Subscribe!

Memulai dan menikmati sebuah kehidupan baru yang lebih modern, mandiri dan bebas merupakan sebuah kesempatan yang akan kita dapatkan ketika pindah ke apartemen. Sebelum pindah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kepindahan kita berjalan lancar. Kali ini aku mau berbagi tips pindah ke apartemen secara mudah dan efisien. 

 

 

Tips Pindah ke Apartemen Mudah dan Efisien Nurul Sufitri Review Travel Lifestyle Blog

 

Tahu ga sih teman-teman, ternyata proses pindah ke apartemen terkadang akan menemui berbagai tantangan yang menyebalkan lho. Oleh karena itu kalian perlu memiliki beberapa solusi yang sudah dipersiapkan supaya kepindahan kalian berjalan dengan mudah dan efisien. 

 

Beberapa tips pindah ke apartemen ini bisa kita terapkan untuk menyederhanakan kepindahan agar praktis, ga bikin pusing pala berbi. Penasaran kan? 😀 Yuk, kita simak bersama langkah-langkah apa saja yang dapat mendukung kepindahan dan merubah apartemen baru menjadi hunian yang nyaman dan menyenangkan. 

 

Tips Pindah ke Apartemen dengan Mudah dan Efisien 

Sortir Barang-Barang 

Saat kita sudah memiliki apartemen yang ideal untuk ditempati, sortir barang-barang. Hal pertama yang perlu kita ketahui adalah kecukupan ruang yang tersedia. Kita juga mesti tahu barang-barang apa saja sih yang bakal dibutuhkan dan mana yang tidak. 

 

Pilih satu per satu semua barang yang kita miliki. Pisahkan barang lama yang mungkin sudah tidak dibutuhkan lagi seperti benda duplikat, barang yang sudah rusak, dan barang yang tidak bisa digunakan di hunian baru. Jangan lupa untuk membuat data terperinci dari semua barang yang akan dibawa ke apartemen baru agar tidak ada yang ketinggalan nantinya. 

 

Benda-benda yang kondisinya masih baik bisa kita jual atau disumbangkan kepada orang yang membutuhkan. Adapun berang-barang yang sudah rusak atau tak terpakai lagi, dapat kita daur ulang. Dengan demikinan kita turut membantu meminimalisasi sampah, sehingga lingkungan semakin bersih dan asri. 

 

Kemasi Barang-barang dengan Efisien 

Tips pindah ke apartemen selanjutnya adalah dengan mengemasi barang-barang berguna yang telah kita sortir sebelumnya. Pastikan semua barang dikemas dengan aman dan efisien sehingga barang-barang tiba dengan utuh di apartemen. Kalian masih bingung? Aku beri tips ya, berikut cara mengemasi barang-barang saat pindah ke apartemen: 

  • Mulai berkemas sedini mungkin 
  • Pastikan untuk melihat daftar barang yang diperlukan agar tidak ada yang terlupa 
  • Kemasi barang mudah pecah dan berharga secara hati-hati dan masukkan ke kotak atau dus terpisah 
  • Kunci kotak-kotak barang dengan benar dan jangan lupa diberi label dengan jelas 
  • Menggunakan jasa pengantar barang yang profesional 

 

Menunda-nunda pengemasan barang-barang adalah hal kecil yang dapat berakhir menjadi masalah besar nantinya. Jadi agar kepindahan kita dapat berjalan dengan lancar, pastikan semua yang diperlukan dilakukan sesuai dengan jadwal kepindahan. 

 

Jangan menunda mengemas barang, menangani dokumen yang diperlukan, dan memesan jasa pindahan. Membuat catatan apa yang perlu dilakukan secara terperinci dapat membantu kita untuk berada di jalur waktu yang tepat. 

 

Tips Pindah ke Apartemen Mudah dan Efisien Nurul Sufitri Review Travel Lifestyle Blog
Apartemen Popular (Foto: Jendela360)
 

Pahami Peraturan yang Ada 

Sebelum pindah ke apartemen baru, kita harus mengetahui peraturan apa saja yang diterapkan oleh manajemen gedung. Jangan coba-coba melanggarnya ya, supaya kita merasa aman dan nyaman. Peraturan tentang keselamatan, kebersihan, dan privasi sesama penghuni harus dipatuhi dengan benar. 

