Thursday, May 31, 2018

# Review # traveling

Walking Tour Wisata Kawasan Kota Tua Bersama Jakarta Good Guide

walking tour mtsn 4 wisata kawasan kota tua bersama jakarta good guide


Teman-teman pernah berkunjung ke Kota Tua? Meskipun sempat terabaikan, beberapa tahun belakangan ini Kota Tua menjadi ikon wisata Jakarta yang sayang jika dilewatkan. Sejak abad ke-16 Kota Tua merupakan kawasan yang dibangun kolonial Belanda sebagai pusat kota dan perdagangan di Asia. Kota Tua Jakarta yang disebut juga Batavia Lama merupakan wilayah kecil di Jakarta dengan luas kurang lebih 1,3 km2.

Lokasi yang strategis dan sumber daya yang melimpah menjadikan Jakarta Lama dijuluki sebagai “Permata Asia’ atau “ Ratu dari Timur”. Pada tahun 1972 Gubernur Jakarta, Bapak Ali Sadikin mengeluarkan dekrit resmi menjadikan Kota Tua sebagai situs warisan. Dekrit ini bertujuan melindungi sejarah arsitektur kota di mana banyak sisa bangunan bersejarah warisan era kolonial Belanda. 

Kenal dong dengan Stasiun Jakarta Kota? Atau belum?  😄 Jangan-jangan ada teman-teman yang belum pernah naik kereta api nih hihihi. Di sekitar Kota Tua terdapat tempat wisata bersejarah seperti Museum Wayang, Gedung Arsip Nasional, Galangan VOC, Pasar Ikan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Café Batavia, Museum Bank Indonesia, Kali Besar, Menara Syahbandar, Pecinan Glodok dan Pinangsia, Masjid Luar Batang dan masih banyak lagi.

kawasan wisata kota tua jakarta musem lapangan besama jakarta good guide
Kawasan Wisata Kota Tua (Foto: Kak Laly Andi Nahri)

Museum Fatahilah Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta (Foto: Nurul Sufitri)
 
Nah, kali ini saya mau cerita tentang jalan-jalan seru di sekitar Kota Tua. Hhhm… bukan jalan-jalan biasa lho 😙 Memang beneran jalan kaki sih, tapi ga terasa lelah karena menyenangkan. Selain refreshing, ilmu pengetahuan dan wawasan pun bertambah. Sesekali ada baiknya kita mengunjungi tempat wisata yang sarat akan nilai sejarahnya. ‘Jakarta Tempo Doeloe’ ini selalu dipadati wisatawan domestik dan mancanegara lho. 

Pada Hari Sabtu, 24 Maret 2018 lalu saya ikutan ‘Walking Tour’ selama hampir tiga jam. Sendirian? Tentu ga dong. Saya ikutan acara ini bersama murid-murid kelas 7.1 termasuk anak saya, teteh Rafa dan 8.1, ketua program kelas bilingual, wali kelas, guru pembimbing dan beberapa koordinator kelas (korlas). Rute walking tour-nya berawal dari Stasiun Kota menuju Lapangan Fatahillah, Taman Kota Intan, Jembatan Kota Intan, Toko Merah dan berakhir di Museum Bank Indonesia.

Baca: Penampilan Teteh Rafa Bermain Piano di Indonesia National Piano Festival


para guru pembimbing mtsn 4 besrta wali murid siap bernagkat menuju kota tua
Pak Ade, Mam Tamah, Guru Pembimbing Lain dan Para Wali Murid MTSN 4 Siap Berangkat Wisata Kota Tua Naik Kereta Api dari Stasiun Lenteng Agung (Foto: Salah Satu Murid MTSN 4 - Nurul Sufitri)

pak ade mam tamah mam sin dan para pemandu wisata jakarta good guide sedang memberikan pengarahan kepada murid mtsn 4 di stasiun kota
Pak Ade, Mam Tamah, Mam Sin dan Para Pemandu Wisata Berada di Stasiun Kota (Foto: Nurul Sufitri)

Pengarahan Walking Tour Field Trip MTSN 4 Bersama Para Guru dan Jakarta Good Guide di Stasiun Kota (Foto: Kak Laly Andi Nahri-Papa Moya)

