Daftar Isi [Tampilkan]

Sudah tahu belum, Hari Kebersihan Menstruasi diperingati setiap tanggal 28 Mei? Tak sedikit perempuan remaja maupun dewasa yang masih bingung mitos dan fakta tentang datang bulan ini. Stigma dan norma sosial negatif soal menstruasi yang masih dianggap tabu di masyarakat pun perlu diluruskan agar kita semua dapat memahaminya. 

 

Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Organ Kewanitaan Miss V Saat Menstruasi

 
Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Organ Kewanitaan Miss V Saat Menstruasi
Bersih dan Sehat Saat Menstruasi Itu Penting!
  
Anak gadisku, Rafa, pertama kali haid saat ia duduk di kelas 6 SD ketika mandi pagi menjelang ujian hari pertama. Panik? Tentu ga, alhamdulillaah. Karena aku sudah mengajak si sulung ini mengobrol santai tentang menstruasi. Sering aku ingatkan untuk siap sedia di tasnya, pembalut dan pakaian dalam untuk jaga-jaga.

Banyak teman Rafa yang sudah menstruasi terlebih dahulu, malah ada yang sejak duduk di kelas 4 dan 5 sudah mengalaminya. Ternyata tiap perempuan memiliki perbedaan tanda-tanda mau haid. Ada yang merasa sakit kepala, sakit perut, timbul banyak jerawat dan sebagainya. Ada juga yang merasa perut kembung dan suka marah-marah, tahu-tahu darah sudah keluar sedikit seperti pipis.

Bahkan pernah ada seorang teman kuliahku dulu, setiap menstruasi ia bisa sakit hingga pingsan saking terlalu banyak perdarahan di 3 hari pertama. Zaman sekolah SD dan SMP dulu, anak laki-laki suka meledek teman perempuan yang darah haidnya bocor hingga terlihat di rok, sehingga menyebutnya ‘Bendera Jepang’. Wah, kacau ya! 😟

Hari Kebersihan Menstruasi

Dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi, Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia menyelenggarakan Webinar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’. Mundipharma Indonesia juga meluncurkan kampanye #YangIdeal yaitu kampanye edukatif yang mengajak perempuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan dengan cara yang tepat  dan sesuai kebutuhan. 

 
Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Vagina Miss V Organ Kewanitaan Saat Menstruasi
Para Narasumber Webinar

Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Vagina Miss V Organ Kewanitaan Saat Menstruasi
Mengikuti Webinar 'Sehat dan Bersih Saat Menstruasi'
 

Tujuan Webinar dan Narasumber

Tujuan diadakannya webinar tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman perempuan mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). Online event yang diikuti oleh 1.000 perempuan Indonesia ini dibawakan oleh Novita Angie, dengan para narasumber sebagai berikut:

  1. dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.
  2. Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG (K), MPH selaku Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 
  3. Anna Surti Ariani S.Psi., M.Si selaku Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta. 
  4. Mada Shinta Dewi selaku Country Manager Mundipharma Indonesia.  
Teman-teman sudah ada yang tahu tentang kesehatan dan kebersihan menstruasi, belum? Yuk, simak bersama supaya kita lebih paham dan bisa membagikan informasi menstruasi pada orang lain dengan cara yang tepat! Foto-foto yang ditampilkan di artikel ini berasal dari slide presentasi para narasumber webinar ya 😊

Pengertian Menstruasi

Berikut adalah uraian perihal menstruasi dari Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH. Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah terjadinya perdarahan dari organ intim perempuan selama beberapa hari (3-7 hari) dalam satu periode setiap bulannya, setiap 28 atau 21-35 hari. Kondisi ini normal terjadi pada seorang perempuan. Ini merupakan tanda bahwa perempuan sudah siap untuk bereproduksi/ memiliki anak. 

Haid didahului oleh proses matangnya sel telur yang siap dibuahi. Darah menstruasi sebenarnya lapisan dalam rongga rahim yang dipersiapkan sebagai tempat menempel sel telur yang sudah dibuahi, selanjutnya akan berkembang menjadi janin. 

 

Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Vagina Miss V Organ Kewanitaan Saat Menstruasi
Tentang Menstruasi
 

 
Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Vagina Miss V Organ Kewanitaan Saat Menstruasi
Tentang PMS, Fakta dan Mitos Menstruasi

Gejala-Gejala yang Terjadi Selama Menstruasi

Perempuan akan mengalami perubahan pada kadar hormon pada tubuhnya ketika mengalami siklus menstruasi. Kondisi ini dapat memengaruhi banyak hal secara fisik dan emosi yang timbul beberapa hari sebelum proses keluar darah dari organ intim terjadi, biasa disebut premenstrual syndrome (PMS).  

Gejala yang pasti terjadi saat menstruasi adalah pendarahan yang disertai dengan tanda-tanda tambahan yang dapat dirasakan, seperti sakit kepala, jerawat, kembung, nyeri di perut bagian bawah, kelelahan, gatal-gatal pada kulit, perubahan mood, jerawat yang bermunculan, mengidam makanan, keputihan, nyeri payudara, dan diare. Ketidakseimbangan bakteri baik pada area kewanitaan dapat menyebabkan beberapa masalah seperti gatal, bau tak sedap vagina dan keputihan. 

Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM)

  1. Pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi. 
  2. Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dapat diganti sesering mungkin selama periode menstruasi.
  3. Perempuan memiliki akses untuk pembuangannya, serta  dapat mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi yang terjaga.

Masalah Kesehatan Akibat Penjagaan Kebersihan yang Buruk di Masa Menstruasi 

  1. Infeksi saluran reproduksi, infeksi saluran kemih, infeksi jamur dan peningkatan risiko kanker serviks.
  2. Kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya manajemen kebersihan selama periode menstruasi masih sangat rendah. 
  3. 1 dari 2 anak perempuan tidak tahu apa yang harus dilakukan saat mengalami menstruasi untuk pertama kalinya. 
  4. 1 dari 3 anak perempuan mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut. 
  5. 1 dari 3 Anak perempuan mengganti pembalutnya setiap 4 –12 jam. Sisanya mengganti pembalut 2 kali sehari. 

Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Vagina Miss V Organ Kewanitaan Saat Menstruasi
Manajemen Kebersihan Menstruasi
 

Cara Menjaga Kebersihan Masa Menstruasi

  1. Cuci bersih pembalut yang sudah dipakai dan masukan ke dalam kantong plastik. 
  2. Buanglah pembalut yang sudah dipakai ke tempat sampah. Apabila menggunakan pembalut cuci ulang, cuci pembalut tersebut setelah digunakan. 
  3. Pembalut sebaiknya diganti setiap 4-5 jam sekali. 
  4. Mandi 2 kali sehari untuk menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh. 
  5. Selalu cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah mengganti pembalut. 
  6. Gunakan air yang bersih saat membersihkan vagina. Perhatikan arahnya, dari depan ke belakang, jangan sebaliknya. 
  7. Bila menggunakan cairan pembersih vagina, sedapat mungkin sesuai dengan pH normal vagina.
  8. Gunakan pembalut yang bersih dan ganti pembalut secara berkala minimal 4 jam sekali
  9. Vaginitis dapat terjadi bila kebersihan vagina saat menstruasi tidak terjaga. Vaginasis bakterialis adalah infeksi vagina yang disebabkan oleh terganggunya keseimbangan jumlah bakteri alami (flora normal) di dalam vagina. Bukan merupakan kondisi berbahaya, tetapi dapat menimbulkan gejala yang menganggu, seperti keputihan dan gatal. 
  10. Kandidosisvulvo vaginitis adalah infeksi saluran reproduksi wanita yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Penyakit ini dapat menyebabkan rasa gatal ekstrem dan pembengkakan pada vagina dan vulva serta keputihan yang menggumpal.
  11. Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan kondisi organ sistem/saluran kemih, seperti ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi. ISK dapat memberikan gejala yang beragam, mulai dari demam, sakitdi perut dan panggul, nyeri saat buang air kecil, muncul dalam dari urine dan lain sebagainya.

Peran Ibu untuk Edukasi Anak Perempuan tentang Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psikolog mengungkapkan, "Mengapa seorang ibu sulit bicara soal menstruasi kepada anaknya?". Konon, obrolan tentang menstruasi dulu dianggap tabu. Sang ibu jadi bingung, dari mana memulai pembicaraannya. Apalagi jika ibu pun kurang pengetahuan dan pengalaman, bisa jadi si anak perempuan juga ragu akan kemampuan ibunya tentang penjelasan datang bulan tersebut.

Menurut data DITPSD 2017, lebih dari 90% anak-anak perempuan percaya kepada orang tua dan guru sebagai sumber informasi. Selain itu, teman, saudara perempuan, petugas kesehatan juga menjadi andalan. Seiring terjadinya perubahan zaman dan teknologi, kini segala informasi tentang mestruasi dan kebersihan area kewanitaan dapat diperoleh dari berbagai media dan internet. 

 
Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Vagina Miss V Organ Kewanitaan Saat Menstruasi
Bicarakan Tentang Menstruasi Bersama Keluarga

Apa efeknya jika hal menstruasi tidak dibicarakan? Aka terjadi emosi negatif seperti marah, takut, cemas, malu dan sebagainya. Selain itu ada ketidaksiapan menghadapai menarke (Siklus menstruasi pertama) dan kesalahpahaman tentang menstruasi.

Sebaliknya, ada efek positif jika hal menstruasi dibicarakan dengan anak, misalnya kesehatan reproduksi remaja menjadi lebih baik. Menunda hubungan seksual pertama. Mengurangi risiko masalah kesehatan mental terkait seksualitas dan relasi ibu dan remaja menjadi dekat.

