Friday, October 19, 2018

# Family's health # swimming

Yuk, Nyebur Bareng di Kolam Renang Wisma Makara UI!




Dear all 😃 Kali ini saya mau cerita saat berenang privat di kawasan Depok. Hhmm… tumben privat 😄 Iya, cuma berdua si bungsu Fakhri, ga ada orang lain yang ikutan nyebur syantik lho. Asyik, serasa kolam renang pribadi aja hehehe. Kolamnya ada tiga, yang dua kembar kecil dan satunya lebih besar untuk dewasa, anak-anak juga bisa. Khusus weekend, kita bisa pesan makanan juga di sini.

Sebenarnya saya sudah lama banget kepengen coba berenang di tempat ini. Mungkin baru berjodoh waktunya pada Hari Kamis, 11 Oktober 2018 lalu, akhirnya kesampaian juga main-main air perdana di kolam renang sini. Tadinya mau beramai-ramai berenang bareng temen nulis ke sini, eh ga jadi. Dari tadi kok “di sini” melulu yak, jadi di mana sih? Hihihi…. 😂

Kolam Renang Wisma Makara UI

Alamat: Kompleks Kampus Universitas Indonesia, Depok 16424 
Website: wismamakara.com 
Email: infowismamakara@gmail.com 
Telepon: (021) 7888 3670 Fax: (021) 788 3672

jalan masuk wisma makara universitas indonesia kolam renang depok nurul sufitri mom lifestyle blogger
Jalan Masuk Wisma Makara UI (Foto: wismamakara.blogspotdotcom)

gedung-wisma-makara-universitas-indonesia kolam renang depok nurul sufitri mom lifestyle blogger
Gedung Wisma Makara UI (Foto: wismamakaraindonesia.blogspotdotcom)

Jadi, ternyata di Wisma Makara UI ini terdapat kolam renangnya loh. Mungkin banyak di antara teman-teman alumnus UI yang tau tapi belum pernah mampir, kurang tau dan ga minat berenang, bahkan ada yang sama sekali ga tertarik berenang di sini. Btw, saya mah bukan anak UI tapi UP alias Universitas Pancasila 😄 Tapi siapa aja boleh kok berenang di Makara. Ga ada larangan khusus ini itu.

Yup, adik lelaki saya malah sama sekali belum pernah coba nyebur di Makara UI ini. Dia kuliah di jurusan psikologi UI selama kurang lebih enam tahun. S1 nya selama empat tahunan lalu melanjutkan S2 nya sekitar 2 tahun. So, ketika saya tanyakan hal ini, adik saya malah cuma ketawa-ketawa hihihi, “Met berenang!”, katanya sambil nyengir ceria. 

Biar ada teman, langsung aja deh saya ajak Fakhri berenang. Hhmm… ga bolos sekolah kok, memang lagi tahap akhir penyembuhan. Badannya sempat panas hingga 38,5˚C beberapa hari sebelumnya. Berenang kan malah bagus buat tubuh supaya peredaran stabil dan pernapasan lancar.

Saat sudah stabil suhu badannya dan biar fit, saya ajak main air deh. Ga usah serius berenangnya, yang penting ada gerakan. Seru juga kan bisa menjawab rasa penasaran saya kayak apa sih penampakan si kolam yang katanya penuh kisah 'romantis'. Well, ck..ck..ck apanya yang romantis ya? 😚

Kayaknya memang agak kesiangan berangkat dari rumah. Mana pake macet segala di putaran balik fly over UI. Yah, ini mah namanya jemur diri wkwkwkwk masa pukul 08.40 WIB baru mulai nyebur hahaha. Telanjur sampai situ ya ga bisa mundur.

Tiket Masuk Kampus UI

Akhirnya sampai deh di pintu masuk Universitas Indonesia arah Restoran Saung Mang Engking. Cukup membayar Rp 4.000,- ketika petugas memberikan tiket Bukti Izin Masuk Kampus (IMK). Saya langsung tanya, “Pak, kolam renang Makara di mana ya? Arahnya ke mana nih?”. 

