Daftar Isi [Tampilkan]
Assalaamu’alaikum teman-teman, apa kabar? Paling senang kalau dapat jawaban, “Alhamdulillaah baik, sehat wal’afiat” 😄 Kesehatan itu penting banget dalam segala aktivitas, pokoknya utama deh. Mau bekerja keras atau santai kayak di pantai bahkan ketika beribadah pun inginnya sehat dong ya supaya hasilnya maksimal. Di Bulan Januari 2019 yang indah dan penuh harapan ini saya mau berbagi pengalaman ketika saya dan suami membuka tabungan haji di sebuah bank syariah sekaligus daftar haji di kantor Kementerian Agama RI.

 pengalaman saya dan suami buka buku tabungan tabungan haji bank muamalat indonesia syariah nurul sufitri social media mom blogger writer umroh
 
Tulisan ini sifatnya spontanitas untuk berbagi dan bukan bermaksud riya. Awalnya saya ga berniat menceritakannya. Sengaja ga ambil foto karena sibuk berdua dan banyak berdoa. Saya mungkin ada perasaan malu, khawatir disangka yang aneh-aneh bahkan dianggap terlambat. Hhhmm… ga apa-apa terlambat daripada ga melakukannya sama sekali, kan? Ya, mudah-mudahan tulisan ini menjadi ladang amal karena berbagi itu sungguh bermanfaat 😀

Mungkin ada yang bertanya, "Kenapa ga dari dulu-dulu sih daftarnya?". Alhamdulillaah kini ada rezeki dan bisa jadi pintu hati kami diketuk oleh Allah SWT. Teman-teman arisan, orangtua murid sekolah anak-anak hampir semua sudah daftar haji. Pembahasan mereka biasanya,”Mom, dirimu berapa tahun lagi berhaji?”, atau “Saya mau pilih haji plus aja ah” atau “Eh, sama, saya juga belum daftar soalnya banyak keperluan”.

Baca: Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga dan Bisnis Untuk Womenpreneur
 

cara mengelola keuangan rumah tangga dan bisnis untuk womenpreneur pengalaman saya dan suami buka buku tabungan tabungan haji bank muamalat indonesia syariah nurul sufitri social media mom blogger writer umroh
Mengelola Keuangan Secara Bijak (Foto: Nurul Sufitri)

Memang sih awalnya kepengen haji plus seperti mama dan papa saya di tahun 2005 lalu saat usia anak saya, Rafa berumur dua bulan. Lah kalau hari gini yang plus mungkin belum kuat bayarnya hehehe. Maret 2018 lalu kesampaian beli upright piano Yamaha JU 109 PE (second sih ga sampai 25 juta) dan merenovasi carport, ganti jendela kamar Rafa malah lebih dari 30 jeti 😎

Baca: Penampilan Teteh Rafa Memainkan Lagu Dangerous Journey di Indonesia National Piano Festival 



  
Baca deh: My 2018 Resolution, Harapan dan Impian Menjadi Kenyataan

Bisa kan ya padahal langsung daftar haji hhhhmmm…. Mungkin bisa dapat porsi tahun yang lebih muda. Tapi ya sudahlah semua baik-baik aja dan akhirnya terlaksana juga. Setiap insan memiliki harapan untuk masa depan. Berdoa dan berusaha itu wajib kita lakukan demi tercapainya cita-cita 😊

Hanya kepada Allah SWT harapan dan doa-doa yang kita panjatkan kepada-Nya bisa menjadi kenyataan, meskipun realisasinya entah kapan dan di mana berada. Resolusi tentu disertai kerja keras juga. Kalau sama manusia, yang ada di-PHP-in kan ga enak, sakitnya tuh di siniiiiii (nunjuk dada 😭 perih rasanya). Yuk, simak bersama apa aja yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran haji tahun ini! 

Tanggal 2 Januari 2019 Hari Rabu lalu suami sengaja mengambil cuti dari kantor untuk urusan yang satu ini. Berniat membuka tabungan haji dan menyelesaikannya hingga tuntas. Setelah mencari informasi ke mbah gugel, telepon ke beberapa bank syariah, pendapat teman kantor dan lain-lain, kami putuskan untuk membuka tabungan haji di sebuah bank syariah yang menurut kami sih paling cocok hehehe. 

Sekitar pukul sembilan saya dan suami menuju Bank Mualamat Depok, dekat dengan D’Mall. Eeeh.. baru lewat Univesitas Pancasila, baru ngeh kalau pqas foto ketinggalan. Ini pasti gara-gara saya ganti tas hhhmmm... 😎 Duuh, jadi makin galau kok kayak tanda-tanda menakutkan.

