Daftar Isi [Tampilkan]

Apa kabar, teman-teman? Kali ini aku mau berbagi pengalaman asyik dan seru menurunkan berat badan secara efektif ga pake ribet. Bukan diet yang bikin tersiksa ini lho, melainkan membuat hari-hari semakin bahagia. Aku minum Soona Sayuran dan Buah-buahan. Penasaran?

Pandemi memang belum usai, masih mengintai kita semua. Anak-anak masih belajar daring alias Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Papa mereka pun masih bekerja dari rumah (WFH). Otomatis kami berempat masih setia berada di rumah aja. 

Kecuali memang sudah mulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 2 atau 3 minggu sekali masuk sekolah riil maksimal 4 jam. Praktis, aku harus lebih sering menyiapkan menu favorit keluarga dan berusaha belajar variasi masakan. Kalau orang dewasa punya coffee break, Rafa dan Fakhri punya milk break hahahah 😂   

Tips Diet Lebih Sehat dan Efektif Menurunkan Berat Badan Soona Buah dan Sayur

Gara-gara kebanyakan manjain perut-perut para kesayangan di rumah, malas gerak alias mager dan me time melulu, berat badanku bertambah deh. Perut terasa begah, celana jeans yang biasa kupakai jadi kurang muat. Kaos favoritku aja jadi pajangan di lemari. Wah, gawat kan?

Paling penting lagi yang wajib kupatuhi adalah saran dari dokter ortopedi. Berat badanku maksimal di angka 62 kg dan idealnya adalah 60 kg sesuai dengan tinggi badanku. Tulang punggungku memang agak berbelok, bengkok sedikit dan bantalan dekat tulang ekor kurang mampu menahan beban tubuhku jika aku kegemukan.

Ada temanku yang berhasil diet sehat dengan mengonsumsi Soona. Saking penasaran, aku cek di Instagram dan laman Soona dong, kan ga mau asal minum aja. Wah, aku excited sekali! Ternyata aku cocok nih minum Soona, asalkan diikuti dengan gaya hidup sehat dan pola makan yang benar serta rajin berolahraga. 

Apa Itu Soona?

Mungkin masih banyak yang belum ngeh sama Soona. Yuk, kenalan dulu biar kalian ga penasaran lagi dengan minuman serbuk rasa dengan aneka buah dan ekstrak sayur ini. 

Soona by Siapa Mau Kurus adalah minuman dengan kandungan serat tinggi yang berfungsi untuk menghancurkan lemak, detoks serta dapat membantu melangsingkan badan kita.  

Kandungan ekstrak buah dan sayuran di dalam Soona terbukti efektif untuk mengikat dan mengurai zat-zat berbahaya yang tidak baik bagi tubuh dan dibuang melalui proses buang air besar (BAB). Soona adalah solusi terbaik untuk diet kita.

Tips Diet Lebih Sehat dan Efektif Menurunkan Berat Badan Soona Buah dan Sayur
Soona Buah dan Sayuran
 

Kemasan

Begitu Soona tiba di rumah, aku lihat kemasan minuman sehat ini menarik, lho. Dilapisi plastik transparan tertutup sehingga aman tidak terbuka. Dengan boks berwarna hitam dan ada nuansa pink, serta terdapat elemen daun abu-abu, aku ingin lekas mencobanya.  

Terdapat tulisan Soona berwarna putih di bagian tengah dan ada logo halal MUI di ujung kanan atas kemasannya. Sedangkan di ujung kiri atas tertera tulisan ‘0% Gula – Tinggi Serat’. Berat bersih 225 gram per 15 sachet @15 gram.  

Kita bisa lihat informasi nilai gizi Soona di bagian belakang boksnya. Ada kode produksi dan expire date, BPOM QR Barcode, beberapa sertifikat, komposisi, petunjuk penyajian dan penyimpanan produk.  

