Monday, January 14, 2019

# traveling # traveling & culinary

Tempat Wisata Honeymoon Terindah di Lombok

tempat wisata honeymoon terindah di lombok nurul sufitri social media mom blogger writer traveloka traveling

Pasangan yang baru menikah biasanya punya rencana berbulan madu ke sebuah tempat yang romantis dan eksotis. Ga mau kalah, banyak pasangan suami isteri yang telah bertahun-tahun menikah pun melakukan perjalanan honeymoon kedua, ketiga dan seterusnya. Kalau ingin traveling berdua di luar Jawa, biasanya Pulau Dewata lah yang menjadi tujuan wisata utamanya. Tapi, geser sedikit yuk, kita ke Lombok!

Ibarat kakak beradik, Bali dan Lombok memiliki pesona tersendiri yang tiada duanya. Tersohor hingga ke manca negara, bahkan para pejabat negara dan selebriti dunia sangat mengaguminya. Ingin datang lagi dan lagi, siapa mau menolak? Ngomong-ngomong soal petinggi negara, ada kedai bakso enak nih di Malang namanya Bakso President. 😋


Pasti ada magnet yang bikin para wisatawan ga cukup sekali, dua kali berkunjung ke Lombok. Saya bersama suami dan anak-anak baru satu kali main-main ke Lombok. Nanti lah suatu hari pas liburan mudah-mudahan bisa kesampaian lagi. 

Tahun 2012 lalu kami berempat naik ferry dari Pelabuhan Padang Bai Bali menuju Pelabuhan Lembar Lombok. Waktu itu karcis per orang masih sekitar dua puluh ribuan. Seru, bawa dua anak kecil mesti sabar biar bisa bertahan selama lima jam berada di atas kapal 😃

tempat wisata honeymoon terindah di lombok nurul sufitri social media mom blogger writer traveloka traveling pelabuhan padang bai bali
Di Pelabuhan Padang Bai Bali (Foto: Nurul Sufitri)
 
tempat wisata honeymoon terindah di lombok nurul sufitri social media mom blogger writer traveloka traveling di atas kapal ferry
Di Atas Kapal Ferry dari Padang Bai Bali Menuju Pelabuhan Lembar Lombok (Foto: Nurul Sufitri)

tempat wisata honeymoon terindah di lombok nurul sufitri social media mom blogger writer traveloka traveling pelabuhan lembar lombok
Pelabuhan Lembar Lombok (Foto: Nurul Sufitri)
 
Lombok memiliki pantai-pantai yang memesona, indah, cantik dilengkapi dengan berbagai fasilitasnya. Alam hijau, pasir putih, pemandangan kapal-kapal nelayan yang pergi maupun singgah berlayar menangkap ikan menambah daya pikat para turis. Banyak pulau kecil yaitu ‘gili’, tempat romantis akomodasi komplit. Di sana kita bisa menyaksikan sunrise dan sunset yang sangat indah.


Tempat Wisata Honeymoon di Lombok  

Gili Trawangan

tempat wisata honeymoon terindah di lombok nurul sufitri social media mom blogger writer traveloka traveling gili trawangan
Gili Trawangan (Foto: GenPI.co)

Nama ini sudah ga asing lagi di telinga kita, kan? Gili Trawangan terkenal sebagai destinasi bulan madu yang memorable. Fasilitas yang disediakan sangat lengkap mulai dari hotel dan resort yang nyaman, restoran dengan kuliner cita rasa tradisional maupun intenasional, alam bebas dari polusi, berbagai aktivitas air seperti diving, snorkeling serta gerai ATM dan pelayanan lainnya. 

Gili Meno dan Gili Air 

tempat wisata honeymoon terindah di lombok nurul sufitri social media mom blogger writer traveloka traveling gili meno
Gili Meno (Foto: panduanwisata.id)

tempat wisata honeymoon terindah di lombok nurul sufitri social media mom blogger writer traveloka traveling gili air
Gili Air (Foto: fotosfotos.eu)
 
Kedua pulau ini letaknya bersebelahan dengan Gili Trawangan. Nah, teman-teman harus melewati Gili Trawangan jika mau berkunjung ke Gili Meno dan Gili Air. Pasangan honeymoon yang kepengen bersantai di hotel, berkeliling dan berenang di pantai, snorkeling, berkuda yang lebih privat, silakan rencanakan berlibur di sini. Oh ya, buat kalian yang suka diving, harus coba di Gili Meno dan Gili Air ya, karena di sinilah konon tempat diving paling bagus, indah dan ga terlupakan pesona biota bawah lautnya. 