Suami bilang, “Ih, kok bisa ketinggalan sih. Ya udah ga apa-apa”. Jadinya saya naik Gojek deh biar cepat. Suami nunggu di parkiran UP. Serasa nostalgia anak ekonomi dan teknik aja hahahaha 😂 Btw, beda 3 tahun dan dulu ga pernah kenal lho. Kenalnya gara-gara dikenalin pas suami melanjutkan S2 nya di Trisakti.


pengalaman saya dan suami buka buku tabungan tabungan haji bank muamalat indonesia syariah nurul sufitri social media mom blogger writer umroh
Tabungan Haji dan Umroh Bank Muamalat Indonesia (Foto: Web Bank Muamalat)

Kenapa Pilih Bank Muamalat Indonesia? 

  • Bank Muamalat Indonesia (BMI) merupakan bank pertama di Indonesia yang menerapkan prinsip Syariah Islam dalam menjalankan operasionalnya. Bank ini didirikan pada 1 November 1991, diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia dan Pemerintah Indonesia. 
  • Operasional perbankannya dimulai sejak tahun 1992 didukung oleh para cendekiawan muslim dan pengusaha dan masyarakat luas. 
  • BMI telah menjadi bank devisa pada tahun 1994. 
  • Produk pendanaannya menggunakan prinsip Wadiah atau titipan dan Mudharabah atau bagi hasil. 
  • Untuk penanaman dananya menggunakan prinsip jual-beli bagi hasil dan sewa. (Sumber: Wikipedia)

Kelebihan Tabungan Haji dan Umroh Bank Muamalat Indonesia 

  • Sejak tahun 1999 BMI telah dipercaya oleh Kementerian Agama menjadi salah satu Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPS BPIH). 
  • Tabungan Haji dan Umroh dari BMI merupakan tabungan yang fleksibel dan kita bisa mengatur jumlah setoran sesuai dengan kemampuan masing-masing secara manual maupun penddebitan secara otomatis. 
  • Produk tabungan ini bersifat Akad Wadiah yakni tak ada bagi hasil yang akan diberikan kepada nasabah. 
  • Sistem tabungan yang sudah online dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) milik Kementerian Agama. Dengan demikian nasabah pasti mendapatkan kepastian kuota dan keberangkatan ibadah haji.
  • Tabungan dapat dicairkan pada saat pengambilan porsi dan pelunasan saja yang selanjutnya akan ditutup setelah pulang dari Tanah Suci. 
  • Saldo minimal adalah sebesar Rp 50.000,- (IDR) atau USD 5 (Dollar). 
  • Tak perlu membawa uang tunai berlebihan ke Tanah Suci. Nasabah pemilik rekening Tabungan Haji dan Umroh akan memperoleh kartu Shar-E Gold yang bisa dipakai bertransaksi di mana saja dengan logo VISA (Sumber: Website BMI)
 
Istilah-istilah mengenai bank syariah memang mesti kita pahami. Nanti dipelajari bertahap deh (kalau sempat hihihi ;) Sampailah kami di sana, lokasinya pas di sisi jalan raya, Tempatnya kelihatan mungil gitu berwarna ungu. Ada dua satpam yang menyapa ramah dengan tangan kanan disilangkan di dada sambil berucap,"Assalaamu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?".

Perasaan dalam seumur hidup kami baru sekali menginjakkkan kaki ke BMI hehehe. Betul kan, selalu ada pengalaman pertama dalam hidup 😁 Kirain sepi soalnya parkirannya kecil, eeeh ternyata di dalam bank ruameee pisan sampai menunggu empat nomor antrian. Semua mau urus rekening haji pula, wew…lama deh. Alhamdulillaah so far mbak-mbak CS dan teller-nya sih baik dan ramah, ya kayak saya dulu ketika menjadi teller di sebuah bank swasta di bilangan Pondok Indah hehehe.


pengalaman saya dan suami buka buku tabungan tabungan haji bank muamalat indonesia syariah nurul sufitri social media mom blogger writer umroh
Suasana di Bank Muamalat Indonesia (Foto: neraca.co.id)

Akhirnya kami dipanggil ke custome service deh sekitar pukul 10.30 WIB. Kayaknya sekitar 1,5 jam urusan buka rekening soalnya sekaligus enam hihihi. Rekening khusus ibadah haji untuk saya dan suami, dua lagi jenis tabungan biasa dan lainnya untuk anak-anak. Ceritanya lagi belajar hijrah nih sedikit demi sedikit. 