“Oooh, ibu ikuti aja jalan ini luruuuus teus. Nanti ada tanda jelas terlihat Wisma Makara UI, ibu belok ke kanan ya”, jawabnya. Yah, si bapak, kok saya ga dipanggil kakak sih? wkwkwkwk ish..pernah muda judulnya 😅 😚

kartu pas mobil dan bukti izin masuk kampus ui universitas indonesia nurul sufitri mom lifestyle blogger kesehatan olah raga
Kartu Pas Mobil dan Bukti Izin Masuk Kampus Universitas Indonesia

Lahan parkir di Wisma Makara UI ini cukup luas. Saat saya berenang waktu itu cuma ada satu mobil lainnya. Angin sepoi-sepoi, burung berkicau, ga terdengar suara orang-orang. Sepertinya sih memang wisma ini letaknya agak jauh dari kampus para mahasiswa belajar. Ya... bolehlah kalau dibilang privacy ga bakalan terganggu di sini.

Wisma Makara UI


pintu masuk utama wisma makara ui universitas indonesia nurul sufitri mom lifestyle blogger kesehatan olah raga
Pintu Utama Wisma Makara UI

Lobby

Begitu saya dan Fakhri masuk Wisma Makara UI melalui pintu utamanya, hanya ada seorang laki-laki yang berjaga di lobby.  Mas Fadil namanya. Orangnya masih muda, perawakannya kecil, ramah. Eh, kok saya bisa tau namanya? Hehehe emang pake kenalan? Wkwkwkwk... 😁

lobby wisma makara ui universitas indonesia nurul sufitri mom lifestyle blogger kesehatan olah raga
Lobby Wisma Makara Universitas Indonesia

Saya kan kasih uang untuk bayar tiket kolam renang dengan selembar uang seratus ribuan. Kata Mas Fadil,"Kembaliannya nanti ya, bu. Soalnya ga ada nih". Lalu saya bilang, "Iya, ga apa-apa. Kalau boleh tolong tulis deh nama bapak di balik kertas HTM-nya". Nah begitu, teman-teman, ntar kalau pas pulang saya ga tau namanya, kembaliannya gimana? Mamah pintar deh 😊

Tiket Masuk Kolam Renang Wisma Makara UI


tiket masuk anak dewasa kolam renang wisma makara ui universitas indonesia nurul sufitri blogger mom lifestyle kesehatan olah raga
Tiket Masuk Anak dan Dewasa Kolam Renang Wisma Makara UI

HTM Kolam Renang Wisma Makara UI 

Weekdays Senin-Jumat (kolam renang saja) 
Dewasa: Rp 25.000,- 
Anak: Rp 20.000,- 

Weekend Package Sabtu-Minggu (kolam renang, makanan dan air mineral) 
Dewasa: Rp 50.000,- 
Anak: Rp 45.000,-

Menu pilihan ada nasi goreng, mie goreng, kwetiaw goreng, bihun goreng dan mie bakso kuah.

tiket masuk anak dewasa kolam renang wisma makara ui universitas indonesia nurul sufitri blogger mom lifestyle kesehatan olah raga
Tiket Masuk Kolam Renang Wisma Makara UI

Kolam Renang

Sejauh mata memandang, kolam renang seperti di villa gitu. Pemandangannya bagus meskipun sepi. Halaman rerumputannya bersih, air kolam terbilang biasa aja sih. Bangku-bangku dan mejanya berdebu, mungkin karena letaknya pas di pinggir jalan raya. Ada 2 ban tergantung di sisi pohon.


rerumputan hijau dan bersih kolam renang wisma makara ui universitas indonesia depok nurul sufitri mom lifestyle blogger
Rerumputan Hijau dan Bersih

meja kursi di pinggir kolam renang wisma makara ui universitas indonesia depok nurul sufitri mom lifestyle blogger
Beberapa Meja dan Kursi Santai di Pinggir Kolam Renang

papan perhatian bagi para pengunjung kolam renang wisma makara ui universitas indonesia depok nurul sufitri mom lifestyle blogger
Papan Perhatian Bagi Pengunjung Kolam Renang Wisma Makara UI

