Daftar Isi [Tampilkan]

"Wah, PJJ lagi?", ucap anak-anakku. Situasi dan kondisi pandemi yang masih bergejolak tak memungkinkan anak-anak belajar offline. Padahal wacana dan percobaan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) sudah disosialisaikan oleh pihak sekolah guru dan orang tua. Anak-anakku jadi H2C alias harap-harap cemas bagaimana belajar yang efektif dan nyaman di rumah.

PPKM Darurat Pulau Jawa dan Bali diberlakukan mulai 3 Juli sampai 20 Juli 2020. Semakin yakin deh kalau Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dibatalkan dan kembali menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Anak-anak menjadi rungsing ga karuan, terbayang-bayang mesti belajar online penuh di rumah. 

Anak sulungku yang perempuan, Teteh Rafa kini duduk di kelas 11 jurusan IPA sedangkan si bungsu Fakhri di kelas khusus sains di MTsN 4 Jakarta. Aku selalu perhatikan mereka belajar giat dan sangat berusaha semaksimal mungkin fokus dan mengikuti PJJ. Namun apa daya karena berbagai keterbatasn pengajaran para guru di sekolah, siswa di rumah begitupun orang tua yang sibuk WFH, stres pun melanda. 
 
 
Ruangbelajar by Ruangguru, Solusi Belajar Online Terbaik di Indonesia


Sebagai orang tua tentu kita harus sigap menghadapi keadaan ini. Jangan sampai buah hati kesayangan kita menjadi patah semangat, gegara pusing ga memahami beberapa mata pelajaran yang dianggap sulit. Memang sih, terkadang feed back kurang terpenuhi antara guru dan siswa dalam pembahasan materi atau memberikan respons jawaban soal-soal.

Nah, teman-teman jangan bingung dan berkecil hati. Sepertinya banyak yang sudah tahu ya, ada platform belajar online yang ramai diperbincangkan di mana-mana lho. Betul, namanya Ruangguru, menjadi solusi belajar online bagi putra-putri kita di rumah atau di mana saja berada.

Tentang Ruangguru

Ruangguru merupakan aplikasi bimbingan belajar online terbaik dan terbesar di Indonesia. Ada lebih dari 22.000.000 pengguna Ruangguru, lebih dari 300.000 pengajar, 69% pengguna Ruangguru diterima di PTN dan 9,3/10 tingkat kepuasan pengguna Ruangguru. Ruangguru didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk sektor teknologi konsumen di Asia.

 

Ruangbelajar by Ruangguru, Solusi Belajar Online Terbaik di Indonesia
Ruangguru

Ruangguru juga telah dipercaya untuk bermitra dengan 32 (dari 34) Pemerintah Provinsi dan 326 Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia. Selain itu, Ruangguru juga telah memenangkan sejumlah penghargaan di dalam dan luar negeri, termasuk Solver of MIT, Atlassian Prize, UNICEF Innovation to Watch, Google Launchpad Accelerator, dan ITU Global Industry Award.

Produk Ruangguru antara lain yakni Robuguru, Ruangbaca, Ruangbelajar, Ruangkelas, Ruanguji, Ruangles, Ruanglesonline, Ruangpengajar, Ruangpeduli, Brain Academy Online, English Academy, Skill Academy dan Ruangkerja. 


Ruangbelajar by Ruangguru, Solusi Belajar Online Terbaik di Indonesia
Kenapa Harus Pilih Ruangbelajar?
 

Ruangbelajar by Ruangguru

Ruangbelajar merupakan salah satu layanan dari Ruangguru dengan platform belajar untuk semua jenjang pendidikan. Mulai kelas 1-6 SD/MI, kelas 7-9 SMP/MTS, kelas 10-12 SMA/MA IPA dan IPS, SMK, siswa ujian SMBPTN hingga kalangan umum dapat memanfaatkan Ruangbelajar. Siswa dapat belajar mandiri dengan puluhan ribu video belajar beranimasi dan latihan soal.

Kelebihan Ruangbelajar by Ruangguru

Berikut adalah kelebihan Ruangbelajar dibandingankan dengan beberapa platform belajar online yang ada:

1. Akses Ruangbelajar di laptop

Ruangbelajar juga dapat digunakan di laptop loh. Caranya dengan mengunduh aplikasi Ruangguru di desktop, tersedia untuk Windows dan Mac.