Baca deh: Menuju Kehidupan yang Lebih Baik dengan Berhijrah

Syarat Pembukaan Tabungan Haji Bank Muamalat Indonesia 

Beberapa hal/ dokumen yang harus disiapkan oleh nasabah calon haji adalah:
  1. Kartu identitas seperti KTP/SIM/Paspor atau KIMS/ KITAS atau Paspor untuk WNA serta surat referensi. 
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) 
  3. Setoran awal minimal Rp 50.000,- (IDR) atau USD 20 (Dollar) 

Cara Buka Tabungan Haji Bank Muamalat Indonesia

  1. Datang ke Kantor Cabang Bank Muamalat terdekat dengan membawa persyaratan lengkap seperti tersebut di atas. 
  2. Ambil nomor antrian Customer Service (CS). Di CS kita akan dijelaskan secara lengkap mengenai produk tabungan haji. 
  3. CS memeriksa dokumen yang diserahkan dan cek kebenenaran data terlebih dahulu. 
  4. Isi formulir pembukaan rekening dengan benar. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan data pribadi. 
  5. Proses pembukaan rekening dimulai dan nasabah diharapkan bersabar karena hal ini butuh waktu beberapa menit. 
  6. Setelah proses di CS selesai, kita diminta menyetorkan uang setoran awal sebesar minimal Rp 50.000,- (IDR) atau USD 20 (Dollar). 
  7. Pembukaan rekening selesai dan kita akan mendapatkan buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening. Tabungan haji ini tidak dikenakan biaya administrasi dan tidak ada kartu ATM nya ya.
  8. Selanjutnya tinggal melanjutkan pengisian dana sesuai kemampuan hingga mencapai 25 juta atau sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Agama ke depannya. 

tanda bukti setoran tabungan haji pengalaman saya dan suami buka tabungan haji bank muamalat indonesia syariah nurul sufitri social media mom blogger writer umroh
Tanda Bukti Setoran Tabungan Haji Bank Muamalat Indonesia (Foto: Nurul Sufitri)

pengalaman saya dan suami buka tabungan haji bank muamalat indonesia syariah nurul sufitri social media mom blogger writer umroh
Buku Tabungan Bank Muamalat Indonesia (Foto: Nurul Sufitri)

kartu atm ikhrom pengalaman saya dan suami buka tabungan haji bank muamalat indonesia syariah nurul sufitri social media mom blogger writer umroh
Kartu ATM Tabungan Ihrqm Bank Muamalat Indonesia, Bukan ATM Tabungan Haji (Foto: muamalat.co.id)

Kenapa Harus Mencapai 25 Juta Rupiah?

Nah, itu ya proses pembukaan rekening tabungan haji di Bank Muamalat Indonesia. Kebetulan saya dan suami langsung ke poin 8, setor masing-masing 25 juta rupiah. Kenapa harus mencapai 25 juta? Karena salah satu syarat pendaftaran haji reguler adalah pembayaran setoran awal BPIH ke rekening Kementerian Agama sebesar 25 juta rupiah serta untuk memperoleh kepastian berangkat (nomor porsi) haji reguler. Adapun estimasi ongkos haji reguler di tahun ini adalah USD 2.675 atau sekitar Rp 38.734.000,- jika USD 1 adalah Rp 14.480,- Waaaaahhh...... giliran saya dan suami nanti kira-kira berapa yach? 😀

tanda bukti penerimaan setoran awal ibadah haji pengalaman saya dan suami buka tabungan haji bank muamalat indonesia syariah nurul sufitri social media mom blogger writer umroh
Bukti Penerimaan Setoran Awal Ibadah Haji dari Bank Muamalat Indonesia (Foto: Nurul Sufitri)

Kantor Kemenag di Jakarta Selatan berada di wilayah Warung Jati sejajar dengan Gedung Republika dan Pejaten Village Mall, jadi dekat deh 😃 Kalau ga ramai dan sistem komputerisasi online oke, mulai pembukaan tabungan haji (Jika langsung setor 25 juta ya) hingga memperoleh Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH) dari Kemenag bisa selesai dalam hitungan jam.


pengalaman saya dan suami buka tabungan haji bank muamalat indonesia syariah nurul sufitri social media mom blogger writer umroh


Jadi buku tabungan haji ini khusus untuk haji hingga nominalnya mencapai 25 juta sehingga mendapatkan nomor validasi dari BMI. Lalu kita bisa langsung deh ke  kantor Kementerian Agama RI untuk memperoleh nomor porsi haji. Jika kita nanti telah selesai menunaikan ibadah haji, buku tabungan haji ini akan ditutup, kelar begitu 😃

cara syarat buka tabungan haji bank muamalat indonesia tanda bukti setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji nurul sufitri mom blogger
Tanda Bukti Setoran Awal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (Foto: Nurul Sufitri)

Jika ingin mengisi atau setor untuk keperluan lain kita bisa membuka tabungan Muamalat lagi dengan setoran awal minimal Rp 1.000.000,- Saldo minimal Rp 50.000 dan biaya kartu ATM Ihrom bulanannya Rp 11.000,-

