Saturday, March 10, 2018

# culinary # traveling & culinary

Makan Enak Bakso Sumeh Podo Moro dan Balungan Setan di Pare Kediri



Sebagai penggila bakso, ke mana pun pergi saya hampir selalu mencari makanan yang satu ini. Bikin lidah bergoyang, bentuknya bulat, empuk, enak digigit, kuahnya panas dan pedas, hhmmm.... ah, beneran menggugah selera. Saya jadi lapar deh 😍 Menikmati semangkok bakso tuh paling enak ditambah sedikit kecap manis, sedikit cuka dan ini nih paling penting, sambel ulek cabe rawit yang banyak. Paket komplit ada mie kuning, soun, tauge, sawi, daun seledri, bawang goreng, wwwooooooowwww bangeeed! 

Nah, pada saat saya and the gank seseruan traveling ke Pare, Kediri, alhamdulillaah ketemu deh sama kesukaan saya ini. Tinggal jalan kaki dari hotel tempat kami menginap. Kira-kira 30 meter juga sampai, dikeker pake sedotan juga udah nancep hahahaha... 😄 Hanya diselingi SPBU aja, sampai deh. Oh iya, buat teman-teman yang belum ngeh, baca dulu deh: Pengalaman Saya Menginap di Hotel Dewi Banowati Pare Kediri.

Warung Bakso Sumeh Podo Moro dan Balungan Setan ini terletak di Jalan HOS. Cokroaminoto Tulungrejo, Pare, Kediri, Jawa Timur, Indonesia. Tempat makannya sederhana deh, ala desa-desa gitu. Ceritanya kan sehabis mandi pagi merangkap sore hihihi, saya dan teman-teman MaCan ini masiiiih aja kelaparan ya, meskipun sudah makan siang yang dirangkap dengan sarapan juga hahahaha. Eh iyaaaa.... biar afdol, baca juga: Liburan Seru Naik Kereta Api ke Kediri.

Abdi mah urang Sunda, teu ngarti Bahasa Jawa hihihihi… Setelah saya ubek-ubek si mbah gugel, ceunah mah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘sumeh’ memiliki arti ‘murah senyum kepada setiap orang’.

Podo moro’ memiliki arti ‘banyak berdatangan’ maupun ‘sama-sama berkunjung’. Secara filosofis, pemakaian kata ini bermakna adanya harapan akan datangnya sesuatu yang besar-besar alias keuntungan besar, gitu loh. Siapa pun yang mengunakan kata ini sih punya harapan bahwa pembeli atau pelanggan bakalan ramai dan ga henti-hentinya datang untuk membeli dan menikmati produk usahanya. Mudah-mudahan bener ya, kalau kurang tepat, sok atuh dikoreksi, kasih tau saya hehehe 😙


Menunggu Pesanan Datang (Foto: dokpri, oleh MaMoy)


Bakso Sumeh Podo Moro di Pare, Kediri (Foto: dokpri)

Ini dia penampakan baksonyaaaa.... 😋 Apa aja isi semangkok bakso ini? Yuk, intipin atu-atu. Paket komplit ini harganya sssssttttt... cuma 7 juta hahahaha iyaaappps.. Rp 7.000,- aja lho. Kaget? Jangan sampai loncat dari bangku! Kalem aja, duduk manis ya 😛 Bakwannya pun boleh ambil sendiri, hihii..kayak tamu agung aja nih serombongan mampir dan bikin ludes dagangan si ibu.

Ada mie kuning, soun, 1 tahu putih, 3-4 bakso, 2 bakwan ala pangsit dilipat gituh..apa ya namanya? Ga lupa potongan sawi hijau, bawang goreng, irisan daun seledri eeehhh masa saya iseng nambahin acar ketimun juga hahahah...siapa tau rasanya makin enak. Sambal ulek pasti dan kecap juga. Minumnya teh tawar hangat aja.