Berkumpul di Stassiun Kota-Pembagian Kelompok Satu Guide dengan 15 Anak (Foto: Kak Laly Andi Nahri-Papa Moya)

Baca juga: Liburan Seru Naik Kereta Api ke Kediri
   
Kelas 7.1, 8.1 dan 9.1 merupakan kelas pengayaan (bilingual) MTs yang memiliki agenda tahunan field trip semacam study tour sehari untuk mempraktekkan Bahasa Inggris secara langsung di lapangan alias on the spot. Khusus kelas 9.1 ga dimasukkan ke dalam event ini karena ada agenda lain yang turut mendukung ujian nasional.

Saat rapat, ketua program kelas bilingual meminta masukan kepada para wali kelas dan korlas 7.1 (termasuk saya) dan 8.1 kira-kira mau jalan-jalan ke mana. Tentu anak-anak wajib mempraktekkan Bahasa Inggris yang telah dipelajari dan menambah wawasan di tempat wisatanya. Singkatnya, semua setuju dengan usul saya walking tour bersama Jakarta Good Guide.  Wah, apa lagi tuh? Sabar ya, bacanya sambil duduk manis aja hehehe. 


para murid mtsn 4 sedang berada di lapangan museum fatahilah jakarta
Berada di Lapangan Museum Fatahilah Kawasan Kota Tua Jakarta Bersama Mas Farid Jakarta Good Guide (Foto: Nurul Sufitri)

Field Trip MTSN 4 Walking Tour Wisata Kota Tua Bersama Mas Candha Jakarta Good Guide (Foto: Kak Laly Andi Nahri-Papa Moya)

Saya Bersama Mam Tengku Hantamah Wali Kelas 7.1 di Kota Tua (Foto: Kak Laly Andi Nahri-Papa Moya)

Jakarta Good Guide (JGG) 

Latar Belakang 

Kota Metropolitan yang semakin tinggi pembangunan infrastrukturnya, mulai pembangunan jalan tol hingga jalur MRT, membuat para pejalan kaki merasa ‘tersingkir’ dari hak berjalan kaki. Kondisi Jakarta yang dipenuhi dengan jalan layang, konstruksi kolom-kolom beton raksasa dan sebagainya menjadikan jalan raya sebagai jalan yang sama sekali tak ramah bagi pejalan kaki. Apalagi banyak pengemudi motor yang seenaknya melintas di pedestrian, makin menyulitkan kaki melangkah ke manapun hendak pergi.
 
Sebagai respon dari kondisi tersebut, lahirlah Jakarta Good Guide. “It’s a pay-as-you-wish walking tour’ yang dibentuk pada tahun 2014 oleh Farid dan Candha, di mana anggotanya merupakan pemandu wisata bersertifikasi. JGG ingin membuktikan bahwa Jakarta bukan hanya kota yang dipenuhi oleh gedung tinggi dan mall-mall besar yang marak dijadikan tempat wisata keluarga.

Pemandu Wisata/ Guide

para pemandu wisata jakarta good guide pesonil lengkap
Para Pemandu Wisata Jakarta Good Guide ki-ka: Mochi, Indra, Huans, Cindy, Farid, Mery dan Candha (Foto: Candha JGG)


nama para pemandu wisata jakarta good guide dari kiri ke kanan adalah huans candha farid dan indra
Pemandu Wisata Saat Field Trip MTSN 4 ke Kawasan Kota Tua Bersama Jakarta Good Guide ki-ka: Huans, Candha, Farid dan Indra (Foto: Jakarta Good Guide)

Walking Tour 

Masih banyak wilayah Jakarta yang bisa dijelajahi dengan cara berjalan kaki. Tak kenal maka tak sayang kan? Wisata sambil mengeksplorasi tempat bersejarah dan mendengarkan cerita dari pemandunya, kenaga ga? Anak-anak yang katanya ‘jaman now’ (Padahal saya ga suka dengan julukan ini lho) cuma tau ngemall aja tiap weekend. Tuh kan….. 😄

Kata Mas Farid, sejarahlah yang membentuk society seperti sekarang ini. Melalui Walking Tour, peserta diharapkan mengetahui kisah masa lampau, informasi tentang peristiwa yang telah dilewati yang ke depannya akan menjadi pembelajaran yang berguna bagi diri sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitar.


