Wednesday, July 15, 2020

# Family's health # info & tips

Manfaat Mengonsumsi Ikan Tilapia Bagi Kesehatan

Doyan makan ikan? Pernah mencoba fillet tilapia? Kedua anakku, Teteh Rafa dan ayang Fakhri doyan banget makan ikan. Biasanya tiga kali aku masak ikan untuk dikonsumsi keluarga. Apalagi kini anak-anak sedang menjalani PJJ alias Pembelajaran Jarak Jauh saat pandemi corona masih menghantui. Aku selalu memastikan mereka sudah sarapan bergizi supaya aktivitas belajar lancar dan semangat. Aku mau berbagi informasi seputar manfaat mengonsumsi ikan tilapia bagi kesehatan tubuh kita.

Biasanya sih aku beli jenis ikan yang paling sering dijual di warung sayuran seperti ikan tongkol, gurame, lele, ikan kembung, ikan peda dan sebagainya. Makin ke sini aku makin sering masak ikan tilapia. Tahu dari mana? Ceritanya dimulai tahun lalu ketika ada kompetisi olahan tilapia di instagram. Aku memang belum ngeh dengan ikan tersebut tapi antusias mengolahnya sebisa mungkin hehehe 😁

manfaat makan mengonsumsi ikan tilapia bagi kesehatan nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan

Meskipun ga menang dan gagal memperoleh hadiah yang ketjeh badai, tapi aku senang karena pada akhirnya aku dan anak-anak sering mengonsumsi Fillet Tilapia Regal Springs ini. Biasanya aku beli yang beratnya 500 gram aja, dulu dari harga kisaran 65 ribu menjadi 52 ribu.

manfaat makan mengonsumsi ikan tilapia bagi kesehatan nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan
Fillet Tilapia Krispi Nanas ala Nurul Sufitri

manfaat makan mengonsumsi ikan tilapia bagi kesehatan nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan
Fillet Tilapia Regal Springs

manfaat makan mengonsumsi ikan tilapia bagi kesehatan nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan
Bentuk Fillet Tilapia Regal Springs

manfaat makan mengonsumsi ikan tilapia bagi kesehatan nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan
Logo Halal MUI

Aku jadi sering mampir ke Fresh Mart yang ga begitu jauh dari rumahku untuk belanja fillet tilapia, kentang beku, nugget, bakso, sosis dan masih banyak lagi. Oh ya, just FYI kalian kalau belanja di supermarket online cari ikan ini di bagian frozen fish ya. Oh ya, ada logo halal MUI juga di bagian kanan bawah kemasannya.

Namanya emak-emak pasti demen yang lagi promo atau diskonan hehehe. Pas lagi diskon, aku borong deh, kalau harga normal ya cukup dua bungkus aja dulu. By the way, aku tulis pengalaman masak tilapia ini karena aku suka dan puas menikmatinya 😍

Berkenalan dengan Ikan Tilapia 

Ikan tilapia atau lebih dikenal dengan nama nila merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi. Aku baca di Wikipedia, tilapia adalah nama umum untuk jenis ikan cichlid yang ratusan ragamnya dari tribe tilapiine cichlid, termasuk ikan nila. Umumnya sih tilapia ini ikan air tawar, hidup di aliran-aliran, kubangan, danau, sungai dangkal dan jarang dijumpai di air payau. 

Tilapia bisa menjadi spesies invasif yang bermasalah pada habitat air hangat baru. Biasanya sih ikan ini ga mampu hidup di air yang dinginnya di bawah 21 °C (70 °F). Tilapia ideal sekali dibudidayakan karena dapat hidup di tempat yang ramai, cepat berkembang, dan mengonsumsi makanan vegetarian yang murah.