Apa tuh kata si papan perhatian? 😃
  • Pengunjung wajib menunjukkan tiket masuk kolam renang kepada petugas
  • Jam buka kolam renang adalah 07.00 - 19.00 WIB
  • Pengunjung wajib menggunakan baju berenang
  • Anak-anak wajib didampingi oleh orang dewasa
  • Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar
  • Jagalah selalu kebersihan, ketertiban dan kesopanan
  • Buanglah sampah pada tempatnya

Tapi menurut dua petugas yang saya tanya sih, jam buka kolam renang pukul 08.00 dan tutup 17.00 WIB. Yah pokoknya kira-kira begitulah. So, ga jadi dong ya niat berenang malam hihihi. Ga ada yang jual makanan juga kalau olahraga malam kan.

ban nyebur bareng di kolam renang wisma makara ui universitas indonesia depok nurul sufitri mom lifestyle blogger
Ban

Papa Rafa dan Fakhri pernah mampir sebentar ke tempat ini tapi ga berenang. Ternyata benar katanya, kolamnya keciiiiiiil. Eh yang dua kolamnya memang cocok buat batita alias anak usia di bawah tiga tahun. Cuma buat main air lah. Kolam yang satu sih lumayan temasuk besar lah, bisa buat anak dan dewasa.

Gunakan Sunblock Sebelum Berenang

Seperti yang udah saya bilang di awal, sinar matahari rasanya mulai terasa di kulit. Biasanya saya selalu pakai sunblock atau tabir surya dari rumah sekaligus pakai baju renangnya. Kalau sampai kelupaan menggunakan sunblock wiiihhh... muka saya bisa gosong tiga hari tiga malam hihihi. Jadi, kalau ketemu saya lihat agak gimanaaa gitu, pertanda abis berenang lama panas-panasan juga hehehe 😄

Oh ya, teman-teman, Sunblock itu mengandung mineral seperti zinc oxide atau titanium dioxide yang membangun lapisan di atas pemukaan kulit. Fungsinya sebagi dinding penghalang kulit dari sinar matahari. Jadi kalau kita hendak beraktivitas di bawah terik matahari, pakai deh sunblock yang tahan air dengan SPF yang sesuai misalnya SPF 30 hingga 60. Pakai secara merata di bagian wajah, tangan, kaki, jangan sampai ada yang terlewat.

Baca yuk: Kosmetik Halal Amalia untuk Traveling


berenang berdua si bungsu fakhri kolam renang wisma makara ui universitas indonesia depok nurul sufitri mom lifestyle blogger
Berenang Berdua Si Bungsu Fakhri

kolam reannag dewasa ukuran besar wisma makara ui universitas indonesia nurul sufitri mom lifestyle blogger depok
Kolam Renang Dewasa

kolam renang anak ukuran kecil wisma makara ui universitas indonesia nurul sufitri mom lifestyle blogger depok
Kolam Renang Anak/ Ukuran Kecil

Saya coba menapakkan kedua kaki hingga ke dasar kolam, wah dalam juga. Tinggi saya kan 160 cm, nah si kolam ini bisa jadi 180-200cm kayaknya. Ada saran dari saya nih buat teman-teman yang hendak berenang cantik di Makara UI, jangan sendirian ya hehehe.

Bukan apa-apa, khawatir kalau tiba-tiba kaki mengalami kram atau apa, kan ga ada yang nolongin. Cuma sekali terlihat petugas kebersihan yang sedang menyapu itu pun agak jauh. So, inga-inga ya, jangan berenang sendirian.

kolam renang wisma makara ui universitas indonesia depok nurul sufitri mom lifestyle blogger
Berenang Bareng Fakhri

kolam renang wisma makara ui universitas indonesia depok nurul sufitri mom lifestyle blogger
Fakhri di Kolam Renang Anak

Jangan lupa bawa minuman terutama air putih biar ga kehausan. Iya sih, berenang ga mengeluarkan keringat seperti kita lihat pada orang-orang yang habis berolahraga. Tapi pasti deh kita butuh minum, maka pilihlah air minum yang menyehatkan, bikin segar tubuh dan pikiran kayak yang suka saya bawa di tas.