Ki-ka: Pak Ade Nur, Saya dan Mas Farid Berada di Jembatan Kota Intan (Foto: Murid MTSN 4-Nurul Sufitri)

Baca: Rekreasi Keluarga di Dunia Fantasi Ancol Bersama Vivalova Viva's Bloggers on Vacation

 

Program Wisata Jalan Kaki 

One-time Walking Tour 

Jakarta Good Guide memiliki program khusus seperti one-time walking tour setiap akhir minggu. Kegiatan wisata unik menjelajahi Cilincing, Tanah Abang, Jatinegara dan lainnya. Dulu pernah jelajah kawasan Kemang, tapi sayang semakin hari jalur untuk pejalan kaki semakin menghilang, jadi sementara ditiadakan deh.  

Wisata Museum 

Ada juga program walking tour khusus ke museum-museum. Menurut JGG, Jakarta merupakan salah satu kota yang memiliki museum terbanyak se-Asia Tenggara lho. Expertise JGG yaitu mempunyai informasi umum dari suatu daerah tertentu. "Terkadang informasi yang digali tak begitu dalam. Daripada cerita ngalor-ngidul ga jelas dan khawatir terjadi simpang siur, maka biasanya guide akan bercerita dengan berbagai versi", jelas guide JGG.


Field Trip Walking Tour MTSN 4 Bersama Jakarta Good Guide di Kawasan Wisata Kota Tua (Foto: Kak Laly Andi Nahri-Papa Moya)
jadwal walking tour weekend and museum tour dan public holiday tour bersama jakarta good guide
Jadwal Walking Tour Weekend and Museum Tour, Public Holiday Tour (Foto: Website Jakarta Good Guide)

Beberapa museum yang direkomendasikan untuk dikunjungi yaitu:
- Museum Bank Indonesia
- Museum Sejarah Jakarta
- Museum Wayang
- Museum Seni Rupa dan Keramik
- Museum Bank Mandiri
- Museum Syahbandar
- Museum Bahari

Paket Walking Tour 
Awalnya hanya ada lima paket walking tour (tur jalan kaki) di Jakarta yaitu Pusat Kota yang terdiri dari wilayah Monas dan sekitarnya, Menteng, Kota Tua, Pasar Baru, China Town. Kini walking tour bisa dilakukan sesuai permintaan klien asalkan situasi dan kondisi dapat disesuaikan. Ada 2 rute walking tour yaitu regular route dan weekend route. 

Regular route mencakup wilayah Old Town, China Town dan City Center 1. Pilihan untuk weekend route yaitu Menteng, Pasar Baru, Cikini, Jatinegara, City Center 2, Thamrin, Cilincing, Blok M, Oranje (Jalan Diponegoro), Molenvliet (Jalan Juanda-Hayam Wuruk), Tanah Abang, Manggarai, Senja di Monas, Bogor, Central Bandung.

Kita bisa keliling ke berbagai tempat wisata bersejarah ke Kota Tua (Old Town), Monas (City Center), China Town, dengan jadwal sebagai berikut:
Senin: China Town (Pukul 09.00)
Selasa: Old Town (Pukul 09.00) dan City Center (Pukul 15.00)
Rabu: City Center (Pukul 09.00) dan Old Town (Pukul 15.00)
Kamis: China Town (Pukul 09.00) dan City Center (Pukul 15.00) 
Jumat: Old Town (Pukul 09.00) dan City Center (Pukul 15.00) 
Sabtu: Weekend Tour China Town (Pukul 09.00) dan Old Town Night (Pukul 18.30)
Minggu: Weekend Tour Old Town, Museum Tour (Pukul 09.00) dan City Center (Pukul 15.00)

