Monday, December 17, 2018

# Family's health # Review

Tips Memilih Bahan Baju Olahraga yang Tepat dan Nyaman


tips memilih jenis bahan yang pas untuk membuat baju olahraga bukalapak baju olahraga alat fitnes nurul sufitri mom lifestlye blogger review

 
Salam olahraga! Halo teman-teman sebangsa dan setanah air, semoga kalian sehat semua ya, aamiin. Libur 'tlah tiba, mari bergembira sambil berolahraga! Sesibuk apapun dari segudang aktivitas, kita ga boleh mager alias malas gerak. Selain menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, rutin olahraga ternyata meningkatkan hormon endorfin yang bisa bikin kita bahagia. Oh ya, traveling juga temasuk olahraga lho. Stres, depresi, rasa cemas, jauh-jauh deh dari kita. Jadi, kapan nih kita berenang bareng? 😃

Olahraga adalah aktivitas fisik yang menyehatkan untuk tubuh dan pikiran kita. Kita juga bisa menjaga kebugaran tubuh kalau rajin berolahraga meski sifatnya hanya sebentar atau ringan aja. Karena membutuhkan banyak gerakan apalagi akan mengeluarkan banyak keringat, kita harus memakai baju olahraga yang sesuai dengan jenis olahraga yang dilakukan.

Pada dasarnya, pemilihan bahan menjadi hal yang diutamakan karena salah pilih membuat aktivitas berolahraga teman-teman menjadi ga nyaman dan keringat ga terserap dengan baik. Maka itu, kita harus pilih bahan yang sifatnya ringan dan nyaman dipakai. 


Tips Memilih Baju Olahraga yang Tepat dan Nyaman 


Cek Jenis Kain 

Salah satu bahan pakaian olahraga yang berkualitas tinggi adalah kain yang mengandung polypropylene atau kain coolmax dan supplex. Jenis kain ini memiliki kemampuan membuat keringat menguap lebih cepat sehingga badan kita tetap sejuk.
 

Pilih warna favorit

Memang sih ga ada hubungannya antara berolahraga dengan warna pakaian yang kita kenakan. Tapi biasanya warna baju yang dipakai saat berolahraga akan menambah semangat lho. Jangan sampai salah kostum hehehe nanti malah gagal fokus. Kalau saya senang warna biru tua, hitam, merah marun terkadang hijau maupun bermotif.

Pilih bahan baju yang bisa menyerap keringat dengan baik dan memiliki pori-pori yang longgar

Sebaiknya ga pilih baju berbahan dasar katun ketika berolahraga. Iya betul, katun dapat menyerap keringat dengan baik, tetapi penguapannya kembali ga cepat sehingga kita merasa berat memakai baju tersebut. Kalau mau kita bisa pilih kombinasi bahan katun, polyester dan spandeks.   

Ukuran. Pilih baju olahraga yang nyaman: ketat atau longgar?

Baju olahraga yang kita pakai disesuaikan dengan jenis olahraganya, teman-teman. Misalnya aerobic, pilates, yoga, senam, renang dan sebagainya bisa cocok baju yang ketat. Perhatikan ya, jangan terlalu ketat karena selain bakalan ga nyaman, akan berpotensi celaka dan membahayakan. 

tips memilih jenis bahan yang pas untuk membuat baju olahraga bukalapak baju olahraga alat fitnes nurul sufitri mom lifestlye blogger review
Baju Renang Muslimah (Foto: Bukalapak)
 
Sebaliknya bersepeda dan berlari justru dianjurkan untuk mengenakan baju olahraga yang ketat. Jika memakai pakain longgar maka akan menimbulkan risiko celana tersangkut pada pedal, dan hal lainnya.


 
Nah, teman-teman sudah tau kan bagaimana memilih baju olahraga yang tepat dan nyaman. Sekarang kita bahas yuk, sepeti apa sih jenis bahan baju yang kira-kira cocok dipakai untuk kita. Yuk, simak bersama!

Jenis Bahan Baju Olahraga 

Daripada teman-teman salah pilih, sebaiknya kalian cari tau dulu jenis-jenis bahan baju olahraga apa yang bagus dan sesuai untuk dipakai. 

