Saturday, April 28, 2018

# event & hang out # Family's health

Cara Diet Ideal Soyjoy dan Cegah Obesitas Sejak Dini


 
Teman-teman, apa kabar? Sedang sibuk di balik layar atau belakang meja? Lagi laptopan menyelesaikan tugas tulisan, kantor maupun lainnya? Hayooo... Ketahuan deh pasti sambil ngemil ya? 😄 Kalau sudah mager alias malas gerak, semua 'teman kerja' langsung dikumpulkan menjadi satu di meja. Ada yang manis, asin, berkarbohidrat tinggi dan lainnya. Tanpa disadari, ini adalah penggemukan badan loh.

"Jok to jok" alias dari bangku rumah hingga bangku tempat kerja hampir dipastikan berlaku bagi orang kantoran dan siapa saja. Tanpa disadari, aktivias fisik sangat berkurang dan jarang dilakukan. Nah, ini dia yang bikin lemak makin menumpuk di bagian tubuh tertentu dan menjadi sumber penyakit yang ga kita inginkan.

Obesitas telah menjadi permasalahan kesehatan dunia dan merupakan salah satu faktor pemicu berbagai penyakit generatif seperti Diabetes Mellitus, hipertensi dan radang sendi. Data WHO pada tahun 2014 menunjukkan bahwa 65% penduduk dunia berstatus overweight (obesitas) dan memiliki risiko kematian lebih tinggi daripada kekurangan gizi. 

Salah satu dampak akibat obesitas adalah munculnya penyakit diabetes. Tipe obesitas dibedakan menjadi dua yaitu:
  1. Tipe Android (tipe  buah apel) ditandai dengan adanya penumpukan lemak di sekitar dada, leher dan wajah. Biasanya terjadi pada pria dan wanita yang sudah menopause. Diabetes tipe ini sangat berisiko tinggi terkena diabetes mellitus, jantung koroner, stroke, pendarahan otak, hipertensi dan kanker payudara. Risiko penyakit ini bisa enam kali lebih besar dari orang dengan berat badan (BB) normal, namun penurunan BB dapat dilakukan lebih mudah. 
  2. Tipe Ginoid (tipe buah pear) ditandai dengan adanya penumpukan lemak di sekitar perut, pinggul, paha dan pantat. Pada umumnya terjadi pada wanita. Tipe Ginoid ini lebih aman jika dibandingkan dengan tipe Android karena kemungkinan terserang penyakitnya lebih rendah, tapi lebih sulit untuk menurunkan berat badannya.

Teman-teman, ga mau dong ya kedua tipe di atas menimpa kita? Oww….. mungkin sebagian sudah mengalaminya? 😊 Termasuk dalam tipe apa? Kita bisa mengetahuinya dari rasio pinggang terhadap pinggul. Jangan berkecil hati ya. Selama kita masih punya niat memperbaiki pola makan, gaya hidup dan mengubah mind set cara hidup sehat, in sya Allah berhasil. Banyak jalan menuju Roma lho!
 
Tentu kita sangat membutuhkan asupan makanan yang rendah energy, rendah lemak serta tinggi serat dan kaya akan anti oksidan. Sudah menjadi rahasia umum kini masyarakat berlomba-lomba melakukan diet agar kondisi tubuh tetap terjaga. Bahkan diet ala artis pun diikuti demi memperoleh tubuh langsing dan ideal.

Banyak cara diet gencar diterapkan, namun apakah sudah yakin aman dan cocok bagi tubuh kita? 😙 Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa diet yang berbasis kedelai itu sangat baik. Kedelai merupakan bahan pangan yang kaya akan komponen bioaktif dan banyak memiliki kemampuan anti obesitas melalui berbagai mekanisme.

Teman-teman sudah pernah dengar belum, kalau kedelai itu ternyata bisa membantu kita menurunkan berat badan? Makanan seperti tempe dan tahu sih sering dikonsumsi sehari-hari kan? Nah, saya mau berbagi cerita nih tentang khasiat kedelai untuk mencapai diet ideal dan menurunkan obesitas.