Bahkan budidaya ikan tilapia yang dinobatkan sebagai yang terbaik juga berasal dari Indonesia lho. Dengan jaring apung, ikan hidup di ruang yang luas dan melawan arus air sehingga ikan dapat tumbuh secara baik seperti di habitat aslinya.

manfaat makan mengonsumsi ikan tilapia bagi kesehatan nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan
Budidaya Tilapia Merah di Indonesia (Foto: independensi.com)

manfaat makan mengonsumsi ikan tilapia bagi kesehatan nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan
Fillet Tilapia (Foto: Media Indonesia)

Apa Saja Manfaat dari Ikan Tilapia? 

Kebanyakan orang lebih memilih makan ayam dan daging mentah. Tapi tahukah teman-teman bahwa ikan dikenal sebagai salah satu bahan makanan paling menyehatkan? Asal paham cara mengolahnya, masak ikan itu gampang kok dan bisa dibilang tilapia ini cocok juga sebagai menu sarapan praktis. Berikut beberapa manfaat dari ikan tilapia yang aku baca dari laman Hello Sehat:

manfaat makan mengonsumsi ikan tilapia bagi kesehatan nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan
Tilapia Siap Dimasak (Foto: CNN Indonesia)


Ikan Tilapia Mengandung Asam Lemak 

Ikan tilapia mengandung sekitar 26 gram protein dan 128 kalori di setiap 100 gramnya. Tilapia juga kaya akan niacin, vitamin B12, fosfor, selenium, dan kalium. Bagi yang sedang menjalani diet, ga perlu khawatir ya karena ikan tilapia hanya mengandung sekitar 3 gram lemak pada setiap penyajiannya. 

Mengandung Selenium 

Kandungan selenium yang terdapat pada tilapia mencapai 47 mikrogram. Orang-orang dengan kandungan selenium yang tinggi pada darah memiliki risiko yang lebih rendah terhadap beberapa jenis kanker payudara, paru-paru, usus dan prostat. Selenium juga membantu kelenjar tiroid bekerja lebih baik, mengurangi kerusakan DNA, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Baik Untuk Ibu Hamil dan Menyusui 

Asupan nutrisi dari daging ikan sangat direkomenasikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) di Amerika. Ada asam lemak omega 3 dan zat besi sangat penting terutama untuk kesehatan janin dan perkembangan anak. Tilapia memiliki merkuri yang sangat sedikit karena diternakkan dalam sistem tangki tertutup sehingga kontak polusinya juga lebih sedikit dibandingkan ikan lainnya. 

Kandungan Omega-3 yang Lebih Unggul 

American Heart Association menyarankan makan ikan setiap dua kali seminggu bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Kandungan Omega-3 dalam tilapia lebih unggul dibandingan pada daging ayam atau sapi, meskipun tak setinggi pada ikan salmon. Omega-3 akan mendukung kerja selaput dalam sel tubuh dan berperan penting dalam menjaga kesehatan darah, paru-paru serta sistem kekebalan tubuh. 

Oh ya, selain itu kandungan Omega-6 dalam ikan tilapia yang tinggi juga berfungsi untuk menjaga kolesterol tetap terkendali. Omega-6 akan mempersiapkan sel-sel otot agar dapat merespon pada insulin dengan lebih baik. Insulin merupakan hormon yang membantu mengubah gula menjadi energi. Pastinya, hal ini bermanfaat banget bagi orang-orang yang menderita diabetes. 

Membantu Menurunkan Berat Badan 

Ikan tilapia dapat menjadi menu yang ideal untuk diet kita. Saat mengonsumsi tilapia, kita ga perlu khawatir bakal menggemuk karena ikan ini dapat memenuhi kebutuhan protein tanpa khawatir akan menimbun banyak lemak. Orang-orang yang makan lebih banyak protein saat diet mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan dengan orang-orang yang melakukan diet rendah protein.

manfaat makan mengonsumsi ikan tilapia bagi kesehatan nurul sufitri travel lifestyle blogger resep masakan
Tilapia Krispi Nanas Pedas ala Mama Rafa & Fakhri

Nah, teman-teman sekarang sudah tahu deh manfaat mengonsumsi ikan tilapia. Aku akan menuliskan resep fillet tilapia di judul berikutnya ya 😃 Pokoknya endeeeuuusss pisan. Anak-anakku aja lahap makannya dan nambah hehehe. Nantikan segera dan sampai jumpa! 