Jenis Bahan Hyget 

Kalau teman-teman mau mencari yang harganya murah, kita bisa pilih jenis bahan hyget. Jenis ini dibuat dari serat sintesis yang tepatnya dari olahan biji plastik. Karena dari biji plastik, kita pasti akan melihat permukaannya yang cukup mengkilap-kilap. 

Baju olahraga yang dibuat dari hyget murni akan sangat ringan saat digunakan. Kita juga akan merasakan bahannya yang tipis dan sangat lemas sehingga bisa bergerak bebas. Saya atau kalian yang gampang berkeringat ga usah takut dengan kemampuan penyerapan keringatnya karena sangat gampang dan susah untuk basah. Tapi, tubuh kalian akan kurang adem karena aliran keringat menjadi kurang efektif. 

Jenis Bahan Hyget Super 

Kalau menurut kamu bahan hyget sebelumnya kurang adem, sebaiknya pilih jenis modifikasinya yaitu hyget super. Jenis ini merupakan pengembangan lebih jauh dari campuran hyget murni dengan serat alami sehingga hasilnya akan semakin dingin dan nyaman dipakai. 

Tapi, kamu akan merasakan sifatnya yang lebih berat dibandingkan memakai baju berbahan hyget biasa. Kita-kita yang memakainya juga akan merasakan bahannya yang tidak gampang lengket. Tapi, lapisannya susah menyerap keringat. Meski begitu, bahannya cepat kering dan termasuk efektif mengalirkan keringat. 



tips memilih jenis bahan yang pas untuk membuat baju olahraga bukalapak baju olahraga alat fitnes nurul sufitri mom lifestlye blogger review
Baju Futsal (Foto: Bukalapak)
 
Karena bentuk dari pengembangan hgyet biasa, tentu harganya menjadi lebih mahal. Tapi, pilihan jenis ini banyak dipakai untuk membuat jersey sepak bola atau futsal karena permukaannya tidak gampang mengkilap dan kuat untuk dibordir. 

Jenis Bahan Serena 

Kalau mau mutu kelas menengah, kamu pilih jenis bahan serena. Kita perhatikan dulu, harus merasakan bahannya yang cukup panas tapi masih terbilang ringan dari jenis baju olahraga sebelumnya. Bahan ini juga gampang banget menyerap keringat dan bisa dibilang cukup efektif dalam mengalirkan keringat. 

Kamu yang mau pilih bahan serena harus mempertimbangkan dulu karena pada umumnya jahitannya kurang kuat sehingga ga cocok buat kamu yang memberikan model border di permukaannya. Tapi kamu masih bisa memakai sablon karena sifat pengikatnya sangat bagus. 

Jenis Bahan Dry Fit 

Kalau mau yang lebih berkualitas lagi, teman-teman bisa pilih jenis bahan dry fit. Tim-tim jersey sepak bola atau futsal original, biasanya memakai bahan ini karena sangat ringan dan adem selama menggunakannya. Daya alir keringatnya lebih diunggulkan dibandingkan jenis sebelumnya karena pengaliran keringatnya lebih bagus. 

Tapi dry fit tidak bisa menyerap keringat dengan baik. Meski begitu, kamu bisa tetap nyaman menggunakannya. Karena keunggulannya itu, tentu harganya lebih mahal apalagi sangat awet dan kekuatan benangnya sangat baik. 


Teman-teman yang lagi sibuk mencari jenis bahan baju olahraga seperti di atas, belilah di lapak Bukalapak saja. Lapak-lapak yang bekerja sama dengan online shop ini menyediakan variasi bahan yang lebih banyak dengan harganya yang relatif terjangkau. Nih, saya kasih infonya 😊


Baju Olahraga (Foto: Bukalapak)

Baju Olahraga Muslimah (Foto: Bukalapak)

Alat Fitnes (Foto: Bukalapak)

 

Teman-teman yang juga sedang mencari alat fitnes banyak tersedia di sini. Jadi, ga usah pusing mencari di toko lain karena semua perlengkapan olahraga bisa diperoleh di Bukalapak. Sistemnya yang aman dan bersahabat membuat kita ga akan repot memesannya. Apalagi banyak promo yang bisa kita pakai sehingga bisa bayar lebih hemat lagi. Tunggu apa lagi? Yuk, olahraga bareng! 😍



44 comments:

  1. Baju olahraga untuk cewek kalau dipikir2 mahal juga yaa!mbak kalau nurutin trends.. Mending baju untuk cowok yaa agak murah..

