Friday, February 14, 2020

# blog competition # traveling & culinary

Khasiat Mengonsumsi Jamur Tiram Putih sebagai Pangan dari Hutan di Indonesia

Jamur tiram goreng tepung sangat enak dinikmati sebagai camilan di sore hari atau kapan saja kita mau. Tak kalah lezat jika kita mengolahnya sebagai menu tumis atau kuah seperti capcay, sup, dan sebagainya. Karena beragam khasiatnya, jamur dimasukkan ke dalam kategori pangan fungsional. Pengertian pangan fungsional menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) adalah bahan makanan alamiah. Kali ini aku mau bercerita tentang jamur tiram putih sebagai pangan dari hutan beserta resep masakannya. 

khasiat mengonsumsi jamur tiram putih sebagai pangan dari hutan di indonesia nurul sufitri travel lifestyle blogger review culinary


Ratusan jenis pohon dan tanaman lain tumbuh di hutan, begitu juga berbagai jenis hewan, burung dan serangga. Hewan dan tumbuhan sangat berarti bagi kita semua terutama masyarakat yang tinggal di dekat hutan. Sebagian hasil hutan merupakan sumber makanan, sebagian lagi untuk dijual. 

Ada juga produk hutan non kayu yakni sumber daya hutan yang digunakan untuk membangun rumah, membuat perabotan misalnya keranjang, tikar, lemari dan sebagainya. Kata “hutan” mungkin tak lagi asing di telinga kita, tetapi apakah teman-teman tahu pengertian dari tempat penuh pepohonan rindang tersebut? 

Pengertian Hutan dan Manfaatnya bagi Kehidupan Manusia

Hutan merupakan suatu tempat yang luas atau ekosistem yang dipenuhi oleh tumbuh-tumbuhan lebat seperti pohon-pohon, semak-semak, paku-pakuan, jamur dan jenis tanaman lainnya. Selain itu, hutan juga menjadi tempat tinggal beragam fauna terutama hewan liar yang dilindungi keberadaannya. Sebuah lahan atau tempat dapat dikatakan hutan karena memiliki ekosistem yang saling berkesinambungan satu sama lain. 

Dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 mengenai kehutanan menyebutkan bahwa hutan didefinisikan sebagai sebuah kesatuan dari ekosistem dari kumpulan flora dan fauna atau sumber daya hayati yang biasanya didominasi oleh pepohonan. Sebuah tempat bisa disebut hutan apabila memenuhi beberapa unsur seperti adanya hamparan lahan, berupa ekosistem, terdapat sumberdaya alam flora dan fauna serta dapat memberikan manfaat untuk guna dan daya. 

Mengapa Hasil Hutan Begitu Penting bagi Kehidupan Manusia? 

Makanan dari hutan sangat menyehatkan bagi tubuh karena mengandung berbagai nutrisi, vitamin, mineral dan sebaginya. Berkat produk hutan, warga yang tinggal di sekitar hutan bisa memperoleh pendapatan yang lebih mapan. Hutan juga bisa menjadi tempat wisata, terutama yang dialiri air sungai dan sebagainya.

khasiat mengonsumsi jamur tiram putih sebagai pangan dari hutan di indonesia nurul sufitri travel lifestyle blogger review culinary
Wisata Alam Pinus Asri & Camping Area

Dengan produk hutan, orang-orang bisa mendapatkan uang cadangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti biaya pendidikan dan kesehatan. Menurut National Geographic, hutan mencakup sekitar 30% dari planet bumi. Tahukah kalian bahwa tanggal 21 November diperingati sebagai ’Hari Pohon Sedunia’? 😃

khasiat mengonsumsi jamur tiram putih sebagai pangan dari hutan di indonesia nurul sufitri travel lifestyle blogger review culinary
Pohon Beringin Kembar di Sekitar Keraton Yogyakarta

khasiat mengonsumsi jamur tiram putih sebagai pangan dari hutan di indonesia nurul sufitri travel lifestyle blogger review culinary
Berada di Hutan Pinus

Manfaat Hutan 

Nah, teman-teman sudah tahu tentang pengertian hutan, bukan? Sekarang yuk, kita bahas apa sajakah manfaatnya? Hutan mempunyai banyak manfaat untuk kita semua. Seluruh masyarakat harus menjaga hutan demi kehidupan kita sekarang dan akan datang. Jangan sampai akibat ulah tangan-tangan manusia, tingkat keruskaan makin tunggi akibat kebakaran hutan, penebangan liar dan sebagainya. 

