Saturday, May 12, 2018

# culinary # event & hang out

Makan Enak dan Takdir Kejayaan Seni Kuliner Indonesia di Amuz Gourmet Restaurant



Ketika kita memasuki sebuah restoran maupun rumah makan atau warteg alias warung tegal sekalipun, bayangan kita pasti sangat beragam tentang makanan. Setiap orang memiliki ekspektasi yang berbeda-beda. Seorang ahli kuliner mengatakan bahwa keragaman dalam sajian kuliner Indonesia memang sangatlah kaya dan luar biasa. Begitu kayanya, orang mudah bingung dan ‘keblinger’ mau makan apa? 

Rendang, sate, bakso adalah makanan Nusantara yang mendunia. Begitulah seni kuliner yang memiliki takdir kejayaan yang terwujud dalam kancah internasional. Istilah ‘Nasi Goreng’ sudah populer dan tercantum di berbagai menu restoran dan cafΓ© di seluruh dunia.


Berbeda dengan negara-negara tetangga kita yang menunya lebih sederhana dan homogen, keragaman ini seringkali menjadi pisau bermata dua. Teman-teman pasti sudah paham benar kalau aneka restoran di negara kita ini bermacam-macam. Paling dikenal tentu Restoran Padang, Sunda, Jawa, Aceh dan sebagainya. Ada juga hidangan khas berbagai daerah misalnya sate, soto, seafood. 
 
Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Seluruh umat muslim di seluruh dunia bersuka cita menyambut bulan suci yang penuh berkah ini. Terbayang-bayang momen sahur dan berbuka, shalat tarawih berjamaah di masjid dan segala hal menyenangkan menuju hari kemenangan. Dapat dipastikan jadwal buka bersama berada dalam catatan kita. Hhhmm.. Tentunya makan enak bersama keluarga, kerabat, sahabat, teman sejawat dan lainnya.  

Ada lagi nih, warisan budaya rempah-rempah yang teknik memasaknya diturunkan pada camilan dan masakan berat, seperti martabak dan mie. ‘Makan Enak’ di Jakarta? Kita bisa mencicipi aneka mie seperti Mie Aceh, Mie Pontianak, Mie Medan, Mie Jambi, Mie Bangka. Tak heran jika Jakarta disebut sebagai Republik Mie. 

Ga percaya? Silakan deh teman-teman wisata kuliner mulai dini hari 24 jam non stop hehehe. Adapun martabak memiliki 2 cita rasa yaitu manis dan asin. Martabak dengan aneka topping, variasi isi dan lainnya digandrungi oleh masyarakat pecinta kuliner. 

Delightful Ramadhan Culinary

Rabu, 9 Mei 2018 lalu saya berkesempatan menghadiri acara “Delightful Ramadhan Culinary” yang bertempat di Amuz Gourmet Restaurant, Energy Building Lantai 2, Kawasan SCBD Jakarta Selatan yang dihadiri oleh: 

- Bapak Kafi Kurnia selaku Managing Director Peka Consult, Inc.
- Bapak Christopher Rittgers selaku Counselor Foreign Agricultural United States Department of Agriculture.
- Mbak Ulfa selaku mahasiswa yang pernah merasakan Bulan Ramadhan di Amerika Serikat. 
- Chef Stefu dari Amuz Gourmet Restaurant

 
bapak kafi kurnia sedang menjelaskan tentang kejayaan kuliner indonesia di amuz gourmet restaurant
Bapak Kafi Kurnia - Peka Consult (Foto: Dokpri)

bapak christopher rittgers dari kedubes memberikan kata sambutan di amuz gourmet restaurant
Bapak Christopher Rittgers (Foto: Dokpri)

chef stefu menjelaskan menu ramadhan di amuz gourmet restaurant
Chef Stefu dari Amuz Gourmet Restaurant (Foto: Dokpri)

Bapak Kafi Kurnia selaku Managing Director Peka Consult, Inc mengatakan, ”Siapa bilang hidup sehat itu tak bisa dilakukan dengan menikmati apa yang kita makan dan minum? Mestinya hidup sehat itu kita berbahagia, bukan?”.


aneka produk dari usa peka consult inc ada jeruk apel blueberry dll
Produk USA Peka Consult, Inc Ada Jeruk, Apel, Blueberry dll (Foto: Dokpri)
  
kismis sunmaid raisins dari peka consult inc
Kismis Sunmaid Raisins dari Peka Consult Inc (Foto: Dokpri)

