Wednesday, November 21, 2018

# culinary # Review

Menikmati Masakan Sunda Otentik di Restoran Kluwih Bogor

menikmati masakan sunda otentik di restoran kluwih bogor kuliner nurul sufitri mom lifestyle blogger
 
Setelah menikmati Bakso Seuseupan, saya dan mamah-mamah cantik langsung bergegas menuju sebuah restoran yang kabarnya instagramable banget. MamAnya dan MaFay rupanya sudah pernah menyambangi tempat makan yang ngehits ini. Sekalian mau chit-chat seru di tempat yang nyaman dan asri nih 😃 Sambil menyelam minum air ini namanya. Senang dooong rencana 1,5 bulan lalu untuk halan-halan ke Bogor akhirnya kesampaian juga. Yeaaah...alhamdulillaah 💕

Naik angkot lagi deh kami bersepuluh ke resto tersebut. Setelah tawar-menawar, akhirnya sepakat deh bayar Rp 50.000,- aja dari dekat perempatan lampu merah Jalan Bangbarung ke Kluwih. Murah deh dibandingkan saat naik angkot dari Stasiun Bogor ke Bakso Seuseupan Rp 70.000,- wew hahaha 😅 Memang deh kita kan mama pintar dan hemat, penuh rasa kebersamaan juga hihihi.
 
menikmati masakan sunda otentik di restoran kluwih bogor kuliner nurul sufitri mom lifestyle blogger
Sewa Angkot ke Restoran Kluwih Bogor (Foto: MaAnya)

 

Resto Kluwih Sunda Authentic 

Kluwih Sunda Authentic berada di Jalan Bina Marga I No.12, Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat 16143, dekat dengan gerbang tol. Buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB, kecuali Sabtu buka sampai pukul 22.00 WIB Nomor telepon yang bisa dihubungi yaitu di (0251) 7545323 dan 0815-1913-3912. 

Kluwih merupakan satu-satunya restoran sunda yang menyajkan menu makanan dan minuman sunda asli dengan resep yang terjaga turun-temurun. Begitu sih yang saya baca di website Kluwih. Ada live music juga lho setiap Hari Jumat dan Sabtu pukul 19.00-22.00 WIB. Kalau teman-teman mau melihat foto-foto dan informasi lainnya, mampir deh ke Instagram @kluwih_sundaauthentic

Saya baca di Wikipedia bahwa kluwih atau ditulis keluwih adalah nama sejenis pohon tanaman keras yang buahnya berkulit keras dan berduri. Tau buah sukun? Nah, buah kluwih ini rupanya mirip dengan buah sukun tersebut, tapi biji dan kulitnya berduri lebih menonjol. Dalam Bahasa Sunda, kluwih disebut kulur atau timbul.

Tibalah saya dkk di Restoran Kluwih. Wow… ternyata ga salah deh kalau resto ini menjadi pilihan banyak keluarga untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Di hari-hari biasa pun tampak banyak pengunjungnya. Kalau jam-jam pagi hingga siang kayaknya banyak mama-mama arisan atau mami-mami sekolahan, ya kayak kita ini hihihi 😊

foto menikmati masakan sunda otentik di restoran kluwih bogor kuliner nurul sufitri mom lifestyle blogger
Di Restoran Kluwih Bogor (Foto: MaAnya)

foto menikmati masakan sunda otentik di restoran kluwih bogor kuliner nurul sufitri mom lifestyle blogger
Di Beranda Restoran Kluwih Bogor (Foto: MaAnya)

foto menikmati masakan sunda otentik di restoran kluwih bogor kuliner nurul sufitri mom lifestyle blogger
Di Lantai Dua Restoran Kluwih Bogor (Foto: Nurul Sufitri)

Suasana Restoran Kluwih yang Modern dan Asri 

Interior dan eksteriornya bikin kita kepengen datang lagi dan lagi. Saya lihat suasana dan bangunan Resto Kluwih ini nyaman dan asri. Cocok buat sekadar ngobrol-ngobrol, makan pagi, siang, sore dan malam, maupun sekadar hangout besama teman-teman. Fotoan dulu ah, biar afdol hehehe. By the way, saya suka deh lihat hiasan lampu-lampu yang unik di resto ini.