70 comments:

  1. Tilapia fillet gini dicemplungi ke batter dan balur dengan bread crumbs yang dicampur grated parmesan cheese, terus di goreng dengan sedikit mentega di atas api kecil, wow ueenakk mbak. Mana manfaatnya segitu banyak lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uh, makin lezaaaat dong ya :D Betul sekali. Pokoknya anak2 dikasih menu tilapia tuh happy bener :D

      Delete
  2. Tilapia apakah ini di tempat kami namanya IKAN MUNJAIR / IKAN NIL ... hampir mirip tapi apakah mirip kamipun memiliki kolam ikan nila hampir setiap mudik kami mancing untuk konsumsi sendiri

    ReplyDelete
  3. Aku jarang makan ikan nila. Anak pesisir, makannya ikan laut mulu. Tapi kalau udah ada fillet gini, aku mau coba ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi gitu ya. Yoi, cobain deh fillet tilapia.

      Delete
  4. SAya tidak tahu ikan tilapia yang mana, karena di sini kan biasanya beda penyebutannya. Saya lihat di gabar itu, seperti ikan mujair ya? Kalau ada fillet-ya, enak masaknya, jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan nila. Iya makin praktis aja jadi cepat matangnya nyiapin menu ikan buat keluarga.

      Delete
  5. Aku suka banget makan ikan mbak, mau ah nyobaon ikan tilapia, in mirp dori gak sih rasanya mbak? Kayanya aku pernah liohat di supermarket nih kemarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! Mirip2 lah hehehe. Banyak yang suka nih karena gampang masaknya.

      Delete
  6. Ikan ini kayaknya pernah lihat di superindo.
    Ku tunggu resep dikau ya Mbaaaa
    InsyaALLAH siap recook!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah tersedia di berbagai supermarket kok. DI Prima Fresh Mart juga ada. Okay.

      Delete
  7. Aku belum pernah makan ikan tilapia.
    Kami juga suka makan ikan, lele, gurami, kakap dan lain-lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, menyehatkan ya makan ikan tuh. Sip kapan2 cobain makan tilapia deh.

      Delete
  8. Saya baru dengar ini yang namanya ikan tilapia 😅. Tapi setelah Googling dia sekeluarga sama ikan Nila ya? Ataukah ikan yang sama? Kalau Nila sih saya sering makan. Biasanya kalo saya digoreng biasa trus pake sambal dabu-dabu atau sambal kecap, gitu aja udah ngabis-abisin nasi. 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe..iya betul. Ikan nila. Enak banget pakai sambal apapun, nambah malah.

      Delete
  9. Pas liat ikan tilapia kok mirip ikan dori ya mba. Hehehe. Aku pernah panggang mba dan anak anak suka :)

    ReplyDelete
  10. Aku nama-nama ikan air tawar loh bingung hahahahha. Tahunya ikan laut. Dulu waktu pertama makan ikan air tawar, rasanya agak beda menurutku. Tapi sekarang sudah biasa. Mungkin lidahku sudah mulai terbiasa :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.... :D Enak2 aja sih mau ikan laut maupun tawar. Yang penting bisa masaknya jadi ga amis.

      Delete
  11. Ikan Nila toh, kirain aku ikan dari wakanda tuh ikan tilapia.😂

    Ikan ini kadang aku juga lihat di pasar tradisional mbak. Rasanya memang lumayan enak. Ternyata ikan ini baik juga untuk ibu hamil dan menyusui karena ada asam lemak omega 3 dan zat besinya.