 
Peka Consult, Inc merupakan konsultan bisnis dan marketing yang berada di Jakarta. Beberapa produk yang didistribusikan adalah Washington Apple, Kurma Medjool, USA Pears dan Sunmaid. Sedangkan Sembutopia merupakan salah satu unit bisnis dari Peka Consult yang sangat peduli pada masalah kesehatan. Sembutopia memberikan jasa layanan konsultasi pengobatan ke luar negeri dan informasi rujukan pengobatan ke rumah sakit di luar negeri. Twitter: @sembutopia dan Instagram: @sembutopia

Baca: Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh

Seorang antropolog mengatakan bahwa kalau di luar negeri barangkali makan itu memiliki jenjang antara makan kecil hingga makan besar. Makan kecil artinya jamuan makan sederhana, sedangkan makan besar artinya jamuan makan yang sangat lengkap. Budaya makan besar inilah yang misalnya dalam zaman kolonial Belanda menjadi tradisi makan besar yang disebut ‘rijsttafel’ (makan dengan lauk-pauk lebih dari 40 macam hidangan). Konon “Jejak Kejayaan” ini bukan saja dalam tradisi makan besar namun juga dalam ungkapan yang khas yaitu “Makan Enak”, yang sukar diterjemahkan menjadi ungkapan yang sama dalam bahasa dan budaya lain. 

“Jejak Kejayaan” seni kuliner Indonesia sangat beragam, mulai dari pemahaman rempah-rempah dan bumbu hingga teknik mengolah dan memasak. Tempe merupakan contoh ‘Jejak Kejayaan’ yang tercantum dalam buku Serat Centhini di abad ke-16 dan 17 sebagai produk ciptaan asli Indonesia dan sedang diperjuankan menjadi Warisan Budaya Unesco Tahun 2021. Ada hal menarik di Indonesia tentang cara makan enak ini lho. Siapa ga doyan kecap, sambal, kerupuk? 

Kecap manis sangat dominan dan menjadi saus universal yang sulit tergantikan dengan bumbu lain. Kerupuk dan sambal muncul secara bersamaan sekitar abad ke-10 dalam berbagai literatur dan prasasti. Tak heran muncul ungkapan, “Apalah artinya hidup ini tanpa kerupuk dan kecap manis?”. 

Kembali ke tradisi makan enak dan makan bersama di Bulan Ramadhan. Nah, di bulan sakral ini lazimnya menu sahur dan berbuka disajikan dengan istimewa. Mulai Takjil, makanan utama hingga penutup, semua diramu dalam tradisi silaturahmi kekeluargaan yang sangat akrab. 

Sajian Kuliner Ramadhan merupakan sebuah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Amerika bersama Peka Consult, Inc dalam semangat inovasi dan interaksi antar budaya dengan menampilkan sajian Ramadhan dengan bahan-bahan berkualitas, seperti kurma, jeruk, apel, kismis, blueberry dan daging sapi dari Amerika.

Baca: Sarapan Ala Buffet di Canary Coffee Shop Hotel Aston Priority Simatupang


Saya Berada di Amuz Gourmet Restaurant (Foto: Dokpri)

buah kurma natural delights medjool dates peka consult inc
Produk Kurma Natural Delights Medjol Dates Peka Consult, Inc

Delightful Ramadhan Culinary meluncurkan produk kurma “Natural DelightsPitted Medjool Dates, kurma yang bijinya ‘diselamatkan’ hingga kita tak perlu khawatir mengunyahnya. Kurma sangat baik untuk menambah stamina dan cocok dikonsumsi oleh siapa saja dengan berbagai usia. Kurma tanpa biji terjadi dengan proses pabrikan di mana biji dicabut dengan mesin higienis. Kurma ini natural tidak direndam dalam madu atau pemanis seperti jenis kurma lainya. Indeks glikemiknya rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.
 
Bentuknya yang besar dengan warna cokelat muda serta daging buahnya yang tebal, membuat siapa saja kepengen cepat-cepat mengunyahnya. Kurma yang berasal dari Amerika ini memiliki aroma khas yang harum. Rasa manisnya pas di lidah, tak berbiji. Cocok sekali buat menu sahur dan berbuka puasa maupun hari-hari lainnya. Nama Madjool dikenal dengan sebutan si Raja Kurma atau Berlian Kurma.


kurma natural delights medjool dates
Kurna Natural Delights Medjool Dates (Foto: Dokpri)

cake kurma terbuat dari bahan natural delights medjool dates peka consult inc
Cake Kurma (Foto: Dokpri)

kue tradisional berbahan kismis kurma dari peka consult inc
Aneka Kue Tradisional Berbahan Kismis, Kurma, Strawberry (Foto: Dokpri)