Sekilas Tentang Bakso Balungan

Bakso balungan merupakan salah satu kuliner Jawa Tengah. Ketika disajikan, masakan bakso ini ditambahkan balungan ("tulang" bahasa Jawa). Duluuuuu... sih bakso balungan ini konon muncul dari bisnis soto kerbau yang menjadi ciri khas soto di kawasan Demak, Kudus, Pati, dan sekitarnya. Biasanya kan daging kerbau banyak dipakai untuk masakan soto dan rawon, sedangkan tulangnya dimanfaatkan untuk campuran bakso. 

Kenapa namanya bakso balungan? Oooooh, karena bakso yang disajikan ga melulu hanya bakso, gulungan daging giling yang diberi kuah. Bakso yang satu ini dilengkapi dengan potongan tulang-tulang yang masih berbalut irisan daging.

Kata teman-teman penikmat bakso balungan, kenikmatan bukan terletak pada bakso itu sendiri, melainkan cara menikmati dan menggerogoti serpihan daging pada potongan tulang inilah yang mengasyikan. Ini dia yang bikin ketagihan 😍 Ada sensasi tersendiri ketika mencari daging yang masih menempel pada tulang. Siapa tau bisa dapetin sumsum dari dalam tulangnya hehehehe. 

Tapi niiiiih, balungan yang saya ulas ini berbeda, namanya 'Balungan Setan'. Bukan dicampur dengan bakso beserta kuahnya seperti masakan bakso balungan pada umumnya. Tapi sih dagingnya ya dari sapi, bukan kerbau 😋 Entah kenapa Bu Kartini, sang empunya usaha membuatnya lain dari pada yang lain. Buat yang doyan makanan pedas, wajib coba deh. Hebat kalau kuat makan sampai habis. Kasih 2 jempol tangan dan 2 jempol kaki 😆


Balungan Setan di Pare, Kediri (Foto: dokpri)

Nah, ini yang namanya 'Balungan Setan'! Ditambah acar ketimun hhhmm... sejauh mata memandang hehehe sepintas mirip rendang ya? Padahal bukan loh. Ini semacam iga sapi yang diracik sedemikian rupa, sehingga rasa bumbunya puedeeeeesss nampwoooolll.. Ga perlu pakai sambel lagi udah bikin bibir jontor, huahhh..huahhh deh 😆

Lontong (Foto: dokpri)

Wow, kok ada lontong segala? Kata si ibu warung, lontong berukuran panjang dan cukup besar ini buat nemenin si balungan. Disantap barengan gitu, mungkin ala nasi ya, kira-kira sih. Bisa juga dimasukkan besama kuah bakso. Jadi pengganti nasi lah, hanya rasanya agak beda dan lebih padat. Saya nyobain kok, beneran enak 😃 Waktu itu 1 lontong berdua sama MaAnya.


MaNand dan MaCia Asyik Menikmati Balungan Setan dan Lontong (Foto: dokpri)

MaNand yang berbaju merah lah yang bisa ngabisin seporsi balungan setan nih. Ia begitu menikmatinya, habis sampai kuahnya juga. Dipikir-pikir, rugi juga kalo ga habis hahaha sayang kan enak gini bumbunya. sayang buang-buang bumbu, jadi masukin aja lah ke dalam perut 😄😉 

MaCia mama berhijab biru juga suka nih, cocok di lidah, "Mantap," katanya. Makannya sedikit demi sedikit. Apalagi kalau sudah kenyang, slow motion gitu hehehe. Oh iya, mau tau kan harganya berapa? Hanya di Pare Kediri kita bisa menemukan kuliner asyik harga murce, yak betul Rp 20.000,- aja. Coba di Jakarta apalagi ala resto, belum tentu dapat harga segini. 