 

Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Vagina Miss V Organ Kewanitaan Saat Menstruasi
Hal-Hal Menstruasi yang Dibicarakan Ibu dan Pihak Lain Kepada Anak Perempuan juga Laki-Laki
 

Pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan biasanya adalah sebagai berikut:

  • Bagaimana menstruasi bisa terjadi?
  • Mengapa laki-laki tidak menstruasi? 
  • Apa tanda-tanda menstruasi?
  • Berapa lama menstruasi?
  • Apa beda pembalut bersayap dengan yang tidak bersayap?
  • Apakah menstruasi dan keputihan itu sama? 
  • Mengapa saat menstruasi badan lebih mudah capek dan kita mudah marah? 
  • Kapan perempuan berhenti menstruasi? 

Tips Bicara Tentang Menstruasi Pada Anak

  1. Ibu adalah orang yang paling diharapkan oleh anak perempuan untuk memberikan sumber informasi tentang menstruasi. Seorang ibu sebaiknya mempelajari cara berkomunikasi dan memiliki pemahaman yang tepat terutama mitos dan fakta menstruasi.  
  2. Obrolan tentang menstruasi bukanlah tabu. Hal ini penting dilakukan agar dapat meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan generasi penerus bangsa. 
  3. Lakukan berulang kali. Topik menstruasi tak cukup dibicarakan satu kali pertemuan saja, melainkan sejak ada tanda-tanda awal pubertas atau sebelumnya. 
  4. Bersikap positif mengenai isu-isu pubertas termasuk menstruasi yang bisa merupakan tema yang sensitif bagi remaja.
  5. Banyak bertanya dan berdiskusi. Lebih baik banyak bertanya dan mendengarkan jawaban remaja, dibandingkan banyak menceramahi/ menasihati. Ibu bisa berbagi pengalaman pribadi secara positif. 
  6. Jika tak siap menjawab pertanyaan anak, katakan butuh waktu berpikir dulu. Setelahnya cari informasi dan jawablah. 
  7. Jelaskan secara kongkrit. 
  8. Gunakan gambar anatomi tubuh sederhana sembari menjelaskan. Tunjukkan pembalut dan ajari cara menggunakannya. Dapat dilakukan dengan games, misalnya Menstrual Maze.
  9. Jelaskan juga kepada anak laki-laki. Mengapa anak laki-laki harus tahu tentang menstruasi? Hal ini bertujuan supaya ia dapat lebih menghargai dan memahami perempuan. Anak laki-laki diharapkan tidak mengejek atau mempermalukan anak perempuan yang sedang menstruasi, namun dapat membantu. Bantuan misalnya dengan ikut menutupi teman perempuan yang mengalami ‘bocor menstruasi di roknya’. Contoh bantuan lain misalnya membawakan minuman hangat untuk teman yang lesu karena menstruasi.

Dukungan Pemerintah dalam Manajemen Kebersihan Menstruasi

Fakta Terkini Tentang Anak Perempuan dan Menstruasi dari dr. Dwi Oktavia, TLH, M. Epid paparan adalah sebagai berikut:

  • 1 dari 4 anak di Indonesia tidak pernah mendapatkan informasi tentang menstruasi sebelum mereka mendapatkan menstruasi pertama (UNICEF Indonesia).
  • 1 dari 2 anak perempuan yang mengetahui bahwa menstruasi itu adalah tanda fisik perempuan bisa hamil (UNICEF, 2019).
  • 1 dari 5 anak perempuan tidak megetahui bahwa menstruasi adalah tanda bahwa secara fisik mereka sudah bisa hamil (SDKI, 2017).
  • 1 dari 6 anak perempuan terpaksa tidak masuk sekolah selama satu hari atau lebih pada saat menstruasi, alasan  utama karena takut bullying apabila ketika menstruasi darah tembus ke rok seragam (UNICEF, 2015).
  • Hanya 5 dari 10 anak perempuan yang tahu apa yang harus dilakukan selama menarke (Haid pertama kali). Yang mengganti pembalut setiap 4 –8 jam, sisanya mengganti pembalut 2 kali sehari. Yang mencuci tangannya sebelum dan sesudah mengganti pembalut. 

Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Vagina Miss V Organ Kewanitaan Saat Menstruasi
Peraturan Pemerintah Tentang Kesehatan Reproduksi
 

Program Kesehatan yang Mendukung Kesehatan Reproduksi Remaja

  • Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). UKS merupakan kolaborasi sekolah dengan puskesmas dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat atau kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah.  
  • Posyandu Remaja. Pos Pelayanan Terpadu Remaja adalah sebuah wadah Pos Kesehatan Remaja yang memfasilitasi dalam memahami seluk-beluk remaja selama masa puber.
  • Aku Bangga Aku Tahu. Giat penyuluhan rutin ke sekolah terkait kesehatan reproduksi dan Penyakit Infeksi Menular Seksual. 
  • Vaksinasi HPV. Menjadi salah satu pelaksanaan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah dengan sasaran anak kelas 5 dan 6 SD untuk mengurangi risiko kanker serviks

Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Vagina Miss V Organ Kewanitaan Saat Menstruasi
Program Kesehatan Reproduksi Remaja
 

Mundipharma Indonesia

Ibu Mada Shinta Dewi menyatakan bahwa Mundipharma Indonesia terus berkomitmen memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia, dalam hal ini perempuan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya. Sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ kepada lebih dari 1,000,000 perempuan Indonesia.