Media Sosial 

Jakarta Good Guide Jika ingin mengikuti walking tour, teman-teman bisa mendaftar melalui media sosial Jakarta Good Guide. JGG menerima turis domestik dan mancanegara. Tentu dong bisa berbahasa asing terutama Bahasa Inggris. Nih saya kasih contekannya deh. Instagram: @jktgoodguide Twitter: @JKTgoodguide Facebook: Jakarta Good Guide HP: 085-6766-9954 (Huans)

media sosial instagram jakarta good guide
Instagram Jakarta Good Guide (Foto: IG JGG)


Guide Favorit
Mau tau dong, kira-kira siapa sih pemandu wisata JGG favorit saya? Hahaha.. Begini lho, saya pertama kali kenal dengan salah satu personil di acara blogger bersama ID Corners dan Blogger Perempuan di Plaza Kuningan Timur. Sejak sesi JGG dimulai hingga akhir, saya terkesima banget sama Mas Farid, ehhm.. 😍

temu asik-indonesia corners
Temu Asik Indonesia Corners (Foto: ID Corners)

Jangan salah, ganteng itu relatif ya, tapi wawasan dan pengetahuan tentang tempat-tempat bersejarah itulah dan cara menceritakan dengan gaya yang sederhana dan berapi-api, membuat saya dan para peserta blogger lain seperti sedang mendengarkan ‘dongeng’. Dongeng yang bukan bikin timbul rasa kantuk, melainkan semakin antusias dengerin dan malah jadi segar bugar hahaha 😍😃😃😄 “Wah, ini dia yang saya cari. Pas banget. Pokoknya harus jadi nih acara anak-anak MTs 4 kelas bilingual jalan-jalannya barengan Jakarta Good Guide”, ucap saya dalam hati. 

Program Walking Tour di Bulan Ramadhan 

Wisata ke Masjid 
Wisata ke masjid bareng wisatasekolahdotcom ini membawa para peserta mengelilingi masjid-masjid bersejarah di Jakarta ditemani guide yang seru dari Jakarta Good Guide.

wisata walking tour ke masjid bersama jakarta good guide dan wisata sekolah di bulan ramadhan
Wisata ke Masjid Bersama Jakarta Good Guide (Foto: Instagram Jakarta Good Guide)

wisata ke masjid keliling dengan bus big bird besama jakarta good guide
Wisata ke Masjid Keliling dengan Bus Big Bird (Foto: Instagram Jakarta Good Guide)

Pendaftaran dan Biaya 
Peserta sudah bisa berkeliling dengan Bus Big Bird dan beramal di beberapa masjid yang akan dikunjungi lho. Tur ini terbuka untuk umum, berapapun usia dan agamanya. Kepengen ikutan atau tanya-tanya dulu? Coba cek IG JGG aja 😙

Teman-teman tercinta, sementara sekian dulu ceritanya ya. Kunjungan saya beserta rombongan akan dikisahkan di judul berikutnya. Sudah ngantuk nih, mama Rafa mau istirahat dulu. Keblinger pilah-pilih foto buanyaaak bangeeeed, saking keren-keren semua jadi bingung deh 😆 Sampai ketemu lagi. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan di blog saya. Kenangan indah yang ga akan bisa terlupakan hanya ada di sini 😍 Wassalam.


78 comments:

  1. Seruuuu...jd pengen coba jalan2 ke mesjid n china town.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuukkk mbak Ade Mamoy... asik nih udah ngebayangin 😍

      Delete
  2. Wah seru juga nih bisa jalan-jalan di Jakarta dan tahu sejarahnya. nah ini nih yang aktifitas yang keren apalagi dipandu dengan anak-anak muda yang antusias ingin berbagi pengetahuan sejarah di tempat-tempat unik seputaran Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. JGG membangkitkan semangat traveling pintar dan sehat nih. Sambil jalan kaki..demgerin guide cerita kan jarang banget ada tuh. Aku juga mau lagiiii 😍 Guide nya asik2...