 

Ada pula beberapa peraturan lain yang terkadang diterapkan oleh pengelola apartemen, misalnya menggunakan elevator barang saat membawa barang-barang atau membayar biaya parkir truk pindahan. Tak perlu iseng memasukkan barang ke dalam lift penghuni apartemen, yang seharusnya berada di lift khusus barang. 

 

Kenalilah Lingkungan dan Komunitas Baru 

Tips pindah ke apartemen baru yang tidak kalah penting adalah untuk memahami lingkungan, tetangga dan komunitas di hunian baru. Semakin cepat kita beradaptasi dan menerima gaya hidup di sana, maka semakin cepat juga kita merasa nyaman dengan tempat tinggal baru. 

 

Tips Pindah ke Apartemen Mudah dan Efisien Nurul Sufitri Review Travel Lifestyle Blog
Fasilitas Kolam Renang di Apartemen (Foto: Jendela360)
 

Jangan ragu dan sungkan menjelajahi lingkungan sekitar dan menyapa orang-orang yang tinggal di sebelah kiri dan kanan unit apartemen. Kita juga mungkin bisa ikut bergabung dengan komunitas-komunitas yang ada di sana. 

 

Siapkan Apartemen Barumu Terlebih Dahulu 

Tips terakhir pindah ke apartemen baru adalah memastikan terlebih dahulu bahwa hunian baru kita telah benar-benar siap untuk ditempati dan diisi dengan barang-barang bawaan. Jika ada perbaikan maupun renovasi yang diperlukan, selesaikan saja. Jangan ditunda-tunda urusan penting seperti mengecat ulang dinding, langit-langit dan sebagainya. 

 

Tips Pindah ke Apartemen Mudah dan Efisien Nurul Sufitri Review Travel Lifestyle Blog
Living Room (Foto: Jendela360)

Tips Pindah ke Apartemen Mudah dan Efisien Nurul Sufitri Review Travel Lifestyle Blog
Kamar Tidur (Foto: Jendela360)
 

Kemudian pastikan semua utilitas penting yang menyangkut kepindahan kita berjalan dengan baik, seperti listrik, gas dan air. Tentunya kita tidak mau dong dapat masalah yang merepotkan terutama ketika pindah di hari pertama. 

 

Bersihkan apartemen secara menyeluruh. Hal ini dapat mempermudah ketika membawa masuk semua barang dan perabotan kepindahan kita.. Selain itu apartemen juga akan terlihat lebih menarik karena kebersihannya. 

 

Pastikan juga kepindahan ke apartemen baru sesuai dengan gaya hidup dan anggaran yang kita miliki. Tak jarang hal-hal kecil bisa menjadi masalah besar apabila solusi sulit dicapai. Kebanyakan hal yang disesali oleh penghuni baru apartemen adalah: 

  • Lingkungan apartemen yang buruk 
  • Tidak memiliki akses ke fasilitas yang diinginkan 
  • Pilihan transportasi yang tidak memadai 
  • Tetangga yang tidak bersahabat 

 

Jangan lupa untuk memastikan keamanan apartemen juga, seperti memeriksa atau mengganti kunci pintu, memasang detektor asap dan memiliki beberapa alat pemadam kebakaran yang berfungsi dengan baik. 

 

Tips Pindah ke Apartemen Mudah dan Efisien Nurul Sufitri Review Travel Lifestyle Blog
Star Listing Unit (Foto: Jendela360)

Tips Pindah ke Apartemen Mudah dan Efisien Nurul Sufitri Review Travel Lifestyle Blog
Apartemen dengan Kolam Renang Cantik (Foto: Jendela360)

 

Teman-teman masih bingung mendapatkan apartemen yang ideal sesuai dengan keinginan? Jangan khawatir, kalian bisa langsung mampir ke situs Jendela360 yang menawarkan solusi sewa apartemen murah dengan kualitas terbaik. Sudah tahu belum, di Jendela360 pembayarannya bisa menggunakan cicilan 0% sebanyak 12 kali, loh! 