  • Hutan sebagai manfaat klimatologis. Pernah dengar istilah ‘Paru-Paru Dunia?’ Ini berarti hutan membantu memasok oksigen dunia, dikatakan sebagai manfaat klimatologis. Hutan-hutan di dunia mempunyai karakteristik yang berbeda-beda lho, sehingga hutan pun dapat mengatur iklim dari suatu tempat ke tempat yang lain. Hebat sekali ya, ternyata hutan bisa berfungsi sebagai pengontrol iklim dari suatu tempat. 
  • Hutan sebagai manfaat ekologis Manfaat ekologis dari hutan itu seperti mencegah timbulnya banjir atau erosi, menjaga dan menyuburkan tanah, sebagai tempat hidup flora dan fauna khas dari tempat hutan itu tumbuh. 
  • Hutan sebagai manfaat hidrolis Hutan berfungsi menjaga kualitas air tanah agar memiliki pH yang sesuai sehingga air yang ada di daratan layak dikonsumsi. Hutan juga menjadi tempat untuk menampung air hujan secara alami, sehingga dapat mencegah kekeringan ketika musim kemarau tiba. 
  • Hutan sebagai pemasukan devisa negara. Hasil hutan seperti kayu, buah-buahan, tumbuh-tubuhan dan sebagainya selain untuk dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia juga bisa diekspor ke luar negeri. Hasil hutan dapat dijual langsung atau diolah menjadi berbagai barang yang bernilai ekonomi. Selain itu hutan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi pembalak hutan legal. 

Baca: Rakornas KADIN Fokus pada Produktivitas, Daya Saing Pertanian dan Industri Pangan 


Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) 

Berbagai jenis hutan di Indonesia dapat kita temui seperti hutan hujan tropis, hutan bakau, hutan sabana, hutan musin, hingga hutan rawa. Jenis hutan di Indonesia yang paling tekenal adalah hutan hujan tropis. Hal ini disebabkan oleh negara kita yang berkepulauan sehingga hutan-hutannya banyak memperoleh sinar matahari, curah hujan yang tinggi dan suhu rata-ratanya juga tinggi. 

Permasalahan lingkungan di sekitar kita saling terkait dan seolah-olah tiada habisnya. Pencemaran air dan udara, penebangan pohon di hutan secara liar, penggundulan hutan dan masih banyak lagi adalah contoh nyata yang tak mudah dituntaskan. Ada sebuah organisasi publik yang hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mewujudkan kehidupan hutan dan makhluk hidup yang berkesinambungan. 

Sejarah Singkat WALHI 

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia atau biasa dikenal sebagai WALHI merupakan forum kelompok masyarakat sipil yang terdiri dari organisasi non-pemerintah/Non Government (Ornop/NGO), Kelompok Pecinta Alam (KPA) dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Orgainsasi ini didirikan pada tanggal 15 Oktober 1980 sebagai reaksi dan keprihatinan atas ketidakadilan dalam pengelolaan sumber daya alam dan sumber-sumber kehidupan, sebagai akibat dari paradigma dan proses pembangunan yang tidak memihak keberlanjutan dan keadilan. 

Keberadaan WALHI tak bisa dilepaskan dari salah seorang tokoh yang ada di Indonesia yaitu Emil Salim. Setelah dua bulan diangkat sebagai Menteri Lingkungan Hidup pada masa pemerintahan Soeharto, Emil Salim mengadakan pertemuan dengan beberapa kawannya, yaitu Bedjo Rahardjo, Erna Witoelar, Ir. Rio Rahwartono (LIPI), dan Tjokropranolo (Gubernur DKI), untuk membicarakan agar lingkungan menjadi sebuah gerakan dalam masyarakat. (Sumber: Wikipedia dan website WALHI)

Apa Saja yang Dilakukan WALHI? 

  1. WALHI terus berupaya menjadi organisasi yang populis, inklusif dan bersahabat dan transparan. 
  2. Mengelola pengetahuan yang dikumpulkan demi menyelamatkan lingkungan hidup yang dilakukan anggota, jaringannya maupun publik. 
  3. Menjadi sumber daya, ide, kreativitas dan kaderisasi kepemimpinan dalam penyelamatan lingkungan hidup. 
  4. Menggalang dukungan nyata dari berbagai elemen di masyarakat. 
  5. Fokus dan prioritas dalam mengelola kampanye dan advokasi untuk berbagai isu seperti air, pangan, hutan, perkebunan, energi, tambang, pesisir, laut dan isu-isu perkotaan. 

Baca: Wisata Bogor ke Villa Bukit Hambalang dan SKI Tas Tajur

Suka makan tumis jamur dan rebung? Wah, aku doyan banget. Pernah mencoba buah mangga liar yang kaya akan vitamin dan mineral? Atau sempat mencicipi daging hewan liar dengan sumber lemak dan mikronutrisi? 

Jamur, rebung bambu sumber serat, pakis sumber karbohidrat kompleks dan minyak dasar, hanyalah sebagian sumber pangan bernutrisi dan beragam yang telah lama mengisi pola diet masyarakat yang tinggal di dalam dan di sekitar hutan. 
  

