Sunday, September 23, 2018

# traveling # traveling & culinary

5 Destinasi Solo Traveling Terjangkau di Indonesia

nurul sufitri blogger lima destinasi solo traveling terjangkau di indonesia bromo jawa timur


Traveling adalah kegiatan yang bukan hanya menyenangkan, tapi juga menyehatkan. Berwisata ke tempat yang menarik dan penuh pesona, alami, udara segar serta lingkungan yang nyaman memiliki daya tarik tersendiri. Rasa senang dan tenang dari traveling membuat jiwa terasa lebih merasa damai, sekaligus mengolah raga dengan berbagai aktivitas outdoor.

Hhmm... Terkadang mencari teman traveling cukup merepotkan 😄 Orang bilang, pengalaman traveling yang sebenarnya adalah saat kita bepergian sendirian alias solo traveling. Ga perlu rempong menyesuaikan jadwal dan ga pusing harus berkompromi soal pengalaman apa yang ingin kita rasakan. Kita juga berkesempatan bertemu dengan teman-teman baru lho. 

Seorang penulis ternama, Paulo Coelho menyarankan agar kita melakukan traveling tanpa rombongan agar dapat ‘menemukan diri sendiri’ ketika berinteraksi dengan budaya dan nilai-nilai kehidupan dari destinasi wisata yang dikunjungi. Yes, yang penting punya nyali, berani pergi sendiri! 

Kalau bingung kan bisa tanya orang, atau mbah gugel aja. Hari gini gitu loh, serba canggih semua bisa kita cari tau menggunakan gadget. Saya bisikin ya beberapa destinasi wisata terbaik untuk solo traveling di Indonesia, yuks! 

5 Destinasi Solo Traveling Terjangkau di Indonesia 


Jadi bagi teman-teman yang ingin segera solo traveling, berikut ini beberapa tempat terbaik untuk solo traveling di Indonesia. 

1. Bandung 

Jalan Braga (Foto: sebandung dotcom)
 
Bandung memiliki keramahan warga khas tanah Sunda. Selain memiliki warga yang ramah, Bandung juga termasuk mudah untuk dieksplorasi karena tersedia berbagai transportasi yang bisa digunakan baik online maupun konvensional. Selain itu, Bandung juga memiliki banyak destinasi yang tepat bagi solo traveler. baik itu wisata alam maupun wisata urban.

Teman-teman bisa mengunjungi Gedung Sate, Trans Studio Bandung, Gunung Tangkuban Parahu, Jalan Asia Afrika, Kampung Dago Pojok, Little Seoul Bandung (Kampung Korea), Upside Down World, Rabbit Town, China Town, Forest Walk, Kawah Putih dan masih banyak lagi pesona Paris Van Java ini. 

2. Yogyakarta 

Keraton Yogyakarta (Foto: Nurul Sufitri)
 
Yogyakarta dengan slogan 'Berhati Nyaman' memang terasa benar adanya. Berada di Yogyakarta, perasaan penat dari kota besar langsung hilang begitu aja. Memang Yogyakarta saat ini sedang giat melakukan pembangunan berkat angka investasi yang tinggi. Meskipun begitu, Yogyakarta masih memiliki nilai-nilai tradisional yang membuat kota ini terasa begitu berbeda.

Baca: Hotel Sari Ambarawa: Penginapan Murah dan Nyaman Dekat Museum Kereta Api

Apapun preferensi traveling kita, Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata yang bisa kita tuju, baik itu kuliner, alam, belanja, dan sebagainya. Selain itu, traveling ke Yogyakarta pun terbilang cukup murah sebab harga kebutuhan di kota ini masih cukup rendah. Beberapa tiket pesawat seperti maskapai Citilink pun menawarkan harga yang sangat terjangkau.

Selain Keraton Yogyakarta, ada juga Museum Kereta Keraton Yogyakarta, Masjid Gedhe Kauman Keraton Jogja, Goa Pindul di Desa Bejiharjo sekaligus Rafting Sungai Oya, Wisata Hutan Pinus Asri dan lain-lain.  