      Delete
  3. Waaa, aku udah dari kapan tau Jakarta Good Guide tapi belum pernah ikut tour-nya. Pingin banget deh nyoba ikutan juga.. Udah beberapa kali ke Kota Tua, masuk ke museum-museumnya tapi ya sendiri.. Kalo sama guide yang udah ngerti banget pasti Kita jadi makin banyak taunya.. Ajak aku dong Mba Nurul kalo tour lagi.. Hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Traveling dengan guide dan ga itu beda banget deh rasanya. AKu waktu jalan2 ke Taman Sari, Borobudur dll biasanya sewa tour guide loh. Enak, dengerin sambil mengamati tempat bersejarah. Kali ini bareng JGG, tenyata asyik bingits, mau lagi ah :D

      Delete
  4. Wih... keren ini Mbak Nurul. Apalagi kalau rame-rame, dijamin ga capek hehehe. Saya sih sudah pernah ke museum bank mandiri, museum bank Indonesia, museum wayang, museum fatahillah dan museum keramik.
    Pengin jelalah kawasab pecinaan, termasuk selfie di jembatan Intan, Mbak hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloooo Mas Bambang yang tersohor, penulis idolaku, apa kabar nih? Semoga sehat selalu ya aamiin 😘🤗 Iyaa tuh beneran seru apalagi pengalaman pertama walking tour gitu. Ke China Town kayaknya asyik. Aku mau deh kapan2 sama JGG lagi. Yuk..yuk siapa tau kita bisa barengan hahaha. Thanks ya udah mampir 😊

      Delete
  5. Serrruuu bangeeet mbaaak, ku belum pernah main ke kota tuaa. pengeen banget maen kesana taun depan, insya Allah semoga kesampeaan. Aamiin :D makasihhh sharingnyaaa mbaak yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo mbak Lucky apa kabar? 😘😘 Iyaa aku sebenarnya jaraang main2 ke Kota Tua. Ini pas event anak2 MTs 4 aja jd seruuu bareng Jakarta Good Guide.

      Delete
  6. wah baru tau jakarta good guide jadi mupeng pengen cobain apalagi belum pernah ke museum yang ada dijakarta hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain lah mb Herva kalo pas mampir ke Jakarta 😘 Bisa ajak baby ntar rutenya tentuin sendiri hehe.

      Delete
  7. waah dipandu sama Mas Farid.. seru pastinya ya mbak..
    banyak cerita dan yang pasti disampaikan dengan sangat menarik membuat kita semakin cinta sejarah dan peninggalannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak Monda 😀 Hahaha ngefans juga ya sama mas Farid? Wkwkwk iya cara menyampaikan ceritanya asyik ga ngebosenin 😘

      Delete
  8. saya belum lagi datang ke Jakarta..

    suatu hari nanti ...

    saya akan berpeluang untuk ke sana..

    In shaa Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari main2 ke Jakarta mas. Banyak wisata sejarah yang belum terjamah masyarakat luas nih 😘

      Delete
    2. in shaa Allah..

      jika rezeki murah

      Delete
    3. Siiip..mss Hanafi 😊 aamiin.

      Delete
  9. Seru ... Harusnya dibuat juga tuh untuk daerah Salemba dan Senen. Banyak tempat bersejarah juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rute bisa kita request kok..yang sejalan aja biar enak 😊 coba aja tanya2 sm JGG.

      Delete
  10. Ke Kotu ini memang nggak cukup 1 hari ya, karena tempat yang dikunjunginya banyak, haha... Wah enak ya anak2 jadi bisa dapat info dg guide pribadi. Keren ya sekolahnya Teteh Rafa, ada program outing class untuk real conv. Apalagi di Kotu banyak bule juga kan, jadi bisa practice, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa berkali2 nih Kawasan kota Tua doang. Belum lagi lokasi Jakarta lainnya kan banyak tuh. Aku kepengen kelilingin China Town deh.. Iya MTs 4 sekolah Rafa ada program field trip buat practice English nya..Miss nita 😘

      Delete
  11. Jakarta makin banyak tempat rekreasi menarik. Tapi teteplah kotu punya daya tarik tersendiri ya. Tempatnya strategis dan ga jauh dari stasiun kota bikin destinasi ini jadi favorit warga Jakarta dan sekitarnya lho mbak. Wahh apalagi main bareng teman2 pasti makin seru ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalur trabsportasinya mendukung banget buat walking tour Kota Tua. Hemat pula hehe.. dari stasiun Kota tinggal bener2 jalan kaki. Itung2 sambil olahraga daripada manja2an di mobil kd mager hihihi 😆