Mampir deh: Pristine 8+ dan Berenang: Gaya Hidup Sehat, Netral dan Seimbang





Kamar Bilas 

Sinar matahari sudah terik waktu itu. Saya dan Fakhri ga berenang lama kok di Wisma Makara UI ini. Kami pun bergegas ke kamar bilas. Saya dan Fakhri mandi di kamar bilas perempuan, bersebelahan. Lagipula anak saya ini kayaknya takut mandi sendirian di kamar bilas laki-laki. 

Begitu juga dengan saya yang penakut hahaha. Saya juga khawatir kalau si bungsu nu kasep mandi sendirian jauh. “Bismillah dulu yuk, baca2 doa, Nak”, saya bilang begitu berulang kali.

tempat penitipan barang dan kamar bilas pria kolam renang wisma makara ui universitas indonesia depok nurul sufitri mom lifestyle blogger
Tempat Penitipan Barang dan Kamar Bilas Pria

tempat penitipan barang dan kamar bilas perempuan kolam renang wisma makara ui universitas indonesia depok nurul sufitri mom lifestyle blogger
Tempat Penitipan Barang dan Kamar Bilas Perempuan

wastafel dan tempat sampah di kamar bilas kolam renang wisma makara ui uinversitas indonesia depok nurul sufitri mom lifestyle blogger
Wastafel dan Tempat Sampah di Kamar Bilas

Tempat penitipan barang kayaknya sudah lama ga difungsikan. Padahal kelihatan masih bagus nih. Pas saya dan Fakhri masuk ke kamar bilas, ada dua buah wastafel yang kran airnya hidup semua, dua buah cermin lebar yang cukup cling dan sebuah tempat sampah.

Tempat mandi ada empat buah kamar bilasnya masing-masing dengan shower yang airnya mengalir cukup baik. Lucu juga nih penutupnya warna putih. Tapi tenang, ga transparan kok, tebal bahannya. Jadi teringat ketika saya berenang di Pesona Khayangan.

Baca deh: Berenang Asyik dan Nyaman di Kolam Renang Pesona Khayangan Depok


kamar bilas dan toilet kolam renang wisma makara ui universitas indonesia depok nurul sufitri mom lifesyle blogger
Kamar Bilas dan Toilet Kolam Renang Wisma Makara UI

toilet kloset duduk di kamar bilas kolam renang makara ui universitas indonesia depok nurul sufitri mom lifestyle blogger
Toilet Bersih dengan Kloset Duduk

Kebersihan di dalam kamar bilas dan toilet menurut saya sih cukup bersih. Apalagi kalau sering dipakai, kan jadi lebih tersentuh gitu. Kebetulan saya dan Fakhri belum coba toiletnya, cuma mandi aja. Lantai kamar mandi kesat jadi ga perlu khawatir jatuh karena licin. Oke lah yaw.

mandi shower bersih kamar bilas kolam renang wisma makara ui universitas indonesia depok mom lifestyle blogger
Tempat Mandi dengan Shower

Tempat Wudhu

Nah, tempat wudhu ini letaknya berhadapan dengan toilet. Bukan toilet di kamar bilas dekat kolam renang yach, beda lagi nih. Bersebelahan dengan musholla, tepatnya. Jadi kalau teman-teman mau beribadah, langsung aja dari toilet menuju tempat wudhu lalu ke musholla deh.

Bersih sih pas saya lihat sekilas, tapi ga coba kran airnya. Mudah-mudahan bisa dipakai ya airnya mengalir sampai ke hati wkwkwkwkwk biar bersih hatinya dari rasa iri, dengki dan dendam 😎 Biar sekalian meluruhkan dosa-dosa juga aamiin yra.

tempat wudhu wisma makara ui universitas indonesia nurul sufitri mom lifestyle blogger kolam renang depok
Tempat Wudhu di Wisma Makara UI

Musholla

Di Wisma Makara UI ada musholla yang cukup luas lho. Bersih deh dan kelihatan nyaman beribadah di sini. Tersedia sarung, sajadah dan mukenah, ada pula Al Qur'an. Tampaknya sering dibersihkan ya. Ada cermin juga buat ngaca, sambil berbicara dalam hati kepada Yang Maha Mengetahui, kira-kira dosa kita eh kita hehehe sudah diampuni Allah atau belum ya? Hhmm...