Menikmati Bakso dan Balungan Setan (Foto: dokpri)

Moya, Fayyadh dkk Asyik Makan Bakso (Foto: dokpri)

Teteh Rafa dkk Serta Mama-Mama Makan Enak Bakso dan Balungan Setan di Pare, Kediri (Foto: dokpri)

Ibu Kartini dan Saudaranya, Pemilik Usaha Bakso Sumeh Podo Moro dan Balungan Setan di Pare, Kediri. Sementara MaMoy dan MaFay Sibuk Menghitung Total Pembayarannya (Foto: dokpri)

Saya dan Para MaCan (Foto: MaAnya)

Percaya ga? Keesokan harinya kan, kami ulang lagi makan bakso dan balungan setan buat makan malam hahahaha. Masih penasaran kayaknya nih. Yang belum sempet nyobain bakso, kepengen pesen balungan setan. Yang sebelumnya sudah puas dengan balungan setan, gantian makan bakso. Minumnya es degan alias es kelapa, beli di warung sebelah hehehe. Atau bisa juga pesen dua-duanya wkwkwkw, ga apa-apa kan liburan mah bebas diet euy! 😀

Itu deh cerita kulineran saya bersama MaCan orangtua murid kelas bilingual MTs 4 Jakarta. Pantengin terus blog saya. Next, saya mau cerita tentang Kampung Inggris dan beberapa tempat wisata seru yang rasanya sayang banget dilewatkan. Terima kasih, teman-teman! Wassalam. 




66 comments:

  1. Basonya enak banget ya ? Untungnya aku ga gila-gila amat ama baso jadi ya ga terlalu ngiler.
    Aku malah ngiler sama lontongnya wkwk.
    Orang Indonesia mah gitu serasa belom makan kalo belum makan nasi, eh lontong ding.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emak2 mah doyan ngebakso hihihi... dari kecil aku emang suka bakso 😉 Enaaak! Iya sih namanya juga orang Indonesia. Belum nendang kl blm mkn nasi atau lontong hahaha.

      Delete
  2. Jadi pengen nyari balungan gitu di Jakarta hihi. Lontongnya jg enak legit. Baksonya juga enak apalagi minumnya es degan dr warung sebelah hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ya sayang es degan lupa..ga kefoto hahaha udah kelaparan sih pas malem2 ya mb Ade :D

      Delete
  3. Kira2 kapan buka cabang di Jakarta 😂😂
    Hehehe biar Deket sama rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ga tauuuu hihihii... Seandainya ada yah..mampir terus deh mamam enyaaakkk hahah :)

      Delete
  4. Saya yang orang Kediri malah belum sampe sana Mbak Nurul...Makanan di sana memang murcee..Kalau mudik berasa horang kaya saya, bayar ini itu cuma seberapanya Jakarta hahaha.
    Oh ya, orang tua saya tinggal enggak jauh dari stasiun KA di kota Kediri, Mbak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oww..rumah orangtua mbak Dian deket dengan Stasiun Kediri? Asik dong ya.... Enak tuh ke mana2 deket ternyata. Murce2 deh bener kayak horang kayah hahaha.. Duh langsung naluri belanjanya keluar deh emak2 :D

      Delete
  5. Wah mba nurul menggoda banget sebagai pecinta baso langsung berbinar liat harganya dengan menu komplit cuman 7 juta :D dan balungan setan itu juga goda banget kalau aku juga bakalan pesen dua2nya bebaslah kalau liburan si y mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...iyaks, tau aja ya aku pencinta bakso.. Liat bakso udah berbinar, gimana berlian wkwkwkwkwk.. Makan mah ga sah malu2 kalo mau nambah ya mbak Herva.

