Saturday, October 28, 2017

# #14FoodTalk # culinary

Resep Cara Membuat Teh Tarik Original dan Spesial Khas Aceh



Akhir-akhir ini saya makin menggemari teh tarik. Apa yang bikin minuman ini begitu menarik hati dan membuat saya jatuh cinta ingin lagi dan lagi? Cara membuat teh tarik ini begitu unik. Campuran teh dan susu dilempar-lempar dari gelas yang satu ke gelas yang lain berkali-kali, sehingga menghasilkan busa lembut. Ini juga yang saya suka, seperti hiburan saja.


 Cara Menarik Teh Tarik Menjadi Hiburan Menarik Bagi Komsumen (Foto: Foody.id)

Teh tarik adalah sejenis minuman yang terbuat dari campuran teh dan susu. Biasanya teh tarik ini disajikan bersama hidangan roti  canai, nasi lemak, roti telur dan sebagainya. Pada umumnya, minuman ini dapat dinikmati di Asia Tenggara, khususnya Malaysia dan Singapura.

Nah, di Indonesia, minuman teh tarik dapat kita temukan di Kepulanan Riau dan Aceh. Teman-teman mungkin pernah mendengar ‘teh tarek’? Nah sebutan itu merupakan khas logat masyarakat di sana. Zaman sekarang sih kita bisa menikmati teh tarik di mana saja, terutama di kota-kota besar. Makin beragam pula variasi minumannya lho. 



Teman-teman ketemu lagi di #14FoodTalk nih. Tema Bulan Oktober 2017 kali ini adalah serba minuman. Oh ya, masih ingat kah dengan kami yang doyan makan dan jalan-jalan? Saya bersama mbak Ade Ummi Fikri, Nita Lana Faera dan Febrianty Rachma memang ga bisa lari dari kenyataan kalau kita tuh demen memanjakan lidah dan perut hehehe.

Teh tarik aceh merupakan salah satu minuman favorit saya. Minuman khas ‘Serambi Mekkah’ ini sudah tersohor dan menjadi andalan daya tarik wisata manca negara. Teh tarik ini salah sajian minuman teh yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Nah ada yang membedakannya. Ini merupakan campuran teh yang diseduh dan ditambahkan dengan susu kental manis. 


Proses Melempar-lempar Teh Tarik (Foto: Inspirasikukeni)

Nama ‘tarik’ berasal dari cara pembuatan minuman tehnya. Minuman ini dituangkan ke dalam dua gelas secara bergantian dan berulang-ulang sambil ditarik saat menuangkannya, sehingga menghasilkan minuman teh yang berbusa. Komposisi teh tarik adalah teh, air panas dan susu kental manis ini. 

Teman-teman, yuk kita coba membuat sendiri teh tarik original yang lebih sederhana. Sebentar saja juga jadi. Kalau mau lebih variatif sih bisa kita tambahkan potongan cincau hitam, kolang-kaling dan lainnya. Saya sih lebih suka minum teh tarik panas dan hangat.

Saya jarang minum minuman dingin, jadi batuk..uhuk! Hehehe…Tapi terserah sih kalau memang suka disajikan dingin menggunakan es batu ya silakan saja. Resep ini diambil dari berbagai kumpulan resep ada yang dan saya coba-coba sendiri di rumah. Rasanya? Hhmm…ga kalah dengan teh tarik ala resto, mantaap!
 

Resep Teh Tarik Original

Bahan-bahan:
Teh 1 kantong
Susu kental manis 70 ml
Air panas ½ liter

Cara membuatnya:
  • Siapkan gelas sebanyak 2 buah lalu tuangkan air panas dan celup-celup 1 kantong teh ke dalamnya. Setelah warna air mulai berubah seperti halnya warna khas teh, tambahkan susu kental manis dan aduk-aduk supaya tercampur merata.
  • Tuangkan campuran teh ke dalam gelas yang satunya lagi yang masih kosong, secara perlahan sambil menarik gelasnya seperti halnya kucuran air. Ulangi tahap ini sampai kira-kira 10 kali dan air tehnya telah mengeluarkan busa
  • Sajikan teh tarik original yang sudah jadi beserta camilannya.