3. Bali 

pura ulun danu bratan bali nurul sufitri blogger lima destinasi solo traveling terjangkau di indonesia traveloka citilink
Pura Ulun Danu Bratan Begudul Bali (Foto: Nurul Sufitri)
 
Bali adalah destinasi wisata utama para solo traveler dunia. Wajar saja karena memang Bali sangat mudah diakses, memiliki destinasi yang lengkap, dan sangat kental nuansa tradisionalnya. Selain berwisata di pulau Bali, Kita juga bisa berwisata ke pulau-pulau sekitar Bali seperti Nusa Lembongan atau Nusa Penida. Selain itu, Bali juga memiliki banyak hotel atau penginapan terjangkau sehingga kita bisa tinggal lebih lama di Pulau Dewata ini.

Selain Pantai Kuta, teman-teman bisa juga berkunjung ke Pantai Pandawa Kutuh, Pantai Tanjung Benoa, Pura Tanah Lot, Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pura Luhur Uluwatu, Kintamani, Bali Safari Marine Park, Monkey Forest, Pantai Jimbaran Bali dan sebagainya.

4. Lombok 

pantai senggigi lombok nusa tenggara barat nurul sufitri blogger lima destinasi solo traveling terjangkau di indonesia
Pantai Senggigi Lombok (Foto: Nurul Sufitri)

Lombok memiliki banyak tempat wisata yang tepat bagi para pecinta pantai jernih dengan pasir yang lembut. Berbeda dengan Bali yang terasa tinggi euforia, Lombok terasa lebih santai. Jadi, berwisata ke Lombok sangat tepat bagi teman-teman yang ingin berkontemplasi sambil menikmati sepoi-sepoi angin laut. Selain itu kita pun bisa mempercantik halaman media sosial karena Lombok sangatlah fotogenik.

Buat teman-teman yang hobi naik gunung, pasti ga asing lagi dengan Wisata Gunung Rinjani, adik saya sudah beberapa kali menginjakkan kakinya ke sini lho 😄 Ada Gili Kondo, Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan, Pantai Tanjung Aan, Tanjung Bloam, dan lainnya.

5. Malang 


museum angkut malang jawa timur nurul sufitri blogger lima destinasi solo traveling terjangkau di indonesia
Museum Angkut Malang (Foto: Nurul Sufitri)
 
Bagi kita yang ingin berwisata ke iklim yang berbeda, mengapa ga ke Malang saja? Udaranya yang sejuk membuat traveling ke Malang serasa berada di negara lain. Belum lagi apabila kita traveling ke wilayah Batu yang memiliki banyak atraksi wisata menarik. Teman-teman juga bisa dengan mudah menemukan banyak agen perjalanan yang menawarkan open trip di Malang. Biasanya, open trip ini sudah mencakup hingga ke Bromo sekalipun.

Baca: Kosmetik Halal Amalia untuk Traveling

Yuk, coba kunjungi Alun-alun Kota Batu, Batu Night Spectacular, Kuliner di Toko Oen, Wisata Gunung Bromo, Taman Bunga Selecta, Hawai Water Park, Air Terjun Coban Rondo, Desa Wisata Pujon Kidul dan sebagainya.

Jadi buat teman-teman yang ingin traveling tapi belum ada pasangan, kelima destinasi di atas bisa menjadi pilihan tepat. Harap selalu waspada dan berhati-hati ya, karena ga ada satu tempat pun yang 100% bebas kejahatan. Jadi, mau ke mana?

68 comments:

  1. Dari semua yang belum singgah di Lombok aku kak. Malang baru lebaran tahun lalu, mampir batu juga. Iya ya dimanapun ya tetap waspada. Dalam atau luar negeri sekalipun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mbak Gita kudu nyempetin ke Lombok deh. Bagus banget pantainya, enak makanannya. Coba cari2 tiket murah Citilink deh. Biasaaa emak2 eh ibu bangsa kan ga mau rugi wkwkwk demen diskonan :D

      Delete
  2. Aaah dulu pas ke Batu blum ada Museum Batu huhuhu ... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diulang aja liburan besok main2 ke Batu lagi, Mas Timo :) Hihii.. pasti lebih seruuuu deh.