menikmati masakan sunda otentik di restoran kluwih bogor kuliner nurul sufitri mom lifestyle blogger
Interior Restoran Kluwih Bogor (Foto: bluprin.com)

menikmati masakan sunda otentik di restoran kluwih bogor kuliner nurul sufitri mom lifestyle blogger
Sebelum Makan, Foto Bareng Dulu di Lantai Dua Restoran Kluwih Bogor (Foto: Nurul Sufitri)

menikmati masakan sunda otentik di restoran kluwih bogor kuliner nurul sufitri mom lifestyle blogger
Bersama Mama-mama Kelas Bilingual 8.1 MTS 4 (Foto: Nurul Sufitri)

foto bareng mama mts4 kelas bilingual 8.1 menikmati masakan sunda otentik di restoran kluwih bogor seblak ceker nurul sufitri mom lifestyle blogger kuliner
Bersama Mama-mama Kelas Bilingual 8.1 MTsN 4 di Restoran Kluwih Bogor (Foto: Nurul Sufitri)

Mini Playground di Restoran Kluwih 

Oooh..... ini yach ternyata yang namanya pohon kluwih? Pohon besar ini rupanya tetap dibiarkan tumbuh dan ga menganggu desain Resto Kluwih Bogor. Ada lagi yang menarik nih, buat kita yang bawa krucil ga bisa diem, taruh aja di playground hehehe. 

mini playground menikmati masakan sunda otentik di restoran kluwih bogor seblak ceker nurul sufitri mom lifestyle blogger kuliner
Mini Playground di Restoran Kluwih Bogor (Foto: TripAdvisor)

Nyaman deh dan pastinya tetap bisa diawasi dengan baik. Kan kita makannya pun di sebelah playground. Kebetulan MaLiand bawa si bungsu yang manis bareng kita. Si kecil bisa bebas berlari atau bermain di playground kecil yang sudah disediakan di Resto Kluwih Bogor.

mini playground menikmati masakan sunda otentik di restoran kluwih bogor seblak ceker nurul sufitri mom lifestyle blogger kuliner
Mini Playground di Restoran Kluwih Bogor (Foto: TripAdvisor)

Awalnya kami memilih makan di lantai dua, tapi ga jadi karena demi kebersamaan, biar bisa menemin mama yang bawa anak 😄 Seorang pelayan resto pria berbaik hati menawarkan membidik kita semua di spot-spot terbaik. Katanya sih, banyak pengunjung yang fotoan di sini.

Baca juga yuk! Masak Bersama Barbie: Resep Es Teler Cupcakes Ala Chef Stella Lowis

Menu Liwetan di Restoran Kluwih 

Kalau kalian penasaran sama liwetan Kluwih, ada paket liwetan yang cukup lengkap untuk dinikmati beberapa orang. Disajikan di atas meja beralaskan daun pisang, isinya ada tahu goreng, tempe, ikan kapas balado, jengkol goreng, cah jantung pisang, ayam atau ikan lainnya. Macam-macam pilihan paketnya, bikin perut manggil-manggil deh.

Menu Liwetan di Restoran Kluwih Bogor (Foto: Qraved.com)

Saya dan teman-teman sepertinya kangen dengan masakan karedok, sayur kluwek, lotek alias gado-gado,cah genjer, es oyen, nasi timbel dan lain-lain. Kita ga pesan menu Liwetan karena memang kepengen masing-masing aja pilihan makan siangnya. MaFafky malah cuma pesan teh susu dingin karena merasa masih kenyang gara-gara ngebakso sebelumnya wkwkwkwk 😂
 

Seblak Ceker   

menikmati masakan sunda otentik di restoran kluwih bogor seblak ceker nurul sufitri mom lifestyle blogger kuliner
Seblak Ceker Restoran Kluwih Bogor (Foto: Nurul Sufitri)

Seblak ceker ini dipesan untuk disantap berdua bareng MaFay. Khawatir ga habis hehehe kan cuma buat 'iseng-iseng ngemil'. Soalnya saya dan mafay juga pesan menu utama lainnya. Weh, ketauan deh mamamnya buanyaak 😄 😂 Untuk bisa menikmati seblak ceker buatan Restoran Kluwih ini, cukup merogoh kocek sebesar Rp 18.000,- aja (belum termasuk pajak ya).

Cekernya dapat 3 pcs, ada baksonya, mie (semacam kwetiaw), kol, irisan cabai rawit orens, kerupuk, irisan tomat dan mentimun. Ini saya bilang enaaaak! Berani kasih bumbu lezat, ya dooong namanya juga otentik, terasa khas sunda-nya 😍 Mantap bangeeets kencurnya, harum, pedas dan cekernya matang juga empuk. Boleh nih kapan-kapan pesen seblak ceker lagi hihihi.