Menurut mbak CS, kartu ATM Ihrom seperti pada foto di atas bisa digunakan untuk berbelanja debit rekening di seluruh tempat dengan logo VISA ya. Enaknya lagi, begitu dimasukkan ke ATM BMI di Tanah Suci, langsung muncul Bahasa Indonesia dan akan tekonversi nilai mata uang riyal ke rupiah. Desain gambarnya bikin kita termotivasi sekali menjadi tamu Allah SWT ya aamiin 😍

Teman-teman, demikian informasi mengenai pembukaan tabungan haji di Bank Muamalat Indonesia berdasarkan pengalaman saya dan papanya anak-anak. Yuk, tebak kira-kira saya dan suami dapat porsi haji di tahun berapa? Jawabannya ada di judul berikutnya yach 😀 Begitu pula ulasan tentang proses validasi di BMI Pasar Minggu dan daftar haji di kantor Kementerian Agama. Semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih dan wassalaamu’alaikum.


100 comments:

  1. Dengan membuka awal tabungan yang terjangkau di bank muamalat, kita bisa mudah untuk berangkat haji, apalagi sudah ada Sistem Komputerisasi Haji Terpadu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mbak Fenni 😀 nasabah jadi dimudahkan proses pendaftaran hajinya. Kalau udah mencapai 25 juta bisa lgs dpt nomor validasi trus ke Kementerian Agama deh 😘

      Delete
    2. mba. insyaallah aku dan suami mau daftat haji. mau tanya, klo biar bisa pergi bareng suami gmn caranya mba?

      Delete
  2. Waalaikumsalam

    Alhamdulillah kabar baik, mba.

    Wah, MasyaAllah udah daftar haji. Semoga dilancarkan ya sampai proses hajinya selesai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barakallah mb Icha sehat 😊 Iya mbak alhamdulillaah awal tahun 2019 ada rezeki dan suami ajakin daftar haji.

      Delete
  3. Ternyata mudah juga prosesnya asal sudah menyiapkan berkas dengan lengkap, juga dana untuk disetor.
    Saya tak pernah terpikirkan untuk naik haji. Jauh banget karena untuk hidup sehari-hari pas-pasan bahkan kerap kurang. Namun semoga Allah berkenan mengizinkan saya, anak dan suami bisa berhaji jika kami sehat dan ada umur panjang serta limpahan rezeki.
    Saya pikir proses menabung haji itu rumit. Pengalaman Teh Nurul meluruskan persepsi salah saya. Soalnya merasa hal demikian di awang-awang, diri sendeiri harus belajar menata hati agar paham akidah dan akhlak yang baik.
    Semoga cita-cita Teh Nurul dan suami terwujud. aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Rohyati. In sya Allah nanti ada rezekinya untu bisa menabung buat ke Tanah Suci berhaji bersama suami aamiin. Mudah banget kok di BMI ini. Makasih doanya :) Semoga mbak sekeluarga sehat2 dan barokah ya.

      Delete
  4. Semoga lancar sampai haji ya mbak. Aamiin. Keponakanku kerja di bank Muamalat tapi buat haji aku di bank lain karena dia diterima kerja setelah aku daftar depag jadi nggak tau kemudahan di bank Muamalat seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih mb Lusi. Oooh ya mbak juga sudah daftar haji, dpt tahun berapa? hehehe semoga dilancarkan semuanya ya.

      Delete
  5. Alhamdulillah..ikut senang dengan kabarnya Mbak Nurul, semoga dimudahkan semua urusan Haji-nya yaa..Aamiin
    Infonya bermanfaat sekali ini. Terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, iya mbak Dian, maksain juga buru2 ditabungin buat daftar haji. Khawatir uangnya kepakai buat hal2 lain hehehe :D Sama2.

      Delete
  6. Aduh, turut seneng baca ini. Semoga lancar sampai haji nanti. Artikelnya juga infornatif, kita jadi tahu prosedur untuk daftae haji. Bantu banget buat kita-kita yg ingin tapi belum tahu caranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mb Afin :) Iya sama2 semoga bermanfaat siapa tau ntar mbak mau nabung juga daftar haji aamiin.

      Delete
  7. Terimakasih sharingnya mbak. Bikin termotivasi untuk cepat punya tabungan juga. Semoga dilancarkan dan dimudahkan perjalanannya aamiiiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami2, mb Ninuk. Iya berbagi siapa tau ada teman2 yang butuh info. Aamiin yra :)

      Delete
  8. Wah Alhamdulillah, moga sehat2 selalu dan lancar rezeki Mba Nurul dan suami sampai berangkat nanti. Gpp dong kayak gini mah harus sharing atau ditulis. Kan orang lain yang nggak punya bayangan tentang proses menabung naik haji, jadi tau, macam diriku ini lah, haha...