    Pernah beliin buat istri seharga 350 K dengan trends gaya terbaru eehh!! Olah raganya setahun sekali..😱😱😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya ya setahun sekali olahraganya wkwkwkwk. Ga apa2 isterinya terus dimotivasi biar rajin :) Ada harga, ada kualitas tentunya. Kan sayang isteri, beliin yg branded tapi harga ga bikin jerit hanya di Bukalapak dong :D hihihi.

      Delete
  2. Kemarin main ke olshop baju olahraga muslimah, harga kerudungnya ampun deh mihil, 290rb..skip aja deh.hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ya biasanya ada harga ada kualitas.coba aja cek detilnya dulu 😁 mungkin bisa cari merk lain yg lbh msk budget 😊

      Delete
  3. wah kece juga ya modis, wah aku mah biasa pakai t shirt saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... biar lebih semangat lah olahraganya jd kudu pake baju olahraga yg sesuai 😉

      Delete
  4. Hoooo iyaaa sih, kalau misal milih baju olahraga, saya pasti tergantung dari kain dan longgarnya. Ngga suka yang bikin gatel maupun yang ketat-ketat banget gitu ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terlalu ketat juga ga bagus buat kesehatan 😀 diukur dulu mbak.. kan ada detil ukuran di keterangan biasanya. Bahannya cari yg nyaman.

      Delete
  5. aku pernah beli baju renang dan pas baru pake langsung koyak huhuhu.. sedihnya nggak ketara, dan pada akhirnya harga menentukan kualitas juga huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe jadi pengalaman ya, Mas Yud 😁 Mendingan punya sedikit tapi kualitas bagus. Eh tapi pasti maunya punya banyak wkwkwkwk. Aku sih nahan2 dulu nabung kalo ingin beli baju olahraga yg bahannya enak.

      Delete
  6. akutu pengen olahraga berenang. tapi suami ga kasi ijin :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan ada baju olahraga muslim, mbak. Buat berenang, jogging dll udah banyak di mana2 😁 Coba lihat2 di Bukalapak....siapa tau ntar dikasih izin sama suami tercinta 😊

      Delete
  7. Mantabs mbak, jadi makin banyak pilihan deh buat belanja baju olahraga ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuks pilih2 baju olahraga kayak apa yg mbak mau 😍

      Delete
  8. Kalau baju olah-raga nomer 1 memang yang adem. Ditambah lagi dengan model yang cakep, jadi bikin makin semangat olah-raga ya, Mba Nurul. Eh jangan2 malah semangat selfie di area olah-raga, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hahaha kan olahraga ga cuma mengolah tubuh tapi teteuuup kudu fashionable jiga 😂😂

      Delete
  9. Mantap mbak, jadi pengen beli celana senam lagi. Padahal udah jarang olahraga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa tau kalo udah beli celana senam baru nanti makin semangat lagi olahraganya 😘

      Delete
  10. Yang paling penting emang jenis kainnya ya Mbak, biar nyaman di badan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul3x 😊 Jenis kain buat baju olahraga itu paling utama dipilih sesuai dg jenis olahraga yg kita lakukan 😁

      Delete
  11. wah pas banget neh mbak, aku skrng lagi rajin olahraga. Seringnya salah beli bahan baju yang ada malah terlalu ketat banget bikin gak nyaman. Thanks for sharing ya, berguna banget neh infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyq betul mb Mutia 😊 Bahan baju olahraganya harus disesuaikan dengan jenis olahraga yg akan kita lakukan. Yuk, mau ikutan berenang sama aku? 😍

      Delete
  12. Bener nih, bahan baju olahraga harus diperhatikan terutama seragam olahraga, jangan sampai deh dapat kaos yg cepet berudul dan gak nyerap keringat, malah bikin gak sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul3x.... mendingan beli dengan harga yg sesuai kualitas yg oke ya drpd yg ga jelas. Biar olahraga jd menyenangkan. Coba lihat2 di Bukalapak,banyak stoknya loh 🤩

      Delete
  13. Sejujurnya baru tahu jenis-jenis bahan baju olahraga ini, ternyata banyak dan manfaatnya juga berbeda ya. Aku sebenarnya tergolong sering beli baju olahraga,sayang jarang dipakai hahahahhaa...