      Delete
  3. Dari semuanya, aku baru pernah menjejak di Bandung dan Jogja aja dong, keliatan banget ya mainnya kurang jauh, haha. Harus nih jelajah Kota2 lainnya, pasti seru banget ya apalagi sambil bawa2 Baby dan Todler, pasti hectic abiiiis, soalnya untuk Solo Traveling kayaknya lebih susah untuk direalisasikan sekarang2 ini, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ga apa2 mbak Hani :D Besok2 pas liburan bisa lebih jauh jalan2nya. Ga usah khawatir bisa pesan tiket pesawat gampang sekarang mah. Hemat kan, simple gitu. Mau ke mana dulu solo travelingnya nih?

      Delete
  4. Gak berani saya mbaaaa...
    Maklum penakut wkwkwkwk..
    Naik kendaraan umum di dalam kota sendirian aja serasa mau nangis, apalagi harus mengunjungi daerah lain.
    Saya salut banget sama orang-orang khususnya cewek yang berani solo traveling :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha masa sih di dalam kota jln2 sendirian mau nangis wkwkwk 😆 Tenang mbak, coba sekali deh ntar lama2 jd terbiasa deh. Mungkin awal2 bisa coba ke Bandung dulu hehehe.

      Delete
  5. Aku sudah pernah ke lima kota ini, sayangnya belum ada yang pernah pergi sendirian. kalau ngga buat kerja, ya sama keluarga. Pingin banget ke sini sendirian deh.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi mb Memez pilih deatinasi wisata yg paling dekat aja dulu misalnya Bandung. Pulang pergi juga mudah kan 😉

      Delete
  6. Penasaran sama lombok..belum keaamoaian ke sana... hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentar lagi banyak liburan. Pasti sempet lah main2 ke Lombok, Mas Ginting hehehe :)

      Delete
  7. Bali dan lombok aku blum mba... deket padahal yak... next bisa bareng keluarga.. pergi kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru juga sama keluarga. Banyak kuliner nikmat, banyak spot foto yg keren2. Yuk ah!

      Delete
  8. Selanjutnya aku pengen ke Malang bawa anak sama suami. Pengen nyobain makan bakso Malang di Malang kayak gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakso Malang ada yg enak namanya bakso Presiden. Katanya sih pesohor negeri pd mamam syantik atau pesen gitu. Yuk ke Malang :D

      Delete
  9. Paling seru ke Malang ya, aku pernah ke Museum Angkut, seharian dan gempor hahahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha emang tuh arena museum angkut luaaaaas buanget. Kalau sendirian ntar juga dapet temen hahaha. Asik juga bareng keluarga sih. Banyak alat transportasi yg bisa dijadikan pelajaran riil anak2 kita mbak.

      Delete
  10. Yeaayyy alhamdulillah aku pernah menjejakkan kaki ke 5 kotanya ini. Next step pengen ngajakin suami ke tempat yang belum pernah kesana bareng dia kayak ke Lombok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaayy! Yes, sama suami ke Lombok pasti seru. Anggap kayak nhoney moon kedua aja ya mbak Ratna hihihi :D

      Delete
  11. Belum ke Lombok sama Malang nih aku Mba Nurul.. Tapi kalo ke sana pinginnya ngajak suami sama anak-anak juga karena banyak tempat wisata keluarganya ya.. Pingin lagi nyobain solo traveling, seru juga ternyata jalan-jalan sendirian.. hehe.. Nanti kapan kalo ada waktu dan kesempatan aku pingin ah solo traveling ke Kota di dalam negeri, terutama buat wisata kuliner.. hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, bubu DIta harus dooong ke Malang dan Lombok. Keren tuuuh. Banyak kuliner dan spot terbaik yg instagramable banget. Ajak yaya dan anak2 pasti seneng deh.