    BTW Mba Nurul, diriku masih bingung. Jadi biaya haji itu 25 juta ya? Trus kenapa ada biaya haji keseluruhan itu 50 juta, yang di paragraf terakhir? Kalau masih tahap menabung, berarti bisa ya berapa aja ditabung atau ada ketentuan minimal nabungnya per-bulan?

    Masalah antrian, itu kan target yang dibuat manusia. Moga Allah mengundang lebih cepat dengan cara yang Allah atur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aamiin yra, makasih doanya ya Miss Nita :) 25 juta itu syarat nominal tabungan di BMI untuk bisa dapetin nomor validasi dari BMI nya yg terkoneksi dengan Kemenag. Setelah itu kita datangi kantor Kemenagnya deh, ntar bersambung ke judul selanjutnya ya :D Kalau belum mencapai 25 juta ya ga bisa. G apa2 terusin aja menabungnya semampunya aja :) 50 juta itu perkiraan aja, belum tau berapanya. Kayaknya ga nyampe segitudeh. Iya rezeki2an dari Allah.

      Delete
  9. Semoga lancar ibadah hajinya ya mbak. Untung deh ketemu bank yang bisa menyediakan layanan yang memudahkan orang2 buat naik haji begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mungkin jodohnya daftar haji via Bank Muamalat ini 😍 Thanks mb Wiwied.

      Delete
  10. Syaratnya mudah ya mba, jadi kepingin punya tabungan haji juga. Yang penting niat dulu sekarang, lalu laksanakan, insya allah semoga dimudahkan bisa berangkat ke tanah suci juga. Aamiin YRA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, setoran tabungan semampunya aja dulu. Ga mesti langsung 25 juta. Aku n suami pas kebetulan ada rezeki aja jadi langsung segitu hehehe 😊😊

      Delete
  11. Alhamdulillah mudah ya mba dam pasti aman berkah lrn banknya juga muamalah... keknya ibuku harus punya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah. Iya mbak 😘 Coba aja buka tabungan haji di Muamalat.

      Delete
  12. Masya Allah,,,
    Semoga bisa terlaksana ya mbak.. semoga kelak naik hajinya khusyu' dan tidak ada kendala.. Aamiin...
    Dan.. semoga yang lain juga bisa lekas menyusul membuka tabungan haji biar bisa pergi ke tanaha suci, termasuk saya... Aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Iya, yang penting niat dulu berusaha menabung. Yaaa siapa tau tahun berangkatnya jadi lebih cepet kaan 😘 Didoain biar mas juga cepet daftar haji yaaa.

      Delete
  13. Alhamdulillah turut senang, lancar urusan pendaftaran hajinya..
    Btw untuk urusan tabungan haji Saya lihat Bank Muamalat sangat recommended ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mbak 🙂 Iya..ternyata banyak banget nasabahnya. Padahal di beberapa cabang, kiosnya ga gede2 amat. Kayaknya pada berminat daftar haji semua hehehe.

      Delete
  14. Alhamdulillah.. akhirnya daftar haji ya . Insya Allah biasanya pintu rejekinya terbuka lebar kalau kita dah kuatkan niat daftar haji. Nggak lama lagi juga kalau Allah ridha, nurul insya Allah dipanggil buat umroh, biar bisa survey tempat nanti utk haji. Xixixi.. ade tau nurul dpt nomor porsi berangkat thn berapa. Ditahun 2034 sampai 2039.. xixixi.. yang penting niat ya. Kalau sudah daftar mau dipanggil haji tahun berapa aja terserah Allah yg punya rumah. Ade sih mikirnya gitu. Kadang walau dah ditentuin tahunnya kalau Allah blm undang ya ga dtg. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Ade, alhamdulillaah :) Aamiin makasih didoain ya, semoga bisa nyusul umroh kayak mb Ade. Hahaha ntar aku kasih tau nomor porsi hajiku di judul berikutnya akakakakak iya niat paling utama deh. Kalau udah rezekinya mungkin tahunnya bisa lebih maju.

      Delete
  15. Sudah punya tabungan hani, tapi belum banyak isinya. Kudu pinter bagi anggaran belanja nih biar lekas banyak dan bisa dapat kuota biar bisa berangkat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diisi sedikit demi sedikit aja, mbak Artha :) Semoga dilancarkan ya dan bisa daftar di Kemenag aamiin.

      Delete
  16. Wah mba terima kasih banget buat aku dalam point of view mau nabung dan setor haji nih. Cuman kalo kita ga punya NPWP, berarti gabisa daftar yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung letak bank, kantor pusat/cabang bank dan status calon nasabah. Biasanya kalau bukan di perkotaan, hal ini bisa lebih longgar. Yang berprofesi murni sebagai Ibu Rumah Tangga biasanya ga punya NPWP. Bisa pakai NPWP suami atau famili yang masih satu Kartu Keluarga. Aku punya NPWP karena memang dibutuhkan waktu itu untuk urusan royalti buku 😊 Coba cek dan ricek lagi deh. Makasih mbak Grandys.