Manfaat Soona Sayuran dan Buah-buahan

  • Menurunkan berat badan 5-10 kg.
  • Mengikat dan menghancurkan lemak.
  • Mengecilkan lingkar perut, paha dan lengan.
  • Menurunkan nafsu makan dan membuat kenyang lebih lama.
  • Membantu membakar kalori.
  • Detoksifikasi.
  • Mencegah obesitas.
  • Menurunkan kadar kolesterol.
  • Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.
  • Mengatasi kulit berjerawat dan mencegah penuaan dini.

Special Ingredients Soona

Kandungan yang ada di dalam Soona adalah 3 jenis sayur dan 4 jenis buah yang mengandung banyak serat dan memperlancar pencernaan. Kandungan utama Soona diantaranya yakni:

  1. Sekam Psyllium. Tanaman berserat tinggi yang telah melalui uji klinis untuk membuang lemak dan gula darah di tubuh. 
  2. Guarana. Berasal dari lembah Sungai Amazon. Guarana efektif membantu proses pembakaran lemak di tubuh, mengurangi tanda-tanda penuaan serta meningkatkan sistem imun.
  3. Garcinia Cambogia. Ekstrak buah ini menjadi salah satu andalan untuk menurunkan berat badan dan mengurangi gejala depresi serta mengurangi risiko kanker.
  4. Spirulina. Mengonsumsi tanaman ini memiliki manfaat untuk mengurangi berat badan, mengurangi masalah menstruasi dan mengurangi kolesterol.
  5. Mix Fruits (Gojiberry, nanas, bit merah dan plum). Bermanfaat untuk menahan nafsu makan, melancarkan pencernaan, mengandung antioksidan tinggi dan menjaga fungsi syaraf.
  6. Mix Vegetables (Bayam, brokoli dan wortel). Selain meningkatkan imunitas, sayuran ini juga bermanfaat untuk mencegah sembelit, menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol dan antianemia. 

Cara Penyajian

Praktis banget cara menyajikan Soona ini, teman-teman. Larutkan 1 sachet Soona ke dalam 150 ml air dan aduk hingga rata. Soona boleh diminum menggunakan air hangat, air biasa atau dicampur dengan air es. Bisa dikonsumsi di pagi, siang maupun malam hari.

Asyiknya nih, meskipun Soona tidak mengandung gula alias 0% gula, rasa minuman ini masih ada manisnya lho. Jangan disangka rasanya bakalan kayak jamu yang pahit gitu ya. Aroma Soona enak, harum buah dan sayuran dan enak dinikmati. Ya persis seperti kita minum jus, terasa segar, enak, ga eneg sama sekali.  

Tips Diet Lebih Sehat dan Efektif Menurunkan Berat Badan Soona Buah dan Sayur
Kemasan dan Cara Penyajian Soona

Diet Lebih Sehat, Efektif Menurunkan Berat Badan

Aku mulai mengonsumsi Soona Sayur dan dan Buah-buahan pada hari Rabu, 20 Oktober 2021 sampai 3 November 2021. Selama 15 hari aku habiskan 15 sachet, pilih makanan sehat, mengurangi makan nasi dan berolahraga jalan cepat di pagi hari bersama suami.

Aku minum Soona sehari satu kali sebelum makan siang. Apa efek setelah meminumnya? Pagi hari, BAB lebih lancar, kemudian di malam hari (Bisa 2-3 kali). Karena Soona bisa untuk detox, maka melalui BAB itulah kotoran dalam perut dibuang. 

Teman-teman yang mengalami kesulitan BAB, yuk coba deh minum Soona! Badanku aja terasa lebih segar, stamina semakin baik. Yang tadinya perut kadang kembung, sejak mengonsumsi Soona Sayuran dan Buah-buahan ini, perut lebih kempes hehe senang deh pokoknya.

Seminggu mimun Soona, berat badanku turun sebanyak 2 kg. Kemudian beranjak menjadi total 5 kg dalam dua minggu. Bahagia tak terkira dong, dari 65 kg menjadi 60 kg! Sesuailah dengan janji Soona kalau berat badan kita akan turun 5-10 kg selama 15 hari.