Manfaat Jamur Tiram Putih bagi Kesehatan 


khasiat mengonsumsi jamur tiram putih sebagai pangan dari hutan di indonesia nurul sufitri travel lifestyle blogger review culinary
Jamur Tiram Putih (Foto: seruni.id)
  
Nah, sekarang aku mau berbagi kepada teman-teman tentang sebagian kecil manfaat jamur tiram putih bagi kesehatan dari Wikipedia dan website hellosehat. Yuk, simak bersama! 😄
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine mengatakan bahwa jamur tiram berpotensi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia. Terdapat makrofrag yakni salah satu bagian dari sel darah putih yang mampu melawan virus, bakteri, dan mikroorganisme yang ada di dalam tubuh. 
  • Menangkal radikal bebas. Ada kandungan antioksidan dalam jamur yang bisa membantu menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat memicu gangguan jantung dan kanker. Antioksidan juga bisa meningkatkan sistem imunitas dan melindungi kulit dari penuaan. 
  • Mengurangi kolesterol. Kandungan beta-glucan dapat menyerap kolesterol di aliran darah. Beta-glucan adalah salah satu bentuk serat larut air pada jamur. 
  • Sumber vitamin B3. Vitamin B3 pada jamur membantu proses pertumbuhan, perkembangan serta kerja organ-organ dalam tubuh. Memecah karbohidrat, lemak dan protein dan makanan yang dikonsumsi menjadi energi. 
  • Cegah diabetes. Jamur dikenal rendah energi, tak berlemak, tanpa kolesterol, karbohidrat yang sangat rendah, kandungan proteinnya tinggi. Kaya vitamin dan mineral. Jamur juga mengandung banyak air dan serat, insulin alami dan enzim yang membantu memecah gula atau pati dalam makanan. Orang yang mengalami diabetes sering menderita infeksi, terutama pada anggota tubuh mereka, yang cenderung berlanjut untuk jangka waktu yang lama. Antibiotik alami di dalamnya dapat membantu melindungi orang yang mengalami diabetes. 
  • Meningkatkan kesehatan tulang. Di dalam jamur terdapat sumber kalsium yang kaya nutrisi penting dalam pembentukan dan penguatan tulang. Nah, pasokan pasokan kalsium yang stabil dalam makanan bisa mengurangi kemungkinan kita mengalami kondisi seperti osteoporosis dan dapat mengurangi nyeri sendi. 
  • Menurunkan berat badan merupakan salah satu makanan langka yang orang bisa makan sesering mungkin, tanpa efek samping. Satu studi mengganti daging merah dengan jamur kancing putih, sekitar satu cangkir per hari, dan menemukan bahwa orang yang makan jamur tidak hanya kehilangan berat badan, tetapi juga menurunkan ukuran pinggang dan lebih mampu mempertahankan berat baru mereka. 

Hutan Sebagai Sumber Pangan 

Dari forestnews.cifor diketahui bahwa Panel Ahli Tingkat Tinggi (HILPE) yang beranggotakan ilmuwan dan spesialis ketahanan pangan dan nutrisi memanfaatkan informasi bentang alam dunia untuk menguji hipotesis tentang pemanfaatan hutan berkelanjutan meningkatkan kesehatan dan diet masyarakat terdekat. Menurut Terry Sunderland, Ilmuwan Utama Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR) , Ketua Tim HILPE, ada estimasi bahwa pada tahun 2050 dunia akan dihuni 9 miliar orang. 

khasiat mengonsumsi jamur tiram putih sebagai pangan dari hutan di indonesia nurul sufitri travel lifestyle blogger review culinary
Jamur Tiram Putih sebagai Pangan dari Hutan (Foto: travel.teibunnews)
 

Penelitian CIFOR

Ada pula penelian di CIFOR tentang masyarakat yang tinggal dekat hutan dan bentang alam berbasis pohon memiliki diet lebih baik dibandingkan dengan masyarakat lain, terlepas dari kondisi kemiskinan. Ternyata siput dan sayuran liar mengandung sumber mikro nutrisi dan protein sangat penting dan tak bisa diremehkan. 

Hutan memiliki dampak besar terhadap produksi pertanian sekitarnya. Hutan dapat menjadi rumah bagi penyerbuk yang membantu banyak tanaman pertanian berproduksi, menjernihkan air, sumber tanaman obat dan kesehatan alami, penyokong ternak gembala. Selain itu hutan juga menyediakan kayu sebagai sumber bahan bakar sepertiga populasi dunia. 

LIPI 

Menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), jamur pangan baik dikonsumsi bagi pelaku diet karena jamur pangan memiliki kadar kalori yang rendah. Jenis jamur pangan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 511/Kpts/PD.310/9/2006 tanggal 12 September 2006 tentang Jenis Komoditi Tanaman Binaan Direktorat Jenderal Hortikultura, antara lain Jamur Merang (Volvariella), Jamur Tiram (Pleurotus), dan Jamur Kuping (Auricularia). Ada juga Jamur Shitake (Lentinus), Jamur Kancing/Champignon (Agaricus) serta Jamur Lingchi (Ganoderma). 