Melalui Betadine Feminine Care,  Mundipharma Indonesia melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan. Penggunaan pembersih khusus area kewanitaan dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi pada Miss V.

Betadine Indonesia

Di Indonesia, Betadine memiliki empat kategori produk, yakni Wound Care (Produk Penanganan Luka), URTI Care (Produk untuk Mulut, Hidung dan Tenggorokan), Feminine Care (Produk untuk Area Kewanitaan), Protective Care (Produk untuk Membersihkan Tubuh), untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan untuk mencegah dan mengatasi infeksi. 

Betadine adalah produk antiseptik yang dipercaya oleh masyarakat dan tenaga kesehatan di seluruh dunia selama lebih dari 50 tahun untuk mencegah dan mengobati infeksi. Dimulai pada tahun 1969 ketika Betadine menjadi antiseptik yang digunakan oleh NASA untuk membersihkan Apollo 11x hingga saat ini. 

Produk Betadine Feminine Care

Betadine Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik; pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik; pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator; hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable.

 

Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Vagina Miss V Organ Kewanitaan Saat Menstruasi
Produk Betadine Feminine Care dari Betadine Indonesia

Produk Betadine Indonesia yang sudah lama dikenal masyarakat memiliki rangkaian lengkap untuk menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan. Ada berbagai varian dan manfaat penggunaan masing-masing seperti Daily Protection, Red Days, Infection dan On the Go. Pilih  #YangIdeal.

Daily Protection

Jangan membersihkan area kewanitaan yang memiliki perlindungan alami dengan sabun mandi biasa. Kenyataannya, 1 dari 2 wanita membersihkan area kewanitaan dengan sabun mandi. Gunakanlah pembersih yang mengandung PH-balanced, Prebiotics, Paraben Free, Hypoallergenic dan Gynaecologically Tested.

Red Days

Saat menstruasi risiko infeksi kuman meningkat, kita perlu perlindungan ekstra untuk mengatasi infeksi kuman.  Antiseptik PVPI 10%. Mengatasi gejala infeksi kewanitaan seperti keputihan, iritasi ringan, bau tak sedap dan gatal vagina.

Infection

Betadine Feminine Higiene PVPI 10% merupakan antiseptik kewanitaan untuk mengatasi gejala iritasi ringan, gatal-gatal, keputihan yang disebabkan oleh Trichomonas Vaginalis, Candida Albicans, dan Gardnerella Vaginalis. Sebagai disinfektan vagina keputiham, iritasi, gatal. 

PVPI bekerja dengan cepat mengatasi kuman penyebab infeksi, menurunkan 99,999% biofilm yang terdapat dalam kultur kuman penyebab infeksi dan belum pernah dilaporkan adanya resistensi yang bermakna secara klinis.  Povidone-Iodine merupakan zat antimikroba yang memiliki spektrum luas dan efektif mengatasi kuman serta mampu mengendalikan penyebaran infeksi topikal bagi penggunanya.

On the Go (Traveling Essential)

Produk Betadine Indonesia ini mengandung pH Balanced & Prebiotik, Hypoallergenic, Gynaecologically Tested, Flushable dan Biodegradable.

Untuk pembelian Produk Betadine Feminine Care bisa dilakukan secara online yakni  di: https://shopee.co.id/betadineofficial atau https://www.tokopedia.com/betadineofficial?source=universe&st=product 😀

Teman-teman, itulah pengetahuan mengenai menstruasi serta Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) yang sepatutnya diketahui bersama. Remaja putri maupun dewasa harus memperoleh informasi yang tepat supaya mereka dapat menjaga kesehatan reproduksinya dengan baik. Jadi, jangan dianggap tabu lagi ya, obrolan tentang datang bulan ini! Hindari juga mitos menstruasi yang beredar dan kurang tepat selama ini. Salam sehat selalu! 😀 

 


96 comments:

  1. Wah Rafa udah dapat edukasi perihal menstruasi sejak dini dari mba nurul ya jadi ga begitu panik waktu datang bulan pertama kalinya terjadi. Aku sendiri haid pertama itu kelas 4 SD dan bener....aku termasuk yang sakit banget sampai nyaris pingsan, bahkan ibuku menggiling gilingkan botol kaca ke bagian perut yang udah diisi air anget biar ga terlampau nyeri...Juga waktu itu diajarinnya pakai pembalut kain yang bisa dicuci jemur hehe

    mengenai betadhine feminime wash aku suka wangi yang pink...wanginya enak dan pHnya juga sesuai dengan yang distandarkan oleh pihak kesehatan ya mba nurul. Bacaan penting untuk mengedukasi perihal menstruasi ini...thx you mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbul. ALhamdulillaah jadi Rafa ga kaget2 amat gitu, kalem aja hehehe :D Oalaaaa jadi Mbul kelas 4 SD udah 'dapet' yach? Kasihan juga sampai sakit gitu :( Betul, mau cewek atau cowok, sebaiknya memang harus paham soal menstruasi sedini mungkin :)