2. Layanan belajar online mandiri terlengkap

Akses materi belajar lengkap sesuai kurikulum dengan Master Teacher dengan puluhan ribu video belajar yang dikemas dengan animasi yang menarik serta rangkuman infografis yang bikin siswa super paham.

3. Belajar bersama Master Teacher terbaik di mana saja

Ruangbelajar memungkinkan siswa dapat belajar dengan Master Teacher berpengalaman dan berprestasi di masing-masing bidang pelajaran. Mereka adalah lulusan dari berbagai universitas terkemuka, baik di Indonesia maupun luar negeri yang membantu menjelaskan materi pelajaran agar dapat dipahami siswa dengan mudah.

4. Jalan cerita dari video belajar yang lebih personal dengan fitur baru ADAPTO

Serasa belajar dengan guru privat. Pilihan jawaban yang diambil siswa akan menentukan arah kelanjutan dari video yang dipelajari. Pemahaman materi juga dilengkapi dengan Konsep Kilat berisi video-video berdurasi singkat dan infografis rangkuman.

5. Ratusan ribu soal dan pembahasan untuk mengasah kemampuan

Ruangbelajar dilengkapi beragam fitur-fitur latihan seperti bank soal, latihan bab, rangkuman infografis, cek kemampuan dan kuis untuk memastikan siswa sudah paham betul materi yang dipelajari.

Ruangbelajar by Ruangguru, Solusi Belajar Online Terbaik di Indonesia
Kelebihan Ruangbelajar

6. Bisa di-download dan diakses offline

Semua materi belajar di Ruangguru dapat di-download dan diakses secara offline, tanpa butuh koneksi internet.7

7. Belajar jadi seru dengan Ruangguru Adventure dan Teman Belajar

Belajar di Ruangguru dilengkapi fitur gamification untuk membuat siswa lebih semangat dalam belajar. Semakin rajin, semakin banyak hadiah yang bisa dikumpulkan.

8. Pantau perkembangan belajar dengan mudah

Para orangtua cukup ketik “Rapor Anak” ke WhatsApp Ruangguru di 081578200000 untuk dapatkan laporan belajar anak secara komprehensif.

9. Hemat

Harga hanya Rp 1.000,- an per hari, hemat sampai 10 kali lipat dibandingan biaya bimbel zaman dahulu.

 
Ruangbelajar by Ruangguru, Solusi Belajar Online Terbaik di Indonesia
Paket Hemat 1 Tahun Ajaran

7 Fitur Ruangbelajar Plus

Ada 7 fitur Ruangbelajar Plus yang membuat anak senang dan nyaman belajar di rumah, antara lain yaitu:

1. Bimbel online live stream

Anak bisa belajar dan berdiskusi langsung dengan tutor yang ada di live streaming setiap hari.

2. Tutor standby setiap hari

Anak mendapatkan pendampingan penyelesaian PR atau tugas sekolah dari tutor yang stand by setiap hari.

3. Materi bimbel online UTBK lengkap dan mendalam

Soal-soal yang sulit diselesaikan dan dibahas secara lengkap. Ada video dan modul yang lebih dipahami, selain itu ada pula kuis seru dan tips and trick dari tutornya.

4. Try out secara berkala

Siswa dapat mengukur tingkat pemahan materi dengan mengikuti try out, di mana hasil dan pencapaian akan diinformasikan. 

5. Pilih topik sesuai kebutuhanmu

Bentuk penyampaian materi ringan, disesuaikan dengan kemampuan. Jangan khawatir jika tertinggal pelajaran di sekolah karena siswa dapat mengulang topi dan mempelajarinya kembali.

6. Free konseling

Kakak-kakak konselor dapat memberikan saran terbaik dan selalu setia menjaga kerahasiaan konsultasi siswa yang bertanya.

7. Grup kekinian

Siswa yang memiliki minat terhadap bahasa asing dapat bergabung dengan English Club, Japan Zone Club, dan Korean Culture Club. Sedangkan bagi yang ingin mengembangkan bakat seninya, dapat bergabung dengan Klub Musik dan Klub Sastra. Tidak itu saja, bagi yang ingin memperdalam pengetahuan sains dan meningkatkan kemampuan untuk olimpiade, siswa bisa bergabung dengan Science Club dan Klub Olimpiade. 