      Delete
  6. Ya ampuuuunnnnn kalo deket mah, udh aku coba itu balungan setan :p. Tapi di kediri memang super murah makanannya mba. Kita pernh singgah bentar di sana, dan nemu makanan pinghir jalan yg jual makanan super besar semua porsi. Udh enaaak murah pula. Aku agak lupa nama tempat makannya, tp di kediri pastinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo..mbak Fanny 😘 Oya ya kalau dekat rumah aku juga mampir tiap hari nih wkwkwkwk.. jd ndut deh gara2 bakso dan balungan setan 😆😆

      Delete
  7. Bakso balungan biasanya memang ada di warung2 bakso Jawa Tengah. Di dekat rumah saya ada yang jual bakso urat, tapi tak lupa penjualnya menyediakan varian baksobalungan yang selalu menjadi pilihan kami sekeluarga. Sedap pokoknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru yg enak dan nikmat itu adalah makanan ala warung ya, mb Damar. Rasanya lbh pas..nendang di perut haha yuk! 😍

      Delete
  8. This is my first time pay a quick visit at here and i am actually happy to
    read all at one place.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks so much 😊 So your "me time" could be reading my journey here 😘😆

      Delete
  9. abis makan balungan setan jangan lupa ngaca, muka pasti keringetan plus bibir merah2 hahahaha ciyus ini makan2 kenyang plus murah, sayang jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiiihh... pastinya duooong 😀 hahah langsung beecucuran gitu haha..nagih sih.

      Delete
  10. Bikin ngidam aja mbak nurul, apalagi aku ini pecinta bakso sejati, tanggung jawab ah mbak nurul bikin bumil ngiler.

    ReplyDelete
  11. seneng ya bisa makan bakso bareng-bareng Macan heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinyaaaa...meskipun baru kenal2 gitu tapi asyik semua nih MaCan :D

      Delete
  12. Kok sama mba, aku.kalau jalan kluar juga carinya bakso,,, hmm baru tahu ada bakso balungan, buat mba nurul nti aku icip2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesukaan mama2 nih bakso mah hahahah... :D

      Delete
  13. Jauuuh.. padahal ngiler pas baca ada tulangannya dan sesetan daging. Duh, kebayang kuah bakso yg full kaldu daging.

    Btw, Lucu ya kalau di daerah makan bakso itu pasti pake lontong. Kayak di Samarinda dulu pernah makan bakso disana makannya pakai buras (serupa lontong tapi bentuknya bantet kayak bantal). Jadi ya bener2 ngenyangin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lucu banget makan bakso pake lontong :) Balungan dipakein lontong juga enak :)

      Delete
  14. Duh macam2 aja namanya Balungan Setan
    Bakso selalu jadi favorit di mana pun dan kapan pun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe..biar jadi daya tarik tersendiri kayaknya hihihi... Toss, my fave too, mbak Ley.

      Delete
  15. Emang di Kampung itu bakso masih suka murah2 ya mba, di kampungku aja masih ada bakso yanga harganya 7rb-an tapi maknyusnya ga ketulungan, selalu kangen kalau inget kampung, inget makanannya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murce bingits ya bakso di desa2. Jadi kepengen nambah mulu.

      Delete
  16. Wah makanan yang tua muda suka ini. Kalau habis makan ditawarin bakso masih mau aku. Enak ya di desa ada jajannya enak gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaaak duooong bakso hahha..sama kayak aku, mb Gita. Biarpun sudah makan berat tapi ditawarin bakso mah hayuks aja wkwkwkw :D

      Delete
  17. di kediri itu makanannya murahhhhh bgttt
    minggu depan aku ke sana
    coba ah klo lewat pare

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow..Ikrom mau ke Kediri minggu depan? Weh.. salamin sama Bu kartini si pemilik warung bakso ya. wkwkwk :D

      Delete
  18. Replies
    1. Samaaaaa duooong toss yuk mb Elva :)

      Delete
  19. Kiraoin tadi di Jakarta, udah mikir kok baksonya jowo banget namanya, ternyata di Kediri :D
    sumeh itu gampang senyum, kyk org yg ramah, podo moro itu berarti banyak yg datang :D
    Balungan setannya manteb mbak, itu enak bisa dikrokotin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Iya mb April, ini di Kediri :) Suka juga ya sama balungan? Bisa dikorotin wkwkwkwk... Murce yah.