      Delete
  2. Kebersihan saat menstruasi memang penting banget ya mba. Tentunya yg dewasa harus mau menemani anak dan membimbing saat mereka mau memasuki masa2 menstruasi jadi pada saat hari H anak2 ga bingung harus apa ya.

    btw sebenernya infografisnya membantu banget tp sayang karena digabung jadi kurang bisa dilihat mba :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul :) Biar saat menarke, anak perempuan ga takut. Iya, biar ga terlalu banyak foto, mbak. Kalau pakai laptop sih kelihatan :D

      Delete
  3. Dari semenjak aku menstruasi sampai sekarang pun kalau soal kebersihan saat menstruasi jadi hal yang tak boleh terlewatkan atau disepelekan. Biasanya aku selalu membawa pembalut saat masih beraktivitas, selain itu juga membawa sabun kebersihan wanita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaga2 pastikan selalu bawa pembalut lebih dari satu ya dan sabunnya juga :D

      Delete
  4. Aku baru tahu soal hari kebersihan menstruasi dan rasanya beruntung bisa ikut Webinar kemarin. Jadi tambah tahu. Semoga nanti bisa ngobrol santai sama anak soal ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga hahahha :D Iya, jadi menambah pengetahuan tentang menstruasi ya :D

      Delete
  5. keren banget ini webinar yang digelar untuk menyambut hari kesehatan menstruasi, membuat semua orang terutama wanita lebih aware lagi terhadap kebersihan saat menstruasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulillaah aku bisa join webinar ini :D

      Delete
  6. Tercerahkan buangettt setelah baca blogpost ini!
    Memang masalah menstruasi tuh kerap dianggapn sebagai sesuatu yg tabu.
    padahal anak (baik cewek maupun cowok) harus teredukasi mengenai hal ini ya.
    Syukurlah ada webinar yg sarat faedah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay! Senang banget khaaan, kita jadi makin tau deh hal2 tentang datang bulan ini :)

      Delete
  7. anak-anak jaman sekarang lebih banyak mens pada suia yang masih muda ya, sd sudah mens. Jaamn aku jarang banget yang sd sdh mens

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makin cepat pubertasnya hihihihi :D Aku juga dulu SMP kelas 1 :)

      Delete
  8. Ingat bangey, saya juga pernah mengalami bendera Jepang jaman dulu kala, hahaha. Dulu krn gak nyaman aja ganti di kamar mandi sekolah, berasa gak aman. Makanya ini PR banget buatku untuk mempersiapkan Najwa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrrrr, ga nyaman banget ganti pembalut di kamar mandi sekolah :(

      Delete
  9. Perlu banget tahu seluk beluk soal menstruasi ini apalagi kayak saya punya tiga anak perempuan. Biar gak panik kalo semisalnya ada problem menstruasi pada Anak nantinya.ma kasih ya sharing ilmunya. Bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  10. Serba/i haid ini kudu dipahami oleh semua orang ya. Baik cewe maupun cowo.
    Acaranya padat bergizi.
    Sarat manfaat utk semuanya

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah ya Mbak Nurul, Rafa sudah diedukasi sejak dini jadi pas dapat hadi enggak kaget atau histeris. Anak-anak sekarang memang beragam ya, bahkan ada yang cenderung lebih cepat menstruasi. Kalau ga punya pemahaman yang baik, dikiranya itu penyakit dan merasa rendah diri. Dengan acara ini, ortu makin sadar ya Mbak buat mendampingi anak gadis agar paham soal manajemen kebersihan menstruasi. Berbekal Betadine feminine Care, insyaallah para wanita bisa terlindungi dari ankea infeksi yang mengancam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mas Rudi :D Iya, alhamdulillaah :) Betul, sebaiknya sedini mungkin kita sebagai prang tua memberikan informasi tentang haid ini kepada anak2 perempuan maupun lelaki :) Betadine Feminine Care dapat menjauhkan kita dari infeksi2 tersebut.

      Delete
  12. penting banget bagi anak untuk tahu lebih banyak apalagi saat menstruasi pertama kali anak perempuan masih bingung. Kudu diajarin supaya tetep bersih ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, benar, terutama biar ga terkaget2 sekali saat mens pertama kalinya :)

      Delete
  13. Saya baru tahu ada hari kebersihan menstruasi yang diperingati tiap tanggal 28 Mei.