Di Amus Gourmet Restaurant ini para chef menyajikan berbagai makanan enak menggunakan bahan kurma. Wah, jadi ga bosan deh mengonsumsi kurma. Kurma dapat meningkatkan stamina, terutama di bulan suci Ramadhan supaya tubuh kita tetap sehat, bugar dan terjaga. Oh ya, ternyata kurma juga memiliki khasiat untuk meningkatkan kadar basa lambung yang telalu asam pada saat kita berpuasa seharian.


kurma tanpa biji natural delights medjool dates peka consult inc
Kurma Tanpa Biji Natural Delights Medjool Dates (Foto: Dokpri)

makan siang di amuz gourmet restaurant
Makan Siang di AMuz Gourmet Restaurant (Foto: Dokpri)

aneka buah peka consult inc: blueberry, washington apple, jeruk
Aneka Buah Peka Consult Inc: Blueberry, Washington Apple, Jeruk (Foto: Dokpri)

makan enak takdir kejayaan di amuz gourmet restaurant
Makan Enak di Amuz Gourmet Restaurant (Foto: Dokpri)

camilan berbahan oncom di amuz gourmet restaurant
Camilan Berbahan Oncom (Foto: Dokpri)

eel salad di amuz gourmet restaurant
Eel Salad (Foto: Dokpri)

foto bersama teman bloggers dan bapak kafi kurnia di acara makan enak di amuz gourmet restaurant
Foto Bersama Teman-teman Bloggers dan Bapak Kafi Kurnia (Foto: Imawan)

Itulah kisah seru dan menyenangkan tentang makan enak bareng teman-teman bloggers dan makan bersama Bapak Kafi Kurnia dkk. Persiapan memasuki Bulan Ramadhan, jangan lupa ya kurma tanpa biji, rasanya kurang afdol kalau tak terhidang di meja makan. Makan enak, ga perlu takut gemuk, justru menyehatkan asal tau caranya. Wassalam 😍


62 comments:

  1. Lihat foto kismis SUN-MAID mendadak langsung teringat aku kecil dulu suka diam2 ngemil kismis merk itu tanpa sepengetahuan mamaku ...
    Giliran mamaku butuh buat bikin kue ... kardus dibuka udah kosong,ngga ada isinya ...

    Akhirnya diinterogasi dan aku ngaku .. jeweran hadiahnya πŸ˜‚ !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti Sunmaid sudah melegenda ya 😊 Aku juga doyan banget nyomotin kismisnya, padahal mamaku mau bikin bolu kukus wkwkwkwk πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Delete
    2. Huahahahahaa ..
      Ternyata kita samaan jahilnya πŸ˜‚ !

      Kalo lihat tampilan penyajian makanan kayak resto ini bikin terasa laper ya,kak ....
      Kadang ada pikiran ngga tega langsung memakannya.
      Jadi biasanya kupandangi dulu sekian lama .. baru digigit 😁

      Delete
    3. Pandangin dulu, foto cekrek, berdoa sebelum mamam hahaha...baru deh nyam..nyam :) Hasil karya para chef andal ini... mantap kan? Mau lagi ah :D

      Delete
  2. Ya ampun itu kue2nya enak banget sih kayaknya.
    Buah2 yang disajikan juga seger2 liatnya.
    Oh ya kak, Eel Salad itu kayak gimana ya? Baru denger :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salad belut itu, mas Hans wkwkwkwk :D Doyan belut ga? Aku sih kabooorrr hihihi. Tapi enak buangeet kata temen yang suka mah ya pasti lezat rasanya dong. Nih aku kirimin, tangkaaaaap!

      Delete
  3. Saya jadi tahu ternyata varian buah dari Amerika banyak sekali ya, dan ketika dipadukan dengan masakan khas Indonesia rasanya menjadi semakin luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, mbak Uci :) Iya, jadi tau deh kita ternyata banyak macamnya ya buah-buahan USA. Lezat dipadupadankan dengan bahan-bahan masakan Indonesia yang sudah menjadi takdir kejayaan :)

      Delete
  4. wah, delicious banget kayaknya wisata kuliner di Amuz Gourmet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat puas! Makan enak, makan bersama wuiih ga ada duanya deh :) Pokoknya, kalau judulnya makan, aku ayoooo ajah :D

      Delete
  5. Baru tahu juga ternyata di balik Washington Apple ada nama bapak Kafi Kurnia yang luar biasa untuk tetap mengangkat kejayaan kuliner Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Gita 😊 Luar biasa ya kiprah Pak Kafi Kurnia turut mempertahankan kuliner Indonesia dengan menambah variasi masakan bersama produk2 dari Peka consult, Inc ini 😘

