Monday, November 19, 2018

# culinary # traveling & culinary

Kuliner Bakso Seuseupan di Kota Hujan

wisata kuliner bakso seuseupan di kota hujan bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger traveling
 
Horeeeeee…..! Akhirnya kesampaian juga saya ngebakso bareng mamah-mamah kece, setelah direncanain 1,5 bulan lamanya hihihi ๐Ÿ˜ Memang di mana sih mamam baksonya? Hhmm… ga berasa jauh kok, kan kita berangkat dan pulang naik kereta api. Bakso memang salah satu makanan favorit saya. Tambah sambal uleg, sedikit kecap manis dan cuka, nikmat banget lho. Bikin lidah bergoyang, perut jadi kenyang. Pergi pulang goyang-goyang, hati pun senang.

Bogor memang dikenal akan wisata kulinernya. Di Bantar Jati misalnya. Di sini merupakan salah satu tempat berkumpulnya warung dan restoran enak. Sepanjang Jalan Bangbarung kita bakal menemukan aneka rumah makan yang berdekatan dengan pemukiman warga. Ada kedai camilan, restoran steak, bakery shop, soto mie, asinan, warung bakso dan masih banyak lagi.

Kata orang, jalan-jalan ke Bogor ga lengkap rasanya kalau belum mampir ke warung Bakso Seuseupan. Katanya juga, rasa baksonya enak banget, pas di hati. Ah masa iya? Untuk membuktikan kenikmatan rasanya, datanglah kami beramai-ramai ke sana pada Hari Rabu, 14 November 2018 lalu. Ada saya Mama Rafa Shahira alias MaRaf, ada MaJamie, MaRafky, MaAnya, MaCia, MaFay, MaNasti, MaDzaki, MaLiand dan MaAtha. Semua adalah orangtua murid Kelas Bilingual 8.1 MTsN 4 Jakarta.

MaCan sempat nyobain makan bakso dengan sensasi berbeda di pinggir rel kereta. Waktu itu kita abis nengok anak-anak saat mengikuti Proram Bilingual di Pare selama sebulan. Mamah-mamah berada di Pare hanya 2-3 hari kok, kemudian meneruskan perjalanan ke Kota Apel.

Baca deh: Nikmatnya Makan Bakso President di Tepi Rel Kereta Api


Pukul 08.30 WIB kami janjian di Stasiun Lenteng Agung. Ada beberapa mama yang menungu di stasiun lainnya. Singkat cerita, sampailah sepuluh perempuan manis ini di Stasiun Bogor. Kayak gulali ya manis-manis hehehe ๐Ÿ˜ƒ Penampilan Stasiun Bogor lebih tertata dan luas, pangling gituh. Maklum saya sudah luamaaa bangeeed ga ke Bogor nih.

wisata kuliner bakso seuseupan di kota hujan bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger traveling
Mama-mama 8.1 Tiba di Stasiun Bogor (Foto: MaAnya)

wisata kuliner bakso seuseupan di kota hujan bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger traveling
Di Stasiun Bogor (Foto: MaAnya)

wisata kuliner bakso seuseupan di kota hujan bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger traveling
Foto Seru Mama-mama Kece di Stasiun Bogor (Foto: MaAnya)

wisata kuliner bakso seuseupan di kota hujan bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger traveling
Foto Seru Mama-mama Kece di Stasiun Bogor (Foto: MaAnya)

wisata kuliner bakso seuseupan di kota hujan bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger traveling
Di Stasiun Bogor (Foto: MaAnya)

Kita sewa angkot langsung ke warung Bakso Seuseupan bayar Rp 70.000,- Sengaja naik 1 mobil biar kompak ga misah-misah. Jarang-jarang ketemu begini face to face hihihi. Kedai baksonya berada di Jalan Bangbarung Raya No. 3, Bantar Jati, Bogor. Telepon: 0251 7107730/0818821606 Buka setiap hari pukul 09.00-21.00 kecuali Jum'at 13.00-21.00 WIB.

wisata kuliner bakso seuseupan di kota hujan bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger traveling
Naik Angkot (Foto: MaAnya)