    Tips ke 9 masih belum saya lakukan nih. Belum menjelaskan soal mentruasi pada anak lelaki. Dulu dia pernah nanya saat lihat ada iklan pembalut di TV, dia tanya "itu iklan apa sih, Ma". Saya bilang itu perlengkapan untuk perempuan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru ngeh hehehe :D Iya, sedikit demi sedikit anak lelaki pun harus diberi info soal menstruasi :D

      Delete
  14. Ajarin anak soal cara bersihin menstruasi sebelum akil balik agar ia tidak panik da bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sebaiknya sedini mungkin memberitahukannya :D

      Delete
  15. Jadi pe er nih buatku kalo pas menstruasi nanti yaitu menggunakan betadine feminine care yang produk 'red day'. Bisa juga misal keputihan mulai nyerang pas sebelum menstruasi, si Red Day akan siap siaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kita bisa pilih produk Betadine Feminine Care mana yang dibutuhkan, seperti Red Day ini misalnya :)

      Delete
  16. Mantul banget tulisannya, lengkap dan bisa jadi tambahan pengetahuan soal seluk beluk yang paling dekat sama perempuan.

    ReplyDelete
  17. Aku banyak belajar banget Mbak dari acara ini kemarin. Soalnya juga punya anak perempuan yang kelak tentunya mesti aku bimbing perihal menstruasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, alhamdulillaah ya kita bisa ikitan webinar kemarin :D

      Delete
  18. kerasa banget memang, semenjak menstruasi dulu, aku jadi semakin penasaran sama alat reproduksiku. Karena dulu tidak mendapatkan edukasi, akhirnya aku cari-cari sendiri. Ternyata memang alat reproduksi kita itu perlu dijaga ya. Salah satunya ya dengan menjaga tetap bersih.
    Dulu aku merasa risih banget sama darah, tapi suka malas ganti pembalut karena bikin lama. Tapi hal tersebut ternyata ga baik ya. Kita harus rutin menggantinya tiap 4 jam sekali bahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku juga belum paham, malah ganti pembalut kalau sudah penuh terisi. Kan sebaiknya ternyata 4 jam sekali mesti ganti pembalut yaa.

      Delete
  19. dari webinar ini, aku makin sadar jika penting banget menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan saat menstruasi ya mbak
    dan sebagai ibu, aku punya peran penting dalam menyebarkan informasi seputar menstruasi ini kepada anak anakku nantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kita haru punya wawasan dan pengetahuan yang baik tentang menstruasi ini untuk mentransfer ilmu kepada anak2 kita.

      Delete
  20. Aku termasuk yang omongin soal menstruasi kepada anak perempuan sejak dini. Dan alhamdulillah pas anak perempuan dapat menstruasi udah nggak kaget lagi. Sudah siap dan tak panik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, kagetnya sedikit paling ya tapi ga ketakutan.

      Delete
  21. Edukasi menstruasi sejak dini ini memang penting banget ya mbak, jangan sampai anak-anak Kita termakan berita hoax ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Harus dapat info yang terpercaya terutama dari kita sebagai ibunya.

      Delete
  22. Jujur kalau ga ikutan webinar ini aku ga tahu ada hari menstruasi mba hahaha..dan semakin ikut materinya bagus banget yah..jadi aware buat kasi info ke anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhha aku juga :D :D Seneng banget pokoknya aku jadi tambah pengetahuan tentang si bulan yang datang tiap saat tertentu ini hihihi :D

      Delete
  23. Mbak Nurul pinter pilih foto untuk jadi pembuka tulisan yang membahas tentang menstruasi ini. Sirih, memang identik dengan bahan untuk menjaga kebersihan area kewanitaan :D

    Yak, penting sekali manajemen kebersihan menstruasi diajarkan sejak dini kepada anak perempuan. Sebagai ibu, kita semestinya jadi yang pertama untuk menjelaskan itu pada anak. Zaman dulu, sebelum mens, aku ga dapat pengetahuan apapun ttg hal tersebut. Jadi aku belajar sendiri, liat dari pengalaman temen2. Zaman sekarang udah bagus, di SD anakku sejak kelas 4 sudah dibekali pengetahuan yang lengkap lewat kelas keputrian, soalnya sekarang anak-anak kelas 5 juga udah pada haid, cepet banget. Zaman aku, kelas 2 SMP baru haid haha.

    Pakai cairan pembersih yang tepat bisa menjaga kesehatan area kewanitaan dengan baik ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiih, makasih mbak Rien :) Wah, bagus sekali sekolah anak mbak, ada keputrian. Di sekolah anak2ku kayaknya belum spesifik kayak gitu sih. Yang pasti kita sebagai ibu yang harus memberikan info tentang haid ini kepada anak2, supaya mereka ga terkejut banget yach. AKu dulu haid pas kelas 1 SMP.