Aku baca di website balitbangkota.palangkaraya bahwa Peneliti Budidaya Jamur Pangan, Pusat Penelitian Biologi LIPI, Iwan Saskiawan mengatakan bahwa jamur merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki cita rasa yang lezat dan bernilai gizi tinggi. Jamur juga termasuk dalam pangan fungsional yang dapat dikonsumsi tanpa dosis tertentu.

Rata-rata jamur mengandung 19-35 persen protein lebih tinggi jika dibandingkan dengan beras (7,38 persen) dan gandum (13,2 persen). Asam amino esensial yang terdapat pada jamur, ada sekitar sembilan jenis dari 20 asam amino yang dikenal. Selain itu, 72 persen lemak jamur termasuk jenis lemak tidak jenuh. 

Jamur mengandung berbagai jenis vitamin, antara lain B1 (thiamine), B2 (riboflavin), niasin dan biotin. Selain elemen mikro, jamur juga mengandung berbagai jenis mineral, antara lain K, P, Ca, Na, Mg dan Cu. Jumlah kandungan seratnya yang berkisar antara 7,4-24,6 persen sangat baik untuk pencernaan. Jamur juga mengandung senyawa yang bersifat antitumor, menurunkan kolesterol dan antioksidan. Kandungan riboflavin, asam Nicotinat, Pantothenat, dan biotin (Vitamin B), masih terpelihara dengan baik meskipun jamur telah dimasak. 
 
Jamur tiram bentuknya putih, lebar, tumbuh bergerombol seperti payung, dan bentuknya menyerupai cangkang tiram. Jamur tiram banyak ditemukan di pasaran dan tergolong mudah untuk tumbuh di seluruh kawasan Indonesia maupun dibudidayakan. Hampir semua orang menyukai jenis jamur ini, terlebih karena jenis jamur ini sangat lezat dijadikan olahan jamur krispi.

Resep Capcay Jamur Tiram Putih ala Nurul Sufitri


khasiat mengonsumsi jamur tiram putih sebagai pangan dari hutan di indonesia nurul sufitri travel lifestyle blogger review culinary
Capcay Jamur Tiram Putih ala Nurul Sufitri
 
Bahan-bahan: 
 
- Jamur tiram putih 2 bungkus (Kalau beli di pasar atau warung biasanya dimasukkan ke dalam plastik bening. Harganya berkisar 3-6 ribu saja).
- Udang ¼ kg (-+ 17 ribu)
- Sawi putih atau pakcoy 4 bonggol (potong sedang 4 cm)
- Bakso 10 buah (potong pipih)
- Telur 1 butir (jika suka)
- Daun bawang (potong kecil)
- Bawang bombay 1 siung
- Bawang putih 4 siung
- Cabai rawit orens 10 buah
- Garam Minyak goreng
- Saus tiram
- Lada bubuk
- Air matang
- Tepung maizena

khasiat mengonsumsi jamur tiram putih sebagai pangan dari hutan di indonesia nurul sufitri travel lifestyle blogger review culinary
Jamur Tiram Putih Siap Dimasak
 
Cara membuatnya:

-  Siapkan wajan. Tuangkan minyak goreng secukupnya kira-kira 1-2 sendok makan. 
-  Masukkan irisan bawang bombay dan bawang putih, aduk perlahan dengan api sedang. 
-  Masukkan cabai rawit orens, udang dan bakso lalu masak hingga setengah matang dan harum. 
-  Masukkan kocokan telur, aduk perlahan. 
- Tambahkan sawi putih atau pakcoy kemudian taburkan garam, lada bubuk dan saus tiram secukupnya. 
- Tambahkan air matang dan tepung maizena yang sebelumnya sudah dicampurkan di wadah lalu aduk hingga matang. 
-  Santap selagi hangat. Jangan lupa mencuci semua bahan-bahannya sebelum dimasak ya.


khasiat mengonsumsi jamur tiram putih sebagai pangan dari hutan di indonesia nurul sufitri travel lifestyle blogger review culinary
Berada di Spot Foto Hutan Pinus
 
Nah, ternyata masak capcay jamur tiram putih itu gampang banget kan? Silakan teman-teman coba membuatnya sendiri di rumah ya 😃 Oh ya, kalian harus berhati-hati juga jangan asal makan saja, karena kita harus mengenal dan mengetahui sumber pangan mana yang baik maupun yang ga seharusnya dikonsumsi. Mari kita cintai dan pelihara hutan-hutan di Indonesia yang telah begitu banyak memberikan manfaat bagi semua makhluk hidup terutama manusia dalam kehidupan! 