Pada Hari Rabu, 25 April 2018 lalu, saya menghadiri sebuah acara kesehatan bersama Soy Joy dan beberapa teman dari Komunitas Kumpulan Emak Blogger yang bertemakan "Peranan Kedelai dalam Pencegahan Obesitas" di The Hook Restaurant". Menarik banget nih, saya kan jadi paham manfaat kedelai bagi kesehatan tubuh kita.  

peranan kedelai dalam pencegahan obesitas dan berat badan ideal
Peranan Kedelai dalam Pencegahan Obesitas (Foto: Dokpri)
ahli-kedelai-ipb-prof-dr-ir-made-astawan-ms
Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS (Foto: Dokpri)

Seorang ahli kedelai dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor, Bapak Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS menyatakan bahwa kandungan yang terdapat dalam kedelai diantaranya yaitu protein, vitamin dan mineral, asam lemak tak jenuh, Isoflavon, prebiotik, serat pangan dan masih banyak lagi. Kedelai ternyata sangat berperan penting dalam mencegah kita dari obesitas dengan meningkatkan rasa kenyang lebih lama, sehingga kita dapat mengatur berat badan secara ideal.

Untuk mengetahui apakah kita sudah terkena obesitas atau belum, kita dapat cek melalui indeks masa tubuh (MIT). Termasuk kategori kurus jika MIT kurang dari 18 dan masuk obesitas jika lebih dari 27. Untuk wanita, kalau lingkar perutnya lebih dari 80 cm berarti sudah obesitas dan pria lebih dari 90 cm.  

Menurut Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS, ada beberapa faktor penyebab kenaikan berat badan yaitu:
- Kurang beraktivitas fisik, banyak main game dan menonton televisi
- Sering mengonsumsi makanan cepat saji
- Banyak mengonsumsi makanan serba manis dan berkalori tinggi
- Tidak rutin berolahraga
- Kurang serat dari sayur-sayuran dan buah-buahan

Pada tahun 2016 Nielsen pun telah melakukan survey bahwa kedelai makin dikenal sebagai ‘superfood’ yang biasa dikonsumsi untuk pengobatan sebanyak 34% dan pencegahan penyakit ringan sebanyak 40%. Masyarakat pun lebih memilih kedelai karena rasanya yang enak dan banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. 

Kedelai mengandung karbohidrat sebesar 15%, protein 38%, lemak 18%, mineral, vitamin, asam lemak tak jenuh, serat pangan, dan lainnya. Indeks Glikemik rendah berada di bawah angka 55 dan kedelai IG nya hanya 16 dan dinilai sangat rendah. IG merupakan angka kecepatan makanan dalam menaikkan gula darah. 

Ibu Evy Christina Setiawan, Head of Scientific Section di PT. Amerta Indah Otsuka menjelaskan bahwa di dalam Soy Joy terdapat dua kandungan penting dan sangat berperan menururnkan obesitas yaitu Isoflavon dan kadar IG rendah. Soy Joy ini termasuk dalam makanan ringan atau camilan sehat. Dengan mengonsumsi Soy Joy satu jam sebelum makan besar, kita akan merasa kenyang lebih lama, sehingga takaran makan pun berkurang.


ibu-evy-christina-setiawan-dari-pt-amerta-indah-otsuka
Ibu Evy Christina Setiawan (Foto: Dokpri)

Ibu Evy Christina Setiawan dari PT. AMerta Indah Otsuka (Foto: Dokpri)
Kok bisa ya makan minimal 1 bar Soy Joy membuat kenyang? Soy Joy ini terbuat dari 100% dari tepung kedelai, tak ada tambahan tepung terigunya. Soy Joy juga mengandung vitamin A, B dan E, mineral, Isoflavon, memiliki nilai IG yang rendah, bebas dari gluten dan takaran gulanya pun hanya sedikit. Jika hal ini rutin dilakukan, maka pencapaian berat badan ideal tak mustahil terjadi serta bias menurunkan obesitas. Wah, mau dong ya, berat badan kita ideal? 😄
 