Oww.. si sopir angkot belum ngeh dengan keberadaaan bakso yang dimaksud. Sempat bertanya pada seseorang di pinggir jalan, biar dapat jalan pintas rupanya, kan macet loh. Ga lama kemudian sampailah kami di Bakso Seuseupan. Ternyata cukup mudah ditemukan karena terletak di pinggir jalan raya dan spanduknya terpampang cukup jelas.


wisata kuliner bakso seuseupan di kota hujan bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger traveling
Sampai di Depan Warung Bakso Seuseupan (Foto: MaAnya)

Warung bakso ini kelihatan sederhana. Terletak lebih rendah dari jalan, sehingga kita harus menuruni tangga untuk masuk ke dalamnya. Aroma kuah bakso yang lezat langsung tercium dengan indahnya hehehe. Yang tadinya ngaku belum lapar eh antusias banget kepengen buru-buru makan baksonya.

wisata kuliner bakso seuseupan di kota hujan bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger traveling
Tampak Depan Warung Bakso Seuseupan (Foto: baksoguide.blogspot.com)

wisata kuliner bakso seuseupan di kota hujan bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger traveling
Kedai Bakso Seuseupan yang Luas di Sisi Kiri (Foto: tamankulinerku.blogspot.com)

Saya pesan bakso urat spesial mie campur deh, penasaran dengan kelezatan seperti yang orang-orang bilang. Minumnya air teh tawar aja. Ternyata pengunjung bakso di sini memang diberi gratis minum teh tawar panasnya. Gelas kecil sih, ga nendang minumnya. Jadi teman-teman pada pesan es kelapa, es jeruk dan lain-lain.

Tau ga teman-teman, kita ini termasuk kalem lho. Ga boros suara kayak rombongan ibu-ibu di meja pojokan dekat dinding. Menggelegar banget iiiih sampai bikin pengunjung lain merasa ga nyaman. Kita pikir mereka bakalan berhenti ngalor-ngidul sampai bakso pesanan mereka datang, ternyata masiiih aja rame teu puguh. Ya sudahlah, anggap aja mereka  radio rusak wkwkwkwk ๐Ÿ˜Ž

Duh, jadi teringat ketika MaCan makan bakso di Pare. Mampir yuk : Makan Enak Bakso Sumeh Podomoro dan Balungan Setan di Pare Kediri


wisata kuliner bakso seuseupan di kota hujan bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger traveling
Duduk Manis Menunggu Pesanan Bakso Seuseupan Tiba

Taraaa…..! Ini dia penampakannya Bakso Seusepan spesial pesanan saya ๐Ÿ˜ Ada 3 butir bakso, mie kuning, mie putih, sawi dan sesuatu kayak lemak goreng gitu. Seperti kerupuk kulit goreng ada lemaknya gitu. Saya kalau makan bakso paling menambahkan sambal uleg yang banyak, kecap dan cuka sedikit aja. Saat diseruput, kuah kaldunya terasa, asinnya pas. Harga semangkoknya Rp 23.000,- aja. Coba dapat 5 baksonya, enak tuh. Sayang cuma 3 heuheu... kurang nendang nih ๐Ÿ˜ž


wisata kuliner bakso seuseupan di kota hujan bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger traveling
Bakso Urat Spesial Mie Campur (Foto: Nurul Sufitri)

wisata kuliner bakso seuseupan di kota hujan bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger traveling
Es Jeruk Ada Kelapanya (Foto: Nurul Sufitri)

Yuk baca! Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh


wisata kuliner bakso seuseupan di kota hujan bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger traveling
Bakso Urat Spesial (Foto: Nurul Sufitri)

Sebenarnya saya membayangkan bakso urat spesial ini kelihatan serat uratnya dan jumlah baksonya lebih banyak. Apa daya Cuma ada 3 aja baksonya wkwkwkwk. Ukurannya sedang aja dengan teksktur pas kenyalnya dan cukup lembut. Menurut saya sih hhmm… ya... seperti bakso biasa. Mungkin mestinya pesan yang lebih spesial. Kuahnya memang echo maricho ๐Ÿ˜  Saat bakso dipotong menjadi dua bagian, kayak gini nih. Kapan-kapan mau coba bakso telurnya ah.

