Daftar Isi [Tampilkan]

Menerapkan pola hidup sehat menjadi salah satu hal terpenting agar terhindar dari risiko penyakit berbahaya. Untuk menuju hidup sehat, maka kita dapat menempuhnya lewat pola makan dan tahu cara memilih makanan yang sehat. Bahkan penelitian tahun 2010 pada jurnal National Library of Medicine membuktikan jika ingin sehat harus mengkonsumsi makanan gizi seimbang. 

6 cara memilih makanan yang sehat untuk keluarga di rumah nurul sufitri travel lifestyle blog

Cara Memilih Makanan yang Sehat untuk Keluarga di Rumah

Makan tak sekadar kenyang, namun menu yang kita konsumsi harus mengandung gizi dan nutrisi terbaik seperti pada pedoman Isi Piringku. Berikut beberapa cara memilih makanan yang sehat untuk anak-anak dan suami/ isteri tercinta supaya tubuh senantiasa sehat dan terjaga. Mari simak bersama uraian berikut ini!

1. Memilih Protein dari Daging atau Ikan

Memilih makanan sehat yang mengandung protein sangat penting bagi kesehatan. Sebab protein berperan sebagai salah satu sumber energi dalam tubuh. Protein yang masuk dalam tubuh ini nantinya bermanfaat untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh agar membentuk antibodi.  

Untuk itu, kita bisa mendapatkan sumber gizi ini dari ikan atau daging. Seperti yang dilansir pada healthline.com, pilihlah daging dengan protein tinggi seperti dada ayam tanpa kulit dan daging sapi. Sedangkan untuk protein dari ikan, kita bisa memilih tuna atau salmon karena memiliki proteinnya mencapai 22%.

2. Memilih Sayuran Aneka Warna

Sayur-sayuran pada menu makanan sehari-hari akan mendatangkan banyak manfaat, termasuk menjaga kesehatan. Cara memilih makanan yang sehat adalah mengonsumsi sayuran hijau yang mengandung banyak serat agar pencernaan selalu terjaga. Selain kaya akan serat, sayuran hijau juga memiliki kandungan vitamin A melimpah. 

Tidak hanya itu saja, teman-teman juga perlu menyajikan makanan sehat dari sayuran dengan aneka warna. Sayuran ini kaya akan zat antioksidan yang dapat diolah tubuh untuk menangkal radikal bebas.
Seperti yang dilansir pada healthline.com, salah satu makanan yang mengandung asam folat tinggi yaitu terong, sehingga baik untuk perkembangan saraf dan lain sebagainya.

3. Usahakan Memilih Makanan yang Masih Segar

Memilih makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh tidak hanya dilakukan berdasarkan kandungannya saja. Sebab bahan makanan yang tidak segar akan mengurangi kandungan baik di dalamnya. Untuk itu, penting tahu cara memilih makanan yang sehat.

4. Mengganti Camilan dengan Buah-buahan

Jika teman-teman suka mengkonsumsi camilan khususnya yang menggunakan penyedap rasa berlebih, ada baiknya jika segera menghentikan kebiasaan tersebut. Terlalu sering mengonsumsi camilan tersebut mengakibatkan tekanan darah tidak normal, sakit kepala, hingga risiko obesitas yang tinggi. 

Daripada mengkonsumsi camilan dalam kemasan, lebih baik kalian menggantinya dengan camilan sehat seperti buah-buahan. Misalnya saja buah apel mengandung flavonoid yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

5. Mengimbangi dengan Minum Air yang Cukup

Studi tahun 2010 membuktikan bahwa minum air dapat menjaga berat badan, menurunkan berat badan, bahkan mengurangi kalori yang ada di dalam tubuh. Untuk itu, kita harus mengimbangi cara memilih makanan yang sehat dengan minum air yang cukup. Sebab, orang yang banyak minum air terbukti mengkonsumsi 200 kalori lebih rendah jika dibandingkan minuman lainnya.  

6. Variasikan Cara Mengolah Makanan

Dengan mengonsumsi jenis makanan yang bervariasi, tubuh akan menerima dan mencerna gizi dengan lebih baik. Selain itu, keluarga juga tidak akan merasa bosan karena menu makanan yang hanya itu-itu saja.Jika salah satu anggota keluarga merupakan picky eater alias sering memilih-milih makanan, memberikan variasi makanan adalah pilihan yang tepat.