Ingat, usaha juga dong mengurangi makan gorengan dan manis-manis serta makanan yang mengandung kalori tinggi. Aku sarapan buah-buahan seperti apel, pir, pisang. Begitu juga makan malamnya buah atau sayuran saja. Pastinya rajin berolahraga ya. Kalau ingin lebih efektif lagi membantu diet, kita bisa minum dua kali sehari misalnya di pagi dan malam hari. 

Bisa Dibeli di E-Commerce

Teman-teman bisa membeli Soona di Tokopedia, Blibli, Lazada, dan Shopee. Kalian bisa juga menjadi reseller Soona dengan keuntungan hingga jutaan rupiah sebulan. Harganya cukup murah, hanya dengan Rp 239.000,- saja (Ada sedikit perbedaan harga di tiap e-commerce ya) kita sudah bisa dapat 1 boks berisi 15 sachet

Selengkapnya bisa dilihat di media sosial Soona yakni:

Yuk, coba diet ala Soona kayak aku! Kita mulai gaya hidup sehat dan pola makan yang baik dan teratur. Insya Allah hasil yang diperoleh sesuai dengan niat aamiin. Mau diet lebih sehat yang efektif mengurangi berat badan? Pilih Soona aja! 😀

88 comments:

  1. Bisa dicoba nih karena pengen nurunin berat badan biar lebih ideal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, mbak Awi. Selamat mencoba ya :) Good luck :D

      Delete
  2. Mbaa Nurul, pas juga nih aku lagi nyari produk yang aman buat nurunin berat badan. Emang berasa kalau badan agak berlebihan jadi nggak nyaman. Jadi lancar ya mba BAB nha dan itu bener proses detoksnya. Mau coba beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Alida, iya nih cobain deh Soona Buah dan Sayuran kayak aku :) Lancar deh BAB, perut ga kembung lagi :)

      Delete
  3. Wah samaan nih, aku juga pakai Soona sudah beberapa hari ini dan emang ngenyangin menurutku. Terlebih jadi bisa nahan nafsu ngemil semenjak konsumsi Soona. Rasanya pun enak menurutku ya gak aneh gimana gitu, apalagi bisa diseduh dengan air dingin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Toss mbak :) Iya, berasa mimi jus ya rasanya ga eneg :)

      Delete
  4. Buah dan sayuran itu emang paling mempan mengontrol berat badan. Karena seratnya tinggi, bertahan lebih lama diperut, jadi bawaannya gak akan ngemil mulu. Setidaknya kasus di saya, kelebihan BB ini, lebih banyak soal ngemilnya. Makannya sih dikit, teman-temannya yang banyak. Habis gimana lagi, di rumah saja bikin saya iseng dan mulut perlu dipuasin..

    Nah kalau ada Soona ginia akan membantu nih. Praktis pula menyiapkannya. Gak perlu dimasak atau dikupas dulu. Juga bisa dibawa bepergian ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya ya namanya emak2 ngemilnya banyak atau ngabisin makanan anak2 :) Sip, coba Soona aja nanti BB turun deh ga pusing mikirin body melar lagi hihihi :D Bisa dibawa bepergian kemasannya praktis sachetan gitu :D

      Delete
  5. Ini bisa ngelancarin BAB juga kaah? Aku suka susah BAB nih dan lagi berjuang banget buat nurunin BB. kayaknya perlu konsumsi Soona juga ini rasanya buat selingan serat. Kadang suka mager nyiapin buah dan sayur euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, sudah ditulis di atas :D Oke mbak, silakan dicoba Soona buah dan sayurannya ya.

      Delete
  6. Lahh, keluhan selama pandemi sama semua yaaak :D
    Memang menjaga berat badan tubuh tetap ideal tuh PR banget.
    Sekarang aku juga lagi berusaha jalankan diet dan healthy lifestyle.
    Mauuu coba Soona juga ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkkw iyak :D Diet sehat ala Soona memang mengasyikkan jadi turun BB kita deh :)

      Delete
  7. Soona selain bisa menurunkan berat badan 5-10 kg, juga bisa mengatasi kulit berjerawat dan mencegah penuaan dini? Wah berita bagus ini, jadi nggak cuma membantu mencapai berat badan ideal, tapi bagus juga buat kecantikan kulit.