Pantai Senggigi 

Pantai Senggigi berada di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Rasanya ga afdol kalau pergi ke Lombok melewatkan waktu di Pantai Senggigi. Pantai ini sangat terkenal lho dan alhamdulillaah saya sempat main-main pasir di pinggir pantainya bareng keluarga. Anak-anak pun merasakan main air di sore hari sambil melihat matahari tenggelam dengan latar belakang Gunung Agung Bali. 


tempat wisata honeymoon terindah di lombok nurul sufitri social media mom blogger writer traveloka traveling pantai senggigi
Pantai Senggigi Lombok dan Kapal-Kapal Nelayan (Foto: Nurul Sufitri)

tempat wisata honeymoon terindah di lombok nurul sufitri social media mom blogger writer traveloka traveling pantai senggigi
Sunset di Pantai Senggigi Lombok (Foto: Nurul Sufitri)
 
Di sini kita bisa berenang, snorkeling, memancing, surfing, bermain kano dengan aman dan nyaman. Iya dong, namanya berbulan madu mah kudu ceria dan bahagia kan hehehe. Oh ya, wisatawan juga bisa sewa perahu tradisional atau kalau mau lebih eksklusif lagi bisa sewa yacht untuk menyusuri pantai sambil memancing dan menikmati kuliner khas Lombok. 


Kuliner Khas Lombok 

Hhhhmm… traveling bulan madu itu pastinya bikin happy diri sendiri dan pasangan. Kedua mata sudah puas memandang keindahan alam pantai. Kini saatnya memanjakan perut dong 😍 Mungkin sebagian besar teman-teman sudah pada tau ya, makanan khas Lombok yang terkenal? Betul, ada ayam taliwang, plecing kangkung, sate bulayak, bebalung dan lain-lain. 

tempat wisata honeymoon terindah di lombok nurul sufitri social media mom blogger writer traveloka traveling ayam bakar taliwang lombok
Ayam Bakar Taliwang Lombok (Foto: IDN Times)

tempat wisata honeymoon terindah di lombok nurul sufitri social media mom blogger writer traveloka traveling rumah makan taliwang kania
Rumah Makan Taliwang Kania Lombok (Foto: Nurul Sufitri)
 
Lombok dikenal sebagai destinasi terbaik untuk wisata makanan halal di dunia. Sudah tau juga kah kalian kalau Lombok itu mendapatkan pengakuan sebagai World’s Best Halal Tourism Destination? Nah, dalam acara The World Halal Travel Summit and Exhibition 2015 lalu di Abu Dhabi Uni Emirat Arab, Lombok dinobatkan dengan gelar tersebut. 

Wah, bangga banget ya kita sebagai bangsa Indonesia! Jadi para wisatawan ga perlu ragu menyantap aneka hidangan, kan pulau cantik ini sudah punya sertifikat halalnya. Para chef nya juga bisa memasak berbagai sajian berselera dengan kualitas bahan makanan yang baik tentunya.

Desa Teluk Nara - Mutiara Lombok 

Selain dikenal akan potensi wisatanya, Lombok juga mempunyai potensi mutiara laut dengan nilai ekonomi tinggi. Mutiara laut menjadi komoditas Lombok sampai ke manca negara. Yang menjadikan harganya mahal, per butir hingga ratusan juta rupiah adalah proses pembentukannya yang rumit dan waktu yang bertahun-tahun. 