      Delete
  17. Btw ATM itu hanya bisa digunakan buat naik haji aja ya mba? Klo misalnya kita pake sebelum berangkat haji bgmn? Otomatis uangnya kan berkurang, tp serius nanya apa bisa dipake buat belanja 😬 *ya ga naik haji .. naik haji trus dong hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kartu ATM Ihrom bisa dipakai buat belanja di tempat2 yang berlogo Visa. Kan beda mbak kalau tabungan haji... khusus buat haji aja nabungnya, ga ada kartu ATM nya. Aku punya ATM Ihrom ini karena buka tabungan BMI lain yg setoran awalnya 1 juta itu loh 😊

      Delete
  18. Alhamdulillaah, semoga diberi kesehatan dan kelancaran ya mba hingga berangkat ke tanah suci nanti. Mohon doanya, saya dan keluarga juga bisa ibadah ke sana. Aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih doanya. Semoga mb Ndy dan keluarga juga bisa berhaji 🤗

      Delete
  19. Alhamdulillah semoga dilancarkan proses naik hajinya ya,Mbak. sehat dan lancar rezeki selalu. Aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mb Sugi aamiin 😊 Doa yg sama buat mbak.

      Delete
  20. Alhamdulillah..
    Selamat ya mbak. Semoga segalanya lancar sampai panggilan pergi ke rumah Allah terlaksana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Mudah2an dapat tahun lebih muda ya 🙂

      Delete
  21. Alhamdulillah ...
    Selamat ya Teh Nurul, bisa daftar bareng suami.
    Kira-kira ikut jamaah haji tahun berapa ya teh, kalau sekarang mendaftar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang lebih 18 tahun hehehe.. Tunggu tulisan sambungannya 😉 Makasih.

      Delete
  22. Alhamdulillah, semoga lancar ya Nurul. Barakallah. Aamiin.

    ReplyDelete
  23. Semoga lancar yaa rencana ibadah gajinya. Kira² brp tahun lagi? Konon sesudah 2020 renovasi Masjidil Harram udh selesai tuh, jadi kuotanya bisa terpenuhi waktu tunggu lebih cepat. Semoga yaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira2 18 tahun lagi kalau menurut Kemenag sih hihihi 😃 Ya semoga lebih cepag dipanggil ke Tanah Suci aamiin. Ayo mbak Hani, daftar juga mumpung masih muda.

      Delete
  24. Alhamdulillah ya teh Nurul udah prepare ya semoga lancar sampai berhaji nanti ya. Makasih infonya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya... yang penting niat dulu dan ada rezeki langsung daftar. Mudah2an aja barokah dan bisa lebih cepat berhaji aamiin. Sama2 mb Git 🙂🤗

      Delete
  25. Masyaa Allah mbak Nurul, semoga dilancarkan ya mbak berhajinya dan sehat selalu keluarganya. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah 😊 Makasih mb Elva. Doa yg sama buat mbak juga aamiin.

      Delete
  26. Sekarang makin bnyk pilihan yak untuk membuka tabungan haji. Klo aku memilih lgsg ke BRI Syariah krn bgitu mendaftar ke yayasan langsung diminta mendaftar ke BRI Syariah utk pembayaran porsi haji dan utk nnt pelunasannya.
    Semoga cepat pemberangkatannya ya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak pilihan bank syariah, mbak Dewi 😊 Betul...di Bank Muamalat ini juga cepat terkoneksi dg Kemenag untuk proses selanjutnya. Yang penting mah kita udh mencukupi tabungannya sampai 25 juta deh. Siiip makasih doanya.

      Delete
  27. Bismillah.. ngga riya ko mba, justru jadi motivasi untuk para pembaca blog mba agar memiliki niat dan usaha yang sama dalam mewujudkan impian bisa melaksanakan ibadah haji, soal pilihannya nabung haji d muammalat udah ngga diragukan lagi ya.. sudah sangat terpercaya dan sudah lama mendampingi umat muslim mewujudkan impian berangkat haji

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah. Iya mbak Elly, aku berbagi karena bahagia dan kasih info terkini tentang buka tabungan haji di Bank Muamalat sesuai dengan pengalamanku dan suami. Betul3x, semoga teman2 pembaca yang belum punya tabungan haji bisa termotivasi aamiin :) Thanks ya.