      Delete
  20. Jadi kapan kita makan bakso bareng mba? itu bakso harga 7rb dah ngga ada di depok ya mba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kapan2 kita ngebakso bareng ya mbak Elly, in sya allah hehee.. :D

      Delete
  21. me time banget ini, kegiatannya seru ciwi ciwi sosialita. kapan aku diajak mba hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kegiatan mamam cantik para MaCan hihihi.. Kpn2 di Depok deh yuks, mamih :)

      Delete
  22. Hahaha 😅 untuung kak Nurul juga ngga loncat kaget dari kursi setelah tau harganya murmer ....

    Betewe,
    Tampilan baksonya bikin pengin ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir jungkir balik akyu hahaha... kegirangan gituh aka takjub sama harganya. Yuk, Mas Himawan, ngebakso balungan! Tq :D

      Delete
    2. Hahahhaa ... 😂
      Seru ya kak kulineran murmer begitu ...
      Udah enak,bergizi pula.

      Delete
    3. Iyaaaa dong secara kan kita emak2 cerdas. Makan aja kudu dipikirin gizinya hahaha..sip thanks ya.mas Himawan 😘😘😘

      Delete
  23. Daging di bakso balungannya bener2 menggiurkan Mba.....Kalo di keluarga saya, sebenernya yang suka banget sama bakso tuh istri saya, tapi mau gak mau ya saya harus menyesuaikan diri hahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooohhh suami yang pengertian hihihi...Isterinya doyan banget bakso..suami jadi ikutan. Mantap kan balungan... bisa nambah deh 😘😘😆😆

      Delete
  24. Mbak, ini kalo pas lebaran buka nggak ya warung baksonya? Kalo lebaran mudik ke Pare boleh nih buat dicobain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an buka ya hihi coba aja telepon dulu 😊

      Delete
  25. Penggila baso mau ke manapun traveling, yang dihajar tetap baso ya, hahahah... 7 rebeng iya murah juga ya. Diriku lebih pingin icip balungan setan itu, Mba Nurul. Kuahnya mantep banget merahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaks..haha 7 jeti murah ya bisa nambah mulu wkwkwkwk emang cewek2 paling demen ngebakso.

      Delete
  26. Diriku juga baso suka banget. Apalagi dimakan pas hujan, makin mantab mba nurul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Lia. Udah gitu kuahnya panas buanget minta yg banyak plus sambal pedezzzzz haha 😍🤗

      Delete
  27. Replies
    1. Pas banget ya saatnya mamam sekarang nih 😍

      Delete
  28. Balungan setannya dhuuh takut mullezs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah... iya bun 😊 Nampol banget pedesnya iniii.. kapan2 cobain deh ya hehehe.

      Delete
  29. 7000??? Ya Allah bisa gendut aku di sana. Murah banget, endeus pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus kan Mbak helena bisa lbh berisi badannya hahaha murah2 semua makanan di Pare Kediri 😆😘

      Delete
  30. Yg kayak bakwab dilipat, namanya gorengan pangsit mbak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah.. iya mb Ivonie..benerr hihihi.. enak tuh krauk2 ya pakr bakso hhmm mantap 😍

      Delete
  31. Tambah daftar kuliner yang pingin diicip. Baru tahu ada bakso dari balung dan pakai lontong. Piye rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya enak aja rasanya..lontong kan pengganti nasi. Balungannya lebih enak daripada rendang loh 😘

      Delete
    2. Atulaah bw jam seginih ngeliat bakso jadi lapeeer Mbaaa, hiks..
      Btw..ajak aku ke kampung inggris donk..

      Delete
    3. Malem2 kepengen bakso waaaahhh hahaha.. besok lah mamamnya mbak Hanie 😘😆 Yuk .. ke Kampung Inggris 😊

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.