Turis-turis maupun pasangan honeymoon yang ingin melihat langsung proses budidaya kerang mutiara, bisa mampir ke Autore Pearl Farm di Kelurahan Malaka, Desa Teluk Nara, Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara NTB. Di sini pengunjung bisa tur edukasi tentang budidaya mutiara dan melihat hasilnya di show room


tempat wisata honeymoon terindah di lombok nurul sufitri social media mom blogger writer traveloka traveling
Autore Pearl Farm Lombok (Foto: tripadvisor.co.id)

tempat wisata honeymoon terindah di lombok nurul sufitri social media mom blogger writer traveloka traveling
Mutiara Lombok Autore Pearl Farm (Foto: Instagram Autore Pearl Farm)

Desa Sukarara - Tenun Subahnale 

Desa Sukarara di Kecamatan Jonggat Lombok Tengah dikenal sebagai desa penenun. Tenun Lombok ada dua macam yakni tenun ikat dan tenun songket. Wanita Suku Sasak harus bisa menenun untuk memenuhi kebutuhan sandang serta syarat ketika menikah kelak. Satu helai untuk diri sendiri, satu lagi untuk suami dan lainnya untuk mama mertua. 

Kini kain-kain tenun Lombok sudah banyak dijual sebagai souvenir para turis lokal dan asing. Kain Subahnale merupakan kain tenun Lombok yang paling terkenal. Bermotif segi enam, bentuk bunga hingga abstrak merupakan warisan nenek moyang Suku Sasak sejak dahulu kala. Disebut Subahnale berawal dari kalimat tasbih yang sering diucapkan oleh para wanita penenun dalam proses pembuatannya 

tempat wisata honeymoon terindah di lombok nurul sufitri social media mom blogger writer traveloka traveling wanita penenun kain
Wanita Penenun Kain Lombok (Foto: goodnewsfromindonesia.id)

tempat wisata honeymoon terindah di lombok nurul sufitri social media mom blogger writer traveloka traveling kain tenun subahnale
Kain Tenun Subahnale Lombok (Foto: Portal Indonesia News)
 
Dengan ukuran panjang 4 meter dan lebar 60 cm, Kain Subahnale bisa dibuat sarung, pakaian, ikat kepala dan selendang. Harga per lembar kain bisa sangat tinggi karena proses pembuatannya bisa menghabiskan dua hingga tiga bulan. Kain berbahan katun dengan motif biasa dapat dibeli kurang lebih Rp 400.000,- sedangkan yang bermotif mencapai Rp 600.000,. Motif naga paling mahal karena bahannya beda dan kalau ada emasnya harganya bisa mencapai Rp 6.000.000,- 😀

Buat kalian yang ingin menikmati liburan bulan madu berdua ga pakai rempong, bisa pilih paket honeymoon ke Lombok lho. Semua sudah diatur oleh pengelola turnya jadi bakalan nyaman banget traveling romantisnya. Bahkan dari ujung rambut hingga ujung kaki juga bisa, tinggal bilang aja. Jadi, kapan nih wisata seru ke Lombok? Saya ikut aaahhhh alias ngintil hihihi, boleh ga ya? 😂

 

46 comments:

  1. Duh bikin saya dan keluarga makin mupeng saja nih ke NTB.
    Tahun lalu rencana kami mau naik Gunung Rinjani batal karena ada bencana gempa. Semoga tahun ini atau selanjutnya kesampaian main ke NTB. Amin ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya ya mbak Okti, semoga kapan2 kwsampaian ke Gunung Rinjani aamiin. Mampir aja ke ketiga gili ini. Bakalam betah deh ga mah pulang wkwkwkwk 😂😂😂

      Delete
  2. Blom prnh ke lmbk mba. Br nyampe bali aj.. I hope someday...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besok2 pasti bisa wisata ke Lombok aamiin 😍

      Delete
  3. Replies
    1. Bagus banget aja ga cukup, mbak. Lebiiiiih 😁 Hehehe...

      Delete
  4. wah Lombok. Saya pernah ke Pantai Kuta Lombok. Bagus bangeeet. Kalo pantai senggigi juga bagus, cuma keramean ya kalo musim liburan. Makanannya juga ya pedeees. Enak tapinya, pas dengan lidah batak saya. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanannya enak banget, pedas2 pas juga di lidahku yang orang sunda hehwhe 😘 Iya Senggigi rameee. Toss!