      Delete
  28. Caranya cukup simpel ya, selama data dipenuhi dengan benar, dengan 25 juta, jumlah yang tidak memberatkan mba.
    Semoga bisa ;ebih cepat berangkat ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. 25 juta itu setoran awal untuk kita selanjutnya dapat tanda bukti setoran biaya penyelenggaraan haji (BPIH), baru deh ke kantor Kemenag. Aamiin.

      Delete
  29. Sama mbak aku dan suami juga memilih muamalat utk tabungan haji. Ini sebagai bentuk ikhtiar sih ya, entah kapan dipanggilnya utk berangkat. Bapak ibuku jg butuh waktu tunggu sekitar 8 tahunan. Apalagi kita. Kyknya makin lam. Tapi kalau Allah berkehendak bisa jd maju. Moga2 bisa segera dapat porsi hajinya ya aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! Betul, mb April. Yang penting udah niat, berdoa dan berusaha. Tinggal melunasi semua ya kalau tahun 2019 kisaran haji reguler kira2 38 jutaan sih :) Aamiin. Nomor porsi udah ada. Nanti ya ceritanya di judul selanjutnya.

      Delete
  30. alhamdulillah mba Nurul. Senang mendengarnyaaa. Smoga Allah mudahkan ya mbaa niatnya. Allah lancarkan niat kita. Baru tahu deh Mualat ada kemudahan ini ya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, makasih doanya mb Alida 🤗 Aamiin. Iya di BMI mudah prosesnya hingga kita bisa ke Kemenag.

      Delete
  31. Kalau mikirin 25 juta-nya berasa berat ya mbak, tapi kalau diniatkan untuk ibadah apalagi haji kan salah satu rukun islam yaa insyaAllah ada jalannya ya mbak. Aku baru tahu minimal saldonya 50 ribu lho. Kayanya mau ikutan bikin tabungan haji juga ah biar makin semangat mengejar goal naik haji.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Tya 😍 Ayo... semangat! Mulai 50 ribu lama2 kan jadi banyak dan terkumpul jadi 25 juta. Tinggal melanjutkan proses2nya deh dapat nomor validasi trus ke Kemenag dapat nomor porsi haji. Ssiiiiipppp aamiin sama2 berdoa ya kita 🤩

      Delete
  32. Replies
    1. Yuk 😀 Mudah kok persyaratannya. Udah dibaca, kan?

      Delete
  33. Dulu banget pernah punya rekening di bank muamalat, jaman masih belum dikenakan biaya bulanan. Tapi lama ga terisi dan diberlakukan biaya bulanan, habis deh. Sekarang BMI udah keren, tapi saya udah pakai bank syariah yang lain, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. bikin yang baru lagi, mas 😃 langsung tabungan haji. Kalau udh mencapai 25 juta kan bisa daftar ke Kemenag 👍👍😘

      Delete
  34. Auto sholawat baca artikel ini. Semoga kelak saya dan suami bisa menyusul langkah yang sama. Amiin.

    ReplyDelete
  35. Masyaa Allah mbak Nurul, semoga berkah ya mbak. Semoga perjalanan ibadah haji bersama suaminya dilancarkan ya mbak dan diberi kesehatan selalu. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Elva... meskipun harus lama antri tahun keberangkatannya ya gpp yg penting niat haji dan sdh berikhtiar sip.

      Delete
  36. Alhamdulillah, dapat informasi yang valid. Terima kasih ya mba. Jadi ingin segera ke BMI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak aamiin semoga info ini bermanfaat ya. Siiippp met buka tabungan haji 👌😀

      Delete
  37. Mba nurul klo nulis apa2 lengkap jadi suka bangt bacanya mendetail mudah2an tercapai ya dipermudah jalannya. Untuk nabung dan bisa pergi haji secepatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, mb Utie 😃 Hehehe yaaa hanya berbagi aja mudah2an bermanfaat buat para pembaca/ teman2 yang membutuhkan. Siip mbak..doa yg sama untuk mbak.

      Delete
  38. Sekarang banyak banget bank-bank yang mempermudah nasabahnya bisa pergi hajji, kita bisa memilih mau di bank apa. PRnya ya kerja keras biar bisa nabung buat pergi haji ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul banget, mb Eni. Bank syariah mana aja oke 👍👍😃 Yang penting ikhtiar kita ya berdoa dan berusaha aamiin.

      Delete
  39. aku buka tabungan haji di bank syariah mandiri.. mirip2 jugalah caranya.. tp memang lama yaaa dapat giliran.. makanya kmrn itu aku ttp umroh supaya setidaknya mumpung msih kuat, masih sanggub melihat ka'bah dan ibadahnya.. takutnya pas giliran haji nanti, krn udh tua, jd ga sekuat pas skr ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mb Fanny..caranya hampir sama kan akhirnya ke Kemenag juga 😃 Sama aku pun berpikir begitu. Ya lihat sikon aja semoga aku bisa umroh aamiin.kalo suamiku sih ufah pernah umroh 1x bareng kakaknya 3 tahun lalu.