 

Selain itu kita bisa mencari apartemen bulanan yang sesuai dengan lokasi, luas, dan anggaran harga sewa yang kita siapkan. Di Jendela360 juga terdapat ribuan listing apartemen yang siap dikunjungi tanpa perlu kalian datangi secara langsung, karena tersedia fitur 360 virtual tour. Jadi, teman-teman mau pilih apartemen mana, nih? 😄

 

 

 

80 comments:

  1. Apertemen memang jadi solusi alternatif untuk kita yang hidup di wilayah urban yang padat pendudduk. Faktor privasi dan kenyamanan penghuninya jadi indikator pertama untuk menyewah apertemen murah. Selain itu, faktor kemanan pun penting.

    Nah banyak apertemen murah namun yang tepat itu seperti apa? ulasan teh Nurul ini jadi opsi untuk memilih mana yang tepat untuk dihuni, terima kasih banyak teh, ulasan ini jadi solusi alternatif di tengah pandemi covid 19. Faktor jaga jarak itu penting, namun bagimana dengan kondisi pemukiman yang padat penduduk, apertemen salah satu solusinya... keren teh mantap.

    Bermanfaat dan informatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Pak Guru Martin, apa kabar? Waah, iya bener banget, pilih apartemen ternyata ga semudah itu ya. Banyak faktor ini-itu dan kudu sesuai sama kantong kita hehehe :D Sip, sama2. Makasih udah mampir lagi :D

      Delete
    2. sama - sama teh, sukses selalu ya. tetap semangat

      Delete
  2. Sekarang apartemen menjadi salah satu pilihan para generasi. Di beberapa tempat memang sudah banyak ada apartemen sebagai pilihannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berbagai generasi malah ga sedikit sejak dulu ya mas? Sekarang orang2 milenial menciptakan apartemen yang kekinian yang serba modern dan dinamis :D

      Delete
  3. tinggal di sebuah apartement sebagai tempat staycation memang bisa menjadi solusi yang bagus, selain banyak bonus-bonus yang mungkin bisa kita dapatkan juga kita bisa menikmati liburan bersama keluarga di tempat yang baru. Tapi kadang untuk memilih apartment yang murah, dan mudah mencarinya kadang suka bingung yang slotnya masih kosong dimana. Tapi untungnya ada Jendela360 ini ya ka, jadi milih apartment impian bisa langsung kesana.. Jadi gak perlu khawatir dan bingung lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuuuul :) Ada virtual tour soalnya memudahkan calon penghuni untuk lihat2 dulu jarak jauh kan. Biar bisa disesuaikan dg budget dll jadi nyaman deh tinggal di apartemen pilihan :D

      Delete
  4. Tinggal di apatemen yang seperti ini nyaman banget, kolam renangnya itu bikin betah berlama-lama di air. Mengetahui lingkungan sebelum pindah memang penting, jangan sampai dapat lingkungan yang buruk, fasilitas jelek, dan tetangga yang "mean".
    Bermanfaat banget tips nya mbak.
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sama2 :) Kudu jeli merhatiin semua aspek, supaya kita bisa nyaman tinggal di apartemen pilihan.

      Delete
  5. Suamiku beli apartm hanya utk disewain, dia ga pengen tinggal di situ. Sementara aku paling suka, Krn buatku apartm itu LBH menjaga privacy. Ga harus beramah tamah selalu Ama tetangga kayak di perumahan. Krn aku tipe yg ga terlalu suka sosialisasi Ama tetangga mba.

    Makanya apartm LBH pas buatku. Tapi ya gimana, suami LBH milih tinggal di perumahan. Dia justru supel soalnya, seneng hidup bertetangga :D.

