, langsung seger nih badan. Apalagi kalo pas gak enak badan, makan mie langsung seger ke badan..Jadi pengin nyobain Mie A1 nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa mbak hihihihi, paket komplit deh mienya :D

      Delete
  29. Selamat mbak, dapat banyak ilmu, dapat doorprize pula.

    Iya juga bener yang disampaikan pak Wahyu, makanan sehat itu nggak mahal, yang bikin malah itu karena kebanyakan gaya

    ReplyDelete
  30. Pengen ikutan nyetok bumbu kari ayamnya, praktis banget. Gak cuma pas puasa, sehari2 pun saya kudu masak gak pake lama karena ada 2 balita yg gak bs ditinggal lama2. Mi nya jg menggugah selera deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Praktis bikinnya bisa sambil ngasuh anak hehehe :D

      Delete
  31. Seru banget dah event offlinee
    Selamaat makkk pulang bawa panci cakep banget ama LM kece*jaadi mupeng pengen datang event offlline juga

    Tapi makanaan timggal olah dikit gini mudahin yaa biar ga penasaran sama rasa asli malaysia sana

    ReplyDelete
  32. Waw, kebayang aromanya Bihun Kari Laksa. Sudah lama banget nggak makan laksa, susah nyari penjualnya kalau sekarang. Alhamdulillah ada A1 Bihun Kari Laksa yang praktis, ya. Bisa segera menuntaskan kerinduanku kalau gitu. Dan selamat ya Mbak Nurul untuk doorprize-nya, sungguh beruntung. Semoga hadiahnya bisa dimanfaatkan dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aromanya sedeeep pisan deh Bihun Kari Laksa ini :) Praktis banget. Iya, makasih ya ucapannya alhamdulillah makin semangat masak.

      Delete
  33. Setuju banget, aku juga merasakan selama puasa badan rasanya enak nggak sakit-sakitan dan lambung nggak kumat. Pengen nyambung puasa lagi.

    ReplyDelete
  34. Waaahh hadiahnyaa bikin mupenggg, selamat ya maak.
    laksaaa akuu sukaaak ...
    Kangen pengen makan laksa skrg mudah yaaa tinggal cemplung cemplung

    (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  35. pas mau buka ingat banget buat enggak kalap, tapi pas liat gorengan dan es buah, langsung santap abis. xixixi. btw, aku suka banget laksa, mbakk. aku belum pernah nyobain mie ini juga. hunting ah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha samma mbak, itulah godaan buka puasa, gorengan! Selamat mencoba mie A1 :)

      Delete
  36. Mba Nurul bumil liat menu begini ngiler nih ah, jadi pengen cari juga penasaran soalnya belum pernah coba i ni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bumil kepengen mamam A1 bihun kari juga khan? Hehehe... Kuy!

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.