Paket Nasi Jambal

menikmati masakan sunda otentik di restoran kluwih bogor seblak ceker nurul sufitri mom lifestyle blogger kuliner paket nasi jambal
Paket Nasi Jambal dan Es Teh Susu Spesial Restoran Kluwih Bogor (Foto: Nurul Sufitri)

Paket nasi jambal ini berisi nasi, tahu goreng, bakwan jagung goreng yang cukup besar dan lebar ukurannya, ayam, sambal, irisan kacang panjang, tomat dan mentimun. Untuk bisa menyantap masakan sunda ini cukup membayar Rp 42.000,- (belum termasuk pajak). Asli, kenyang bingits ini. Cocok buat makan siang setelah beraktivitas. 

Mungkin kalau sebelumnya ga makan Bakso Seuseupan dulu, saya bisa menghabiskan semua. Saya menyisakan nasi 1/3  bagian dan sambalnya sedikit, lainnya sih masuk perut wkwkwkk. Bisa juga gara-gara saya icip-icip seblak ceker hehehe. Duuh..jadi merasa bersalah. Saya kan kalo makan biasanya sampai bersih..siiih gitu. Besok-besok jangan kalap duluan deh 😁

Es Teh Susu Spesial

Seperti terlihat pada foto di atas, es teh susu pesanan saya ini uenaaaak pake bingits, segerrrrrrnya banget2, ga nyesel deh pilih minuman yang satu ini 😍 MaRafky dan Ma siapa lagi tuh lupa hihi juga order es teh susu spesial Restoran Kluwih. Manisnya pas, rasa teh dan susunya oke deh. Pokoknya kalau teman-teman ke sini, jangan sampai ga nyobain ini ya. Harga segelas es teh susu ini yaitu Rp 18.000,- (belum termasuk pajak).
 

Es Oyen

es oyen minuman menikmati masakan sunda otentik di restoran kluwih bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger kuliner
Es Oyen Restoran Kluwih Bogor (Foto: Nurul Sufitri)
Nah, ini pesanan MaAnya, namnya es oyen 😀 Harga semangkong es oyen adalah Rp 18.000,- (belum termasuk pajak). Seporsi gini banyak banget, hebat kalau bisa makan sampai habis, begah perutnya hehehe. Ada alpukatnya, ada tape juga.

Otak-otak

Otak-otak langsung disajikan begitu kita duduk manis di Restoran Kluwih ini. Kalau ga mau ya ga apa-apa, ga usah dibayar. Tapi kalau mau, nanti saat pembayaran tinggal dihitung aja habis berapa potong otak-otaknya, begitu. MaLiand nih yang nyobain otak-otaknya, saya ga. Harga per satuan otak-otak ini Rp 5.000,- aja.


menikmati masakan sunda otentik di restoran kluwih bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger kuliner
Mama-mama Kelas Bilingula 8.1 MTsN 4 Ki-ka: MaFay, MaAtha, MaNasti, MaDzaki, MaRafky, MaCia, MaJamie, Saya dan MaAnya (Foto: Nurul Sufitri)

Sebelum meninggalkan resto, saya dan mamah-mamah manis ini menunaikan shalat zuhur dulu. Alhamdulillaah di Restoran Kluwih Bogor tersedia toilet dan mushola yang cukup bersih. Ada juga beberapa mukena bersih, sarung dan sajadah di dalamnya. Mantap lahhhh... jadi segar kembali kan wajah-wajah criiing! 😊

menikmati masakan sunda otentik di restoran kluwih bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger kuliner
Struk Pembayaran Kuliner Masakan Sunda di Restoran Kluwih Bogor (Foto: Nurul Sufitri)


beli oleh oleh di stasiun bogor menikmati masakan sunda otentik di restoran kluwih bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger kuliner
Ki-ka: Saya, MaRafky dan Macia Beli Oleh-oleh di Toko Jajanan Khas di Stasiun Bogor (Foto: MaAnya)

beli oleh oleh di stasiun bogor menikmati masakan sunda otentik di restoran kluwih bogor nurul sufitri mom lifestyle blogger kuliner
Buah Tangan Untuk Keluarga di Rumah (Foto: MaAnya)