    Dulu pas mau nyewain apartm, kayaknya suami cm sempet masukin ke 1 perantara dan lgs dapet. Sampe skr si penyewa masih perpanjang trus sewa nya. Jd kami blm ada promosiin lagi di website2 penyewaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh begitu hehehe...jadi kontras ya mbak Fanny dan suami? Ga apa2 kan apartemennya laku disewain malah jadi dapat hasilnya mayan deh. Di apartemen kita juga bisa sih punya tetangga yang enak, tergantuk kita dan sikonnya hehehe :D

      Delete
  6. Ya paling enak itu kalo pindahan rumah, siapin dulu rumah yang akan ditempati lalu siap gudang dua biji. Ini pengalaman ibuku yang sering banget pindah rumah!

    Seumur hidup aku pindah rumah itu sampe .... 17 atau 18 kali!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, banyak banget ya pindah rumahnya. Kalau pindah apartemen udah pernah belum?

      Delete
  7. Baca ini jadi inget waktu pindahan. Penting banget sortir barang barang, terus pastikan juga mengelompokkan barang, jangan asal masukin di kardus. Pening euy nantinya.. Sepertinya asik banget ya tinggal di apartemen, apalagi kalo fasilitasnya komplit. Makin betah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih nama di karung atau dus2 biar tau isinya :) Iya, fasilitas lengkap paling penting deh dan lokasinya.

      Delete
  8. Tinggal di apartemen memang sangat nyaman karena segala fasilitas dekat dan mudah dijangkau, tidak hanya pindahan ke apartemen saja yang penuh persiapan tapi pindah rumah juga butuh persiapan yang hampir sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul :) Mesti dipersiapkan matang2 ya semua agar pindahan berjalan lancar.

      Delete
  9. Bener bener.. poin terakhir tuh justru yang paling utama diperhatikan ya, rul. Kadang kita dah pindah ternyata dapat kabar apartemennya punya lingkungan buruk. Macam psk, pembunuhan, dll. Ngeri kalau salah2 milih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget, mbak Ade :) Dikeker2 dulu yang pasti bakalan ditempati kayak apa situasi dan kondisinya.

      Delete
  10. Aku pernah tinggal di apartemen, lebih praktis karena kalo mau apa-apa tinggal turun ke lantai bawah. Hihi. Aku baru tau nih tentang jendela360, kalo mau nyari apartemen bisa via webnya berarti yaaa

    ReplyDelete
  11. Menunda-nunda pengemasan barang-barang adalah hal kecil yang dapat berakhir menjadi masalah besar nantinya. Jadi agar kepindahan kita dapat berjalan dengan lancar, pastikan semua yang diperlukan dilakukan sesuai dengan jadwal kepindahan. =====> Ini yang aku acap kali abai, padahal aku tuh kerap banget pindah kontrakan. Saking kerapnya, malah selalu abai. Lelaaaah. Hahahaha ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betttuuuuul banget mbak. Makanya berbebah muali dari yang kecil dan mudah hihihihihi :D

      Delete
  12. Wah benar nih, persiapan pindah ke apartemen pasti berbeda dengan pindah rumah mengingat hunian ini vertikal dan bukan rumah tapak. Jadi mesti perlu persiapan khusus.
    Btw, foto-foto apartemen di artikel ini bikin mupeng nih...Jendela 360 ternyata memudahkan urusan sewa apartemen kita plus ada kemudahan dan efisiensi saat pindahnya yaa karena ada virtual tour sebagai bayangan tempatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Dian, ada tantangan tersendiri. Bagus2 ya apartemennya hehehe.

      Delete
  13. ujung ujungnya nawarin apartemen sih wkwkwk

    tapi makasi lho tips info nya, memang kalo mau pindahan kudu punya plan yang bener, ga boleh dadakan

    ReplyDelete
  14. Yang utama siapkan apartemen nya dulu ya mbak, udah nyortir barang yang diperlukan, udah dimasukkan ke kardus atau tas, eh pas berangkat malah tidak ada apartemennya.🤣

    Memang kalo tinggal di apartemen kelihatannya enak, tapi harus bisa membaur dengan komunitas agar lebih nyaman ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa hahahaha :D Biasanya apartemen lebih individualistis tapi ga menutup kemungkinan bersosialisasi dengan menyenangkan juga bisa :D