Itulah beberapa ulasan mengenai pemilihan makanan sehat yang sangat dianjurkan. Selain mengonsumsi sayur-sayuran, penting bagi kita memenuhi asupan gizi seimbang dengan protein. Kita bisa mendapatkan berbagai bahan makanan yang sehat dan berkualitas melalui platform Ecommerce Awal Mula yang telah bekerja sama dengan berbagai brand lokal berkualitas di Indonesia, untuk menghadirkan kebutuhan produk pangan sehat yang aman untuk dikonsumsi.



68 comments:

  1. Dari daftar ini yang agak sudah itu makan buah hahahahah.
    Aku dulu pernah mau rutin makan buah, tapi lama-lama berhenti juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dipaksa kalau gitu makan buah2annya hahahaha 😂

      Delete
  2. aku sedang berusaha memvariasikan makanan dari segi warnanya mba nurul...dan mengurangi konsumsi junk food...lagi latihan juga ngitung kalori dan kebutuhan kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh juga. Soalnya ngaruh di kulit dan kesehatan ya makan makanan sehat yang ga salah pengolahan atau terlalu lama pengolahannya kan ya :)

    Thx for sharing mba nurul :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, effort yang luar biasa mbak Nita 😍😍 Semoga berkesinambungan ya. Sehat2 selalu 🤗

      Delete
  3. dan usaha untuk menahan godaan makanan yang gak sehat

    ReplyDelete
  4. Dari semua daftar menu itu, saya lebih susah makan sayur dan buah namun karena sekarang ada Corona mahu gak mahu harus saya paksakan juga makan sayur dan buah meski sekarang buah yang dimakan cuma pepaya dan alplokat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak loh sayur2an dan buah2an. Nanti terbiasa kok... mantap 😍

      Delete
  5. Pilih makanan sehat emang penting banget.. Sayur,buah, lauk yang segar bagus buat kesehatan ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, sesuai pedoman Isi Piringku 😊

      Delete
  6. Wah bener banget ini konsumsi daging, ikan, buah dan sayur amat penting. Apalagi masih pandemi gini. Ecommerce awal Mula aku baru denger, kubuka2 dulu ya cek2 Awal Mula ada apa aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya donk 😍 Sip silakan cek Awal Mula yach.

      Delete
  7. pengingat banget nih untuk konsumsi daging, ikan, buah, dan sayuran amat penting di masa pandemi biar daya tahan tubuh tetap terjaga sehat dan memenuhi kebutuuhan nutrisi harian juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya..biar kita senantiasa sehat dan bahagia 😍😍

      Delete
  8. aku pecinta buah dan sayuran mba... selalu ada d rumah. nah sekarang ini problemnya pastikan anak - anak dn suami juga makan buah dn sayur segar yang banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap banget usaha makan buah dan sayurannya 🤩

      Delete
  9. Bener banget, Mbaaaa
    Kita kudu cermat pilih makanan sehat, bernutrisi, berkualitas prima untuk keluarga.
    Karena yaaa... di masa pandemi ini, kita kudu lebih jeli dan detail dalam memilih sumber makanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin jeli, teliti semua dicek detail ya mbak 😊

      Delete
  10. Sehat selalu ya mbaaa...
    Anak2 di rumah suka ikan bakar bawal laut gitu mba pakai sambal kecap pada nambah 😄 enaak banget ikan selalu jadi hidangan di rumah aku karena pas jaman kecil juga gitu..sayur dan ikan..buah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, thanks. Wah, sama banget di rumah aku sering masak menu ikan2 loh 😍

      Delete
  11. Mengganti camilan dengan buah-buahan awalnya agak gimana gitu..karena demen bikin camilan dan ngemil serumah kwkw..Tapi selama pandemi Alhamdulillah lebih banyak ngemil buah.
    memang memilih makanan sehat untuk keluarga banyak manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..sama aku juga awalnya begitu. Kini sudah terbiasa alhamdulillaah enak kok memgonsumsi buah2an segar 😍