Saya ga doyan lemak. Tapiiiii ga nyangka kalau saya kok suka ya sama sesuatu yang berwarna cokelat. Ternyata ini gajih yang dikeringkan dan digoreng! Apakah ini yang bikin bakso makin enak sedap disantap? 

Es kelapa pesanan teman-teman saya airnya cenderung berwarna putih. Oh..ini ditambahkan susu, rasanya jadi manis susu gitu plus gula merah. Saya sih ga pesan minuman dingin, khawatir beradu dengan kuah bakso yang panas. Soalnya gigi saya dalam masa perawatan hahaha ga mau kalah dengan wajah kudu dirawat juga kan? Kalau es jeruknya kayak gini ada buah kelapanya juga.


 wisata kuliner bakso seuseupan di kota hujan bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger traveling
Bakso Seuseupan Bogor (Foto: Nurul Sufitri)

daftar harga wisata kuliner bakso seuseupan di kota hujan bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger traveling
Daftar Menu dan Harga Bakso Seuseupan Bogor (Foto: Nurul Sufitri)

Teman-teman yang masih penawaran kuliner seru di Kota Hujan, boleh deh rame-rame mampir ke sini. Kapan-kapan saya mau coba mie ayam dan menu lainnya ah. Ini mamah-mamah kompak rata-rata pesan bakso urat spesial hehehe ๐Ÿ˜‹ Ssstttt.... nanti baca juga ya saat aku dkk mamam syantik di Kluwih ๐Ÿ˜ Jadi, kapan giliran kalian wisata kuliner ke Bakso Seuseupan?



36 comments:

  1. wah, wah, ini wisata bakso namanya .hahaha ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe...mamah2 kan doyan ngebakso, mbak Agustina :) Yuks :D Banyak pilihannya nih.

      Delete
  2. Seru bgt kynya ma... Hmm next icip2 k sini dh klo lg nemenin MasDaff main d bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuuu dooong, Ma'am Shinto :D Kapan2 yuk ikut kita hihi :) Jangan kaget ya makannya buanyak nih mamah2 8.1.

      Delete
  3. Wah nyesel baca postingan ini sore-sore, jadi lapeeer :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuuuz aja mas, ke Bakso Seuseupan! Daripada ngiler ga habis2 wkwkwkwk :D

      Delete
  4. Wah kerenn mam raff๐Ÿ˜๐Ÿœ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih :) Ini mama siapa yach? hihihi Sip deh.

      Delete
  5. Emak - Emak Kalau Lagi Ngumpul pasti rame, kwkekwkekwkek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ruameeenya ngalahin suara macem2 wkwkwkwk, tapi genk akuh sih ramenya elegan hihihi :D

      Delete
  6. Ini bakso udh lama kan yaaa. Spupuku srg posting sedang makan di sana. Tp aku samasekali blm coba. Justru bakso2 yg udh berdiri lama ini aku lbh suka sebenernya :) . Tp hrgnya udh melonjak jauh yaaa :) kata sepupuku dulu jauh lbh murah hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah lamaaa temen2ku bilang sih gitu. Tempatnya sederhana. AKu paling suka kuahnya. Besok2 mau coba bakso isi telur dll deh. Kemaren2 cuma urat biasa jd masih penasaran wwkwkwk :D

      Delete
  7. Waduh... Mbak. Sepanjang baca postingan ini, saya nelan air liur terus. Membayangkan bakso hahaha.

    Saya masukin daftar list ini, Mbak. Kalau pas ke Bogor, wajib dicoba.
    Terima kasih, Mbak Nurul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha kabita nya, Mas Bambang? Hayuk atuh urang ameng ka dieu wkwkwkwk :) Sip2 sami2 :D

      Delete
  8. Uhuu... Rame yaa, emak emaknya kece kece… bogor tanah kelahiranku, bakso makanan favoritku, jadi pengen pulkam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ruameeee :) Maaciiiihh emak2 emang kudu keceh atuh :D Kampungnya deket banget, Kang Maman hihihi.