      Delete
  24. Edukasi seputar menstruasi seperti ini penting sekali. Teringat saat menarche, aku galau kenapa ini..karena Ibuku seperti kebanyakan ortu di masa itu menganggap pembicaraan seputarnya tabu.
    Maka meski anakku cowok aku kasih tahu tentang mentsruasi ini. Dari sekolah pun ada seminar terkaitnya (akil baliq) saat kelas 5 SD. Dan program juga produk Betadine bagus sekali untuk mendukung edukasi dan sosialisasi menstruasi ini. Salut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yach dulu mamahku juga ga info2 lengkap seputar haid, biasa aja gitu. AKu juga baru ngeh ternyata kudu ganti pembalut 4 jam sekali hehehe :D

      Delete
  25. Komplit banget ulasannya, Mbak. Urusan menstruasi memang gak bisa dianggap remeh meskipun termasuk siklus normal bagi perempuan. Bagi anak yang baru pertama kali menstruasi juga suka kebingungan. Apalagi kalau gak diedukasi sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya memang anak perempuan kita berikan pemahaman dulu tentang haid ini biar ga ketakutan sama darah dan hal2 lainnya.

      Delete
  26. Lengkap sekali ulasannya Mbak Nurul. Memang yaaa yang namanya menstruasi ini sebaiknya diobrolin krn banyak yg sering cari tahu sendiri. Sebagai ibu kita punya tanggung jawab buat ngajarin anak2 supaya lbh bagus dr kita, khususnya dalam hal manajemen kebersihan menstruasinya.
    Semoga webinar kyk gini sering2 diadakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obrol2 santai sama anak perempuan hehe biar ga terkesan terlalu serius nanti malah jadi takut hihihihi :D Iya, mbak.

      Delete
  27. Oh iyaya,
    Perlu banget mempersiapkan anak untuk paham mengenai menstruasi. Aku juga masih PR banget niih... Sedikit demi sedikit sudah diberi informasi, semoga nanti ketika saatnya tiba, kita semua bisa gak panik dan tahu apa yang harus dilakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. In sya allah anak2 ga panik ya mbak kalau kita share soal mens ini sedini mungkin.

      Delete
  28. lengkap banget informasi mb, meski saya cowok, paling tidak kalo mengerti hal-hal seperti ini dan jika suatu saat ditanyain istri atau tetangga bisa menjawab lebih tepat dan sumbernya akurat. ijin save poin2nya ya mb,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuul. Silakan, save aja, boleh mampir lagi baca artikel ini. Thanks mas Deny.

      Delete
  29. Hal seperti ini memang gk boleh disepelein yah apalagi cara membersihkan area kewanitaan harus tepat

    ReplyDelete
  30. Penting banget ya pengetahuan tentang menstruasi ini... Eh, saya baru tau ada posyandu remaja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe sammaaaa mbak, tapi aku belum pernah melihat langsung Posyandu Remaja ini sih.

      Delete
  31. Bagus banget nih pengetahuan seputar manajeman kebersihan menstruasi ini bagi keluarga, terutama yang punya anak perempuan. Selain bagaimana menghadapi saat mens pertama kali, bagaimana membersihkan diri selama mens juga penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. All in 1 ada di srtikel ini info seputar menstruasi. Semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  32. aku dah ngobrol dengan anak2 soal menstruasi, tapi gara2nya pas puasa ramadan, karena mereka liat emaknya gak puasa. dari situ deh obrolan berlanjut ke byk hal, sampe ke hormon dsb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Momen yang pas buat diobrolin sama anak2 ya mbak :D

      Delete
  33. Sebenerny saya baru tahu tiap tgl 28 mei ada hari menstruasi. Bagus jg ya mbk webinarny memberi edukasi kepada seluruh ibu yg memiliki putri dalam usia menuju pubertas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sammmaaaa :D Webinar yang sangat mengedukasi perempuan2 nih.

      Delete
  34. Aku hrs bersiap nih kalo anakku yg perempuan nanti dapet periodnya. Skr dia udh 9 THN. Dulu mamaku termasuk yg ga ngajarin mba. Mungkin buat mama tabu, Krn org zaman dulu kan tertutup ya dengan beginian.

    Aku ga kepengin ngilangin yg sama. Apalagi anak skr takutnya kalo ga diinform, malah nyari sendiri informasi yg salah

    Produk2 Betadine aku udh pake dr dulu. Awalnya yg khusus mestruasi. TRUS aku pale juga yg daily use. Sampe skr msh pake ini

    Kalo tisu basahnya aku pasti nyetok tiap kali traveling ke mana aja. Trutama yaa negara2 yg ceboknya ga pake air. Kan jijik. Makanya aku selalu sedia tisu basah khusus wanita di tas kalo traveling mba. Ga ada air di toilet, bisa pake itu dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zaman dulu mamaku juga ga terlalu terbuka soal menstruasi. Ga seperti moms zaman now yang lebih mudah berkomunikasi dengan baik seiring berjalannya waktu dan perubahan gaya hidup :) :) Iya, kudu siap sedia tissue basah kalau kita bepergian ke mana2.