      Delete
  12. Variasi mengolah makanan ini penting juga ya mbak, selain pemilihan bahan makanannya. Biar nggak bosen. Soalnya kalau makanannya itu itu aja, lama-lama bosen juga. Yang dewasa aja bosen, apalagi anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Apalagi anak2 dan suami r3quest kepengen menu apa hahaha 😂

      Delete
  13. ah iya ya mbak nurul, klo mau punya tubuh yang sehat ya harus memperhatikan asupan makanan yg dikonsumsi ya.
    buah dan sayur emang harus rutin dikonsumsi

    ReplyDelete
  14. Mengganti camilan dengan buah, itu yang susah susah saya lakukan saat ini. Harus berusaha ekstra nih biar gak ngemil gorengan atau yang manis-manis mulu. Karena buah merupakan asupan yang penting buat kesehatan tubuh kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang mudah dan terjangkau aja seperti pisang, jeruk dll mbak... nyam3x segar 😍

      Delete
  15. Setuju dengan tipsnya...
    Cuma saya tuh makan sayur dan buah rajin, tapi belum bisa ninggalin gorengan dan camilan gurih lainnya, heuheu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk iya sih ada daya kita tanpa gorengan 🤣 Boleh dikiiit2 aja hahah.

      Delete
  16. Ikan, daging ayam favorit keluargaku mbk. Terus untuk urusan sayur dan buah juga gitu, alhamdulillah pada doyan semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan dan ayam jadi favorit kita semua plus sayur dan buah juga kudu syukaaa 😁

      Delete
  17. dududdu, suamiku ini yang suka banget deh gorengan, jadi mau gak mau aku kan makan hiks. Tapi tadi kita cuma makan rebusan daun pepaya dan bumbu pecel, tempe goreng dengan sedikit minyak hehehe. Gak makan nasi, kenyang duan pepaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daun pepaya pakai teri tuh enak banget trus sambalnya yg pedas ambooooi hahaha 😂

      Delete
  18. Variasi dalam mengolah makanan yang bikin aku kadang habis ide mba apalagi anak sulungku agak picky juga hehehe

    ReplyDelete
  19. Di rumahku selalu sedia buah dan sayur, karena aku memang terbiasa konsumsi tiap hari. Anak-anak juga kebetulan udah biasa konsumsi sejak balita. Jadi gak susah sebenarnya untuk ngajakin keluarga makan yang bervariasi. Cemilan yang kekinian juga mereka jarang banget makan karena lebih senang ngemil makanan tradisional atau yang aku siapkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss, mbak Wati. Setidaknya ada pisang, apel, jeruk, nanas hahaha enak2 semua 😍

      Delete
  20. Aku yang masih sering terlewatkan tu menjadikan buah sebagai camilan. Seringnya tetep makan camilan goreng-gorengan...he3...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abis makan gorengan langsung makan buah2an dan sayuran ya inga2 wkwkwkwk 😂

      Delete
  21. Emang kyknya konsumsi air putih bisa bikin kenyang, terutama pas malam2 tergoda mau makan mie instan haha
    Minum aja :D
    Iya nih mbak lg membiasakan diri utk gantikan cemilan manis dengan buah aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lapar malam2 minum aja dan makan buah2an hehehe 😁

      Delete
  22. Gak susah sebenernya ya untuk bisa sehat. Salah satunya ya dengan selalu memgonsumsi makanan sehat. Btw, penasaran deh aku dengan Awal Mulan. Ceki-ceki ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting niat yang kuat. Sip2 silakan cek Awal Mula 😊😊

      Delete
  23. 2021 nih emang kita harusnya fokus untuk hidup lebih sehat lagi yaaa.. PR banget nih emang untuk ganti cemilan sama buah yaaa.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaga2 biar kita senantiasa sehat wal'afiat, mbak aamiin.

      Delete
  24. Kalau saya suka daging
    Suami suka tahu tempe
    Anak anak suka sayur
    Maka jadilah beragam

    Namun semuanya aku suka karena mereka selalu sehat dengan apapun yang dikonsumsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha semua punya makanan kesukaan masing2. Yang penting asik ya dan masaknya juga happy, semua dinikmati 😍😂

      Delete
  25. Sekarang saya selalu sedia buah tiap hari di rumah dan jadi menu makanan yang harus dimakan tiap hari.