      Delete
  12. Wah senangnya ada city tour :) Kata Trinity (traveler), di Eropa sudah biasa ada city tour yang bayar sukarela :) Semoga di kota-kota lain di Indonesia ikut-ikutan. Cerita dan info yang menyenangkan buat backpacker traveler. Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Jakarta Good Guide ini terinspirasi dr walking tour di London dan negara2 lain. Ayuk mas..kapan join tur nih 😘

      Delete
  13. aku tuh pengen banget ikutan walking tour ini buat nambah wawasan. semoga aja pas aku ke jakarta lagi bisa daftar program ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip Koh Huang 😊 Daftarnya bisa by email atau telepon kok. Pilih destinasi wisatanya juga bisa.

      Delete
  14. Ternyata banyak yaa jalur wiaata kota tua. Wkt itu ade sekeluarga solo toruing ke museum2nya tuh. Memang seru dan bagus buat pembelajaran anak2. Pengen juga deh nyobain yg Chinatown.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss..aku juga prnasara China Town. Kali aja kapan2 kita bs barengan walking tour ya mb Ade.

      Delete
  15. asyiknya bisa sama2 ke sana pastinay seru habis ya, niatan ke sana sampai sekarang belum kesampaian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk mb Tira. Ajak anak2, suami dan sodara2 hehe makin rame makin asik 😘

      Delete
  16. Jadi ingey rencana kita dari jaman dahulu kala pengen belanja bahan crafy bareng di Asemka belum kesampaian juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mb Astri hihihi 😘😍 nyambung ke Kota Tua langsung jln2 deh kita.

      Delete
  17. Walking tournya seru reramean begitu. Harus siap-siap balsem nih ikutan tour kayak begini karena pasti bakal jalan terus kan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...tenang..halan2nya santai kok..ada berhenti2nya buat foto2..istirahat. jam muter2nya bisa diaesuaikan dg kemampuan kita 😘

      Delete
  18. Ihhhh seru. Langsung hunting IG nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip..sip, mbak Cha :D Have fun yach!

      Delete
  19. Kesukaan aku sama suami ke jakarta kota. Gampang tinggal naik krl. Suami paling suka wisata sejarah kalo kemana2 makanya aku juga jd ketularan suka sejarah, bangunan tua, macem jakot ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng ya transportasi ke Kota Tua bisa naik KA gini dan hemat hihihi.. Ayuklah sering2 main berwisata ceria :D

      Delete
  20. Seru banget ya Mba, aku malah baru tahu JGG ini. Kapan2 jadi pengen ikutan tour sama mereka deh, murah meriah sekaligus donasi, senangnya jadi double deh :))
    TFS ya Mbaaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kontak aja kalo penasaran tanya2 dulu nanti JGG jelaskan by email :) Sip, sama2 mbak Hani.

      Delete
  21. Sudah lama pengin wisata ke Kota Tua, kayanya, historical banget. Semoga bisa segera ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinyaaaa dong ya :) Met jalan2 deh, mbak Tite.

      Delete
  22. boleh nih JGG, nanti dicoba ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okay, silakan coba :) Tq udah mampir ya.

      Delete
  23. Udah lama euy nggak jalan-jalan ke museum. Pengen yang ke Syahbandar aku kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik juga ke Syahbandar, mbak Git, met walking tour :D

      Delete
  24. Mba Ade, aku pengen juga mengikuti walking tour ini karena jadi pengen tahu JAkarta lebih jauh. Khususnya tempat bersejarahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mbak Nurul hihihii... Hayuklah tanya2 dulu, rutenya bisa kita tentukan kok, mereka tinggal menyesuaikan aja enaknya gimana.