      Delete
  12. Belum pernah ke Lombok dan Malang. Harus dijadwalkan ini. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, mbak Haya. Pas liburan anak2 bisa tuh. Pesen tiket pesawatnya bisa Citilink.

      Delete
  13. Aku pgn banget solo traveling, tp entah knp sampe skrg belum juga berani hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba aja sekali dulu. Nanti jadi ketagihan deh hehehe :D

      Delete
  14. Lombok... masih tetap berada dalam list yang belum tercoret sejak dulu kala, hehehe.
    Bandung, Yogya, Malang, Bali sudah pernah walau tidak solo travelling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang, masih banyak waktu2 liburan yg bisa membawa mb Qudsi ke Lombok. Atur jadwal deh sama keluarga pasti seru :)

      Delete
  15. aku paling suka sih sama malang, musim hujan enak musim panas juga enak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain makin banyak destinasi wisatanya, Malang juga menawarkan kuliner lezat dan bersejarah ya 😍

      Delete
  16. Asiknyaaa jalan2 mbak. Ternyata sudah cukup banyak ya lokasi wisata yg sudah mbak Nurul tempuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah... mbak Elva 😊 baru dikiiiiit kok. Mau nulis jln2 lebaran blm sempet hihihi.

      Delete
  17. Cuman ke Bandung aja pernah solo traveling. Hehe tapi tetep aja gak enak mbak. Enakan rame rame

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa hehe 😊 Tapi kan seruuuu nanti bisa punya teman baruuu 😍

      Delete
  18. Dari lima tempat ini, cuma Lombok yang belum pernah dikunjungi. Awal bulan lalu rencananya ke sana, bukan berlibur tapi mau salurin bantuan dengan kawan-kawan relawan. Cuma musti diundur karena satu dan lain hal. Semoga dalam waktu dekat bisa ke Lombok. Habis bantu-bantu dan salurkan donasi, boleh dong ya wisata-wisata dulu sebelum balik hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga mas Eko bisa mampir yg lamaaaaa di Lombok yaaa.. jgn lupa share foto2nya 😊 aku mau lihat hohoho. Btw keren bgt ikutan donasi di sana.

      Delete
  19. Dari 5 kota di atas Alhamdulillah sudah pernah saya datangi meski nggak solo, bahkan salah satunya adalah kota kelahiran saya yaitu Malang he3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw... keren ya mbak Zahra ini :) OOooooh orang Malang yah? Berarti tau bakso Presiden yg tersohor itu?

      Delete
  20. Pengen semuanya, tapi pergi sndiri kok belom berani, nggak diizinin juga kayaknya. Maklum anak rumahan he..he.. Tp kalau ada kesempatan pengem ke malang sama jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaks betul, mbak Astria. Ke Malang naik kereta api tuh menyenangkan loh. Jogja juga. Istilahnya kalo bingung, kita bisa tanya2 banyak orang tapi tetap berhati2 :)

      Delete
  21. Ngeri teh Nurul naik motor gituan euy..haha
    Buat jalan-jalan boleh gak itu, Teh :D

    Kabarin kalau ke Jogja lagi, Teh?
    Asal jangan pas lebaran..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh lah yuk kita boncengan pake motor setan hihiii :) Hayuk siapa tau bisa ketemu di Jogja, Ndi :D

      Delete
  22. Sini sini mampir Bandung. Banyak hostel murah Rp100ribuan per malam. Banyak tempat-tempat wisata gratisan atau murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lama ga ke Bandung, padahal aku Sundanese ti Paris Van Java haha sibuk sih :)

      Delete
  23. Bandung yang ada dalam daftar tapi belum terlaksana.
    Tapi, sekarang sih ga bisa solo minimal berdua sama anak.
    Dulu saat masih gadis baru sering jalan-jalan sendirian kaya orang hilang, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren mbak Hanila saat masih gadis berani jln2 sendirian 😀😀 b2 anak aja kalo gitu ke Bandung dll mya hehehe siiip.