Tentang PT. Amerta Indah Otsuka

Merupakan afiliasi dari Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd, Jepang. Memiliki total karyawan berkisar 1.330 orang dan berkantor pusat di Pondok Indah Office Tower I Lt. 5 di Jalan Sultan Iskandar Muda Kav. V-TA, Jakarta 12310. Perusahaan ini mempunyai dua buah pabrik yang berlokasi di Jalan Siliwangi Km. 28, Kp. Sindangresmi RT 07/ 04, Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Sukabumi 43359 dan di Jalan Raya Pasuruan Malang Km. 11 Desa Pacarkeling, Kecamatan Kejayan, Kab. Pasuruan 67172.

PT. Amerta Indah Otsuka didukung oleh para distributor yang tersebar di seluruh Indonesia dengan melakukan pendistribusian langsung melalui kantor-kantor cabangnya. Pocari Sweat adalah salah satu minuman isotonik terkemuka di Indonesia yang telah mendapatkan berbagai sertifikat ISO antara lain ISO 9001:2008 (Sistem Manajemen Mutu), ISO 22000:2005 (Sistem Keamanan Pangan) dan ISO 14001:2004 (Sistem Manajemen Lingkungan).

soyjoy-pt-amerta-indah-otsuka
Bapak Ricky Suhendar (Foto: Dokpri)
  
“Mari kita mengonsumsi kedelai dalam berbagai bentuk olahannya untuk menghindari risiko obesitas. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi Soy Joy sebagai pelopor camilan sehat berbahan dasar kedelai”, ungkap Bapak Ricky Suhendar, selaku Corporate Communication Director PT. Amerta Indah Otsuka.

cara-diet-ideal-bersama-soyjoy-dan-cegah-obesitas-sejak-dini
Cara Diet Ideal Soyjoy dan Cegah Obesitas Sejak Dini (Foto: Dokpri)

nurul-sufitri-suka-soyjoy-pt-amerta-indah-otsuka
Saya Suka Soyjoy (Foto: Dokpri)

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Yuk, teman-teman, mari tingkatkan kualitas kesehatan kita sedini mungkin! Jaga berat badan ideal agar terhindar dari berbagai penyakit. Mau cantik dan keren? 😍 Atur pola makan dan gaya hidup, rajin berolahraga serta rutin mengonsumsi kedelai ya. Wassalam.  






72 comments:

  1. Aku jg suka Soyjoy Crispy mba..Enak rasanya garing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss, mbak Leyla 😍 Aku juga doyan banget nih. Ga cukup 1 bar hahaha..

      Delete
  2. duh aku mau menghitung IMT kok gak PD ya? Huuhhh tapi mau hitung ah soalnya penasaran juga hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. H2C ya mbak Rian hehehe alias harap2 cemas wkwkwkwk 😆😘 malanya aku usahalan rajin berenang dan ga kalap makan. Bawa bekal Soyjoy buat camilan cantiknya jadi ga mau tuh makan berat setelah olahraga kan sayang udah buang kalori 😘

      Delete
  3. Halo,kak ...
    Aku lagi sibuk di belakang meja buat nyiapin artikel travelling selanjutnya 😁

    Kebetulan aku sesekali bawa soyjoy buat bekal di perjalanan saat travelling, buat cemilan kalo2 rada susah nemu tempat kulineran ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh... sibuk bener ya mas Hino ini abis traveling langsung ada di belakang meja hahaha 😆😘 Ga sabar nunggu artikel keren selanjutnya. Nah betul deh kl jalan2 kita siapain bekal soyjoy buat kalo laper di jalan 😘

      Delete
    2. 😁 iya,kak Nurul ..
      Biar ingatan situasi lokasi liburannya ngga ngilang cepet2 kutulis sesampai dirumah,kak.