      Delete
  6. Waduh ini bumil makin ngiler aja, apalagi liat yang manis2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Washington apple, jeruk, USA pears, blueberry dll manis2 semua loh. Bahkan ada juga es rasa jeruk. Aku sukaaa banget. Mau lagi ah 😍

      Delete
  7. Saya suka makan kurma Mbak, sepertinya Amuz Gourmet Restaurant ini sangat pro dengan makanan kesukaan saya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pro bangeeed dong, kan chef nya juga istimewa. Jadi semua menu yang disajikan pasti wow..lezat rasanya :D Siniii... !

      Delete
    2. Coba seandainya restaurantnya buka cabang di Daerah saya di OKU Sumsel saya rela kok jadi pengemarnya. :) jadi karyawannya juga mau... :)

      Delete
    3. Hahahaha ah Kang Nata ini lucu bingits dah πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† emang menggiurkan semua menu dan buah2annya ya. Kang Nata bisa kalap loh mamam di sini.

      Delete
  8. Wah ini acara tahunan toh. Semoga besok diundang juga tahun depan. Penasaran sama Pitted Medjool Dates, kalau dr foto bisa lebih besar dari strawberry. Sebesar apa ya itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang top banget acara makan2 lezatnya :D Mau lagi ah kalau diundang hehehe. Kurmanya lumayan besar loh, lebih dari stroberi, mbak Ade.

      Delete
  9. Takdir kejayaan kuliner Indonesia ternyata keren ya mbak. Nah kan g salah aku pilih kecap sebagai favorit dalam hal makan apapun. Kurma non biji Medjool ini pun pas banget nih buat buka puasa beberapa hari lagi. Semuanya enak2 makanan yg dimix bahannya antara bahan Amerika dengan bahan asli Indonesia. Pinter Cheff Stefu nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecap, sambal dan kerupuk itu ga boleh ketinggalan ya kalau kita mamam cantik hahaha :) Ga afdol deh tanpa ketiga makanan enak itu. Chef Stefu memang keren! Kurma dari Peka Consult Inc mantappp banget :)

      Delete
  10. dari kampung nyimak...ga ada makanan kaya gitu he..he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa tau ada di supermarket deket kampung Mas Agus tinggal sekarang :) Jadi bisa nyobain deh :D Salam makan enak!

      Delete
  11. Makan di sana yuks, barengan haha jd guide😊 ngeliat fotonya enak2 semua, mesti aja keluarga sesekali kulineran atau bukber nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuks, mau ditraktir akuh ya sama mb Utie hehehehe :D Cocok iniii buat buka bersama keluarga.

      Delete
  12. Aku tu gak terlalu suka kurma manisan yang dijuakl di supermarket2 itu mbak, krn menurutku kemanisan. Pengen deh ngerasain kurma Delights Medjool Dates. Trus kita belinya dimana? Apa di resto itu aja atau bisa dibeli di tempat lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok di supermarket-supermarket di Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia :) Kurma Natural Delights Medjool Dates ini rasa manisnya pas di lidah kita :D

      Delete
  13. Karena kekayaan kuliner Indonesia itulah, meskipun lagi berkunjung ke negeri orang tetep aja yg dicari resto Indonesia untuk makan sehari-hari, karena lidah ga bisa dibohongi, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, mbak Shine. Ke mana pun orang Indonesia melangkahkan kakinya, biasanya ga lupa bawa bekal sambal kan, hehehe :D

      Delete
  14. Makanan Indonesia banyaaaak banget yang enak-enak.. Aku jadi pingin makan pempek yang di Pasar Minggu itu mba Nurul.. Haha.. Inget pempek inget Mba Nurul.. :D :D Kurma non biji masih aku sayang-sayang, nih. Nunggu puasa dulu baru mau buka Kemasannya.. Hehe.. Oiya pingin beli Sunmaid juga aah buat puasa. Favoritkuuu, enak banget buat nyemil.. Gak berasa nyemil eh udah tinggal dikit.. Hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, keren dong ya bubu Dita inget pempek langsung ingat daku hihihi :D Sama nih aku juga masih nunggu saatnya berbuka puasa di bulan Ramadhan tiba, baru buka kurma Medjool Dates nya. Disayang-sayang hehehe, toss!