#PulihkanIndonesia
#RimbaTerakhir
#WALHIxBPN
#HutanSumberPangan
#BlogCompetitionSeries

 

120 comments:

  1. Dulunya saya gak doyan jamur, setelah diolah seperti daging bumbu kecap duh maknyus rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak kok, jamur tiram putih dan jenis jamur lainnya :) Apalagi jika disantap begitu kelar dimasak, harum, enaaaak deh :D

      Delete
  2. Bisa menurunkan berat badan. Boleh kayanya kalo dicoba untuk d konsumsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa :) Hayuk, rajin mengonsumsi jamur! Jangan luapaolahraga juga ya.

      Delete
  3. jamur tiram mau diapakan juga tetap enaaaak. Kesukaan saya iniih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss, Mama Indri! Iya, mau ditumis, dipepes dll enak tentunya :)

      Delete
  4. Pertama kali ketemu jamur ini, waktu SMA dan langsung ngebangun kumbung jamur bareng guru biologi dan teman seangkatan. Sampe sekarang suka makan jamur ini, baik tumis ataupun di sop, mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Wah, keren deh mbak Harumi membangun kumbung jamur. Iya manfaatnya banyak banget bagi kesehatan tubuh kita :)

      Delete
  5. Jadi teringat jaman sekolah dulu aku ikut kegiatan tanam dan panen jamur tiram.
    Hampir tiap hari makan jamur karna memang tinggal petik aja haha.
    Kalau sekarang jarang makan jamur lagi karna harus beli wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, senaangnya ya makan jamur tinggal petik hihihi. Tapi kalaupun mesti beli, jamur tiram putih ini terjangkau kok harganya. Berbeda dengan jenis jamur lain yang beberapanya dijual dengan harga cukup tinggi di supermarkert karena agak jarang keberadaannya :D

      Delete
  6. jamur tiram ini dulu banyak dikampungku d ciamis,kalau mau masak tinggal nyari dulu sebentr trus dapet banyak deh, enak banget rsanya, apalagi pas baru dipetik trus ditumis pake bawang sama cabe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duluuu stok jamur di hutan buanyaaak ya. Sekarang juga banyak sih kan jamur bisa dibudidayakan :) Iya, bawang, cabai dll kudu masuk wajan atau panci. Biar rasanya enak, wanginya hhhmmm sedaaap!

      Delete
  7. ini kesukaanku, dan aku paling suka kalau jamur ini dibuat sate mirip kayak sate ayam rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, enak juga tuh berasa makan sate ayam beneran. Yang penting bumbunya mesti pas :D

      Delete
  8. Jamur jadi slah satu favorite menu masakan dirumah Juga mba... Bener bangt hutan harus dilindungi selain sumber pangan Juga sbg paru2 dunia y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Kita harus bisa menjaga hutan karena banyak sumber daya alam yang sangat berkhasiat untuk kesehatan dan kehidupan manusia di bumi ini :)

      Delete
  9. aku suka banget olahan jamur tiram putih ini, udah jarang sekarang jamur ini tumbuh di hutan kita ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jamur seperti ini banyak dibudidayakan :) Tenang aja, banyak stok di pasar tradisional dan warung sayur kok, atau supermarket, cuma beda2 harganya hehehe.

      Delete
  10. Ini merupakan salah satu jamur yang enak dg harga murah, ya mbak?

    Aku suka makan jamur, daripada ayam sih hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya murah kok :) Hihihihi daging ayam dan jamur tiram dimasak jadi satu juga enak, mbak :D

      Delete
  11. Aku suka olahan jamur putih dan biasanya aku goreng tepung mba. Biar makin kriuk dan anak anak juga suka. Sepakat untuk jaga hutan bersama sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sammmmmaaaa! Anak2ku juga doyan banget jamur krispi, aku juga. Pakein saus hhhmm..yummy!

      Delete
  12. Wah.. ternyata banyak juga manfaat dari hutan ya.
    Kita harus benar-benar menjaga hutan dengan baik, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :) Pasti dong. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga hutan?

      Delete
  13. Wah baru tau khasiat jamur tiram putih bisa melangsingkan badan. Dia setara sama daging merah. Asyiiiik..

    Ade seting buat pepes tahu jamur tiram nih. Mayan kaaan ngecilin ukuran pinggang. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mboroooooong yuks, Mbak Ade! Biar langsing hihihii :D Iya dipepes juga enak tuh si jamur tiram.

      Delete
  14. Jamur ini juga ada di hutan ya? Enak banget ini tumisan jamur favorit anak-anak di rumah. Memang kelestarian hutan perlu dijaga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada :) Sama dong, kita sekeluarga juga demen banget :)

      Delete
  15. Ya Allah, itu enak banget sih jamurnya dan baru tau kalau ternyata manfaatnya bejibun ya mba. Dulu pas kecil sering banget nemu jamur tiram putih tumbuh di pohon2 nangka dan mangga depan rumah, jamurnya ibuku tumis deh, rasanya maknyooos, karena seger juga kali ya baru banget metik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi2, buanyaaak deh khasianya. Ini hanya sebagian kecil aja :) Wah, mantap banget dong begitu jamur dipetik langsung dimasak :D

      Delete
  16. Aku doyan banget makan jamur. Dan biasanya kalau jamur yang tumbuh liar dan alami, lebih enak ketimbang yang budidaya. Makanya harus kita jaga banget hutannya yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Jamur merupakan makanan alami dari hutan. Jaga bersama2 yuk hutan kita!