Fitur Lain RuangBelajar by Ruangguru Mulai Juli 2021

Teman-teman, mulai awal Juli 2021 ini ada fitur baru Ruangbelajar lho. Semakin menarik tentunya dan dapat kita manfaatnya sebaik-baiknya. Siswa juga akan semakin mudah mempelajari bidang studi secara online

1. Adapto

Siswa dapat memilih materi belajar sendiri setelah mengetahui hasil nilai kuis dalam video, sehingga pembelajaran jauh lebih efektif. Jika sudah paham materi yang satu, siswa bisa melajutkan belajar materi berikutnya.

2. Rencana belajar (Playlist Belajar)

Fitur ini memudahkan siswa saat menonton video pembelajaran, materi mana yang ingin dipelajari terlebih dahulu. Terkadang siswa butuh penjelasan mata pelajaran tidak dari awal. Nah, dengan rekomendasi playlist ini, tentu akan lebih disiplin dan memudahkan siswa belajar sesuai kebutuhannya.

3. Subtitle video

Transkrip dapat membantu siswa merekam video pembelajaran mereka lebih banyak kata demi kata. Selain itu konten secara detail juga bisa dilihat, sehingga memastikan tidak ada poin penting yang terlewat.

4. Fitur pencarian

Fungsi pencarian sebagai fitur untuk pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran.

5. Pet mission

Fitur ini mendorong semangat belajar siswa yang gemar bermain online. Misi hewan peliharaan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan. Kalau siswa bisa menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan. 

 
Ruangbelajar by Ruangguru, Solusi Belajar Online Terbaik di Indonesia
Beberapa Fitur Ruangbelajar yang Sangat Menarik

6. Tes minat bakat

Tes minat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RISEC. Tujuan tes ini untuk membantu memperkirakan karier yang sesuai dengan siswa nantinya. Tes bakat mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif dan reasoning. Hasil tes minat bakat yakni jurusan kuliah sesuai minat siswa yang didukung oleh bakat yang dimiliki.

Menurutku, Ruangbelajar by Ruangguru ini menjawab kebutuhan belajar online buah hati kita. Dengan kapasitas mumpuni yang dimiliki dalam memajukan pendidikan di Indonesia dan berbagai inovasinya, Ruangbelajar by Ruangguru patut diikuti. Apalagi layanan dan fitur-fiturnya yang terus update dan kekinian, cocok deh untuk anak-anak kita sebagai generasi Z.

Bagi siswa yang ingin belajar mandiri atau orang tua yang ingin membantu pembelajaran anak lebih mudah, kunjungi laman Ruangbelajar by Ruangguru untuk detailnya atau sekalian saja unduh aplikasi Ruangguru. Jangan bimbang lagi ya, Ruangbelajar by Ruangguru memang solusi tepat belajar online anak-anak kita tercinta. 


78 comments:

  1. Wuiih lengkap banget yaa.. sampe ada fitur game onlinenya. yang pet mission ini. Anak jadi ga bosen nih ya belajar di ruang belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa, seru banget belajar online jadi makin semangat deh :D

      Delete
  2. psst, orang tua jadi lebih "santai". Gak perlu cape2 nganter anak ke tempat les lagi :)

    ReplyDelete
  3. reviewnya lengkap banget mba. Bikin aku ga ragu pake ruang guru. Kadang suka puyeng kalau lagi belajarin anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, terbantu yang dengan adanya Ruangbelajar by Ruangguru ini buat anak2.

      Delete
  4. Siapa tak kenal Ruangguru, tempat belajar online terlengkap dan terbaik di Indonesia. Dengan tenaga pengajar yang profesional, menjadikan Ruangguru sebagai tempat belajar online favorit keluarga Indonesia, betul begitu 'kan teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul3x, Kang. Ngangguk2 hehehe :D Sepakat!

      Delete
  5. fitur gamifikasinya keren, bikin betah dan gak bikin bosen.

    ReplyDelete
  6. Wow, Bu Nuruk mengulas ruangguru dengan sangat lengkap dan informatif. Pengembangan model belajar dengan model Ruang Guru saat ini menjadi pilihan dan solusi yang penting untuk mensiasati dunia pendidikan di kala Pandemi. Dengan fitur yang sangat lengkap dan tahu apa yang dibutuhkan siswa, RuangGuru memang pilihan yang tepat. Walaupun anak saya sudah beranjak kuliah semua, untuk pelajar yang lain, ruangguru memang tepat. Terima kasih sharingnya Bu. Salam Sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, Pak Eko :) Iya, di Ruangguru ada berbagai pilihan belajar online :) Bisa dipilih sesuai kebutuhan lho. Harganya kompetitif, terjangkau. Sipppppp. Salam sehat juga.