Sebelum naik kereta api kembali ke rumah masing-masing, saya dan teman-teman menyempatkan diri untuk beli sedikit oleh-oleh. Tinggal sembilan orang nih, karena MaJamie pulang duluan begitu selesai makan di Kluwih. Urusan jemput anak, biasa hehehe. Kalau saya sih titip Fakhri di rumah neneknya. Teteh Rafa dkk kan masih lama pulang pukul 16.00 WIB 😃

Mau traveling naik kereta api geser sedikit ke Jawa Timur? Mampir dulu deh : Museum Angkut Malang, Wisata Edukasi Seru di Kota Batu


Teman-teman penasaran kepengen mencicipi maskaan sunda otentik di restoran instagramable yang ada di Bogor ini? Yuk langsung mampir ke Restoran Kluwih! Memang deh, suasana yang nyaman dan asri pas menjadi pilihan kita memanjakan hati dan perut. Sampai jumpa lagi di cerita jalan-jalan dan makan-makan selanjutnya!😃 😊




40 comments:

  1. Saya lebih suka nasi jambal tampaknya lebih enak nih. Kluwih kalau diempat saya ya sama saja itu pohon sukun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kompliiiiit nasi jambalnya nih, yuk coba! Iya betul, katanya sih ya pohon sukun hihihi aku lupa2 ingat kayak apa ya? :D

      Delete
  2. Restoran kluwih memang sunda banget, sama kaya sebagian besar restoran di Bogor. Mba Nurul kudu cobain resto lain juga nih, buat bandingan, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Tite, kapan2 kita mau halan2 lagi nyobain semua haha :) Kayaknya ga mungkin kesampaian deh. Beneran Sunda pisan lah resto nu ieu mah.

      Delete
  3. masakan sunda itu memang selalu cocok di lidah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sebagian orang iya bisa cocok. Sebagian lagi ga doyan lalapan dan sambal hehe padahal enak ya :D

      Delete
  4. Indahnya kebersamaan mama-ma syantik nan centil ..., menyewa angkot [ pasti heboooh deh teteriakan di dalam angkotnya 😂 ]

    Eh, kok ngga ada foto kok Nurul lagi main naik kuda-kudaan kayu di Mini playgroundnya yaa .. 🤔 ?

    Foto nasi liwetnya bikin salfok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indah doooong 🤣😘😘🥗🥣🥘🍳 makan rame2.. eh kamu mah hitu, Mas Hino hihi kita ga teriak2 wkwkwk kan elegan meskipun angkotan 😁😁 Hush.. naik kuda beneran aja aku mah 😀

      Delete
  5. Naini! Mamah-mamah muda pada kumpul.

    Duh, jadi inget saya sama temen-temen dulu pernah beberapa kali sewa angkot juga di Bogor buat ke curug sama ke bukit. Aku tergoda banget sama seblaknya, pasti pedes mantep gitu deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assseeekkk disebut mahmud hahahaha :D Iya deh praktis pokoknya sewa angkot, ga gerah juga kan buka jendelanya. DI bogor kan terasa angin sepoi2nya. Seblak cekernya pedas, lembut cekernya, enak deh :)

      Delete
  6. weunaak….dan asiik, karena acara makannya rame rame….
    artikel yang informatif. thank you for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa ruame2 pasti makin nikmat de makan siangnya :) Sama2 semoga bermanfaat buat cari kuliner di Kota Hujan :)

      Delete
  7. Pas banget reviewnya, aku kalo ada mertua lagi main ke sini bingung mau ngajak makan kemana. Ini tempatnya cozy dan makannya nampak enak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Urang Sunda urang mah nya hihih kudu aya lalapan na ameh ngeunah :) Nyaman dan enak adalah perpaduan wajib buat makan2 manjain hati dan perut.

      Delete
  8. Mba, kayaknya kalo makan rame rame kayak gini enak dan seru banget deh. Aku udah lama nggak makan rame ama teman. Paling sering ama keluarga. Dan ini bisa jadi tujuan aku kalau ke Bogor nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Al, ini kan jadwal mamah2 sejak sebulan setengah yang lalu. Susah ngumpulin orang2nya dari 34 mamah hahaha jadi yg bisa aja diangkut lah :D

      Delete
  9. saya baca ini senyum-senyum sendiri mbak, antara bangga, salut, lucu, keren, gokil. Ukuran ibu-ibu yang kekinian update tempat nongkrong keren begini. Belum lagi di upload ke sosmed, lengkap deh jadinya mama milenial.