      Delete
  17. Wah aku tuh sering ke hutan dulu dan agak takut konsumsi jamur yang belum aku kenal. Ternyata ini namanya jamur tiram putih ya. Aku sering menyebutnya jamur payung kalau ga salah dan enak banget karena dijual di warung sayur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang kudu hati2 pilih jenis jamur yang akan dikonsumsi :) Betul, bentuknya seperti payung, lucu ya.

      Delete
  18. Saya cukup suka ama rasa jamur sih, apalagi kalo dicampur ama mie yama ataupun steak, enak uy. 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tumis jamur jadi topping steak makin nikmat hhmmm 😋😋

      Delete
  19. Banyak juga pembahasan nya, dari Jamur tiram, hutan, sampai WALHI semua juga ada.

    Tapi aku pilih jamur tiram saja masakan mbak Nurul sufitri.😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa 😁 sini, Mas Agus. Makan di rumahku 😍

      Delete
    2. Kalo makan di rumah mbak ngga ada bon nya kan? Apa bayarnya tanggal satu? 😁

      Delete
    3. Gretong, mas kalau makan janur di rumahku hahaha 🤣🤣🤣

      Delete
    4. Dibungkus saja deh kalo gitu, nanti dikirim lewat JNE ya biar cepat.😁

      Delete
    5. Ga enak atuh udah keburu dingin hahaha :D

      Delete
  20. Enak yah memang favoFavo deh jamur ini

    ReplyDelete
  21. capcai jamur di foto mengundang selera….yummy...

    ReplyDelete
  22. Wow jamur memang enak banget, entah jamur bulat, jamur tiram, jamur kuping, dan jamur apa itu yg halus2. BTW diriku baru tau kalau Walhi juga nggak lepas dari peran Pak Emil Salim. beliau memang terkenal banget ya sebagai tokoh lingkungan hidup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, beliau sangat concern terhadap lingkungan termasuk hutan2 di Indonesia 😊 Jamur jenis apapun yg bisa dikonsumsi memang enak, lezat di setiap masakan 😋😋

      Delete
  23. Jaman bocah sering makan jamur, tiap nemu di kebun diambil bawa pulang kasih mama buat dimasak. Tp skrg ngeri lakukan itu stlh tau lbh banyak jenis jamur yg beracun ktimbang yg bsa dmakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehehe...kalau mau masak jamur tiram, beli di pasar tradisional aja atau warung biasanya ada 😊

      Delete
  24. paling suka makan jamur, apalagi kalo digoreng pake tepung krispi, makin enak dan gurih. Bisa dicemil maupun dijadikan lauk untuk nasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss 🖐 Iya enak banget pastinya jamur krispi. Pakai saus pedas, makannya pas panas baru diangkat dari wajan ya.

      Delete
  25. Yashhh sering makan jamur tapi belum pernah tau WALHI nih. Tapi memang alam semesta itu sungguh luar biasa efeknya untuk manusia, harus banget dijaga ya mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe tapi sekarang jadi tau kan, Mas Ogie? Yess! 😊😊 Bener...kita mesti bisa memelihara dan menjaga hutan agar lestari selamanya.

      Delete
  26. Emang enak banget si jamur tiram ini ya Mba... Dibikin krripik juga yummy dan baru tau aku dgn aneka manfaatnya buat kesehatan, tadinya cuma mikir kaya protein doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun baru tau kalau ternyata jamur bisa membantu melangsingkan badan hehehe...diimbangi dengan pola makan yang benar dan olahraga teratur tentunya 😁😁

      Delete
  27. waaah jamur ini enak banget. di goreng kriuk maksyus sekali ya kak.siapa aja pasti suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak tentuuuuuu..kriuk2 di mulut gemesin ya, tambahin saus pedas yummy!

      Delete
  28. makanan kesukaan saya nih buk. apalagi dipaduin sama indomie.. wah juara banget rasanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, iya tuh bisa banget dicampur mie hahaha. Jangan lupa cabe rawitnya ya.

      Delete
  29. akutu penyuka jamur banget mba. segala jenis jamur yg memang bisa dimakan, mau dimasak gimana aja pasti enak. jamur kayu kayak yg di atas, aku sering nemu pas msh tinggal di aceh... biasanya lgs aku petikin, trus ditumis cabe rawit ama pembantuku. untungnya di jkt jamur begini juga banyak... lagi2 dimasak tumis, ato di pepes... :D. memang enak lah... ga perlu lauk lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau jamur dipetik langsung, trus dimasak, pasti rasanya nikmat bangeeeeedddd deh. Natural gitu ya dari hutan maupun budidaya. Mantap, mbak Fanny :)

      Delete
  30. Aku bayangin rasanya. Mungkin jauh lebih gurih dan enak dibanding jamur sejenis yang dibudidaya. Secara media tumbuhnya ken pasti lebih kaya ya kalau di alam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :) Semakin terasa enak jamurnya alami langsung diambil dari hutan hhmmm.... enak!