    ReplyDelete
  8. Jadi pengen..Aku udah sebulan ini usaha nurunin berat badan. Udah nggak makan gorengan, porsi nasi juga dikurangi dan olahraga juga sudah mulai rutin tapi BB nya masih blom geser banyak. Emang sih badan berasa lebih segar, tapi kan aku juga pengen turun BB. Kayaknya perlu nyoba Soona juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kiy, cobain aja minum Soona kayak aku 😀 BAB lancar, perut ga kembung lagi deh.

      Delete
  9. Saya banget ini mbak Nurul, gerak juga paling beberes rumah, olahraga bisa dibilang hampir gak pernah, makanya nih perutku mulai agak2 gimana gitu. Mupeng deh buat cobain cara dietnya jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha :D Sip, Elxva, yuk dicoba konsumsi Soona :)

      Delete
  10. Jadi ingat suamiku yang selalu waspada sama BB nya karena mudah banget naik tapi susah turun haha
    Kelebihan 1-2 kg dari BB normal dia langsung panik. Biasanya kalau sedang banyak tugas keluar kota, makannya jadi ga kepantau sama aku, olah rag juga jadi kurang.
    Jadi mau ajak suami ikuti cara mbak Nurul pakai Soona. Siapa tahu cocok bisa lanjut terus ya kan.
    Bagusnya lagi manfaat lainnya juga ada ya mbak, buat detox. Itu juga penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh begituuuuu :D Iya sih kan mayan 1-2 kg kalau gading rendang aja udah banyak wkwkwkwkkwkw :D Sip mbak Rien, semoga BB suami mbaak turun ideal ya. Kan bisa juga cowok minum Soona, buat detox dan biar awet muda eeeeaaaaa hihihi :D

      Delete
  11. wih mantep mbak bisa sampai 5kg. ini tetep harus atur makan yaa. berarti efeknya cuma bab lancar yaa? ga ada berkeringat yg ekstra atau gmn2 ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, pola makan dan olahraga penting diperhatikan juga saat minum Soona.

      Delete
  12. Wah, klo aku kurang telaten pakai acara minum-minum serupa soona bgini, Mbak. Hahahaa sebab aku susaah move on dari kopi. Ntar klo wajib m8num yg lainnya jadwal ngopiku jadi keganggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalaaah dicoba dulu sedikit demi sedikit, hayooo jangan menyerah hihihi :)

      Delete
  13. Oh pantas aja mba Nurul terlihat lebih langsingan di beberapa foto. Aku mau juga nyobain Soona, apalagi isinya sayuran dan buah-buahan. Dan yang jadi penyemanan itu bisa menurunkan sampai 5 kg meski harus diimbangi makan makanan sehat, olah raga juga ya. Nggak apa apa sih karena aku udah ruitn olah raga tapi nggak turun turun BBku, hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiih, makasiiih mbak Wati :D Iya, namanya juga ikhtiar sehat dan bugar ya. Yuk, coba minum Soona deh.

      Delete
  14. Sepertinya patut dicoba nih dan tentunya kalau badan makin sehat dan bugar kerjaan lain juga lebih mudah dan menyenangkan ya

    ReplyDelete
  15. Saya belakangan ini minum minuman serbuk penurun berat badan seperti Soona ini mbak :) hasilnya beneran kerasa lho.

    ReplyDelete
  16. Mbak, BAB jadi lebih sering efek ke badan jadi lemas enggak sih? Lalu selain minum Soona, bagaimana dengan pola makan? Apa tetap 3x sehari bisa makan nasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga lemes kok, biasa aja. Makan sehari 3x seperti biasa cuma porsi nasinya dikurangi aja.