    saya pengen tau review nasi liwetannya, eh tapi pada mesan makanan sendiri ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaahh maaciiih 😘🤗 Namanya mamah2 millenial kan ngikutin perkembangan zaman, ga mau kalah sama remaja hahaha kan #pernahmuda dan maunha selalu kelihatan muda hihihi. Iyaaa nih kita pada pesen makanan masing2, kepengen tau rasa menu2 otentik sunda kluwih 😍

      Delete
  10. Iiish, ngiri deh sama mbak nurul dan para mamah ini. Asyik banget ya super kompak jadi jalan-jalan ke mana aja tetap seru. Masakan sunda itu asli juara deh rasanya. Bisa nambah terus lah kalau makan makanan sunda, apalagi kalau sambalnya mantap plus lalaban.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha... :D Ayooo mbak Tya jalan bareng mamah2 si kecil. Seruuu loh, kita sewa angkot dll susah dan senang dinimkati bersama. Makan bersama dan foto2 juga :) Betul3x bahay nih bisa nambah wkwkwkwk ;)

      Delete
  11. Asiknyaaa makan rame2 ya mbak. Saya belum pernah nyobain makan pakai daun rame2 gitu, pasti seru ya mbak Nurul. Kapan2 mau dong diajakin 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain dong, mb Elva. Pasti deh ketagihan. Masakan Sunda mah enak2. Yuks!

      Delete
  12. Ya ampuunn, menu nya bikin ngiler. Masakan khas Sunda itu emang selalu nikmat untuk disantap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk, mb Icha kpn2 kita ngaliwet bareng ;) nikmat pisan iyeu mah.... hehehe.

      Delete
  13. Wah, makan di restoran dengan menu yang otentik, rasanya enak, dan interiornya oke memang menyenangkan. Pulang-pulang perut kenyang, hati juga bahagia ya mbak, hehe..
    Bisa banget nih masuk dalam list tempat kuliner kalau nanti main ke Bogor. Makasih sharingnya, mbak nurul :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahagia luar dalam ini namanya hahaha ya kan? Perut kenyang, hati senang. Yuk2 ajak teman2 dan keluarga mamam syantik di Kluwih. Sama2 mb Sari :)

      Delete
  14. Es Oyennya menggiurkan, pengeeeen!

    ReplyDelete
  15. Pengen nasi jambalnya, es teh susu spesial, sama es oyen

    yummy yummy seger ya mbak. . aissh #ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oww..mbak Yulie kepengen menu kayak aku yah hihihi :) C'mon cobain, mantap deh :D

      Delete
  16. Masyaallah favorit banget ini aku sama kulinernya, waktu itu pernah ke bogor ke Gumanti sama leyla, nunu..kapan yuk bdc jjs kuliner

    ReplyDelete
  17. Kereeen ya tempatnya. Aku suka liat pohon kluwihnya masih dipertahanin gitu. Nah kalo ada playgroundnya gini, dijamin anak2ku bakal anteng deh selama di sana :p.

    Kapan2 kalo ke bogor bakal ajakin suami deh ksana mba. Slama ini kalo ke bogor sering nya makan di de'luit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bagus nih ada playground-nya jadi kita tenang makannya sambil lihat anak2 main ya. Betul, pohon kluwih masih dipertahankan, udah jaraaaang soalnya, kudu dilestarikan ;) Siip mbak Fanny.

      Delete
  18. Wii seru banget emak-emak naik angkot bareng di Bogor :D aku juga pernah coba makan di Kluwih, sayangnya pas ke sama lagi peak hour alias rame buanget. Berisik dan nggak yang bener2 menikmati tempatnya. Untung makanannya enak sih, aku suka bakwan jagungnya (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yaaa? Wow dong ya kalo ke Kluwih pas ruameee gitu malah ga nikmat makannya. Hari kerja aja kayak aku, mbak Jane hehehe. Se7 deh, bakwan jagungnya enak dan besar ukurannya, kenyang hihihi.

      Delete
  19. Pengin nyicipin esnya. Bikin ngilerrr. Kapan2 pengin main ke bogor. Semoga ada rezeki bisa main ke resto ini. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip2 mbak Ila 😘 Banyak menu Sunda otentik lainnya di Kluwih loh.. kosongin peruut duluu hehe.

      Delete
  20. Pilihan makanannya enak enak banget ini ya mba. Dan makin enak bisa berkunjung bersama teman2 jadi makin seru ya. Aku belum pernah nyoba dan penasaran ama rasanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk mb Al rame2 bareng Ayyas n papanya dkk mamam di sini 😍 Bisa nambah nih dan betah seharian.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.