      Delete
  7. Ruangbelajar by Ruangguru sangat komplit ya, materi pembelajaran mudah dan menarik karena ada video animasi nya, biayanya juga cukup terjangkau cuma 1000 perhari, padahal jajan siomay juga paling sedikit 2000.

    Ruangguru sepertinya lagi hits ya, akhir akhir ini kadang muncul di televisi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Agus :) Iklannya wara-wiri di mana2 hihihih :D Iya, terjangkau tentunyaaa :)

      Delete
  8. Heits banget ruangguru ini sekarang !
    Mereka pandai melihat peluang bahwa anak anak butuh ini dan itu sebagai materi penunjang belajar juga!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benaaaaaar! Senangnya ya dengan kehadiran Ruangguru :D

      Delete
  9. Anak-anak juga pakai ruangbelajar dari Ruangguru nih mbak, tapi belum nyibain fitur Tes minat bakatnya. Cocok ya buat menyiapkan kuliah nanti nih

    ReplyDelete
  10. Anak-anak juga pakai ruangbelajar dari Ruangguru nih mbak, tapi belum nyobain fitur Tes minat bakatnya. Cocok ya buat menyiapkan kuliah nanti nih. Cari kode promo ah buat perpanjang langganan Ruanggurunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, perpanjang langganan Ruangguru? Berarti anak2 cocok ya belajar online-nya? Keren!

      Delete
  11. 7 fitur Ruangbelajar by Ruangguru menjadi solusi belajar online terbaik di masa Pandemi begini yaa. Saat anak2 mengalami keluhan belajar PJJ dan orang tua pun terbatas dengan kemampuannya, bisa mengandalkan bimbel online ini untuk mendampngi anak2 dalam belajar agar terus semangat meski di rumah aja.
    Pokonya udah ga diragukan lagi kualitasnya Ruangguru ini, iklannya pun muncul dimana mana nih, berbagi promo diskon gede2an, memahami banget kondisi pandemi begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy banget donk ibu2 kalau ada diskon mayan gede gini :) Kesulitan PJJ bisa teratasi dengan baik dengan Ruangguru tentunya :)

      Delete
  12. Saya sering banget kebingungan tatkala anak tanya ini itu terkait pelajaran. Doooh, materi pelajaran zaman now memang bikin emak pengin garuk-garuk aspal!

    Maka dari itu, di tahun ajaran baru ini, emak ingin temukan solusi jitu, agar PJJ berlangsung lancar dan tak perlu disertai “drama PJJ” yang berlebihan.

    Salah satu tips tokcer yang bisa saya lakukan adalah: Memilih dan Menemukan Layanan belajar online terbaik
    Tentu saja, yang kali pertama bercokol di benak adalah Ruangguru dan produk2nya yg inovatif, salah satunya ya RuangBelajar ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah kebanyakan drama PJJ nih anakku aja stres bukan main. Ga kuaaaattt! Iya, harus ada solusi terbaik mengatasi ini misalnya dengan bergabung di Ruangbelajar by Ruangguru :)

      Delete
  13. Ruang guru nih super komplit ya. Fiturnya banyak banget. Anakku juga pengguna ruang guuru sejak kelas 1 SD. Dia sekarang makin termotivasi buat belajar karena ada pet mission tuh. Menyenangkan banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mbak. Oh yaaa? Si kecil makin semangat donk belajarnya :D

      Delete
  14. Lengkap banget ya fitur-fiturnya, bikin anak jadi semakin semangat belajar...
    Paling penasaran sama fitur pet mission, belajar jadi seru kaya main games ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik ada gamesnya, jadi ga bosen belajarnya deh 😀

      Delete
  15. Produk Ruangguru nih beragam banget ya, dan semuanya bagus. Aku tawarin ke anakku dia sampe bingung mau ambil yang mana haha. Ada 3 sih yang menarik buat dia, salah satunya Ruangbelajar ini. AKu bilang, ya udah semuanya aja. Dia balik nanya: Gpp mah nanti bayarnya jadi mahal gak? haha anakku mikirin bayarnya. Dia takut mamanya jadi abis duit banyak buat dia. Padahal biayanya kejangkau banget ya, jauh ketimbang bimbel offline.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamahnya pasti banyak fulusnya dooonk 😀😍😂 Seru banget kayaknya kalau anak mbak ikutan beberapa produk Ruangguru heheh 😀😁