      Yook,kita ngemil soyjoy lagi ..

      Delete
  4. Seneng bgt kmren dpt cemilan sehat yg bikin happy makannya karena gak bikin tambah ndut 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan camilan enak dan sehat..mau rutin dong yaaa 😘😘

      Delete
  5. Yuk mulai hidup sehat dengan konsumsi olahan pangan dari kedelai, agar terhindar dari Obesitas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip lah setujuuu sekaleeee... 😊😚 ga cukup ah 1 bar. Mau nambah hihihi.

      Delete
  6. Penting banget ternyta makan brbahan dasar kedelai ini ya, mulai sekarang kurangin deh ngemil yg asal aplg gorengan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iyaa kurangin makan gorengan mb Utie.. mendingan mammam Soyjoy aja.. punya stok di rumah nih 😍😍

      Delete
  7. Saya mau coba juga deh ngitung MIT tapi gak ada pengukurnya. hehe...
    Saya juga suka mbak makan Soy Joy sesekali sih kalau ada temen yang ngasih. Dan memangbeneran enak menurut saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memamg enak rasa Soyjoy nya mas. Manisnya pas.. renyahnya pas. Buat ngemil cantik ga perlu khawatir jd ndut. Justru bikin kita kenyang duluan. Makan besar bakalan jadi dikit deh porsinya 😘😘

      Delete
  8. Aku baru tahu kalau manfaat kedelai ternyata bisa membantu untuk diet sehat, sebagai Bumil ternyata perlu bgt sedia stok Soyjoy terutama saat sedang dlm perjalanan, udah mulai sering laper dan perlu cemilan sehat kayak Soyjoy ini nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iyaaaa bumil kudu nyetok soyjoy nih.. di rumah dan di tas dibawa ke mana2. Kalau laper bisa diganjel nih perutnya sama soyjoy hehehe menyehatkan 😊😊

      Delete
  9. Sakah satu kesulitan aku diet tuh ya itu, kurang berolahraga mba. Padahal pengen kuyusss :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe yuk mb Al berenang bareng aku aja... bawa bekal soyjoy jangan lupa yah 😆😆

      Delete
    2. Nah bisa tuh kita agendakan kapan2 ya berenang sambil makan Soyjoy. Hehehhe

      Delete
    3. Atur aja deh waktunya hehehe Sip mbak Alida :D

      Delete
  10. aku juga ngelil ini
    sehat banget dan lumayan mengenyangkan
    apalagi buat yang badan melar kayak aku bisa buat diet mbak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naah..buat Ikrom nih cucok laaaahh 😊😘 kudu punya stok soyjoy ke mana aja pergi..buat camilan sehat biar ga obesitas.

      Delete
  11. Replies
    1. Makasih kembali, mbak Tira. Semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  12. Saya pun suka Soyjoy yg murni dari kedelai ya tanpa tepung tambahan apapun. Bener banget tuh kalau diet ketat menyiksa mending diet yg nyaman dan praktis tapi tetep sehat ala Soyjoy ya biar kayak oraang Jepang yg mulus karena konsumsi Kedelai yg sehat. Membantu banget nih buat para dieters di luar sana xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, jeng Febri :) Mengonsumsi SoyJoy ga bakalan menyiksa diri dong hehehe. ! bar ga cukup sih kalau aku. Soalnya enak rasanya, pas manisnya. Mudah2an bisa menurunkan berat badan kita ya Feb hehehe aamiin. Eh, diimbangi dengan olahraga juga.

      Delete
  13. Harus banyak2in nih konsumsi makanan berserat dan kudu mulai lari lagi minimal 20 menitan lha sehari hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuuu :) Abis olahraga trus laper langsung aja mamam Soyjoy :)

      Delete
  14. Saya sudah habis 2 box berkat hadiah live tweet dari Soyjoy. Pas banget dapet rasa cokelat. Bikin nagih deh nih cemilan, tapi ga bikin gemuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, enak tuh rasa cokelat :D Asyik banget dapat 2box Soyjoy nya. Bagi2 aku don hehehe.