      Delete
    2. makanya buruan mas agus, segera booking apartemennya mumpung belum kehabisan haha

      Delete
    3. Wkwkwkwkwkwk... Mas Agus biasanya CS-an sama Satrio nih mikir dulu pilihan apartemennya mau kayak gimana :D

      Delete
  15. menarik nih, ada fasilitas virtual tour di jendela360, jadi nggak perlu repot keluar rumah dan menengok beberapa apartemen sebelum memutuskan mana yang akan ditinggali. Hemat waktu, tenaga dan uang. Cukup modal kuota aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, praktis jadinya ga perlu tanag langsung hehehe :D

      Delete
  16. di tempat yg penduduk nya udah padet, apartemen emang jadi solusi sih
    tapi kalo di kotaku, alhamdulillah lahan masih banyak tersedia, apartemen belum banyak dan belum terlalu diminati. Adanya di kampusku, apartemen mahasiswa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apartemen menjamur di perkotaan dan memang banyak dibutuhkan masyarakat modern :)

      Delete
    2. Tapi lama lama Palembang juga penuh dan harga tanah nanti mahal lho mas Dodo, ayo buruan beli apartemen.😁

      Delete
    3. Iyaaa tuh, apartemen di kota2 besar di Indonesia banyak peminatnya, apalagi lokasinya strategis hhmm...laris.

      Delete
  17. Pas di apartemen dulu aku sewa apart yang full furnished jadi barangnya cuma bawa baju dan barang pribadi, tapi itupun sangat repot padahal cuma pindah unit. Sayangnya dulu gak ada jasa angkut pindah barang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya zaman now udah ada jasa angkut2 barang buat yang mau pindahan gitu ya mbak.

      Delete
  18. Aku pernah mba bantuin teman yg pindah apartment waktu Blum nikah.. kalau dia enak udah lengkap sama furniture nya tinggal bawa baju dn alat2 masak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya apartemen yang fully furnished yaa lebih praktis, yg penting siapin budget-nya hihihi :D

      Delete
  19. Menunda pengemasan barang kesannya kecil padahal bisa berantakan semua ya kalau gak segera dilakukan. Aku pingin juga mbak tinggal di apartemen :) Ternyata banyak yg harus disiapkan ya sebelum pindah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, apalagi barang2 perintilan hahaha makanyya kudu dipersiapkan secara detail.

      Delete
  20. Pastinya perlu persiapan matang kalau mau ada rencana pindah rumah ya. Apalagi kalau biasanya udah tinggal di perumahan, lalu mau pindah ke apartemen, pasti lebih banyak persiapannya. Terutama soal banyaknya barang, harus disortir lagi ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pindah apartemen juga ga kalah ribetnya. Tapi kalo udah beres happy banget pastinya :D

      Delete
  21. Iya juga ya pastinya ada tata cara sendiri kalau pindahan ke apartemen

    ReplyDelete
  22. Aku pikir kalau sewa apartemen gak boleh di re-design...
    Ternyata boleh yaa..
    Tampak nyaman sekali hunian simple dan nyaman di apartemen.

    ReplyDelete
  23. Jangankan tinggal, nginap di apartemen aja belum pernah. Jadi penasaran pengen tinggal di apartemen gini, seru kali ya? apalagi kalau ada fasilitas kolam renangnya juga.

    ReplyDelete
  24. Belum pernah nyobain tinggal di apartemen, kayaknya seru juga ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruu donk :) Nginep beberapa malam juga asyik, apalagi kalo ada kolam renang yang bagus dan luas :D

      Delete
  25. Pernah tinggal di apartemen selama 2 tahun. Memang nggak bisa bawa barang banyak sih karena rata-rata apartemen tuh nggak luas. Jadi harus pinter-pinter memilah barang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya mbak? Bener, ada yg mesti tega ditinggal juga barang2 kita ya hehehe :D