      Delete
  16. Ini program paling membantu kebutuhan belajar anak banget ya mbak, di masa pjj gini tepat banget ruang guru jadi mitra orang tua dalam soal pendidikan. Anakku belum masuk sd sekarang jadi belum gabung, tahun depan insya Allah yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, siiiip. Membantu anak dan orang tua 😍

      Delete
  17. Bisa di download dan di akses saat offline menurutku jadi kelebihan ruang belajar by ruangguru ya mam, apalagi bagi anak-anak yang akses internetnya tidak stabil. semoga ruangguru bisa senantiasa membantu membersamai anak-anak Indonesia bertumbuh makin maju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah kelebihan Ruangguru, bisa undur dan akses saat ga pake internet 😁

      Delete
  18. Salut sama terobosan-terobosan inovatif yang di lakukan beberapa brand dalam menyikapi suasana pandemi ini termasuk ruangguru.

    Memang begitulah seharusnya ya!
    Mental kita itu harus mental memberi manfaat, memberi solusi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah yaaa, Ruangguru memberikan solusi tepat belajar anak2 kita.

      Delete
  19. Wah mantap nih, orangtua banyak terbantu

    ReplyDelete
  20. Ternyata produknya Ruangguru ini banyak juga ya dan lengkap pula, jadi orangtua bisa memilih kelas yang diminati untuk anaknya juga ya mbak. Wah ini ternyata bisa dari kelas 1 SD, dari kemarin sebenarnya galau pengen nyoba ikutin anakku untuk tambahan belajar melalui Ruangguru. Pas deh ini sekarang dia kelas 2 coba ah aku mau daftarin dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak 😁 Sip mbak, bisa diceki2 dulu ntar siap daftarin anaknya deh.

      Delete
  21. Orang tua tidak selalu paham pelajaran sekolah. Daripada ngawur jelasin ke anak malah jadinya marah-marah lebih baik jadi fasilitator belajar daring dengan submit di ruangbelajar. Menarik ya konsepnya pakai kumpulin batu seperti di game. makin sering latihan soal, makin banyak dapat reward.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe iya mbak :) BIsa belajar online langsung sama master teacher di Ruangbelajar ini :)

      Delete
  22. Adikku yang kelas 3 SMU dari kelas 1 ikut berlangganan Ruangguru, dia sekarang alhamdulillah udah keterima di kampus impiannya. Membantu banget katanya buat belajar, apalagi selama PJJ kemarin, kalau ada kesulitan tentang pelajaran, dia bisa cari tahu di Ruangbelajar by Ruangguru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah banget mbak :D IKut bahagiaaaaa :) Iya, fitur2 Ruangbelajar ini lengkap sekali.

      Delete
  23. Ada Ruang Belajar ini anak jadi terbantu dalam memahami pelajaran dan orang tua nggak stres lagi mendampingi anak belajar hehe win win solutions

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakaaat hihihihi :) Sama2 senang ya anak2 dan orang tuanya.

      Delete
  24. Mitra kerjanya Ruanguru banyak juga ya mba. Aku nggak nyangka sampai 32 gitu. Bagus emang sih ruanguru itu memberikan kontribusi terbaik untuk menambah pengetahuan n anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak banget mitra kerja Ruangguru :D

      Delete
  25. Minggu lalu saya baru daftar Ruangbelajar untuk si sulung yang di kelas 9. Lumayan banget karena lagi promo jadi biayanya nggak sampai 300K untuk belajar selama 6 bulan. Semoga bisa membantu dia dalam mempersiapkan ujian nasional tahun depan sekaligus membantu supaya disiplin belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya allah aamiin. Semoga sukses si sulung kesayangan ya mbak.

      Delete
  26. Fitur2 ruang belajar ini mmg keren2 ya. Anak aku sk sm pet missionnya. Berasa main game. Di rumah pub jd bs kreatif dlm belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gemesin banget pet mission-nya. Belajar online jadi makin semangat.