Atur deh waktunya, kapan-kapan shalat ashar dan maghrib di sini. Enak sebenernya kalau janjian rame-rame kan, anggap aja berenang di villa di Puncak Depok hahaha. Siapa tau besok-besok mau berenang lagi dari sore sampai malam hari. Uji nyali yuk, di sini hihihihi... berani? 😄

musholla wisma makara ui universitas indonesia nurul sufitri mom lifestyle blogger kolam renang depok
Musholla di Wisma Makara UI

musholla wisma makara ui universitas indonesia nurul sufitri mom lifestyle blogger kolam renang depok
Musholla di Wisma Makara UI

Jadi, mau kapan nih kita janjian berenang rame-rame di kolam renang Wisma Makara UI? Biar ga sepi, biar seru! Coba yuk nyebur di sore hari. Enak kan langsung mandi yang bersih. Sampai rumah tinggal makan, istirahat, sholat lalu bobo deh. Ok, nantikan cerita main air saya bareng anak-anak dan teman-teman di episode berikutnya. Thanks and see you again! Wassalam 😊



34 comments:

  1. Baru tau kalau ada kolam renang di makara ui. Makasih untuk infonya mbak

    ReplyDelete
  2. Dalem juga ya kalau sampai 2 meter. Btw, itu ukuran kolam dewasanya berapa x berapa ya? Buat target renang nih. Kan 1000 meter.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha target berenang 1000 m bisa aja sih tinggal bolak-balik aja 😆😆😘 kira2 20mx8m kayaknyaaaa.

      Delete
  3. Waah baru tauu jugaa nih mbaak ada kolam renang di wisma makara UI, bisa untuk umum juga . .tfs mbaaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mb lucky... berenang bareng 😁 sepiiii kalo pagi. Penasaran kalo sore nih ada yg nyebur ga ya hehe.

      Delete
  4. Tiket masuknya terjangkau juga ya, Teh.
    Dan bedanya juga cuma goceng untuk anak dan dewasa.
    Terlihat sepi seperti kolam sendiri..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiiii, Ndi.. sok mun ka Jakarta urang ulin ngeem di Makara UI yuk hahahaha privat pisan iyeu mah, eweh sasaha, kayak kolam pribadi :D

      Delete
  5. wah berenang memang aktivitas yg menyenangkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Tira, yuk siniiii bareng akuh :)

      Delete
  6. Baru tahu kalo disana ada kolam renangnya kak :D
    Itu asik banget sepi, berasa kayak lagi renang di kolam renang pribadi. Hehehe.
    Murah juga tarif masuknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Hans, privacy ga terganggu sama sekali hihihi... murah HTM nya. Yuk lah berenang di Makara UI! 😍

      Delete
  7. Kalo seandainya ini deket, aku ajak anak2 mah berenang di sana aja.. Bagus dan sepi. Yg kayak begini yg aku suka mba. Drpd yg terlalu rame. Sayangnya depok mah jauh banget. Kec kalo aku niat staycation di daerah2 sana :p. Eh tapiiiii, UI terkenal ama beberapa tempatnya yg angker :D. Hahahaha, td jujur aja aku agak merinding dikit liat kamar bilasnya mba :p. Akupun ga bakal berani sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha.... masa sih serem? 😆😆😆😎 Makanya kudu rombongan berenangnya, Mbak Fanny 😀 Banyak2 bismilah dan doa2 aja. Enak nih berenang sampai puas ga ada yg ganggu 😚

      Delete
  8. Mbaaa, aku udah gak sabar pengen cepet2 nyemplung ke kolam walau gak bisa renang, haha. Baca postingan ini bikin pengen banget kesana deh, soon setelah anak bayi gedean dikit aku bawa nyebur aah, tempatnya ramah anak ya kalau dilihat dari foto, bersih dan nyaman juga, plus penuh ketenangan, Busui butuh banget nih tempat kayak gini. Thank you infonya mba, lengkap bangeet :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuuuuk, mbak Hani :) Kalo bayinya udah beberapa bulan bisa kok diajak berenang. Ada cara khususnya sih kalo bayiiii :D Biar segar ga mumet karena efek baby blues hahaha ditunggu yaaa :) Iya, bersih dan nyaman di kolam renang Makara UI :D

      Delete
  9. Weh aku baru tau ada kolam renangnya deket kampus UI. Arah mang engking sih tau, pernah makan di sana, tapi gak pernah tau ada kolam renang haha, padahal kece banget yaa, bersih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Lia, dari mang Engking masih luruuuus :) Dekat kok dari situ belok kanan udah nyampe Gedung Makara-nya, di sisi kanan.