    ReplyDelete
  12. Jadi baper, eh laper mbk😁
    Ikan emang lebih menyehatkan ya, bahkan walaupun udha mati ikan tetep halal,beda sama ayam yang kalau sembelihnya nggak bener jadinya bisa haram. Tapi saya belum pernah makan ikan tilapia alias nila ini sih. Emak saya seringnya masak pindang, dimana saya juga nggak terlalu suka. Makanan faforit saya justru tempe dan sambal goreng.😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, sini makan bareng! Bener hihihihi. Yuk atuh coba masak dan makan tilapia, enak loh. Manfaatnya banyak buat kesehatan nih.

      Delete
  13. Baru td mau bilang ih ini ikan mirip banget sama nila ternyata memang ikan nila. Hahahaha. Makasih byk edukasinya mbak, jd semangat masak tilapia, apalagi sekarang ada filletnya ya

    ReplyDelete
  14. Ohh nama lain ikan Nila itu Tilapia toh. Baru tahu saya, Mbak. Kandungan gizinya ternyata tinggi ya. Baik untuk ibu hamil dan menyusui. Wah, perlu nih saya makan nila, toh dapatnya juga mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, bergizi tinggi buat kita konsumsi sehari2 nih.

      Delete
  15. Lihat foto pertama kali, tilapia itu kirain tadi ikan mujair. Ternyata nila ya...Emang ikan nila enak diolah apa saja. Saya paling suka dibuat apa saja. Digoreng, pecak, gulai, pangek dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak dimasak apa aja yang penting nyam3x hihihihi pasti lezat banget deh.

      Delete
  16. Wah baru tahu tentang ikan ini dan produk kemasannya mbak, aku suka ikan dan filet gini praktis banget buat diolah ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, buat nyiapin makan anak2 dan suami yang sibuk online2an ini cocok deh.

      Delete
  17. Saya dan keluarga senang sekali menyantap ikan. Apalagi ikan Nila. Bahkan kami pun memelihara di empang. Alhamdulillah ternyata manfaatnya untuk kesehatan banyak ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap! Iya, ga ada ruginya makan ikan2 yg memang berkhasiat terbaik bagi kesehatan kita.

      Delete
  18. Ternyata ikan Tilapia itu Nila, ya. Saya paling sering makan ikan ini. Tetapi, memang belum pernah cobain kalau difillet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besok2 coba beli yg fillet mbak trus masak deh :D

      Delete
  19. We are like eat so many fish Mb. Tilapia is good and the taste suitable with my kidz. They like eat , special in hot. Yuk, we are eat fish every day

    ReplyDelete
    Replies
    1. We cook and eat any kind of fish almost 3 times a week.

      Delete
  20. Baru denger ikan tilapia, ternyata ikan nila ya... Pengen cobain deh bentuk filletnya...

    ReplyDelete
  21. Aku hampir mau komen kalo ga ngerti kalo ada ikan Tilapia ga taunya ini ikan Nila...oou ou ou. Kalo Nila sih aku suka banget biasanya paling di pesmol aja sih atau digoreng garing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipesmol dan goreng garing atau apapun enak semua ya.

      Delete
  22. Ikan talapia ini pas aku liat fotonya kek ikan nila ya.. Apa memang nila ya mba? Gak kebayang nih proses pengolahannya sampe versi fillet. Keren deh produknya jd pengen belii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Bikin kita mudah masaknya ya ga rempong kalau udah jadi fillet.

      Delete
  23. Saya sering lihat ikan tilapia ini di ig storynya mbak @bagindaratu . Ya ampun ku baru tahu kalau ini ternyata ikan nila. Itu mah banyak banget di sini, dibanding ikan laut. Sampai gemes tiap ke resto dimarih, yang disajikan ikan nila melulu...padahal ku pengennya ngeikan laut. Hahahah

    Tuntas sudah penasaran saya akan ikan tilapia~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi ga mabok kan liat dan makan nila terus? hehehe... Yang penting pandai mengolahnya kita ga bakalan bosan deh.

      Delete
  24. Mirip gurame ya...
    Lagi femes niih...ika tilapia. Aku pikir ikan impor, ternyata aseli Indonesia.
    Biasanya dimasak apa kak...biar enduulls dan disukai anak-anak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lagi hits, soalnya gampang banget masaknya. Goreng biasa aja pakai tepung biar krispi.