      Delete
  5. Daerah kelahiranku nih. Saya suka lombok, tapi lebih suka lagi Sumbawa. Makin ke timur, pantai-pantai di Indonesia itu makin cakep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keluarga papa mertuaku alm kan orang Sumbawa. Mudah2an suatu hari kesampaian ke sana. Enak kayaknya menyusuri Bali, Lombok kemudian Sumbawa 😘

      Delete
  6. Wah pantainya bikin ngilerrr :D
    duhh... istri belum punya tapi ngga papalah semoga bisa jadi referensi. Wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sendirian ke Lombok juga ga apa2, mas hehehe siapa tau dapat jodoh di sana 😂

      Delete
  7. Aiiiissshh ...sepulang dari honeymoonan di pantai secantik itu di Lombok, pastinya hubungan kak Nurul dan suami tambah romantiis tiis .. tiis ... 😁

    Mantap jiwaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeh.... dirimu pasti mau ngintil yach hahahahah :D Ayolah cari calon isteri biar bisa honeymoon juga ;)

      Delete
  8. asiikkk keren-keren nih list tempatnya. hihihi
    Boleh juga dimasukin buat itinerary perjalanan ntar. Perginya ama siapa ya? wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pergi bareng keluarga bisa, sama siapa lagi yach? hhmmm...hihii Iya indah2 semua pemandangannya.

      Delete
  9. wah bagus banget ya lombok, kain tenunnya tuh bagus juga. jadi pengen ke sana liburan tahun ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liburan plus belanja mutiara mantappp. Kulineran di Lombok ayam taliwang dll nikmat!

      Delete
  10. Wihhhhh... pasangan baru menikah, haha.. saya mbak, tapi masih ditunda hanimuunnya. kok jadi mupeng yaa..

    aku kalo ke Lombok ini, pasti yang aku paling pengen beli itu mutiaranya.
    semoga kecapai ya.

    salam kenal mba,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooooo, mbak Susan :) Salam kenal juga! Hehehe iya nih Lombok itu punya pesona istimewa bikin kangen aja. Belum puas, mau ah ke sana lagi. Coba pesan paket honeymoon lewat Traveloka deh.

      Delete
  11. Aaah Mbak Nurul senangnyaaaa ke Lombok. Itu masih menjadi salah satu destinasi impian saya yang belum kesampaian. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, mbak Nunung nanti liburan lebaran bisa tuh ke Lombok. Pasti belanja banyak nih dan kulineran masakan pedas 😘

      Delete
  12. Lombok memang identik dengan wisata pantai dan kuliner pedas ya. Murid ada yang pakdenya tinggal di Lombok, jadi liburan sering juga ke sana. Asyik sih ke pantai2nya ya, tapi diriku mungkin bisanya sore atau malam nih kalau ke sana, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau pagi, siang, sore atau malam, asik aja ke Lombok mah 😁😍😍 Kalo binun bisa pilih paketnya lho. Jadi lebih santai kan...

      Delete
  13. Ya ampuuuuuuuun. OMG, lagi lagi lombok bikin aku nangis kejeeer. Mau dong honeymoon ke lombooook. Aww, tapi itu kok ngeri ya mba di gili meno, itu patung apa orang beneran apa mumi. hihi. Keren bangeeet lombok, awas kamu ya! Tunggu aku datang. Haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoo nangis aja hahahha biar makin penasaran nih, Cory 😂😂 Siap2 makan ayam taliwang yg pedes deh.. main2 di pantai, berenang2, foto2 dll. Buat honeymoon, kudu punya pasangan resmi dulu yach 😊

      Delete
  14. tempatnya sih asikk buat bulan madu, sayang nya belum ada pasangan ahhh jadi baper hehe.. salam kenal ya mbak kunjungan pertama ni :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga 😀 Iya nih rasanya belum afdol honeymoon kalo belum ke Lombok.