      Delete
  40. Aku juga nabungnya pake bank muamalat bun dari dulu. Cuma belum bisa untuk saat ini membuka tabungan haji dan umroh. Kata suami sebaiknya memang disegerakan. Soalnya dapet gilirannya suka lama. Kalau gitu doain ya bun. Bisa segera membuka juga seperti bund dan suami 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yaaaa? Pelan2 tapi pasti, yang penting niat, bun :) Sok atuh nabung yang kenceng biar lekas dapat porsi haji in sya allah yaaaa aamiin :D

      Delete
  41. Alhamdulillah saya dan suami baru buka rekening tabungan haji di bank muamalat
    Terima kasih ya bun reviewnya sangat bagus tentang BMI jd memantapkan hati saya dan suami buat menabung haji di BMI walaupun usia masih terbilang muda sediki demi sedikit ikhtiar nabung haji dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, sama2 mbak Annisa 😊😊 aamiin yra. Saling berbagi pengalaman ya... smg bermanfaat.

      Delete
  42. Alhamdulillah ikut seneng, saya dan suami baru punya tabungan biasa insya allah nanti buka tabungan haji juga

    ReplyDelete
  43. Assalamualikum salam kenal. Sya juga berwncana buka tabungan haji hanya bingung mau bmi atau bms.
    Btw mau tanya itu share e gold nya buat belanja ketika di tanah suci kan ua. Isinya dari mana ya? Kan uangnya buat daftar hajim atau musti buka tabungan yg lain biar dapat share gold. Mudah2an dijawab ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam :) Salam kenal juga. BMI itu kan Bank Muamalat Indonesia ya berarti termasuk kategori bank syariah di Indonesia. Kalau 'Muamalat' itu setahu aku sih ya nama bank-nya. Mungkin bisa via atm, saya belum paham juga karena belum coba. Untuk lebih detilnya silakan langsung bertanya ke CS nya aja ya... Terima kasih :D

      Delete
  44. ini ilmu yg susah didapat nih, ternyata ya emang harus siap dulu duit 25jt ya hehe. duh bismillah dhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah, in sya allah bisa, mas :) Aamiin.

      Delete
  45. Kak saya mau tanya juka tidak ada npwp apakah bisa untuk membuka tabungan haji?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo...makasih udah mampir 😍 Bisa kok.

      Delete
  46. Dpt fasilitas e-banking gk ya, seenggaknya bisa buat ngecek saldo dan mutasi rekening aja gpp, daripada mesti bolak blaik ke bank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloooo...terima kasih 😊😊 Betul, memang CS BMI itu ramah dan cekatan. Me jelaskan cukuo detail oada kita terutama nasabah baru tentang tabungan hijrah dan haji. Belakangan ini mobile banking BMI makin mudah dan praktis cara menggunakannya, ga sepeeti sebelumnya.

      Delete
  47. Terima kasih kembali 😍 Thanks udah mampir dan baca tulisan saya 🙏

    ReplyDelete
  48. Muh. Maulana Arif3 November 2020 at 06:55

    Terima kasih sudah berbagi, lagi cari cari cara buka tabungan haji di muamalat dan diarahkan ke sini. Semoga semua niat baik kita dimudahkan oleh Allah SWT. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 :) In sya allah kita dimudahkan bisa segera naik haji ya, mas aamiin :)

      Delete
  49. Halo. Terkma kasih sudah mampir di blog saya 😊😊
    Ya, pengalaman saya sih waktu itu peraturannya masih 25 juta. Belum tau nanti dst gimana, apakah msh sama segitu atau lebih. Dicicil bisa dalam arti mbak/mas nabung di tabungan haji tsb hingga mencapai 25 juta. Setelah itu baru mendapat surat pengantar dari BMI ke Departemen Agama untuk mendapatkan kuota haji. Setahu saya sih ga ada deadline. Ganti nama ga bisa. Sesuai nama nasabah/penabung yg tertera di rek BMI.
    Sama2 😍🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini balasan komentar 'unknown' yang bikin broken link. Good luck ya 😊

      Delete
  50. Mba, kalo misalkan daftar haji regular bisa pilih travelnya gak mba? Soalnya aku bingung, maunya sih ambil paket haji plus karena bisa pilih travel dan antrian lebih cepat, cuma biaya haji onh plus jauh lebih mahal ya. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalamanku sih, kami cuma daftar aja. Soal travel sepertinya nanti jika waktunya sudah pasti/ ditentukan berangkat haji :D Sama, kalau ada rezeki kepengen yang plus juga hehe aamiin :D

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.