      Delete
  27. makin suka sama Ruangguru ini ya mbak
    Nggak hanya membantu anak memahami pelajaran, tapi juga bisa membantu anak tahu pilihan karirnya karena ada tes bakat minat juga
    komplit deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benaaaaar :D Ada konseling dan tambah pengetahuan tentang karirnya kelak.

      Delete
  28. App ruang guru ini bagus dan inovatif banget. Salah satu fitur yg paling kusuka yaitu ruang belajar, jd anak anak bisa terbantu proses belajar nya dj rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiiii, mbak. Ruangbelajar tuh inovatif banget di zaman sekarang ini.

      Delete
  29. Senang sekali, inovasi terbaik aplikasi karya anak bangsa, Ruangbelajar dari ruangguru.
    Semoga ini bisa menjadi solusi saat anak-anak tidak memahami materi di sekolah dan orangtua bisa bantu dengan berlangganan ruangguru. Sebenernya yaa.. Aku juga pakai ruangguru kemarin kak... Untuk membantu anakku belajar menghadapi ujian akhir semester yang materinya banyaaak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga nyangkan banget ya pendiri Ruangguru ini adalah anak bangsa yang hebat. Semoga bisa membantu anak2 kita lebih baik lagi memahami materi pelajaran sekolah ya aamiin.

      Delete
  30. Ruangbelajar dari Ruangguru ini ngebantu banget orang tua yang nggak mampu nemenin anaknya belajar selama PJJ. Banyak drama selama PJJ jadi hilang deh kalo anaknya gabung di Ruangguru gini ya mbak Nurul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dramanya berkurang ya sejak hadirnya Ruangguru ini hehehe :D

      Delete
  31. Entah pandemi sampai kapan ya mbak. Anakku juga kadang bosen PJJ terus. Untung ada Ruangbelajar yang bisa membantu anak-anak kita. Pet Mission ini buat yang suka ngegame bakal jadi kegiatan menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng ya ada pet mission ini, bisa menjadi hiburan saat belajar online :D

      Delete
  32. Fitur barunya banyak dan berguna banget ya mba.. saya jadi ingat dul wakt sekolah suka terbantu dengan adanya bank soal. jadinya kalau ruangguru punya fitur bagus dan bank soal yang banyak bisa bantu anak membahas pelajaran ya..

    Orang tua juga jadi terbantu pastinya dengan adanya ruangguru ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada bank soal dan anak bisa juga bertanya langsung pada tutornya :D

      Delete
  33. Membantu banget sih apliasi belajar online ya mbk, terlebih fiturnya lengkap banget dan terjangkau pula

    ReplyDelete
  34. Perlu banget adanya bimbel online buat anak-anak yang belajar pjj karena kadang gurumya pun masih kurang jelas belajarnya. Ruang guru nih solusi yang tepat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah ada solusi belajar online bimbel dari Ruangguru ini ya :)

      Delete
  35. wah sebentar lagi udah ada yang mahasiswi dong ya mbak?

    setuju mbak, sekarang anak - anak mesti ikut bimbel untuk melatih ketangkasan mereka dalam menjawab

    karena saingan mereka rata rata ikut bimbel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hehehe :) Makanya anakku itu udah siap2 :)

      Delete
  36. Ruang guru merupakan bimbingan belajar online, dengan mengikuti bimbel anak lebih terarah dalam menyelesaikan tugas PR sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bun. Alhamdulillaah berkat Ruangbelajar ini anak2 terbantu deh.

      Delete
  37. Wah siswa2ku banyak nih yang ikut kursus di ruang guru, katanya penjelasan dan materinya oke buat tambahan belajar. Makasih ruang guru Indonesia.

    ReplyDelete
  38. Di tengah situasi dan kondisi Pandemi seperti sekarang, platform belajar online ngebantu banget sih untuk menambah pengetahuan juga keterampilan
    Dan bisa dibilang ruang guru ini cukup banyak yg merekomendasikan. Selain itu saat ini produk nya juga banyak dan bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai pionir belajar online, Ruangguru memang sangat berkualitas dan harga terjangkau juga ya.

      Delete
  39. Lengkap banget ya fiturnya ruang belajar ini, sampai ada Pet Mission juga. memfasilitasi anak yang suka main game. Tapi gamenya di sini ada muatan edukatifnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya donk "D Ada game seru biar anak2 ga bosan belajarnya hehehe :D

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.