      Delete
  26. aku baru baca chicken soup tentang lebih sedikit lebih bahagia, bercerita tentang kepindahan sepasang suami istri ke apartemen, dan sama seperti tipsnya mbak nurul, mereka hanya membawa barang yang dibutuhkan saja. tinggal diapartemen membuat mereka lebih bahagia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Liza. Ternyata yang sedikit itu bisa juga bikin hepi, ga mesti banyak dan terlalu wah :D

      Delete
  27. Kalau pindah dari rumah besar ke apartemen kudu sortir banyak barang ya seperti nya. Iya bawaan juga harus diangkut melalui lift. Apakah ada troli khusus atau ga ya biasanya? Hmm, benar2 perlu dipikirkan sepertinya. Tapi kalau barangnya sedikit sih santai saja. Apalagi kalau ada apartemen yg sudah terisi sekalian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boasanya ada lift khusus barang, tapi yergantung apartemennya juga sih. Enaknya yang udah ada perabotnya, kita tinggal bawa diri 😁😍

      Delete
  28. Terima kasih tipsnya mbaaaaa. Kebetulan suami per Januari nanti ada rencana pindah ke apartemen saja di Surabaya. Soalnya istri dan anak-anaknya sementara stay di Bekasi dulu. Sayang kalo suami melanjutkan sewa rumah di sana. Rempong ngurus dan ngebersihinnya. Kalo apartemen kan lebih simpel dan small.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 :) Bener banget mbak. Selamat pindahan buat suaminya hehehe :) Good luck.

      Delete
  29. Ada nih beauty influencer paporitku teh @HenyHarun yg lagi pindah2 tempat tinggal, karena apartmennya lagi renovasi.
    Dia sering bikin IG story karena serempoooong ituuuh, ternyataaa kalo mbahas serba/i pindah apartmen
    tapi klo pakai Jendela360, segalanya lebih gampiiill ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kita bisa lihat2 apartemennya secara virtual biar ga rempong banget 😊

      Delete
  30. pernah dulu tinggal di apartement pas single (belum menikah) selama 1 tahun.. lebih simple dan praktis sih tggal di apart,,,hm klo untuk keluarga tentunya hrs dipikirkan fasilitas penunjangnnya ..hmm sama lantainya. Saya lebih milih unit lantai dasar klo jaman now hehe (udh takut tinggi2 lantainya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yaaa? Iya ya lantai dasar enak cepet mau ke mana atau ngapain aja 😊

      Delete
  31. Saya lagi mempertimbangkan ambil apartemen biar ga ribet nih
    Pas pisan baca tulisannya Mbak Nurul. Terimakasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, sama2. Semoga mbak dapat apartemen idaman ya.

      Delete
  32. Enaknya sewa apartemen itu kalau misal cuma tinggal sebentar sekitar 1-3 bulan untuk dinas. Jadi gak perlu beli2 peralatan lagi kan ya ufah lengkap biasanya

    ReplyDelete
  33. Boleh juga nih tipsnya Mbak. Pasti nyaman dan enak banget nih kalau bisa pindah ke apartemen. Mau cari apartemen sekarang juga nggak susah ya bisa cari di situs jendela360 aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, bisa lihat2 apartemen secara virtual :)

      Delete
  34. Jendela 360 adalah solusi untuk mencari apartemen yang sesuai keinginan ya mbak. Boleh nih aku rekomendasikan ke teman-teman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip2 semoga berjodoh dengan apartemen yang diinginkan.

      Delete
  35. Terima kasih tipsnya mba. Sortir barang sangat perlu supaya nggak kebanyakan barangnya dibawa nanti saat pindah ke apartemen

    ReplyDelete
  36. Pengen pindah ke apartemen juga. Namun sayang apartemennya belum ada wkwk.

    ReplyDelete
  37. Sortir barang emang perlu banget saat memutuskan pindah ke apartemen, dipilah sesuai kebutuhan. Biar nyaman aja gitu, ga sumpek kebanyakan barang soalnya kan ruangnya juga terbatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali... mauny diangkut semua ya apalagi barang2 penuh memori 😂

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.