Bahan dan Resep Teh Tarik Special Khas Aceh

Teh hitam 2 kantong aroma melati
Susu evaporasi 60 ml
Susu kental manis 4 sendok makan
Air mendidih 200-300 ml

Oh ya, sekadar informasi nih, teman-teman. Susu evaporasi itu berbeda dengan susu kental manis. Jika pada susu kental manis sudah terdapat penambahan gula yang bertujuan mencegah bertumbuhnya bakteri di dalam susu, susu evaporasi merupakan jenis susu sapi segar yang kadar airnya dihilangkan sebanyak 60 persen. Sebagai pengganti susu evaporasi, kita bisa gunakan susu sapi segar yang baru diperah. Ya kalau kepepet susah juga memperoleh susu sapi segar, silakan ganti dengan susu lainnya deh.

Cara membuatnya:
  • Sama seperti di atas ya, siapkan 2 gelas. Agar lebih nyaman, usahakan gelas yang memiliki pegangan/ gagang dan bahan gelasnya plastik atau stainless, bukan bahan beling atau kaca. Perhatikan deh kalau di resto maupun rumah makan yang menyediakan teh tarik. Biasanya kan begitu jenis gelas-gelasnya. Oh ya, kalau bisa gagang gelas sesuai dengan telapak tangan agar proses pelemparan bisa stabil.
  • Seduh teh hitam dalam gelas menggunakan air panas sampai warna airnya berubah menjadi hitam. Kemudian tambahkan susu kental manis dan susu evaporasi. Aduk-aduk kembali sebentar supaya teh hitam tersebut bercampur secara merata dengan susunya.
  • Siapkan gelas kosong satunya dan tuangkan gelas yang berisi campuran teh dan susu ke dalam gelas tersebut. Ada triknya nih supaya busa yang dihasilkan lebih maksimal yakni lempar-lemparkan campuran susu dan the sesuai ketinggian maksimal tangan kita.
  • Sajikan teh tarik bersama hidangan yang kita sukai.

Sekarang sudah tahu kan resep membuat teh tarik original dan special? Hayooo… teman-teman langsung praktekkan deh, buatan sendiri sepertinya lebih afdol dinikmati bersama keluarga tercinta. Simak juga penuturan tentang minuman favorit teman-teman saya. Kunjungi blog mbak Ade di adeufi.com lalu Nita Lana Faera di nitalanaf.com dan Febrianty Rachma di tulisanfebri.com 😍 Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Wassalam.


Facebook: Nurul Sufitri
Email: nurulsufitri@gmail.com
Instagram: @nurul_sufitri
Twitter: @Nurulsufitri
Linked In: Nurul Sufitri
WA: 08129634587

34 comments:

  1. Aku juga suka teh tarik baru belakangan ini mba, tapi biasanya minum yang instan, haha, gak pernah bikin langsung. Respenya boleh juga nih, terutama teh tarikasal acehnya. TFS ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... IYa sih kayaknya terasa enakan dibikinin sama orang lain. Lebih cepat pula ya ga pake tumpah-tumpahan segala. Langsung suuuurrr mengalir ke tenggorokan kita, Amel :) AKu juga pernah kok minum te tarik instan.

      Delete
  2. Teh tarik dingin aku suka mba hehe, btw, ini sebenernya gampang banget yak bikin sendiri, tapi seringnya saya minum yang sudah jadi aja.. tertarik nyoba yang teh tarik aceh, kalo Susu evaporasi susah nyarinya ya mba.. pakai susu segar semoga rasanya sama-sama enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga diganti dengan susu segar kalau ga ada susu evaporasi. Enak2 aja lah semua yan penting tarikannya, maaaang! Hahahaha. siiiip ya mbal Elly :D

      Delete
  3. itu susu evaporasi cem mana kak? Gampang ya buatnya. Jadi sukses tidaknya tergantung berapa tarikan ya. hahaha. Coba akh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha coba2 sendiri aja deh, mbak Gita, ntar lama2 enak deh rasanya xixixixii...

      Delete
  4. Pernah denger kalo susu dicampur teh itu gak sehat karena teh menghilangkan protein susunya. Paling buat minuman seger-segeran aja kali ya teh tarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Iya buat seger2an aja mah asik toh ga dikonsumsi tiap hari, sekali2 aja mah boleeehh.. Semua makanan dan minuman pun ada semboyannya. "Makanlah secukupnya" hehehe ya kan?

