Sunday, December 17, 2017

# #14FoodTalk # culinary

Resep Bakwan Jagung dan Jamur Ala Nurul Sufitri




Bakwan jagung dan jamur terbuat dari campuran adonan tepung berbumbu ditambah jagung dan jamur, kemudian digoreng dengan minyak banyak. Biasanya bakwan ini disantap sebagai camilan mapun menu makanan harian. Camilan gorengan ini sering dijual dan disajikan mulai  warung makan, pedagang kaki lima hingga restoran berbintang. 

Rasa bakwan yang enak, gurih dan krispi ini ga cukup dimakan hanya satu. Saya aja bisa menghabiskan 5 hingga 10 bakwan jagung pedas dalam sekali waktu lho. Oh ya, bakwan dibuat dengan bermacam-macam isi. Ada yang dicampur adonan tauge dan wortel aja, udang, sosis, bakso, jamur, teri dan masih banyak variasi lainnya.

Teman-teman, kali ini saya akan berbagi cara membuat bakwan jagung dan jamur ala saya, favorit saya nih. Biasanya di dalam bakwan terdapat kejutan cantik. Apakah itu? Ya, betul! Cabai rawit orens hahahaha…huh..hah..huh..hah dong jadinya.




Seperti biasa, setiap bulan saya membahas makanan bersama teman-teman saya yang demen makan. Apa aja doyan sih, emang dasar tukang makan hehehe. Bersama Mbak Ade UFi, Nita Lana Faera dan Febrianty Rachma, di Bulan Desember ini kami mau berbagi makanan dengan tema #14FoodTalk yaitu 'gorengan'. Ayo...tunjuk tangan deh yang suka mamam cantik gorengan! 

Bikin gorengan sebenarnya gampang banget. Buktinya tuh abang gorengan yang jualannya dipikul ataupun di pinggir jalan bisa dengan cepat dan mudah menghasilkan aneka camilan gorengan. Ada tahu, risol, bakwan, singkong, pisang, combro, misro, pisang molen, tempe, ubi dan lain-lain. 

Memang sih kebanyakan mengonsumsi makanan berminyak atau digoreng ini bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh kita. Itu kan kalau kebanyakan. Makanya, makan gorengan secukupnya. Ingat pepatah "Berhentilah makan sebelum kenyang". Kalau perlu, buat sendiri aja dengan bahan-bahan yang bagus kualitasnya dan minyak goreng yang menyehatkan. 

Menikmati bakwan jagung dan jamur ini paling asyik ditemani secangkir teh atau segelas besar, hehehe tergantung selera sih mau sebanyak apa tehnya. Bisa teh tawar panas atau hangat. Enak juga teh manis hangat. Sedap banget deh! Oh ya teman-teman, ternyata teh tarik cocok juga lho sebagai teman si bakwan.

Baca yuk, 'Resep Cara Membuat Teh Tarik Original dan Spesial Khas Aceh'.


Resep Bakwan Jagung dan Jamur



Jagung (Foto: palembang.tribunnews.com)

Jamur Tiram (Foto: vemale.com)

Daun Bawang (Foto: dokpri)

Bahan-bahan:
- 3 bonggol jagung manis.
- Jamur tiram
- Tepung terigu
- Telur ayam 2 butir
- Bawang putih 6 siung
- Bawang merah 6 siung
- Daun bawang, cuci kemudian iris tipis-tipis
- Garam secukupnya
- Lada bubuk
- Cabai rawit sesuai selera, potong ukuran kecil
- Air secukupnya
- Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya:
1. Pisahkan jagung dari bonggolnya, cuci hingga bersih, pipilkan dan sisihkan di mangkok.
2. Jamur tiram dicuci hingga bersih, potong-potong kecil memanjang.
3. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu dan air, aduk rata.
4. Telur 2 butir dikocok merata kemudian tuangkan ke dalam adonan tepung tadi.
5. Masukkan seluruh bahan dan bumbu yang sudah diiris maupun dipotong-potong seperti jamur, bawang putih, bawang merah dan daun bawang.
6. Tambahkan garam, lada bubuk serta potongan cabai rawit yang telah disiapkan.
7. Siapkan wajan, tambahkan minyak goreng, tunggu hingga panas.
8. Masukkan adonan bakwan satu per satu ke dalam wajan. Takarannya bisa sebanyak satu satu lebih ukuran sendok makan. 
9. Masak dengan api sedang, balikkan sisi lain bakwan jika warnanya sudah menguning.
10. Angkat dan tiriskan.
11. Bakwan jagung dan jamur siap disajikan.

Gimana? Gampang kan buatnya? Mudah disajikan dong bakwan jagung dan jamur tiram ala saya. Yuk, lah direalisasikan cepetan bikinnya hehehe. Kalau sudah jadi, kasih tau saya ya πŸ˜„ Teman-teman pasti penasaran juga deh dengan 'gorengan' kesukaan teman-teman saya di #14FoodTalk ini. 

Silakan klik link blog di bawah ini:
Mbak Ade UFi di adeufi(dot)com
Nita Lana Faera di nitalanaf(dot)com
Febrianty Rachma di tulisanfebri(dot)com 

Semoga teman-teman berkenan dengan resep bakwan jagung dan jamur ala saya. Mudah-mudahan enak ya aamiin hihihi.... Sampai jumpa lagi di #14FoodTalk di Bulan Januari 2018 ya. Wassalam.  