      Delete
  15. Suka yang strawberry. Mau sehat atau langsing itu nggak boleh omdo ya ? Tapi lakukan dan sekarang. Salah satunya ya snacking yang sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Gita. Langsung dipraktekin aja deh, Bawa bekal Soyjoy taro di daam tas, aman deh perut kita.

      Delete
  16. Karena olahan kedelai itu ya, Soyjoy Crispy terasa renyah di mulut, dan yang jelas enak rasanya buatku :)
    Jadi semangat diet sehat dengan kedelai deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss, yuk mbak Indah :) Makin semangat diet kitaaa hehehe. Diet sehat dan cantik bersama Soyjoy namanya nih ya xixixi :)

      Delete
  17. ahhhh.. kepengen kurus kaya dulu lagi. asli bb ku sekarang kan udah over nih mbak. jadinya berasa banget klo melakukan aktivitas gampang capeknya. T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abis olahraga makan Soyjoy, mantep loh. Ga usah khawatir ndut kan setelah kita tau manfaatnya hehehe D

      Delete
  18. ngemil nggak worry bakal jadi gemuk, Soyjoy emang solusi banget yes mba,anakku juga suka loh ini, rasanya enak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat segala usia nih cocok Soysoy dikonsumsi. Bahkan ibu hamil dan anak2 oke banget kan :)

      Delete
  19. Weh kirain tipe android khusus buat HP, ternyata kegemukan juga ya hehe. Mantap bangt ya kalau diet Soyjoy, 1 jam sblmnya bisa nahan lapar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...iya mbak Lia :)Mantap banget kaaan? Betul, makan 1 bar Soyjoy sebelum makan besar ya.

      Delete
  20. disaat orang lain sibuk masalah diet, kalau daku sih pingginnya tambah berat badan, hehehe. Biar nggak kurus gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, bisa juga tuh hehehe.. Orang2 sibuk diet pakai Soyjoy. Mbak Fenni masih bisa bertambah tinggi kah di usia segini? :)

      Delete
  21. 100% kedelai di 1 bar soyjoy bisa bikin kenyang 1 hari. Wah boleh juga nih. Buat temen diet ketat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini dia cocok buat mbak Ade. Biar ngurangin berat badan loh. Simpan dalam tas deh, mb Ade. Jangan mamam makanan lain dulu ya, 1 jam sebelum makan besar. Inga...inga! :D

      Delete
  22. Soyjoy cemilan sehat ya, tapi kalau saya stock dirmh, malah ga kebagian, karena anak² pada suka semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamah Tina ngalah terus sama anak2nya hahaha Hebat deh. Mama kudu dibagi juga dong Soyjoy nya buat mencegah obesitas nih. Langsingan dikit biat makin manis :D

      Delete
  23. Soyjoy enak buat aku. Aku kurang suka nge mil,.kalo nge mall nah baru Tuh aku sukaa, heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah, mbak Tite mah emang doyannya ngemil eh ngemall :D Beliin aku dong Soyjoy pas lg shopping :D

      Delete
  24. Yuk ah mulai hidup sehat sebelum terlambat (ini mah ngomong sama diri sendiri sebenernya hihi). Kalau dipikir2 aku sembarangan banget mau makan ini itu. Bener banget kalau dah ngemil snack ngenyangin macam soyjoy ini nanti bisa mengurangi porsi asupan karbohidrat pas makan besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benuuuull bingits mb Eska :) Makan 1 bar Soyjoy 1-2 jam sebelum makan besar bisa mengurangi porsi makan kita loh. Mayan kan kalau BB bisa berkurang :)