      Delete
  17. wow..wow..woww.. 15 hari bisa turun sampe 5 kg ya..mantep..tapi emang wajib olahraganya sama pola jaga pola makan ya... Pengen sih cobain biar berat badan gak naik terus2an...

    ReplyDelete
  18. wah asyik nih diet begini mbak, jadi pengen nyoba juga hehe

    ReplyDelete
  19. Wih, thank you banget tipsnya, Mbak. Aku juga ada problem berat badan naik di masa pandemi ini. Wajib coba siih ini. Makasiiih

    ReplyDelete
  20. Pandemi ini emang berat badan gampang naik ya Mak, banyak makan dan me time...hehehe... Aku penasaran ama Soona ini, tapi aku udah kecil dan malah pengen nambah BB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe :D Bisa direkomendasikan buat keluarga atau sodara aja :)

      Delete
  21. Janji Soona ga pernah ingkar yaa.Apalagi nuruninnya banyak banget itu Bisa rekomen buat mereka yg mau menurunkan BB.
    Nanti aku kasih ke temenku yg BB nya udah over, kasihan susah bergerak.

    ReplyDelete
  22. Bagus ya komposisi Soona ini mbak, ada buah dan sayur, 0% gula pula. Jadi pengen kasih ke suamiku mbak. Dia udah obesitas banget efek WFH jadi minim gerak. Alhamdulillah sekarang udah mulai rutin olahraga. thanks rekomendasi Soona nya mbak. Namanya mudah diingat yaa, apalagi pembuatnya by siapa mau kurus hihii unik banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus :) Sama2. Semoga paksu bisa diet lebih sehat bersama Soona ya. Iya unik namanya hihihi.

      Delete
  23. wah ini beneran bisa menurunkan berat badan mbak? kebetulan aku lagi program diet
    tapi gagal trs eeuy
    mau coba minum Soona ah kali aja bisa turun berat badanku

    ReplyDelete
  24. Diet itu kudu dilakukan dengan hati riang yaa..
    Kalau menggunakan produk terbaik dari Soona, diet jadi bahagia dan membiasakan jalani hidup sehat.

    ReplyDelete
  25. aku pengen banget ngurusin badan mak
    karena anak2 dah ga ada nyusui lagi pengen banget gitu aku rada ngurangi bb hiks. bbku masih 80an hiks. bisa banget ini dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelan2 aja mbak nurunin BB nya. Bisa dicoba minum Soona buah2an dan sayuran ini. Good luck ya.

      Delete
  26. Kebetulan saya juga mulai diet nih Mba soalnya udah gak nyaman perut dan pinggang pada bengkak. Soona bagus juga ya tertarik nih buat nyobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling sebel kalo perut membuncit ya hahaha : Sip mbak.

      Delete
  27. aku yang kurus ketika baca artikel diet rasanya pengen nangis wkwk.. dikala aku pengen gemuk, orang" justru pengen kurus

    ReplyDelete
  28. kandungannya beneran semuanya alami dan memberikan efek bagus untuk kesehatan pencernaan sih ya. Jadi tinggal atur pola makan dan olahraga. pasti bisa berhasil nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lancar deh pencernaan kita sejak minum Soona secara teratur.

      Delete
  29. Produk kayak gini nih yg aku butuh. Soalnya aku udah coba teh gitu tapi kurang efektif. Butuhnya yang tinggi serat begini biar detox badan juga

    ReplyDelete
  30. Sama kita kak...kalau berat badan naik.. punggung dan lutut menjadi sering lelah karena tidak mampu menahan beban tubuh... makanya saya juga harus diet ketat agar kalauoun naik..tidak banyak dan tidak menjadi sakit. . Hmmm produknya patut docoba nich..

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa bener banget :( Tarik ulur BB demi kesehatan dan BB ideal.