      Delete
  15. cita-cita langsing tapi kuenya menggoda banget mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah salah satu seni makan enak hahaha. Lupakan diet atuh..mamih πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† Kan banyak juga buah2an jadi ga usah khawatir cepet ndut 😊

      Delete
  16. kapan kita makan enak lagi ya mba.. chef stefu jago banget bikin makan enak dan tentu pakai bahan yg berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ... bahan2 berkualitas ditambah denga aneka buah2an dari Peka Consult Inc hhmm... ga mau pulang rasanya hahaa πŸ˜†

      Delete
  17. Ya ampun cakenya... bikin pengen ngemil malem2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke mampir mamam di sana 😘

      Delete
  18. Ya ampun lihat menu2nya aku ngileeer, apalagi kurmanya itu, mauuuu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurma tanpa biji yang bikin nagih nih 😍😍

      Delete
  19. Wah...perpaduan buah dan makanan Indonesia menjadi luar biasa ya... Dgn makanan bs merekatkan kedua negara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanan Indonesia yang luar biasa bumbu rempah-rempahnya dipadukan dengan aneka buah-buahan berkualitas hhhmmm... makan makin enak dan nikmat 😍

      Delete
  20. pas banget buat ramadhan , lebih banyak buah dan kurma biar stamina bagus dan sehat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pas banget momennya nih kan lusa mulai puasa 😊 Alhamdulillaah aku sudah punya medjool dates nih hehehe.

      Delete
  21. Masih terbayang bayang betapa enaknya sate marangginya. Indonesia ternyata memiliki kuliner yg khas dan bnyk bgt jumlahnya dibandingkan dg negara Melayu lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh...sate maranggih nikmaaat benerr ya, mbak Dewi 😍😍 Setuju deh dengan Pak Kafi dan para ahli kuliner bahwa makan enak itu sulit terdefinisikan hehebe.

      Delete
  22. wah asyik ay ikut acaranya bisa cicipi buah yang bermacam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Tira alhamdulillaah. Makan enak bareng2 temen juga. Menu2nya wah semua 😘

      Delete
  23. mupeng sama menu makanannya mak. apalagi yang manis - manis macem kurma dan ukurannya yang waahh.. bikin ngecess jadinya. LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indahnya dunia ini, mak 😍😍😍 kurma yang wow enaaak. Makan bareng2 dengan menu ala chef profesional 😚

      Delete
  24. 1-1 nya merk kismis yg aku suka cm sunmaid. :p. Lainnya ga begitu doyan krn rasanya kdg asem, kdg baunya aneh.

    Nah kalo kurma, nth napa aku drdulu g begitu suka mba. Tiap mama pulang umroh ato ada yg baru pulang haji, oleh2 kurma pasti aku cuekin hahahaha. Tapiiii pernah coba kurma dinikin jus, dibikin madu, kue, aku sukaaaa :) .pokoknya jangan yg masih original deh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah sama dong ya aku juga doyan kismis Sunmaid. Populer sejak lamaaaaaa nih jadi ga ada duanya πŸ˜€πŸ˜˜ Ooooh mb Fanny suka kurmanya yg sudah diolah dengan bahan2 masakan berarti ya. Mantap2!

      Delete
  25. Untung bacanya pas sahur, kalau siang pas puasa bikin bahaya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.... buat inspirasi sahur dan berbuka puasa aja kalo gitu 😊😊

      Delete
  26. wahh saya salah nih buka blognya pagi-pagi.. wkwkw jadi pengen :3
    seru juga pengalamannya mba. apalagi ama temen-temen blogger, lain kali ajak ajak dong mbak :v apalagi yang makan-makan. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... ngiler ya mas? Wkwkwkw emang deh beda rasanya makan enak baremg temen2 blogger. Apalagi di resto eksklusif dengan chef profesional. Sikaaat semua! Eh ga muat deng perutnya 😘

      Delete
  27. Wow bertabur buah2an impor nih, Mba Nurul. Amazed deh ngelihat kurma yang tanpa biji gitu. Kalau buat dijus jadi gampang ini, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. asiiik kan banyak buah2an segar 😘 Bisa nih Nita.. bikin jus kurma tanpa biji lebih praktis dan berkualitas tentunya.

      Delete
  28. berarti acara ini termasuk makan besar dong mbak, kalau dilihat menunya buanyaakk banget, meskipun saya ga tau lauk-pauknya nyampe 40 menu ato ga. haha, yang jelas beragam dan enyak-enyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas..bisa termasuk makan besar hehehe emang deh buanyaaak menunya sampai bingung mau makan yang makan dulu 😍 enak 😘 lezat hehehe.

      Delete
  29. Pengen buahnya saja, segar-segar bangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip... mari makan buah2an segar 😍

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.