      Delete
  31. dulu saya benci banget makan jamur, entah gasuka aja gitu sama teksturnya. beranjak dewasa mulai suka, apalagi kalau diolah jadi masakan jamur crispy. dan ternyata emang banyak banget manfaat makan jamur buat kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari sebel jadi doyan ya? 😂 Jamur memang enak kok, agak kenyal2 gitu kalau dimasak basah, renyah kalau digoreng tepung 😍

      Delete
  32. menu dari jamur itu adalah menu diet paling perfect. Pengganti nasi juga bisa karena ada kandungan karbohidratnya juga. Selain di tumis bisa juga dibuat sabu-sabu apalagi di musim hujan begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa enak tuh dbuat shabu2, apalagi kuahnya panas dan bumbunya ada pedas2nya juga 😂

      Delete
  33. Sup jamur dkt rumahku 15rb/porsi kenyang , menunya ada pula semur jamur tp blm nicipi krna buka blm lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, semur jamur enak kayaknya ya? Aku belum pernah coba jamur disemur. Boleh juga 😘

      Delete
  34. Wah, capcay jamur tiram putihnya menggoda mbak. Dibuat jamur crispy enak juga nih, hehe. Ternyata banyak manfaatnya. Aku tertarik dengan manfaatnya yang menambah kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa...enak bangets pastinya deh jamur tiram putih dimasak apa aja hehehe :) Betul, manfaatnya banyak banget buat kesehatan tubuh kita :D

      Delete
  35. Aneka jamur, salah satu pangan favorit saya. Apalagi jamur tiram ini. Ditumis enak, dibikin gorengan juga enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diapain aja enak ya jamur tiram putih 😍😍🤗🤗

      Delete
  36. Jamur tiram dimasak apa aja enak. Setahuku buat vegetarian suka diolah jadi mirip daging tuh. Aku suka dibikin cah atau digoreng krispi. Duh...pasti lebih wangi yah kalau petik dari hutan langsung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mb Hani. Bayangin deh kita petik langsung jamurnya di hutan trus masaknya pas di samping tenda 😁😂 Kemping yg asik hehehe...

      Delete
  37. Enak sekali nih ngebayangin makan malam pakai capcay jamur tiram putih. Mantap lagi kalo dijadiin jamur goreng kriuk. Dulu ada yang di sekiran stasiun pondok cina jaman saya kuliah. Sekarang udah nggak ada sepertinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang2 di restoran suka tersedia menu jamur 😍 Nyam3x enaknyaaaaa ya.

      Delete
  38. Artikel bermanfaat, ajarin fong biar banyak komen gini di Blog di Tahun 2020.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiiih 😘 Salah satunya rajin share link tulisan ke media sosial, mas 😊

      Delete
  39. Wah aku suka aku suka nih teh sama olahan Jamur Putih. Mau di tumis, mau di sup aku suka semuanyaa. Btw, kalo aku main nanti buatin tumis jamur putihnya yaa teh wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha hayuklah main.... boleh nambah kok masakan jamurnya buat Ipul mah 🤣🤣

      Delete
  40. Dukungan walhi dalam menjaga alam dan sumber dayanya harus kita dukung dan juga ikut terlibat juga untuk selalu menjaga alam ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali :) WALHI dan masyarakat Indonesia saling bersinergi menjaga dan memelihara hutan-hutan di Indonesia agar tetap lestari :)

      Delete
  41. Wawww Jamur tiram kesukaanku juga nih. Hutan memang harus dijaga karena sumber pangan ya, bisa menahan banjir pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss 😍 Iya, makanya jangan sampai terjadi lagi penebangan pohon ilegal...

      Delete
  42. Jamur tiram nih bukan cuma enak di capcay atau krispy, tapi dibikin pepes tahu plus janur tiram juga enak, rul.