      Delete
  24. Iya betul, nggak mudah juga kalo buat diriku nyari temen traveling dengan jadwal yang pas :D Solusinya ya solo traveling selama daerahnya memang nyaman untuk para ladies ya, haha... Citylink so far ok lah untuk bepergian, harganya ga gitu mahal - tergantung moment sih ya, kualitas juga ok banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling deket ke Bandung aja, Ms. Nita 😀😀 pergi pulang juga cihuy horeeee sendirian puas. Apalagi kalo seminggu haha jln2 seru makan2 nikmat hhmm 😍 Citilink emang cukup terjangkau harga tiket pesawatnya.

      Delete
  25. Bali dan jogja udah pernah berkunjung, tapi masih belum puas mengeksplorenya. Masih pengen lagi, lagi, dan lagi berkeliling di 2 tempat ini, baru beranjak ke tempat lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang deh semua destinasi wisata di Nusantara kita tercinta selalu bikin kangen. Rasanya ingin terus berkunjung ke sana ya, Mas Arif :) Idem aku juga hehehe :D

      Delete
  26. semau sudah kujejakan kakiku di koat itu tapi aku ingin kembali lagi ke malang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuklah jelajahi lagi diulang2 ga bakalan bosan ya Tira 😍😍

      Delete
  27. Kangen pengen ke Bandung lagi, insyaallah bulan depan mau ke Lembang
    Terus kemana lagi yaaa
    Ke yogyakarta kayaknya seruu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Bandung oke deket. Kalau mau jauhan dikit bisa geser ke Jogja hihii belanja tas kulit di Sleman dll asik deh traveling sendirian :)

      Delete
  28. aku solo traveling/backpacker baru sekitaran pulau jawa aja nih, belum ada kesempatan buat keluar pulau.

    bener loh mba, solo traveling/solo backpacker bikin nagih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku salut banget sama orang yang demen solo traveling :D Kuat fisik dan mentalnya hehehe. Hayuklah besok2 bisa ke luar Jawa deh :D In sya Allah bisa.

      Delete
  29. Keren Mba buat referensi yang masih jomblo. Dulu sebelum merid saya sering solo traveling Mba, kalo sekarang udah gak bisa lagi....kemana2 buntutnya pasti ngikut hahahahahahaha......lain kali bikin juga destinasi untuk Family Traveling ya Mba hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiih Mas moko 😍 Iya deh ntar alu tulis cerita jalan2 yg cocok buat keluarga yg simple2 ajaa dan terjangkau ya hehe siiiip.

      Delete
  30. Waaahh yg belom didatengin adalah Malang! Solo traveling emang seru yha even di negara sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiik loh ke Malang 😊 Selalu ada yg baruuuu jd ga ngebosenin. Hayuuuk mbak jalan2 ke Malang dll sendirian!

      Delete
  31. kayaknya jogja tuh surganya buat para solo traveler deh.. mudah dan murah banget kalau mau kesana. Mau kesana tiap minggu juga bisa tuh.
    *lalu disentil ama isi dompet*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang ke Jogja serasa dekeeet deh. Kan udh ada tol baru. Trus kalo naik KA pun kira2 8-10 jam nyampe. Yuks jln2 😍

      Delete
  32. Dua kali ke malang dan masih nagih, belum puas muter karena banyak banget tempat asyik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget. Terlalu banyak tempat menarik yg kepengeeen dikunjungi semua ya hehehe :D

      Delete
  33. wihhh...mulai dari kota bandung, jogja, malang, bali dan lombok memang penuh dengan daya tarik untuk kita bisa berkunjung ke sana, dan pastinya dengan memiliki fasilitas-fasilitas yang bisa memanjakan untuk kita berwisata tentunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, bener :) Eksplorasi satu per satu deh di waktu yang pas biar kita bisa menikmati keindahan alam destinasi wisata Indonesia :)

      Delete
  34. Jakarta juga oke lho, untuk solo travelling. Pilihan penginapan banyak dan transportasi gampang. Tempat wisata juga banyak, dari Monas sampai Setu Babakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada cerita wisata Kota Tua di blog. Bisa buat jalan2 sendirian 😀

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.