      Delete
  5. Mba Nurul, aku suka banget teh tarik apalagi pas ke Malaysia itu jadi minuman wajib dan pulangnya juga beli oleh oleh teh tarik. HhEhehe
    Tapi blm berhasil buat sendiri seenak di Malaysia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, malah langsung di Malaysia nih minum teh tariknya ya mbak Alida :) Mau dong kapan2 aku dibawain teh tarik ala Malaysia :D

      Delete
  6. kak itu kopi jambo mana? aku sering yg di pasar minggu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jambo Kupi di Pasar Minggu seberang Jalan Poltangan yang ada rel KA nya loh, ruamee itu laris restonya.

      Delete
  7. Sempat tinggal di Medan hampir 5 tahun dan hidup di masyarakat yg mayoritas orang Melayu, bikin aku akrab dg teh tarek ini. Suka lihat bikinnya dan sempat coba juga meski aku ngga doyan hahahaha. Tp suami suka. Apalagi diminum sambil menikmati roti jala. Kt suamiku sih tambah mantap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh mbak Dewi ga doyan ya? hihii ya ga apa2 namanya juga selera :) Oh enak ya sambil minum te h tarik ditemenin roti jala? wow, jadi mau teh tarik sekarang.

      Delete
  8. mungkin walaupun kita sudah tau resep nya bisa beda dengan rasa di beli sama dibuat sendiri mba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, buat sendiri ruame dapurnya. Ada tumpah2an dll hahaa ga apa2 lah namanya juga usaha. Sip mbak Eka :D

      Delete
  9. saya suka teh tarik, dari jaman kecil dulu kalau lagi di kampung nenek,suka dibikinin teh ini sama uwak (saudara ibu), jadi teringat masa kecil, hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Eka, wah asik nih sejak kecil udah dibikinin teh tarik sama uwa ya.

      Delete
  10. sempet nyobain bikin tapi tarikannya kurang kuat, malah tumpah2 hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ayo coba lagi, mbak Putu :) Lama2 pasti bisa deh.

      Delete
  11. Contoh merk pasar teh hitam apa ya mbak?
    AKu selama ini kalau pengen teh tarik beli yg sachetan hehehe
    Kapan2 coba sendiri ah. TFS resepnya yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada sih teh yang mamaku suka beli di pasar dan harum wanginya, ga hitam banget, namanya Goalpara. Kalau yang hitam banget aku lupa. Sachetan juga enak sih cepet tinggal suuuurrrr ihii....

      Delete
  12. Woooow... yg bikin enak tuh susu evaporsi. Makanan apa pun dicampur susu itu emang enak. Selama ini bukun teh tarik cuma pake SKM. Ga kepikiran dicampur sama susu evaporsi. Ma kasih, rul.. ntar coba aaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya sama2 mbak Ade :) Memang betuuuull.... kalau SKM kan memang lebih ke pemanis. Malah untuk anak di bawah usia 6 tahun setahuku sih sebaiknya ga mengonsumsi SKM. Coba UHT aja deh, nak2ku sukaaa bangets :)

      Delete
  13. Aku suka minum teh tarik, anak-anak juga suka, biasanya beli yang instant, bolehlah nanti aku coba bikin sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mbk Nunu :) Silakan coba resep ini deh.

      Delete
  14. Ga prnh sukses aku mba bikin begini.hahahaha makanya ttp lbh suka minum di tempat warungnya. Pas di aceh kemarin aku puas2in bgt minum teh tarik aceh yg memang enak bangettttt.. Ama kalo ke malaysia, aku ga prnh lupa ke kedai mamak(sebutan utk penjual india), dan nyobain teh tarik mereka. Teh tarik mamak itu yg paling the best lah drpd teh tarik lainnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh tarik kedai mamak ada di mana tuh ancer2nya? Kali aja kapan2 kalau ada rezeki ke Malaysia aku hunting teh tarik hehehe. Minum di tempat lebih joss ya mbak Fanny :)

      Delete
  15. ternyata gampang ya cara membuat teh tarik dan bahan" ya pasti ada di dapur. pengen langsung dipraktekkan di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, praktekin deh resepnya siapa tau lebih enak buatan mbak Desy dibandingin aku hahaha.

      Delete
  16. Beda nya di lempar2 itu aku gak bisa jd kadang tersugesti jd gak enak rasanya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkw...iya ya dilempar2 kece alias jadi hiburan sebelum diminum, mamih.

      Delete
  17. Aku mnbayangin mak nurul bikin teh tarik kayak yang di resto-resto gitu, nariknya maksimaaaal hihi. Thanks resepnya mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaha...kayaknya enakan buatan resto deh :) Namanya juga usaha wkwkwk ayo mbak, bikin!

      Delete