    Thanks for sharing ya mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. jadi tergantung dg jenis olahraga yg akan dilakukan, mbak 😃 jangan sampai mau sehat tapi jd sakit gara2 salah pilih baju olahraga hehehe. Sip sama2.

      Delete
  14. Aku tuh sempat kesulitan mencari baju renang yang cocok buat muslimah seperti kita, mba. Soalnya pengen yang menutup aurat tapi satu sisi juga nyaman digunakan. Dan memang selama ini bukalapak itu menyediakan banyak pilihan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja lihat2 di Bukalapak. Banyak banget pilihan dari berbagai merk dan harganya 😀

      Delete
  15. untuk olahraga saya juga selalu milih milih jenis bahan bajunya, biar nyaman beraktivitas dan juga bisa menutup aurat dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi... jadi makin semangat kan olahraganya kalau bahan baju yang dipakai nyaman 😘

      Delete
  16. Selama ini kalo olah-raga pake kaos oblong biasa aja mbak.. mahal soalnya baju olah raga ya 😬
    Ternyata banyak macemnya ya.. nanti survey lagi.. mana tau bisa lebih nyaman pas senam di kantor 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya ya olahraga aja butuh modal 😂 Tapi ga apa2 kan supaya sesuai dengan fungsi dan manfaatnya. Ayuk cari di Bukalapak aja.

      Delete
  17. Aku sudah punya baju renang muslima, yg blm aku punya baju buat joggingnya :D
    Seringnya nem,u baju jogging yang negpas banget sama badan kan kurang nyaman, ntr deh diintip2 Bukalapak kyknya kalau liat gambarnya ada bahan baju jogging yang gak terlalu ketat :D TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...kalo gitu kita bisa barengan berenangnya 😍 Baju jogging banyak yang kekinian ala muslimah loh. Manis2 model n warnanya di Bukalapak.

      Delete
  18. Baru beli baju renang eh dipakai mba Lintang efek punya anak gadis gedenya sama wkwkwk. PR harus cari lagi nih, thx ya sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah ya mamahnya beli lagiiii 🤣 Biar makin banyak koleksi baju olahraganya.

      Delete
  19. Baju renang muslimahnya makin kesini makin beragam ya. Aku lagi pengen ganti baju renang nih mba.

    Selama ini kalau olahraga pake kaos biasa, ternyata banyak macem bahan khusus untuk baju olahraga ya, baru tahu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baju renang, baju fitnes dll bisa dicari di Bukalapak nih. Lucu2 dan menarik. Harga ya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan mereknya.

      Delete
  20. Baca tulistu Mba Nurul ini, jadi tahu ternyata buat olahraga aja jenis bajunya gak sembarangan ya. Taunya paling baju renang. Dan aku belum punya nih baju renang muslimah, jadi berenang masih pake kaos aja gitu. SebeSebenaragak ribet dan malah berat. Huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk..pake baju renang muslimah. Kalo kaos biasa ga enak getaknya lebih berat dan kurang nyaman lah. Sip2 😉

      Delete
  21. Baguss-bagus gtu baju renang muslimahnyaa mbaaak, bookmark dulu nanti kalau pas mau beli aku mampir lagi hehehe. . tfs mbaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okeeee sip, mb Lucky 😍 Lucu2 ya. Yuk deh ntar buka2 lagi siapa tau dapat baju olahraga yang disukai.

      Delete
  22. ntahlah kapan trakhir aku beli baju olahraga :p. ketahuan banget memang jrg olahraganya. tapi kalo suami beli baju utk sport biasanya pasti yg dryfit. kalo bahan2 lainnya, yg mba tulis, jujurnya aku jrg dgr.. :D. nambah info lg ttg macem2 bahan baju olahraga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mbak Fanny 😍 Bisa jadi panduan buat beli baju olahraga nih. Biar makin semangat ga mager hehehe.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.