      Delete
  10. Samperin semua kolam renang ya kak karena hobbi renang hahaha lupa info nih mah anak juga kalau di UI ada ya. Tahunya dekat rumah aja. Thanks infonya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kaaaan kok ternyata banyak orang yang belum ngeh denga keberadaan si kolam renang yang satu ini? Sip2 sama2 mb Git. Iyes ntar aku samperin semua kolam deh ahahahah :D

      Delete
  11. Aku klo berenang yg paling utama adalah kolamnya bersih, toilet dan tempat bilasnya bersih serta ada tempat sholatnya. Pas bgt nih sama kolam renang Makara UI tp sayangnya ngga ada perosotannya yak wkwkwk. Anakku klo berenang yg dicari perosotan xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu utama banget deh. Apalgi kalo showr dan buat ganti pakaian kudu bersih. Ga suka aku yg shower rame2. Ga bisa mandi beneran cuma shampoan doang hhhmm ga deh. Di Makara UI aja berenang seruuu tapi jangan sendirian ya :D

      Delete
  12. Baru tahu di Wisma Makara UI ini ada kolam renangnya. Bagus ya kolam renangnya, kelihatan bersih... Tapi setuju banget, jangan berenang sendirian ya,nanti kalau kram kaki ngga ada yang menolong hehehehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bagus :) Betulll.. minimal berenang berdua. Bertiga dan seterusnya lebih baik hihihi. Lengkap di sini ada mushola juga.

      Delete
  13. Wiiihh lengkap nih ceritanya soal kolam renang Wisma Makara UI.. Aku belom pernah mba berenang di situ.. Pernah ada kawinan di Makara sampe tempat kolam renangnya juga.. Aku liat pas itu cukup bersih juga kolamnya.. Lumayan tuh ya pas weekend ada paket sekalian sama makan.. Abis renang pasti laper.. wkwk.. Asyik ya mba sepi, berasa kolam renang pribadi.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serasa kayak berenang di villa sendiri ya hihihi :) Ga rugi de ke sini bolak-balik, sepiiii. Puas ke sana ke mari. Iya ini gedungnya disewakan buat berbagai acara terutama seringnya pernikahan, begitu katanya sih.

      Delete
  14. selama kuliah di UI cuma denger2 aja dan gak pernah coba. kayaknya harus coba weekend sama anak dan istri nih. kalau weekend rame gak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, alumnus UI ya? Masa sih mas ga pernah coba nyebur? Hehehe Aku belum pernah berenang pas weekend.

      Delete
  15. Mba nurul, pan kapan kita berenang bareng yuk, niat mau masuki anak les renang belum kejadian terus nih.. apa les aja sama mba nurul yak hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk mb Elly! Jangan wacana muluuuu hihihii. Wah les sama aku ntar ga sabaran wkwkwkwk :D Lucu nih hihihi.

      Delete
  16. Asiknyaaa berenang. Pantesan badan mbak Nurul bagus, ternyata suka berenang ya.
    BTW, kapan2 saya mau dong mbak diajak berenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik iyaaa :) Wah, makasiiih mb Elva :D Yuk2 bareng2 kita renangnya.

      Delete
  17. Kolam renangnya luas juga ya, Mba Nurul. Ada 3 petak ya. Diriku mah yang namanya ke kolam renang memang takut kalo sendirian, haha... Kecuali memang kalau kolam renangnya terkenal memang cukup rame setiap harinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Petak hihihi kayak tanah aja :D Yang 2 kembar keciiil buat batita sih. Btw aku dulu2 suka sendirian berenang tapi makin ke sini jadi agak takut. Takut kram kaki dan takut mandi sendirian wkwkwkwk :D

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.