      Delete
  15. Dari dulu pengen ke Lombok ama suami karena suami pengen ke Lombok eh belum terwujud. Padahal banyak banget nih pilihan tempat wisata yang pas kalo ke sini. Mutiaranya cakep cakep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin liburan lebaran 2019 bisa kesampaian Mbak Al dan suami jalan2 ke Lombok aamiin 😍 Ada paket honeymoon nih cocok deh semua beres, yuk coba! Sekalian minta beliin mutiara wkwkwkw 🤣

      Delete
  16. Lombok emang salah satu destinasi favorite di Indonesia, dari pantainya, kulinerannya juga budayanya :) Duuuh itu Ayam Bakar Taliwangnya menggoda banget euy hahaha.

    Salah satu resolusi 2019 ini adalah more travelling, kalau nda Bali ya Lombok bisa jadi pilihan buat plesiran berdua hihihi

    ReplyDelete
    Replies

    1. Sueeeerrrr ayam bakar taliwangnya puedeeesss nampwolll di RM. Kania. Waktu iyu anak2 masih kecil, tapi pada demen pedes... huah2 gitu hahaha. Semoga tercapai harapan travelingnya yaaa aamiin 😘

      Delete
  17. Tahun 2012 harga tikwt 20rb, sekarang berapa ya? Masih sama ga ya? Pengen banget tuh ke gili meno sama gili terawang. Pantainya cakep banget ya. Itu pulau twrpisah gitu ya? Macam pulau seribu dan bidadari di jkt. Kapan yaa kesana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah naik pastinya tiket ferry 😂 Iya terpisah2 tapi mesti ke Gili Trawangan dulu lewatin gituh baru ke Gili Meno dll. Ayo nabung dulu trus realisasikan hehehe 😍

      Delete
  18. Oh Lombok, kapan kah aku bisa berkunjung ke sana? Aku belum pernah ke lombok sih tapi udah pernah nyobain ayam bakar taliwang-nya dan ketagihan. Malah pernah waktu awal2 nikah saking kepinginnya sampai muterin jakarta nyari resto yang jual menu ini susah bangeet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah toss yuk kita sama2 doyan pedes..ayam taliwang 😘😘 Iya enaaaak banget deh. Semoga mb Tya kesampaian ke Lombok ya.

      Delete
  19. kalo utk pantainya sih, aku jujurnya biasa aja, krn tau sendiri aku ga suka pantai dan tempat panas hihihi.. tapiii utk kuliner lombok, kayak ayam taliwangnya, aku pengeeeeen banget cobain mba. apalagi katanya pedeees kaaan :D. makamya kalo nanti ke lombok, aku pgn fokus ama wiskulnya itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaahhh kebalikan sama aku hahaha aku demen air, angin alias suka pantai dan laut. Ga apa2 lah jadi hitam sejenak, ntar di Jakarta putih lagi wkwkwkwkw 🤣 Wiskul makanan Lombok ga habis2, mb Fanny... yang banyak ya makannya kalo nanti ke Lombok 😘

      Delete
  20. Lombok salah satu destinasi liburan aku.. semoga keadaan disana sekarang sudah mulai membaik ya.. pasca gempa beberapa bulan lalu.. kabarnya banyak tempat yang rusak disana.. tapi saya yakin, recovery disana sangat cepat, dan lombok kembali menjadi destinasi wisata dunia yang layak untuk dikunjungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga nanti pas mb Elly ke Lombok, alam bersahabat dan baik2 aja aamiin 🤩 Abis dari Bali biasanya para wisatawan nyempetin diri mampir ke Lombok.katanya kayak ada yang kurang kalo belom hehehe.

      Delete
  21. Masyaallah bagus banget ya mbak, bukan cuma tempat wisatanya aja, budaya dan kerajinannya beragam, eksklusif, bernilai mahal pastinya. Terimakasih sudah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eksklusif banget, eksotis pokoknya bikin wisatawan kangeeen kepemgen balik lagi dan lagi ke Lombok. Aku kangeeen ayam taliwangnya 😍

      Delete
  22. Lombok, wait me there.... I'll coming soon. I hope soo...

    ReplyDelete
  23. Duh, kampung halaman. Saya selalu seneng kalau ada yang wisata ke Lombok dan bahagia menikmati liburannya disana. Hihi. Btw, RM Kania tuh favorit banget. Sukanya kalo kesana jam 9 atau 10 malem, ga bakal diusir kalaupun selesai makan jam 11an malam. Hahha

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.