      Delete
  25. Bagus ya terkoordinir begini.. jadi lebih terencana hari apa mau kemana.. dulu banget pernah ajak anak ke kota tua waktu masih punya anak satu.. sekarang pasti sudah jauh lebih menarik ya kota tua
    apalagi monas ya.. lewat doang ngga mampir hehe.. well note mba Nurul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, mak Elly. Semoga ntar anak udah gedean bisa diajak walking tour hehe kalo khawatir capek, dibawa aja kereta dorongnya.

      Delete
  26. Seru tuh mbak. BBrp teman pernah ngajakin jalan ke kota tua sampai ke gang2 gtu tapi aku blm pernah ikut. Ada yg tergabung jg sama organisasi tour guide kyk gtu. Pernah nyobain saat liburan, lha kok kota tua penuh banget sama wisatawan, gagal poto2 bagus krn lapangannya aja ketutup massa.
    Pas itu sayangnya museumnya tutup.
    Jakarta emang salah satu kota yang banyak potensi wisata sejarah dan budayanya ya. Kegiatan yang baik buat anak2, selain jg mempraktekkan bhs Inggrisnya TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya Hari Senin itu museum dibersihkan dll jadi tutup. Mungkin bisa dicoba di hari lain. Memang sekarang makin rame aja peminat wisata Kota Tua ini, apalagi dipandu sama guide JGG makin asyik dan mantap deh! :)

      Delete
  27. Beberapa kali aku wisata ke Kota Tua dan masuk museum-museum yg dekat di situ. Entah mengapa, anak-anakku gak betah, ada suasana anyepnya, apalagi pas liat patung di dlm museumnya hihi, entahlah. Jadi lebih suka main di pelataran luarnya aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga bangunan yang jarang dihuni seperti rumah kita hihihi... Ya mungkin ada makhluk halus yang berada di tempat itu, mbak. Tapi ga usah takut, rame2 aja masuk museumnya hahhaha :D

      Delete
  28. Wah asik banget euy. Seumur2 aku blm pernah ke kota tua wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karunya euy alias kasiaaaaan deh mak Leyla wkwkwkkw.. Hayuk lah jalan2 seru ke Kota Tua dan sekitarnya. Banyak jajanan loh, biar gembul makkk! :D

      Delete
  29. membaca tulisanmu ini bikin aku keingetan sama kegiatan yg pernah aku ikutin di kota tua

    dulu banget sebelum menikah pernah ikutan event-nya kang asep kambali di kota tua, seru banget itu karena kegiatan padat dan adik2ku yg masih esde dan esempe juga senang

    setelah menikah sering ke kota tua bahkan ikutan event di daerah pik, sering liat tempat2 bersejarah kayak toko merah, masjid luar batang dll tapi itu sekedar liat dari jauh :( belum pernah ikutan trip lagi, karena klo nge-trip gini kan asyiknya lebih ter-manage dan yg penting ada guide-nya yg bakal ndongengin sepanjang acara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiiii mak Maria pa kabar? 😘 Waaah... ternyata demen jln ke Kota Tua juga ya sejak lama. Keren! Yoi mak... ini.pun pertama kali aku pakai jasa JGG. Seneng deh berwisata sejarah walking tour sambil didongengi oleh para guide yg profesional. Kpn2 yuk jln bareng in sya allah 🤗😘

      Delete
  30. Seru juga ya klo ada guide ya gitu kak.. aku klo ke jitu cuma ke museum2 nya saja .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuklah coba walking tour nya, mas Idris 😋

      Delete
  31. Kalau sepi aku suka kawasan kota tua ini tapi ketika ramai dan banyak keanehan mulai perlahan aku melipir ahanya di waktu sepi baru asik kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah pas lebaran hari H ke Kota Tua 😅 Wuuuih gilee bener ruamenya samlai sesak...mundur perlahan tapi tetap menikmati museum dikit2 aja.

      Delete
  32. saya pernah ke kota tua, tapi waktu itu berangkatnya malam hari, alhasil ga bisa lihat ke dalam gedungnya kan. Bermodalkan internet, google map dan tanya ke mbak-mbak di transjakarta, saya dan seorang teman sebagai wisatawan luar daerah menyusuri tempat ini.