      Delete
  9. Udahhhhh pernah makan aku ini ya Allah sekitar tahun berapa ya tadinya ya ngemper aja mba Nurul khasnya adalah gaji/tetelan yang di goreng gitu. Ih jadi kangen bantar jati hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya katanya sih yang jadi khas Bakso Seuseupan ini ya gajih yang digoreng :) Aku ga doyan kalo gajih rebus. Enak ini mah :D

      Delete
  10. Aku termasuk Pecinta Bakso Mba, baca postingan ini udah deh langsung kebayang2, haha. Ada rencana mau silaturahmi ke Kampus Suami (IPB), bisa nih ajakin mampir ke Bakso Seuseupan ini, gak sabaaar, haha. Makasih infonya ya Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oww yaaa...adikku yang perempuan juga alumnus IPB. Dia sering ngebakso di sini dulu, aku aja yg belum, baru sekali hehehe :D

      Delete
  11. Ya alloh mupeng berat, bareng kesana yuk mbak nurul. Btw pernah direview sm pak bondan dulu. Katanya emang enak bgt baksonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, kapan2 ya mb Tetty :) Iya..amazing sama gajih yg digoreng. Kan aku ga doyan kalo gajih rebus biasa hehehe.

      Delete
  12. Wah kalo tetelannya digoreng dulu aku pun pasti suka, aku gelian kalo disuruh makan tetelan yg masih putih-putih gitu hehe.. asyik juga ya makan bakso ramai-ramai kaya gitu, beneran kaya piknik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kok sama kayak dakyuuuu ga demen gajih rebus hahaha.. Iya asik rame2 sama mamah2 sekolahan wkwkwkkw piknik kita biar ga mumet :D

      Delete
  13. Aku lupa deh udah nyoba makan di Bakso Seseupan ini atau belum ya. Tapi bbeerapa kali di bakso seseupan Puncak. Enak. Tadi aku ya ngelewat bakso seseupan tapi ga sempat mampir karna buru buru pulang . Makasih rekomendasinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2 mb Al :) Kalau di Puncak makin nikmat makan bakso ya, bisa nambah nih bermangkok2 hahaha buat ngangetin body. Minumnya bisa teh panas atau es kelapa dll :D

      Delete
  14. Seru banget, jalan bareng-bareng. Btw, itu bakso jaraknya lumayan ya kalau dari stasiun kereta. Kayaknya harus ganti angkot sekali, tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Dyah seruuuu... Kalau dari Stasiun KA sih kayaknya ga terlalu jauh. Kurang tau juga deh soalnya kita kan nyewa angkot jadi cuma sekali aja hihihi.

      Delete
  15. Ibu-ibu itu kalau dah ngumpul pasti seru ya, dan memang bakso itu favorit para ibu. Liat foto2 ini bikin ngiler euy, apalagi kalau lagi kliyeng2an begini hehehe. Btw aku belum pernah coba bakso Seseupan euy, mau coba juga ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata orang, kalo lg puyeng enaknya mamam bakso. Coba deh, bener ga ya, mb Donna? Hehehe... Yuk, silakan coba Bakso Seuseupan di Bogor!

      Delete
  16. Aih mbak, seru banget nih ngebaksonya rame2. Mau dong mbak kapan2 diajak kesana. Penasaran nih sama bksonya. Apalagi ajak keluarga, pasti lebih seru ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah :) Yuk, mb Elva kpn2 kita ngebakso bareng. Seruan sm temen2 sih haha hihi.. Kalo sm keluarga jadinya kalem wkwkwkwk :D

      Delete
  17. Sebagai pencinta bakso, kayanya aku wajib mencoba bakso ini deeeh. Harganya juga terbilang masih terjangkau lah. Seru ya jalan-jalan sama mamah-mamah sekolahan. Akutu nggak pernah lho kaya gitu. Pergi bareng-bareng ya kalau sama blogger aja. heheheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini dia teman sehati yg ngaku di blog katanya ga bisa nolak bakso hahaha :D Assiiikkk punya temen gila bakso wkwkwkwkwk. Ayo, mb Tite, jln2 mkn2 sama mamah2 sekolahan pasti seruuuuu.... ga jaim2 lah orangnya.

      Delete
  18. Ponakan aku seneng banget nih ke sini, tiap kali liburan selalu ke sini.
    Aku belum doyan, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa ga doyan, mbak? Enak khaaan? :) Coba dikiiit dulu lama2 ketagihan deh hehehe.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.