    Yang lagi diusahain konsumsi sayur beraneka warna, soalnya tukang sayur langganan stoknya terbatas.
    Kalo mau dapet lengkap kudu belanja sayur di pasar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku biasanya delivery belanjaan sehari2 sejak corona. Belanja buah2an juga..sama babang langganan deket rumah 😀😁

      Delete
  26. Ini dia tugas utama seorang ibu ya, memastikan kecukupan gizi keluarga. Pemilihan bahan pangan sehat mutlak harus dilakukan agar asupan gizi semua anggota keluarga terpenuhi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinyaaaa..ga boleh ada yang terlewatkan hehehe biar lahap makannya bergizi terbaik 😍

      Delete
  27. PR terbesarku nih mbak, makan sayur dan minum air putih

    duh sering lupa, sampai kemarin ditegur dokter karena kulit saya sangat kering

    besok harus cari tukang sayur ah, beli sayur dan buah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib makan sayur dan buah2an meskipun ga begitu doyan hehehe....

      Delete
  28. Penting banget kebutuhan gizi yang seimbang ya, Bun. Tapi aku masih agak susah jaga keseimbangan gizi ini, apalagi tinggal di rumah yang semua udah disediain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Stok bahan makanam kan bisa disimpan di kulkas biar tahan lama 😊

      Delete
  29. "Variasikan Cara Mengolah Makanan!"
    Plak!
    Rasa dikemplaaang aku Mak. Hahaha.
    Jaluk tulung aku kalau yang ini.
    Maklumlah di rumah jabatan General Helper. Hahaha.
    Jadi sering masak dengan resep simple.
    Tumis lagi. Lagi-lagi tumis.
    Kalau kepengen yang lain, ngandalin online.
    Hihihi.

    Untuk sayur dan air minum, nah aku jagonya Mak.
    Beser akutu, saking sering minum.
    Bisa 3 liter sehari!
    Panduanku sih, warna air seni.
    Kudu jernih bagai AkuB, eh AquA!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, hebat amat bisa minum air 3 liter sehari. Ga apa2 beser yang penting sehat 😁

      Delete
  30. Variasi cara mengolah makanan! Ahahahah...jadi pengen ngilang di balik awan dah. Aku hobi banget ngumpulin resep masakan, Mbak. Tapi giliran masak...eh itu lagi itu lagi :D *menghilang*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya aku juga agak sulit bikin variasi masakan ekwkwkwkw tapi diusahain sih 😂

      Delete
  31. Memilih makanan yang tepat membantu peningkatan kesehatan tubuh. Baik protein, atau pilihan lainnya memang perlu disupport tubuh.

    ReplyDelete
  32. Ternyata bagian daging ayam yang berprotein tinggi di bagian dadanya ya. Keluarga saya malah sukanya bagian paha, kayak upin ipin hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha kalau aku doyan bagian dada ayam dan sayap malah 😁😂

      Delete
  33. Mbak Nurul, tips cara memlih makanan sehat buat keluarga oke banget, nih mb. Memang benar mb, kudapan lebih baik dari buah segar, lebih sehat dan tidak menggemukkan, hehe.
    Salam kenal, ya mb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks. Semoga bisa dipraktekkan ya. Salam kenal juga mbak Nanik 😍🤗

      Delete
  34. Dari semua nomor, sepertinya yg susah aku jalankan di keluarga adalah nomor 4 dan 6 hahaha. Karena kadang anak2 juga masih suka camilan yg mengandung Movin wkwk drpd buah. Padahal buah kan sehat ya mbak.

    Kalau nomor akhir itu, sepertinya emang harus mulai dipikirkan lagi deh buat segera merealisasikan karena emang penting ya buat ngakali anak yg pilih2 makanannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bener banget, Febri. Jangankan anak2, orang dewasa aja demen camilan kayak gorengan dan semacamnya. Susah ninggalinnya, palinga ya dikurangi deh 🤣🤣

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.