    Ternyata malam hari rame juga, banyak pedagang. Dan banyak pengunjung yang sekedar duduk dan berkumpul di "halaman" kota tua ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya mas? Asyik ya jln2 ke akota Tua malam hari? Pasti makin aeru ya bisa kulineran yg enak2 hehehe. JGG juga bs nih memandu wisatawan untuk night walking tour 😚

      Delete
  33. Aku pernah ke kawasan kota tua Jakarta,kak tapi saat itu ngga pakai jasa guide.
    Kagum, lihat bangunan peninggalan kolonial terawat baik disana.
    Rasanya pengin ngulangi lagi buat memotret lokasi buat pelengkap artikel karena file foto banyak yang kurang lengkap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada perbedaannya loh jln2 aja dengan jln2 pakai jasa guide. Jadi kayak wisata sejarah yang nambah wawasan kita. Ga perlu ngegugel tinggal dengerin aja cerita guidenya. Ayo..mas Hino.. buruan sini ke Jakarta. Siapa tau kita ketemu hehehe 😍😍😍

      Delete
  34. Sempat berfoto di kota tua.. Namun hanya sebentar saja, karena urusan kantor sudah menanti.. Tapi asli, panas juga disana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelah mana panasnya mas? Hihihi kalau di lapangan Fatahillah sih jam 12 siang ke atas pas matahari terik iya. Tapi kalau pagi sampai jam 10an dan sore sih sejuk gituh 😘😘😘 Masuk ke museum2nya juga adem biasa lah natural hawanya.

      Delete
  35. Kota Tua udah jauh lebih baik dari pas pertama aku dateng tahun 2013 lalu. Tinggal bersihin kanalnya aja sih supaya jernih dan nggak bau :D

    Btw maaf mbak, pembangunan infrastruktur bukan penyebab tersingkirnya hak pejalan kaki. Apalagi MRT, nantinya MRT akan berpihak kepada pejalan kaki dengan menyediakan lajur khusus. Yang menyebabkan tersingkirnya pejalan kaki adalah budaya pengendara motor yang sering melipir ke trotoar dan warganya sendiri yang membuka lapak dagangan di trotoar. Justru pembangunan infrastruktur yang akan jadi solusi untuk mengembalikan hak pejalan kaki, dengan merevitalisasi trotoar, membangun trotoar baru, atau membuat jembatan layang / skywalk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Matius, apa kabar? 😊 Waaahhh bener juga sih yang dikatakan mas... terima kasih ya atas masukan dan koreksinya hehehe.. Iya sih.. mental para pengguna jalan raya terutama pesepeda motor itu mesti diperbaiki. Entah kapan bisa tertib berlalu lintas seperti di negara2 maju. Semoga pembangunan insfrastrukstur di Indonesia bisa mengembalikan hak para pejalan kaki ya aamiin 😊

      Delete
  36. Mbak Nurul, aku seneng sekali baca artikel ini. Baru kali ini aku tahu ada organisasi bernama Jakarta Good Guide. Aku langsung follow Instagramnya lho. Sebagai orang luar Jakarta, aku selalu penasaran bagaimana menikmati tour sejarah Jakarta tanpa kemacetan, dan JGG ini kasih solusi yang oke banget. Sepertinya aku ingin menyewa mereka buat ngeguide aku. Thank you very much! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Dokter Vicky cantik... terima kasih kembali 🤗😘😍 Iya... pasti seneng deh kalo jalan2 ada pemandu wisatanya jadi tambah wawasan dan sejarah tempat yang kita kunjungi. Sip..silakan kontak JGG aja kalo mau tanya2 dulu. Ditunggu kisah serunya pas mampir ke Jakarta ya 😀

      Delete
  37. sering lewat kota tua tapi gak pernah melipir :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melipir lah sesekali kalo gitu hehehe 😍 Seru loooh menjelajah 😘

      Delete
  38. "Pay as you wish" bayarnya sesuai keiinginan kita? Tidak dipatok tarif tertentu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...itu awalnya. Tapi makin main ke sini ada biasanya tergantung jumlah peserta dan destinasi juga lama walking tournya. Silakan hubungi aja langsung Jakart Good Guide nya ya tq 😊

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.