      Delete
  35. li kampanye #YangIdeal dari Mundipharma Indonesia ini.Semogaprogram edukatif seperti ini membuat makin banyak wanita Indonesia yang paham dengan benar tentang apa dan bagaimana mestruasi itu.Juga meningkatkan kepedulian laki-laki perihal menstruasi yang dialami perempuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, laki2 juga harus bisa memahami perempuan yang sedang haid ya :D

      Delete
  36. Menyoal edukasi menstruasi ini terlihat sepele bagi sesama perempuan, tapi nyatanya masih ada yg menganggap tabu ya kak. Luar biasa sih Betadine ini bisa mengajak 1000 perempuan untuk peduli pada ilmu tentang menstruasi. Laki2 juga penting banget utk tahu ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, tapi makin ke sini obrolan tentang mens sudah mulai terbuka dan ga tabu lagi :)

      Delete
  37. Selama ini memakai sabun mandi untuk membersihkan area kewanitaan saya. Ternyata tidak cocok ya dan dapat menimbulkan berbagai resiko kesehatan. Well noted ma..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa menggunakan produk Betadine Feminine Care seperti yang sudah diulas di atas :)

      Delete
  38. Memang sebaiknya datangnya menstruasi itu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya ya. Agar anak lebih aware untuk menjaga kesehatan organ reproduksi

    ReplyDelete
  39. Senang banget pemerintah terus mengedukasi persiapan remaja menjelang menstruasi ya, zaman kita dulu belum ada nih. Ilmunya perlu di upgrade deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha bener :D Zamaan dulu pembicaraan organ kewanitaan dan sebagainya kayak tabu gtu ya mbak :(

      Delete
  40. Ya ampun, aku kalau jadi Rafa ya bakalan panik Mbak. Mo ujian, eh dapat haid pertama. Untung dirimu sudah ngebekalin informasi yang cukup ya buat Rafa...

    ReplyDelete
  41. Fakta dan hal2 valid seputar menstruasi harus kita pahami, dan sebarkan edukasi kpd anak2 ya.
    Jadi, semoga banyak yg paham, bahwa Menggunakan sabun mandi untuk daerah intim dapat merusak perlindungan alami vagina. Karena, pH area miss V adalah kisaran 3-5 yang artinya bersifat asam. Sedangkan sabun mandi mempunya PH diatas 7 yang artinya basa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyach benar sekali, mbak :D Mesti diketahui jenis sabun untuk Miss V itu seperti apa karena ada perbedaan fungsi dengan area tubuh lainnya :)

      Delete
  42. Saya ternyata baru tau banget tentang Hari Kebersihan Menstruasi tanggal 28 Mei itu dari webinar ini loh Mbak. Alhamdulillah berkat webinar ini jadi tahu lebih banyak lagi tentang bagaimana mengkomunikasikan kebersihan area kewanitaan kepada anak perempuan saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga hihihi :D Senang sekali aku juga nih bisa mengikuti webinar ini, makin tambah pengetahuan tentang menstruasi deh.

      Delete
  43. Saat menstruasi, hormon kita pasti berubah karena itu memang perlu ekstra perhatian pada urusan kebersihan dan kesehatannya. Memberikan pemahaman yang benar pada anggota keluarga termasuk pada anak baik perempuan maupun laki-laki tentunya sangat penting mengingat mereka juga akan mengalami fase yang sama meski dengan cara yang berbeda

    Semoga kita bisa mendampingi anak-anak kita melalui masa pubernya dengan baik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. In sya allah kita bisa, mbak. Kan sudah dapat pengetahuan dari webinar ini jadi makin yakin :)

      Delete
  44. dulu waktu aku menstruasi pertama kali kayak kaget gitu, kurang informasi juga sepertinya taun taun waktu aku sekolah dulu.
    aku sendiri termasuk telat dapet mensnya, mungkin waktu SMP
    zaman sekarang kalau bisa dari SD udah diberikan penjelasan soal menstruasi, seperti kak Rafa ini yang udah bisa tenang pas pertama kali dapet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama. Zaman aku remaja dulu juga kan....Rasanya masih tabu deh orang tua kita membicarakan hal menstruasi kepada anak2nya. Jadilah kita terkezzzzuuuut hahaha :)

      Delete
  45. Wah, syukurlah Kak, kakak sudah mengenalkan sex education, yaitu menstruasi sejak anak usia dini. Sekarang ini, semakin banyak orang tua yang semakin mengerti pentingnya mengenalkan sex education kepada anak sejak dini. Semangat Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah ya kini makin terbuka dan tidak tabu lagi pengetahuan dan informasi tentang sex terutama urusan menstruasi :)

      Delete
  46. Mbak.. Daerah kewanitaan itu daerah mana yaa, kok kalo dicari di Google maps ga ketemu, xixixiiihii 😀😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan bosan bertanya, nanti sesat di jalan hahahaha :D

      Delete
  47. Ok kali ini serius. Aku sejak kecil tidak pernah tau sih tentang menstruasi. Di rumah, ibuku tak pernah ngobrol soal hal ini, Sebab mungkin karena Anak-anaknya semua laki laki yaaa hhehe
    Aku tau tentang ini di sekolah, di pelajaran IPA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalau Dodo udah punya anak perempuan mapun laki-laki, kasih tau info menstruasi yaaach heheheh :D

      Delete
  48. sangat penting menjaga dan merawat kesehatan organ intim kewanitaan

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.