Facebook: Nurul Sufitri
Email: nurulsufitri@gmail.com
Instagram: @nurul_sufitri
Twitter: @Nurulsufitri
Linked In: Nurul Sufitri
WA: 08129634587


27 comments:

  1. Kalau aku kayaknya cabe rawitnya dilewatin deh. Takut kena ranjau pas makan... Hihihi. Lagi enak makan, eh kena deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru itu seni makan bakwan beranjau, mbak Dila hehehe.... ga enak kalau ga ada cabainya πŸ˜€

      Delete
  2. Makasiiih resepnyaa mbaaak. . Mauu cobaa bikin aaah, kangen makan bakwan jagung πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smaa2 mbak Lucky...yuk mariiiii bikin bakwan jagung jamur 😊

      Delete
  3. Gampang banget,makanya banyak yang jual gorengan ya mbak. Meskipun rasanya ga ngalor ga ngidul (bahasa jawa, ga keutara ga ke selatan dalam artian ga karua2an haha) aku ngacung nih penyuka gorengan. Paling enak sih dimakan pas hujan hujan dan habis berenang ya arrggghhh apalagi sama nyeplus cabe wkwk, pasti saya ga nengok2 lagi deh buat bagi2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambil merem masukin bumbu2nya hehehe tp mesti melek kalau iris2 bumbu 😊 buat makan pakai nasi ditemenin sop ayam enak juga tuh. Buat nemenin tonton tv juga asik Feb πŸ˜‰

      Delete
  4. Bisa di coba nih buat cemilan di kostan bareng temen temen
    apa lagi musim ujan gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang mas...bikin rane2..makannya juga rame2 πŸ˜‰

      Delete
  5. Wooww!! Kayanya Resepnya tak terlalu sulit.. Dan saya bisa praktekan dirumah nih.. Dan juga bakwan jagung ini paling enak kalau pake sambel indofood..πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai sambel apa aja pasti enakas πŸ˜€ Hayuk langsung bikin deh...murce nih bahan2nya.

      Delete
  6. Harus diicip nih masakan mbak nurul 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya harus dong mas Deddy... hhmm nikmat 😊

      Delete
  7. Waaa...di dalemnya kasih cabe mba..? Klo aki biasanya cabenya pke lalap..yang ijo.

    Blm pernah nyampurin jamur ke bkwan. Klo buat pasti default nya wortel, daun bawang, seledri dkk itu..

    Di luar hujan. Ah, jd pengen ngemil gorenganπŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya luar dalam kalau perlu pakein cabe rawit hihihi. Pas hujan2 makin enak nih makannya 😊

      Delete
  8. Saya suka banget gorengan tapi sekarang lebih pilih tumis daripadi digoreng dengan minyak banyak yang bikin merendam makanan dengan minyak. Bikun bakwan syka banget pakai udang utuh, bikin lebih berasa manis-manis krispi gitu.
    Itu takaran tepungnya berapa gram mbak dan airnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Intan.... iya ya apalagi kalau udangnya gede gitu wiiiihhh sedeppp deh panas2 disantap. Oh iya tepung dan air takarannya sih secukupnya aja yg penting adonan ga cair dg kekentalan yg cukup. Tq ya πŸ˜€

      Delete
  9. mau doong... enak bener panas2 dimakan pas kondisi lg ujan.. beuh...ISTIMEWA..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinyaaaa ya enak banget makan bakwan pedes pas hujan2 😊

      Delete
  10. Wah enak ini mba Nurul, bakwannya campuran jagung dan jamur tiram. Eh ini nggak pakai air ya? Cukup pakai 2 telur aja ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake air dong, miss Nita canciiiikk hehe. Ada tuh kan air secukupnya. Dikira2 aja yach wkwkwkw... sip 😊

      Delete
  11. Aku ga suka bakwan, tapi kalau bakwan jagung paling suka banget mba. Ahh jadi kepengen makan bakwan jagung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serba jagung memang enak. Yuk bikin juga 😊

      Delete
  12. Alu lgs kepengin bakwan :p. Ngebayangin ujan2 sambil ngemil bakwan dan teh manis panas mba.. Apalagi kalo sambil kegigit ranjaunya hahahaha :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru ranjaunya mantap kan mb Fanny hihiihi... minumnya teh tarik enak deh ketagihan jadinya wkwkwkwkkw.

      Delete
  13. wow.. aku baru tau lho kalo jamur enak juga dijadikan bakwan, anti-mainstream nih ^^ olahan jamur crispy udah biasa ya, tp kalo bakwan jmaur aku baru nemu ini.. catat dulu ah resepnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mb Junita langsung bikin yuk bakwan jagung jamur πŸ˜‰ jangan lupa cabe rawitnya yg banyak ya hihihi.

      Delete
  14. Biasanya kalau di rumah saya yang paling sering nyomot bakwan jagung. Dan emang susah berenti sih. Padahal tissuenya udah basah karena rembesan minyak.

    Kali ini aku baru tau bisa dicampur sama jamur. Boleh tuh sesekali dicoba :)

    ReplyDelete