    Penjelasan tentang hutannya lengkap banget. Jadi paham deh sumber pangan dari hutan menurut CIFOR

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks 😊 Iyaaa bener tuh. Jamur tiram enak juga dipepes. Cabe rawitnya jangan kelupaan 😁

      Delete
  43. Hutan sebagai paru-paru dunia harus dilindungi terlebih di hutan juga banyak tersedia sumber pangan salah satu jamur, tapi dari sekian banyak jamur cuma sekali pernah makan masakan jamur yakni tumis jamur nelinjo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak juga jamur tiram ditumis dengN melinjo 😍 Hayuk domg bikin masakan jamur lainnya 😁

      Delete
  44. Sedari kecil sudah doyan makan jamur tiram putih, terutama kalo dipepes rasanya kebangetan, bikin nambah sampe berkali-kali, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bosa nambah nasi juga akhirnya wkwkwkwkw 🤣 Jamur tiram dipepez..kemanginya jangan ketinggalan 😂

      Delete
  45. Wah, aku suka sekali jamur, apalagi jamur yangbada di kotorna sapi itu lho, yang bisa bikin halu. Ahahaha


    Memang benar soal jamur yang bisa dikonsumsi dengan kondisi khusus. Sebagai salah seorang yang menjalankan pola diet untuk menurubkan berat badan, jamur ini memang ampuh banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuuh...jangan halu donk ah 🤣🤣🤣 Ogah deh kalau yang di deket kotoran sapi mah....Yang tumbuh bersih di hutan jamurnya..atay yg dibudidayakan itu mantap, bro! 😍

      Delete
  46. Kami sekeluarga pecinta jamur
    Segala olahan jamur selalu saja tandas kalau tersedia di meja makan
    Indonesia memang surga segala jamur-jamuran ya
    semoga lestari hutan Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesama penyuka menu jamur, toss 😍😍 Iyaa enak banget dimasak apa aja ya...bergizi tinggi dan manfaat lainnya banyak sekali.

      Delete
  47. Baru 3 tahun belakangan ini saya mengenal jamur. Gara2nya ya saya lihat ada teman bawa bekal jamur tiram. Waw ternyata enak banget lho, digoreng krispi aja simpel. Ternyata ini ada resep baru lagu, coba ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, seru kan menikmati jamur krispi 😍😍😍😍 Iya pas bary diangkat dari wajan makin maknyuzzzz tuh. Dibikin capcay juga enak loh, yuk dicoba 😘

      Delete
  48. jamur putih enak dibikin oseng, orang rumah pada suka apalagi dipakein cabe rawit dikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku cabe rawitnya banyak hahaha 😘😘😘

      Delete
  49. Saya penyuka jamur juga mba Nurul, jamur tiram putih ini dioseng bentar aja nikmat apalagi diolah capcay. Kebayang maknyusnya.

    Semoga hutan tetap terpelihara sebagai sumber pangan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss, Mbak Salma 😍 Iya dong, jamur dll sebagai pangan dari hutan mesti dilestarikan.

      Delete
  50. Hmm ... Masak jamur bisa divariasikan ke aneka masakan. Salah satunya bisa digoreng crispy enak banget aku pernah coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enaknya sampai ke hati. Maunya nambah lagi 😁😂

      Delete
  51. Selalunya jamur putih kami beli di pasar or supermarket. Kesukaan bgt, apalagi di masukkan ke dalam nasi bakar, wow maknyuss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, iya tuh enak juga dijadikan satu sama nasi trus dibakar. Nyam3z 😍

      Delete
  52. Salah satu jamur kesukaan saya. Ditumis begini enak. Dibikin jamur goreng tepung juga enak

    ReplyDelete
  53. Wah pas mau masak, baca tentang jamur, ternyata banyak manfaatnya ya?
    Saya pingin bikin jamur crispy nih 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buanyak sekali khasiat jamur buat kesehatan tubuh kita 😁

      Delete
  54. Emang harus hati-hati kalau ngambil jamur dari hutan, karena nggak semua bisa di makan. Jadi ingat jaman kecil dulu, di sekitar rumah masih banyak lahan kosong dan banyak pepohonan besar. Kalau musim hujan, banyaknjamur yang tumbuh. Karena seneng semuanya di petik, terus di masak oleh ibu, dibuat bothok jamur. Tak lama setelah makan, semua sakit perut, pusing dan muntah. Ternyata itu jamur beracun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kita harus bisa memilih jamur yang bisa dimakan atau tidak alias beracun. Senangnya masak jamur yang baru dipetik dari hutan. Pasti segerrrr banget 😋😍

      Delete
  55. Aku baru tabu lho kalo jamur putih yang tumbuh di hutan itu namanya jamur tiram. Kirain jamur tiram tu yang hitam bulat kayak payung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak sih macam2 jamur...tiram putih ini salah satu kesukaanku 😊😊

      Delete
  56. Jamur tiram putih memang enak ya Mbak...anak-anak suka nih kalau pasa saya masak. Memang banyak pangan hutan yang mesti kita lestarikan agar generasi mendatang tetap bisa menikmatinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget...kalo mau kriuk2 digoreng tepung pas deh. Kalo mau lembut2 dibikin capcay hehehe 😊😊

      Delete
  57. Baru tahu jamur tiram putih banyak manfaatnya. Biasanya kalo makan kurang gitu suka karena masih ada bau tanahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, tentu :) Kuduc dicuci yang bersih hehehe..jangan lupa bumbu masaknya yang pas, biar enak :)

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.