      Delete
  25. Kalo saya taunya ikan ini mah cuma digoreng atau diungkep bumbu komplit. Ternyata bisa difillet juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Langsung beli jadi aja enak nyam3x.

      Delete
  26. Oh ikan Tilapia itu ikan nila. Aku melihara ikan nila mbak di kolam kami. Favorit anak-anak kalau udah dimasak asem manis

    ReplyDelete
  27. DI awal sempet bingung sama ikan Tilapia. Kayaknya familiar sama ikan ini, terus dibaca sampai di bagian mengenal Ikan Tilapia oh ternyata, ikan Tilapia itu ikan Nila. Selama ini selalu dimasak dengan bumbu bawang sih dirumah sama ibuku, jadi feelnya gurih dan renyah. Tak sarankan ah, siapa tau bisa dieksperimenkan begini

    Thanks For sharing mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, mas. Memang deg ikan nila alias tilapia ini diapain aja enak. Bumbu2nya meresap sampai dalam daging ikannya makin yummy.

      Delete
  28. Aku pernah makan ini mba Nurul oh jadi namanya ikan Tilapia yang nama lainnya nila. Cakep ya hahaha. Manfaat nya banyak Banget ya ternyata.

    ReplyDelete
  29. Wah aku baru tau nih Mak ternyata ikan nila tuh nama nama la tilapia hahahaha. keluargaku punya kolam sendiri di rumah dan seringnya diisi nila dari waktu ke waktu. enak banget deh kalo akhir bulan lagi kurang duit, langsung diserok tuh nila terus dibakar atau digoreng wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di rumah orangtuaku ada empang, dulu ditanami ikan2 macam ada nila juga sih. Iya dibakar pakai bumbu kecap wiih lezat bangeeed.

      Delete
  30. Ikan Nila, favorite suami ku nih. Beliau paling suka digoreng plus kasi sambel kecap bawang, nikmat. Makasih saya jadi tau nama lain ikan Nila.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suamiku malah yg ga doyan ikan tapi kita bertiga syukaaa bingit hahaha :D Iya sama2 :D

      Delete
  31. Aku baru ngeh ikan tilapia itu ikan nila mba. Dlu aku pelihara ikan nila banyak banget mba. Tapi sayangnya atit lama lama trus di bongkar deh kolamnya. Tapi udah lama aku nggak makan ikan Nila. Ntar aku masak lagi ah:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zaman aku kecil dulu, papaku juga miara macM2 ikan termasuk ikan nila. Punya empang lumayan besar di pekarangan rumah..Iya enak banget nila digoreng atau pepes heheheh... Sekarang ada yang fillet makin praktis masaknya.

      Delete
  32. Baru tahu ada ikan yang namanya TILAPIA. Termasuk kandungan-kandungan dan manfaatnya bagi kesehatan. Sebagai penggemar ikan, kudu ikut nyoba nih. Makasih infonya Mbak Nurul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha :) Sip mbak Annie, selamat mencoba :)

      Delete
  33. Ikan nila memang lezat sekali, Mbak. APalagi yang ukurannya cukup besar.
    Difilet, lalu digoreng tepung. Huhuhu. Benar-benar lezat sekali.
    Besok kayaknya saya harus beli. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, dgoreng tpung tuh kesukaan anak2 deh. Ikannya jadi kriuk2 trus pakein saus sambal.

      Delete
  34. Aku blm pernah makan ikan ini mbak.
    Baca ini jadi pengen makan , hehe

    ReplyDelete
  35. Baru tahu kalau ikan tilapia itu nama lain dari ikan nila. Padahal keluargaku sering mengolahnya. Rasanya memang enak menurutku. Dan ternyata bnyk manfaat baiknya juga. Alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Iya, betul, mengonsumsi ikan tuh keren, banyak manfaatnya buat tubuh kita.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.