      Delete
  25. Lg berusaha utk ngemil SoyJoy krn bosen juga ngemil buah terus. Tdnya kurang suka dg SoyJoy tp lama lama kog jd enak yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak nih rasanya cruncy..mb Dewi. Manisnya juga pas. Aku aja mulai sekarang rajin menginsumsi Soyjoy. Di minimarket dekat rmh juga ada hehehe

      Delete
  26. 1 soyjoy bisa mengurangi nafsu makan ya mba. wah wah boleh di coba ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayolah coba, mas Roy. Biar ideal berat badannya :)

      Delete
  27. Klu masalah Obesitas, Alhamdulillah Mbak saya tidak terkena, mbok yach tubuh saya memang kurus dari sononya. :) jadi makan apa saja saya tak punya pantangan.

    Paling2 makanannya yg kapok saya makan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahha.. Kurus sih ya Kang Nata. Ga ada pantangan makanan juga. Mantap. Buat traveling atuh bekal Soyjoy nya :D

      Delete
    2. Sepertinya si SoyJoy, bakal jadi terget selanjutnya .:)

      Ngk kurus2 Amat Mbak, beda2 tipis dengan body si Jet Lie, :) hahahah...

      Delete
    3. Langsung targetin kudu makan sekian hahhaa biar gemuk nih Kang Nata.

      Delete
  28. Me, from jok to jok alias kursi motor babang Gojek, hahahah... Makanya jadi kurang gerak deh sekarang. Padahal salah satu pola hidup sehat ya rajin gerak badan yak, plus makan yang sehat juga ya, Mba Nurul. Termasuk cemilannya juga macam Soyjoy ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaaa tuh Miss Nita kan "Jok to jok" babang ojol wkwkwkwk.. Mesti rajin berolahraga trus gaya hidup makin diperhatikan. Yuk konsumsi Soyjoy biar body makin keren dan sehat tentunya :)

      Delete
  29. Aku belum pernah tuh nyoba soyjoy nya... Jadi penasaran nih ingin nyoba hehhehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung jajan sehat deh ke minimarket atau supermarket :) Terkadang di warung2 dekat rumah juga tersedia kok :) Biar ga penasaran hehehe.

      Delete
  30. Selain enak, ukuran soyjoy juga nggak begitu besar ya, Teh. Jadi mudah untuk dibawa kemana-mana, terlebih disaat travelling :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Ndi 😊😘 minimalis bentuknya tapi hasilnya maksimal buat kesehatan tubuh kita 😚

      Delete
    2. Betul banget, Ndi 😊😘 minimalis bentuknya tapi hasilnya maksimal buat kesehatan tubuh kita 😚

      Delete
  31. baru tau ane tentang soyjoy, kayaknya enak hehe. good info mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mas Darwin 😊 Soyjoy terbaru nih. Yuk coba 😆

      Delete
  32. Awal2 coba soyjoy jujur aja ga ketelan mba. Pdhl nih, tiap akhir bulan kantorku slalu dpt paket soyjoy berbagai rasa dr kantor mereka yg kebetulan 1 gedung . Tp lama kelamaan ya, bisa juga nikmati rasanya dan akhirnya makan sampe abis :p. Mungkin yg pertama lidahku msh kaget ama rasanya yg kering dan agak kenyal :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Fanny. Memang rasa manisnya ga seperti snack lain. Karena ini kan makanan sehat gitu..camilan bergizi tapi ga bikin ndut hehe..lama2 enak banget kan? Asik yah dapet dr kantor soyjoynya hehehe 😊

      Delete
  33. Thanks mba sharingnya. dulu (banget) pernah icip soyjoy tapi gak terlalu suka, nanti coba lagi deh. Skarang saya juga udah ngalamin lemak menumpuk diperut. wkwkw + mau buncit wkwk karna cowok kali ya. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mas Rahmat. Soyjoy kan camilan sehat jadi memang ga manis banget. Manfaatnya banyak buat kesehatan nih. Bawa buat di perjalanan enak deh.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.