      Delete
  31. Baru tahu nih ada produk yang namanya Sppna ini dan ampuh menurunkan berat badan. Bagus banget ni dikonsumsi buat yajg mau diet ya. Kalau saya malah sebaliknya sih lagi berjuang buat naikan BB, soalnya terlalu ramping hehe

    ReplyDelete
  32. Wah seminggu bisa turun 2 kg berkat Soona Sayuran dan Buah-buhan ini..?? Aku wajib coba nih. Semenjak pandemi naik bener berat badan. Biasa bawah 50 atau mentok 50 kg kini 55 huhuhu...baju ga cukup, badan berat...Noted, haru diiringi pola makan sehat juga ya dan olahraga pastinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beneran :) Betul olahraga kudu rutin juga pola makan yang benar.

      Delete
  33. Aku memang nggak butuh diet untuk sekarang. Tapi postingan ini tetap bermanfaat, akan aku share ke keluargaku yang kebetulan banyak yg ingin diet

    ReplyDelete
  34. Yam ampun mbak, ini sih menggiurkan banget, aku sejak melahirkan jadi gemuk ga ketulungan, dulu sebelum hamil BB max cuma 45 skrg udah lahiran malah 55, padahal aku pengen di angka 47 aja, wlpn idealnya 50an hahahhaa.

    Harus coba konsumsi ini juga ya, biar ga tersiksa sama diet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buruan konsumsi Soona mbak, sebelum BB bertambah terus hehehe :) Good luck.

      Delete
  35. Produk yang menarik banget, mau cari tau lebih lanjut ahhh siapa tau cocok. Belakangan suka kepikiran sama lingkar perut yang mulai membuncit :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perut membuncut emang nyebelin ya hihihihi :) Met coba ya.

      Delete
  36. Mau banget kalau bisa turun sampai 5 kilo begini. Saya sekarang juga kelebihan BB. Harus kerja keras buat nurunin lagi sampai di angka 55 minimal. Terutama agar lingkar pinggang bisa kecil lagi seperti jaman baru punya 1 anak, hehe, ngarep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa banget loh nurunin BB heheh.. yang penting niat dan realisasi bersama Soona yuk!

      Delete
  37. Detox dari bahan sayuran dan buah ini aman banget ya mbak untuk segala usia. jadi pengen nyobain untuk diriku nih. Meski kurus, tapi perut udah membuncit. Pengen meluruhkan lemak. moga aja bisa. Makasih rekoemndasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman :) Iya, lemak di perut yang utama tuh ya hehehe. Selamat mencoba.

      Delete
  38. kalau praktis dikonsumsi begini, gulanya pun 05 tapi enak rasanya ga kayak minuman diet lainnya..mau ah coba Soona. dengan diiringi pola hidup sehat dan olahraga bakalan sehat dan efektif dietnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Gula 0% tapi rasa buah2an dan sayurannya bisa enak gitu kayak kita mimi jus aja 😀😀

      Delete
  39. Wah, kebetulan banget aku lagi diet juga. Langsung meluncur ke sosmed nya Soona ah. Pingin nyobain juga. Barang kali cocok buat membantu program dietku

    ReplyDelete
  40. Aku justru lagi pengen meningkatkan berat badan mba Nurul
    dulu sebelum nikah 38 sekarang 43 pengen naik lagi nih
    aku rekomendasikan soona ke tante aja ah yang pengen diet

    ReplyDelete
  41. Rekomendasi yang menarik untuk dicoba. Apalagi selama pandemi ini, berat badan saya cukup naik

    ReplyDelete
  42. pengen nyobain, rasanya gimana kak? aku kemarin nyobain yang rasa anggur, seger gitu apalgi tambah es

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti sudah diceritakan dalam tulisan, baca lagi deh 😁😁

      Delete
  43. Memang diet sehat itu lebih baik kak. Karena kadang ada yang diet, tapi dengan cara tidak sehat. Seperti tidak suka dengan buah dan sayur. Hanya memilih tidak makan sama sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara diet sehat bersama Soona aja yuk dicoba mbak 😍

      Delete
  44. Wah makasi sharingnya mba. Saya harus nyoba ni. karena volume perut makin hari makin nambah,😂😂. Thanks mba ku.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.